Jenis Media: Otomotif

  • Waduh! Cewek Ini Nekat Angkut Kuda Hidup Pakai Mobil

    Waduh! Cewek Ini Nekat Angkut Kuda Hidup Pakai Mobil

    Jakarta

    Seorang wanita Jerman bikin heboh setelah kedapatan mengangkut seekor kuda poni Shetland di kursi belakang mobil pink miliknya. Peristiwa ini terjadi di Alsdorf, dekat Aachen, Jerman.

    Awalnya, polisi mencurigai mobil berwarna mencolok tersebut karena terlihat ada sesuatu yang tidak biasa dari kaca belakang. Saat diperiksa, ternyata di dalam mobil ada seekor poni duduk manis di atas karpet kecil yang digelar di kursi belakang. Di depannya tersedia ember berisi pakan.

    Uniknya, baik si wanita maupun kuda poni itu tampak tenang, seolah-olah ini bukan perjalanan pertama mereka. Sang pemilik bahkan mengikat poni hanya dengan seutas tali ke pengait besi di mobil, yang ia yakini sudah cukup aman.

    Namun polisi menegaskan hal itu sangat berbahaya. Dalam tes tabrak ADAC pada tahun 2024 menunjukkan bahwa barang yang tidak diamankan atau dipasang dengan tidak benar dapat mengembangkan gaya hingga 50 kali lipat dari berat aslinya saat terjadi tabrakan frontal dengan kecepatan 50 km/jam.

    Jika terjadi kecelakaan di kecepatan 50 km/jam, kuda poni berbobot 150 kilogram bisa terlempar ke depan dengan kekuatan 7,5 ton.

    “Tali itu jelas tak akan menahan beban sebesar itu. Nyawa pengemudi, poni, dan pengguna jalan lain bisa terancam,” jelas Kepolisian Aachen.

    Tidak disebutkan mobil yang digunakan wanita tersebut. Namun dari gambar yang diunggah Kepolisian Aachen nampaknya mobil perkotaan konfigurasi dua baris duduk.

    Atas pelanggaran ini, polisi menjatuhkan denda €35 (sekitar Rp630 ribu). Namun wanita tersebut menolak membayar, bersikeras dirinya tak melakukan kesalahan. Ia bahkan sempat berniat melanjutkan perjalanan dengan poninya di dalam mobil.

    Akhirnya, polisi melarang si wanita meneruskan perjalanan dengan cara tersebut. Kini, ia menghadapi proses hukum administrasi karena menolak membayar denda.

    “Sekecil apa pun, kuda tetaplah kuda. Mereka tidak pantas duduk di kursi belakang mobil, tapi harus diangkut dengan trailer khusus,” tegas polisi.

    (riar/din)

  • Hoax Pembatasan Isi BBM dan Larangan buat Penunggak Pajak

    Hoax Pembatasan Isi BBM dan Larangan buat Penunggak Pajak

    Jakarta

    Di media sosial beredar viral kabar soal pembatasan bahkan larangan pengisian bahan bakar minyak (BBM) untuk kondisi tertentu. Pertamina memastikan kabar itu hoax. Hingga kini tak ada batasan atau larangan pengisian bahan bakar.

    Kabar hoax itu menyebutkan adanya pembatasan pengisian bahan bakar minyak hingga 7 hari untuk mobil dan 4 hari untuk motor. Ada juga kabar larangan pengisian bahan bakar minyak untuk kendaraan yang pajaknya belum dibayarkan.

    Pertamina Patra Niaga memastikan kabar-kabar tersebut tidak benar. Menurutnya, penyaluran BBM, khususnya bahan bakar subsidi masih tetap berjalan sesuai ketentuan pemerintah.

    “Penyaluran BBM, khususnya BBM Subsidi, tetap berjalan sesuai ketentuan pemerintah melalui mekanisme yang berlaku agar lebih tepat sasaran dan transparan. Hal ini juga sudah disampaikan oleh Kementerian ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral) melalui juru bicara KESDM,” demikian pernyataan tertulis Pertamina Patra Niaga menanggapi kabar hoax yang beredar di media sosial.

    Pj. Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Roberth MV Dumatubun, mengimbau masyarakat agar jeli dan teliti terhadap berbagai bentuk disinformasi yang sering beredar. Pastikan mendapat informasi dari sumber yang terpercaya.

