Jenis Media: Otomotif

  • Cerita Tangguhnya Daihatsu Terios Jadi Kado Ulang Tahun Tak Tergantikan

    Cerita Tangguhnya Daihatsu Terios Jadi Kado Ulang Tahun Tak Tergantikan

    Jakarta

    Daihatsu Terios 2009 milik Bambang, warga Manado, Sulawesi Utara, telah melampaui fungsinya sebagai alat transportasi. Mobil ini menjadi simbol kesetiaan, kerja keras, dan jadi kenangan keluarga yang terus melaju di jalanan kehidupan.

    Mobil tersebut menjadi pemenang program “Bahagia Sejak Pertama” di Daihatsu Kumpul Sahabat Bitung. Daihatsu secara konsisten memberikan apresiasi sebagai bentuk penghargaan kepada para pelanggan setia, yang telah mempercayakan Daihatsu sebagai sahabat dalam berbagai aktivitas sehari-hari dan momen spesial bersama keluarga.

    Daihatsu memberikan penghargaan khusus kepada Bambang, Sahabat Daihatsu asal Manado, yang telah setia menggunakan Terios sejak 2009.

    Foto: Dok. Ridwan Arifin

    Selama lebih dari sepuluh tahun, menemani Bambang dalam berbagai aktivitas keluarga dan pekerjaan sehari-hari. Mobil ini sudah menempuh jarak 78.679 KM, menjadi bagian tak terpisahkan dari perjalanan hidupnya.

    “Saya pembelian Februari 2009 kebetulan tanggal 27 itu ulang tahun istri saya. Saya siapkan kado istri saya. Sampai sekarang istri saya tidak mau melepas kendaraan ini karena ini history kenangan bagi keluarga,” ujar Bambang di Lapangan Satrol Lantamal VIII, Bitung, Sulawesi Utara, Sabtu (13/12/2025).

    “Saya mencintai keluarga saya, seperti saya juga mencintai Daihatsu,” tambah dia.

    Bambang mengatakan mobil tersebut masih digunakan untuk diajak bekerja keras.

    “Saya memilih Daihatsu karena tenaganya, 1.500 cc, bisa untuk 7 penumpang dan mobilnya juga lapang,” ungkap Bambang.

    “Di bagasi saya gunakan (angkut) bahan-bahan berat, saya angkut itu semen, kalau orang itu bilang tela atau batako,” jelas dia.

    Dia juga menceritakan keputusan awal mengambil Daihatsu Terios 2009. Alasannya karena desainnya yang tangguh namun konsumsi bahan bakarnya efisien.

    “Yang kedua dia sedikit maco, kokoh dan sedikit terjangkau bahan bakarnya,” ungkap Bambang.

    Tak hanya itu, pada kesempatan tersebut Bambang juga menceritakan perjalanan emosionalnya bersama Daihatsu, termasuk pilihan untuk memiliki kendaraan kedua dan ketiga.

    “Karena pengalaman pertama saya sangat memuaskan dan cocok dengan kebutuhan keluarga, saya memutuskan untuk kembali memilih Daihatsu. Pada 2012 saya membeli Daihatsu Xenia, lalu di 2015 menambah Daihatsu Sirion.” imbuh Bambang.

    Program “Bahagia Sejak Pertama, Karena Kamu Ada” sebelumnya dikenal sebagai Xetia with Xenia, dan kini hadir dengan cakupan yang lebih luas. Dengan wajah baru ini, Daihatsu ingin merayakan kedekatan emosional yang telah terjalin sejak momen pertama pelanggan memiliki mobil Daihatsu, hingga setiap kisah perjalanan yang tumbuh bersama kendaraan mereka.

    “Program ini merupakan apresiasi khusus untuk para Sahabat Daihatsu yang telah memilih kami sebagai bagian dari perjalanan hidup mereka. Semangat ‘Bahagia Sejak Pertama’ mencerminkan perasaan yang tumbuh sejak pertama kali memiliki kendaraan Daihatsu, dan terus berlanjut hingga hari ini. Setiap cerita dan pengalaman Sahabat sangat berarti bagi kami,” ujar Budi Mahendra, Domestic Marketing Division Head PT Astra Daihatsu Motor.

    (riar/lua)

  • Pemutihan Pajak Kendaraan Masih Ada, Denda-Tunggakan Bertahun-tahun Dihapus

    Pemutihan Pajak Kendaraan Masih Ada, Denda-Tunggakan Bertahun-tahun Dihapus

    Jakarta

    Pemutihan pajak kendaraan dengan penghapusan denda serta tunggakan bertahun-tahun masih ada di beberapa provinsi. Berikut ini daftarnya.

