Jenis Media: Otomotif

  • Sudah Punya QR Code Buat Beli Pertalite tapi Mobil Jadi Taksi Online, Harus Gimana?

    Sudah Punya QR Code Buat Beli Pertalite tapi Mobil Jadi Taksi Online, Harus Gimana?

    Jakarta

    QR Code digunakan untuk bertransaksi beli Pertalite di SPBU Pertamina. Tapi gimana kalau mobil yang didaftarkan berubah jadi taksi online?

    Pengguna Pertalite diminta untuk mendaftarkan kendaraannya ke laman subsiditepat.mypertamina.id. Usai mendaftar dan terverifikasi, maka pengguna Pertalite itu akan mendapatkan QR code untuk selanjutnya digunakan saat transaksi beli BBM RON 90 Pertamina. Tapi bagaimana jika kamu sudah mendapat QR code, namun mobil beralih fungsi jadi taksi online? Apa yang harus dilakukan?

    Mengutip laman FAQ subsidi tepat myPertamina, kamu disarankan untuk menghapus akun terlebih dahulu kemudian mendaftarkan kembali.

    “Apabila masih mengalami kendala, silakan menghubungi Pertamina Call Center 135,” demikian tertulis dalam laman tersebut.

    Dokumen untuk Daftar Subsidi Beli Pertalite

    Nah untuk mendaftar, persiapkan dokumen-dokumen berikut ini.

    Foto KTP Pemilik/Operator/PengemudiFoto STNKFoto kendaraan tampak dari sudut depan agak miring ke samping kurang lebih 45 derajat. Pastikan nomor polisi kendaraan terbaca dan jumlah roda terlihat jelas dan dapat dihitung/diperkirakan.Surat rekomendasi (khusus untuk Konsumen Non Kendaraan)

    Kalau sudah, tinggal ikuti langkah pendaftaran yang ada di laman tersebut. Perlu diketahui, proses verifikasi kendaraan akan memakan waktu maksimal 14 hari kerja terhitung sejak kamu mensubmit data unit subsidi. Kalau proses verifikasi berhasil, kamu akan dapat QR Code yang digunakan untuk bertransaksi. QR Code itu bersifat pribadi ya dan harus dijaga kerahasiaannya supaya tak dipergunakan oleh pihak yang tak bertanggung jawab.

    Kalau ada indikasi QR code kamu digunakan orang lain, maka kamu bisa melakukan reset QR Code setiap hari (maksimal 1x/hari). Reset QR Code berfungsi untuk membuat QR Code sebelumnya tidak bisa digunakan. Kemudian untuk pengguna Pertalite, ubah setting pembelian menggunakan fitur QR Only. Kuota akan di-reset setiap hari pukul 00.00, silakan coba bertransaksi kembali setelah kuota direset.

    (dry/din)

  • Harga Rp 719 Juta, Segini Banyak Tiggo 9 CSH yang Dipesan Orang RI

    Harga Rp 719 Juta, Segini Banyak Tiggo 9 CSH yang Dipesan Orang RI

    Jakarta

    Chery Tiggo 9 CSH (Chery Super Hybrid) sudah rilis sejak akhir Juli 2025. Artinya SUV flagship Chery itu mengaspal selama kurang dari tiga bulan. Seberapa banyak penerimaannya di Indonesia?

    “Tiggo 9 CSH ya sampai saat ini antusiasmenya lumayan bagus,” ujar Head of Brand & Marketing Chery Sales Indonesia, Rifkie Setiawan di Bandung, Jawa Barat, Jumat (10/10/2025).

    “400 (unit) Tiggo 9 CSH,” tambah dia.

    Chery Tiggo 9 CSH diposisikan sebagai model flagship pabrikan di Indonesia. Mobil dengan tema ‘together one step ahead’ itu menyatukan kemewahan, tenaga, keamanan dan efisiensi.

    Rifkie mengungkapkan ada konsumen loyalis Chery membeli mobil Plug in Hybrid Electric Vehicles (PHEV) ini.

    “Tiggo 9 CSH beberapa juga dari customer Tiggo 8 CSH yang mau nambah lagi mobilnya karena merasa puas, ambil lagi di Tiggo 9 CSH,” ungkap Rifkie.

