Jenis Media: Otomotif

  • SUV Gagah Eropa Ini Sudah Ada di Dealer, Harga Rp 150 Jutaan

    SUV Gagah Eropa Ini Sudah Ada di Dealer, Harga Rp 150 Jutaan

    Jakarta

    Produsen roda empat asal Eropa, Citroen telah meluncurkan mobil SUV mewah terbaru untuk konsumen di India. Kendaraan gagak tersebut bernama Citroen Aircross X dan sudah tersedia di dealer-dealer setempat.

    Disitat dari Gaadiwaadi, Sabtu (4/10), Citroen Aircross X hanya dibanderol 8.29 lakh rupee atau Rp 150 jutaan sebagai harga perkenalan. Namun, harga asli kendaraan tersebut 9.77 lakh rupee atau sekira Rp 190 jutaan. Sayangnya, tak disebutkan secara detail, sampai kapan harga promo itu berlaku.

    Citroen Aircross X tersedia dalam konfigurasi lima dan tujuh penumpang. Kendaraan tersebut memang banyak dipakai sebagai mobil keluarga di India. Lebih lagi, ruang bagasinya juga cukup lebar, yakni sampai 500-an liter.

    Citroen Aircross X. Foto: Doc. Gaadiwaadi.

    Mobil baru asal Prancis itu tersedia dalam sejumlah pilihan warna, yakni Polar White, Steel Grey, Garnet Red, Cosmo Blue, Pearl Nera Black dan Deep Forest Green.

    Bukan hanya di luar, Citroen Aircross X juga mewah di bagian dalam. Pabrikan membekalinya dengan jot kulit imitasi berventilasi, aksen emas pada dasbor berlapis kulit, kemudian pencahayaan ambient dan detail di ruang kakinya juga dirancang sangat elegan.

    Interior kendaraan tersebut sangat kental nuansa coklat tua yang ‘sangat Eropa’, kemudian untuk fitur hiburannya ada unit infotainment 10,25 inch tanpa bingkai dan kluster instrument digital berukuran 7 inch.

    Citroen Aircross X. Foto: Doc. Gaadiwaadi.

    Citroen Aircross X juga menandai debut CARA – asisten di dalam mobil yang mampu menangani perintah suara dalam 50 bahasa lebih untuk mengontrol fitur-fitur penting kendaraan, terhubung untuk panggilan dan musik, serta mengintegrasikan layanan keselamatan seperti peringatan tabrakan dan fungsi SOS.

    Fitur-fitur umum lain juga tersedia, seperti keyless entry dengan tombol start, cruise control, lampu kabut proyektor LED, ventilasi kursi Tropicool, dan sistem kamera 360 derajat dengan tampilan satelit.

    Kendaraan yang masuk kategori medium SUV tersebut menawarkan lebih dari 40 fitur standar di seluruh jajarannya, termasuk enam airbags, ABS dengan EBD, kontrol stabilitas elektronik, bantuan hill-hold, dan sensor parkir. Perlu dicatat, Aircross baru-baru ini juga meraih peringkat uji tabrak bintang 5 untuk perlindungan penumpang dewasa berdasarkan penilaian Bharat NCAP.

    Aircross X menggunakan mesin bensin 1,2 liter naturally aspirated dengan transmisi manual dan mesin bensin 1,2 liter turbo yang tersedia dalam transmisi manual dan otomatis. Pilihan CNG juga ditawarkan melalui kit yang bisa dipasang di dealer.

    (sfn/lth)

  • Bukan Motor Sport Fairing, Ini Tunggangan Harian Alex Marquez

    Bukan Motor Sport Fairing, Ini Tunggangan Harian Alex Marquez

    Jakarta

    Alex Marquez menjadi salah satu pebalap MotoGP yang bersinar musim ini. Rider Gresini Racing itu berpeluang besar mengunci posisi runner-up MotoGP 2025. Jika di arena balap adik Marc Marquez itu menggunakan motor sport fairing Ducati Desmosedici, maka untuk kendaraan harian Alex lebih memilih motor sport yang nyaman.

