Jenis Media: Otomotif

  • Cuci Gudang! Beli Ducati Akhir Tahun, Ada Harga Khusus Cuma Rp 200 Juta

    Cuci Gudang! Beli Ducati Akhir Tahun, Ada Harga Khusus Cuma Rp 200 Juta

    Jakarta

    Buat pecinta motor sport Ducati, pasti happy nih dengar kabar yang satu ini. Bayangin aja, untuk bisa memiliki motor Ducati cukup mengeluarkan kocek Rp 200 juta, padahal harga yang biasanya ditawarkan lebih dari itu.

    Dalam siaran resminya dijelaskan, Ducati Indonesia tengah menggelar program penjualan akhir tahun. Dikatakan menjelang tutup tahun 2025, Ducati Indonesia menghadirkan kesempatan istimewa bagi para penggemar dan kolektor untuk menambah jajaran Ducati di garasi.

    Melalui penyesuaian untuk sejumlah model terpilih berupa dukungan harga khusus hingga Rp 200 juta. Program spesial akhir tahun ini mencakup berbagai model unggulan Ducati, antara lain:

    1. Ducati DesertX

    2. Ducati DesertX Discovery

    3. Ducati Diavel Bentley

    4. Ducati Hypermotard 698

    5. Ducati Hypermotard 698 RVE

    6. Ducati Hypermotard 950 SP

    Ilustrasi Ducati Multistrada V4 RS Foto: Dok. Ducati

    7. Ducati Multistrada V4 RS

    8. Ducati Multistrada V4 Pikes Peak

    9. Ducati Multistrada V4 Rally

    10. Ducati Multistrada V4 S

    11. Ducati Monster

    12. Ducati Monster Plus

    13. Ducati Panigale V2

    14. Ducati Streetfighter V4 S

    15. Ducati Streetfighter V4 Supreme

    16. Ducati SuperSport 950 S

    17. Ducati Scrambler 800 Icon

    18. Ducati Scrambler 800 Nightshift

    19. Ducati Scrambler 800 Full Throttle

    Nah buat detikers yang memimpikan Ducati cukup menghubungi tim Sales untuk mendapatkan penawaran spesial akhir tahun ini atau langsung berkunjung ke Ducati Bintaro yang berlokasi di Jalan Boulevard Bintaro Jaya, Tangerang Selatan.

    Selanjutnya dijelaskan tim Ducati Indonesia siap memberikan informasi lengkap, konsultasi pilihan motor, hingga pendampingan proses pembelian untuk memastikan pelanggan mendapatkan pengalaman terbaik dalam memiliki Ducati impian.

    Bagaimana detikers? Menarik bukan!

    (lth/din)

  • Intip Harga Aksesori BYD Atto 1 dari Spion Lipat-Buka Bagasi Otomatis

    Intip Harga Aksesori BYD Atto 1 dari Spion Lipat-Buka Bagasi Otomatis

    Jakarta

    BYD Atto 1 menjadi salah satu mobil terlaris di Indonesia. Namun bagi pengguna Atto 1 yang merasa fiturnya kurang, terdapat produk aftermarket yang sudah dijual di pasaran, lho.

    BYD Atto 1 ini belum retractable mirror alias spionnya belum bisa dilipat otomatis. Kemudian mobil listrik ini juga belum dibekali power tailgate, fitur canggih pintu bagasi mobil untuk dibuka dan ditutup secara otomatis menggunakan sistem motor elektrik.

    Otoproject sebagai salah satu brand aksesori mobil sudah memasarkan retractable mirror dengan harga Rp 1.899.000 dan power tailgate Rp 5.999.000 untuk BYD Atto 1.

    Foto: Dok. Otoproject

    Selanjutnya dashcam, biasanya aksesori ini fitur tambahan. Padahal punya fungsi untuk keamanan. Banyak mobil baru, termasuk Atto 1 dari pabriknya tidak menyertakan dashcam sebagai aksesori standard.Otoproject menawarkan dashcam Mirror DVR Nexus 2K seharga Rp 1.989.000.

