Jenis Media: Otomotif

  • Mobil Listrik Xiaomi Tiba-tiba Jalan Sendiri, iPhone Jadi Kambing Hitam

    Mobil Listrik Xiaomi Tiba-tiba Jalan Sendiri, iPhone Jadi Kambing Hitam

    Jakarta

    Seorang pemilik mobil listrik Xiaomi SU7 di China melaporkan mobilnya tiba-tiba berjalan sendiri tanpa ada yang mengoperasikan di dalamnya. Setelah diinvestigasi, pihak Xiaomi mengungkap ponsel iPhone menjadi penyebabnya.

    Diberitakan Carnewschina, mobil listrik Xiaomi SU7 itu tiba-tiba maju tanpa ada orang di dalamnya. Kasus ini menarik perhatian luas setelah pemiliknya membagikan rekaman pengawasan yang menunjukkan mobil tersebut aktif dan keluar dari tempat parkirnya.

    Xiaomi telah merilis hasil investigasinya di media sosial. Mereka mengatakan, kelompok tugas meninjau data backend kendaraan dan log operasi iPhone dengan persetujuan pemilik.

    Tinjauan tersebut mengungkapkan bahwa selama rentang waktu yang dilaporkan, kendaraan tersebut menerima perintah Remote Parking Assist (RPA) dari iPhone 15 Pro Max. Hal itu memicu sistem untuk menggerakkan mobil maju keluar dari tempat parkirnya. Fungsi ini hanya beroperasi ketika ponsel yang diotorisasi berada dalam jangkauan Bluetooth.

    “Terkait video daring terbaru yang menampilkan mobil Xiaomi tiba-tiba melaju, kami sangat memperhatikan insiden ini dan segera membentuk satuan tugas khusus untuk menyelidiki dan bekerja sama dengan pengguna untuk memverifikasi situasi. Kedua belah pihak memverifikasi log operasi aplikasi seluler dan data kendaraan resmi milik pengguna, dan mencapai konsensus: Data backend kendaraan sesuai dengan log operasi, waktu respons, dan perintah keluar kendaraan dari iPhone 15 Pro Max, sehingga tidak ada masalah kualitas kendaraan,” kata Xiaomi di akun media sosial Weibo.

    Selama investigasi, lanjut Xiaomi, dengan persetujuan pengguna, pihaknya memperoleh data backend kendaraan dan log operasi dari dua ponsel dengan izin kendali kendaraan (iPhone 16 Pro punya pemilik perempuan dan iPhone 15 Pro Max milik pemilik laki-laki). Data backend kendaraan menunjukkan bahwa selama rentang waktu yang dijelaskan oleh pengguna, kendaraan menerima perintah bantuan parkir dari iPhone 15 Pro Max, yang mengaktifkan fitur bantuan parkir (aktivasi mengharuskan kendaraan berada dalam jangkauan dekat koneksi Bluetooth ponsel) dan memulai proses keluar.

    “Saat menghubungi customer service online terkait feedback pengguna, mereka menyatakan bahwa perintah bantuan parkir berasal dari iPhone 16. Kami telah memverifikasi bahwa perwakilan customer service online kami salah mengartikan pengenal model perangkat (iPhone 16.2) dengan model perangkat yang sesuai (iPhone 15 Pro Max) saat berkomunikasi dengan pengguna, yang mengakibatkan kesalahpahaman dan miskomunikasi. Kami mohon maaf atas hal ini dan akan terus meningkatkan layanan kami,” sebutnya.

    “Xiaomi Auto selalu mengutamakan keselamatan dan pengalaman pengguna. Terimakasih atas perhatian dan dukungan Anda,” pungkasnya.

    (rgr/dry)

  • Jam Kerja Sopir Bakal Dibatasi

    Jam Kerja Sopir Bakal Dibatasi

    Jakarta

    Pemerintah menargetkan tahun 2027 Indonesia sudah bebas dari kendaraan over dimension over load (ODOL) atau truk lebih dimensi dan lebih muatan. Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan menyusun tim khusus untuk percepatan penanganan kendaraan ODOL.

