Jenis Media: Otomotif

  • Kualifikasi MotoGP Mandalika 2025: Bezzecchi Pertama, Marquez ke-9!

    Kualifikasi MotoGP Mandalika 2025: Bezzecchi Pertama, Marquez ke-9!

    Jakarta

    Kualifikasi MotoGP Mandalika 2025 telah berakhir, Sabtu (4/10). Pebalap Aprilia asal Italia, Marco Bezzecchi meraih pole position. Sementara Marc Marquez hanya meraih posisi kesembilan!

    Ketika Q2 baru dimulai, Marc Bezzecchi langsung tancap gas dengan mencatatkan waktu terbaik 1 menit 29,396 detik di putaran pertama. Dia dibuntuti Pedro Acosta dan Luca Marini dengan selisih yang tergolong tipis.

    Di saat bersamaan, pebalap Yamaha asal Prancis, Fabio Quartararo mengalami crash di tikungan ke-12 saat Q2 baru berjalan enam menit. Dia kemudian bergegas ke paddock untuk mengambil motor baru.

    Hasil kualifikasi MotoGP Mandalika 2025. Foto: ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

    Setelah menyudahi putaran pertama, hampir seluruh pebalap menuju ke paddock. Sebagian ada yang mengganti motor dan ban, namun tak sedikit yang hanya duduk dan berdiskusi dengan kru tim.

    Di putaran pertama, Marc Marquez yang memulai kualifikasi dari Q1, tampil kurang baik. Dia hanya menempati urutan ke-10 dengan gap 1,064 detik dari peringkat pertama. Dia mencoba memperbaikinya di lap kedua.

    Sementara Marco Bezzecchi mampu mengalahkan rekor di putaran pertama dengan catatan waktu 1 menit 28,832 detik. Dia makin nyaman di posisi pertama!

    Hasil kualifikasi MotoGP Mandalika 2025. Foto: REUTERS/Jennifer Lorenzini

    Hingga penghujung kualifikasi kedua, Marc Marquez tak mampu memperbaiki posisinya. Pebalap berjuluk The Baby Alien tersebut hanya mampu menghuni tempat kesembilan. Sementara di barisan terdepan tak ada perubahan, Marco Bezzecchi tetap pole position, sementara Fermin Aldeguer kedua dan Raul Fernandez ketiga!

    Berikut Hasil Kualifikasi MotoGP Mandalika 2025Marco BezzecchiFermin AldeguerRaul FernandezAlex RinsPedro AcostaLuca MariniAlex MarquezFabio QuartararoMarc MarquezMiguel OliveiraFabio DiggiaJoan Mir.

    (sfn/lth)

  • Khusus di GIIAS Bandung 2025, BAIC BJ30 Diskon Rp 30 Juta!

    Khusus di GIIAS Bandung 2025, BAIC BJ30 Diskon Rp 30 Juta!

    Jakarta

    PT JIO Distribusi Indonesia selaku agen pemegang merek (APM) BAIC di Indonesia turut meramaikan pameran GIIAS Bandung 2025. Menariknya, di kesempatan tersebut, mereka memberikan diskon besar-besaran untuk produk terbarunya, BAIC BJ30!

    Selama GIIAS Bandung 2025, BAIC BJ30 mendapat potongan langsung Rp 30 juta untuk 500 konsumen pertama. Maka, artinya, kendaraan gagah bergaya off road itu dibanderol berkisar Rp 503-579 jutaan.

    Bukan hanya BJ30, kendaraan lain seperti BJ40 Plus, X55 II Prime dan X55 II Lite juga diganjar promo berupa potongan harga langsung. Ketiga kendaraan tersebut mendapat diskon sebesar Rp 20 juta!

    BAIC BJ30 Foto: Doc. BAIC Indonesia

    Kepuasan pelanggan juga dijamin dengan layanan purna jual, mulai dari Free Service Maintenance hingga 4 tahun/80.000 km (BJ40 Plus & X55 II), 4,5 tahun/45.000 km (BJ30 Hybrid), garansi kendaraan 5 tahun/150.000 km, hingga Emergency Roadside Assistance (ERA) 24 jam selama 5 tahun.