    Mobil ini dirancang sebagai mobil mewah. Interior dengan material soft touch. Serta adanya kenyamanan Premium: Queen Seat dengan fungsi pijat, kabin senyap dan layar sentuh HD 15,6 inci.

    Automatic Parking Assistant (APA): Sistem parkir otonom yang dapat memarkirkan kendaraan secara otomatis (mundur, paralel, maupun serong) tanpa intervensi pengemudi, memberikan kemudahan di ruang parkir yang sempit.

    Pengoperasian berbagai fitur pun semakin mudah melalui voice command yang dapat diakses secara offline, layar sentuh high-definition 15,6 inci yang ditempatkan presisi dengan gaya floating, serta sistem audio imersif dari 14 speaker Sony.

    Pabrikan membekalinya dengan mesin ACTECO H4J15 berkapasitas 1.500 cc turbo yang dikawinkan dengan tiga motor listrik dan baterai 34,4 kWh. Kombinasi tersebut membuat kendaraan mampu menghasilkan tenaga tenaga 395 PS dan torsi 650 Nm.

    Dari segi keamanan. SUV flagship ini dilengkapi dengan 17 ADAS, 10 airbag, dan 540° Panoramic Camera.

    Bicara performa, mobil ini sanggup menempuh jarak hingga 1400 kilometer saat baterai dan bensin terisi penuh. Menariknya lagi mobil berkapasitas baterai 34,46 kWh ini bisa menggunakan mode EV dan bisa berjalan sejauh 180 km.

    Chery Tiggo 9 CSH sudah bisa dipesan di Indonesia. Konsumen yang berminat bisa menebusnya seharga Rp 719 jutaan dengan status on the road Jakarta. Chery Tiggo 9 CSH AWD sudah diproduksi secara lokal (Completely Knocked Down/CKD) yang dilakukan oleh tenaga-tenaga ahli dalam negeri di fasilitas pabrik PT Handal Indonesia Motor yang berlokasi di Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat.

    (riar/dry)

  • Duit Tilang Dipakai Buat Apa? Begini Penjelasannya

    Duit Tilang Dipakai Buat Apa? Begini Penjelasannya

    Jakarta

    Duit tilang masuk ke kas negara. Lalu dipakai buat apa ya?

    Pelanggaran lalu lintas dikenakan tilang. Lewat tilang, pelanggar lalu lintas harus membayar sanksi denda atas perbuatannya. Untuk diketahui, duit tilang dari para pelanggar lalu lintas itu masuk ke kas negara. Selanjutnya duit tilang tersebut dikelola oleh tiga instansi bersama yaitu kepolisian, kejaksaan, dan pengadilan.

    “Dana ini masuk ke PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) nah nanti akan kembali lagi tetap akan di kirim ke kejaksaan dan jadi PNBP. Di kejaksaan sudah aturannya penggunaan dana tilang itu digunakan oleh tiga instansi Kepolisian, kejaksaan dan Pengadilan. Nah itu yang sebagian lagi lagi dana itu digunakan untuk kegiatan lalu lintas yang sifatnya kegiatan ke masyarakat,” jelas Dirgakkum Korlantas Brigjen Pol Faizal dikutip laman Korlantas Polri.

    Adapun kini skema penilangan juga makin mudah. Masyarakat yang kedapatan melanggar lalu lintas tak perlu lagi menitipkan duit sanksi denda ke Bank BRI. Sebab, pembayaran denda tilang itu bisa dilakukan langsung di tempat.

    Sebenarnya bukan hal baru, karena dulu juga denda tilang dibayarkan di tempat. Tapi yang sekarang berbeda, karena akan ada bukti struk besar denda dan berkaitan dengan revitalisasi digital Korlantas Polri. Peluncuran revitalisasi digital tilang elektronik ini menegaskan komitmen Polri dalam menciptakan penegakan hukum lalu lintas yang transparan, efisien, dan berintegritas di seluruh Indonesia.

    “Ada pelanggarannya, denda sekian. daripada harus ke Bank, saya langsung lakukan pembayaran di lapangan. Alat ini akan digunakan seluruh anggota-anggota di lapangan di seluruh polda bahkan di polres-polres akan diberikan alat ini,” kata Faizal.