    Direktur Jenderal Perhubungan Darat Aan Suhanan mengatakan, pembentukan tim kecil merupakan tindak lanjut dari rapat koordinasi bersama Pimpinan Kementerian, Pimpinan DPR RI, Kementerian Sekretariat Negara dan Asosiasi Pengemudi Angkutan Barang yang telah dilaksanakan pada tanggal 1 Oktober 2025,

    Menurut Aan, tujuan dari dibentuknya tim kecil ini ialah untuk merumuskan langkah percepatan revisi UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, khususnya pada aspek penegakan hukum dan perlindungan pengemudi.

    “Yang berikutnya, tim kecil ini juga akan menyiapkan mekanisme evaluasi secara berkala atas efektivitas kebijakan dan penanganan kendaraan lebih dimensi dan muatan di seluruh wilayah. Walaupun, hingga saat ini sebetulnya masing-masing Kementerian/Lembaga secara paralel juga telah melakukan evaluasinya,” katanya dikutip dari keterangan tertulisnya.

    Tim ini nantinya akan menjamin sinergi lintas sektoral agar kebijakan tidak hanya menekan angka pelanggaran, tetapi juga bisa meningkatkan kesejahteraan pengemudi dan keselamatan. Tim tersebut juga akan melakukan peningkatan kualitas SDM pengemudi dengan penerapan standar kompetensi dan pelaksanaan diklat pengemudi.

    “Akan dilakukan juga penetapan jam kerja maksimal pengemudi serta pemberian jaminan sosial, perpanjangan SIM B1/B2 Umum tanda biaya PNBP sebagai bentuk afirmasi, penyediaan perumahan khusus melalui skema subsidi, serta program beasiswa dan akses pendidikan hingga perguruan tinggi bagi anak-anak pengemudi,” paparnya.

    Direktur Jenderal Integrasi dan Multimoda, Risal Wasal menuturkan keberadaan kendaraan lebih dimensi dan lebih muatan merupakan dampak dari berbagai permasalahan seperti permasalahan ekonomi dan keselamatan.

    “Maka dari itu, permasalahan ini harus diselesaikan dari hulu ke hilir sehingga meningkatnya aspek keselamatan pada sistem angkutan barang,” katanya.

    Adapun kementerian/lembaga yang tergabung dalam tim kecil percepatan penanganan kendaraan lebih dimensi dan lebih muatan di antaranya:

    1. Komisi V DPR RI

    2. Kementerian Koordinator Bidang Infrastuktur dan Pembangunan Kewilayahan

    3. Kementerian Keuangan

    4. Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Nasional

    5. Kementerian Dalam Negeri

    6. Kementerian Pekerjaan Umum

    7. Kementerian Perdagangan

    8. Kementerian Perindustrian

    9. Kementerian Perumahan dan Kawasan Permukiman

    10. Kementerian Ketenagakerjaan

    11. Kementerian Pendidikan Tinggi, Sains, dan Teknologi

    12. Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

    13. Kepolisian Negara Republik Indonesia

    14. Kementerian Perhubungan

    15. Ketua Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP)

    16. Ketua Umum Asosiasi Pengemudi Logistik Nusantara (AP-LOG)

    17. Ketua Umum Rumah Berdaya Pengemudi Indonesia (RBPI)

    18. Ketua Umum Organisasi Angkutan Darat (Organda)

    19. Ketua Umum Asosiasi Karoseri Indonesia (Askarindo).

    (rgr/dry)

  • Waduh! Mobil Listrik Ini Terbakar Padahal Baru 1,5 Bulan-Jarak Tempuh 1.066 Km

    Waduh! Mobil Listrik Ini Terbakar Padahal Baru 1,5 Bulan-Jarak Tempuh 1.066 Km

    Jakarta

    Sebuah mobil listrik Avatr 06 terbakar di area parkir Desa Dongbi, Fujian, China. Ini kasus pertama yang terjadi dari merek tersebut, belum diketahui penyebab pasti kebakaran mobil listrik ini.