    Kehadiran BAIC di GIIAS Bandung 2025 menjadi langkah penting untuk memperkuat posisinya di pasar Jawa Barat sekaligus menghadirkan pilihan SUV tangguh, modern, dan inovatif bagi masyarakat.

    “GIIAS Bandung adalah momentum penting bagi BAIC untuk lebih dekat dengan masyarakat Jawa Barat secara umum dan khususnya di Kota Bandung yang dikenal dengan kota strategis sekaligus pusat gaya hidup,” ujar Dhani Yahya selaku Chief Operating Officer BAIC Indonesia, dikutip dari rilis resmi, Sabtu (4/10).

    “Dan dengan dealer resmi BAIC di Jalan Naripan, kami siap memberikan layanan lengkap mulai dari penjualan, servis, hingga suku cadang. Kami optimis BAIC akan semakin banyak mengisi jalanan Bandung dan Jawa Barat,” kata dia menambahkan.

    Sebagai catatan, BAIC BJ30 merupakan kendaraan hibrida yang baru meluncur di Indonesia tiga bulan lalu. Kendaraan itu ditenagai mesin 1.500 cc turbo yang dipadukan dengan motor listrik ganda serta transmisi Dedicated Hybrid Transmission (DHT). Kombinasi tersebut mampu menghasilkan tenaga hingga 403 hp dan torsi 685 Nm.

    Meski bertenaga, BAIC tetap mengedepankan efisiensi. Saat melaju dalam kecepatan rendah atau kondisi lalu lintas padat, BJ30 dapat berjalan dengan daya baterai tanpa mengonsumsi bahan bakar. Pengujian internal dengan kecepatan konstan tidak lebih dari 80 km/jam disebut 1 liter bisa 20 kilometer.

    (sfn/lth)

  • Bakal Ada Tol Baru Bogor-Serpong via Parung, Berapa Tarifnya Nih?

    Bakal Ada Tol Baru Bogor-Serpong via Parung, Berapa Tarifnya Nih?

    Jakarta

    Akhirnya tol pertama era Presiden Prabowo Subianto bakal terwujud. Rencananya tol ini akan menghubungkan kita Bogor-Serpong (Tangerang) via Parung dan akan mulai dibangun pada 2026 besok.

    Dilansir detikFinance, disinyalir jalan tol Bogor-Serpong via Parung ini menggelontorkan dana hingga Rp 12,35 triliun, dan persiapan pembangunan jalan tol baru ini ditandai dengan ditekennya Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) dan Perjanjian Regres. Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum (PU) Wilan Oktavian mengatakan, proses pengadaan tanah akan dimulai pada awal tahun 2026 mendatang.

    Proyek Jalan Tol Bogor-Serpong via Parung rencananya akan memiliki panjang 32,03 km. Jalan tol ini terdiri dari 27,83 km di provinsi Jawa Barat, 4,2 km di provinsi Banten, dan terbagi menjadi 4 seksi. Rinciannya antara lain Seksi 1 Junction Salabenda-Simpang Susun (SS) Pondok Udik sepanjang 3,97 km.

    Lalu Seksi 2 SS Pondok Udik-SS Putat Nutug sepanjang 9,27 km, Seksi 3 SS Putat Nutug-SS Rumpin sepanjang 8,23 km, terakhir ada Seksi 4 SS Rumpin sampai Junction Serpong sepanjang 10,56 km.

    “Diharapkan konstruksinya dapat dimulai pada bulan Oktober 2026 dan ditargetkan selesai pada Agustus 2028. Untuk mencapai target tersebut, insyaallah pengadaan tanahnya akan kita mulai di awal tahun 2026 ini,” kata Wilan, dalam acara Penandatanganan PPJT Tol Bogor-Serpong di Kantor Kementerian PU, Jakarta Selatan, Jumat kemarin.

