Jenis Media: Otomotif

  • Kok Bisa Oknum TNI Lawan Arah Ditegur Karyawan Zaskia Mecca Malah Mukul?

    Kok Bisa Oknum TNI Lawan Arah Ditegur Karyawan Zaskia Mecca Malah Mukul?

    Jakarta

    Karyawan Zaskia Adya Mecca, Faisal, dipukul usai menegur pemotor yang lawan arah. Pemotor yang diketahui oknum TNI itu tak terima ditegur dan berujung pemukulan.

    Faisal mulanya tengah mengantar anak kedua Zaskia ke sekolah. Di perjalanan, Faisal bertemu dengan pemotor lawan arah dan hampir menabrak dirinya. Faisal kemudian menegur pemotor lawan arah yang belakangan diketahui oknum TNI. Tapi bukannya menyadari kesalahan, oknum TNI itu nggak terima ditegur. Oknum TNI yang mengendarai motor Vespa berkelir pink itu putar balik dan mengadang motor Faisal.

    “Saya langsung ditarik, dibanting, dipukul, sampai diinjak,” ucap Faisal dikutip detikHot.

    Saat kejadian ada banyak yang melerai. Akan tetapi, pemotor yang menggunakan helm dan Vespa pink itu teriak-teriak dan mengatakan dirinya sebagai ‘anggota’.

    “Banyak yang melerai, tapi dia pelaku teriak-teriak ngaku kalau dia anggota. Jadi gak pada berani buat megangin dia,” tuturnya.

    Kasus pemukulan yang dialami oleh karyawan Zaskia Adya Mecca kini ditangani oleh Pomdam Jaya. Pelaku yang berteriak dirinya sebagai anggota, merupakan oknum TNI. Terduga pelaku pemukulan saat ini sudah diamankan. Namun, Pomdam Jaya belum memberitahukan siapa sosok oknum TNI itu.

    “Saat ini yang bersangkutan sudah diamankan di Denpom Jaya-2 untuk proses penanganan selanjutnya, termasuk juga meminta keterangan pihak-pihak terkait sebagai saksi saat kejadian berlangsung,” jelas Kapendam Kolonel Czi Anto Indriyanto.

    Ditegur karena Lawan Arah Kenapa Marah?

    Adapun perilaku yang ditunjukkan oknum anggota TNI itu termasuk dalam golongan road rage. Padahal mulanya hanya ditegur karena melanggar lalu lintas dengan melawan arah. Tapi justru saat ditegur malah marah-marah, kok bisa ya?

    Praktisi Road Safety & Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu belum lama ini menjelaskan pemicu pengemudi agresif di antaranya berhubungan dengan kekuasaan seperti pejabat, organisasi masyarakat, instansi hukum, rombongan seperti iring-iringan jenazah, motor fans club, dan sebagainya. Tak hanya itu dimensi kendaraan yang lebih besar, mahal dan mewah juga berpotensi jadi pemicu road rage. Dalam hal ini, road rage berkaitan dengan instansi hukum.

    Jusri mengungkap, penyebab pengendara berperilaku road rage adalah kesadaran aturan hukum berlalu lintas di jalan yang lemah. Kesadaran empati untuk berbagi jalan dengan pengguna jalan lain juga lemah. Penegakan hukum juga dinilai kurang tegas sehingga aksi kekerasan di jalan terus berulang.

    “Kasus-kasus seperti ini banyak mengakibatkan tindak anarkis atau fisik perusakan namun berakhir dengan tidak berlanjutnya menjadi kasus hukum = damai dengan pertimbangan restorative justice,” beber Jusri.

    (dry/din)

  • Viral Sule Bawa Pikap Double Cabin Ditilang Dishub, Kenapa?

    Viral Sule Bawa Pikap Double Cabin Ditilang Dishub, Kenapa?

    Jakarta

    Di media sosial viral komedian Sule disetop petugas Dinas Perhubungan (Dishub) saat mengendarai mobil pikap kabin ganda atau double cabin. Apa yang salah?