    Seperti dilaporkan media The Sanxiang Daily, mobil listrik ini terbakar di area parkir Desa Dongbi, Fujian, China. Dari foto-foto yang disajikan, mobil itu dilalap api dengan kepulan asap tebal. Kebakaran itu juga merusak tujuh mobil lain di sekitarnya, termasuk Audi, BMW, Mazda, dan Aion. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden ini.

    Masih dalam laporan yang sama, pemilik Avatr 06 mengatakan mobil itu baru dibeli pada 28 Agustus 2025. Umur mobil itu sekitar satu setengah bulan, jarak tempuhnya juga baru mencapai 1.066 kilometer (km).

    Menurut pemiliknya, lewat pantauan aplkasi Avatr, suhu mobil sempat menunjukkan mencapai 76,4 derajat celcius sebelum kebakaran terjadi. Asap pertama kali muncul dari area kursi penumpang depan.

    Dikutip dari Carnewschina, pemilik mobil menaruh banyak aksesori di konsol tengah, dugaan awal hal itu bisa saja menyebabkan pantulan cahaya terkonsentrasi ke kursi penumpang, yang kemudian memicu api. Kemungkinan lain yang disebutkan adalah ledakan parfum di dalam kabin.

    Pemilik Avatr 06 tersebut menyebutkan bahwa pihak pabrikan sudah menghubunginya dan berjanji akan menindaklanjuti masalah ini dengan baik. Hingga berita ini diturunkan, Avatr, Changan, dan CATL belum memberikan pernyataan resmi terkait insiden ini.

    Avatr 06 resmi masuk pasar China pada 19 April 2025, dan ini merupakan kasus kebakaran pertama yang melibatkan model tersebut. Mobil ini menggunakan baterai LFP CATL tipe Shenxing berkapasitas 72,88 kWh, yang didukung sistem tegangan tinggi 800V serta perlindungan arus lebih.

    Sementara itu, versi EREV (Extended Range Electric Vehicle) Avatr 06 menggunakan baterai Freevoy LFP dengan dua pilihan kapasitas, yakni 31,7 kWh dan 45,06 kWh. Hingga kini, belum ada bukti yang menunjukkan bahwa kebakaran disebabkan oleh baterai mobil tersebut.

    Avatr 06 merupakan mobil listrik sedan yang diproduksi Avatr Technology, perusahaan hasil kerja sama antara Changan Automobile dengan perusahaan baterai CATL. Selain itu, teknologi pintar dan sistem-sistem canggih (seperti sistem bantuan mengemudi, antarmuka pintar) dikembangkan dengan dukungan dari Huawei sebagai mitra strategis.

    Untuk diketahui, ini merupakan kasus kebakaran pertama yang menimpa Avatr 06 sejak model tersebut diluncurkan di pasar China pada 19 April 2025.

    (riar/dry)

  • Balapan di Mandalika Bikin Alex Rins Mengenang Suzuki

    Balapan di Mandalika Bikin Alex Rins Mengenang Suzuki

    Jakarta

    Balapan MotoGP di Sirkuit Mandalika akhir pekan lalu bikin Alex Rins terkenang dengan mantan timnya, Suzuki. Pebalap dari tim Monster Energy Yamaha itu mengaku sangat menikmati balapan di sirkuit yang berlokasi di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, itu. Kata Rins, vibes-nya seperti ketika dia membalap buat tim Suzuki dulu.

    Rins memang tampil cukup kuat di Sirkuit Mandalika. Pebalap Yamaha itu harus memakai ban belakang kompon lunak untuk balapan 27 lap, lantaran para rider M1 kesulitan mendapatkan performa maksimal dari ban medium.