    Pemutihan pajak kendaraan jadi keuntungan sendiri bagi yang nunggak pajak. Terlebih di beberapa provinsi, pemutihan pajak kendaraan itu tak disertai dengan pembayaran denda maupun tunggakan bertahun-tahun. Kamu hanya perlu membayar pajak tahun berjalan.

    Daftar Provinsi Gelar Pemutihan Pajak Kendaraan, Denda dan Tunggakan Dihapus

    Dengan demikian biaya yang dikeluarkan jadi lebih murah. Nah berikut ini daftar provinsi yang menggelar pemutihan pajak kendaraan disertai dengan penghapusan denda dan tunggakan tahun-tahun sebelumnya.

    1. Sumatera Barat

    Pemutihan pajak kendaraan di Sumatera Barat berlaku sejak 20 Oktober dan bakal berakhir 30 Desember 2025 sesuai dengan Keputusan Gubernur Sumatera Barat Nomor 903-686-2025 tentang Pemberian Pembebasan Atas Pokok dan Sanksi Administratif Pajak Kendaraan Bermotor. Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi dalam keputusannya menyebutkan bahwa pemberian pembebasan ini bertujuan meringankan beban masyarakat, meningkatkan kesadaran wajib pajak, dan memperluas kepatuhan administrasi kendaraan bermotor di daerah.

    Di Sumatera Barat, program pemutihan menghapuskan tunggakan pokok tahun sebelumnya. Denda atas keterlambatan pembayaran pajak juga dibebaskan. Ada juga pembebasan SWDKLLJ dari Jasa Raharja untuk tahun-tahun sebelumnya. Tak cuma itu, Pemprov Sumbar juga memberikan diskon 50 persen bagi kendaraan yang berasal dari luar provinsi dan mau mutasi ke Sumbar. Diskon pajak juga diberikan untuk angkutan umum barang dan angkutan umum penumpang.

    2. Sumatera Utara

    Pemprov Sumatera Utara juga memberikan pemutihan pajak berupa penghapusan tunggakan tahun sebelumnya. Kamu hanya perlu membayar tunggakan pokok pajak tahun 2024 dan tahun 2025 serta tahun 2026 jika masa pajak jatuh tempo pada Januari 2026. Contoh kamu nunggak 5 tahun dari 2020, maka pajak tahun 2020-2023 tak perlu dibayarkan. Selain itu ada keringanan lain yang diberikan. Adapun program keringanan yang ditawarkan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara antara lain:

    Potongan pokok pajak kendaraan bermotor (PKB) tahun 2025 sampai dengan 5 persen untuk kendaraan yang taat pajak dan membayar sebelum jatuh tempoBebas bea balik nama kendaraan bermotor kedua atau balik nama kendaraan bekasBebas pajak progresifBebas denda atau sanksi administrasi PKBBebas denda SWDKLLJ tahun sebelumnya.

    3. Riau

    Pemutihan pajak kendaraan di Provinsi Riau tinggal menghitung hari. Dikutip dari Instagram Bapenda Riau, program pemutihan yang seharusnya berakhir pada 19 Agustus 2025 diperpanjang menjadi sampai 15 Desember 2025. Perpanjangan tersebut ditetapkan melalui Keputusan Gubernur Riau Nomor: Kpts. 789/VIII/2025. Artinya, masih ada sisa tiga hari untuk mengikuti program pemutihan pajak kendaraan tersebut.

    Di Riau, program pemutihan yang diadakan yaitu pembebasan dan pengurangan pokok pajak kendaraan bermotor terutang, serta penghapusan sanksi administrasi atau denda. Pembebasan ini diberikan kepada wajib pajak yang belum membayar pajak kendaraan dua tahun atau lebih, cukup bayar tunggakan pokok pajak satu tahun terakhir dan tahun berjalan saja.

    Selain itu, kendaraan dari luar Riau yang melakukan mutasi masuk akan mendapatkan pengurangan pokok pajak sebesar 50 persen pada tahun pertama. Wajib pajak yang selama tiga tahun berturut-turut tertib membayar pajak tepat waktu akan mendapatkan pengurangan sebesar 10 persen. Ada pula penghapusan sanksi administrasi pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama untuk kendaraan bermotor penyerahan pertama angkutan umum orang atau angkutan umum barang.

    4. Jambi

    Jambi juga menggelar program pemutihan pajak kendaraan dan bakal berakhir dalam waktu dekat. Program pemutihan pajak kendaraan di Jambi berlaku mulai 19 Agustus hingga 22 Desember 2025 dan terbuka bagi seluruh wajib pajak kendaraan di Provinsi Jambi.

    Berikut syarat dan ketentuan mengikuti pemutihan pajak kendaraan bermotor Pemprov Jambi 2025:

    1). Pembebasan pokok pajak kendaraan yang mati 5 tahun sampai 15 tahun ke atas hanya bayar 2 tahun. Satu kendaraan hanya diberikan satu kesempatan mengikuti program pembebasan pokok pajak.