    Faizal juga menegaskan pembayaran denda tilang di tempat justru meminimalisir pungli di lapangan.

    “Nah ini alat ini sangat memudahkan yang pertama supaya masyarakat tidak lagi ke BRI, kemudian memudahkan petugas dalam transaksi secara terbuka dan tidak ada curiga,” pungkas Faizal.

    (dry/din)

  • Harga Lebih Mahal Rp 1 Jutaan, Ini Ubahan di Honda Scoopy Kuromi Limited Edition

    Harga Lebih Mahal Rp 1 Jutaan, Ini Ubahan di Honda Scoopy Kuromi Limited Edition

    Jakarta

    Model terbatas Honda Scoopy Kuromi resmi meluncur di Indonesia. Scoopy Kuromi dipasarkan dengan harga Rp 24.696.500 dan tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu hitam dan putih. Seperti apa spesifikasi motor matic bernuansa funky ini?

    Sebagai informasi, Honda Scoopy Kuromi dikembangkan dari varian Prestige yang punya banderol Rp 23.681.000. Artinya, harga Honda Scoopy Kuromi ini lebih mahal sekitar Rp 1.015.500. Secara tampilan, Honda Scoopy Kuromi didominasi warna ungu yang membuat tampilannya makin nyentrik.

    Honda Scoopy Kuromi Limited Edition Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    Lebih detail lagi, Honda Scoopy Kuromi hadir dengan aksesoris lucu dari karakter Kuromi, terdiri dari sticker di area bodi dan spakbor depan, hiasan pada bagian sein belakang, cover knalpot, air cleaner, cover fan, lampu sein depan, dan cover jok. Selain itu, konsumen juga mendapatkan sertifikat khusus pemilik kolaborasi Scoopy dan Kuromi.

    Selain memiliki desain yang lucu dan unik, kolaborasi Honda Scoopy dan Kuromi ini juga siap mendukung mobilitas penggunanya dengan fitur terbaik. Memiliki ukuran console box sebesar 4 liter membuat penggunanya mampu menyimpan barang-barang seperti botol minum kesayangan di skutik fashionable ini.

    Desain pencahayaan juga telah menggunakan teknologi LED crystal block pada lampu depan. Di bagian lampu belakang memiliki desain yang menunjang keseluruhan desain Honda Scoopy yang semakin total dengan tampilan unik dan bergaya.

    Honda Scoopy Kuromi Limited Editon Foto: Dok. Astra Honda Motor (AHM)

    Honda Scoopy mengusung mesin 109,5 cc, SOHC, eSP, PGM-FI, yang bisa menghasilkan tenaga puncak 8,8 dk pada 7.500 rpm dan torsi maksimal 9,2 Nm di rentang 6.000 rpm.

    Sebagai informasi, Honda Scoopy telah hadir sejak 2010 dan mengalami lima kali perkembangan desain maupun fitur menyesuaikan dengan perkembangan tren. Mengusung konsep Totally Unique, secara tampilan skutik fashion ini memiliki desain yang tak lekang dimakan zaman.

    (lua/dry)

  • Motif Toraja Hidup di Bodi Mazda Miata, Mirip Ukiran Asli

    Motif Toraja Hidup di Bodi Mazda Miata, Mirip Ukiran Asli

    Jakarta

    Ada satu Mazda Miata MX-5 yang tampil dalam wujud yang benar-benar berbeda di Indonesia Modification & Lifestyle Expo (IMX) 2025 di ICE BSD City.

    Plan Paint Indonesia bersama Freeflow Kustom mempersembahkan karya modifikasi yang memadukan seni tradisional dengan teknologi pengecatan termutakhir lewat “Toraja Roadster”, mobil dengan teknik 3D painting pertama di Indonesia.

    Bupati Tana Toraja ikut membuka tudung Mazda Miata ‘Toraja Roadster’ garapan Plan Paint Indonesia dan Freeflow Kustom di IMX 2025. Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

    Proyek tersebut diklaim menjadi bukti nyata dari visi Plan Paint untuk menggabungkan presisi artistik dengan inovasi cat berteknologi tinggi.