    Alex Rins Foto: Getty Images/Gold & Goose Photography

    Start dari posisi keempat, hasil kualifikasi terbaiknya sejak 2023, Rins sempat menembus posisi kedua dan ikut bersaing di grup podium. Sayangnya ia kehilangan grip di ban belakang pada fase akhir balapan, hingga harus puas finis di urutan ke-10. Meski begitu, hasil ini tetap jadi yang terbaik baginya sejak GP Jerman dan menjadi finis 10 besar keduanya musim ini.

    “Itu cukup sulit bagi saya,” buka Rins dikutip dari Crash.

    “Saya sangat senang, bukan karena balapannya, tetapi karena akhir pekan ini, mengingatkan saya sedikit pada masa lalu, bersama Suzuki, menikmatinya. Saya berkendara dengan cukup baik, saya mempertahankan posisi, saya menyalip. Kami menjalani akhir pekan yang hebat,” seru Rins.

    “Sayang sekali. Kami tahu sebelum balapan dimulai bahwa dengan ban belakang kompon lunak, kami akan kesulitan. Saya berharap penurunan itu terjadi lebih awal, tetapi pada akhirnya itu terjadi pada lima putaran terakhir. Saya memberikan yang terbaik, saya mencoba mengendalikan ban belakang, dan sampai lima lap terakhir saya berhasil,” sambung pebalap asal Spanyol itu.

    Alex Rins saat masih membela Suzuki Foto: DeFodi Images via Getty Images/DeFodi Images

    Hasil di Mandalika ini menjadi titik terang bagi Rins di tengah masa sulit. Sejak cedera patah kaki parah usai menang bersama LCR Honda 2023 lalu, performanya impresifnya belum benar-benar kembali. Kini, dengan selisih 107 poin dari Fabio Quartararo di klasemen, masa depannya di Yamaha pabrikan pun jadi sorotan.

    “Saya tak pernah berhenti percaya pada diri saya sendiri, meski ada beberapa orang di sekitar yang berhenti percaya pada saya,” ujarnya. Meski sempat diragukan, Rins tetap optimistis menatap seri berikutnya di Phillip Island, Australia.

    “Sekarang kita akan ke Australia. Kita lihat saja nanti. Saya akan berusaha sebaik mungkin,” tukas dia.

    (lua/rgr)

  • Abangnya Cedera, Alex Marquez Soroti Manuver Bezzecchi di Mandalika

    Abangnya Cedera, Alex Marquez Soroti Manuver Bezzecchi di Mandalika

    Jakarta

    Alex Marquez melihat langsung insiden kecelakaan Marc Marquez dan Marco Bezzecchi di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Alex dengan tegas menyalahkan manuver bahaya Bezzecchi.

    Kebahagiaan Alex Marquez yang berhasil masuk podium di Sirkuit Mandalika sedikit ternoda oleh cedera yang dialami kakaknya, Marc. Alex menyaksikan langsung insiden lap pertama, saat Marco Bezzecchi menabrak bagian belakang motor Ducati pabrikan milik Marc di tikungan tujuh.

    “Sejujurnya, saya tidak sepenuhnya bahagia karena saya melihat Marc terjatuh, dan saya tahu kondisinya tidak terlalu baik. Begitulah hidup, tapi kadang sulit untuk menerimanya,” kata Alex Marquez dikutip dari Crash, Selasa (7/10/2025).

    “Insidennya jelas. Maksud saya, Marco (Bezzecchi) membuat kesalahan. Ia terlalu optimistis untuk menyalip, terutama di titik itu–sangat cepat dan mustahil untuk melakukan manuver di sana,” ceplos Alex.

    Alex menegaskan tidak ingin menyalahkan Bezzecchi sepenuhnya. Ia menilai apa yang terjadi adalah bagian dari dinamika balapan, apalagi di penghujung musim ketika kondisi pembalap tidak lagi 100 persen.