    2). Pembebasan sanksi administratif PKB yang telah lewat jatuh tempo.

    3). Pembebasan sanksi administratif BBNKB lelang (lelang kendaraan bermotor hasil rampasan/eksekusi negara, kendaraan dinas pemerintah, perusahaan pembiayaan leasing).

    4.) Pembebasan sanksi administratif pendaftaran pajak kendaraan bermotor I, II dan lelang yang telah lewat tanggal dan jatuh tempo.

    5.) Pembebasan denda SWDKLLJ tahun lalu dan tahun tahun lalu

    5. Sumatera Selatan

    Di Sumatera Selatan, tunggakan dan denda tahun-tahun sebelumnya dihapuskan. Pemilik kendaraan hanya perlu bayar PKB 1 tahun. Kemudian ada juga bea balik nama kendaraan bekas, pembebasan biaya pajak progresif, dan bebas denda SWDKLLJ tahun-tahun sebelumnya.

    6. Kalimantan Selatan

    Pemprov Kalimantan Selatan memperpanjang keringanan pajak kendaraan. Dikutip dari akun Instagram Bapenda Kalimantan Selatan, ada diskon sebesar 25 persen atas pokok pajak kendaraan bermotor untuk kepemilikan kendaraan pribadi dan diskon sebesar 34,17 persen atas pokok bea balik nama kendaraan bermotor. Program itu diperpanjang sampai dengan 31 Desember 2025. Kali ini juga ada program pembebasan seluruh tunggakan dan denda PKB, wajib pajak hanya cukup membayar pajak tahun berjalan saja.

    7. Kalimantan Tengah

    Mulai tanggal 24 September sampai 31 Desember 2025, wajib pajak di Kalteng cukup membayar pajak kendaraan bermotor tahun berjalan maka dapat pembebasan denda pajak kendaraan, bebas pokok dan bea balik nama mutasi masuk dari luar Provinsi Kalteng, bebas pokok tunggakan pajak kendaraan, bebas denda SWDKLLJ, serta bebas bea balik nama kendaraan bekas.

    8. Sulawesi Tenggara

    Berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Sultra Nomor 100.3.3.1/107 Tahun 2025, denda dan pokok tunggakan pajak kendaraan bermotor tahun 2024 dan sebelumnya dihapuskan bagi pelajar dan mahasiswa. Tujuannya adalah membantu anak muda fokus mengejar cita-cita tanpa beban administrasi pajak. Kebijakan ini mencakup penghapusan denda dan tunggakan pajak yang berlaku hingga April 2026.

    Itu tadi daftar provinsi yang menggelar pemutihan pajak kendaraan dengan hanya membayar pajak tahun berjalan. Tentunya ada persyaratan yang harus dipenuhi. Pastikan jangan melewatkan kesempatan emas tersebut ya. Soalnya program pemutihan pajak kendaraan di setiap provinsi belum tentu digelar setiap tahunnya.

    (dry/riar)

  • Makin Jelas, Ini Penampakan Calon Mobil Hybrid Perodua

    Makin Jelas, Ini Penampakan Calon Mobil Hybrid Perodua

    Jakarta

    Perodua kembali menggoda publik dengan merilis teaser terbaru untuk calon mobil hybrid-nya. Setelah gambar perdana dirilis pekan lalu, teaser lanjutan ini memperlihatkan penampakan makin jelas dari calon crossover segmen B berkode D66B, yang digadang-gadang bakal menggunakan nama Nexis atau Traz saat meluncur resmi.

    Dari gambar terbaru yang diunggah Perodua, detail eksterior mobil ini mulai terbaca, kendati masih dibalut pencahayaan minim. Secara garis besar, siluetnya sangat familiar karena memiliki banyak kemiripan dengan Toyota Yaris Cross, yang lebih dulu meluncur di Indonesia dan Thailand sejak 2023. Hal ini bukan kejutan, mengingat D66B dikembangkan dari basis yang sama.

    Meski begitu, Perodua tampaknya tetap memberikan sentuhan khas pada model barunya. Pada teaser sebelumnya, terlihat jelas bahwa grille depan Nexis/Traz menggunakan motif berbentuk L, berbeda dengan Yaris Cross yang mengusung pola U. Pada teaser terbaru, bagian depan kembali ditampilkan dengan pencahayaan sedikit lebih terang, sehingga detail bumper makin terlihat.

    Di area bumper depan, Perodua menyematkan sisipan sudut dengan desain yang lebih kompleks dibandingkan milik Yaris Cross. Pada model Toyota tersebut, komponen kecil di atas lampu depan diketahui berfungsi sebagai sensor parkir. Perbedaan desain ini mengindikasikan bahwa Perodua ingin menghadirkan identitas visual tersendiri, meski berbagi DNA dengan saudaranya dari Toyota.

