Jenis Media: Otomotif

  • Perbaikan Rumit, Biaya Lebih Mahal

    Perbaikan Rumit, Biaya Lebih Mahal

    Jakarta

    Terungkap, perbaikan mobil listrik yang mengalami kecelakaan ternyata lebih rumit. Biaya untuk penanganan mobil listrik pun lebih mahal dibandingkan mobil konvensional. Bahkan, dalam beberapa kasus kerusakannya bisa sangat parah sehingga tidak dapat diperbaiki sama sekali.

    Hal itu disampaikan oleh Asosiasi Asuransi Umum Malaysia, seperti dikutip New Straits Times. Menurut mereka, perbaikan mobil listrik yang mengalami kecelakaan menjadi tantangan baru yang dihadapi industri asuransi.

    CEO Asosiasi Asuransi Umum Malaysia, Chua Kim Soon, mengatakan meningkatnya popularitas EV, meskipun positif bagi keberlanjutan, juga menyoroti kebutuhan mendesak bagi perusahaan asuransi untuk beradaptasi dengan risiko dan realitas operasional baru.

    Chua mengatakan bahwa kendaraan listrik secara fundamental berbeda dari kendaraan konvensional. Mulai dari cara perbaikan hingga penyusutannya, sehingga menciptakan profil risiko unik yang harus disesuaikan oleh perusahaan asuransi.

    Asosiasi Asuransi Umum Malaysia telah mempelajari data dari pasar kendaraan listrik yang lebih matang seperti China untuk memahami kinerja kendaraan ini seiring waktu. Temuan menunjukkan bahwa seiring bertambahnya usia kendaraan listrik, kebiasaan mengemudi berubah, penyusutannya semakin cepat, dan perbaikan menjadi lebih rumit dan mahal.

    “Ketika terjadi kecelakaan di area mobil yang salah, terkadang kendaraan tersebut tidak dapat diperbaiki sama sekali,” ujarnya.

    “Kita perlu membangun ekosistem jaringan perbaikan baterai yang lengkap, dan saat ini, ekosistem tersebut masih belum matang,” sambungnya.

    “Anda benar-benar membutuhkan teknisi listrik untuk memperbaiki mobil-mobil ini. Mekanik biasa tidak dapat melakukannya dan berbahaya jika dilakukan dengan tidak benar. Jadi seluruh ekosistem ini harus dibangun dengan benar,” sebutnya.

    Chua mengatakan di pasar yang lebih matang dan terbuka, biaya asuransi kendaraan listrik jauh lebih tinggi. Sebab, risiko dan biaya yang dibutuhkan akan lebih besar terkait dengan perbaikan dan penggantian suku cadang.

    “Hal itu belum terjadi di sini, dan kami sedang berusaha mengelolanya agar tidak perlu menaikkan premi. Namun jika Anda melihat pasar lain, itulah kenyataannya,” tambahnya.

    (rgr/din)

  • Uniknya Motor Listrik Konsep Suzuki e-VanVan

    Uniknya Motor Listrik Konsep Suzuki e-VanVan

    Jakarta

    Suzuki siap mencuri perhatian di Japan Mobility Show 2025 lewat motor listrik konsep terbarunya, e-VanVan. Motor ini bakal tampil perdana di Tokyo Big Sight mulai tanggal 30 Oktober 2025. Meski masih berstatus prototipe, Suzuki e-VanVan menjanjikan sesuatu yang berbeda dari motor listrik kebanyakan.

    Mengutip situs Autoby, Nama ‘VanVan’ bukan hal baru untuk para penggemar motor Suzuki. Model klasik ini dikenal dengan desain retro dan karakter santainya. Kini, semangat itu dihidupkan kembali dalam versi listrik melalui e-VanVan, yang menggabungkan gaya klasik dengan sentuhan teknologi modern.

    Motor listrik konsep Suzuki e-VanVan Foto: Dok. Suzuki

    Secara performa, e-VanVan dikembangkan agar setara dengan motor bermesin 125 cc atau yang di Jepang dikenal sebagai Kategori 2. Artinya, motor ini cocok digunakan buat aktivitas harian di dalam kota, tapi tetap siap diajak berpetualang santai di luar kota.