    “Masyarakat perlu mewaspadai hoaks lainnya seperti adanya hoaks seperti pembatasan pembelian BBM akhir-akhir ini dan juga informasi seperti pengujian-pengujian yang tidak dilakukan oleh ahlinya serta informasi-informasi hoaks lainnya seperti rekrutmen fiktif yang mengatasnamakan Pertamina,” ujar Roberth.

    Pertamina Patra Niaga mengajak masyarakat untuk selalu memastikan kebenaran informasi melalui kanal resmi perusahaan yakni Pertamina Call Center 135 dan akun resmi media sosial Pertamina

    (rgr/din)

  • Lihat Lebih Dekat Mobil Listrik Konsep Terbaru Dacia Hipster, SUV tapi Fungsional

    Lihat Lebih Dekat Mobil Listrik Konsep Terbaru Dacia Hipster, SUV tapi Fungsional

    Dari sisi dimensi, Dacia Hipster benar-benar mungil. Panjangnya hanya 3 meter, lebar 1,55 meter, dan tinggi 1,53 meter. Meski kecil, ruangnya cukup efisien: bisa menampung empat penumpang dan memiliki bagasi 70 liter yang dapat diperluas hingga 500 liter. Bobotnya pun super ringan, hanya sekitar 800 kg, lebih ringan dari Fiat 500e. Foto: Dok. Dacia

  • VinFast Jadikan Indonesia ‘Rumah Kedua’ Ekspansi Mobil Listrik

    VinFast Jadikan Indonesia ‘Rumah Kedua’ Ekspansi Mobil Listrik

    Jakarta

    Belum lama ini, gagasan produsen mobil Vietnam bersaing di pasar otomotif terbesar dan paling kompleks di dunia mungkin terdengar mustahil. Namun kini, VinFast, yakni anak perusahaan kendaraan listrik milik konglomerat Vingroup, tidak hanya mengukuhkan posisinya di Indonesia tetapi juga mulai mendefinisikan ulang masa depan mobilitas bangsa.

    Berawal dari mimpi industri yang ambisius di Vietnam, VinFast kini dengan cepat menemukan lahan subur di ‘rumah keduanya’, yakni Indonesia. Bagi VinFast, langkah ini merupakan keputusan strategis yang tak terelakkan.

    CEO VinFast Indonesia, Kariyanto Hardjosoemarto, menyampaikan Indonesia merupakan pasar strategis dengan potensi besar berkat jumlah penduduk yang tinggi, pertumbuhan kelas menengah yang pesat, serta dukungan kuat pemerintah terhadap pengembangan kendaraan listrik.

    “Indonesia adalah salah satu pasar otomotif terbesar di ASEAN, dengan penjualan tahunan melampaui satu juta unit. Pemerintah telah menetapkan target ambisius untuk memiliki dua juta kendaraan listrik di jalan raya pada tahun 2030. Dengan lebih dari 280 juta penduduk, kelas menengah yang berkembang pesat, dan kebijakan kendaraan listrik yang semakin mendukung, Indonesia merupakan pilihan strategis yang alami bagi kami,” ujar Kariyanto dalam keterangannya, Rabu (8/10/2025).

    Peluangnya sangat besar, tetapi tantangan pasarnya juga sama beratnya. Infrastruktur pengisian daya publik yang terbatas, biaya awal yang tinggi bagi konsumen, dan masih rendahnya kesadaran akan teknologi kendaraan listrik, semuanya menjadi hambatan yang signifikan.

    VinFast telah memilih untuk menghadapi hambatan ini secara langsung dengan menghadirkan rangkaian produk yang luas dan inklusif. penetapan harga, model kepemilikan yang kreatif, dan ekosistem luas yang berupaya menata kembali seluruh perjalanan konsumen.

    Mengubah Hambatan Menjadi Kekuatan Pasar

    Inti dari strategi VinFast di Indonesia adalah keyakinan bahwa setiap hambatan pasar merupakan peluang tersembunyi. Untuk mengatasi kekurangan infrastruktur, perusahaan bekerja sama erat dengan V-Green, jaringan pengisian daya global yang didirikan oleh Chairman Vingroup dan CEO VinFast, Pham Nhat Vuong.

    Kemitraan ini telah menempatkan Indonesia di pusat rencana ambisius untuk mengembangkan stasiun pengisian daya kendaraan listrik internasional. Untuk memacu adopsi awal, pelanggan VinFast di Indonesia juga akan mendapatkan layanan pengisian daya gratis hingga 1 Maret 2025, yang secara efektif menetralkan salah satu hambatan terbesar bagi pembeli awal.