    “Di luar trek, saya mempunyai motor lain untuk latihan. Di jalan raya saya menggunakan Ducati Scrambler, motor bagus yang bisa menembus lalu lintas di Madrid (Spanyol), yang macet seperti Jakarta. Dengan motor anda bisa menembus kemacetan itu,” ungkap Alex dalam acar Meet & Greet di Jakarta, Rabu (1/10/2025).

    Ducati Scrambler Foto: Dok. Ducati

    Ducati Scrambler memang menjadi motor sport yang nyaman digunakan buat aktivitas harian. Soalnya motor ini menggunakan setang lebar yang posisinya tinggi, sehingga membuat posisi berkendara alias riding position menjadi rileks.

    Ducati Scrambler terbaru mengusung mesin L-Twin, Desmodromic distribution, 2 valves per cylinder, 803 cc, dengan diameter 88 mm dan langkah 66 mm. Mesin ini memiliki tenaga 73 dk (53,6 kW) pada 8.250 rpm dan torsi 48.1 lb-ft (65,2 Nm) pada 7.000 rpm. Tenaga tersebut disalurkan menggunakan sistem transmisi manual 6 percepatan.

    Untuk fiturnya, motor ini dilengkapi panel 4,3 inci TFT color display, ride by wire, full LED lighting system, LED turn indicators, USB socket under the seat, variable section flat handlebar, Ducati Performance LED turn indicatos, sporty front mudguard, side number plates, sporty tail, dedicated seat, dedicated livery, Multimedia System, hingga Ducati Quick Shift.

    Alex sendiri mengaku cukup senang dengan antusiasme penonton MotoGP di Indonesia. Pebalap berusia 29 tahun itu menilai Indonesia mempunyai potensi besar dalam dunia balap MotoGP. Dengan basis penggemar yang begitu banyak, Alex bahkan berharap jumlah seri MotoGP di Tanah Air bisa bertambah di masa mendatang.

    “Sangat menyenangkan bisa merasakan lagi atmosfer MotoGP di Indonesia yang diciptakan oleh para penggemar di (Sirkuit Mandalika) Lombok. Saya akan mencoba menikmati akhir pekan ini di sana,” bilang Alex.

    “Saya pikir lebih dari perlu untuk mengadakan setidaknya satu acara (balap MotoGP) di Indonesia, semoga ini bisa menjadi dua atau bahkan tiga di masa depan. Karena saya pikir ini pasar yang sangat besar bagi MotoGP dan bagi para pebalapnya,” terang Alex.

    (lua/lth)

  • Berkat Hal ini, Merek Pelumas Pertamina Enduro Makin Dikenal Dunia!

    Berkat Hal ini, Merek Pelumas Pertamina Enduro Makin Dikenal Dunia!

    Lombok Tengah

    Merek pelumas asal Indonesia, Pertamina Enduro, semakin dikenal dunia sejak menjadi sponsor utama tim balap Valentino Rossi di balap MotoGP. Nama besar Rossi terbukti masih menjadi magnet yang kuat dalam dunia bisnis otomotif.

    “Kalau yang ngerti dunia branding, dunia marketing, brand kami sudah naik. Khususnya untuk Enduro, dari dulunya nomor 6, sekarang sudah nomor 2, atau nomor 3 secara brand expected index,” buka Direktur Utama PT Pertamina Lubricants (PTPL) Werry Prayogi kepada wartawan di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok Tengah, Sabtu (4/10/2025).

    Sebagai informasi, Pertamina Enduro menjadi sponsor utama VR46 Racing Team di MotoGP sejak musim 2024 lalu. Pertamina Enduro dan VR46 Racing Team mengikat kontrak kerja sama selama tiga tahun hingga 2026.

    Berkat sponsori tim balap Valentino Rossi, Pertamina Enduro makin dikenal Foto: Dok. Pertamina Enduro VR46 Racing Team

    Eksposur pelumas Pertamina Enduro diklaim meningkat setelah menjalin kerja sama dengan tim balap Valentino Rossi. Selain karena didukung nama besar Rossi sebagai salah satu legenda MotoGP, pemilihan warna kuning fluo yang unik juga menjadikan merek Pertamina Enduro makin dikenal.