    Ilustrasi foto udara kendaraan melintas di dekat proyek pembangunan akses tol langsung KM 25 Jakarta-Merak di Curug, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (25/9/2025). Pembangunan akses tol sepanjang 10 kilometer serta Gerbang Tol Bitung 3 tersebut progresnya sudah mencapai 80 persen dan ditargetkan selesai akhir tahun 2025 guna mengurangi kemacetan di Jalan Arteri Bitung. ANTARA FOTO/Putra M. Akbar/rwa. Foto: ANTARA FOTO/Putra M. Akbar

    Sebagai Catatan, Tol Bogor-Serpong via Parung merupakan proyek prakarsa badan usaha (unsolicited) dengan skema kerjasama pemerintah dan badan usaha (KPBU). Wilan mengatakan, proyek ini menelan anggaran senilai Rp 12,35 triliun yang sepenuhnya didukung oleh badan usaha.

    Badan usaha pemrakarsa proyek tersebut ialah Konsorsium PT Bogor Serpong Infra Selaras (BSIS). Adapun BSIS sendiri dibentuk oleh konsorsium dengan porsi saham PT Persada Utama Infra 52%, PT Jasa Marga (Persero) Tbk 25%, PT Adhi Karya (Persero) Tbk 12%, dan PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) 10%.

    Menteri Pekerjaan Umum (PU) Dody Hanggodo menilai, dukungan BSIS dalam mendanai proyek tersebut secara penuh menjadi bukti kepercayaan pasar terhadap proyek-proyek di tanah air, termasuk proyek jalan tol.

    Bicara soal tarif tol, jalan bebas hambatan Bogor-Serpong ini memang belum memiliki berapa tarif yang akan diterapkan. Kendati demikian langkah pemerintah ini mampu mempermudah mobilitas masyarakat yang diharapkan mampu meningkatkan perekonomian.

    (shc/lth)

  • Kualifikasi MotoGP Mandalika 2025: Bezzecchi Pertama, Marquez ke-9!

    Jadwal MotoGP Mandalika 2025, Sprint Race Digelar Siang Ini

    Jakarta

    Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) kembali menjadi tuan rumah MotoGP musim ini. Bagi kalian yang tak mau ketinggalan serunya kualifikasi, Sprint Race hingga balapan inti, berikut detikOto rangkum jadwal MotoGP Mandalika 2025!

    Rangkaian jadwal MotoGP Mandalika 2025 sudah digelar sejak Jumat (3/10) melalui sesi latihan bebas pertama yang dimenangkan pebalap Aprilia asal Spanyol, Marco Bezzecchi. Perlombaan akan dilanjutkan ke sesi kualifikasi dan Sprint Race pada Sabtu (4/10), dan ditutup balapan inti atau Race pada Minggu (5/10).

    MotoGP Mandalika 2025 menjadi pembuktian untuk pebalap Ducati asal Spanyol, Marc Marquez. Sebab, meski sudah mengunci gelar juara musim ini, namun The Baby Alien tak pernah meraih kemenangan di lintasan tepi laut tersebut. Jangankan menang, menyudahi perlombaan saja dia belum mampu.

    Jadwal MotoGP Mandalika 2025. Jangan lupa Sprint Race digelar siang ini. Foto: ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

    Marquez selalu mengalami nasib sial ketika berlomba di Sirkuit Mandalika, Lombok. Bukan hanya terjatuh hingga mengakibatkan cedera parah, motornya juga pernah terbakar di tengah-tengah perlombaan.

    Nasib sial kembali diterima Marquez saat sesi latihan bebas kemarin. Pebalap 32 tahun itu mengalami crash hingga gagal menyudahi perlombaan. Lantas, akankah dia mampu menyudahi kutukan di Sirkuit Mandalika? Atau justru mampu meraih kemenangan perdana di sana?

    Biar tak penasaran, berikut kami rangkum jadwal MotoGP Mandalika 2025. Jangan lupa, Sprint Race digelar siang menuju sore hari!