    Dari sisi eksterior, ada sejumlah part yang bisa ditawarkan Otoproject untuk BYD Atto 1, antara lain:

    Door Handle Cover & Outer Handle Cover (Carbon / Piano Black)Mirror Cover (Carbon / Piano Black)Mud GuardEV Battery Guard Aluminum & Steel

    Kalau pemilik BYD Atto 1 khawatir soal menaruh kabel charging yang tebal dan memakan tempat? Terdapat aksesori organizer, antara lain:

    Lower Center Console MultitrayEV Trunk OrganizerTrash Bin khusus BYD Atto 1

    Untuk perlindungan eksterior, Otoproject menyediakan berbagai pilihan aksesori seperti Door Handle Cover, Mirror Cover berlapis Carbon atau Piano Black, Mud Guard, hingga EV Battery Guard berbahan aluminum dan steel.

    Pada bagian interior, Otoproject menghadirkan beragam panel karbon presisi seperti Panel Center Air Vent, Panel Control AC, Panel Cup Holder, hingga Panel Rear Console.

    Otoproject juga menghadirkan Door Lock Absorber yang menghadirkan efek kedap saat pintu dibuka atau ditutup, sehingga memberi kesan premium.

    “Otoproject berkomitmen menghadirkan aksesoris aftermarket yang tidak hanya mempercantik tampilan kendaraan, tetapi juga meningkatkan fungsi, kenyamanan, dan keamanan. Dengan hadirnya rangkaian lengkap untuk BYD Atto 1, kami ingin mendukung pengalaman berkendara pemilik kendaraan listrik di Indonesia secara lebih optimal,” ujar Martin, CEO Otoproject.

    Untuk menunjang perjalanan harian, tersedia pula Adjustable Headrest Pillow dan Karpet Maxmat yang presisi serta mudah dibersihkan.

    Seluruh aksesori Otoproject untuk BYD Atto 1 kini tersedia di jaringan resmi Otoproject Garage di berbagai daerah seperti Cengkareng, Bintaro, Cibubur, Bekasi, Bandung, Surabaya, dan Bali. Produk juga dapat dibeli di ratusan toko variasi mobil rekanan Otoproject serta platform e-commerce.

    (riar/lth)

  • Marquez Bukan ‘Manusia’, Levelnya Sulit Ditiru Orang Normal

    Marquez Bukan ‘Manusia’, Levelnya Sulit Ditiru Orang Normal

    Jakarta

    Mantan juara dunia Formula 1 yang saat ini membela tim Aston Martin, Fernando Alonso, memuji habis Marc Marquez yang baru saja memenangkan gelar kesembilan di MotoGP. Menurutnya, level The Baby Alien sulit dicapai manusia biasa.

    Alonso menjelaskan, ada banyak pebalap motor yang terlahir dengan bakat luar biasa. Namun, hanya sedikit yang punya mentalitas baja, gairah menang tinggi dan selalu mau disiplin.

    “Tidak ada orang ‘normal’ yang bisa seperti Marquez: melewati lima tahun tanpa meraih gelar, namun tidak kehilangan sedikit pun ketabahan, semangat kompetitif, dan tentu saja, bakat,” ujar Alonso dalam documenter yang sedang tayang di DAZN, dikutip Jumat (12/12) kemarin.

    Foto: Getty Images/Mark Thompson

    Sementara itu, kata Alonso, Marquez sudah memenuhi syarat sebagai ‘makhluk luar bumi’. Pebalap 32 tahun itu bukan hanya berbakat, melainkan punya daya juang tinggi, mentalitas juara dan selalu ingin berkembang.

    “Itulah mengapa saya pikir apa yang telah dilakukan Marc tahun ini hanya bisa dilakukan oleh sedikit orang,” ungkapnya.