    “Ini sebuah representasi nyata dari dedikasi dan inovasi tim kami dalam menghadirkan standar baru bagi dunia custom automotive work di Indonesia,” ujar Anisa Andayani, CEO Plan Paint Indonesia.

    Secara tampilan, Miata ini menggabungkan gaya JDM dari body kit Liberty Walk Jepang dengan sentuhan budaya Nusantara.

    Melalui kolaborasi dengan Freeflow Kustom dan NA AutoProject, Plan Paint menghadirkan motif Toraja yang dibuat bertekstur seperti relief di atas permukaan bodi.

    Mochamad Syamsul Fahmi atau Fahmi Freeflow menjelaskan bahwa Mazda Miata yang semula berwarna merah dicat ulang sepenuhnya menggunakan produk Plan Paint dengan teknik baru yang mereka kembangkan.

    Mazda Miata ‘Toraja Roadster’ garapan Plan Paint Indonesia bersama Freeflow Kustom mejeng di IMX 2025. Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

    “Kami mengambil empat motif tradisional Toraja yang masing-masing memiliki filosofinya tersendiri. Motif yang kami buat benar-benar bertekstur, seperti relief jika dipegang, terasa ada bevel dan berkontur, terkesan seperti sebuah ukiran nyata,” jelas Fahmi.

    Teknik ini memanfaatkan kombinasi filler khusus dan cat silver chrome Plan Paint x IZ Metal by Rohan Izawa Japan, yang menghasilkan efek reflektif seperti kaca. Hasilnya, motif Toraja tampak hidup dan seolah keluar dari bodi mobil.

    “Ini adalah teknik yang baru pertama kali kami aplikasikan pada kendaraan roda empat. Sebelumnya, kami sudah mencoba beberapa eksperimen pada sepeda motor dan Alhamdulillah berhasil. Jadi saya yakin, di Indonesia, ini mobil pertama yang diaplikasikan dengan teknik seperti ini,” ujar Fahmi.

    Proyek ini dikerjakan selama dua bulan efektif, dengan satu bulan di antaranya difokuskan untuk proses pengecatan. Berbagai tantangan muncul mulai dari pemesanan body kit LBWK, pemasangan sistem suspensi AirBFT, hingga pengaturan big brake kit. Namun tantangan terbesar ada pada tahap pengecatan yang sangat presisi.

    Mazda Miata ‘Toraja Roadster’ garapan Plan Paint Indonesia bersama Freeflow Kustom mejeng di IMX 2025. Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

    “Ketika dalam proses filler, bagaimana caranya motif yang kami buat itu betul-betul bertekstur, betul-betul seperti menjadi sebuah ukiran atau relief. Lalu, bagaimana caranya silver chrome Plan Paint x IZ Metal by Rohan Izawa Japan ini bisa mencapai mirror effect sempurna, itu butuh eksperimen berulang,” tambah Fahmi.

    “Mengkombinasikan desain dan warna juga sangat sulit, ditambah lagi dengan waktu yang terbatas untuk bisa tampil maksimal di IMX.” lanjutnya.

    Untuk menghasilkan kilau dan ketahanan maksimal, Plan Paint menggunakan lini produk unggulan mulai dari Filler/Surfacer P3200 fastdry, basecoat deep black AB2204, hingga Clearcoat Z921 Ultrafast HS 2:1 yang bisa kering hanya dalam 30 menit tanpa pemanas.

    Cat Brilliant Color Series Candy Blackgold dan Candy Turquoise juga digunakan untuk memperkuat kontras warna, sementara Clearcoat C9900 HS 2:1 memberi hasil akhir berkilau dengan perlindungan ekstra terhadap cuaca tropis.

    Mazda Miata ‘Toraja Roadster’ garapan Plan Paint Indonesia bersama Freeflow Kustom mejeng di IMX 2025. Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

    Karya ini juga mendapat apresiasi dari Bupati Tana Toraja, dr Zadrak Tombeg yang datang langsung pada hari pembukaan IMX 2025, Jumat (10/10/2025).