    Video yang ditayangkan akun TikTok qinoy_81 viral. Video itu menayangkan komedian Sule disetop petugas Dishub saat razia gabungan operasi lintas jaya. Petugas Dishub mempertanyakan surat KIR mobil double cabin yang dibawa Sule.

    “Ada nggak surat KIR-nya?” tanya petugas Dishub.

    “Ada, tapi saya tuh antara ketinggalan atau di mobil, Pak,” kata Sule.

    “Saya cek dulu ya, Pak. Tadi saya cek di online nggak ada,” sebut petugas Dishub.

    “Nggak apa-apa kalau mau ditilang, tilang aja nggak apa-apa,” sahut Sule.

    Setelah dicek, masa berlaku uji berkala mobil double cabin milik Sule itu sudah habis. Sule kemudian ditilang.

    Dalam video berikutnya, tampak Sule menaiki mobil pikap kabin ganda Toyota Hilux. Mobil yang digunakan Sule itu adalah Toyota Hilux Double Cabin 4×4.

    detikcom juga mencoba menelusuri data uji berkala mobil Sule di aplikasi Mitra Darat. Hasilnya, status uji berkala Toyota Hilux 4×4 itu kedaluwarsa sejak 23 Maret 2025. Mobil itu terakhir kali diuji berkala pada 23 September 2024 di Dishub Kabupaten Bekasi.

    Mobil Double Cabin Pribadi Wajib Uji KIR

    Perlu diketahui, mobil double cabin meskipun terdaftar dengan pelat nomor putih/hitam, tetap harus dilakukan uji berkala atau uji KIR. Hal itu berdasarkan Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan serta Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 19 Tahun 2021 tentang Pengujian Berkala Kendaraan Bermotor.

    Dalam aturan itu, pickup double cabin dikategorikan sebagai mobil barang. Tertulis pada Pasal 1 ayat (7) Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 19 Tahun 2021, mobil barang adalah kendaraan bermotor yang dirancang sebagian atau seluruhnya untuk mengangkut barang. Itu berarti mobil pikap double cabin termasuk mobil barang.

    Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan menegaskan bahwa uji berkala diwajibkan untuk mobil penumpang umum,
    mobil bus, mobil barang, kereta gandengan, dan kereta tempelan yang dioperasikan di Jalan.

    Pemeriksaan dan pengujian fisik mobil penumpang umum, mobil bus, mobil barang, kendaraan khusus, kereta gandengan, dan kereta tempelan. Pengujian terhadap persyaratan teknis meliputi susunan, perlengkapan, ukuran, karoseri, dan rancangan teknis Kendaraan Bermotor sesuai dengan peruntukannya. Sedangkan pengujian terhadap persyaratan laik jalan meliputi emisi gas buang Kendaraan Bermotor; tingkat kebisingan; kemampuan rem utama; kemampuan rem parkir; kincup roda depan; kemampuan pancar dan arah sinar lampu utama; akurasi alat penunjuk kecepatan; dan kedalaman alur ban.

    (rgr/din)

  • Konsumsi BBM Suzuki Access yang Harganya Rp 25 Jutaan, Tembus Segini

    Konsumsi BBM Suzuki Access yang Harganya Rp 25 Jutaan, Tembus Segini

    Jakarta

    Konsumsi BBM Suzuki Access rupanya lumayan irit. Dengan harga Rp 25 jutaan, berikut ini konsumsi BBM Suzuki Access.

    Suzuki menambah lini produknya di segmen skuter matik. Di ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS), Suzuki meluncurkan skutik Access. Skutik bergaya retro ini dibanderol seharga Rp 25,5 juta dan bertarung dengan Honda Scoopy, Yamaha Fazzio hingga TVS Callisto.

    Dari sisi dimensi, Suzuki Access punya panjang 1.835 mm, lebar 690 mm, tinggi 1.155 mm, dan jarak sumbu roda 1.260 mm. Jarak pijak ke tanah alias ground clearance 160 mm. Tinggi joknya 770 mm.

    Access menggunakan mesin 125 cc SOHC 2 klep yang dilengkapi dengan pendingin udara. Di atas kertas, tenaga maksimalnya tembus 8,3 HP di putaran 6.500 RPM dan torsi puncak 10,2 Nm di 5.000 RPM.Di atas kertas spesifikasi Access identik dengan Burgman 125 EX yang sudah lebih dulu dibawa Suzuki ke Indonesia.

