Jenis Media: Otomotif

  • Nggak Repot ke Bank, Bayar Tilang Bisa Langsung di Tempat!

    Nggak Repot ke Bank, Bayar Tilang Bisa Langsung di Tempat!

    Jakarta

    Bayar denda tilang nggak perlu repot di bank. Kini bayar denda tilang bisa langsung di tempat dan diberikan tanda buktinya langsung.

    Pembayaran denda tilang makin praktis dan transparan. Kalau kamu kena tilang maka pembayaran dendanya nggak perlu repot lagi ke bank karena bisa langsung di tempat. Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Faizal menegaskan bahwa sistem baru ini memberi kemudahan bagi masyarakat sekaligus memperkuat transparansi di lapangan.

    “Daripada datang ke bank, nanti langsung bisa melakukan pembayaran denda di tempat. Jadi nanti langsung dicetak dan diberikan tanda buktinya,” ujar Faizal dikutip laman Korlantas Polri.

    Perangkat tersebut akan digunakan secara masif di seluruh satuan lalu lintas. Kata Faizal, sistem ETLE Mobile dan printer thermal tak cuma efisien namun juga menutup celah praktik tidak transparan dalam proses penegakkan hukum.

    “Ini sangat memudahkan. Pertama, memudahkan masyarakat supaya tidak perlu lagi ke BRI. Kedua, memudahkan petugas supaya tidak ada lagi transaksi terselubung. Jadi langsung kita pakai sistem ini,” tambahnya.

    Adapun keberadaan ETLE Mobile dan printer thermal itu merupakan bagian dari revitalisasi dalam sistem penegakan hukum elektronik. Perangkat itu kini sudah terintegrasi dengan ETLE nasional dan langsung digunakan di lapangan. Selain ETLE Mobile dan printer thermal, ada juga ETLE Portable.

    Tidak seperti ETLE statis yang dipasang permanen, versi portable bisa dipindahkan sesuai kebutuhan pengawasan.

    “Bisa dipindah-pindahkan sesuai hasil analisis dan evaluasi. Misalnya di wilayah tertentu banyak pelanggaran atau kecelakaan, kita tempatkan di situ. Kalau pelanggaran sudah berkurang, bisa dipindahkan ke lokasi lain,” jelasnya.

    Saat ini, ETLE Mobile dan Portable telah digunakan di beberapa wilayah seperti Polda Jawa Barat, Jawa Timur, DIY, dan Jawa Tengah.

    (dry/din)

  • Punya 1 Mobil dan 1 Motor Apakah Kena Pajak Progresif? Begini Penjelasannya

    Punya 1 Mobil dan 1 Motor Apakah Kena Pajak Progresif? Begini Penjelasannya

    Jakarta

    Di beberapa daerah, diterapkan pengenaan pajak progresif untuk warganya yang memiliki kendaraan bermotor lebih dari satu. Bagaimana jika kita punya satu mobil dan satu motor? Apakah akan dikenakan tarif pajak progresif?

    Diketahui, memiliki kendaraan lebih dari satu harus membayar pajak lebih mahal. Hal ini berlaku di sejumlah daerah yang menerapkan tarif pajak progresif. Salah satunya di Jakarta.

    Berdasarkan Peraturan Daerah No. 1 Tahun 2024 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, kini tarif pajak progresif disederhanakan menjadi hanya lima tingkatan tarif.

    Tarif Pajak Progresif di Jakarta

    Berikut rincian tarif PKB kepemilikan dan/atau penguasaan oleh orang pribadi:

    2% (dua persen) untuk kepemilikan dan/atau penguasaan Kendaraan Bermotor pertama;3% (tiga persen) untuk kepemilikan dan/atau penguasaan Kendaraan Bermotor kedua;4% (empat persen) untuk kepemilikan dan/atau penguasaan Kendaraan Bermotor ketiga;5% (lima persen) untuk kepemilikan dan/atau penguasaan Kendaraan Bermotor keempat; dan6% (enam persen) untuk kepemilikan dan/atau penguasaan Kendaraan Bermotor kelima dan seterusnya.

    Kepemilikan Kendaraan Bermotor didasarkan atas nama, nomor induk kependudukan, dan/atau alamat yang sama.

    Kepemilikan Kendaraan Bermotor didasarkan atas nama, nomor induk kependudukan, dan/atau alamat yang sama.

