Jenis Media: Otomotif

  • Reaksi Marquez Usai Tak Dianggap Rival Terberat Rossi

    Reaksi Marquez Usai Tak Dianggap Rival Terberat Rossi

    Jakarta

    Pebalap Ducati asal Spanyol, Marc Marquez, buka suara usai tak dianggap Valentino Rossi sebagai rival terberatnya di MotoGP. Menurut dia, The Doctor memang tak pernah head to head dengannya untuk memperebutkan gelar juara.

    Jika kita melihat data sejak 2013 hingga 2021, Marquez hampir selalu mengalahkan Rossi di klasemen akhir. Bahkan, sepanjang periode tersebut, Marquez memenangkan enam juara dunia, sementara Rossi sama sekali tak meraih gelar.

    Itulah mengapa, Marquez tak masalah seandainya tak masuk rival terberat Rossi. Sebab, dia dan mantan pebalap asal Italia itu tak pernah benar-benar bersaing memperebutkan gelar juara.

    “Ya, karena kami tidak pernah bertarung untuk meraih juara dunia,” ujar Marquez, dikutip dari Crash, Jumat (3/10).

    “Tidak, tidak, tidak, bukan seperti itu (merasa lebih hebat dari Rossi). Hanya saja ketika saya tiba, lawan terbesar saya, misalnya, suatu tahun adalah Lorenzo. Lalu beralih ke Dovizioso,” tambahnya.

    Valentino Rossi. Foto: GORINI_LUCA

    Diketahui, ketika berkunjung ke Jakarta, Rossi ditanya soal siapa rival terberatnya selama berkarier di MotoGP. Menariknya, dari empat nama yang disebut, tak ada nama Marc Marquez.

    “Saya punya banyak rival berat selama karir, dan saya pikir itu antara Stoner, Lorenzo, Biaggi, Pedrosa, ini sulit dikatakan untuk yang terbesar,” kata Rossi di sela-sela konferensi pers peluncuran livery khusus VR46 Racing Team di Cinepolis Senayan Park, Jakarta, Rabu (30/9).

    “Mungkin Lorenzo karena kami berada di tim yang sama dan menjadi rekan setim untuk waktu yang lama. Kami bukan cuma rival, ya seperti hubungan percintaan,” lanjutnya.

    Menurut Rossi, hubungannya dengan Lorenzo rumit seperti hubungan percintaan. Keduanya menjadi rekan setim untuk tujuh musim di periode terpisah. Pertama pada tahun 2007-2010. Rossi selanjutnya sempat hengkang ke Ducati.

    Kemudian setelah dua tahun Rossi membela Si Merah, keduanya kembali bersatu pada tahun 2013 saat juara dunia sembilan kali itu memutuskan kembali ke Yamaha. Rossi dan Lorenzo juga sempat bertarung sengit memperebutkan gelar sebagai rekan setim pada tahun 2016.

    “Kami nggak sekadar rival, ya seperti kisah percintaan,” kata Rossi.

    (sfn/sfn)

  • Ramai Ditolak SPBU Swasta, Apa Dampak Kandungan Etanol pada BBM untuk Mobil-Motor?

    Ramai Ditolak SPBU Swasta, Apa Dampak Kandungan Etanol pada BBM untuk Mobil-Motor?

    Jakarta

    Kandungan etanol 3,5 persen pada BBM yang diimpor Pertamina bikin Vivo dan BP batal membelinya. Memang apa dampaknya ada etanol pada BBM?

    BP dan Vivo batal membeli BBM base fuel dari Pertamina. Batalnya pembelian base fuel tersebut bukan tanpa alasan. Wakil Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Achmad Muchtasyar mengungkap bahwa dua SPBU swasta itu enggan membeli dari Pertamina lantaran ada kandungan etanol dalam base fuel yang diimpor.

    “Isu yang disampaikan rekan-rekan SPBU ini adalah mengenai konten, kontennya itu ada kandungan etanol dimana secara regulasi itu diperkenankan etanol dalam jumlah tertentu kalau tidak salah sampai 20 persen, nah sedangkan ada etanol 3,5 persen nah ini yang membuat kondisi temen-temen SPBU swasta untuk tidak melanjutkan pembelian karena konten etanol tersebut,” jelas Achmad.

    BP mengamini hal tersebut. Menurutnya, kargo BBM yang sudah berlabuh di Tanjung Priok itu tak sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan perusahaan. Alasannya karena ada kandungan etanol pada base fuel tersebut.

    “Kalau yang sudah sampai di Priok memang sampai saat ini kami belum menerima, salah satu concernnya karena etanol, memang diformulasi kami sampai saat ini belum mengandung etanol,” jelas Presiden Direktur BP-AKR, Vanda Laura.

    Pada kesempatan terpisah, Pj. Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Roberth MV Dumatubun menegaskan kandungan etanol dalam produk BBM merupakan praktik yang lazim di kalangan perusahaan migas dan berlaku secara internasional.

    “Penggunaan BBM dengan campuran etanol hingga 10% telah menjadi best practice di banyak negara seperti di Amerika, Brasil, bahkan negara tetangga seperti Thailand, sebagai bagian dari upaya mendorong energi yang lebih ramah lingkungan sekaligus mendukung pengurangan emisi karbon,” ujar Roberth dikutip detikFinance.

    Ada Etanol pada BBM, Aman?

    Adapun untuk digunakan pada kendaraan, sebenarnya diperbolehkan. Etanol merupakan alkohol yang diproduksi dari fermentasi dan penyulingan tebu, molase, atau biji-bijian bertepung seperti singkong dan jagung. Mengutip laman Car From Japan, etanol telah digunakan di negara-nefara industri sebagai bahan bakar yang berdiri sendiri atau dicampurkan ke bensin untuk meningkatkan oktan sekaligus mereduksi emisi karbon.