    Desain mesin SOHC pendingin udara membuatnya andal, mudah dirawat, dan hemat biaya operasional. Ditambah lagi, mesinnya yang ringkas dan ringan turut memberikan kemudahan dalam manuver serta pengendalian yang lincah. Nyala mesinnya lebih senyap berkat penggunaan kopling satu arah tipe roller.

    Setelan CVT yang telah disempurnakan membuat putaran mesin naik secara bertahap di kecepatan 30-60 km/jam, memberikan sensasi berkendara yang memuaskan layaknya mengendarai motor sport.

    Konsumsi BBM Suzuki Access

    Kalau bicara skutik, konsumsi BBM juga turut jadi bahan perbincangan. Dengan harga Rp 25 jutaan, mungkin banyak yang penasaran dengan konsumsi BBM Suzuki Access. Di atas kertas skutik retro ini diklaim hemat dengan catatan konsumsi BBM 57,3 km/liter. Kapasitas tangkinya 5,3 liter. Maka, ketika diisi full tank, Suzuki Access bisa menjelajah sejauh 303,69 km.

    Bicara fitur, Suzuki menyematkan kompartemen penyimpanan depan kiri dan kanan yang masing-masing cukup untuk menyimpan botol minum 500 ml. Ada juga soket USB 2A di kantong depan kiri. Selanjutnya bagasi di bawah jok kapasitasnya 24,4 liter.

    Panel speedometer analog yang disandingkan dengan odometer digital serta menyajikan berbagai informasi dan melengkapi tampilan modern yang ikonik.

    (dry/din)

  • Fakta di Balik Video Viral Pajak Kendaraan Mati Dilarang Beli BBM

    Fakta di Balik Video Viral Pajak Kendaraan Mati Dilarang Beli BBM

    Jakarta

    Viral di media sosial video dengan narasi kendaraan yang pajaknya mati dilarang isi bensin. Berikut fakta di baliknya.

    Beredar video di media sosial yang menayangkan banyak motor tengah mengantre isi BBM di SPBU. Pada kesempatan itu, juga ada banyak petugas kepolisian yang berkeliling di sekitar SPBU dekat pengendara motor yang tengah antre.

    “Kendaraan-kendaraan yang belum bayar pajak dan tidak memiliki surat-surat itu jangan dilayani. Untuk kendaraan roda dua motor bebek dibatasi satu kali antre empat hari, kemudian untuk motor besar seperti Vixion dan Megapro itu tujuh hari,” demikian narasi yang terdengar dalam video yang beredar.

    Dalam video juga disematkan tulisan ‘Rakyat dipersulit lagi. Momen kendaraan yang mati pajak tak dilayani untuk isi BBM di SPBU’. Video itu dipastikan hoax. Akun Instagram humaspoldajatim menjelaskan fakta di balik video viral itu.

    “Video beredar yang menyebutkan bahwa telah terjadi kebarakan di Lumajang Jawa Timur adalah Hoax, Kejadian tersebut terjadi di Kota Subulussalam Provinsi Aceh pada tanggal 10 Oktober 2024 yang di sebabkan oleh korsleting listrik kendaraan pickup dan kendaraan dengan pajak mati tidak boleh mengisi bahan bakar minyak (BBM) adalah HOAX. Informasi tersebut tidak benar,” demikian tertulis di akun tersebut.

    Masyarakat diimbau berhati-hati dalam menerima ataupun menyebarkan informasi yang tidak benar. Bila menerima informasi tersebut, pastikan kamu mengecek kebenarannya melalui kanal resmi pemerintah sebelum membagikan informasinya.

    Senada dengan pihak kepolisian. Pertamina Patra Niaga menegaskan informasi-informasi yang beredar liar itu adalah hoaks alias informasi palsu. Penyaluran BBM, khususnya BBM Subsidi, tetap berjalan sesuai ketentuan pemerintah dengan mekanisme yang berlaku agar lebih tepat sasaran dan transparan.