    “Tapi saya tidak ingin mengkritik Bezzecchi, karena pada akhirnya itu hal yang normal. Kami memiliki 44 balapan dalam satu musim dengan sprint. Persentase kemungkinan melakukan kesalahan sangat tinggi. Semua orang pasti pernah melakukan kesalahan selama musim ini; hampir mustahil untuk tidak melakukannya di satu balapan pun,” kata dia.

    “Jadi itu benar-benar normal. Saya juga seorang pebalap. Kami sudah berada di penghujung musim, secara fisik dan mental sudah lelah… ini sesuatu yang perlu dipikirkan untuk masa depan,” kata Alex.

    Marc Marquez, mengalami cedera cukup serius setelah terlibat kecelakaan di Sirkuit Mandalika. Juara dunia MotoGP 2025 ini didiagnosis mengalami patah tulang di tulang belikat dan cedera ligamen bahu kanan. Marc tidak memerlukan tindakan operasi, namun dia wajib istirahat total selama satu bulan penuh.

    Tim dokter memilih penanganan yang mengharuskan Marquez untuk istirahat dan imobilisasi total pada bahu yang cedera hingga pulih sepenuhnya Juara dunia 9 kali itu akan absen di GP Australia dan GP Malaysia.

    (riar/rgr)

  • Kala Pebalap MotoGP Pakai Motor Harian di Sirkuit Mandalika

    Kala Pebalap MotoGP Pakai Motor Harian di Sirkuit Mandalika

    Kala Pebalap MotoGP Pakai Motor Harian di Sirkuit Mandalika

  • Skema Nyicil Yamaha Nmax Rp 500 Ribu per Bulan

    Skema Nyicil Yamaha Nmax Rp 500 Ribu per Bulan

    Jakarta

    Yamaha Nmax bisa dicicil mulai Rp 500 ribuan. Berikut ini skema kredit Yamaha Nmax terbaru dengan cicilan Rp 500 ribu per bulan.

    Yamaha Nmax paling murah ditawarkan dengan harga Rp 33,415 juta. Nmax termurah itu bisa didapat pada varian Neo. Seperti pembelian motor baru pada umumnya, Nmax Neo juga bisa dibawa pulang dengan skema kredit. Besar cicilannya bisa disesuaikan dengan kemampuan kamu.

    Makin besar uang mukanya, cicilan makin kecil. Misalnya kamu yang mau nyicil Yamaha Nmax Neo sebesar Rp 500 ribu per bulan, maka harus siap membayar uang muka sebesar 70-80 persen harga. Gambarannya skema cicilannya sebagai berikut.

    Skema Cicilan Yamaha Nmax Neo Rp 500 Ribu per BulanDP 70 persen: Rp 23.390.500
    Tenor: 35 bulan
    Cicilan: Rp 597 ribu per bulanDP 80 persen: Rp 26,732 juta
    Tenor: 23 bulan
    Ciclan: Rp 548 ribu per bulan

    Dengan DP 80 persen, kamu juga bisa nyicil Nmax Neo mulai Rp 400 ribuan. Rincian skemanya berikut ini.

    Tenor: 29 bulan
    Cicilan: Rp 496 ribuTenor: 35 bulan
    Cicilan: Rp 439 ribu

    Nah itu tadi skema cicilan Yamaha Nmax Neo mulai Rp 500 ribuan. Bila uang mukanya dirasa terlalu berat, maka kamu bisa menyesuaikan dengan kondisi finansial yang dimiliki. Jangan sampai, uang muka atau besar cicilan jadi memberatkan setiap bulannya.