    Jadwal MotoGP Mandalika 2025

    Sabtu, 4 Oktober 2025

    07:40-08:10 WIB: Moto3 – Free Practice 208:25-08:55 WIB: Moto2 – Free Practice 209:10-09:40 WIB: MotoGP – Free Practice 209:50-10:05 WIB: MotoGP – Qualifying 110:15-10:30 WIB: MotoGP – Qualifying 211:10-11:35 WIB: Asia Talent Cup – Kualifikasi11:50-12:05 WIB: Moto3 – Qualifying 112:15-12:30 WIB: Moto3 – Qualifying 212:45-13:00 WIB: Moto2 – Qualifying 113:10-13:25 WIB: Moto2 – Qualifying 214:00 WIB: MotoGP – Tissot Sprint (13 Lap)15:10 WIB: Asia Talent Cup – Race 1 (15 lap)

    Minggu, 5 Oktober 2025

    08:45 WIB: Asia Talent Cup – Race 2 (15 lap)09:40-09:50 WIB: MotoGP – Warm Up11:00 WIB: Moto3 – Grand Prix (20 Lap)12:15 WIB: Moto2 – Grand Prix (22 Lap)14:00 WIB: MotoGP – Grand Prix (27 Lap).

    (sfn/lth)

  • Pajak Tahunan Kijang Innova Reborn Diesel Matic Keluaran 2025

    Pajak Tahunan Kijang Innova Reborn Diesel Matic Keluaran 2025

    Jakarta

    Pajak tahunan Kijang Innova Reborn diesel matic tahun 2025 nyaris Rp 7 juta. Berikut ini rincian pajak tahunan Kijang Innova Reborn diesel keluaran terbaru itu.

    Kijang Innova Reborn diesel matic masih dijual. Mobil ini dibanderol Rp 437,5 juta. Dengan harga segitu, kamu yang mau membeli mungkin penasaran dengan besar pajak tahunannya. Untuk diketahui, pajak tahunan setiap model mobil memang berbeda-beda. Meski modelnya sama, namun berbeda tipe, pajaknya bisa jadi berbeda. Tak cuma itu, wilayah kendaraan tersebut teregistrasi juga ikut mempengaruhi pajak tahunannya.

    Toyota Innova Reborn Foto: Dok. Toyota Innova RebornPajak Innova Reborn Diesel Matic

    Khusus pajak Kijang Innova Reborn diesel matic, di wilayah Jakarta ternyata nyaris Rp 7 jutaan. Ditelusuri detikOto dalam laman Informasi Data Kendaraan dan Pajak Kendaraan Bermotor Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Innova Diesel bermesin 2.4 keluaran tahun 2025 tercatat punya nilai jual Rp 326 juta. Sedangkan rincian pajaknya sebagai berikut.

    PKB Pokok: Rp 6,846 jutaSWDKLLJ: Rp 143 ribuTotal: Rp 6,989 juta

    Perlu digarisbawahi, pajak berlaku untuk Innova Reborn diesel matic yang terdaftar sebagai kendaraan pertama di wilayah Jakarta. Besar pajak bisa jadi berbeda di wilayah lainnya atau varian lain. Sebagai perbandingan, untuk Innova Reborn diesel versi manual, pajaknya lebih murah sedikit. Berdasarkan catatan detikOto, pajak tahunan Innova Reborn diesel manual pajaknya Rp 6,674 juta yang terdiri dari PKB pokok sebesar Rp 6,531 juta dan SWDKLLJ sebesar Rp 143 ribu.

    Spesifikasi Kijang Innova Reborn Diesel Matic

    Sebagai informasi tambahan, Kijang Innova Reborn Diesel masih jadi salah satu favorit masyarakat Indonesia. Penjualannya pun masih moncer. Bahkan di keluarga Innova, Reborn Diesel masih jadi kontributor terbesar dibandingkan model lainnya. Meski berwajah lama popularitas Kijang Innova Reborn Diesel memang tak perlu diragukan lagi. Salah satu yang bikin Kijang Innova Reborn Diesel versi otomatis ini jadi favorit ini lantaran mesin dieselnya yang irit.