    “Secara exposure-nya luar biasa. Jadi kalau kita nonton dari seri pertama sampai sekarang, itu mungkin dominasi kita di kamera, secara branding hampir 60% sorotan kamera itu masuk ke tim kita. Dengan pemilihan warna ya. Kebetulan warna yang kita pilih dari tahun kemarin itu (kuning) fluo,” bilang Vice President Marketing PT Pertamina Lubricants (PTPL) Nugroho Setyo Utomo dalam kesempatan yang sama.

    Pada gelaran MotoGP Mandalika 2025 di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok Tengah, akhir pekan ini. Motor tim Pertamina Enduro VR46 Racing Team dipastikan jadi sorotan lagi. Soalnya motor yang dipacu Franco Morbidelli dan Fabio Digiannantonio bakal memakai warna kuning fluorescent yang ikonik, menyatu dengan warna Indonesia – merah dan putih.

    Special livery tim Pertamina Enduro VR46 untuk MotoGP Mandalika 2025 Foto: Dina Rayanti/detikcom

    Konsep dan desain livery merupakan hasil kreativitas Aldo Drudi, dari Drudi Performance, yang memadukan warna Pertamina Enduro VR46 Racing Team dengan semangat Indonesia.

    Selain itu, layout Sirkuit Pertamina Mandalika, tempat balapan MotoGP akhir pekan ini, juga ditampilkan dalam desain corak khusus pada motor Ducati Desmosedici Diggia dan Franco.

    (lua/lth)

  • Bukan Marquez! Sprint Race MotoGP Mandalika 2025 Milik Bezzecchi

    Bukan Marquez! Sprint Race MotoGP Mandalika 2025 Milik Bezzecchi

    Sprint Race MotoGP Mandalika 2025 sudah berakhir. Pebalap Aprilia asal Italia, Marco Bezzecchi finis pertama. Sementara Marc Marquez hanya menyudahi perlombaan di urutan ketujuh!

    Ketika lampu start menyala, Fermin Aldeguer langsung tancap gas dan mengambil alih jalannya perlombaan. Dia dibuntuti Raul Fernandez dan Pedro Acosta selama putaran pertama.

    Di saat bersamaan, Marc Marquez yang melakukan kontak dengan Alex Rins mendapat hukuman long lap penalty. Situasi tersebut makin menyulitkan The Baby Alien meraih kemenangan,

    Marc Marquez di Sprint Race MotoGP Mandalika 2025. Foto: Getty Images/Robertus Pudyanto

    Berkat hukuman tersebut, Marquez yang sebelumnya menempati urutan kedelapan harus turun jauh ke peringkat ke-13. Dia sejak awal memang terlihat kesulitan menaklukkan Sirkuit Mandalika.

    Di putaran kelima, Pedro Acosta yang sedang menghuni peringkat kedua, harus mengalami crash di tikungan kedua atau turn 2. Meski demikian, pebalap muda itu mampu bangkit dan melanjutkan perlombaan.

    Bukan hanya Marc Marquez, rekan setimnya, Francesco Bagnaia juga kesulitan di Sprint Race MotoGP Mandalika 2025. Pebalap asal Italia tersebut masih terjebak di urutan ke-16 ketika perlombaan hanya menyisakan empat putraran lagi.

    Ketika balapan hanya tersisa dua putaran lagi, pertarungan Aldeguer dan Bezzecchi di posisi terdepan makin seru. Bahkan, keduanya hanya berjarak 0,3 detik!

    Di putaran terakhir atau last lap, Bezzecchi akhirnya mampu menyalip Aldeguer secara dramatis. Hingga akhir perlombaan, Bezzecchi tetap juara, sementara Aldeguer harus puas di tempat kedua.

    Berikut Hasil Sprint Race MotoGP Mandalika 2025Marci BezzecchiFermin AldeguerRaul FernandezAlex MarquezJoan MirLuca MariniMarc MarquezFranco MorbidelliFabio DiggiaMiguel OliveiraBrad BinderJack MillerAlex RinsFrancesco Bagnaia.