    Ketika dicampur BBM, kadar oktan memang meningkat sekitar 3-5 unit. Indikator peningkatan oktan itu membuat pembakaran di mesin jadi lebih baik. Tidak heran bila perusahaan di industri BBM keap mencari aditif dengan tujuan meningkatkan kadar oktan BBM. Tapi etanol berbeda dari aditif karena bisa dianggap sebagai bahan bakar sendiri. Etanol memiliki kadar oktan tinggi yakni 108-109. Makanya ketika dicampur BBM dia bisa meningkatkan oktan dari BBM itu sendiri. Selain tiu, etanol memiliki kandungan oksigen yang bisa membantu pembakaran di mesin jadi lebih sempurna. Konsumsi BBM juga bisa dihemat sekaligus meminimalisir emisi gas karbon selama mesin menyala.

    Ada banyak pendapat soal penggunaan etanol pada campuran bensin terutama digunakan pada kendaraan. Dari banyak sumber ahli otomotif menilai, bensin dengan campuran etanol rendah dari E2-E10 dapat digunakan pada mesin mobil dan sepeda motor tanpa masalah.

    “Dengan penggunaan etanol rasio 5%, penggunaan E5 dan bensin biasa secara bergantian tidak memiliki dampak ke mesin,” begitu bunyi pernyataannya.

    Di lain sisi, ada juga yang menganggap penggunaan etanol memiliki dampak buruk ke mesin. Dilansir laman PennState Extension, bensin tidak larut dalam air, tetapi etanol larut. Oleh karena itu, etanol dapat menyerap kontaminan yang tidak diserap oleh bensin dan mungkin menumpuk kontaminan tersebut di dalam mesin kendaraan, menyebabkan filter atau injektor tersumbat. Hal ini dapat menyebabkan penurunan kinerja mesin yang signifikan jika tidak segera ditangani.

    Pada kendaraan yang sudah berumur, sistem bahan bakarnya cenderung lebih lemah. Adanya kandungan etanol justru bisa membuat sistem jadi rusak, menyusut, yang mengakibatkan kebocoran. Beberapa melaporkan mesin menjadi overheat saat menggunakan BBM dengan kandungan etanol.

    Selain itu, BBM yang dicampur dengan etanol berkadar tinggi juga bisa merusak komponen yang terbuat dari logam, karet, plastik, dan juga polimer karena kandungan alkoholnya sangat korosif. Sistem injeksi juga bisa mengalami gangguan. Perlu diingat gangguan muncul bila kadar etanol terlalu besar.

    (dry/din)

  • Denza D9 Jadi Simbol Baru Kemewahan

    Denza D9 Jadi Simbol Baru Kemewahan

    Jakarta

    Mobil listrik sekarang bukan cuma soal ramah lingkungan, tapi juga soal kenyamanan dan kemewahan. Urusan mewah dan nyaman, Denza D9 jawabannya. Denza D9 hadir untuk bikin liburan keluarga jadi antisusah.

    Popularitas mobil listrik belakangan terus menanjak. Nggak cuma di segmen menengah, di segmen premium MPV listrik sekelas Denza D9 sudah banyak dilirik. Nggak heran sih, soalnya Denza D9 menawarkan ragam kemewahan yang bisa menunjang perjalanan kelas atas.

    Pun kalau diajak perjalanan darat untuk liburan bareng keluarga, Denza D9 nggak bakal nyusahin. Kalau ngomongin mobil listrik, jarak tempuh tentu jadi pertimbangan. Denza D9 punya jarak tempuh yang jauh yakni hingga 600 km berkat baterai berkapasitas 103,36 kWH yang diusung. Kalau kamu liburan mau ajak keluarga ke Semarang, tentu bukan masalah berarti karena nggak perlu repot ngecas di jalan. Kalau perjalanan dari Jakarta, menuju ke Semarang maka jarak tempuhnya sekitar 438 km.

    Bila berangkat dari Jakarta, maka tanpa berhenti ngecas kamu bisa sampai Semarang. Kalau jaraknya lebih jauh lagi seperti ke Surabaya sekitar 700 km ke atas, paling nggak kamu bisa ngecas satu kali di rest area sembari beristirahat. Kamu juga nggak perlu khawatir karena kini ada ribuan SPKLU yang tersedia di seluruh Indonesia. Berdasarkan data PLN, saat ini ada 3.558 unit SPKLU yang tersebar di 2.412 titik strategis seluruh Indonesia.

    Denza D9. Foto: Andhika Prasetia

    Buat perjalanan jauh dan bawa anak, kabinnya amat lega. Denza D9 punya konfigurasi kabin tiga baris, dua kursi di depan, dua kursi di baris kedua, dan di baris belakang bisa ditempati oleh tiga orang. Ada tujuh orang yang bisa duduk di dalam Denza D9 dengan nyaman.

    Masuk ke kabin, kamu akan melihat nuansa premium dengan joknya sudah mengusung material kulit dan khusus kursi depan bisa diatur 8 cara. Kursi depan juga sudah dilengkapi dengan ventilasi sekaligus penyesuaian lumbar buat menambah kenyamanan sepanjang perjalanan. Nggak cuma itu, penumpang di sisi tengah juga makin dimanjakan dengan adanya kulkas 7,5 liter yang dapat diatur suhunya dari -6 hingga 50 derajat celcius. Kalau mau bawa makanan, pastinya nggak perlu pusing lagi cari tempat penyimpanan.

    Duduk di kursi tengah udah pasti nyaman. Apalagi kalau pas lagi liburan tiba-tiba harus sambil bekerja, kamu tetap bisa nyaman berkat kehadiran meja tengah di balik kursi depan. Kalaupun lelah di perjalanan, nggak perlu khawatir lagi, soalnya Denza D9 sudah dibekali ragam teknologi khas mobil-mobil premium untuk memanjakan penumpangnya. Misalnya saat pegal-pegal di jalan, kamu bisa mengandalkan fitur pijat yang bisa dioperasikan dengan layar sentuh di kursi sehingga bisa relaksasi sebelum sampai di tujuan.