    Toyota pernah mengungkap bahwa pembeli Innova Reborn kebanyakan berada di luar Pulau Jawa dan Innova Zenix justru sebaliknya. Menyoal spesifikasi, Kijang Innova Reborn dilengkapi dengan mesin berkode 2GD FTV dengan empat silinder segaris 16 katup DOHC dengan VNT Intercooler. Mesin diesel Innova berkapasitas 2.393 cc. Tenaga maksimalnya mencapai 149 PS pada 3.400 rpm dengan torsi maksimal 342,2 Nm yang tersedia pada rentang 1.200-2.800 rpm

    (dry/din)

  • Tahukah Kamu? Rossi Tak Pernah Juara Dunia Selama Ada Marquez di MotoGP

    Tahukah Kamu? Rossi Tak Pernah Juara Dunia Selama Ada Marquez di MotoGP

    Jakarta

    detikers tahu gak, ternyata semenjak Marc Marquez naik kelas ke MotoGP, Valentino Rossi tak pernah lagi juara dunia? Bahkan, menariknya, The Doctor lebih sering menyudahi musim di bawah pebalap Spanyol tersebut.

    Sebagai pengingat, Marc Marquez pertama kali debut di MotoGP pada musim 2013. The Baby Alien langsung meraih gelar juara pada musim perdana di kelas tertinggi. Sementara Rossi terakhir kali juara dunia di musim 2009.

    Setelah Marquez naik ke MotoGP, Rossi selalu kesulitan meraih kemenangan. Padahal, ketika Marquez debut di kelas premier, Rossi belum terlalu tua. Dia masih berusia 33 tahun dan berada di puncak kariernya.

    Ketika Marquez meraih juara dunia di musim pertamanya di MotoGP, Rossi hanya mampu finis di peringkat keempat klasemen akhir. Menariknya, Marquez mampu mempertahankan gelarnya di musim kedua saat Rossi meraih posisi runner up.

    Persaingan Rossi dan Marquez berlangsung selama sembilan musim, yakni dari MotoGP 2013 hingga 2021. Nah, sepanjang periode itu, Marquez meraih enam gelar juara, sementara Rossi tak pernah memenangkan kompetisi.

    Bukan hanya itu, selama sembilan tahun tersebut juga, Marquez tujuh kali ‘mengasapi’ Rossi di klasemen akhir, sementara Rossi hanya sekali. Satu musim sisanya, Marquez tak ikut kompetisi karena mengalami cedera.

    Berkaca dari kenyataan tersebut, Marquez menganggap, dia dan Rossi tak pernah benar-benar bersaing memperebutkan gelar juara. Itulah mengapa, tak masalah seandainya dia tak dianggap sebagai rival terberat Rossi di MotoGP.

    “Kami tidak pernah bertarung untuk meraih juara dunia. Tidak, tidak, tidak, bukan karena itu (merasa lebih hebat dari Rossi). Hanya saja ketika saya tiba, lawan terbesar saya, misalnya, suatu tahun adalah Lorenzo. Lalu beralih ke Dovizioso,” kata Marquez.

    Berikut Rekor Persaingan Rossi Vs Marquez

    MotoGP 2013

    Marc Marquez: Juara Dunia

    Valentino Rossi: Peringkat 4

    MotoGP 2014

    Marc Marquez: Juara Dunia

    Valentino Rossi: Runner Up

    MotoGP 2015

    Valentino Rossi: Runner Up

    Marc Marquez: Peringkat 3

    MotoGP 2016

    Marc Marquez: Juara Dunia

    Valentino Rossi: Runner Up

    MotoGP 2017

    Marc Marquez: Juara Dunia

    Valentino Rossi: Peringkat 5

    MotoGP 2018

    Marc Marquez: Juara Dunia

    Valentino Rossi: Peringkat 3

    MotoGP 2019

    Marc Marquez: Juara Dunia

    Valentino Rossi: Peringkat 7

    MotoGP 2020

    Valentino Rossi: Peringkat 15

    Marc Marquez: Absen

    MotoGP 2021

    Marc Marquez: Peringkat 7

    Valentino Rossi: Peringkat 18.