    Untuk mengatasi isu penting terkait keterjangkauan, VinFast menghadirkan rangkaian produk yang beragam di segmen paling populer di Indonesia, mulai dari VF 3 dan VF 5 yang kompak, VF 6 yang serbaguna, VF e34 yang praktis, hingga VF 7 yang baru diluncurkan.

    Setiap model didukung oleh paket penjualan dan purna jual yang menarik, dirancang untuk memudahkan transisi konsumen ke gaya hidup elektrik tanpa mengorbankan kualitas maupun keamanan.

    Mungkin pendekatan perusahaan yang paling inovatif, dan yang ditujukan langsung kepada pembeli umum, adalah model langganan baterai miliknya. Dengan memisahkan biaya baterai dari harga kendaraan, VinFast secara drastis menurunkan harga pembelian awal, yang seringkali menjadi kendala terberat bagi pembeli.

    Penawaran ini mencakup perawatan, perbaikan, dan penggantian seumur hidup, ditambah dengan jarak tempuh tak terbatas.

    “Ini bukan sekadar strategi penetapan harga,” ungkap Kariyanto.

    “Ini adalah alat untuk membuat EV dapat diakses oleh lebih banyak pelanggan, sekaligus menghilangkan kekhawatiran jangka panjang tentang performa atau biaya,” sambungnya.

    Struktur unik ini ditambah dengan kebijakan pembelian kembali terjamin untuk melindungi pemilik dari depresiasi, secara aktif berupaya menulis ulang aturan tradisional kepemilikan mobil, menawarkan konsumen Indonesia rasa aman yang tak ternilai harganya.

    Pabrik Subang: Sebuah Deklarasi Keabadian

    Ekspansi VinFast tak hanya berfokus pada penjualan, tetapi juga pada upaya membangun keseluruhan ekosistem operasional di dalam negeri. Indonesia kini menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara selain Vietnam yang menjadi lokasi pendirian fasilitas manufaktur VinFast. Pabrik yang berlokasi di Subang ini menjadi bukti nyata komitmen jangka panjang dan kepercayaan perusahaan terhadap pasar Indonesia.

    Pabrik ini diharapkan menjadi katalis transformasi industri, sebuah pusat yang akan menciptakan ribuan lapangan kerja terampil, menyediakan pelatihan teknologi canggih bagi pekerja lokal, dan secara signifikan meningkatkan pemanfaatan konten lokal. Selain kendaraan yang akan diproduksi, pabrik Subang melambangkan transfer pengetahuan yang krusial, yang membina generasi penerus berbakat industri Indonesia.

    Dalam jangka panjang, warisan sejatinya mungkin terletak pada kepercayaan yang ditanamkannya bahwa Indonesia dapat berdiri di jantung revolusi manufaktur kendaraan listrik global.

    Hal ini langsung menjadikan konsep abstrak ‘transisi hijau’ terasa nyata dalam kehidupan sehari-hari sekaligus memperkenalkan mobilitas berkelanjutan kepada khalayak luas.

    Selain itu, perusahaan ini juga membangun ekosistem pendukung yang lebih luas melalui kemitraan strategis dengan dealer lokal, penyedia layanan, dan lembaga perbankan. Melalui Green SM, yakni inisiatif lain yang digagas oleh Bapak Vuong, masyarakat Indonesia kini dapat merasakan langsung kendaraan listrik VinFast melalui layanan ride-hailing.

    Langkah ini membuat konsep ‘transisi hijau’ menjadi nyata dalam kehidupan sehari-hari sekaligus memperkenalkan mobilitas berkelanjutan kepada masyarakat luas.

    Kisah Bersama Kebangkitan Asia Tenggara

    Bagi VinFast, ekspansi ke Indonesia bukan semata tentang menjadi penantang asing, melainkan tentang menjadi bagian dari kisah bersama Asia Tenggara. Dinamika generasi muda Indonesia, aspirasi kelas menengah yang terus tumbuh, serta tekad para pembuat kebijakan sejalan dengan perjalanan dan semangat VinFast sendiri.

    Apa yang berawal di Vietnam sebagai sebuah eksperimen berani telah berkembang pesat menjadi sebuah gerakan regional. Indonesia menyediakan skala, sumber daya, dan ambisi untuk mewujudkan visi ini lebih jauh, mengubah kedua negara menjadi peserta aktif, alih-alih menjadi penonton pasif, dalam pergeseran global menuju mobilitas hijau.