    Nggak cuma nyaman, kamu juga nggak bakalan bosan di perjalanan. Denza D9 sudah dilengkapi dengan DiLink Intelligent Interactive System. Sistem ini akan mengintegrasikan berbagai fitur digital dan kemampuan interaktif yang dirancang untuk memberikan kenyamanan hiburan dan konektivitas kepada penggunanya berkat kehadiran layar Head Unit Ultra-HD berukuran 15,6 inch. Selain itu sistem audio premium 7,1 channel menawarkan kualitas suara yang imersif, sehingga memberikan pengalaman hiburan yang lebih mendalam. Sistem hiburannya juga sudah tersambung ke Apple CarPlay dan Android Auto, jadi tetap bisa dengar lagu favorit sepanjang perjalanan.

    Denza juga menyematkan 4 isofix untuk memudahkan saat kamu harus membawa lebih dari satu car seat selama liburan. Kapasitas bagasinya juga luas hingga 2.310 liter, cukup untuk menampung tujuh koper ditambah tujuh tas jinjing.

    Supaya perjalanan tetap tenang dan nyaman, Denza juga dilengkapi fitur bantuan pengemudi yang sangat lengkap. Ada adaptive cruise control, intelligent high beam control, forward collision warning, automatic emergency braking, rear collision warning, rear cross traffic brake, blind spot detection, emergency lane keeping assist, traffic sign recognition, intelligent cruise control, front parking sensor, rear parking sensor, high precision milimeter wave radar, intelligent driving surround view camera, dan intelligent driving high perception camera.

    Fitur keselamatan lain juga nggak kalah lengkap. Denza D9 punya electric power steering, electric parking brake system, auto hold, hydraulic brake assist, intelligent power braking system, traction control system, vehicle dynamic control, hingga 8 airbag.

    Buat liburan mewah bareng anak, Denza D9 udah pasti pilihan yang pas. Kamu nggak bakal kerepotan karena jarak tempuhnya jauh, bagasi luas, kenyamanan yang ditawarkan, hingga fitur keselamatan nomor wahid. Cocok buat kamu yang modern namun tetap memiliki konsen terhadap lingkungan. Kemewahan dan kenyamanan yang disajikan Denza D9 tak perlu diragukan lagi. Liburan jadi tenang antisusah deh!

    (dry/din)

  • Pelat BL Sah, Tak Ada Aturan yang Batasi Pergerakan Kendaraan

    Pelat BL Sah, Tak Ada Aturan yang Batasi Pergerakan Kendaraan

    Jakarta

    Heboh perdebatan soal penggantian pelat nomor Aceh menjadi pelat nomor Sumatera Utara. Dalam video yang beredar, rombongan Gubernur Sumut Bobby Nasution memberhentikan truk berpelat BL (nomor polisi dari Aceh) dan meminta agar pelatnya diubah menjadi BK (nomor polisi dari Sumut).

    Video viral itu awalnya memperlihatkan rombongan Bobby Nasution yang menyetop dan meminta agar pengemudi truk turun dari mobilnya. Kemudian, Asisten Administrasi Umum Pemprov Sumut Muhammad Suib terlihat berdialog dengan sopir truk tersebut.

    Suib meminta agar pelat BL (nomor polisi dari Aceh) yang digunakan truk itu diubah menjadi BK (nomor polisi dari Sumut). Permintaan untuk mengubah pelat itu yang kemudian viral dan menjadi perbincangan masyarakat.

    Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Wilayah Aceh dan akademisi transportasi Universitas Syiah Kuala, Yusria Darma, mengatakan langkah Gubernur Sumatera Utara yang menghentikan truk berpelat Aceh (BL) di Langkat demi mendorong penggantian pelat ke BK atau BB patut dikaji ulang.

    “Penggantian pelat nomor hanya relevan bagi kendaraan yang pemiliknya telah berdomisili permanen di Sumatera Utara. Itu pun harus melalui prosedur mutasi resmi sesuai aturan Polri dan SAMSAT,” kata Yusria Darma dikutip dari keterangan tertulisnya dikutip Kamis (2/10/2025).

    Menurutnya, kebijakan tersebut berpotensi mengganggu kelancaran logistik antarprovinsi dan menimbulkan ketidakpastian hukum.

    MTI Aceh menekankan bahwa truk BL yang beroperasi di Sumut adalah bagian vital dari rantai pasok komoditas antarprovinsi. Tindakan penghentian dan permintaan penggantian pelat tanpa dasar domisili sah berisiko mengganggu stabilitas ekonomi regional dan menciptakan konflik administratif.

    “STNK dan TNKB BL adalah dokumen legal yang berlaku nasional. Tidak ada Perda yang dapat membatasi pergerakan kendaraan antarprovinsi yang sah,” lanjut Yusria.

    “Jika Pemprov Sumut ingin meningkatkan PAD, pendekatannya harus sesuai hukum dan tidak mengorbankan prinsip kebebasan berlalu lintas,” sambungnya.

    MTI Aceh juga mengapresiasi aspek positif dari aksi tersebut, yakni teguran terhadap truk ODOL (Over Dimension Overload). “Kami mendukung penuh target Zero ODOL 2027. Namun, penegakan ODOL tidak bisa dijadikan alasan untuk intervensi administratif terhadap kendaraan dari provinsi lain,” ujar Yusria.

    (rgr/din)

  • Tanpa Insentif, Penjualan Mobil Listrik Bisa Runtuh

    Tanpa Insentif, Penjualan Mobil Listrik Bisa Runtuh

    Jakarta

    Program pajak kendaraan listrik federal atau Federal EV Tax telah berakhir di Amerika Serikat (AS). Imbasnya, mobil nonemisi di sana tak lagi mendapat insentif sebesar US$ 7.500 atau Rp 125 jutaan. Bagaimana dampaknya terhadap penjualan?