    Punya Satu Mobil dan Satu Motor Kena Pajak Progresif?

    Masih ada pertanyaan jika punya satu mobil dan satu motor apakah akan kena pajak progresif? Jawabannya ada di Peraturan Daerah No. 1 Tahun 2024 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

    Dalam lampiran penjelasan Peraturan Daerah (Perda) Provinsi DKI Jakarta Nomor 1 Tahun 2024 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah disebutkan, tarif PKB ditetapkan secara progresif untuk kepemilikan kedua dan seterusnya. Namun, hal itu dibedakan sesuai dengan jenis kendaraan berdasarkan kategori jumlah roda kendaraan.

    “Contoh: Orang pribadi yang memiliki satu kendaraan bermotor roda dua, satu kendaraan bermotor roda tiga, dan satu kendaraan bermotor roda empat. Masing-masing diperlakukan sebagai kepemilikan pertama sehingga tidak dikenakan pajak progresif,” demikian dikutip dari penjelasan Peraturan Daerah (Perda) Provinsi DKI Jakarta Nomor 1 Tahun 2024.

    (rgr/dry)

  • Tahun Depan Bridgestone Tambah Ban Baru Pakai Teknologi Enliten

    Tahun Depan Bridgestone Tambah Ban Baru Pakai Teknologi Enliten

    Jakarta

    PT Bridgestone Tire Indonesia bakal memperluas teknologi Enliten ke model lain. Perusahaan asal Jepang ini bakal merilis produk terbaru di Indonesia tahun depan.

    Perlu diketahui, Enliten merupakan platform teknologi mutakhir dari Bridgestone yang kini disematkan pada beberapa lini produk mereka, termasuk Turanza 6 dan Ecopia EP300. Kedua ban ini sudah dipasarkan di Indonesia.

    Enliten dibuat untuk mendapatkan efisiensi energi dengan pengurangan hambatan gulir, sangat penting untuk mobil konvensional maupun listrik. Bobot ban dengan teknologi ini lebih ringan dan pemanfaatan material daur ulang.

    Head of Marketing Planning Bridgestone Indonesia Anindito Ajireswara mengatakan keunggulan itu tanpa mengorbankan keamanan dan kenyamanan yang tersaji dalam produknya.

    “Enliten itu bahan dasarnya,” kata Anindito Ajireswara, Head of Marketing Planning Bridgestone Indonesia di Jakarta Selatan, Rabu (8/10/2025).

    “Konsep itu menyeimbangkan tiga aspek yaitu safety, sustainability, dan performance,” tambah dia.

    Bridgestone menyebut ban mobil penumpang Turanza 6 punya peningkatan hingga 15% dalam efisiensi gulir dan performa pengereman di jalan basah. Kemudian Ecopia EP300, produk unggulan Bridgestone di segmen eco performance, dikenal dengan efisiensi bahan bakar dan ketahanan tapaknya.

    Dalam paparan yang disampaikan Anindito, terlihat Bridgestone sudah memiliki rencana peluncuran produk baru tahun depan. Model tersebut juga mengadopsi teknologi Enliten.

    “Kita akan perkenalkan lagi model dengan Enliten tahun depan. Tahun ini kita sudah meluncurkan yang Turanza, sebelumnya di awal ada Ecopia,” kata dia.

    Bridgestone tidak hanya menjual ban untuk kendaraan penumpang. Merek asal Jepang ini juga menjual untuk kebutuhan komersial di segmen light duty truck; kargo, dump, dan tanker.

    Bridgestone Indonesia memperkuat lini ban niaga dengan menghadirkan solusi yang dirancang khusus untuk mendukung produktivitas armada transportasi nasional. Salah satu inovasi terbaru adalah Bridgestone M858 (7.50 R16), ban yang dikembangkan untuk memberikan ketahanan maksimal terhadap beban berat dan kondisi jalan yang menantang, sekaligus menjaga efisiensi operasional pelanggan.

    “Kami berkomitmen memastikan setiap kendaraan komersial di jalan memiliki akses terhadap ban yang aman, efisien, dan tahan lama, karena produktivitas mereka merupakan bagian penting dari pergerakan ekonomi nasional. Melalui jaringan dan solusi yang tepat, Bridgestone hadir sebagai mitra terpercaya yang menjaga kelancaran operasional pelanggan, khususnya para pemilik kendaraan fleet, kapan pun dibutuhkan,” ujar Herry Maylanda, Head of Commercial Business Bridgestone Indonesia.