    Rencana perusahaan untuk masa depan didasarkan pada empat pilar strategis yang jelas, dirancang untuk memastikan dampak yang berkelanjutan dan integrasi jangka panjang. Pilar pertama adalah Ekspansi Bisnis, yakni jaringan 29 showroom saat ini direncanakan akan berkembang menjadi sekitar 100 outlet di seluruh negeri pada akhir tahun, didukung oleh ekosistem layanan purna jual yang mencakup sekitar 500 pusat layanan.

    Kedua adalah Portofolio Produk, di mana inovasi berkelanjutan tetap menjadi kunci, dengan VinFast berencana untuk memperkenalkan model-model baru baik mobil listrik maupun kendaraan roda dua listrik untuk memenuhi beragam kebutuhan konsumen Indonesia.

    Ketiga adalah Manufaktur Lokal, menegaskan komitmen jangka panjang VinFast, dengan pabrik Subang yang siap memulai produksi teknisnya pada akhir tahun untuk memungkinkan produksi yang disesuaikan dengan permintaan lokal.

    Terakhir, pilar Ekosistem Vingroup menyoroti ambisi yang lebih luas yang melampaui mobilitas, Vingroup sendiri memiliki niat untuk berekspansi ke bidang perawatan kesehatan dan pendidikan di Indonesia, yang mencerminkan pendekatan holistik grup untuk meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

    Setiap stasiun pengisian daya yang dibangun, setiap ruang pamer yang dibuka, dan setiap pengemudi Indonesia yang memilih kendaraan VinFast merupakan langkah menuju masa depan yang lebih bersih dan demonstrasi yang jelas bahwa Asia Tenggara dapat menentukan peran utamanya sendiri di era elektrifikasi.

    Dalam konteks ini, VinFast muncul sebagai simbol aspirasi regional bersama, membuktikan bahwa negara-negara Asia dapat bangkit bersama, berinvestasi satu sama lain, dan menginspirasi kepercayaan pada masa depan kolektif mereka.

    (akd/akd)

  • Keringanan Bea Balik Nama di Jakarta, Berlaku buat Jenis Kendaraan Ini

    Keringanan Bea Balik Nama di Jakarta, Berlaku buat Jenis Kendaraan Ini

    Jakarta

    Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberikan keringanan bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB) untuk kendaraan tertentu. Ini jenis kendaraan yang bisa mendapatkan keringanan BBNKB.

    Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 842 Tahun 2025menetapkan aturan baru mengenai kriteria, besaran, dan persyaratan pengurangan serta pembebasan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB).

    Dalam aturan itu, ada pengurangan pokok BBNKB sebesar 50 persen bahkan pembebasan pokok BBNKB untuk kendaraan tertentu. Seperti dikutip dari situs resmi Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) DKI Jakarta, berikut kriteria kendaraan yang bisa mendapat pengurangan dan pembebasan BBNKB.

    Pengurangan Pokok BBNKB

    Pengurangan BBNKB diberikan dalam bentuk keringanan sebesar 50% dari pokok BBNKB yang terutang. Fasilitas ini bisa diajukan oleh Wajib Pajak yang kendaraannya:

    Digunakan sepenuhnya untuk kepentingan umum di bidang sosial dan keagamaan.Tidak bersifat komersial (tidak dipakai untuk usaha, sewa, atau kegiatan yang menghasilkan keuntungan).

    Untuk mengajukan pengurangan, wajib pajak perlu melampirkan fotokopi faktur pembelian kendaraan bermotor serta dokumen atau keterangan yang membuktikan kendaraan digunakan untuk kepentingan umum di bidang sosial dan keagamaan serta tidak bersifat komersial.

    Pembebasan Pokok BBNKB

    Selain pengurangan, Kepgub Nomor 842 Tahun 2025 juga mengatur fasilitas pembebasan BBNKB 100 persen. Artinya, kendaraan itu tidak dikenakan BBNKB sama sekali. Fasilitas ini diberikan khusus untuk kendaraan yang digunakan demi kepentingan pertahanan dan keamanan negara, di antaranya:

    Kendaraan pengamanan Presiden dan Wakil Presiden.Kendaraan milik atau yang digunakan oleh Mabes TNI, Mabes Polri, BIN, Lemsaneg, BNN, dan BNPT.

    Syarat pengajuan pembebasan antara lain fotokopi surat pemberitahuan impor barang (PIB) untuk kendaraan impor serta surat keterangan resmi dari instansi terkait yang menyatakan kendaraan digunakan untuk pengamanan Presiden/Wakil Presiden atau kepentingan pertahanan dan keamanan negara.