    Desainnya juga menarik perhatian. Suzuki memberikan ruang khusus pada bodi e-VanVan supaya pemilik bisa menempelkan stiker atau dekorasi lain sesuai selera. Konsep ini mencerminkan gaya hidup anak muda masa kini-personal, ekspresif, dan fun.

    Suzuki sendiri menyebut e-VanVan sebagai upaya untuk mengajak orang ‘menikmati kendaraan listrik sebagaimana mereka dulu menikmati motor bensin’. Dengan kata lain, e-VanVan bukan sekadar alat transportasi hemat energi, tapi juga simbol gaya hidup yang menyenangkan.

    Motor listrik konsep Suzuki e-VanVan Foto: Dok. Suzuki

    Langkah Suzuki ini cukup menarik, di tengah tren produsen motor listrik lain yang lebih fokus di aspek efisiensi dan kepraktisan, e-VanVan justru muncul sebagai ‘motor listrik yang menyenangkan untuk dikendarai’.

    Jika nantinya Suzuki e-VanVan nanti diproduksi massal, motor listrik ini bisa jadi ikon baru di segmen motor retro-listrik, sekaligus menghidupkan kembali nostalgia masa lalu, namun dengan energi masa depan.

    (lua/din)

  • Mengenal Arti Pelat Nomor ZZH, ZZP, ZZD, ZZL, ZZU dkk

    Mengenal Arti Pelat Nomor ZZH, ZZP, ZZD, ZZL, ZZU dkk

    Jakarta

    Di jalan raya sering ditemui mobil dengan pelat nomor ZZ. Perlu diketahui, pelat ZZ ini adalah pengganti pelat RF yang dulu pernah digunakan. Adapun pelat ZZ ini menunjukkan bahwa kendaraan tersebut adalah kendaraan dinas.

    Dikutip dari kanal YouTube NTMC Korlantas Polri, pelat nomor dengan akhiran ZZ digunakan untuk kendaraan dinas pejabat dari instansi pemerintah, TNI dan Polri. Tujuannya untuk meningkatkan pengawasan dan mencegah penyalahgunaan pelat dinas kendaraan.

    Kanal YouTube NTMC Korlantas Polri menjelaskan, ada kode huruf khusus pada pelat nomor ZZ. Biasanya diikuti dengan kombinasi huruf yang menjadi ciri instansinya. Misalnya ZZH, ZZS, ZZP, ZZD, ZZL, dan ZZU. Kode itu merujuk kepada instansi atau jabatan pengguna kendaraan dinas tersebut. Berikut rinciannya:

    ZZH: kendaraan pejabat negara eselon II atau setingkat direktur di kementerian/lembaga pemerintahZZS: Pejabat sipil negara eselon I atau setingkat direktur jenderal di kementerian atau lembaga pemerintahan.ZZP: pejabat kepolisianZZD: Pejabat Mabes TNI Angkatan DaratZZL: Pejabat Mabes TNI Angkatan LautZZU: Pejabat Mabes TNI Angkatan Udara.

    Ditegaskan, meski mobil dinas menggunakan pelat nomor khusus, penggunanya tetap harus mengikuti aturan berlalu lintas. Perlu diketahui juga, pelat nomor ZZ itu bukan untuk kendaraan pribadi. Pelat nomor itu khusus untuk kendaraan dinas di instansi pemerintah, TNI atau Polri.

    Hanya pejabat setingkat eselon I dan II dari instansi pemerintah, TNI atau Polri yang bisa memakai pelat nomor ZZ tersebut. Satu pejabat cuma boleh punya satu kendaraan dengan pelat nomor ZZ. Dan pelat nomor ZZ tidak kebal ganjil genap, kecuali jika ada pengawalan resmi.

    (rgr/din)

  • Toyota Janji Investasi Jumbo di RI, Guyur Rp 20 T Setiap 5 Tahun

    Toyota Janji Investasi Jumbo di RI, Guyur Rp 20 T Setiap 5 Tahun

    Jakarta

    Toyota Indonesia makin menunjukkan keseriusannya di pasar otomotif nasional. Karuan saja, mereka telah dan akan mengeluarkan banyak dana untuk berinvestasi di dalam negeri.

    Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Bob Azam mengatakan, selama setengah abad lebih di Tanah Air, pihaknya sudah mengeluarkan Rp 100 triliun untuk berinvestasi di Indonesia. Dia mengaku telah menyiapkan Rp 20 triliun untuk investasi lima tahun ke depan.

    “Lima tahun yang lalu kita udah investasi Rp 26 triliun. (Lima tahun ke depan) kurang lebih mirip lah. Setiap 5 tahun, kita akan investasi sekitar Rp 20 triliun dan 70 persen itu dibelanjakan di dalam negeri,” ujar Bob Azam saat ditemui di Karawang, Jawa Barat.

    Pabrik TMMIN di Karawang. Foto: Doc. TMMIN

    Kontribusi Toyota Indonesia untuk ekonomi nasional memang cukup besar. Selain telah berinvestasi Rp 100 triliun, mereka juga menyetor pajak negara sebesar Rp 23 triliun setiap tahun.

    Bukan hanya itu, Toyota Indonesia telah menyerap 360 ribu tenaga di seluruh ekosistem bisnis, menggandeng 760 supplier lokal, hingga memproduksi 10 juta unit kendaraan secara akumulatif.

    “Kita bukan hanya asembeli, tapi juga sudah membangun local production, sudah membangun komponen lokal dan sudah ekspor, kita pun sudah masuk ke elektrifikasi dan ke depan kita akan mengembangkan R&D di sini,” kata dia.

    Kini, ekspor mobil buatan Toyota Indonesia juga sudah tembus 3 juta unit. Kendaraan mereka telah dikirim ke 100 negara di seluruh dunia. Sementara model-model jagoannya beragam, ada Veloz, Avanza, Zenix hingga Fortuner.

    Presiden Direktur Toyota Motor Corporation (TMC) Koji Sato mengaku bangga Toyota Indonesia mampu mencatatkan 3 juta ekspor kendaraan tahun ini. Catatan tersebut membuktikan, produk buatan Indonesia mendapat kepercayaan dari pasar global.

    “Mewakili Toyota Group, kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Indonesia atas bantuannya dan seluruh partner kami selama 50 tahun lebih,” kata Koji Sato.

    (sfn/din)

  • 3 Warna Asap Knalpot Tanda Mobil Bermasalah

    3 Warna Asap Knalpot Tanda Mobil Bermasalah

    Jakarta

    Knalpot mobil kamu keluar asap? Kenali masalah yang mengintai mobil kamu jika keluar asap dari knalpotnya dengan warna tertentu.

    Dikutip Auto2000, salah satu tanda awal masalah pada mobil yang sering diabaikan adalah perubahan pada asap knalpot. Dari asap inilah, pemilik kendaraan seharusnya bisa mengenali apakah proses pembakaran berjalan normal atau justru ada indikasi masalah pada mesin

    “Deteksi awal sanggup mengurangi risiko mobil mengalami kendala hingga sampai merogoh kocek dalam untuk perbaikan mobil. Terkait deteksi dini kerusakan mesin, AutoFamily bisa melakukannya dengan memperhatikan dan mengenali warna gas buang pada knalpot mobil saat mesin pertama dinyalakan di rumah,” jelas Chief Marketing Auto2000 Yagimin dalam keterangan tertulisnya.

    Selain itu, asap knalpot sering kali dijadikan tolok ukur untuk menilai kondisi mesin kendaraan. Warna asap sebenarnya bisa menjadi “bahasa” yang menunjukkan kondisi mesin. Teorinya sederhana, mobil yang sehat seharusnya tidak mengeluarkan asap berwarna, artinya proses pembakaran bahan bakar berlangsung sempurna.

    Namun, anggapan itu tidak selalu benar. Mobil yang knalpotnya tampak bersih belum tentu menghasilkan emisi yang baik. Bisa saja di dalam gas buangnya masih terkandung polutan berbahaya seperti karbon monoksida (CO) atau nitrogen oksida (NOx) akibat adanya gangguan pada sistem mesin. Karena itu, saat ini uji emisi menjadi cara paling akurat untuk mengetahui apakah kendaraan benar-benar ramah lingkungan atau hanya terlihat sehat dari luar.