    (riar/rgr)

  • Mimpi Rossi Antar Pebalap Indonesia ke MotoGP

    Mimpi Rossi Antar Pebalap Indonesia ke MotoGP

    Jakarta

    Valentino Rossi berharap bisa ikut mengantar pebalap dari Indonesia untuk mentas di balapan MotoGP. Begini katanya.

    Kerja sama antara PT Pertamina Lubricants dan VR46 Racing Team tak sebatas menjadi sponsor. Pertamina Lubricants juga diketahui mengikat kerja sama dengan akademi balap milik Valentino Rossi, VR46 Academy. Berkat kemitraan itu, pebalap Indonesia bisa berlatih sekaligus menimba ilmu di kampung halaman Rossi di Tavullia.

    Sebagai permulaan, ada lima pebalap muda asal Indonesia yang dikirim ke VR46 Academy. Mereka berlatih dengan murid Rossi lain di akademi seperti Francesco Bagnaia, Marco Bezzecchi, hingga Luca Marini.

    “Bekerja sama dengan Pertamina itu tidak seperti hubungan biasa tapi seperti tim nasional Indonesia. Dan kami sangat bangga dengan ini. Kami bisa melakukan banyak hal seperti akademi kami di Italia, berusaha untuk mengantar pebalap Italia ke MotoGP. Kami juga berharap pengalaman ini bisa dengan Pertamina untuk masa depan, mengantar pebalap Indonesia ke kancah MotoGP,” ungkap Rossi saat kunjungan ke Jakarta beberapa waktu lalu.

    Adapun lima pebalap yang dikirim ke akademi milik The Doctor itu adalah:

    Adytya Fauzi: Peraih Juara 3 Race 1 Asia Road Racing Championship (ARRC) 2025 di JepangHafizd Fahril Rasyadan: Peraih Juara 2, Race 2 Oneprix Championship 2022 di TasikmalayaMuhammad Rama Putra Septiawan: Peraih Juara 1 Race 1 Mandalika Racing Series (MRS) 2024 di LombokDecksa Almer Alfarezel: Peraih Juara 1 Race 2 Yamaha Sunday Race (YRS) 2025 di LombokArgiya Farrel Ramadhan: Peraih Juara 2 Race 2 Kelas Novice Kejurnas Motoprix Sumatera 2022.

    “Tahun ini lima pebalap muda Indonesia datang berlatih ke Tavullia, di Ranch, ke gym, dan menjajal trek di Misano. Kami berusaha memberikan dukungan seperti Franco (Morbidelli) ke kelas MotoGP. Saya harus mengatakan bahwa kami menikmatinya karena mereka memiliki hasrat membalap yang fantastis dan sangat berusaha. Mungkin di masa depan, kami bisa membawa pebalap Indonesia ke MotoGP,” sambungnya lagi.

    (dry/rgr)

  • Honda Revo Aura CBR Rilis, Harganya Rp 16 Jutaan

    Honda Revo Aura CBR Rilis, Harganya Rp 16 Jutaan

    Jakarta

    Honda Revo model 2026 sudah dirilis di Vietnam. Sekarang motor bebek itu punya aura motor sport seperti CBR series.

    Honda Revo atau Honda RSX di Vietnam itu mengadopsi pola tricolor; merah, putih, biru seperti warna-warna pada Honda CBR Series.

    Untuk menambah kesan super sport, fairing Honda Revo itu didesain ulang, ada ventilasi menyerupai winglet mini. Fairing bawah ini terinspirasi dari Honda Winner X atau kalau di Indonesia mirip dengan Supra GTR 150.

    Tampilan shockbreaker belakang yang berwarna merah bikin tampilan motor ini makin terlihat mencolok.

    Meski tampilannya makin garang, fitur-fiturnya masih sederhana. Lampu depan dan belakang masih menggunakan halogen, begitu juga panel instrumennya yang tetap analog. Fitur andalan lainnya mencakup kunci magnetik anti-maling, shock belakang berwarna merah, serta bagasi di bawah jok yang cukup untuk menyimpan barang-barang kecil.