    “Pertamina Patra Niaga mengajak masyarakat untuk memastikan kebenaran informasi melalui kanal resmi perusahaan seperti Pertamina Call Center 135 dan akun resmi media sosial Pertamina,” ujar Pj. Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Roberth MV Dumatubun dikutip detikFinance.

    (dry/din)

  • Tilang ETLE Bisa Jepret Pemobil Gaya-gayaan Pakai Strobo-Sirine?

    Tilang ETLE Bisa Jepret Pemobil Gaya-gayaan Pakai Strobo-Sirine?

    Jakarta

    Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol. Agus Suryonugroho membekukan sementara penggunaan sirine dan strobo untuk pengawalan. Pertanyaannya, apakah kendaraan bermotor warga sipil atau non petugas kepolisian yang menggunakan strobo bisa tertangkap kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE)?

    “(tilang) ETLE, (kendaraan yang memakai) strobo sifatnya masih dibekukan sementara, masih kita evaluasi, kami tidak akan mengedepankan pendekatan hukum,” kata Agus saat dijumpai di ICE BSD City, Kab. Tangerang, Rabu (24/9/2025).

    ETLE saat ini bisa menangkap berbagai jenis pelanggaran lalu lintas yang terjadi pada kendaraan bermotor, seperti menerobos lampu merah, melanggar batas kecepatan, tidak menggunakan sabuk pengaman atau helm, menggunakan ponsel saat berkendara, melanggar marka dan rambu lalu lintas, melawan arus, dan menggunakan plat nomor palsu atau tidak sesuai. Agus mengatakan kepolisan lalu lintas saat ini sifatnya masih mengimbau untuk penggunaan strobo dan sirene.

    “Kami menghimbau khususnya untuk masyarakat sipil kendaraan pribadi agar tidak memasang strobo sirene, karena memang pengaturan sirene sudah diatur dalam undang-undang lalu lintas pasal 59 ayat 5,” jelas Agus.

    Adapun penggunaan lampu strobo dan sirene memang sudah diatur oleh Undang-undang, berikut ini bunyi pasalnya.

    Berikut bunyi Pasal 59 ayat 5:

    a. Lampu isyarat warna biru dan sirene digunakan untuk kendaraan bermotor petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia.
    b. Lampu isyarat warna merah dan sirene digunakan untuk kendaraan bermotor tahanan, pengawalan Tentara Nasional Indonesia, pemadam kebakaran, ambulans, palang merah, rescue, dan jenazah.
    c. Lampu isyarat warna kuning tanpa sirene digunakan untuk kendaraan bermotor patroli jalan tol, pengawasan sarana dan prasarana lalu lintas dan angkutan jalan, perawatan dan pembersihan fasilitas umum, menderek kendaraan, dan angkutan barang khusus.

    Belakangan penggunaan sirene dan strobo banyak dikeluhkan oleh masyarakat. Bunyi sirene ‘Tot… Tot… Wuk… Wuk’ di tengah kemacetan jalan membuat masyarakat merasa terganggu.

    Agus merespons keresahan masyarakat itu. Ia pun membuat kebijakan terkait penggunaan sirene dan strobo dalam pengawalan lalu lintas terhadap kendaraan pejabat negara.

    Kakorlantas juga menyampaikan pihaknya membekukan sementara penggunaan sirene dan strobo pada kendaraan operasional. Irjen Agus juga berjanji akan melakukan evaluasi secara menyeluruh terkait apa yang menjadi keluhan masyarakat tersebut.

    Kakorlantas membekukan sementara penggunaan sirene. Ia melarang jajarannya menggunakan sirene, terutama pada saat-saat tertentu, seperti pada sore, malam, dan ketika azan berkumandang.

    (riar/dry)

  • Kok Bisa BBM di Malaysia Harganya Lebih Murah? Begini Kata Pertamina

    Kok Bisa BBM di Malaysia Harganya Lebih Murah? Begini Kata Pertamina

    Jakarta

    Harga bahan bakar minyak (BBM) di Malaysia lebih murah dibanding BBM di Indonesia. Bahkan, Malaysia akan menjual bensin RON 95 dengan harga lebih murah daripada Pertalite dengan RON 90.