    Serupa Marquez, Alonso juga sempat rehat, meski bukan karena cedera. Dia meninggalkan F1 pada akhir 2018 dan tak kembali hingga 2021. Itulah mengapa, dia mengerti betapa rumitnya kembali dan tampil lagi di lintasan.

    “Terkadang kami para pebalap saling memahami satu sama lain karena ketika Anda beristirahat, entah itu cuti panjang atau cedera besar seperti yang dia alami, saya pikir dalam balapan profesional bukan hanya tentang bakat atau kepekaan mengemudi,” tuturnya.

    “Tapi juga kepekaan pada kendaraan, atau kepekaan yang Anda miliki dengan ban saat berada di batas cengkeramannya. Kecepatan yang terjadi pada 350 km/jam sangat berbeda dengan kehidupan nyata. Tidak ada yang bisa Anda gunakan untuk berlatih atau melakukan simulasi,” tambahnya.

    Secara psikologi, kata Alonso, Marquez seharusnya sulit bangkit setelah mengalami cedera berkali-kali. Itulah mengapa, dia mengganggap pebalap asal Spanyol itu sebagai makhluk spesial.

    “Ketika Anda melewati periode yang sulit dan kemudian Anda menang lagi, Anda menyadari bahwa Anda harus terbiasa dengan itu. Dan kita melihatnya pada Marc di musim 2024, atau pada saya di musim 2023 dengan delapan podium. Itu hanya podium, saya tidak memenangi balapan apa pun, tetapi podium-podium itu punya ledakan kegembiraan,” kata dia.

    (sfn/lth)

  • Sopir Ugal-ugalan karena Alasan Kejar Waktu, PO Rosalia Indah Bantah Aturan Itu

    Sopir Ugal-ugalan karena Alasan Kejar Waktu, PO Rosalia Indah Bantah Aturan Itu

    Jakarta

    PO Rosalia Indah membantah memberikan batas waktu kepada sopir bus, sehingga mereka nekat melaju ugal-ugalan di jalan tol. PO Rosalia Indah menegaskan, narasi yang mengatakan bahwa sopir bus ugal-ugalan karena alasan dikejar waktu, itu tidak benar.

    Seperti diberitakan sebelumnya, sopir bus PO Rosalia Indah jurusan Cileungsi-Malang mengemudi secara ugal-ugalan di area tol 275 A, Rabu (10/12) kemarin. Sopir bus pun langsung di PHK (pemutusan hubungan kerja) oleh manajemen.

    Corporate Communication PT Rosalia Indah Transport, Sasangka Bayu, mengatakan, manajemen tidak pernah memberikan aturan terkait target waktu kepada sopir bus. Hal tersebut sekaligus membantah argumen sopir bus yang mengemudi secara ugal-ugalan karena alasan mengejar target waktu.

    “Manajemen tidak ada kebijakan atau SOP atau aturan mengenai target waktu,” tegas Bayu seperti dikutip dari detikJateng, Jumat (12/12/2025). Bayu menegaskan bahwa manajemen mengedepankan keselamatan dan kenyamanan penumpang. Pihaknya juga mengedepankan aturan dalam berkendara.

    “Karena esensi kami keselamatan dan kenyamanan untuk penumpang. Kami tetap mengedepankan aturan yang berlaku di lalu lintas,” tambah Bayu.

    Diberitakan sebelumnya, viral rekaman bus Rosalia Indah yang mengemudi secara ugal-ugalan di tol Trans Jawa. Video ugal-ugalan tersebut diunggah oleh akun Instagram @dashcamindonesia pada 11 Desember 2025.

    Dari informasi akun tersebut, bus Rosalia awalnya melaju dari arah kiri, namun tiba-tiba menyalip dari bahu jalan dan langsung memotong ke jalur kanan. Kejadian tersebut terjadi sebelum rest area 275 A tanggal 10 Desember 2025.

    Mobil yang dipotong jalannya oleh bus tersebut membunyikan klakson panjang. Namun hal itu justru membuat sopir bus marah-marah. Mereka sempat adu mulut di rest area.