    (sfn/lth)

  • Pertamina Enduro VR46 Targetkan Finis Lima Besar di MotoGP 2025

    Pertamina Enduro VR46 Targetkan Finis Lima Besar di MotoGP 2025

    Lombok Tengah

    Tim Pertamina Enduro VR46 Racing Team menargetkan bisa masuk posisi lima besar di klasemen akhir MotoGP 2025. Target itu cukup realistis mengingat salah satu pebalap mereka, Franco Morbidelli, saat ini menempati urutan kelima klasemen sementara MotoGP 2025 dengan raihan 196 poin.

    “Bagi kami, ini akhir pekan yang sangat penting. Karena ini adalah GP kandang kami, jadi sangat penting bagi kami untuk berusaha meraih hasil yang sangat baik. Di latihan pertama tak terlalu buruk. Tapi di sini selalu sangat sulit karena di sini cuacanya sangat panas. Tapi bagaimanapun, kami kurang lebih berada di jalur yang tepat buat meraih hasil terbaik,” ungkap Manajer VR46 Racing Team Pablo Nieto kepada wartawan di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Jumat (3/10/2025).

    Pablo menambahkan, saat ini posisi pertama sudah dipastikan, dan kemungkinan besar posisi runner-up juga sudah dikunci Alex Marquez. Sementara posisi ketiga dan empat selisih poinnya terlalu lebar. Maka target realistisnya adalah posisi lima besar.

    “Marquez telah menjadi juara musim ini dan dia menang di Jepang. Bagaimanapun, kami berjuang untuk posisi lima besar. Jadi, penting bagi kami berusaha meraih hasil yang terbaik. Kami akan fokus pada balapan akhir pekan ini,” sambung Pablo.

    “Sangat penting bagi kami untuk meraih akhir pekan yang baik. Karena pada akhirnya ini sangat penting bagi kami, bagi Pertamina, dan bagi semua penggemar dari Indonesia. Jadi, kami fokus pada akhir pekan ini untuk mencoba menyelesaikan pekerjaan dengan cara dan hasil yang baik,” bilangnya lagi.

    Selain Morbidelli, Fabio Di Giannantonio juga sedang dalam tren yang positif. Pebalap Italia itu menghuni posisi ketujuh klasemen sementara MotoGP 2025 dengan 182 poin.

    (lua/dry)

  • Diskon Motor Listrik Honda Ada Lagi, Harga Jadi Segini

    Diskon Motor Listrik Honda Ada Lagi, Harga Jadi Segini

    Jakarta

    Ada diskon motor listrik Honda yang berlaku Oktober 2025. Besar diskonnya berbeda-beda, harganya pun jadi sedikit lebih murah. Berikut ini rinciannya.

    Honda memberikan potongan harga untuk motor listriknya untuk periode Oktober. Potongan harga ini diberikan dealer motor Honda Wahana untuk wilayah Jakarta dan Tangerang. Ada dua motor listrik Honda yang mendapat diskon. Pertama adalah Honda CUV e: dan icon e:. Diskon Honda CUV e: sebesar Rp 2 juta.

    Potongan harga itu berlaku untuk pembelian secara kredit. Promonya berupa potongan angsuran maksimal Rp 2 juta ditambah lagi potongan tenor sampai tiga kali atau potongan angsuran Rp 50.000. Sementara harga Honda CUV e: saat ini dibanderol Rp 54,45 juta.