    Pemerintah Malaysia memberikan subsidi buat bensin dengan research octane number (RON) 95. Mulai akhir bulan ini, harga bensin RON 95 di Malaysia turun menjadi hanya Rp 7.000-an per liter. Dengan begitu, harganya jauh lebih murah dari Pertalite RON 90 di Indonesia yang dijual Rp 10.000 per liter.

    Dikutip dari situs resminya, Pemerintah Malaysia menerapkan Program Budi Madani RON95 (BUDI95). Program itu membuat setiap warga negara Malaysia menerima batas kelayakan bulanan sebanyak 300 liter bensin RON 95 bersubsidi. Program itu berlangsung mulai 30 September 2025.

    Bersamaan dengan penerapan ini, Perdana Menteri Datuk Seri Anwar Ibrahim mengatakan bahwa harga bensin RON 95 juga akan diturunkan dari 2,05 ringgit (Rp 8.097) per liter menjadi 1,99 ringgit (Rp 7.860) per liter. Warga negara asing yang membeli bensin RON 95 di Malaysia akan dikenakan biaya 2,60 ringgit (Rp 10.269) per liter.

    Berbeda dengan Indonesia, harga BBM di sini lebih mahal. Pertalite dengan RON 90 sebagai BBM subsidi dijual dengan harga Rp 12.000-an. Kemudian BBM RON 92 sekitar Rp 12 ribuan dan BBM RON 95 Rp 13 ribuan.

    Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim mengklaim, Malaysia adalah satu-satunya negara di dunia yang berani mengambil langkah untuk menurunkan harga minyak demi kepentingan rakyatnya. Padahal, situasi ekonomi sedang tidak menentu.

    “Saat ini, harga di Arab Saudi adalah 2,61 ringgit (Rp 10.346) per liter, yang merupakan salah satu negara penghasil minyak terbesar di dunia. Di Indonesia, harga bensin adalah 3,22 ringgit (Rp 12.000-an) per liter, Filipina (RM 4,22/Rp 16 ribuan), Thailand (RM 5,68/Rp 22 ribuan), dan Singapura (RM 9,02/Rp 35 ribuan),” beber Anwar.

    “Tentu saja, Singapura bukan produsen minyak, tetapi saya ingin mengklarifikasi bahwa di antara negara-negara kami, termasuk negara-negara penghasil minyak, kami masih termasuk yang terendah, hanya Brunei yang sedikit lebih rendah dari kami,” pungkasnya.

    Dikutip CNN Indonesia, Pertamina mengungkap kenapa BBM di Malaysia bisa lebih murah. Menurut Pj. Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Roberth MV Dumatubun, ada banyak faktor yang mempengaruhi harga BBM.

    “Banyak faktor, karena harga impor bisa, harga jual kompetitif di dalam negeri bisa, biaya distribusi dalam negeri bisa,” katanya seperti diberitakan CNNIndonesia.com.

    (rgr/dry)

  • Ambisi VinFast Jadi Pemain Utama di Pasar Otomotif Indonesia

    Ambisi VinFast Jadi Pemain Utama di Pasar Otomotif Indonesia

    Hanoi

    Merek mobil listrik asal Vietnam, VinFast, baru seumur jagung di Indonesia. Meski begitu, perusahaan mobil listrik yang dimiliki konglomerat Vingroup ini mengaku datang ke Indonesia bukan sekadar coba-coba, melainkan benar-benar ingin menjadi pemain utama di pasar otomotif Tanah Air.

    “VinFast diperkenalkan di Indonesia pada IIMS 2024 di bulan April. Tapi kita baru mulai mengirim kendaraan pertama pada Juli 2024. Kalau sekarang kita bicara kiprah kita di dunia otomotif, khususnya BEV market di Indonesia, VinFast baru berumur kurang lebih 13 bulan. Tetapi kita berkomitmen untuk terus berkembang di Indonesia. Jadi, kita bukan istilahnya coba-coba, tapi memang ingin berkembang secara serius di Indonesia. Kami ingin menjadi pemain utama, khususnya di BEV market,” kata CEO VinFast Indonesia, Kariyanto Hardjosoemarto, kepada wartawan di Hanoi, Vietnam, Rabu (24/9/2025).