    Di balik tampilannya yang segar, performa motor ini masih mengandalkan mesin satu silinder 109,1 cc pendingin udara yang menghasilkan tenaga maksimum 6,56 kW (8,8 dk) pada 7.500 rpm dan torsi puncak 8,77 Nm pada 6.000 rpm. Dengan bobot hanya 102 kg dan tinggi jok 760 mm, motor ini mudah dikendarai oleh pria maupun wanita.

    Motor ini punya efisiensi bahan bakar yang oke. Honda di Vietnam menyebut RSX bisa mencapai konsumsi BBM 1,56 liter per 100 kilometer, artinya dengan 1 liter bensin, kendaraan tersebut bisa menempuh sekitar 64 kilometer.

    Honda Revo terbaru di Vietnam dibanderol sekitar 25.566.545 VND atau sekitar Rp 16 jutaan. Penyegaran ini diharapkan mampu mempertahankan daya tariknya di segmen motor bebek yang masih punya konsumen loyal.

    Di Indonesia saat ini Honda Revo dijual Rp 17.985.000.

    (riar/rgr)

  • Kembar Beda Harga, Toyota Rush vs Daihatsu Terios

    Kembar Beda Harga, Toyota Rush vs Daihatsu Terios

    Jakarta

    Meski punya wajah kembar dan spesifikasi mirip-mirip, harga Daihatsu Terios dan Toyota Rush ternyata berbeda. Segini beda harga keduanya.

    Toyota dan Daihatsu punya mobil berwujud kembar di Indonesia. Salah satunya adalah SUV 7-seater Toyota Rush dan Daihatsu Terios. Rush dan Terios punya wajah yang mirip. Spesifikasinya juga tak berbeda jauh. Namun secara varian, Terios lebih banyak ketimbang Rush. Terios punya enam varian sedangkan Rush hanya ada empat.

    Daihatsu Terios 2023 Foto: Septian Farhan Nurhuda/detikoto
    Harga Toyota Rush vs Daihatsu Terios

    Harganya juga berbeda. Terios masih ada yang dijual di bawah Rp 250 juta. Berbeda dengan Rush yang seluruh varian dibanderol mulai Rp 280 juta. Berikut ini perbedaan harga antara Toyota Rush dan Daihatsu Terios.

    Harga Toyota Rush

    Toyota Rush 1.5 G M/T: Rp 288,5 jutaToyota Rush 1.5 G A/T: Rp 299,5 jutaToyota Rush 1.5 S M/T GR Sport: Rp 303,9 jutaToyota Rush 1.5 S A/T GR Sport: Rp 314,6 juta

    Harga Daihatsu Terios

    Daihatsu Terios X MT MC: Rp 245,55 jutaDaihatsu Terios X AT MC: Rp 255,95 jutaDaihatsu Terios R MT MC: Rp 278,45 jutaDaihatsu Terios R AT MC: Rp 288,95 jutaDaihatsu Terios R MT Custom MC: Rp 301,25 jutaDaihatsu Terios R AT Custom MC: Rp 311,75 jutaSpesifikasi Daihatsu Terios vs Toyota Rush

    Menyoal spesifikasi, apa saja yang berbeda? Pertama dari segi dimensi. Terios punya panjang 4.455 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 1.705 mm, dan jarak sumbu roda 2.685 mm. Rush sedikit lebih pendek ketimbang Terios, panjangnya 4.435 mm. Namun ukuran lebar, tinggi, dan jarak sumbu rodanya sama.

    Di balik dapur pacunya, baik Rush maupun Terios sama-sama menggendong mesin 2NR-VE berkapasitas 1.496 cc. Mesin itu bisa menyemburkan tenaga 104 PS pada 6.000 rpm dan torsi 13.9 kgm pada 4.200 rpm. Mesin serupa juga tersemat di balik bonnet Daihatsu Terios. Tenaga dan torsinya juga sama persis. Mesinnya dikawinkan dengan opsi transmisi manual dan otomatis.

    Urusan fitur keamanan, Toyota Rush dibekali dengan Emergency Brake Signal, 6 SRS Airbag, vehicle stability control, anti-lock braking system (ABS), dan hill-start assist. Selanjutnya ada juga parkir kamera belakang. Fitur serupa juga tersemat di dalam Daihatsu Terios. Namun di Terios ada juga fitur around view monitor.