    “Ini sebuah perpaduan inovasi otomotif global dan kekayaan tak ternilai dari budaya kita. Kita tahu, seni Toraja adalah simbol peradaban, sarat nilai-nilai, dan filosofi hidup. Melihat motif-motif suci diwujudkan menjadi karya seni bertekstur dan berelief di atas bodi mobil, menunjukkan bahwa budaya kita tidaklah statis. Budaya Toraja mampu beradaptasi, berdialog, dan tampil gagah di panggung industri kreatif modern,” kata dr Zadrak.

    Bagi pengunjung IMX 2025, unit Mazda Miata “Toraja Roadster” bisa dilihat di booth Plan Paint. Tak hanya mobil ini, pengunjung booth Plan Paint Indonesia juga dapat melihat alat dan bahan yang digunakan serta menikmati promo menarik saat transaksi.

    (mhg/dry)

  • Makin Ganas! BYD Atto 3 Pakai Motor Listrik BYD Seal

    Makin Ganas! BYD Atto 3 Pakai Motor Listrik BYD Seal

    Jakarta

    BYD akan meluncurkan Atto 3 terbaru. Versi terbaru dari BYD Atto 3 itu sudah terdaftar di China. Kabarnya, SUV listrik terbaru tersebut akan menggunakan mesin BYD Seal.

    Diberitakan Carnewschina, BYD Atto 3 terbaru akan memiliki tambahan tenaga 107 daya kuda. Crossover ini mengadopsi motor listrik dari sedan listrik BYD Seal yang tenaganya mencapai 230 kW atau 308 daya kuda.

    Artinya, BYD Atto 3 terbaru kemungkinan mengadopsi sistem tegangan tinggi 800V dengan kemampuan pengisian daya DC yang lebih cepat.

    Sejatinya, BYD Atto 3 baru saja mendapat penyegaran yang meluncur di China pada Maret 2025. Namun, penyegaran itu difokuskan pada kemampuan ADAS.

    Kini, pembaruan akan menyasar ke dapur pacunya. Kabarnya, BYD Atto 3 terbaru nanti akan mendapatkan peningkatan tenaga.

    Eksterior BYD Atto 3 terbaru yang dapat mesin BYD Seal itu identik dengan model 2025 yang diluncurkan pada bulan Maret. Mobil ini memiliki intake udara berbentuk trapesium yang besar, lampu depan berwarna hitam, dan pilar D yang dihitamkan. Namun, mobil ini memiliki velg baru berukuran 18 inci.

    BYD Atto 3 terbaru ini punya dimensi panjang 4.455 mm, lebar 1.875 mm dan tinggi 1.615 mm dengan jarak sumbu roda 2.720 mm.

    Bobotnya pun bertambah. BYD Atto 3 terbaru akan memiliki berat kosong 1.880 kg, naik dari 1.625 kg di versi sebelumnya. Perbedaan bobot itu mengindikasikan penggunaan baterai yang lebih besar. Namun, BYD belum mengungkapkan kapasitas baterai mobil listrik ini.

    Mobil ini ditenagai oleh motor listrik magnet permanen TZ200XYC dengan daya puncak 230 kW (308 hp). Tenaganya naik 107 hp daripada versi sebelumnya.

    Dilaporkan, BYD Atto 3 akan mengadopsi motor yang sama dengan crossover fastback Denza N7 dan sedan BYD Seal. Model-model ini mengadopsi sistem tegangan tinggi 800V.

    Belum ada informasi lebih lanjut tentang kendaraan ini. Namun, Atto 3 kemungkinan akan memasuki pasar China tahun ini.

    (rgr/dry)

  • Jakarta Bakal Punya Mal Pusat Kendaraan Listrik, Dibangun Bulan Depan

    Jakarta Bakal Punya Mal Pusat Kendaraan Listrik, Dibangun Bulan Depan

    Jakarta

    Jakarta bakal punya pusat kendaraan listrik. Mall Pluit Junction akan disulap menjadi EV Indonesia Center.

    PT Jakarta Propertindo (Perseroda) atau Jakpro melakukan transformasi besar dengan mengubah Mall Pluit Junction menjadi EV Indonesia Center. Pusat kendaraan listrik pertama di Jakarta tersebut akan dibangun pada kuartal keempat (Q4) tahun ini, yakni awal November.