    Disitat dari Carscoops, Federal EV Tax telah berakhir sejak Selasa (30/9). Menurut Chief Executive Officer (CEO) Ford, Jim Farley, situasi tersebut membuat penjualan mobil listrik setempat kemungkinan runtuh. Bahkan, dia meramal, penurunannya bisa mencapai 50 persen!

    Farley menilai dampak absennya keringanan pajak sangat besar. Jika sebelumnya pangsa pasar mobil listrik di AS mencapai 10-12 persen, dia khawatir angka itu akan kembali jeblok ke lima persen atau setara tiga tahun lalu.

    “Saya pikir ini akan tetap jadi industri yang hidup, tapi lebih kecil, jauh lebih kecil dari yang kita kira. Apalagi dengan perubahan kebijakan emisi gas buang, plus insentif US$ 7.500 yang hilang,” ujar Jim Farley dalam acara Ford Pro Accelerate di Detroit, dikutip Kamis (10/2).

    “Sebulan lagi kita akan lihat, tapi saya tidak akan kaget kalau penjualan EV di AS turun menjadi hanya 5 persen,” tambahnya.

    Mobil listrik Ford. Foto: Dok. Ford

    Kondisi itu membuat tim Model e Ford terus menghitung ulang arah bisnisnya. Kapasitas pabrik mobil listrik dan baterai yang sudah terlanjur dibangun mungkin harus dialihfungsikan bila penurunan permintaan benar-benar terjadi.

    “Kami akan tetap mengisinya (pabrik), tapi akan lebih stres, karena sebelumnya ada kebijakan jelas selama empat tahun. Sekarang kebijakannya berubah. Semua harus menyesuaikan, dan saya pikir ini baik untuk negara, tapi jelas akan jadi satu tekanan lagi,” jelasnya.

    Di sisi lain, Farley juga jujur soal preferensi konsumen. Menurut dia, masyarakat belum tertarik untuk membeli mobil listrik mahal.

    “Pelanggan tidak tertarik dengan mobil listrik US$ 75 ribu (Rp 1,5 miliar). Mereka menganggapnya menarik-mobilnya cepat, efisien, tidak perlu ke SPBU-tapi tetap saja mahal,” kata dia.

    (sfn/din)

  • Bensin Shell Habis Total!

    Bensin Shell Habis Total!

    Jakarta

    Tak ada lagi bensin Shell yang dijual. Stok BBM Shell habis total!

    Stok BBM Shell habis. Diakses pada laman Shell Indonesia per 3 Oktober 2025, stok Shell Super tak tersedia lagi. Tak cuma itu, Shell V-Power dan Shell V-Power Nitro+ juga tak tersedia.

    “Mohon maaf Shell Super tidak tersedia di SPBU Shell hingga waktu yang belum dapat dipastikan,” tulis Shell dalam laman tersebut.

    Sejatinya, kosongnya stok bensin di SPBU Shell sudah diprediksi sebelumnya. Presiden Director & Managing Director Mobility Shell Indonesia Ingrid Siburian saat menghadiri Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi XII DPR RI pada hari Rabu juga sudah mengatakan bahwa sisa stok bensin hanya tersisa di lima SPBU. Stok bensin Shell itu akan habis pada Kamis malam.

    “Jadi kami memang benar-benar mengalami stock out atau kelangkaan untuk BBM jenis bensin,” ungkap Ingrid.

    Shell sudah mengantisipasi hal tersebut sejak bulan Juni. Shell juga sudah mengajukan permohonan kuota impor tambahan mengingat adanya kenaikan permintaan. Namun dari Kementerian ESDM dijelaskan ada pembatasan kuota impor. SPBU swasta diminta untuk membeli BBM dari Pertamina. SPBU swasta itu menyanggupi asalkan Pertamina bisa menyediakan base fuel tanpa campuran apapun. Terkait hal itu, Ingrid menyebut pihaknya belum melakukan negosiasi dengan Pertamina. Namun, dia mengatakan Shell siap menyerap BBM dari Pertamina asalkan sesuai dengan ketentuan dari perusahaan.

    “Kami memberikan contoh bahwa mendapatkan barang dari lokal atau Pertamina itu bukan hal haram yang haram buat Shell atau hal yang tabu. Kami pernah melakukannya, jadi kami percaya ini masih perlu didiskusikan tapi itu bukan yang akan kami tolak sepanjang tiga aspek itu terpenuhi,” terang Ingrid.

    SPBU swasta lainnya yakni BP dan Vivo diketahui sempat sepakat untuk membeli BBM dari Pertamina. Namun kesepakatan itu batal karena ditemukan adanya kandungan etanol 3,5 persen pada base fuel yang didatangkan Pertamina.

    “Isu yang disampaikan rekan-rekan SPBU ini adalah mengenai konten, kontennya itu ada kandungan etanol dimana secara regulasi itu diperkenankan etanol dalam jumlah tertentu kalau tidak salah sampai 20 persen, nah sedangkan ada etanol 3,5 persen nah ini yang membuat kondisi temen-temen SPBU swasta untuk tidak melanjutkan pembelian karena konten etanol tersebut,” jelas Wakil Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Achmad Muchtasyar.

    (dry/din)

  • Keluhan Fans Ikut Acara Meet and Greet Pebalap Ducati di Jakarta: Udah Bayar, tapi…

    Keluhan Fans Ikut Acara Meet and Greet Pebalap Ducati di Jakarta: Udah Bayar, tapi…

    Jakarta

    Seorang penggemar Marc Marquez pulang dengan rasa kecewa usai mengikuti acara meet and greet yang digelar di Autograph Tower Thamrin Nine, Jakarta Pusat pada Selasa (30/9/2025).