    CEO VinFast Indonesia Kariyanto Hardjosoemarto Foto: Istimewa

    Komitmen itu, lanjut Kariyanto, tercermin dari langkah nyata VinFast di Tanah Air. Tidak sekadar menjual mobil, VinFast juga membangun ekosistemnya kendaraan listrik. Jadi, selain pabrik di Subang yang direncanakan beroperasi akhir tahun ini, VinFast juga menyiapkan ekosistem lain mulai dari line-up produk lengkap (VF 3, VF 34, VF 5, VF 6, VF 7), infrastruktur pengisian baterai melalui sister company V-Green, hingga layanan smart mobility lewat taksi listrik Green SM yang kini sudah beroperasi di Jakarta, lalu di Makassar, termasuk Surabaya.

    “Kami masih sangat-sangat muda, kalau bayi ini baru belajar jalan. Tetapi kami ingin jalan cepat, ingin berlari cepat. Jadi itu kami ingin menjadi pemain utama dengan melalui penciptaan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia,” tambah Kariyanto.

    Pria yang akrab disapa Keri ini pun optimis pasar mobil listrik di Indonesia bakal terus tumbuh dari tahun ke tahun. Hal itu tercermin dari data penjualan (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia).

    Taksi listrik Green SM Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    “Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) menunjukkan bahwa year to date Agustus tahun 2025 ini, kontribusi BEV dibandingkan total industri volume itu sudah 10%. Padahal tahun lalu baru 5%, tahun sebelumnya baru 1%. Jadi dalam waktu 3 tahun terjadi peningkatan yang sangat signifikan,” kata Kariyanto optimistis.

    VinFast pun menilai target pemerintah yang ingin industri otomotif Indonesia memproduksi 50% (600 ribu unit) mobil listrik dari total produksi mobil di Indonesia adalah target yang bukan mustahil tercapai.

    “Apakah itu mungkin? Kami melihat itu sangat mungkin. Memang mungkin perlu waktu sedikit panjang, tapi itu sangat mungkin. Kembali ke komitmen kami melihat potensi pasar yang sangat besar di Indonesia, kami serius menciptakan ekosistem itu, mulai dengan pembangunan pabrik kami di Subang. Ya pabrik akan nanti beroperasi di akhir tahun ini. Tanah yang di Subang itu kurang lebih 170 hektare, nanti fase pertama akan dikembangkan dengan kapasitas produksi 50 ribu unit per tahun, Itu kapasitas terpasang ya, tapi nanti produksi menyesuaikan dengan kebutuhan market,” bilang Kariyanto.

    Layanan charging station V-Green untuk konsumen VinFast di Indonesia Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    (lua/dry)

  • Spesifikasi dan Harga Suzuki Access 125

    Spesifikasi dan Harga Suzuki Access 125

    Jakarta

    Satu lagi amunisi Suzuki di pasar roda dua Tanah Air dengan meluncurkan skuter matik bergaya retro, Access 125. Buat kamu yang penasaran, simak spesifikasi Suzuki Access 125.

    Pilihan motor Suzuki di Indonesia bertambah dengan peluncuran skuter matik (skutik) Access 125. Ya, Suzuki baru saja meluncurkan skutik bergaya retro Access 125 di ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2025. Kehadiran skuter matik ini menjadi jawaban atas kebutuhan mobilitas perkotaan yang dinamis, menawarkan kombinasi sempurna antara desain klasik nan elegan, performa responsif, dan konsumsi bahan bakar yang sangat efisien. Access 125 bukan sekadar alat transportasi, melainkan sebuah pernyataan gaya hidup yang merefleksikan identitas pengendaranya.