    Usai kejadian itu, Manajemen PT Rosalia Indah Transport meminta maaf. Hal tersebut diungkapkan oleh Corporate Communication PT Rosalia Indah Transport, Sasangka Bayu.

    “Kami memohon maaf kepada seluruh pengguna jalan dan masyarakat yang terdampak maupun merasa tidak nyaman, kejadian di bus jurusan Cilengsi-Malang,” kata Bayu.

    Pihak manajemen juga memberikan sanksi tegas dengan memecat yang bersangkutan. Setelah kejadian itu, pihaknya langsung mengambil langkah buat membebastugaskan sopir bus.

    “Sesuai dengan ketentuan internal perusahaan yg berlaku di Rosalia Indah, terkait pelanggaran yg telah dilakukan oleh pengemudi tersebut, secara tegas perusahaan akan mengeluarkan sanksi surat PHK per hari ini,” tegasnya.

    “PT Rosalia Indah Transport senantiasa berkomitmen untuk menjaga keselamatan, profesionalitas, dan kualitas layanan demi memberikan pengalaman perjalanan terbaik bagi seluruh pengguna jasa,” pungkasnya.

    (lua/lth)

  • Mobil Masa Depan Citroen ELO Meluncur, Mirip Rumah Berjalan

    Mobil Masa Depan Citroen ELO Meluncur, Mirip Rumah Berjalan

    Jakarta

    Citroën resmi memperkenalkan ELO, mobil konsep terbarunya yang menjadi simbol inovasi dan visi mereka terhadap mobilitas masa depan. ELO merupakan kelanjutan dari konsep OLI yang debut pada 2022. Jika OLI menekankan efisiensi ekstrem melalui material ringan dan desain sederhana, ELO melangkah lebih jauh dengan menghadirkan ruang kabin modular yang fungsional layaknya rumah berjalan.

    Meski panjangnya hanya 4,10 m, Citroën ELO menawarkan ruang kabin yang sangat luas berkat arsitektur 100% listrik. Mobil konsep ini mampu menampung hingga enam penumpang dan bisa diatur menjadi berbagai mode, seperti ruang istirahat, ruang bermain, hingga ruang kerja, sejalan dengan konsep rest, play, work.

    Citroen ELO. Foto: Dok. Citroen

    Tak sekadar alat transportasi, ELO dirancang sebagai mobil multifungsi. Interiornya bisa berubah menjadi ruang tidur untuk dua orang, ruang kerja dengan kursi pengemudi yang bisa diputar, home cinema, hingga bisa dijadikan genset untuk aktivitas luar ruangan.

    Dari luar, ELO tampil compact dan modern. Namun masuk ke kabin, nuansa ceria dan penuh warna langsung terasa. Posisi duduk pengemudi berada di tengah dengan sudut pandang hingga 180 derajat, menghadirkan pengalaman berkendara yang futuristis, sekaligus memberikan visibilitas optimal.

    Citroen ELO. Foto: Dok. Citroen

    Dalam pengembangannya, Citroën menggandeng dua mitra besar: Decathlon dan Goodyear. Decathlon membawa keahliannya dalam desain outdoor untuk menciptakan fitur interior yang praktis dan serbaguna. Goodyear menghadirkan ban pintar yang tahan penggunaan intensif di berbagai kondisi luar ruang.

    Citroën ELO rencananya akan melakukan debut global pada Brussels Motor Show, 9 Januari 2026. Mobil konsep ini diharapkan memberi gambaran bagaimana Citroën melihat masa depan mobilitas yang lebih fleksibel, fungsional, dan menyatu dengan gaya hidup modern.

    (lua/lth)

  • Harga Rp 14 Jutaan, Masih Pakai Karbu

    Harga Rp 14 Jutaan, Masih Pakai Karbu

    Jakarta

    Motor bebek paling murah di Indonesia dijual seharga Rp 14 jutaan. Berikut ini spesifikasi motor bebek termurah di Indonesia yang masih menggunakan karburator.