    Demikian pengakuan salah satu penggemar Marquez dari Sukabumi. Wanita ini rela merogoh kocek Rp 500 ribu untuk mengikuti meet and greet.

    “Saya ke sana jauh jauh dari Sukabumi, kebagian tiket yang early bird Rp 500 ribu, berhasil ketemunya cuman selewat doang pas dia turun lift dari lantai 11 mau naik lagi ke lantai 99,” kata dia penuh kecewa kepada detikOto.

    Dia merasa tidak sebanding antara harga tiket dengan pengalaman yang didapat. “Kecewa banget parah sampe sakit demam dan batuk gegara ujan ujanan di-venue-nya,” lanjut dia.

    Berdasarkan amatan detikOto, antrean para penggemar Marquez sudah terjadi sejak pukul 15.00 WIB.

    Lokasi acara meet and greet berada di lantai 11 dan area outdoor lantai 99. Antrean terjadi saat menukarkan e-ticket menjadi gelang pada lantai dua. Setelahnya penggemar harus antre untuk naik ke atas.

    Acara sempat ditunda lantaran hujan mengguyur arena outdoor di lantai 99. Sejatinya acara meet and greet dimulai pukul 17.00 WIB. Namun antrean masih menumpuk untuk naik ke atas.

    Hujan deras masih mengguyur pukul 18.00 WIB. Di sisi lain, Marc Marquez dan Fermin Aldeguer sudah tiba di lantai 99. Mereka masuk ke dalam sebuah ruangan.

    Dalam pantauan detikOto, penggemar menunggu di luar ruangan tersebut. Mereka rela hujan-hujanan untuk bisa melihat kedua pebalap tersebut.

    Di sini terpantau tidak adanya alur yang jelas terkait informasi di mana para penggemar bisa ikut masuk ke dalam.

    Awak media yang mendapat gelang warna biru juga tidak diizinkan masuk. Mereka diusir oleh penjaga untuk keluar dari ruangan.

    “Hanya boleh gelang warna hitam,” tegas penjaga.

    Sejurus kemudian penjaga di lantai 99 menyatakan kalau meet and greet akan dilakukan di lantai 11. Setelah para pebalap sedang melakukan agenda di dalam ruangan bersama tamu yang menggunakan gelar berwarna hitam.

    Ruangan di lantai 99, hanya boleh pengunjung dengan gelang warna hitam Foto: Dok. Ridwan Arifin

    R berharap, semestinya bisa mendapatkan pengalaman lebih dekat dengan pebalap idolanya. Apalagi mereka juga mengeluarkan biaya untuk bisa mendapatkan kesempatan tersebut.

    “Ya kayak meet and greet yang lain aja, kalau mau mengutamakan VVIP ya mereka bisa simpen dipaling depan, kita disimpen dibelakang aja sesuai harga tiket gapapa kok,” harap dia.

    “Ada kok meet and greet idol kpop harga 750rb tapi semua yang ikut dari yang paling mahal sampe yang paling murah pun dapet hi touch,” tambah dia.

    Apa yang dialami fans asal Sukabumi ini mungkin sedikit lebih beruntung dari penggemar lain. Kekecewaan penggemar ini ramai terungkap di media sosial. Mereka sabar menunggu, meski pada akhirnya tidak bisa bertemu dengan Marc Marquez. Hal ini tercermin dari komentar instagram @ducati_corse.

    Salah satu pengguna bilang tidak ada instruksi pindah ke lantai 11. Sementara dia masih berada di lantai atas.

    “Kami tahu ini bukan salah Marc, tapi kami hanya ingin membuat kalian semua tahu karena Marc selalu menghargai para fans. Fans yang berada di luar saat meet and greet di Jakarta itu membeli tiket, bukan datang secara gratis. Jadi tolong diingat bahwa fans Indonesia itu baik, kami dengan sabar menunggu Marc datang sejak pukul 15:30 dan banyak dari kami bahkan tidak bisa bertemu Marc. Kami bahkan tidak mendapat informasi ke mana harus pergi ketika tiba-tiba meet and greet dipindahkan ke lantai 11 dan gedung yang berbeda. Kami tidak mendapatkan instruksi resmi untuk pindah ke lantai 11 ketika tiba-tiba acara dimulai di sana, sementara banyak dari kami masih di lantai 99. Itu sangat kacau dan buruk, banyak dari kami juga datang dari luar kota. Kami mencintaimu Marc, meskipun @ducati_id mengecewakan kami,” tulis @enter.urtext.

    “Acara terburuk, sangat menyedihkan. Kami sudah membayar, tapi tidak bisa bertemu,” komen lainnya.

    Ducati Indonesia menyampaikan permohonan maaf atas kekacauan yang terjadi pada meet and greet.

    “Atas nama Ducati Indonesia, dari lubuk hati yang paling dalam, kami mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan yang terjadi selama acara Meet & Greet kemarin,” tulis Ducati Indonesia dalam email permintaan maaf.

    “Kami menyadari terdapat banyak kekurangan, khususnya terkait perpindahan tamu dari area registrasi sampai ke area event, komunikasi yang tidak berjalan dengan baik & seharusnya bagi tamu yang sedang mengantri, serta beberapa aspek pelaksanaan yang belum berjalan sesuai harapan yang disebabkan oleh hujan deras.”

    “Meski sudah berusaha sebaik mungkin, ada hal-hal di luar kuasa kami yang menyebabkan ketidaknyamanan ini. Kami berkomitmen untuk belajar dari pengalaman ini sehingga tidak terulang lagi di masa depan,” tambahnya lagi.