    Selanjutnya juga ada potongan harga yang diberikan untuk Honda icon e: hingga Rp 1 juta. Potongan harga itu juga berlaku untuk pembelian kredit. Pembeli akan diberikan potongan angsuran maksimal Rp 1 juta ditambah dengan potongan tenor sampai dengan tiga kali atau potong angsuran hingga Rp 50.000. Honda icon e: punya banderol Rp 28 juta.

    Diskon itu diberikan selama Oktober 2025. Lebih lanjut dijelaskan program diskon ini hanya berlaku untuk konsumen umum yang membeli unit secara on the road. Promo ini juga tak berlaku untuk perusahaan atau instansi baik untuk hadiah maupun kendaraan inventaris. Program ini juga tidak berlaku untuk konsumen atas nama perusahaan walaupun pembeliannya hanya satu unit.

    Sebagai informasi tambahan, saat ini Honda punya tiga motor listrik yang dijual di Indonesia. Paling murah bisa dibawa pulang dengan mahar Rp 28 juta. Sedangkan termahalnya tembus Rp 50 jutaan. Berikut daftar harga motor listrik Honda per Oktober 2025.

    Harga Motor Listrik HondaHonda icon e: Rp 28 jutaHonda EM1 e: Rp 40 jutaHonda EM1 e:Plus : Rp 40,5 jutaHonda CUV e: : Rp 54,45 jutaHonda CUV e: Roadsync Duo: Rp 59,65 juta

    (dry/din)

  • Kualifikasi MotoGP Mandalika 2025: Bezzecchi Pertama, Marquez ke-9!

    Bezzecchi Terdepan, Marc Marquez ke-11

    Jakarta

    Hasil practice MotoGP Mandalika 2025 sudah diketahui. Marco Bezzecchi menjadi pebalap terdepan dengan torehan waktu 1 menit 29,240 detik!

    Para pebalap melakoni sesi practice di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Jumat (3/10/2025) pukul 14.00 – 15.00 WIB.

    Dalam sesi tersebut, Marco Bezzecchi melesat jadi yang terdepan. Rider Aprilia ini menorehkan waktu 1 menit 29,240 detik.

    Bezzecchi unggul dari Fermin Aldeguer yang menempati urutan kedua. Fermin hanya selisih 0,4 detik, jaraknya lumayan tipis!

    Pedro Acosta sebagai pebalap KTM menguntit ketiga. Beberapa pebalap yang tembus 10 besar antara lain: Luca Marini, Raul Fernandez, Joan Mir (Honda), Fabio Quartararo, Alex Rins, Miguel Oliveira, dan Alex Marquez.

    Artinya dari posisi 10 besar itu hanya ada dua rider Ducati. Marc Marquez yang biasanya tak pernah absen di posisi 10 besar saat Practice, justru untuk pertama kalinya tak bisa menembus catatan waktu 10 besar tercepat. Itu artinya, dia tidak lolos langsung ke Q2 (kualifikasi 2).

    Marquez juga terjatuh dua kali dalam sesi practice kali ini. Hal ini menambah daftar rentetan kesialan yang dialami Marc Marquez di Sirkuit Mandalika, yang belum pernah finis sama sekali.

    Putaran tercepat Francesco Bagnaia lebih jauh lagi. Dia menempati urutan ke-17 dengan torehan waktu 1 menit 30,496 detik. Walhasil Bagnaia akan bertarung dengan Marquez untuk berebut posisi terbaik di Q1. Latihan bebas kedua dan kualifikasi tiga kelas ini akan digelar Sabtu, bersama sprint race MotoGP.