    (dry/rgr)

  • Perusahaan Minyak Nasional Vietnam Terapkan Etanol 10% Usai Riset 10 Tahun

    Perusahaan Minyak Nasional Vietnam Terapkan Etanol 10% Usai Riset 10 Tahun

    Jakarta

    Mandatory bahan bakar bensin dengan etanol 10% (E10) oleh pemerintah Indonesia dinilai terlalu terburu-buru. Berkaca dari negara tetangga, Vietnam, mereka melakukan riset terlebih dahulu selama lebih dari 10 tahun dengan bahan bakar bensin etanol 5% (E5) sebelum akhirnya siap menggunakan E10 mulai tahun ini.

    “Ke depan kita akan mendorong untuk ada E10. Kemarin malam sudah kami rapat dengan Bapak Presiden. Bapak Presiden sudah menyetujui untuk direncanakan mandatory 10 persen etanol,” ujar Menteri ESDM Bahlil Lahadalia dalam acara Indonesia Langgas Berenergi yang digagas Detik dan CNN Indonesia, di Anjungan Sarinah, Jakarta Pusat, Selasa (7/10).

    Bahlil menyebutkan mandatory E10 tujuannya untuk mengurangi impor minyak dalam negeri dengan memanfaatkan sumber daya alam yang melimpah. Salah satunya, dari tanaman tebu untuk dijadikan etanol.

    Sebab berdasarkan porsinya, penggunaan BBM untuk konsumsi saat ini sebesar 60% masih diimpor. Oleh sebab itu, demi kemandirian energi dalam negeri, pemerintah harus menggunakan sumber daya yang dimiliki.

    Selain untuk mengurangi impor, imbuh Bahlil, mandatory E10 juga bertujuan untuk mendukung komitmen energi bersih yang ramah lingkungan atau Net Zero Emission (NZE) pada 2060.

    “Dengan demikian, kita akan campur bensin kita dengan etanol. Tujuannya apa, agar tidak kita impor banyak dan juga untuk membuat minyak yang bersih, yang ramah lingkungan,” jelasnya.

    Soal kewajiban etanol 10 persen ini, Bahlil memperkirakan penerapannya bisa berlaku 2-3 tahun ke depan atau pada 2027 atau 2028. “Ya, 2-3 tahun terhitung sekarang ya. Jadi kita harus hitung baik-baik dulu,” ucapnya lagi.

    Indonesia sendiri baru mengaplikasikan bensin campuran etanol 5% (E5) melalui produk Pertamax Green 95 yang dijual Pertamina sejak 2023 lalu. Jadi jika langsung beralih ke E10 dalam dua hingga tahun ke depan, rasanya terlalu tergesa-gesa.

    Belajar dari Vietnam

    Indonesia bukan satu-satunya negara yang bakal menerapkan kebijakan E10. Negara tetangga Vietnam misalnya, bahkan sudah mulai melakukan transisi tahun ini sebelum menerapkan penuh kebijakan E10 pada tahun 2026. Tapi Vietnam mempersiapkannya sejak lama, dimulai dari penerapan bensin E5 sejak 10 tahun lalu.

    Mulai 1 Agustus 2025, perusahaan minyak nasional Vietnam, PVOIL (PetroVietnam Oil Corporation), melakukan uji coba penjualan bensin E10 RON95 di SPBU di Hanoi dan Hai Phong. Setelah uji coba ini, PVOIL akan terus meningkatkan, mengonversi, dan memperluas lokasi penjualan E10, sebagai persiapan untuk peluncuran nasional E10 di Vietnam mulai 1 Januari 2026.

    Mengutip website PVOIL, Kementerian Perindustrian dan Perdagangan Vietnam saat ini sedang mengumpulkan masukan untuk mengusulkan peta jalan adopsi biofuel kepada pemerintah.

    PVOIL juga sedang meningkatkan dan memodifikasi stasiun pencampuran E5 RON92 yang ada di depo-depo strategis di seluruh negeri buat mendukung produksi E10 RON95. Peningkatan ini meliputi perbaikan tangki penyimpanan, penyempurnaan sistem pencampuran, dan penerapan teknologi modern untuk memenuhi standar teknis bensin E10.

    PVOIL juga tak sembarangan dalam menerapkan bensin E10. Perusahaan ini sudah mulai melakukan riset sejak 10 tahun silam, tepatnya sejak 2010 di mana saat itu bensin dengan etanol 5% (E5) mulai dijual di Vietnam. Jadi risetnya memang sudah berjalan lama.