    Prosedur Pengajuan

    Fasilitas pengurangan maupun pembebasan tidak berlaku otomatis. Wajib Pajak harus mengajukan permohonan tertulis dengan dokumen persyaratan yang lengkap. Selanjutnya, Bapenda akan melakukan penelitian administrasi dan bila perlu verifikasi lapangan sebelum menerbitkan Surat Ketetapan Pengurangan/Pembebasan BBNKB.

    (rgr/din)

  • Bridgestone Siapkan Ban buat Calon SUV Baru di Indonesia

    Bridgestone Siapkan Ban buat Calon SUV Baru di Indonesia

    Jakarta

    Bridgestone Tire Indonesia membocorkan adanya calon SUV baru di Indonesia yang bakal meluncur dua tahun lagi. Bridgestone bakal menjadi pemasok ban resmi SUV tersebut.

    President Director Bridgestone Tire Indonesia, Mukiat Sutikno mengatakan SUV baru itu sudah familiar untuk masyarakat Indonesia. Namun dia belum membocorkan modelnya lebih lanjut.

    “Saya belum bisa infokan terkait merek.Tapi mobil ini adalah salah satu SUV (Sport Utility Vehicles) yang sangat terkenal di Indonesia, nanti model barunya sekitar tahun 2027,” ungkap President Director Bridgestone Tire Indonesia, Mukiat Sutikno di Jakarta Selatan, Rabu (8/10/2025).

    “Di tahun 2027 yang tadi saya katakan, kita akan supply ke salah satu,basically bisa dikatakan SUV yang cukup terkenal di Indonesia dengan size bannya itu 20 inch-an,” kata Mukiat.

    “Jadi menurut saya itu cukup menarik ya, karena 20 inch sebenarnya sangat-sangat baru di Indonesia,” tambahnya lagi.

    Lebih lanjut, Mukiat mengatakan Bridgestone mengambil pangsa pasar kendaraan penumpang sebesar 40 persen di Indonesia. Penjualan Bridgestone di Indonesia ditopang paling besar dari segmen replace tire, mengganti ban lama ke yang baru.

    “Dari komposisi total produksi kita 30 persen ekspor. Untuk OEM (original equipment manufacturer) itu sekitar 26 persen. Jadi sisanya untuk replacement tire,” jelas Mukiat.

    Di sisi lain, Bridgestone terus meningkatkan penggunaan komponen lokal dalam negeri. Terlebih Bridgestone sudah meramaikan pasar otomotif Indonesia sejak 49 tahun lalu.

    “Untuk kita sendiri raw material kita itu bisa kita katakan 55% lokal, 45% kita masih import,” kata dia.

    (riar/din)

  • Renault Bikin Mobil Listrik Bergaya SUV, Mirip VinFast VF 3

    Renault Bikin Mobil Listrik Bergaya SUV, Mirip VinFast VF 3

    Jakarta

    Renault lewat merek turunannya, Dacia, memperkenalkan mobil konsep listrik mungil bernama Dacia Hipster. Model ini tampil dengan desain kotak bergaya SUV kompak yang sekilas mirip dengan VinFast VF 3 asal Vietnam. Dacia Hipster disebut-sebut sebagai gambaran mobil listrik masa depan yang terjangkau, sederhana, dan menyenangkan buat dikendarai sehari-hari.

    Mengutip Paultan, Hipster dirancang sebagai ‘mobil listrik populer masa depan’, kendaraan yang praktis dan efisien untuk kebutuhan harian. Mobil ini muncul di tengah wacana Uni Eropa yang ingin menciptakan kategori baru mobil listrik kecil dan murah, semacam versi ‘kei car’ khas Eropa dengan regulasi keselamatan yang tidak terlalu ketat.

    Anak perusahaan Renault, Dacia, bikin mobil listrik konsep bergaya SUV dengan nama Hipster Foto: Dok. Dacia

    Dari sisi dimensi, Dacia Hipster benar-benar mungil. Panjangnya hanya 3 meter, lebar 1,55 meter, dan tinggi 1,53 meter. Meski kecil, ruangnya cukup efisien: bisa menampung empat penumpang dan memiliki bagasi 70 liter yang dapat diperluas hingga 500 liter. Bobotnya pun super ringan, hanya sekitar 800 kg, lebih ringan dari Fiat 500e.

    Desainnya unik dengan gaya serba kotak dan garis tegas di seluruh bodi. Sekilas terlihat seperti perpaduan antara city car dan mini Defender. Pintu bagasinya bisa terbuka dua bagian, bagian atas dari kaca, sementara gagang pintu diganti dengan tali pengikat di tepi pintu.