    Berikut ini hasil practice MotoGP Mandalika 2025:

    1. Marco Bezzecchi: 1 menit 29,240 detik
    2. Fermin Aldeguer: +0,408 detik
    3. Pedro Acosta: +0,424 detik
    4. Luca Marini: +0,490 detik
    5. Raul Fernandez: +0,493 detik
    6. Joan Mir: +0,528 detik
    7. Fabio Quartararo: +0,597 detik
    8. Alex Rins: +0,628 detik
    9. Miguel Oliveira: +0,690 detik
    10. Alex Marquez: +0,745 detik
    11. Marc Marquez: +0,813 detik
    12. Franco Morbidelli: +0,868 detik
    13. Brad Binder: +0,916 detik
    14. Johann Zarco: +0,990 detik
    15. Enea Bastianini: +1,145 detik
    16. Jack Miller: +1,165 detik
    17. Francesco Bagnaia: +1,256 detik
    18. Fabio Di Giannantonio: +1,256 detik
    19. Maverick Vinales: +1,289 detik
    20. Somkiat Chantra: +2,194 detik

    (riar/dry)

  • 70% Lebih Murah dari Mobil Bensin

    70% Lebih Murah dari Mobil Bensin

    Jakarta

    Bukan hanya harga jualnya, ternyata biaya kepemilikan atau total cost ownership (TCO) mobil listrik BYD Atto 1 sangat terjangkau. Bahkan, nominalnya bisa 50-70 persen lebih murah dibandingkan mobil bensin!

    Sebagai perbandingan, jika mobil bensin memerlukan biaya Rp 10 ribu/liter untuk mengisi bensin Pertalite, maka BYD Atto 1 hanya memerlukan ongkos 2.530/kwh untuk pengisian di SPKLU dan Rp 1.447/kWh untuk pengisian melalui wall charger.

    Jika dihitung untuk penggunaan 40 km/hari, mobil bensin menghabiskan Rp 20 ribu/hari atau Rp 600 ribu/bulan dan Rp 7,2 juta/tahun. Sementara BYD Atto 1 hanya menghabiskan dana Rp 4,4 juta/tahun untuk pengisian SPKLU dan Rp 2,4 jutaan untuk pengisian wall charger.

    BYD Atto 1 Foto: Dok. BYD Motor Indonesia

    Kemudian, untuk perbandingan terakhir, mobil bensin punya pajak tahunan kasar Rp 3 juta/tahun dengan biaya perawatan Rp 2 juta/tahun. Sedangkan mobil listrik seperti BYD Atto 1 pajak tahunannya hanya Rp 150 ribu per tahun atau lebih murah dari skuter matik (skutik) sekelas Honda BeAT! Sedangkan biaya perawatannya Rp 1 juta per tahun.

    Dengan hitung-hitungan itu, berikut kami rangkum perbandingan biaya kepemilikan atau total cost ownership BYD Atto 1 dan mobil bensin sekelasnya:

    Mobil Bensin: Rp 12,2 juta/tahunBYD Atto 1 (SPKLU): Rp 5,6 juta/tahunBYD Atto 1 (Wall Charger): Rp 3,6 juta/tahun.

    Nah, dengan hitung-hitungan tersebut, maka biaya kepemilikan BYD Atto 1 dengan wall charger bisa 70 persen lebih murah dibandingkan mobil bensin sekelasnya!

    Sebagai catatan, BYD Atto 1 pertama kali meluncur di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2025. Mobil listrik itu tersedia dalam dua varian berbeda, yakni Dynamic seharga Rp 195 juta dan Premium yang Rp 40 juta lebih mahal. Keduanya berstatus on the road Jakarta.

    BYD Atto 1 varian Dynamic menggunakan baterai Blade 30,08 kwh dengan jarak tempuh maksimum 300 km. Sementara varian Premium mengadopsi baterai Blade 38,88 kWh dengan jangkauan puncak 380 km.

    BYD Atto 1 menggunakan motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga 75 kw, torsi 135 Nm dan kecepatan maksimum 120 km/jam. Sedangkan untuk berakselerasi dari nol ke 50 km/jam hanya memerlukan waktu 4,9 detik.

    Kesimpulannya, jika merujuk pada hitung-hitungan barusan, biaya kepemilikan BYD Atto 1 tentu sangat meringankan untuk konsumen pemula atau first buyer. Sebab, saat membeli kendaraan, kita tak hanya mengeluarkan dana di awal, melainkan juga di hari-hari berikutnya.

    (sfn/dry)