    Pada mesin dengan bahan bakar bensin, normalnya asap yang keluar tidak terlihat. Paling hanya keluar air sedikit dan asap putih tipis karena pengembunan di pagi hari. Seiring meningkatnya suhu kerja mesin, air dan asap putih tipis tersebut akan hilang. Namun, Ato2000 membeberkan, setidaknya ada tiga warna asap knalpot yang harus dipahami.

    1. Asap Knalpot Warna Putih

    Jika asap knalpot putih tebal, berarti ada kendala dalam sistem pembakaran mesin. Umumnya diakibatkan oleh oli yang masuk ke ruang pembakaran mesin dan ikut terbakar. Ring piston yang sudah aus, baik karena usia atau karena faktor lupa ganti oli, menjadi sumber masalah utama.

    Sedangkan untuk mesin diesel, asap putih pekat dari knalpot bisa jadi tanda sistem pembakaran tidak bekerja maksimal. Jumlah solar di ruang bakar terlalu banyak sehingga tidak dibakar sempurna. Penyebabnya adalah masalah pada setting pompa BBM atau sistem injeksi.

    2. Asap Knalpot Warna Abu-abu

    Asap warna ini bisa menandakan katup Positive Crankcase Ventilation (PCV) macet. Fungsi katup PCV adalah untuk mengontrol jumlah uap dan gas yang masuk dari ruang mesin ke intake manifold. Segera periksa ke bengkel jika warna asap knalpot seperti ini.

    3. Asap Knalpot Warna Hitam

    Pada mobil diesel masih dianggap normal meskipun ada ambang batasnya, khususnya kalau terlalu pekat. Namun untuk mobil bensin, asap hitam sudah pasti sebagai tanda pembakaran tidak sempurna. Problem lain yang mengikuti adalah konsumsi bensin boros dan tarikan berat. Biasanya, diiringi oleh mobil yang boros bensin dan tarikan berat, serta gejala knocking atau ngelitik.

    Jika kondisinya seperti itu, kamu harus mengecek kondisi filter udara dan komponen lainnya yang berhubungan dengan sistem pembakaran: sensor, fuel pressure regulator, filter bensin, dan injektor bahan bakar. Segera bawa mobil ke bengkel untuk mencegah dampak buruk yang lebih merugikan.

    Cara Mencegah Asap Knalpot Berwarna

    Auto2000 merekomendasikan servis berkala setiap 6 bulan untuk menjaga kondisi mobil supaya tetap prima, khususnya bagian mesin. Selain itu, teknisi bengkel juga akan melakukan pengecekan komponen mobil lainnya untuk memastikan tidak ada potensi kerusakan.

    Pastikan pula kendaraan telah lulus uji emisi. Uji emisi sekarang bisa dilakukan secara gratis saat servis berkala. Jika belum lulus uji emisi, Service Advisor akan memberikan saran perbaikan berdasarkan kondisi kesehatan mesin mobil. Mekanik THS – Auto2000 Home Service dapat pula memberikan layanan uji emisi di rumah pelanggan dengan perjanjian sebelumnya.

    (rgr/din)

  • Perpanjang SIM A dan SIM C Sekaligus Kena Tarif Dobel, Ini Syaratnya

    Perpanjang SIM A dan SIM C Sekaligus Kena Tarif Dobel, Ini Syaratnya

    Jakarta

    Perpanjang SIM A dan SIM C bisa dilakukan sekaligus. Berikut syarat-syaratnya.

    SIM A dan SIM C bisa diperpanjang bersamaan. Untuk memperpanjang SIM A dan SIM C sekaligus, tentu ada persyaratan yang harus dipenuhi. Jangan sampai kurang satu syarat bikin kamu kesulitan saat perpanjang SIM A dan SIM C. Berikut ini syarat perpanjang SIM A dan SIM C.