    Kalau kamu selama ini mengira Honda Revo adalah motor bebek termurah di Indonesia, anggapan itu ternyata salah ya. Soalnya, ada motor bebek yang harganya lebih murah dari Honda Revo! Adalah TVS Neo XR dengan banderol Rp 14,7 juta. Sebagai informasi, Honda Revo saat ini paling murah dijual seharga Rp 17 jutaan.

    Spesifikasi Motor Bebek Termurah di Indonesia

    Menyandang status sebagai motor bebek termurah di Indonesia, seperti apa spesifikasi TVS Neo XR?

    Dari sektor mesin, TVS mengandalkan mesin 110 cc dengan sistem pengapian masih karburator. Mesin itu mampu menyemburkan tenaga sebesar 8,5 daya kuda pada 8.000 rpm dan torsi maksimum 8,5 Nm pada 4.500 rpm.

    TVS Neo XR punya dimensi panjang 1.940 mm, lebar 666 mm, tinggi 1.075 mm, jarak antara as roda 1.260 mm. Bobotnya seberat 101,5 kg. Jarak mesin ke tanah 150 mm dan tinggi tempat duduk 760 mm. Motor ini mengusung kopling semi otomatis dengan transmisi empat percepatan. Rem depan menggunakan tromol/cakram, hidrolik, piston ganda. Sementara rem belakang, mekanik tromol. Suspensi depan mengusung teleskopik sementara suspensi belakang dual shockabsorber, lengan ayun. Kapasitas tangkinya 4 liter dan rasio kompresi mesinnya 9,35:1.

    TVS Neo XR diklaim punya empat fitur unggulan. Pertama ada iecono yang berupa sistem panduan visual inovatif dan dapat memandu pengemudi untuk mendapatkan jarak tempuh lebih baik sekaligus hemat pengeluaran. Kedua fitur iStart berupa indikator yang dihubungkan dengan sensor suhu pada mesin. Dengan begitu, motor siap dipakai dalam waktu kurang dari 2 menit. Kamu juga nggak perlu repot memanaskan motor 8-10 menit.

    Selanjutnya TVS Neo XR juga punya fitur iSpace. TVS mengklaim ini satu-satunya motor bebek dengan bagasi yang mampu menyimpan helm batok, buku, dan jas hujan sekaligus. Terakhir ada Duralife engine yaitu teknologi minim gesekan. Dengan begitu mesin lebih awet dan tahan lama.

    TVS juga memberikan garansi setiap pembelian motor bebek termurah di Indonesia ini. Pertama garansi kelistrikan selama dua tahun atau 24.000 km yang meliputi rotor, stator, ignition coil, throttle switch, thermal sensor, flasher unit, dan unit digital CGI. Ada juga garansi mesin 3 tahun atau 30.000 km meliputi piston, ring piston, crankshaft, crankcase, pompa oli, starter motor, transmisi, cylinder head, katup, crankshaft, dan bearing mesin. Terakhir ada garansi spesial selama 5 tahun atau 50.000 km meliputi cylinder body dan swing arm.

    (dry/lth)

  • Pemerintah Mau Naikkan Tarif Ojol, Asosiasi Bilang Begini

    Pemerintah Mau Naikkan Tarif Ojol, Asosiasi Bilang Begini

    Jakarta

    Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub), berencana mau menaikkan tarif ojek online (ojol) di Indonesia. Lantas, apa tanggapan asosiasi terkait mengenai rencana tersebut?

    Asosiasi ojol Garda Indonesia meminta pemerintah tak menaikkan tarif layanan sebelum tuntutan ‘pasukan hijau’ dikabulkan. Mereka menuntut agar skema bagi hasil yang semula 80:20 persen, menjadi 90:10 persen.