    Soal spesifikasi, Perodua masih menutup rapat informasi teknis Nexis/Traz. Namun, sebagai gambaran, Toyota Yaris Cross di Indonesia dibekali mesin bensin 1.5 liter empat silinder 2NR-VE naturally aspirated dengan tenaga 106 PS dan torsi 138 Nm, yang dipadukan dengan transmisi manual lima percepatan atau CVT. Sementara di Thailand, Yaris Cross hanya ditawarkan dalam versi hybrid, mengombinasikan mesin 1.5 liter 2NR-VEX dengan motor listrik untuk menghasilkan tenaga gabungan 111 PS.

    Kesamaan platform ini juga berimbas pada aspek keselamatan. Yaris Cross telah mengantongi peringkat bintang lima ASEAN NCAP pada Agustus lalu, dan besar kemungkinan Nexis/Traz akan menawarkan standar keselamatan serupa. Nama Nexis dan Traz sendiri sebenarnya bukan hal baru, karena telah didaftarkan Perodua ke MyIPO lebih dari tiga tahun lalu.

    Menariknya, Perodua memberi petunjuk bahwa debut D66B tinggal lima hari lagi, atau dijadwalkan berlangsung pekan depan. Model ini akan diposisikan di atas Ativa yang saat ini dijual mulai RM62.500 hingga RM73.400. Lantas, berapa harga yang cocok buat calon mobil hybrid Perodua ini?

    (lua/riar)

  • Pabrikan Jepang Nggak Bisa Terus-terusan Ngotot dengan Mobil Hybrid

    Pabrikan Jepang Nggak Bisa Terus-terusan Ngotot dengan Mobil Hybrid

    Jakarta

    Pabrikan Jepang disebut tak bisa terus-terusan ngotot dengan mobil hybrid di tengah gempuran mobil listrik. Kalau tidak, jangan kaget bila pasarnya bakal tergerus.

    Pasar otomotif Indonesia kian gemuk. Banyak merek baru, khususnya dari China ikut meramaikan pasar otomotif Indonesia. Sejumlah pabrikan China itu juga membawa angin segar karena menghadirkan mobil listrik yang harganya setara dengan mobil bermesin konvensional merek Jepang. Gayung pun bersambut, mobil China mulai banyak diminati orang Indonesia. Satu merek yang cukup mencolok adalah BYD. Meski baru seumur jagung di industri otomotif dalam negeri, BYD sudah menguasai pangsa pasar mobil listrik.

    BYD memang agresif mendatangkan produk mobil listriknya untuk mengisi berbagai segmen. Untuk menjegal mobil di segmen Low Cost Green Car (LCGC) misalnya, BYD punya Atto 1. Dari komposisi harga Atto 1 berada di level yang sama dengan deretan mobil LCGC. Lebih mengejutkan lagi, penjualan Atto 1 juga meroket dalam dua bulan terakhir. Nama BYD Atto 1 bahkan mengisi daftar penjualan mobil terlaris pada periode Oktober-November 2025. Keberhasilan BYD lewat Atto 1 dinilai menjadi sinyal lahirnya struktur persaingan baru di industri otomotif Indonesia.

    Pengamat otomotif sekaligus akademisi ITB Yannes Pasaribu menilai, fenomena harga Atto 1 justru membuat konsumen yang sebelumnya resisten dengan mobil listrik malah jadi runtuh.

    “Lalu, label BYD yg begitu gencar diwartakan pada banyak sekali medsos sebagai produsen BEV global terbesar juga semakin memperkuat brand trust, sehingga kekhawatiran soal kualitas, baterai, dan after-sales berkurang signifikan,” terang Yannes kepada detikOto.

    Hal itu kata Yannes membuat Atto 1 menjadi rival langsung deretan mobil LCGC dan juga city car bermesin konvensional. Ke depan, bukan tidak mungkin justru pasarnya makin membesar. Menurutnya, untuk bisa bersaing, para pabrikan Jepang tidak seharusnya terus-terusan ngotot dengan mobil hybrid.

    “Konsekuensinya, fenomena ini sangat mungkin semakin membesar seiring waktu dan bakal memaksa pabrikan Jepang yang ada di Indonesia untuk merespons dengan mau tidak mau harus segera menciptakan BEV entry-level yang sama agresifnya. Tidak terus-terusan ngotot memaksakan mobil hybrid mengikuti policy prinsipal Jepangnya,” jelasnya lagi.

    Kalau terus bertahan dengan mobil hybrid, bisa jadi pangsa pasar mobil Jepang justru tergerus. Sebab tren konsumen mulai mengarah ke kendaraan listrik. Di sisi lain, sejumlah pabrikan China juga sudah punya mobil hybrid dengan teknologi lebih canggih dan harga terjangkau.