    Pembangunan pusat kendaraan listrik di Jakarta ini akan memakan waktu 1,5 tahun hingga 2 tahun ke depan. Selama masa renovasi berlangsung, operasional Mall Pluit Junction ditutup sementara mulai Oktober 2025.

    Direktur Teknik dan Pengembangan Jakpro, Dian Takdir mengatakan, penutupan ini bersifat sementara hingga proses pembangunan selesai dan Mall Pluit Junction hadir kembali dengan konsep baru yang lebih modern dan relevan.

    “Renovasi ini bukan penutupan permanen, melainkan bagian dari proses beautifikasi dan penyesuaian konsep agar lebih relevan dengan perkembangan zaman,” ujar Dian dikutip website resmi Pemprov DKI Jakarta.

    Menurut Dian, EV Indonesia Center akan menghadirkan fasilitas terintegrasi. Di dalam pusat kendaraan listrik ini akan tersedia showroom kendaraan listrik, charging station, pusat layanan purnajual, hingga area edukatif untuk anak-anak dan keluarga.

    Pusat kendaraan listrik di Jakarta tersebut akan berada di Mall Pluit Junction. Kata Dian, pihaknya akan menghadirkan ikon baru di mall tersebut.

    “Jakpro siap menghadirkan kembali kawasan ini sebagai ikon baru industri kendaraan listrik di Jakarta, mengusung semangat inovasi dan keberlanjutan,” ucap Dian.

    (rgr/dry)

  • 14 Juta Mobil BYD Sudah Beredar di Bumi

    14 Juta Mobil BYD Sudah Beredar di Bumi

    Jakarta

    BYD merayakan produksi mobil energi baru ke-14 juta unit. Ini menjadi tonggak bersejarah bagi BYD yang pertumbuhan penjualannya sangat signifikan kurang dari setahun.

    Mobil energi baru ke-14 juta unit BYD diluncurkan dari produksi di pabrik mobil penumpangnya di Camacari, Brasil. Dikutip Carnewschina, mobil ke-14 juta unit BYD itu adalah SUV hybrid BYD Song Pro.

    Mobil tersebut diserahkan dan didaftarkan atas nama Presiden Brasil Luiz Inácio Lula da Silva.

    Mobil yang diserahkan kepada Presiden Brasil itu adalah model hybrid super-fleksibel pertama BYD yang dirancang khusus untuk pasar Amerika Selatan. Mobil itu diproduksi sebagai edisi khusus COP30. Kendaraan ini dilengkapi teknologi hybrid terbaru BYD, yang dirancang untuk mengoptimalkan efisiensi bahan bakar dan performa untuk kondisi berkendara dan bahan bakar setempat.

    Pencapaian produksi ke-14 juta unit ini menjadi tonggak bersejarah buat BYD. Pencapaian ini membuktikan pertumbuhan yang cepat dalam produksi dan penjualan kendaraan listrik. BYD mencapai tonggak sejarah kendaraan energi baru ke-10 juta unit pada November 2024. Belum genap setahun, tepatnya di bulan Oktober 2025 ini angka itu berlipat ganda hingga 14 juta unit.

    Chairman BYD Wang Chuanfu mengatakan, BYD telah memimpin pasar kendaraan energi baru di Brasil selama dua tahun berturut-turut. Hal itu didukung operasi regional yang mencakup manufaktur bus listrik, produksi kendaraan penumpang dan proyek perakitan baterai.

    Wang juga mengumumkan bahwa BYD akan memasok 30 kendaraan energi baru yang dikustomisasi untuk COP30, Konferensi Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa ke-30, yang akan diadakan akhir tahun ini di Belem, Brasil. Setelah acara tersebut, kendaraan-kendaraan ini akan disumbangkan ke sekolah-sekolah setempat dan lembaga-lembaga publik untuk penggunaan transportasi sehari-hari.

    (rgr/dry)

  • Jebolan AHRS Melesat di Mandalika

    Jebolan AHRS Melesat di Mandalika

    Jakarta

    Astra Honda Racing School (AHRS) jadi kawah candradimuka dalam mencetak bibit-bibit pebalap muda Indonesia. Sejumlah pebalap binaan AHRS melesat di level internasional pada ajang Asian Talent Cup dan berbagi panggung dengan kejuaraan balap dunia MotoGP seri Mandalika.