    (riar/din)

  • IMX 2025 8Volution Jadi Pusat Kultur Otomotif Asia Tenggara

    IMX 2025 8Volution Jadi Pusat Kultur Otomotif Asia Tenggara

    Jakarta

    Ajang modifikasi Indonesia Modification & Lifestyle Expo (IMX) 2025 kembali menjadi pusat perhatian pecinta modifikasi. Bahkan, lebaran modifikasi di Indonesia ini diklaim menjadi pusat kultur otomotif di Asia Tenggara.

    Indonesia Modification & Lifestyle Expo (IMX) 2025 kembali menegaskan posisinya sebagai pusat kultur otomotif, khususnya di Asia Tenggara, sekaligus barometer tren otomotif dunia. Tahun ini, IMX dipercaya menjadi panggung kehadiran legenda modifikasi global, figur-figur inspiratif international, hingga peluncuran eksklusif produk otomotif berskala dunia.

    “Saya percaya IMX adalah salah satu area yang sangat penting dalam perkembangan dunia otomotif, khususnya dunia modifikasi tanah air. IMI hadir untuk memastikan bahwa perkembangan modifikasi di Indonesia berjalan ke arah yang positif. Dukungan IMI terhadap IMX merupakan wujud nyata dari kami komitmen kami dalam membina, mengarahkan, sekaligus membuka ruang sebesar-besarnya bagi talenta modifikator Indonesia untuk terus berkembang,” ucap selaku Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), Moreno Soeprapto.

    “Pameran modifikasi yang di-combine dengan lifestyle ini adalah terobosan yang luar biasa. Sejak yang pertama 8 tahun lalu hingga sekarang, selalu ada peningkatan baik dari pengunjung sampai omset. Semoga IMX tahun ini bakal lebih sukses dibandingkan tahun sebelumnya,” tambah Bambang Soesatyo selaku Ketua Dewan Pembina IMI.

    Dijelaskan IMX 2025 Tahun ini akan disadari para modifikasi dunia, seperti Wataru Kato (Liberty Walk), Smoky Nagata (Top Secret), dan Ichiraku (Director Internasional RWB). Ketiganya adalah ikon legendaris dunia modifikasi yang pengaruhnya melampaui generasi. Tidak hanya itu, Hana Vocado, figur pop otomotif asal Korea dengan jutaan pengikut internasional, juga akan tampil untuk meramaikan puncak acara.

    Puluhan nama besar lainnya turut hadir, di antaranya: Big Mike, Ryan Rywire, Musa Tjahjono (USA), Takahiro Ueno (Vertex Japan), hingga Kuhl Racing Japan. Kehadiran tokoh-tokoh ini menegaskan IMX sebagai magnet utama pecinta otomotif dan lifestyle global.

    Indonesia Modification & Lifestyle Expo (IMX) 2025 kembali menegaskan posisinya sebagai pusat kultur otomotif, khususnya di Asia Tenggara, sekaligus barometer tren otomotif dunia. Foto: dok. IMX

    “Saya mengapresiasi, konsistensi NMAA dan IMX yang sudah mulai sejak 2018 sudah menjadi pusat inovasi, kreatifitas, dan jejaring internasional yang luar biasa. IMX bukan sekedar pameran, tapi kultur otomotif di Asia Tenggara, bahkan dunia. Dan di sini anak-anak muda bisa menumpahkan kreativitas mereka, dengan keunikan mereka masing-masing,” ungkap Raffi Ahmad selaku Utusan Khusus Presiden Bidang Pembinaan Generasi Muda dan Pekerja Seni.
    Magnet Lifestyle dan Koleksi Eksklusif

    Pada tahun ini tahun ini, IMX juga akan menjadi sorotan dunia lifestyle dengan tiga magnet utama:

    – IMX 2025 x LBWK Aventador Event Car

    Hadir sebagai diecast 1:64 yang menjadi kembaran versi 1:1 milik Raffi Ahmad, die cast ini merupakan hasil kolaborasi Liberty Walk dengan IMX. Aventador Chrome ini menjadi simbol kolaborasi internasional yang memadukan sentuhan khas LBWK Jepang dengan kreativitas modifikator Indonesia.

    – IMX 2025 x R32 Red Chrome Limited Event Car

    Smoky Nagata tidak hanya membawa Top Secret R32 World Premiere versi full size, tetapi juga menghadirkan die cast skala 1:64 berbalut warna merah chrome. Kehadirannya menjadi momen langka sekaligus collectible item yang sangat ditunggu para kolektor.

    – Hot Wheels Convention Car 2025

    Hot Wheels Convention Cars untuk pertama kalinya hadir di Indonesia, meluncurkan Porsche Convention seri Asia Pasifik, yang dihadirkan di 5 Negara dengan design connecting pada bagian blister. Tentu ini menjadi momen yang tak boleh dilewatkan pecinta diecast internasional.

    Dalam pergelaran tahun ini juga, program unggulan NMAA Ultimate Builder akan kembali menjadi sorotan. Dengan kurasi langsung dari Ryan Basserie dan Big Mike-juri kelas dunia yang juga dipercaya di ajang SEMA Battle of Builders Las Vegas-lebih dari 900 mobil modifikasi yang mendaftar telah dipilih menjadi sekitar 150 mobil terbaik Indonesia.

    Koleksi mobil ini akan menjadi representasi karya modifikasi Tanah Air yang disaksikan oleh pengunjung dari seluruh dunia di IMX 2025.

    Selain konten otomotif berkelas dunia, IMX 2025 memanjakan pengunjung dengan berbagai pengalaman:

    – 2 Unit Super give away Mobil Eksklusif Untuk Pengunjung

    IMX 2025 menghadirkan dua mobil super give away yang bisa dimenangkan oleh pengunjung. Dua mobil tersebut adalah Super give away On The Spot Chery J6 By Cellos ZXZ dan Super give away Daihatsu Ayla GH Style garapan Gofar Hilman.