    “Jika Jepang bersikeras hanya mengandalkan hybrid yang juga harus berkompetisi dengan berbagai brand baru hybrid China yang lebih unggul desain dan fiturnya, tanpa mempercepat produksi BEV lokal, maka pangsa pasarnya akan terus menyusut seiring bergantinya generasi pembeli mayoritas ke gen Millenial dan utamanya Gen Z yang lebih aware terhadap value for money,” tutup Yannes.

    Tergerusnya pasar mobil Jepang sebenarnya sudah mulai terlihat. Kalau mengacu pada data distribusi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, hal itu mulai terlihat pada tahun 2024.

    Meskipun Toyota tetap kokoh di puncak dengan 33%, jika ditotal, pangsa lima besar merek Jepang turun menjadi 79,6%, turun 5% dari capaian 2020. Ya sebelumnya mobil Jepang mencatatkan pangsa pasar di atas 80%.

    Sementara itu, pabrikan China mulai membagi kekuatannya. Wuling memperkuat posisinya di 2,8% (25.067 unit), dan yang mengejutkan, BYD yang baru masuk langsung merebut 1,6% pasar (13.964 unit). Mereka menunjukkan keseriusan dengan mengincar segmen mobil listrik yang mulai diminati konsumen. Tren kenaikan itu juga berlanjut tahun 2025. Ini menjadi sinyal bagi pabrikan Jepang untuk makin waspada.

    Total penjualan retail hingga November 2025 tercatat 739.977 unit. Angka kolektif lima merek Jepang teratas kini hanya menyisakan 73,6% pangsa pasar. Terlihat jelas, dominasi Jepang yang dulu mencapai 85% kini berada di angka 73,6%. Angka yang hilang itu-sekitar 11%-hampir seluruhnya diambil oleh merek China.

    (dry/lua)

  • Yamaha Nmax Tech Max Meluncur di Thailand, Harga Nyaris Rp 60 Juta

    Yamaha Nmax Tech Max Meluncur di Thailand, Harga Nyaris Rp 60 Juta

    Jakarta

    Yamaha resmi meluncurkan Nmax Tech Max terbaru di Thailand. Skutik bongsor bermesin 155 cc ini hadir dengan pembaruan menyeluruh, mulai dari desain lebih sporty dan agresif, hingga sentuhan detail premium. Di Thailand, motor ini dijual dengan banderol nyaris menyentuh angka Rp 60 juta.

    Secara umum, Yamaha Nmax Tech Max mempunyai desain serta tampilan yang identik dengan Yamaha Nmax generasi terbaru yang dijual di Indonesia. Pilihan warna Yamaha Nmax Tech Max Thailand adalah Silver Chrome dan Prestige Gray.

    Masuk ke area kokpit, Nmax Tech Max mengusung Dual Digital Meters yang menjadi ciri khas varian tertinggi. Panel instrumennya terdiri dari layar TFT warna 4,2 inci, dipadu layar LCD digital 3,2 inci. Beragam informasi ditampilkan lengkap, mulai mode berkendara, rpm, status YECVT, notifikasi panggilan dan pesan, pemutar musik, dan informasi cuaca real-time. Seluruh pengoperasian dilakukan melalui sakelar di setang kiri.

    Salah satu fitur unggulan yang ditawarkan adalah Sistem Navigasi Garmin. Navigasi ini ditampilkan langsung via layar TFT, menyajikan panduan rute yang jelas dan data lalu lintas real-time, sehingga menunjang mobilitas di perkotaan maupun perjalanan jarak jauh.

    Untuk dapur pacu, Yamaha menyematkan mesin Blue Core 155 cc, 4 katup dengan teknologi VVA dan pendingin cairan. Mesin ini dikenal memiliki respons halus sejak putaran bawah hingga atas, sekaligus tetap efisien dalam konsumsi bahan bakar.

    Varian Tech Max juga dibekali transmisi YECVT yang dikontrol ECU dan menawarkan dua mode berkendara. Mode T difokuskan pada kehalusan dan efisiensi, sementara Mode S menyuguhkan akselerasi lebih agresif. Fitur Shift Down Function dan Engine Brake turut hadir untuk kontrol berkendara yang lebih presisi.

    Dari sisi keselamatan dan kepraktisan, Nmax Tech Max dilengkapi ABS, Traction Control, Smart Key, port USB Type-C, kompartemen depan, serta bagasi 25 liter yang mampu menyimpan helm full face.

    Di Thailand, Yamaha Nmax Tech Max 2026 ditawarkan dengan harga 113.500 baht atau setara Rp 59,8 juta. Sebagai perbandingan, Yamaha Nmax Tech Max Indonesia punya harga jauh lebih murah, Rp 44 jutaan.