    “Garda Indonesia menegaskan sikap resmi bahwa pemerintah tidak boleh menaikkan tarif ojol dalam bentuk apa pun sebelum Perpres tentang skema bagi hasil 90% untuk pengemudi ojol dan 10% untuk perusahaan aplikator diterbitkan secara resmi,” ujar Ketua Umum Garda Indonesia, Raden Igun Wicaksono kepada detikOto, Jumat (12/12).

    Foto: Taufiq Syarifudin/detikcom

    Igun meminta agar pemerintah fokus ke tuntutan utama, ketimbang menaikkan tarif layanan. Sebab, kenaikan tersebut juga bisa berdampak langsung terhadap penurunan permintaan konsumen.

    “Perjuangan terkait keadilan bagi hasil ini telah berlangsung sangat panjang sejak 2018 namun hingga hari ini, belum ada langkah konkret dari negara untuk memberikan payung hukum yang melindungi kesejahteraan para pengemudi ojol yang menjadi tulang punggung transportasi digital nasional,” ungkapnya.

    Diberitakan detikOto sebelumnya, Kemenhub memberikan kode akan merevisi tarif ojek online (ojol) di Indonesia. Sebab, sejak empat-lima tahun terakhir, nominalnya belum mengalami perubahan.

    “Pasti tarif akan kita sesuaikan, karena memang sejak ditetapkan yang 4-5 tahun yang lalu belum ada perubahan,” ujar Kasubdit Angkutan Tidak dalam Trayek, Direktorat Angkutan Jalan, Ditjen Perhubungan Darat, Utomo Harmawan di Pejaten, Jakarta Selatan, dikutip Jumat (12/12).

    “Jadi itu yang selalu bikin keresahan gitu ya di dalam para penyuara tuntutan driver-driver ini atau para asosiasinya,” tambahnya.

    Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Utomo menegaskan, Kemenhub tengah menyusun skema tarif baru dengan mempertimbangkan dua faktor, yakni kenaikan Upah Minimum Regional (UMR) dan harga bahan bakar minyak (BBM).

    “Kami sepakat dan di regulasi kami ini kita sudah menyusun penyusunan tarif berdasarkan kenaikan harga UMR dan kenaikan harga BBM, itu kami sepakat,” kata dia.

    (sfn/lth)

  • Penjualan Honda di Indonesia Merosot, Ini Model Paling Larisnya

    Penjualan Honda di Indonesia Merosot, Ini Model Paling Larisnya

    Jakarta

    Penjualan mobil Honda di Indonesia turun 35 persen. Ini model yang masih memberi sumbangan penjualan terbesar.

    Pangsa pasar mobil Honda di Indonesia tergerus dengan kedatangan sederet mobil China. Dalam setahun belakangan, penjualan Honda secara wholesales maupun retail turun 30 persenan. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, secara wholesales Januari-November 2025, penjualan Honda hanya mencapai 53.301 unit. Padahal setahun sebelumnya menyentuh 86.350 unit dalam waktu 11 bulan tahun lalu.

    Penjualan retail juga demikian. Data Gaikindo menunjukkan, pada Januari-November 2024, Honda membukukan penjualan sebanyak 92.327 unit. Sementara pada periode yang sama tahun 2025, penjualannya baru menyentuh 64.225 unit. Pangsa pasarnya juga ikut tergerus. Kalau dulu bisa menyentuh 11,4 persen, kini hanya 8,7 persen secara retail sales.

    Secara produk, Honda sejatinya merilis beberapa model baru tahun ini. Beberapa di antaranya Honda HR-V Hybrid dan juga Step Wgn Hybrid. Di tengah gempuran mobil listrik China, Honda justru percaya mobil hybrid jadi jembatan sebelum akhirnya beralih sepenuhnya ke era elektrifikasi. Sejatinya, Honda juga sudah meluncurkan mobil listrik e:N1. Namun mobil tak bisa dibeli putus. Kamu yang tertarik bisa meminangnya dengan skema sewa selama lima tahun. Pun kalau ditotal, biaya yang dikeluarkan cukup fantastis yakni mencapai Rp 1 miliar meski tak repot mikirin pajak dan juga perawatannya.