    Idemitsu Asian Talent Cup 2025 seri Mandalika berlangsung di Pertamina Mandalika International Circuit pada 4-5 Oktober 2025. Lima pebalap binaan Astra Honda Racing School (AHRS) tampil pada balapan tersebut.

    Mereka adalah Davino Britani, Nelson Cairolli, Alvaro Hetta, Badly Ayatullah, dan Bintang Pranata yang merupakan pebalap wildcard pada seri tersebut. Sayang Badly mengalami crash pada saat kualifikasi hari pertama sehingga harus absen pada kedua race karena kondisi unfit.

    Para pebalap berusaha melesat kencang memberikan yang terbaik di level internasional. Davino tampil menjanjikan di race pertama dengan finis keempat, Alvaro performanya membaik dengan berada di urutan ke-10, Nelson mengakhiri balapan di posisi ke-12, dan Bintang sebagai wildcard finis ke-17 usai sempat terkena long lap penalty.

    Pada race kedua, start bagus jadi kunci Davino meraih hasil apik di race. Sayang Davino dan Alvaro gagal finis dikarenakan mengalami crash. Meski begitu, Nelson bisa finis ke-10 dan Bintang yang jadi debutan di urutan ke-12.

    “Kesalahan pada race kedua membuat poin saya jadi turun dan di Sepang nanti semoga saya bisa tampil lebih baik untuk meraih poin dan menutup musim ini,” ujar Davino dalam wawancara setelah balapan di seri Mandalika yang merupakan tahun pertamanya menjadi pebalap regular di ajang IATC.

    Pebalap binaan Astra Honda Racing School (AHRS) Davino Britani bertarung di ajang Asia Talent Cup. Foto: Putra Rusdi Kurniawan

    Sementara Bintang yang menjadi pebalap wildcard mengungkapkan kegembiraannya berlaga pertama kalinya di ajang IATC. Ia berterima kasih atas kesempatan yang diberikan untuk bisa membalap di Mandalika dan bersaing dengan pebalap muda lainnya dari berbagai negara di Asia.

    “Saya senang sekali dapat turun menjadi pebalap wildcard di ajang IATC Mandalika, ini merupakan pengalaman yang sangat berkesan. Meskipun hasilnya belum sesuai dengan yang diharapkan, tapi ini menjadi bekal untuk saya bersaing di lintasan di kemudian hari. Terima kasih buat Astra Honda Motor atas kesempatan ini,” jelas Bintang.

    AHRS menegaskan komitmennya dalam pembinaan jangka panjang bibit-bibit muda pebalap. Andy Wijaya, General Manager Marketing Planning & Analysis Astra Honda Motor bangga dengan keberanian pebalap binaan AHRS di Mandalika dengan dukungan penuh komunitas Honda di sirkuit.

    “Selain hasil balapnya, pembinaan yang kita lakukan juga menyeluruh, termasuk aspek mental dan semangat daya juangnya. Apalagi dengan dukungan ribuan masyarakat dan komunitas Honda di tribun menjadi energi tambahan bagi para pebalap muda untuk berjuang lebih kuat, ” ujar Andy.

    Dukungan komunitas Honda Asosiasi Lombok (HALo) di tribune Sirkuit Mandalika Foto: Dok. AHMBinaan AHRS di Pentas MotoGP

    PT Astra Honda Motor (AHM) turut menurunkan dua pebalap binaannya yang juga merupakan alumni AHRS untuk berlaga di MotoGP Mandalika 2025, yaitu Fadillah Arbi Aditama yang menjadi riders pengganti Tatchakorn Buasri di kejuaraan kelas Moto3 dan Mario Suryo Aji yang memang merupakan pebalap regular di kelas Moto2 bersama Idemitsu Honda Team Asia.

    Adaptasi masih jadi tantangan utama Arbi di Moto3. Pada seri Mandalika, Arbi finish di urutan ke-19. Arbi merupakan lulusan AHRS tahun 2018 yang telah tampil di berbagai kejuaraan balap di level internasional, salah satunya ARRC dan pernah turun di ajang JuniorGP.