    Spesifikasi Yamaha Nmax Neo

    Adapun sebagai varian termurah, Nmax Neo belum memiliki fitur ‘Turbo’. Namun, ada beberapa fitur lain yang tersemat seperti speedometer full digital, hingga electric power socket. Dapur pacunya masih mengandalkan mesin 155 cc berkapasitas 155.09 cc dengan kompresi 11.6:1. Mesin itu bisa menyemburkan tenaga maksimal 11,3 kW pada 8.000 rpm dan torsi maksimal 14.2 Nm pada 6.500 rpm. Dari sisi dimensi, Yamaha Nmax punya panjang 1.935 mm, lebar 740 mm, dan tinggi 1.200 mm. Kapasitas tangki bensinnya 7,1 liter.

    (dry/rgr)

  • Mobil Eropa Bakal Bebas Bea Masuk, Harga Mobil BMW Jadi Lebih Murah?

    Mobil Eropa Bakal Bebas Bea Masuk, Harga Mobil BMW Jadi Lebih Murah?

    Jakarta

    Kesepakatan antara Pemerintah Indonesia dan Uni Eropa memungkinkan mobil-mobil Eropa jadi bebas bea masuk. Akankah harga mobil Eropa seperti BMW cs jadi lebih murah?

    Indonesia dan Uni Eropa telah menandatangani penyelesaian substansial perundingan Indonesia-European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement (IEU-CEPA). Dikutip CNBC Indonesia, perjanjian tersebut dapat memangkas tarif sebesar 97,75% dari produk yang mencakup 98% impor dari Uni Eropa. Sementara itu, Uni Eropa akan menghapus tarif sebesar 98,61% dari produk yang mencakup 100% ekspor Indonesia saat ini.

    Kesepakatan tersebut membuat peluang mobil Eropa yang diimpor ke Indonesia dikenakan tarif bea masuk nol persen mulai tahun 2027. Salah satu produsen mobil asal Eropa, BMW, menyambut baik kesepakatan tersebut. Presiden Direktur BMW Group Indonesia Peter Sunny Medalla menyebut hal ini bakal berdampak positif bagi para produsen dari Benua Biru. Lebih lagi, menurut Sunny, mobil BMW jadi lebih banyak menjangkau masyarakat di dalam negeri.

    “Penghapusan bea masuk secara bertahap mulai tahun 2027 tidak hanya akan membuat kendaraan Eropa lebih kompetitif, tetapi juga menjadikan BMW lebih mudah diakses oleh lebih banyak pelanggan di Indonesia,” kata Sunny saat dikonfirmasi detikOto.

    Lebih lagi menurutnya di Indonesia BMW sudah memiliki layanan purna jual yang sangat baik hingga solusi mobilitas inovatif. BMW juga bakal menghadirkan lebih banyak model untuk jadi pilihan warga di Tanah Air.

    “Kami juga berkomitmen untuk menyesuaikan strategi bisnis dengan dinamika pasar dan perubahan regulasi, serta menjaga komunikasi yang erat dengan para pemangku kepentingan, semua demi memastikan pelanggan menjadi pihak yang paling diuntungkan dari perjanjian ini,” lanjut Sunny lagi.

    Implementasi IEU CEPA diharapkan akan membuka peluang besar bagi peningkatan daya saing produk Indonesia, di mana terdapat lebih dari 98% tarif akan dihapuskan, sehingga komoditas unggulan Indonesia akan semakin kompetitif di pasar Eropa. Proyeksi menunjukkan bahwa dalam awal implementasi, ekspor Indonesia ke Uni Eropa diproyeksikan dapat meningkat signifikan hampir 60% dan menciptakan lapangan kerja baru.

    Kesepakatan ini juga mencakup digital cluster yang memperkuat posisi Indonesia dalam ekosistem ekonomi digital. Menko Airlangga menekankan bahwa ekonomi digital Indonesia telah mencapai USD 150 miliar pada tahun 2025 dan diproyeksikan akan terus tumbuh pesat dalam 5 tahun ke depan. Dengan dukungan teknologi, infrastruktur digital, pusat data, dan konektivitas dari mitra Eropa, potensi tersebut diyakini dapat semakin dimaksimalkan.