    Meski sudah punya beberapa produk elektrifikasi, nyatanya mobil paling laris Honda justru masih bermesin konvensional. Adalah Honda Brio yang merupakan mobil Honda dengan harga paling murah. Honda Brio bisa dimiliki dengan mahar mulai Rp 170 jutaan hingga yang termahal Rp 258,2 juta.

    Secara penjualan, Brio masih memikat. Setiap bulan nama Brio yang terdiri dari Satya dan RS itu kerap mengisi daftar mobil terlaris di Indonesia. Di segmen LCGC dan city car, Honda Brio jadi rajanya. Sepanjang Januari hingga November 2025, Honda telah mendistribusikan 31.068 unit Brio ke dealer-dealernya.

    Namun kini keberadaan Brio mulai terganggu dengan pendatang baru dari China BYD Atto 1. Bermodalkan baterai sebagai sumber tenaga dan harga yang mirip-mirip, Atto 1 perlahan-lahan merebut pasar Brio. Penjualan Atto 1 pun meledak dan menjadikannya mobil terlaris dalam dua bulan terakhir tahun 2025. Ini bisa menjadi sinyal bagi Honda untuk segera berbenah. Kalau tidak, bukan tak mungkin pangsa pasarnya jadi makin tergerus rival-rival baru.

    (dry/lth)

  • Polytron Bikin Portable Fast Charger Motor Listrik, Dijual Mulai 2026

    Polytron Bikin Portable Fast Charger Motor Listrik, Dijual Mulai 2026

    Jakarta

    Polytron akan meluncurkan perangkat portable fast charging resmi yang dirancang khusus untuk motor listrik mereka, khususnya seri Fox Electric (seperti FOX-R dan FOX-S). Rencananya alat itu bakal diluncurkan pada awal tahun 2026.

    Dalam siaran persnya, Polytron melihat berkembangnya komunitas dan tren touring atau perjalanan lintas kota, kebutuhan akan solusi pengisian daya yang lebih fleksibel dan cepat menjadi mendesak.

    Polytron menyebut FOX Electric telah menjadi kendaraan utama harian ribuan pengguna. Kini Polytron ingin membawa pengalaman tersebut lebih jauh dengan menghadirkan solusi pengisian daya cepat yang ringkas, aman, dan mudah digunakan di berbagai kondisi perjalanan.

    Polytron melihat pertumbuhan signifikan dalam komunitas pengguna FOX Electric. Para anggota komunitas Polytron Electric Vehicle Rider berasal dari berbagai latar belakang, mulai dari pekerja harian hingga penghobi touring. Kekuatan komunitas ini bahkan pernah dibuktikan melalui pencapaian rekor MURI untuk perjalanan motor listrik terjauh, rute Jakarta-Bali dengan jarak 1.333 km, yang menunjukkan bahwa motor listrik Polytron tidak hanya andal untuk penggunaan dalam kota, tetapi juga mampu menempuh tantangan perjalanan panjang.

    Saat ini, waktu pengisian motor listrik Polytron dari nol hingga penuh rata-rata sekitar 4 – 5 jam.

    Saat ini, harga resmi dan spesifikasi teknis lengkap dari portable fast charging belum diumumkan oleh pihak Polytron karena produk masih dalam tahap pengembangan.

    Namun, di pasar aftermarket, sudah banyak tersedia fast charger untuk motor listrik Polytron dengan rentang harga bervariasi, umumnya mulai dari Rp 2 jutaan. Bahkan bisa dibekali arus pengisian sebesar 25 Ampere (25A)

    Walaupun Polytron masih belum mengungkapkan spesifikasi teknis dan kisaran harga dari portable fast charger tersebut, perusahaan menyatakan bahwa proses pengembangan sedang berlangsung dengan fokus pada keamanan, kecepatan pengisian, dan kepraktisan penggunaan. Peluncuran resminya diproyeksikan akan berlangsung pada awal tahun 2026.