    Tampilan Suzuki Access 125 Foto: Andhika Prasetia

    “Dengan bangga kami perkenalkan Suzuki Access 125 kepada publik Indonesia. Skutik baru tersebut hadir sebagai jawaban atas kebutuhan masyarakat akan kendaraan efisien, handal, dan penuh gaya. Kami yakin, Access 125 dapat menjadi pilihan utama bagi siapa pun yang menginginkan perpaduan ideal antara performa bertenaga serta tampilan klasik modern,” ujar General Manager 2W Sales and Marketing PT Suzuki Indomobil Sales Keisuke Shigemori dalam siaran persnya.

    Bagasi Suzuki Access 125 Foto: Andhika PrasetiaSpesifikasi Suzuki Access 125

    Untuk bertarung di pasar skutik dalam negeri, Suzuki membekali Access 125 dengan desain yang elegan nan premium. Karakter kuatnya terlihat dari lekuk bodi membulat dipadu garis tegas beserta aksen krom. Motor ini dilengkapi lampu depan LED untuk memberi pencahayaan optimal. Bentuk U menyajikan identitas unik dan khas. Fitur ini juga meningkatkan visibilitas di jalan gelap. Dari sisi dimensi, Suzuki Access punya panjang 1.835 mm, lebar 690 mm, tinggi 1.155 mm, dan jarak sumbu roda 1.260 mm. Jarak pijak ke tanah alias ground clearance 160 mm. Tinggi joknya 770 mm.

    Skuter ini didukung oleh mesin SOHC 124 cc berteknologi Suzuki Eco Performance(SEP) yang andal dan mudah dirawat. Mesin ini dirancang untuk memberikan akselerasi cepat dan torsi kuat pada putaran rendah hingga menengah, ideal untuk menghadapi lalu lintas perkotaan yang padat. Dengan tenaga maksimum 6,2 kW dan torsi 10,2 Nm, Access 125 menjanjikan performa gesit yang memuaskan sekaligus ramah lingkungan dengan emisi rendah. Konsumsi BBM-nya juga lumayan irit. Di atas kertas skutik retro ini diklaim hemat dengan catatan konsumsi BBM 57,3 km/liter. Kapasitas tangkinya 5,3 liter. Maka, ketika diisi full tank, Suzuki Access bisa menjelajah sejauh 303,69 km.

    Kenyamanan dan fungsionalitas menjadi prioritas dalam perancangan Access 125. Bobotnya yang ringan, hanya 106 kg, memastikan manuver yang lincah dan mudah dikendalikan, bahkan bagi pengendara pemula. Suspensi depan dan belakang yang disetel presisi memberikan pengendalian mantap, sementara jarak sumbu roda yang pendek memudahkan pengendara meliuk di jalanan kota yang sempit. Skuter ini juga dilengkapi bagasi luas berkapasitas 24,4 liter di bawah jok, yang memadai untuk menyimpan tas belanja atau jas hujan, serta dua kompartemen penyimpanan depan yang praktis dan mudah diakses.

    Suzuki Access 125 hadir dengan gaya retro Foto: Andhika Prasetia

    Access 125 juga kaya akan fitur-fitur canggih yang meningkatkan kemudahan dan keamanan berkendara. Sistem kunci pengaman dengan fungsi pembuka jok dan tangki bensin, serta sistem Suzuki Easy Start, membuat pengalaman berkendara menjadi lebih praktis. Ditambah lagi, soket USB 2A memungkinkan pengendara mengisi daya ponsel saat dalam perjalanan, sementara panel instrumen analog dan odomoter digital menyajikan berbagai informasi dengan tata letak yang bersih dan mudah dibaca. Sistem rem terpadu (combined brake system) yang mendistribusikan gaya pengereman ke roda depan dan belakang juga turut memberikan keamanan ekstra.

    Kini beralih ke harga jualnya. Suzuki Access dibanderol Rp 25 jutaan dengan opsi tiga warna yang bisa dipilih. Berikut rinciannya.

    Harga Suzuki AccessSuzuki Access 125 Solid Ice Green: Rp 25,5 jutaSuzuki Access 125 Metallic Mat.Black: Rp 25,5 jutaSuzuki Access 125 Pearl Grace White: Rp 25,5 juta

    (dry/rgr)

  • Biaya Bikinnya Mulai Rp 650 Ribu, Begini Ciri SIM Palsu

    Biaya Bikinnya Mulai Rp 650 Ribu, Begini Ciri SIM Palsu

    Jakarta

    SIM palsu bisa dikenali dari hologram di belakangnya. Polisi mengungkap hologram itu merupakan jiplakan dan bentuknya jelek.