    (lua/riar)

  • Rencana Ford Rakit Lokal di Indonesia, Mau Investasi Segini

    Rencana Ford Rakit Lokal di Indonesia, Mau Investasi Segini

    Jakarta

    Ford di bawah naungan PT RMA Indonesia menyatakan komitmennya untuk merakit lokal produk. Wakil Menteri Perindustrian Faisol Riza, menyebut Ford akan mulai merakit mobilnya di dalam negeri pada 2028.

    “Saya menerima audiensi dari Ford-RMA Indonesia, yang menyampaikan ketertarikan untuk kembali memperkuat kehadiran mereka di pasar Indonesia melalui ekspansi jaringan, peningkatan volume CBU, dan rencana perakitan lokal mulai 2028,” dalam akun instagram Faisol Riza, dikutip Jumat (12/12/2025) kemarin.

    Dalam pertemuan tersebut, Faisol menyampaikan pihak Ford juga aktif meminta masukan terkait arah kebijakan industri, investasi, perdagangan, dan fiskal yang akan memengaruhi roadmap bisnis mereka ke depan.

    Sejumlah isu strategis dibahas, mulai dari penyesuaian regulasi produksi mobil double cabin dan SUV, persyaratan CKD, hingga perkembangan negosiasi tarif resiprokal Indonesia-AS.

    “Ford menyampaikan bahwa regulasi CKD saat ini masih menimbulkan tantangan bagi lini pick-up, sementara pemerintah pada prinsipnya mendukung langkah industrialisasi Ford dan siap meninjau ketentuan yang memerlukan pembaruan,” jelas Faisol.

    Faisol juga menyebut besaran investasi yang dipersiapkan oleh Ford. Selain memperluas lini produk, sekaligus meningkatkan kapasitas layanan purna jual bagi konsumen di Indonesia.

    “Ford juga memaparkan roadmap impor CBU 2024-2027 serta rencana investasi perakitan lokal senilai Rp76 miliar dan dukungan jaringan dealer Rp25 miliar,” ungkap dia.

    “Kami menyambut positif rencana investasi Ford, termasuk potensi nilai investasi perakitan dan perluasan dealer. Dengan pasar yang terus tumbuh dan kesiapan regulasi yang semakin baik, Indonesia membuka peluang besar bagi Ford untuk kembali berperan dalam ekosistem otomotif nasional dan memperkuat daya saing industri di tingkat regional,” tambahnya lagi.

    Ford saat ini memasarkan empat model, antara lain Ford Everest, Ford Ranger, Ford Ranger Raptor, dan Ford Mustang. Selain itu Ford kini memiliki33 dealerresmi di seluruh Indonesia, meliputi dealer 3S (Sales, Service, Spareparts) maupun dealer 2S (Service & Spareparts).

    (riar/lth)

  • Dipecat Gegara Ugal-ugalan, Begini Kata Sopir PO Rosalia Indah

    Dipecat Gegara Ugal-ugalan, Begini Kata Sopir PO Rosalia Indah

    Jakarta

    PO Rosalia Indah telah memecat sopir busnya, Marco Sony, yang tertangkap kamera ugal-ugalan di Tol Trans Jawa. Lantas, apa kata sosok viral tersebut setelah diberhentikan tempat kerjanya?

    Melalui unggahan resmi di akun media sosial PO Rosalia Indah, Sony menegaskan, dirinya sudah diberhentikan sejak Jumat (12/12). Dia meminta maaf sebesar-besarnya karena sudah mencoreng citra baik perusahaan.

    “Hari ini, Jumat 12 Desember 2025 merupakan hari terakhir saya di Rosalia Indah. Semoga peristiwa ini menyadarkan saya untuk menjadi lebih baik lagi ke depannya. Saya memohon dibukakan pintu maaf sebesar-besarnya,” ujar Sony yang baru saja dipecat perusahaannya, dikutip Sabtu (13/12).

    “Untuk PT Rosalia Indah, saya juga mohon maaf atas perbuatan saya. Ini membuat citra perusahaan dan seluruh awak bus tercoreng,” tambahnya.

    Diberitakan sebelumnya, PO Rosalia Indah telah menghentikan sopirnya yang viral usai tertangkap kamera ugal-ugalan di Tol Trans Jawa. Bukan hanya itu, mereka juga telah melakukan evaluasi besar-besaran setelah insiden tak mengenakkan tersebut.

    “Perusahaan menyesalkan dan memohon maaf atas kejadian tersebut kepada pengguna jasa dan pengguna jalan lain. Perusahaan juga telah melakukan evaluasi menyeluruh dan memutuskan untuk menjatuhkan sanksi tegas sehingga umat adalah hari terakhir pengemudi menjadi awak bus Rosalia Indah,” demikian tulis akun tersebut.