    (riar/lth)

  • Asosiasi Tolak Kenaikan Tarif Ojol, Terus Maunya Apa?

    Asosiasi Tolak Kenaikan Tarif Ojol, Terus Maunya Apa?

    Jakarta

    Asosiasi ojek online (ojol) Garda Indonesia menolak rencana Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menaikkan tarif layanan untuk penumpang. Mereka menegaskan, ada tuntutan lain yang dianggap jauh lebih penting.

    Ketua Umum Garda Indonesia, Raden Igun Wicaksono mengatakan, pemerintah tak boleh menaikkan tarif layanan sebelum tuntutan ojol dikabulkan. Pasukan hijau itu menuntut agar skema bagi hasil yang semula 80:20 persen, menjadi 90:10 persen.

    “Garda Indonesia menegaskan sikap resmi bahwa pemerintah tidak boleh menaikkan tarif ojol dalam bentuk apa pun sebelum Perpres tentang skema bagi hasil 90% untuk pengemudi ojol dan 10% untuk perusahaan aplikator diterbitkan secara resmi,” ujar Raden Igun Wicaksono kepada detikOto, Jumat (12/12).

    Di luar itu, kata Igun, Garda Indonesia sebenarnya membawa tuntutan lain yang jauh lebih penting. Berikut kami rangkum tuntutan tersebut!

    3 Tuntutan Utama Asosiasi Ojol

    1. Bagi Hasil 90% untuk Pengemudi Ojol dan 10% untuk Aplikator

    GARDA menegaskan kembali bahwa skema paling adil dan manusiawi adalah komposisi bagi hasil 90% untuk pengemudi sebagai pelaku utama lapangan dan 10% untuk perusahaan aplikator.

    2. Kewajiban Aplikator Menyetor 1-2% kepada Negara

    GARDA juga meminta agar Perpres Ojol mengatur kontribusi wajib perusahaan aplikator sebesar 1% sampai 2% kepada negara, yang dialokasikan sebagai jaminan perlindungan sosial dan jaminan hari tua bagi pengemudi ojol.

    3. Hentikan Narasi ‘Menjaga Iklim Bisnis’ yang Mengorbankan Hak dan Keadilan Rakyat

    Menurut GARDA, negara tidak boleh bersembunyi di balik alasan menjaga iklim bisnis sambil mengabaikan hak, keadilan, dan masa depan jutaan rakyat yang bekerja sebagai pengemudi ojol.

    Foto: Septian Farhan Nurhuda/detik.com

    Diberitakan detikOto sebelumnya, Kemenhub memberikan kode akan merevisi tarif ojek online (ojol) di Indonesia. Sebab, sejak empat-lima tahun terakhir, nominalnya belum mengalami perubahan.

    “Pasti tarif akan kita sesuaikan, karena memang sejak ditetapkan yang 4-5 tahun yang lalu belum ada perubahan,” ujar Kasubdit Angkutan Tidak dalam Trayek, Direktorat Angkutan Jalan, Ditjen Perhubungan Darat, Utomo Harmawan di Pejaten, Jakarta Selatan, dikutip Jumat (12/12).

    “Jadi itu yang selalu bikin keresahan gitu ya di dalam para penyuara tuntutan driver-driver ini atau para asosiasinya,” tambahnya.

    Utomo menegaskan, Kemenhub tengah menyusun skema tarif baru dengan mempertimbangkan dua faktor, yakni kenaikan Upah Minimum Regional (UMR) dan harga bahan bakar minyak (BBM).

    “Kami sepakat dan di regulasi kami ini kita sudah menyusun penyusunan tarif berdasarkan kenaikan harga UMR dan kenaikan harga BBM, itu kami sepakat,” kata dia.

    (sfn/lth)