    (dry/rgr)

  • Ngeri Banget! AHY Sebut Truk ODOL Jadi Pemicu Kecelakaan Maut

    Ngeri Banget! AHY Sebut Truk ODOL Jadi Pemicu Kecelakaan Maut

    Jakarta

    Pemerintah menargetkan tahun 2027 tak ada lagi truk over dimension over load (ODOL) di Indonesia. Truk ODOL dituding menjadi salah satu pemicu kecelakaan maut.

    Menteri Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), menargetkan regulasi truk obesitas atau Over Dimension Over Loading (ODOL) berlaku efektif mulai 1 Januari 2027. Menurutnya, kebijakan ini tidak bisa ditunda lebih lama lagi.

    “Semangatnya satu: memastikan kebijakan Zero ODOL dapat diberlakukan secara efektif mulai 1 Januari 2027. Inilah ikhtiar bersama kita. Kebijakan ini harus berpihak pada keselamatan manusia, karena tak ada prioritas yang lebih tinggi dari itu. Kita tidak ingin ada lagi korban jiwa akibat kecelakaan dan kerugian yang ditimbulkan oleh kendaraan ODOL,” kata AHY dikutip dari akun Instagramnya.

    Menurut AHY, berdasarkan data yang diterimanya, pada tahun 2024 ada 50.906 kasus kecelakaan. Sebanyak 26.839 korban meninggal di dunia. Truk ODOL menjadi salah satu pemicu kecelakaan maut.

    “Dengan penertiban ODOL, kita berharap dapat menyelamatkan lebih banyak nyawa di jalan raya. Berdasarkan data tahun 2024, terdapat puluhan ribu korban meninggal dunia akibat kecelakaan, dan sekitar 10,5% di antaranya melibatkan kendaraan angkutan barang; termasuk ODOL,” sebut AHY.

    AHY menjelaskan, Peraturan Presiden (Perpres) Penguatan Logistik Nasional dan finalisasi regulasi Zero ODOL sedang dalam tahap harmonisasi di Kementerian Hukum. Tahap ini diharapkan rampung pada bulan Oktober 2025.

    Selain itu, AHY mengaku telah melakukan sejumlah rapat teknis sejak bulan Mei hingga September. Karenanya, ia optimistis regulasi ini dapat berlaku efektif di awal tahun 2027.

    Kata AHY, berdasarkan kajian BPS penerapan kebijakan Zero ODOL ini dapat berpengaruh terhadap biaya logistik, inflasi, dan perekonomian. Meski begitu, ia tak menyebut rinci dampak tersebut lantaran masih dalam proses penyusunan.

    “Kajian BPS terkait dampak penerapan kebijakan ODOL terhadap biaya logistik, inflasi dan perekonomian sedang disusun dan target selesai pada Desember 2025,” kata AHY dikutip detikFinance.

    (rgr/dry)

  • Toyota Camry Terbaru Meluncur, Harga Mulai Rp 820 Jutaan

    Toyota Camry Terbaru Meluncur, Harga Mulai Rp 820 Jutaan

    Jakarta

    Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan Camry 2.5 V AT terbaru. Sedan tersebut mendapatkan peningkatan aspek desain eksterior dan interior yang lebih canggih dan modern.

    Mengikuti jejak varian Hybrid EV, Toyota Camry varian bensin mendapatkan sentuhan pembaruan. Toyota meng-upgrade desain dan fitur-fitur Camry 2.5 V AT untuk meningkatkan image dan prestige-nya.

    “Sekaligus memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk merasakan kualitas berkendara yang sama dengan varian hybrid sebagai flagship model,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Jap Ernando Demily dalam keterangan tertulisnya, Selasa (7/10/2025).

    Toyota Camry 2.5 V AT kini memiliki desain baru yang menampilkan Hammer Head Design di bagian depan. Penambahan overhang depan dan belakang serta bentuk bumper yang lebih besar dengan lubang udara trapezoidal memberikan tampilan kokoh dan aerodinamis.