  • Antusias Penggemar Melihat Lebih Dekat Paddock MotoGP Mandalika

    Antusias Penggemar Melihat Lebih Dekat Paddock MotoGP Mandalika

    Antusias Penggemar Melihat Lebih Dekat Paddock MotoGP Mandalika

  • Kata Marc Marquez Usai Crash Dua Kali di MotoGP Mandalika

    Kata Marc Marquez Usai Crash Dua Kali di MotoGP Mandalika

    Jakarta

    Marc Márquez harus menelan pil pahit pada hari pertama di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (3/10/2025) kemarin. Juara dunia sembilan kali itu mengalami dua insiden jatuh dalam sesi practice yang membuatnya terlempar dari sepuluh besar.

    Marquez menjelaskan penyebab terjatuh dalam sesi practice kali ini. Dia mengaku kehilangan cengkeraman bagian belakang.

    “Hari ini sebenarnya dimulai dengan positif dan saya bisa melaju cukup baik, tapi di sesi sore perasaan saya sangat aneh. Saya jatuh dua kali: pertama karena kehilangan (grip) bagian belakang, dan yang kedua adalah highside tanpa peringatan,” ujar Márquez kemarin.

    Marquez beruntung tidak mengalami cedera berarti. Setelah insiden tersebut, ia mencoba kembali ke lintasan dengan ban baru dan kondisi motor membaik, meski rasa percaya dirinya belum sepenuhnya kembali.

    “Setelah kami mengganti ban, situasinya kembali normal, tetapi saya memilih untuk tidak mengambil terlalu banyak risiko. Besok akan menjadi Q1 pertama saya musim ini, tentu bukan situasi ideal, tapi inilah balapan,” lanjut Márquez.

    Márquez juga mengakui bahwa Mandalika bukanlah trek yang benar-benar sesuai dengan karakter balapnya. Tikungan cepat dan grip lintasan yang sering berubah membuatnya kesulitan menemukan feeling terbaik di atas Desmosedici GP25.

    “Kami pasti perlu meningkatkan feeling untuk besok (Sabtu, 4/10/2025), apalagi sirkuit ini tidak sepenuhnya cocok dengan gaya balap saya,” tutupnya.

    Marc Márquez menutup sesi latihan di posisi kesebelas, sementara Francesco Bagnaia mengakhiri sesi sore di posisi ketujuh belas.

    Pada sesi pagi, Marquez sempat mencatat waktu kelima tercepat, namun ia mengalami dua kali kecelakaan tanpa cedera pada paruh pertama latihan. Setelah itu ia berhasil naik ke posisi ketiga dengan sisa 14 menit, tetapi akhirnya terlempar keluar dari sepuluh besar di detik-detik terakhir. Sementara itu, Bagnaia tidak mampu memperbaiki catatan waktunya.

    Marquez dan Bagnaia harus memulai kualifikasi dari Q1. Peluang posisi start ideal di Mandalika semakin berat.

    Untuk pertama kalinya sejak Sachsenring 2024, Marc Marquez tidak lolos langsung ke Q2 (kualifikasi 2). Ini gara-gara The Baby Aliens tidak bisa menjadi pebalap 10 besar tercepat.

    (riar/lth)

  • Pertamina Bantah Soal Tidak Bangun Kilang Minyak, Ini Buktinya

    Pertamina Bantah Soal Tidak Bangun Kilang Minyak, Ini Buktinya

    Jakarta

    Menteri Keuangan RI, Purbaya Yudhi Sadewa memberikan pernyataan bahwa PT Pertamina (Persero) tidak membangun kilang minyak. Hal tersebut dibantah Pertamina, dengan menyatakan bahwa Pertamina Tengah menjalankan proyek Refinery Development Master Plan (RDMP) kilang Balikpapan.

    Dikutip detikFinance, Direktur Transformasi dan Keberlanjutan Bisnis Pertamina, Agung Wicaksono, Pertamina tengah menjalankan proyek Refinery Development Master Plan (RDMP) kilang Balikpapan. Proyek tersebut akan menambah kapasitas produksi menjadi 360 ribu barel per hari.

    “Kalau dibilang Pertamina nggak bangun kilang, bangun kilang. Balikpapan akan segera selesai, (kapasitas produksi) naik dari 260 ribu (barel per hari) ke 360 ribu,” ujar Agung saat ditemui di JW Marriott, Jakarta, Jumat kemarin.