    Masuk ke interior, nuansa minimalis langsung terasa. Dacia Hipster pakai setir heksagonal, kursi berbahan mesh, jendela geser manual, dan atap kaca vertikal, yang membuat kabin terasa lapang. Menariknya, interior ini dilengkapi 11 titik jangkar yang bisa dipasangi aksesori tambahan seperti tempat cangkir, sandaran tangan, hingga lampu kabin.

    Anak perusahaan Renault, Dacia, bikin mobil listrik konsep bergaya SUV dengan nama Hipster Foto: Dok. Dacia

    Layar tengahnya? Bukan bawaan mobil, melainkan smartphone pengguna yang bisa dipasang sebagai sistem infotainment.

    Soal performa, Dacia belum membocorkan spesifikasi motor listrik atau kapasitas baterainya. Namun mereka menyebut mobil ini punya jangkauan cukup untuk penggunaan harian, dengan kebutuhan isi daya dua kali per minggu. Menurut Dacia, sebagian besar pengendara di Prancis menempuh jarak kurang dari 40 km per hari-artinya Hipster memang dirancang untuk mobilitas perkotaan.

    Dengan desain nyentrik, bobot ringan, dan konsep efisiensi tinggi, Dacia Hipster bisa jadi alternatif menarik di tengah gempuran mobil listrik besar dan mahal. Kalau benar masuk jalur produksi, bukan tidak mungkin SUV mini bergaya retro-modern ini bakal mencuri perhatian di pasar global.

    Dacia Hipster Foto: Dok. Dacia

    (lua/din)

  • Motor Listrik Retro sampai Gixxer Etanol

    Motor Listrik Retro sampai Gixxer Etanol

    Jakarta

    Di Japan Mobility Show (JMS) 2025 yang digelar akhir bulan ini, Suzuki akan menampilkan beragam produk sepeda motor baru. Mulai dari motor listrik bergaya retro sampai dengan motor sport dengan bahan bakar etanol akan ditampilkan Suzuki bulan ini.

    Suzuki akan meluncurkan berbagai kendaraan masa depan di pameran otomotif Japan Mobility Show (JMS) 2025 yang digelar akhir bulan ini. Selain mobil listrik dan kendaraan otonom masa depan, Suzuki juga akan memperkenalkan beberapa sepeda motor baru.

    Di Japan Mobility Show 2025, Suzuki Motor Corporation mengusung tema “By Your Side”, slogan perusahaan yang diumumkan dalam Rencana Manajemen Jangka Menengah. Ada beberapa motor baru yang diperkenalkan Suzuki, mulai dari motor listrik, motor sport, sepeda listrik, hingga motor berbahan bakar etanol.

    Motor Listrik Bergaya Retro e-VanVanMotor listrik retro Suzuki e-VanVan Foto: Dok. Suzuki

    Suzuki bakal meluncurkan motor listrik bergaya retro, namanya e-VanVan. Ini adalah model konsep yang memenuhi keinginan pelanggan untuk menikmati berkendara dan mengendarai sepeda motor meskipun berjenis kendaraan listrik (EV).

    Motor ini dirancang berdasarkan motor retro Suzuki VanVan di tahun 1970-an. Model ini mengekspresikan inovasi dengan gaya kreatif dan warna serta grafis tema digital yang unik.

    “Kami menawarkan cara baru untuk menikmati EV sebagai motor yang asyik,” kata Suzuki dalam siaran persnya.

    Motor listrik Suzuki e-VanVan memiliki dimensi Panjang 1.810 mm x Lebar 825 mm x Tinggi 1.050 mm. Tak disebutkan jenis baterai dan motornya. Tapi Suzuki mengklaim motor listrik ini setara dengan motor 125 cc.

    Suzuki GSX-8T dan GSX-8TTSuzuki GSX-8TT Foto: Dok. Suzuki

    Selanjutnya ada motor sport naked Suzuki GSX-8T dan GSX-8TT. Motor naked dengan model neo-retro ini akan dipamerkan pertama kali sebagai model yang dijadwalkan untuk dijual di Jepang.

    Berdasarkan GSX-8S, motor ini adalah model kelas menengah yang menggabungkan desain retro dan modern dengan kontrol elektronik terkini untuk memberikan rasa aman dan kesenangan berkendara. Motor ini mengusung mesin 775 cc 4 tak dengan dimensi Panjang Keseluruhan 2.115 mm x Lebar 775 mm x Tinggi 1.105 mm.