    – Promo Khusus BCA

    Pengguna BCA berkesempatan untuk mendapatkan potongan harga 50 persen untuk pembelian tiket On The Spot IMX 2025. Promo ini hanya berlaku di ticket box Hall 10 dan pembayaran melalui myBCA, BCA Mobile, Sakuku, debit BCA atau Kartu Kredit BCA. Selain itu, pengunjung bisa tersedia promo cashback hingga Rp 500 ribu untuk transaksi Paylater BCA atau Kartu Kredit BCA. Berlaku juga Cicilan BCA 0% hingga 24 bulan pakai Kartu Kredit BCA.

    Indonesia Modification & Lifestyle Expo (IMX) 2025 kembali menegaskan posisinya sebagai pusat kultur otomotif, khususnya di Asia Tenggara, sekaligus barometer tren otomotif dunia. Foto: dok. IMX

    – Lifestyle, Toys, & Diecast Area

    IMX mengkurasi para seller die-cast dan toys terbaik dari Indonesia untuk hadir membuka booth-nya di IMX Big Bang. Para pengunjung bisa mendapatkan berbagai produk die-cast, toys, serta beragam merchandise lifestyle dengan harga terbaik di IMX.

    – IMX X D1 Grand Prix South East Asia Series

    IMX 2025 jadi tempat singgah ajang kompetisi drift profesional D1 Grand Prix South East Asia untuk Round 3 dan 4 pada 11-12 Oktober 2025. Sinergi ini menjadikan Indonesia tuan rumah dua ajang otomotif besar dalam satu panggung spektakuler.

    – Exclusive Release & Special Deals

    Program ini menghadirkan berbagai produk otomotif dan lifestyle yang diluncurkan perdana, mulai dari parts aftermarket, velg, bodykit, cat khusus, hingga die cast edisi terbatas. Pengunjung bisa menikmati penawaran spesial dari berbagai brand lokal maupun internasional, seperti diskon hingga 80%, paket bundling, hingga kesempatan mendapatkan merchandise eksklusif.

    – KOL/Celebrity Modified Car Display

    KOL/Celebrity Modified Car Display merupakan area khusus yang menampilkan mobil modifikasi milik para public figure, selebritas, hingga key opinion leader (KOL) otomotif. Dari YouTuber otomotif, influencer modifikasi, hingga artis papan atas akan memamerkan karya personal mereka yang dimodifikasi sesuai karakter masing-masing.

    “Kemenkeraf sangat mendukung penuh IMX 2025 sebagai platform strategis tidak hanya menjadi pamer kreativitas dan inovasi, tetapi juga sebagai motor penggerak pengembangan sektor otomotif dalam ekonomi kreatif Indonesia,” pungkas Direktur Arsitektur dan Desain Kementerian Ekonomi Kreatif, Sabar Norma Megawati Panjaitan.

    (lth/dry)

  • Mobil Listrik Murah Toyota bZ3X Kini Tersedia Versi Setir Kanan

    Mobil Listrik Murah Toyota bZ3X Kini Tersedia Versi Setir Kanan

    Jakarta

    Toyota resmi menghadirkan bZ3X dalam versi setir kanan. Model mobil listrik baterai (BEV) ini meluncur di Hong Kong dan Makau, menandai langkah penting Toyota dalam memperluas pasar EV ke negara-negara pengguna setir kanan.

    Di Makau, Toyota bZ3X dijual HKD 259.000 atau setara Rp 552,8 juta. Harga tersebut ternyata lebih tinggi dibanding pasar China, di mana model ini dijual dengan banderol 139.800 yuan atau sekitar Rp 326 juta. Sementara untuk Hong Kong, harga resminya masih menunggu konfirmasi.

    Di pasar Hong Kong dan Makau, bZ3X mengusung motor listrik bertenaga 204 PS dan torsi 210 Nm. Tenaga ini bersumber dari baterai lithium iron phosphate (LFP) 70 kWh. Dalam siklus uji NEDC, mobil ini mampu menempuh jarak hingga 565 km sekali pengisian. Baterai mendukung pengisian cepat DC hingga 90 kW dan pengisian AC hingga 6,6 kW.

    Toyota bZ3X kali pertama meluncur di China Foto: Carnewschina

    Dari sisi dimensi, bZ3X memiliki panjang 4.600 mm, lebar 1.850 mm, tinggi 1.645 mm, dan jarak sumbu roda 2.765 mm. Bobotnya 1.835 kg, sementara bagasi menampung hingga 1.000 liter. Mobil ini dilengkapi velg alloy 19 inci dengan ban 225/45R19, serta suspensi depan MacPherson strut dan torsion beam di belakang.

    Masuk ke interior, bZ3X menawarkan kabin modern dengan panel instrumen digital 9 inci dan layar sentral 14,6 inci yang sudah mendukung Apple CarPlay nirkabel. Sistem audionya menggunakan 11 speaker Yamaha, sementara kursi depan memiliki fitur ventilasi, pemanas, pendingin, serta pengatur suhu zona ganda dengan filter PM2.5. Kursi belakang bisa direbahkan hingga 137 derajat, dilengkapi atap panoramik untuk menambah kenyamanan.

    Meski demikian, versi Makau tidak mendapatkan motor lebih bertenaga 224 PS atau perangkat kemudi berbasis lidar seperti model di China. Toyota bZ3X sendiri merupakan hasil kolaborasi antara Toyota, Guangzhou Automobile Group, GAC Toyota Motor, dan IEM by Toyota. Model ini sebelumnya tampil perdana di Auto China Beijing 2024 bersama bZ3C dan bZ3.

    Selain Hong Kong dan Makau, bZ3X versi setir kanan diperkirakan akan merambah pasar Jepang, Inggris, Australia, Selandia Baru, hingga Singapura. Indonesia kebagian nggak ya?