    Perusahaan juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak yang telah melaporkan dan membagikan rekaman kejadian. Sehingga, kata mereka, dapat segera ditindaklanjuti.

    Sebelumnya, beredar video viral yang memperlihatkan sopir bus Rosalia Indah ugal-ugalan di Tol Trans Jawa. Bus PO Rosalia Indah tersebut melakukan manuver ekstrem dari bahu jalan menuju ke lajur kanan, hingga nyaris menabrak pemobil yang sedang melaju di lajur tersebut.

    Video itu diunggah di akun @dashcamindonesia, Kamis (11/12/2025). Menurut keterangan dalam unggahan tersebut, peristiwa terjadi sebelum Rest Area 275 A. Dijelaskan sopir bus bernama Marco Sony melakukan manuver berbahaya, yaitu menyalip kendaraan lainnya menggunakan bahu jalan dengan kecepatan tinggi.

    Selanjutnya dari bahu jalan, bus itu memaksa masuk lajur paling kanan. Sementara di lajur kanan, melaju pengendara mobil yang juga pemilik rekaman video dashcam itu. Pengendara mobil yang mengetahui ada bus PO Rosalia Indah memotong lajur secara cepat kemudian membunyikan klakson panjang, sehingga bus itu gagal masuk lajur.

    (sfn/lth)

  • GAC AION Kantongi 958 Pesanan di GJAW 2025!

    GAC AION Kantongi 958 Pesanan di GJAW 2025!

    Jakarta

    Meski Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) sudah berakhir, rupanya masih ada catatan menarik untuk disimak. Kali ini datang dari produsen mobil listrik GAC AION, yang mengumumkan telah mengantongi 958 Surat Pemesanan Kendaraan (SPK).

    Dalam keterangan resminya, GAC Indonesia mengumumkan menutup rangkaian pameran otomotif Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2025 dengan pencapaian gemilang melalui perolehan 958 Surat Pemesanan Kendaraan (SPK).

    Dari total SPK yang tercatat, model AION V Luxury menjadi kontributor terbesar dengan minat pemesanan tertinggi. Lini kendaraan listrik GAC lainnya yang terdiri dari AION UT Premium, Hyptec HT, serta AION Y Plus, juga mendapat respons positif dari konsumen, hadir sebagai pilihan model berkualitas untuk berbagai segmen kebutuhan.

    “Respon positif konsumen di GJAW 2025 membuktikan bahwa GAC Indonesia semakin dipercaya dalam hal kualitas, kenyamanan, dan inovasi. Lebih dari 1.000 pengunjung juga mencoba langsung performa dan kenyamanan kendaraan kami melalui aktivitas Test Drive selama pameran, yang menunjukkan tingkat kepercayaan yang semakin kuat terhadap kendaraan listrik GAC,” ujar CEO GAC Indonesia, Andry Ciu.

    Foto: Doc. AION

    “Kami berkomitmen untuk terus menghadirkan EV premium yang dapat dinikmati siapa pun, membawa kenyamanan dan performa unggul ke setiap perjalanan,” Andry menambahkan.

    Sebagai catatan, GAC AION saat ini hadir dengan menawarkan berbagai pilihan model diantaranya AION UT mulai dari Rp 325 juta, AION Hyptec HT mulai dari Rp 691 juta, serta AION V dan AION Y Plus masing-masing dibanderol mulai Rp 449 juta dan Rp 419 juta.

    (lth/din)

  • Dapat Mobil Hibah, Kena Bea Balik Nama?

    Dapat Mobil Hibah, Kena Bea Balik Nama?

    Jakarta

    Bea balik nama kendaraan dilakukan buat kendaraan yang berpindah tangan. Tapi kalau berpindah tangan karena hibah, apa dikenakan bea balik nama? Simak penjelasannya berikut.

    Balik nama dilakukan bukan hanya kamu yang beli mobil bekas. Mobil hibah juga rupanya bisa dikenai bea balik nama. Untuk diketahui, bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB) adalah pajak atas penyerahan hak milik kendaraan bermotor.

    Penyerahan ini bisa terjadi karena berbagai sebab, seperti jual beli, tukar-menukar, warisan, atau hibah. Dikutip laman Bapenda Jakarta, bea balik nama itu dikenakan ketika terjadi peralihan kepemilikan. Artinya saat hibah, akan dikenakan balik nama.

    Namun, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta per 5 Januari 2025 menetapkan bahwa kendaraan hibah tidak dikenakan BBNKB, selama kendaraan tersebut bukan kendaraan pertama. Jadi, kalau mobil yang kamu dapat secara hibah adalah kendaraan kedua dan seterusnya, maka dibebaskan dari bea balik nama.