    Intinya, untuk membuat bahan bakar bensin dengan campuran etanol 10% ini memerlukan persiapan matang. Tak hanya pengalaman panjang, tapi juga perlu mempersiapkan infrastruktur, teknologi, dan sumber daya yang matang.

    (lua/rgr)

  • Penjualan Mobil Turun Berimbas ke Pabrikan Ban?

    Penjualan Mobil Turun Berimbas ke Pabrikan Ban?

    Jakarta

    Penjualan mobil secara nasional turun dibandingkan tahun lalu. Lesunya penjualan turut berimbas ke pabrikan ban?

    Bridgestone Tire Indonesia menyebut penjualan ban mengalami kenaikan di tengah merosotnya penjualan mobil.

    “Sekitar 7 hingga 8 persen sih kalau dibandingkan tahun lalu,” kata President Director Bridgestone Tire Indonesia, Mukiat Sutikno di Jakarta Selatan, Rabu (8/10/2025).

    Seperti diketahui, selama Januari-Agustus 2025, total penjualan mobil wholesales di Indonesia baru mencapai 500.951 unit, atau turun 10,6% secara year on year, dibandingkan periode yang sama pada 2024 sebanyak 560.552 unit.

    Lebih lanjut, Mukiat mengatakan Bridgestone mengambil pangsa pasar kendaraan penumpang sebesar 40 persen di Indonesia. Penjualan Bridgestone di Indonesia ditopang paling besar dari segmen replace tire, mengganti ban lama ke yang baru.

    “Dari komposisi total produksi kita, 30 persen ekspor. Untuk OEM (original equipment manufacturer) itu sekitar 26 persen. Jadi sisanya untuk replacement tire,” jelas Mukiat.

    Bridgestone tidak hanya menjual ban untuk kendaraan penumpang. Merek asal Jepang ini juga menjual untuk kebutuhan komersial di segmen light duty truck; kargo, dump, dan tanker.

    “Kalau untuk komersial segmen sendiri, market share kita di level sekitar 30 persen, hampir 35 persen, 35-36 persen,” ujar Mukiat.

    Di sisi lain, Bridgestone terus meningkatkan penggunaan komponen lokal dalam negeri. Terlebih Bridgestone sudah meramaikan pasar otomotif Indonesia sejak 49 tahun lalu.

    “Untuk kita sendiri raw material kita itu bisa kita katakan 55% lokal, 45% kita masih import,” kata dia.

    (riar/rgr)

  • Vietnam Gunakan Bahan Bakar Etanol buat Tingkatkan Impor AS

    Vietnam Gunakan Bahan Bakar Etanol buat Tingkatkan Impor AS

    Jakarta

    Etanol sedang menjadi perbincangan hangat di Indonesia. Sebabnya, pemerintah Indonesia akan mewajibkan penggunaan etanol 10% dalam bahan bakar dalam dua hingga tiga tahun mendatang.

    Menilik Vietnam, negara tetangga ini sudah mulai menerapkan bensin campuran etanol 10% (E10) mulai tahun ini. Selain efisiensi, tujuan lainnya adalah untuk meningkatkan angka impor Vietnam dari Amerika Serikat.

    Mengutip Reuters, Vietnam berencana beralih sepenuhnya ke bensin campuran etanol mulai tahun depan, membuka peluang bagi negara Asia Tenggara itu untuk mengimpor lebih banyak etanol dan jagung dari Amerika Serikat.

    Kementerian Perindustrian dan Perdagangan Vietnam telah mengajukan proposal kepada pemerintah untuk beralih ke E10 – campuran bensin dengan bioetanol hingga 10% – menurut dokumen kementerian yang ditinjau oleh Reuters. Saat ini, campuran tersebut menggunakan standar bensin tanpa timbal RON95 dan RON92.

    Peralihan ini juga dipandang sebagai langkah strategis untuk membuka jalur impor etanol dan jagung AS sekaligus membantu menyeimbangkan neraca perdagangan Vietnam terhadap Amerika Serikat, pasar ekspor utamanya.

    “Ini adalah salah satu solusi cepat dan efektif untuk meningkatkan impor barang dari Amerika Serikat, sehingga mengurangi surplus,” kata dokumen itu. Tahun lalu, Amerika Serikat mencatat defisit perdagangan sebesar USD 123 miliar dengan Vietnam, salah satu defisit terbesar terhadap satu negara.