    Toyota Camry 2.5 V AT Foto: Dok. Toyota

    Lampu depan LED dengan sorotan tajam serta lampu belakang LED terbaru menghadirkan tampilan modern dan meningkatkan visibilitas berkendara. Desain bumper belakang dan lower diffuser juga berfungsi untuk mengoptimalkan aliran udara.

    Beralih ke interior, Toyota Camry dirancang dengan pendekatan driver-centric cockpit yang ergonomis. Dashboard ala gitar elektrik kini dilengkapi Combination Meter 12.3 Inch Full TFT dan Head Up Display(HUD) untuk menampilkan informasi penting seperti kecepatan dan status fitur Toyota Safety Sense (TSS). Setirnya dilengkapi paddle shift untuk mendukung kontrol yang lebih presisi. Konsol tengah kini memiliki penataan baru yang mencakup wireless charger, driving mode, electric parking brake, ruang penyimpanan, dan cup holder. Panoramic roof menggantikan sunroof untuk memberikan pencahayaan kabin yang lebih luas.

    Toyota Camry 2.5 V AT Foto: Dok. Toyota

    Kenyamanan penumpang belakang ditingkatkan melalui perubahan sistem suspensi belakang dari Double Wishbone menjadi Multi Link. Sistem ini lebih adaptif terhadap kondisi jalan dan mendukung peningkatan handling performance.

    Soal performa, Toyota Camry 2.5 V AT menggunakan mesin berkode A25A-FKS yang menghasilkan tenaga maksimum 204 PS pada 6.600 rpm dan torsi 248 Nm pada 5.000 rpm. Transmisi otomatis 8-speed dikombinasikan dengan tiga mode berkendara Eco, Sport, dan Normal.

    Selain itu, fitur keselamatan kini dilengkapi Toyota Safety Sense(TSS) 3.0. Sistem Pre-Collision System (PCS) mampu mendeteksi sepeda motor dan kendaraan dari samping, serta mengurangi akselerasi pada kecepatan rendah.Dynamic Radar Cruise Control (DRCC) dapat menyesuaikan kecepatan saat melewati tikungan dan mendeteksi dua kendaraan di depan.Lane Departure Alert (LDA), Lane Tracing Assist (LTA), dan Automatic High Beam (AHB) juga diperbarui untuk presisi yang lebih baik. Tambahan fitur seperti Driving Monitor System, Digital Video Recorder, dan Emergency Tire Inflator turut meningkatkan aspek keselamatan. Airbag kini tersedia lebih lengkap dengan konfigurasi Dual Front SRS, Front Side, Curtain, Driver Knee, dan Rear Side.

    Toyota Camry 2.5 V AT Foto: Dok. Toyota

    Dari sisi konektivitas, T Intouch kini dilengkapi fungsi In-Car Wi-Fi Hotspot yang dapat dikendalikan melalui aplikasi mToyota. Sistem ini memungkinkan pengguna untuk mengakses layanan berbasis internet.

    Program T-CARE memberikan bebas biaya jasa dan suku cadang sebanyak 7 kali servis (dari servis berkala ke-1 hingga ke-7, maksimal 3 tahun / 60.000 km) serta Extended Warranty1 tahun/20.000 km jika rutin servis berkala.

    “Kami berusaha mempertahankan posisi Toyota Camry sebagai market leader di segmen Premium Sedan dengan menghadirkan berbagai pilihan, termasuk model gasoline bagi pelanggan. New Camry 2.5 V AT memberikan kenyamanan dan keamanan yang lebih baik saat bermobilitas,” terang Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Hiroyuki Oide.

    Berikut daftar harga Toyota Camry 2.5 V ATCamry 2.5 V AT (Non Premium Color): Rp 820.400.000Camry 2.5 V AT (Premium Color): Rp 823.500.000.

    Harga di atas berlaku on the road Jakarta.

    (rgr/dry)