    Kebijakan ini berlaku untuk semua jenis hibah, baik antar keluarga inti maupun hibah antar pihak lainnya. Kebijakan ini memberikan kemudahan bagi masyarakat yang menerima hibah kendaraan, karena proses balik nama tidak lagi dibebani pungutan BBNKB.

    Pembebasan ini semata-mata dilakukan untuk meringankan masyarakat dalam proses balik nama. Kedua, menyesuaikan dengan ketentuan objek BBNKB di Jakarta. Tak cuma itu, hal ini juga bisa menghindari beban pajak ganda pada kendaraan non-pembelian baru.

    Dengan kebijakan ini, kendaraan hibah diperlakukan sebagai kendaraan yang tidak dikenakan bea balik nama, selama bukan kendaraan pertama. Adapun untuk melakukan balik nama, berikut ini prosedurnya.

    Menyertakan dokumen identitas pemberi dan penerima hibahMenyiapkan STNK dan BPKB kendaraanMelampirkan surat pernyataan hibah atau akta hibahMelakukan cek fisik kendaraanMengurus balik nama di kantor Samsat

    Meski mobil hibah dibebaskan dari bea balik nama, bukan berarti kamu tak keluar biaya sama sekali ya. Sebab, masih ada beberapa komponen pajak lain yang harus dibayarkan di antaranya biaya penerbitan STNK, TNKB, hingga SWDKLLJ. Pun kalau kamu ada tunggakan sebelumnya juga harus dibayarkan.

    (dry/lth)

  • Membedah Ketangguhan Mesin Turbo di Mitsubishi Destinator

    Membedah Ketangguhan Mesin Turbo di Mitsubishi Destinator

    Jakarta

    Meski telah meluncur empat bulan lalu, namun Mitsubishi Destinator masih menjadi perbincangan di mana-mana. Karuan saja, selain harga dan tampilan yang menarik, SUV tujuh-penumpang itu menggunakan mesin turbo yang diklaim tangguh dan efisien!

    Disitat dari laman resmi Mitsubishi Indonesia, Sabtu (13/12), Destinator menggunakan mesin Mitsubishi berkode 4B40 generasi kedua yang telah disempurnakan. Mesin tersebut dilengkapi teknologi induksi turbocharger dengan water-cooled intercooler.

    Selain itu, mesin modern dengan dua injeksi tersebut dilengkapi pengatur katup MIVEC khas Mitsubishi. Perpaduan seluruhnya membuat kendaraan mampu menghasilkan tenaga 163 PS dan torsi 250 Nm.

    Foto: Doc. MMKSI

    Namun, apa yang membuat mesin turbo Destinator dengan kode 4B40 generasi terbaru bisa tangguh dan efisien? Pertama, mesin tersebut menggunakan dual injection system, yakni direct dan port injection.

    Kombinasi direct dan port injection memastikan distribusi bahan bakar lebih presisi. Efeknya, tenaga mesin tetap optimal di semua putaran tanpa kehilangan performa.

    Kemudian, sistem pendingin turbonya menggunakan prinsip water-to-air dengan menjaga suhu udara yang dimampatkan ke mesin tetap stabil. Sistem pendingin air meningkatkan respons akselerasi lebih efektif daripada sistem pendingin udara (mengurangi turbo lag) yang disebabkan jalur masuk yang lebih pendek.

    Dengan racikan tersebut, tak heran Destinator sangat nikmat dibawa driving pada rute dalam dan luar kota. Tenaganya mengisi terus dari putaran bawah sampai atas. Bahkan efisiensinya bisa didapat dengan optimal.

    Menjaga Kinerja Mesin Turbo Destinator Optimal

    Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memaksimalkan kinerja mesin turbo di Mitsubishi Destinator. Pertama, rutin ganti oli dan pilih spesifikasi yang dianjurkan. Penggantian pelumas tak boleh telat karena mesin turbo membutuhkan kualitas oli terbaik untuk melumasi bagian-bagian penting di dalamnya.

    Kemudian bahan bakar yang dianjurkan untuk Destinator adalah BBM bernilai oktan 95. Dengan menggunakan bahan bakar yang dianjurkan, terutama pada mesin turbo, performa kendaraan akan lebih optimal, mesin bekerja lebih halus, serta konsumsi bahan bakar menjadi lebih efisien.

    Foto: Muhammad Zaky Fauzi Azhar

    Sebagai catatan, kinerja mesin turbo sangat ditentukan dari pasokan udara ke dalam mesin. Sebaiknya pengguna Mitsubishi Destinator selalu menjaga kebersihan saringan udara kes mesin agar kinerja turbo tetap maksimal.

    Jika mobil tak akan dipakai dalam waktu yang lama, sebaiknya selalu memanaskan mesin. Hal tersebut agar oli tetap bersirkulasi ke ruang bakar dan turbo, sehingga bagian internalnya tetap terlumasi dengan baik.

    (sfn/lth)