    Untuk memperlancar impor etanol, Vietnam sudah memotong tarif impor etanol dari 10% menjadi 5%. Beberapa waktu lalu, Presiden Amerika Serikat Donald Trump juga telah menyatakan Vietnam dapat mengimpor produk AS tanpa tarif.

    Vietnam, yang mengonsumsi kurang dari 30 juta ton produk minyak bumi per tahun, juga berencana meningkatkan impor produk AS lainnya, seperti pesawat terbang, LNG, minyak mentah, dan produk pertanian.

    Data bea cukai Vietnam menunjukkan impor dari AS selama tujuh bulan pertama tahun ini naik 22,7% menjadi USD 10,54 miliar. Namun impor etanol serta jagung belum tercantum secara spesifik di data tersebut.

    Vietnam sendiri memiliki enam pabrik etanol dengan kapasitas gabungan 600.000 m³ per tahun, yang baru bisa memenuhi sekitar 40% kebutuhan produksi bensin E10.

    Dokumen pemerintah juga menyebutkan bahwa penggunaan bensin E10 akan membantu mengurangi emisi karbon dan sesuai dengan target net zero Vietnam. Pada COP26 di Glasgow, Vietnam berkomitmen menjadi netral karbon pada 2050.

    (lua/rgr)

  • Pajak Tahunan Daihatsu Terios Tahun 2025

    Pajak Tahunan Daihatsu Terios Tahun 2025

    Jakarta

    Pajak tahunan Daihatsu Terios rupanya Rp 4 jutaan. Berikut rincian pajak tahunan untuk Terios yang terdaftar di Jakarta.

    Pilihan mobil SUV di Tanah Air makin beragam. Salah satu yang cukup banyak diincar adalah Daihatsu Terios. Terios kerap masuk dalam daftar mobil terlaris di Indonesia setiap bulannya. Dari sisi harga, Terios berada di rentang harga kebanyakan orang Indonesia membeli mobil.

    Terios paling murah dibanderol Rp 240 jutaan sedangkan yang termahal Rp 300 jutaan. Kalau harganya termasuk terjangkau, bagaimana dengan pajak tahunannya? Ditelusuri detikOto dalam Informasi Data Kendaraan dan Pajak Kendaraan Bermotor Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, untuk Terios varian X AT lansiran tahun 2025 pajaknya Rp 4 jutaan. Terios varian X itu dibanderol Rp 255 jutaan.

    Pajak Tahunan Daihatsu Terios

    Pajak itu berlaku untuk Terios yang terdaftar atas nama perusahaan untuk kendaraan kepemilikan pertama. Rincian pajaknya sebagai berikut.

    PKB Pokok: Rp 3,948 jutaSWDKLLJ: Rp 143 ribuTotal: Rp 4,091 juta

    Sebagai catatan, pajak itu berlaku untuk Terios varian X. Bisa jadi pajaknya berbeda untuk varian lainnya ataupun untuk Terios yang terdaftar di wilayah lain. Menyoal spesifikasi Terios punya panjang 4.455 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 1.705 mm, dan jarak sumbu roda 2.685 mm.

    Di balik dapur pacunya, Terios menggendong mesin 2NR-VE berkapasitas 1.496 cc. Mesin itu bisa menyemburkan tenaga 104 PS pada 6.000 rpm dan torsi 13.9 kgm pada 4.200 rpm. Mesinnya dikawinkan dengan opsi transmisi manual dan otomatis.

    Urusan fitur keamanan, Terios dibekali dengan Emergency Brake Signal, 6 SRS Airbag, vehicle stability control, anti-lock braking system (ABS), dan hill-start assist. Selanjutnya ada juga fitur around view monitor. Kamu yang kepincut Terios, berikut ini harga lengkapnya.

    Harga Daihatsu Terios

    Daihatsu Terios X MT MC: Rp 245,55 jutaDaihatsu Terios X AT MC: Rp 255,95 jutaDaihatsu Terios R MT MC: Rp 278,45 jutaDaihatsu Terios R AT MC: Rp 288,95 jutaDaihatsu Terios R MT Custom MC: Rp 301,25 jutaDaihatsu Terios R AT Custom MC: Rp 311,75 juta

    (dry/rgr)