    “AHRS sudah seperti paket komplet dalam mewujudkan mimpi berjenjang menuju world championship. Latihan teknik hingga fisik diberi dengan takaran yang baik,” jelas Arbi.

    Alumni AHRS lain yang tampil di MotoGP adalah Mario Aji di kelas Moto2. Pada race di Mandalika, Mario belum berhasil menemukan performa terbaiknya dikarenakan sempat mengalami cedera parah di awal musim. Meski begitu, lulusan AHRS tahun 2016 ini berhasil finis di peringkat ke-20 di depan pebalap Jorge Navarro.

    Mario Aji Foto: Putra Rusdi Kurniawan

    Mario mengungkap kerja keras adalah hal yang paling penting di level internasional. Ia memberikan saran untuk para pebalap Indonesia untuk fokus penuh dan memberikan segalanya untuk bisa meraih mimpi berlaga di MotoGP.

    “Semua berawal dari hobi pasti tapi ketika Mario sudah menyentuh ajang yang lebih tinggi itu sudah jadi pekerjaan. Untuk pebalap muda yang ingin bersaing di kejuaraan kelas dunia saat ini pesan Mario cuma satu disiplin dan fokus,” pesan Mario buat para pebalap muda di Indonesia.

    (pur/rgr)

  • Penerapan BBM Etanol 10 Persen Terburu-buru? Ini Kata Toyota

    Penerapan BBM Etanol 10 Persen Terburu-buru? Ini Kata Toyota

    Jakarta

    Pemerintah mengharuskan kandungan etanol 10 persen ke bahan bakar minyak (BBM) yang dijual di Indonesia dalam beberapa tahun ke depan. Benarkah aturan tersebut terlalu prematur dan terkesan terburu-buru?

    Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Bob Azam menyadari, masih banyak mobil di dalam negeri yang belum cocok menggunakan BBM dengan kandungan etanol. Meski demikian, dia menganggap, seharusnya bukan teknologi yang mengikuti kendaraan, melainkan sebaliknya.

    “Ya menyesuaikan diri gitu loh. Jadi jangan teknologinya yang menyesuaikan mobil tua di jalan. Nanti kita ketinggalan teknologi. Kita justru harus berevolusi (menghadirkan) kendaraan-kendaraan yang adaptif terhadap future fuel atau bahan bakar masa depan,” ujar Bob Azam saat ditemui di Karawang, Jawa Barat.

    “Nah yang mobil tua juga ada yang masih Euro 0. Apa kita nggak mengenalkan Euro 4 jadinya? Kan banyak yang pake Euro 0,” tambahnya.

    Kata Toyota soal etanol 10 persen tahun depan. Foto: Achmad Dwi

    Bob kemudian berharap, penyebaran bahan bakar di suatu wilayah harusnya disesuaikan karakter atau kualitasnya. Misal, kata dia, BBM subsidi seperti Pertalite tak dijual lagi di kota-kota besar.

    “Misalnya daerah-daerah di Pondok Indah sudah harus pake etanol. Sudah harus lah pake hydrogen, kemudian juga di Menteng. Terus Pertalite taruh aja di Ujung Berung misalnya. Jadi memang harus dibagi sesuai dengan kemampuan mereka,” tuturnya.

    “Jadi jangan di daerah-daerah yang maju bensinnya masih bersubsidi. Daerah-daerah yang sudah bagus, yang income per kapita yang bayar PBB-nya sudah jutaan sudah harus mulai ada stasiun hidrogen, ada stasiun etanol 85, sudah ada E20,” lanjutnya.

    Lebih jauh, Bob menjelaskan, negara tetangga seperti Thailand sudah menuju penerapan etanol 20 persen. Sementara di negara-negara lain di Benua Amerika, angkanya sudah tembus 85-100 persen!

    “Di luar negeri itu sekarang hampir semua negara sudah menerapkan E10, E20, bahkan Thailand juga sudah bergerak dari E10 ke E20, di Amerika Serikat juga sudah menerapkan di beberapa negara bagian sampai E85. Di Brazil sampai E100,” kata Bob.

    (sfn/rgr)