    Tentu hal ini jadi menarik untuk disimak, terlebih Agung menambahkan Saat ini progres pembangunan kilang Balikpapan sudah mencapai 96%. Agung menyebut proyek senilai US$ 7,4 miliar tersebut ditargetkan mulai berproduksi pada tahun 2025.

    Agung juga mengatakan bisnis kilang membutuhkan investasi besar dan risiko yang tinggi. Apalagi kondisi dunia saat ini sedang tidak baik-baik saja, salah satunya kondisi oversupply pada sisi kapasitas produksi.

    Foto Udara RDMP Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (3/4/2024). Foto: Rista Rama Dhany/detikcom

    “Kondisi oversupply yang disebutkan oleh Pak Menkeu itu memang saat ini masih terjadi. Makin banyak kilang di dunia ini selesai dibangun. Dan kilang-kilang ini tentunya semakin efisien. Kilang-kilang yang semakin efisien ini biayanya makin kompetitif. Dan akibatnya kilang-kilang yang lama itu menjadi kurang kompetitif dan bisa jadi ditutup,” beber Agung.

    Oleh karena itu Agung menyebut untuk berinvestasi di proyek kilang harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Ia lalu menyebut pembangunan kilang Balikpapan menunjukkan bahwa Pertamina telah menjalankan apa yang sebelumnya didorong oleh pemerintah.

    “Ini menunjukkan bahwa Pertamina menjalankan dorongan dari pemerintah, namun dengan penuh kehati-hatian mempertimbangkan risiko yang ada di dunia, baik risiko yang sifatnya ekonomi, juga risiko bisnis,” tuturnya.

    (ily/lth)

  • Link Live Streaming Sprint Race MotoGP Mandalika 2025

    Link Live Streaming Sprint Race MotoGP Mandalika 2025

    Jakarta

    Sprint Race MotoGP Mandalika akan digelar siang ini, Sabtu (4/10). Kalau detikers tak bisa menyaksikan langsung balapan pendek tersebut di sirkuit, tak perlu khawatir! Berikut kami rangkum link live streaming Sprint Race MotoGP Mandalika 2025.

    Kini, menyaksikan balap motor tak harus melalui televisi atau TV konvensional. Kita bisa menontonnya melalui layanan daring yang tersedia di internet melalui perangkat ponsel maupun tablet. Itulah mengapa, tak heran jika banyak yang mencari link live streaming Sprint Race MotoGP Mandalika 2025.

    Musim lalu, Sprint Race MotoGP Mandalika dimenangkan pebalap Ducati asal Italia, Francesco Bagnaia setelah melalui balapan yang penuh drama. Ketika itu, rival terdekat Bagnaia, yakni Jorge Martin, mengalami crash saat memimpin perlombaan.

    Link live streaming Sprint Race MotoGP Mandalika 2025. Foto: Getty Images/Robertus Pudyanto

    Sementara Marc Marquez yang masih membela Gresini Racing untuk kali pertama mampu meraih podium di Sprint Race MotoGP Mandalika 2024. Lantas, akankah dia bisa mengamankan podim lagi? Atau justru mampu meraih kemenangan perdana di Indonesia?

    Nah, biar tak penasaran, berikut kami rangkum link live streaming Sprint Race MotoGP Mandalika 2025!

    Link Live Streaming Sprint Race MotoGP Mandalika 2025

    Sprint Race MotoGP Mandalika 2025 disiarkan secara langsung melalui saluran Trans7. Namun, jika tak sempat menyaksikannya di televisi, kalian bisa menontonnya melalui layanan streaming.

    Sprint Race MotoGP Mandalika 2025 ditayangkan secara streaming melalui sejumlah platform online, mulai dari laman resmi MotoGP hingga Vidio.com. Kalian tinggal membuka salah satu laman berikut untuk menyaksikannya.