    SIM palsu menyebar di Jogja. Sindikat pembuat SIM palsu juga sudah dibongkar pihak kepolisian. Sindikat ini menawarkan pembuatan SIM dengan tarif mulai Rp 650 ribu hingga yang termahal Rp 1,5 juta secara online.

    Pemohon SIM diiming-imingi pembuatan SIM tanpa foto dan perekaman data pribadi di kantor Satpas. Adapun secara bentuk, SIM palsu ini sangat berbeda dengan SIM asli.

    Kasi SIM Sub Regident Ditlantas Polda DIY, AKP Drefani Diah Yunita, mengungkap bahwa SIM palsu ini memiliki hologram jiplakan dan bentuknya jelek.

    “Di bagian bawah itu, yang kayak bunga itu juga hologram juga. Warnanya gold sama magenta. Itu paling bisa dilihat kasat mata pembandingnya asli dan palsu,” kata Drifani dikutip detikJogja.

    Selain itu, Drefani juga mengungkap bahwa SIM palsu bisa dikenali dari tempat SIM diterbitkan. Dalam aturan terbaru, SIM hanya diterbitkan oleh Polresta atau Polres. Berbeda dengan dulu, penerbitan dilakukan di Polda.

    “Kemarin kami dikasih lihat, cek, jelas kelihatan palsu karena tulisannya Polda. Karena tidak mungkin Polda mengeluarkan SIM untuk yang baru ini,” ujarnya lagi.

    Material yang digunakan juga berbeda. Pun barcodenya hanya bisa dibuka dengan kamera khusus dari Korlantas. Perlu dipahami, untuk pembuatan SIM baru tidak bisa dilakukan dengan online. Kamu yang sudah memenuhi persyaratan, maka bisa datang ke Satpas untuk mengikuti serangkaian proses pembuatan SIM baru.

    Syarat Bikin SIM Baru

    Untuk tahu lengkapnya, berikut ini persyaratan untuk bikin SIM baru.

    1. mengisi dan menyerahkan formulir pendaftaran SIM secara manual atau menunjukkan tanda bukti pendaftaran secara elektronik;
    2. melampirkan fotokopi dan memperlihatkan identitas diri Kartu Tanda Penduduk Elektronik bagi warga negara Indonesia atau dokumen keimigrasian bagi warga negara asing;
    3. melampirkan fotokopi sertifikat pendidikan dan pelatihan mengemudi dengan memperlihatkan yang aslinya;
    3a melampirkan surat hasil verifikasi kompetensi mengemudi yang diterbitkan oleh sekolah mengemudi yang terakreditasi, bagi pemohon SIM perorangan yang tidak mengikuti pendidikan dan pelatihan mengemudi atau belajar sendiri;
    4. melampirkan fotokopi surat izin kerja asli dari kementerian yang membidangi ketenagakerjaan bagi warga negara asing yang bekerja di Indonesia;
    5. melaksanakan perekaman biometri berupa sidik jari dan/atau pengenalan wajah maupun retina mata;
    5a melampirkan tanda bukti kepesertaan aktif dalam program jaminan kesehatan nasional; dan
    6. menyerahkan bukti pembayaran penerimaan bukan pajak

    (dry/rgr)

  • ALVA Guyur Subsidi Motor Listrik hingga Rp 7 Juta di IMOS 2025

    ALVA Guyur Subsidi Motor Listrik hingga Rp 7 Juta di IMOS 2025

    Sejak meluncurkan ALVA ONE pada 2022, perusahaan terus memperluas lini produk dengan menghadirkan ALVA CERVO, ALVA ONE XP, CERVO Boost Charge, CERVO Q, ALVA N3, hingga ALVA CERVO X. Sejumlah teknologi baru turut diperkenalkan, seperti Boost Charge Station, Boost Button, sistem pengereman ABS, serta aplikasi my ALVA App untuk memudahkan servis dan perawatan.