    (lua/dry)

  • Definisi Kemewahan Tanpa Rasa Khawatir

    Definisi Kemewahan Tanpa Rasa Khawatir

    Jakarta

    Mungkin masih banyak konsumen yang memiliki kekhawatiran terhadap daya jangkau mobil listrik lantaran stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) tidak sebanyak SPBU untuk kendaraan konvensional. Tapi, teknologi mobil listrik saat ini semakin canggih. Cuma mengandalkan pengisian di rumah, mobil listrik sudah bisa melaju jauh dan kembali ke rumah untuk dicas lagi.

    Seperti diketahui, pasar mobil listrik di Indonesia berkembang begitu pesat. Permintaan kendaraan listrik terus tumbuh. Terbukti, dari data wholesales (distribusi dari pabrik ke dealer) yang dirilis Gaikindo, sepanjang Januari sampai dengan Agustus 2025 penjualan mobil listrik mencapai 50.831 unit. Pangsa pasar mobil listrik terus tumbuh. Di tahun 2024 mobil listrik hanya menyumbang 5 persen, kini di tahun 2025 baru sampai bulan Agustus pangsa pasarnya meningkat jadi 10 persen. Hal itu menunjukkan peningkatan dua kali lipat dalam waktu belum setahun.

    Di segmen MPV listrik premium, sub-brand luxury di bawah naungan BYD Group, Denza, menempati posisi teratas. Denza, yang baru jualan satu model yaitu Denza D9, telah mengirimkan 6.548 unit mobil listrik, menjadi yang tertinggi di segmennya.

    Pesatnya pertumbuhan kendaraan listrik tersebut membuat cara pengisian baterai jadi semakin fleksibel. Tidak hanya di SPKLU, pengisian baterai mobil listrik bisa dilakukan di dealer Denza. BYD Group berkomitmen untuk memperluas jaringan showroom ke berbagai wilayah strategis yang dilengkapi dengan charging station. Peningkatan layanan purnajual yang menjadi prioritas utama Denza tersebut menambah kenyamanan konsumennya.

    Selain di SPKLU dan di dealer Denza, mobil listrik Denza D9 juga bisa dicas di rumah menggunakan home charging. Mobil listrik premium dari Denza ini bisa digas hingga ratusan kilometer dalam kondisi baterai penuh. Untuk penggunaan harian saja, Denza D9 bahkan tidak perlu ngecas di luar rumah.

    Denza D9. Foto: Rifkianto Nugroho

    Home charging atau fasilitas pengecasan mobil listrik yang terpasang di rumah menjadi salah satu solusi pemilik kendaraan listrik. Pulang beraktivitas, mobil listrik bisa langsung dicas di rumah. Keesokan harinya ketika akan memulai aktivitas kembali, posisi baterai sudah terisi penuh.

    Denza D9 menawarkan performa melalui platform e-Platform 3.0. Denza D9 memiliki baterai Blade LFP khas BYD. Kapasitas baterainya nggak nanggung-nanggung, mencapai 103,36 kWh. Alhasil, dalam kondisi baterai penuh mobil ini bisa melaju hingga 600 km (NEDC).

    Dengan daya jangkau yang sangat jauh itu, untuk penggunaan harian sudah lebih dari cukup. Jika dipakai aktivitas harian di dalam kota yang rata-rata 50-60 km per hari, maka mobil listrik ini bisa dipakai seminggu lebih tanpa harus mampir ke SPKLU. Jadi, tak perlu was-was menggunakan mobil ini di perkotaan yang masih jarang SPKLU, karena daya jangkau yang jauh menjadi nilai kemewahan Denza D9.

    Selain dipakai di dalam kota, mobil listrik ini juga bisa digunakan untuk perjalanan jauh. Buat mendukung perjalanan jauh, SPKLU sekarang sudah tersedia banyak, mulai dari rest area jalan tol, restoran, hotel, hingga perkantoran ada. Denza D9 juga mendukung pengisian cepat 166 kW. Cukup ngecas 10 menit saja, daya jangkau mobil ini bertambah 150 km.

    Denza D9 juga menghadirkan fitur VtoL (Vehicle-to-Load) yang memungkinkan kendaraan menyuplai listrik untuk perangkat eksternal, mendukung aktivitas outdoor, perjalanan, dan keadaan darurat.

    Spesifikasi Denza D9

    Denza D9 dilengkapi pula dengan DiSus intelligent body control system. Teknologi ini mencakup DiSus-C sebagai suspensi aktif yang dapat mendukung stabilitas di semua kondisi perjalanan, serta DiSus-A yang memberikan penyesuaian dinamis guna menghadirkan kenyamanan maksimal dan kemampuan off-road yang optimal.

    Kehadiran teknologi canggih ini juga dipadukan dengan Intelligent Driving Assist System, yaitu Denza Pilot-Advanced Driver Assistance System yang didukung oleh LiDAR (Light Detection and Ranging), radar, kamera, sensor ultrasonik, AI canggih, dan peta HD.

    LiDAR, teknologi berbasis laser yang memindai lingkungan sekitar kendaraan dengan akurasi tinggi, mampu mendeteksi objek dan jarak secara real-time. Teknologi ini memungkinkan DENZA D9 untuk mengenali kondisi jalan, kendaraan lainnya, serta rintangan dengan presisi.

    Di atas kertas, Denza D9 bisa memuntahkan tenaga 230 kW dan torsi 360 Nm. Denza D9 menawarkan performa yang mengesankan dengan akselerasi halus dan efisiensi energi yang luar biasa dimana memiliki waktu akselerasi yang mengesankan mencapai 9.5 detik pada jarak 0-100 km.

    Dari sisi safety, Denza D9 disematkan 8 airbags untuk keamanan optimal. Mobil ini juga memiliki sistem Auto Emergency Brake.

    Bodi kendaraan dari Denza D9 telah menggunakan hampir 80% baja berkekuatan tinggi, diperkuat oleh balok anti tabrakan depan ganda.

    (rgr/dry)