    Jadwal MotoGP Mandalika 2025

    Sabtu, 4 Oktober 2025

    07:40-08:10 WIB: Moto3 – Free Practice 208:25-08:55 WIB: Moto2 – Free Practice 209:10-09:40 WIB: MotoGP – Free Practice 209:50-10:05 WIB: MotoGP – Qualifying 110:15-10:30 WIB: MotoGP – Qualifying 211:10-11:35 WIB: Asia Talent Cup – Kualifikasi11:50-12:05 WIB: Moto3 – Qualifying 112:15-12:30 WIB: Moto3 – Qualifying 212:45-13:00 WIB: Moto2 – Qualifying 113:10-13:25 WIB: Moto2 – Qualifying 214:00 WIB: MotoGP – Tissot Sprint (13 Lap)15:10 WIB: Asia Talent Cup – Race 1 (15 lap)

    Minggu, 5 Oktober 2025

    08:45 WIB: Asia Talent Cup – Race 2 (15 lap)09:40-09:50 WIB: MotoGP – Warm Up11:00 WIB: Moto3 – Grand Prix (20 Lap)12:15 WIB: Moto2 – Grand Prix (22 Lap)14:00 WIB: MotoGP – Grand Prix (27 Lap).Starting Grid MotoGP Mandalika 2025Marco BezzecchiFermin AldeguerRaul FernandezAlex RinsPedro AcostaLuca MariniAlex MarquezFabio QuartararoMarc MarquezMiguel OliveiraFabio DiggiaJoan Mir.

    (sfn/lth)

  • Intip Safety Car MotoGP Mandalika Isi BBM di SPBU Modular

    Intip Safety Car MotoGP Mandalika Isi BBM di SPBU Modular

    Intip Safety Car MotoGP Mandalika Isi BBM di SPBU Modular

  • Alasan Honda Bawa Motor Listrik Rakitan RI di Paddock MotoGP Mandalika

    Alasan Honda Bawa Motor Listrik Rakitan RI di Paddock MotoGP Mandalika

    Jakarta

    Honda CUV e: riwa-riwi di paddock jadi pemandangan unik di MotoGP Mandalika 2025. PT Astra Honda (AHM) mengungkap alasan menggunakan Honda CUV e: jadi kendaraan pebalap di paddock.

    Honda CUV e: wara-wiri di paddock tim Honda pada MotoGP 2025. Honda CUV tersebut dimodifikasi dengan warna khas dari HRC Castrol MotoGP, Honda LCR, dan Idemitsu Honda Tim Asia.

    Honda CUV e: jadi kendaraan di paddock Sirkuit Mandalika Foto: Dok. AHM

    Honda CUV e: ini digunakan oleh para pebalap HRC Castrol MotoGP, Joan Mir dan Luca Marini serta pebalap Castrol Honda LCR, Johann Zarco, serta rider Idemitsu Honda Tim Asia, Somkiat Chantra untuk bermobilisasi dari area paddock menuju area hospitality atau sebaliknya.

    Ada 10 unit motor listrik Honda CUV e: yang digunakan sebagai paddock bike untuk tim Honda di Sirkuit Mandalika. Enam di antaranya memang tampil istimewa dengan warna khas tim-tim pabrikan asal Jepang ini di MotoGP 2025.

    AHM menghadirkan CUV e: di paddock untuk memberikan pengalaman berbeda bagi para pebalap Honda di gelaran MotoGP Mandalika 2025. Selain itu Honda CUV e: menawarkan tenaga yang mumpuni, desain ringkas, dan kenyamanan praktis untuk bergerak lincah di area paddock yang padat. Keunggulan inilah yang jadi alasan Honda CUV e: dijadikan kendaraan operasional tim Honda di MotoGP Mandalika 2025

    “Kami hadirkan karya anak bangsa, Honda CUV e: dengan livery spesial ini untuk mendukung perhelatan akbar balapan kelas dunia tahun ini. Manfaatnya tidak hanya sebagai kendaraan operasional, tetapi juga untuk memberikan pengalaman berbeda dalam suasana balap kelas dunia di Tanah Air,” ujar Ahmad Muhibbuddin, GM Corporate Communication AHM.

    AHM juga menambah unit operasional resmi untuk Mandalika Grand Prix Association (MGPA) yaitu 10 unit Honda ICON e:. Tambahan ini melengkapi dukungan sebelumnya berupa total 78 unit Honda ADV series, 3 unit Honda CBR250RR, dan 10 unit Honda EM1 e.

    Hadirnya Honda CUV e: di paddock dan Honda ICON e: untuk operasional MGPA jadi upaya AHM menghadirkan solusi mobilitas hijau untuk mendukung ajang MotoGP Mandalika 2025.

    (pur/lth)