    Syarat Perpanjang SIM A

    1. Fotokopi e-KTP
    2. SIM A Asli
    3. Surat Keterangan Sehat dari Dokter
    4. Surat Keterangan Lulus Tes Psikologi
    5. Bukti Peserta Aktif BPJS Kesehatan

    Syarat Perpanjang SIM C

    1. Fotokopi e-KTP
    2. SIM C Asli
    3. Surat Keterangan Sehat dari Dokter
    4. Surat Keterangan Lulus Tes Psikologi
    5. Bukti Peserta Aktif BPJS Kesehatan

    Biaya Perpanjang SIM A dan SIM C Sekaligus

    Kalau persyaratan sudah dipenuhi jangan lupa menyiapkan biayanya. Biaya penerbitan SIM belum mengalami perubahan dan mengacu pada PP nomor 76 tahun 2020 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Berikut ini biaya penerbitan perpanjangan SIM. Penerbitan perpanjangan SIM A dikenai tarif Rp 80 ribu sedangkan SIM C Rp 75 ribu.

    Adapun untuk surat keterangan sehat dari dokter dan surat keterangan lulus tes psikologi bisa didapatkan di tempat. Kamu biasanya akan dites buta warna dan dicek kesehatannya dengan biaya Rp 35 ribu. Selanjutnya tes psikologi juga bisa dilakukan di tempat. Kamu akan diminta memindai barcode yang sudah terhubung dengan situs tes psikologi Korlantas Polri. Biaya tes psikologi di tempat itu dikenakan tarif Rp 100 ribu. Nah karena perpanjangan SIM A dan C dilakukan sekaligus, maka biaya tes kesehatan dan juga psikologi kamu kena dobel.

    Artinya, tes kesehatan akan dikenai tarif Rp 70 ribu sementara tes psikologi Rp 200 ribu. Oiya, biaya penerbitan SIM juga dobel ya. Tak ketinggalan ada biaya asuransi yang juga dikenai dua kali. Asuransi dikenakan tarif Rp 50 ribu, maka untuk dua SIM biayanya jadi Rp 100 ribu.

    Bila ditotal secara keseluruhan, perpanjang SIM A dan SIM C sekaligus bakal keluar duit Rp 525 ribu.

    (dry/din)

  • Ini Moge Baru Polisi Buat Kawal VVIP, Harganya Tembus Rp 1 Miliar

    Ini Moge Baru Polisi Buat Kawal VVIP, Harganya Tembus Rp 1 Miliar

    Jakarta

    Ada dua moge baru yang digunakan untuk mengawal VVIP. Moge baru itu harganya tembus Rp 1 miliar.

    Motor dinas yang digunakan Kepolisian Republik Indonesia untuk mengawal VVIP (Very Very Important Person) ternyata baru. Diketahui ada dua model moge baru yang bakal digunakan saat melindungi VVIP. Adalah BMW R 1300 GS dan juga Harley-Davidson Road Glide.

    Dilihat detikOto dalam Youtube NTMC Korlantas Polri, Master Trainer Korlantas Polri Ipda Wahyu Martono menjelaskan kelebihan moge anyar tersebut.

    “Memiliki kapasitas mesin 1.800 cc serta memiliki fairing cukup besar, jadi cukup gagah kita dilihatnya termasuk ada di sini ada side tank dan boks belakang. Ini kegunaannya bisa untuk perlengkapan dari pengendara atau para pengawalan. Dan kendaraan ini nanti diperuntukkan bagi pengawalan VVIP,” terang Wahyu.

    Berkendara moge memang tak bisa sembarangan. Untuk itu, Wahyu bakal melatih para polisi pengawal itu cara pengereman, cornering, hingga membuka jalan dan berterima kasih saat tengah melakukan rangkaian pengawalan. Dia menjelaskan tidak ada modifikasi yang dilakukan pada Harley-Davidson Road Glide tersebut. Namun sebagai perangkat pengawalan, moge Harley itu disematkan lampu strobo dan sirene. Untuk alat komunikasi, polisi menggunakan Public Address System.

    “Di sini pun disiapkan public adrress, jadi apabila rekan-rekan pengawal mau meminta jalan bisa menggunakan public address dengan bahasa yang benar dan baik,” ujar Wahyu lagi.