    Sepeda Listrik e-POSepeda Listrik Suzuki e-PO Foto: Dok. Suzuki

    Tak cuma motor, Suzuki juga akan menghadirkan sepeda listrik lipat e-PO. Sepeda listrik ini dirancang sebagai genre mobilitas baru yang setara dengan model kelas 50 cc. Sepeda ini tetap dibekali pedal, tapi ada semacam assist dari tenaga listrik agar lebih mudah dikayuh.

    Selain memberikan assist dengan tenaga listrik untuk mengayuh pedal, penggunanya juga dapat berkendara dengan nyaman hanya dengan menekan pedal gas.

    “Bahkan di era netralitas karbon, kami menawarkannya sebagai sepeda listrik yang memenuhi keinginan untuk menikmati perjalanan di tempat tujuan Anda sambil tetap memperhatikan lingkungan,” kata Suzuki.

    Sepeda listrik ini hadir dengan dimensi Panjang Keseluruhan 1.531 mm x Lebar 550 mm x Tinggi 990 mm. Dayanya 0,25 kW atau setara dengan motor 50 cc. Baterainya bisa menyajikan tenaga listrik hingga lebih dari 30 km.

    Suzuki Burgman Bermesin HidrogenSuzuki Burgman Bermesin Hidrogen Foto: Dok. Suzuki

    Suzuki sedang melakukan penelitian dan pengembangan mesin hidrogen sebagai bagian dari upaya multi-pathway untuk mencapai netralitas karbon. Salah satunya adalah motor Suzuki Burgman bermesin hidrogen.

    Suzuki Gixxer EtanolSuzuki GIXXER SF 250 FFV Berbahan Bakar Etanol Foto: Dok. Suzuki

    Selain listrik dan hidrogen, motor Suzuki juga bisa menenggak bahan bakar etanol. Suzuki akan menampilkan motor GIXXER SF 250 FFV (Flexible Fuel Vehicle) yang bisa menggunakan bahan bakar fleksibel.

    “Dengan memodifikasi injektor, pompa bahan bakar, dan pengaturan kontrol mesin, kami mengembangkan kendaraan bahan bakar fleksibel (FFV) yang memungkinkan penggunaan bahan bakar campuran bioetanol 85 persen,” kata Suzuki.

    Penggunaan bahan bakar bioetanol nabati berkontribusi pada pengurangan emisi CO2 dibandingkan bahan bakar fosil konvensional. Motor ini tetap menggunakan mesin 249 cc.

    (rgr/rgr)

  • Marc Marquez Absen di Malaysia-Australia, Siapa Penggantinya?

    Marc Marquez Absen di Malaysia-Australia, Siapa Penggantinya?

    Jakarta

    Patah tulang belikat dan cedera ligamen bahu kanan memaksa Marc Marquez absen di MotoGP Australia dan Malaysia. Siapa penggantinya?

    MotoGP Mandalika masih angker buat juara dunia sembilan kali Marc Marquez. Untuk keempat kalinya sejak tahun 2022, Marquez masih belum bisa menyentuh garis finis pada balapan utama di Sirkuit Mandalika. Tahun ini dia bahkan mengalami patah tulang di tulang belikat dan cedera ligamen bahu kanan usai disundul Marco Bezzecchi pada lap pertama balapan utama MotoGP Mandalika.

    Akibatnya, The Baby Aliens harus istirahat total selama satu bulan penuh. Itu berarti Marquez bakalan absen di seri Australia dan juga Malaysia. Tak sedikit mungkin yang bertanya-tanya siapa yang bakal menggantikan posisi Marquez hingga musim 2025 berakhir?

    Ducati hingga saat ini belum mengumumkan pengganti Marquez. Diduga kuat, Marquez bakal digantikan oleh Michele Pirro. Tapi bisa juga Ducati mempertimbangkan untuk menggunakan jasa pebalap World Superbike untuk menggantikan posisi Marquez dalam dua seri.

    Dilansir Crash, dengan status konsensi ‘A’, Ducati tak mendapat jatah untuk rider wildcard. Ini membuat rekor Pirro sebagai pebalap tes pabrikan yang selalu tampil setidaknya satu kali di MotoGP sejak 2012 kini terancam. Setelah melakukan 50 penampilan wildcard dan menjadi pebalap pengganti Ducati antara 2013 dan 2023, Pirro absen hingga putaran terakhir pada musim lalu. Dalam buku aturan MotoGP disyaratkan bahwa tim harus melakukan upaya yang wajar untuk menyediakan pebalap pengganti yang berkualifikasi untuk memenuhi kewajiban partisipasi mereka dalam 10 hari setelah penarikan diri.