    Selain moge Harley, ada juga BMW R 1300 GS. Wahyu menjelaskan BMW R 1300 GS ini cukup baik menunjang pengawalan. Sebab, motor punya performa yang lincah. Tak cuma itu, ada juga beberapa fitur yang membantu di berbagai medan jalan. Sama halnya dengan Harley-Davidson Road Glide, sebagai kendaraan pengawalan BMW R 1300 GS ini juga dilengkapi dengan lampu strobo dan sirene.

    Moge patwal VVIP. Foto: Youtube NTMC Korlantas Polri

    “Ini juga ada pengunci gas, jadi kalau kita di kecepatan 40 km/jam, 30 km/jam pengemudinya sudah nggak perlu ngegas lagi, jadi bisa stay di 40, stay di 50, stay di 60 seperti itu,” terang Wahyu.

    Suspensinya juga bisa menyesuaikan dengan cepat, hanya lima detik. Dalam video terlihat suspensi motor dengan cepat naik dan juga turun.

    “Ini keunggulan dari BMW ini jadi kita sangat terbantu sekali,” ujarnya.

    Soal harga, dua moge ini rupanya tembus miliaran. Dalam catatan detikOto BMW R 1300 GS dibanderol mulai Rp 1,1 miliaran. Sedangkan Harley-Davidson Road Glide harganya juga mulai Rp 1,1 miliaran. Perlu dicatat, harga itu merupakan off the road. Artinya untuk mengubahnya berstatus on the road, harganya jadi lebih mahal.

    (dry/din)

  • Mobil Tua Jadi Rongsok, Pemerintah Malaysia Kasih Duit buat Ganti Mobil Baru

    Mobil Tua Jadi Rongsok, Pemerintah Malaysia Kasih Duit buat Ganti Mobil Baru

    Jakarta

    Pemerintah Malaysia membatasi usia kendaraan yang beredar di negaranya. Hal itu terkait dengan faktor keamanan dari kendaraan tersebut.

    Di Malaysia, kendaraan tua dengan usia di atas 20 tahun harus di-scrap atau dihancurkan. Pemerintah Malaysia akan memberikan insentif untuk pemilik kendaraan tua berusia 20 tahun ke atas untuk mengganti dengan mobil baru. Pilihan mobil barunya adalah mobil nasional merek Proton atau Perodua.

    Diberitakan Malay Mail, Perdana Menteri Anwar Ibrahim mengumumkan program insentif tersebut. Ia mengatakan inisiatif yang diperkenalkan bekerja sama dengan produsen mobil nasional ini bertujuan untuk mendorong pemusnahan kendaraan tua. Sebab, kendaraan tua dinilai tidak ekonomis yang menimbulkan risiko keselamatan dan lingkungan.

    Anwar mengatakan inisiatif ini merupakan salah satu dari beberapa langkah pencegahan yang bertujuan untuk mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas menyusul serangkaian kecelakaan fatal baru-baru ini.

    “Pemerintah menyampaikan belasungkawa atas serentetan kecelakaan lalu lintas tragis baru-baru ini. Mulai dari kecelakaan yang melibatkan mahasiswa Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI), hingga tragedi bus wisata Ayer Hitam, kecelakaan truk polisi di Teluk Intan, dan tabrakan truk baru-baru ini di gerbang tol Bukit Kajang yang merenggut nyawa seorang bayi,” kata Anwar.

    “Langkah-langkah yang lebih ketat akan diambil untuk mencegah insiden seperti itu terulang. Kementerian Perhubungan sedang menyelesaikan peraturan batas kecepatan untuk kendaraan berat,” ujarnya saat mengajukan Anggaran 2026.

    Dikutip media lokal Malaysia, Paultan, insentif yang diberikan pemerintah untuk mengganti mobil baru sebesar 4.000 ringgit (Rp 15,7 jutaan). Hal ini juga sejalan dengan program produsen otomotif lokal Malaysia yang menawarkan program ‘uang tunai untuk mobil tua’. Satu-satunya syarat dan ketentuan yang diumumkan adalah bahwa mobil yang akan dibesituakan harus berusia lebih dari 20 tahun.

    (rgr/mhg)

  • Harga Rp 100 Jutaan, Bisa Tempuh 2.000 Km

    Harga Rp 100 Jutaan, Bisa Tempuh 2.000 Km

    Jakarta

    BYD resmi meluncurkan Seal 05 DM-i 2026. Mobil plug-in hybrid electric vehicle (PHEV) ini meningkatkan daya jangkau baterai listriknya. Segini harganya.