    Di sisi lain, Ducati sudah memastikan gelar untuk pebalap, tim, dan juga konstruktor untuk musim 2025. Pabrikan Borgo Panigale itu tak berada di bawah tekanan untuk mendapat hasil balapan baik. Adapun bila Pirro menggantikan, kemungkinan Ducati hanya melakukan pengumpulan data untuk musim 2026.

    Selain Pirro, nama lain yang muncul adalah rider Ducati dari WSBK Nicolo Bulega. Sebab, pada gelaran MotoGP Australia bertepatan dengan seri WSBK. Ini juga membuka kesempatan Ducati memanggil bintang WSBK itu ke Malaysia. Ini bukan kali pertama Ducati melakukan rotasi untuk pebalap pengganti.

    Nama lain yang muncul adalah Andrea Iannone. Dia pernah menjadi pebalap pengganti pada seri Sepang musim lalu. Nama mantan rider MotoGP Alvaro Bautista juga masuk daftar calon pebalap pengganti Ducati. Namun peluang Bautista tampaknya kecil seiring dengan kepindahan Danilo Petrucci ke tim pabrikan BMW pada musim 2026.

    (dry/din)

  • Terciduk, Motor Curian Pakai STNK dan Pelat Palsu

    Terciduk, Motor Curian Pakai STNK dan Pelat Palsu

    Jakarta

    Kepolisian mengungkap sindikat pencurian motor serta penggunaan STNK dan pelat nomor palsu. Kasus ini terungkap dari hasil curian dikirim dengan ekspedisi dari Jakarta ke Muaro Bungo, Provinsi Jambi.

    Mereka ini menerbitkan pelat nomor dan STNK palsu untuk memudahkan melewati pemeriksaan di atas kapal,” kata Wakapolres Metro Jakarta Utara AKBP James Hasudungan Hutajulu di Jakarta, Selasa dikutip dari Antara.

    Ia mengatakan, Satuan Reserse Kriminal Polres Metro Jakarta Utara telah menyita 60 lembar STNK dan pelat motor yang dibuat pelaku.

    “Jadi modusnya mereka memalsukan STNK dan pelat nomor diubah semua agar pengiriman dapat dilakukan,” kata dia.

    Menurut dia, petugas berhasil mengamankan 43 unit motor hasil curian dalam pengungkapan kasus sindikat pencurian sepeda motor.

    Ia mengatakan, lima motor ditemukan di lokasi ekspedisi di Cawang, Jakarta Timur, dan 38 unit kendaraan ditemukan di kawasan Muara Bungo, Provinsi Jambi. Saat ini seluruhnya sudah ada di Polres Metro Jakarta Utara.

    “Kami mengimbau warga yang merasa kehilangan motor agar datang ke Polres untuk mencocokkan nomor rangka mesin dan data lainnya,” kata dia

    Kepala Unit Harta dan Benda (Kanit Harda) Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Metro Jakarta Utara AKP Tommy Brian mengatakan, hingga Selasa malam total ada delapan unit sepeda motor hasil curian yang dikembalikan kepada pemiliknya.

    “Ada delapan unit yang dikembalikan ke pemilik, tapi satu orang tidak datang hingga malam ini,” kata dia.

    Polres Metro Jakarta Utara (Jakut) mengembalikan lima unit motor milik warga yang dicuri oleh sindikat pencurian kendaraan bermotor (curanmor) lintas provinsi yang diungkap personel Satreskrim Polrestro Jakut.

    Ia mengatakan, saat ini ada 43 unit motor curian sindikat curanmor yang diungkap personel Satuan Reserse Kriminal Polres Metro Jakarta Utara.

    Motor-motor itu ditemukan petugas di dua lokasi, lima unit motor curian ditemukan di lokasi ekspedisi di kawasan Cawang, Jakarta Timur (Jaktim).

    Sedangkan 38 unit ditemukan di kawasan Muaro Bungo, Provinsi Jambi, setelah petugas melakukan penyelidikan sindikat tersebut.

    Pihaknya akan melihat kembali motor-motor yang ditemukan dan mengimbau kepada warga Jakarta Utara yang merasa kehilangan motor agar melaporkan. “Kami masih menunggu pemilik motor lainnya,” kata dia.

    (riar/riar)