    Dikutip Carnewschina, BYD Seal DM-i 2026 mendapatkan peningkatan jangkauan listrik murni. Pada model sebelumnya, daya jangkau listrik murni mobil tersebut hanya 55 km (CLTC), kini meningkat menjadi 128 km (CLTC). Dengan kombinasi mesin bensin, sekali full tank dan baterai penuh, mobil ini bisa menjangkau jarak hingga 2.000 km.

    BYD Seal 05 DM-i dijual dengan harga 79.800 yuan, sama seperti model sebelumnya. Kalau dikonversi, harga mobil ini setara dengan Rp 186 jutaan.

    Mobil baru ini tidak banyak berubah dari segi tampilan dan interior. Di bagian eksterior, Seal 05 DM-i 2026 melanjutkan bahasa desain ‘Ocean’ BYD. Dimensinya tetap sama, yaitu panjang 4.780 mm, lebar 1.837 mm dan tinggi 1.515 mm, dengan jarak sumbu roda 2.718 mm dan radius putar minimum 5,5 m.

    BYD Seal 05 DM-i Foto: Dok. BYD

    Di bagian interior, kokpit dilengkapi dengan setir palang tiga dengan bagian bawah datar. Di dalamnya juga ada instrumen full LCD berukuran 8,8 inci, dan layar head unit berukuran 10,1 inci, yang ditenagai oleh sistem kokpit pintar DiLink BYD.

    BYD Seal 05 DM-i Foto: Dok. BYD

    Konfigurasi lainnya meliputi kursi depan yang dapat disetel secara manual, sistem audio 6 speaker, kendali jarak jauh kendaraan melalui ponsel, enam airbag, bagasi belakang berkapasitas 508 L, dan cruise control.

    BYD Seal 05 DM-i Foto: Dok. BYD

    Sistem PHEV pada Seal 05 DM-i mengandalkan teknologi DM generasi kelima BYD. Sistem itu terdiri dari mesin 1,5 L naturally aspirated dan motor listrik di bagian depan. Mesinnya memiliki daya maksimum 74 kW (99 hp) dan torsi puncak 126 Nm, sementara motor listriknya menghasilkan daya maksimum 120 kW (161 hp) dan torsi puncak 210 Nm. Akselerasi 0 hingga 100 km/jam cuma butuh waktu 7,9 detik.

    Paket baterai Blade 15,87 kWh menambah daya jangkauan listrik murni dari 55 km menjadi 128 km. Artinya, mobil ini bisa melaju hingga 128 km tanpa menenggak setetes bensin pun. Dengan tangki bahan bakar penuh dan baterai penuh, daya jangkaunya mencapai 2.000 km dan konsumsi bahan bakar mencapai 3,08 liter per 100 km.

    (rgr/din)

  • Biaya Perpanjang SIM A dan C Sekaligus, Siap-siap Kena Dobel!

    Biaya Perpanjang SIM A dan C Sekaligus, Siap-siap Kena Dobel!

    Jakarta

    SIM A dan SIM C bisa diperpanjang sekaligus. Siap-siap, kamu bakal kena biaya dobel untuk BNPB, tes kesehatan, dan tes psikologi.

    Perpanjang SIM (Surat Izin Mengemudi) dilakukan setiap lima tahun sekali. Untuk perpanjangan, biar hemat waktu bisa kamu lakukan sekaligus. Perpanjang SIM A dan C sekaligus ini bisa dilakukan di Satpas dan juga gerai SIM keliling. Untuk biayanya, siap-siap ada yang dobel.

    Adapun untuk surat keterangan sehat dari dokter dan surat keterangan lulus tes psikologi bisa didapatkan di tempat. Kamu biasanya akan dites buta warna dan dicek kesehatannya dengan biaya Rp 35 ribu. Selanjutnya tes psikologi juga bisa dilakukan di tempat. Kamu akan diminta memindai barcode yang sudah terhubung dengan situs tes psikologi Korlantas Polri. Biaya tes psikologi di tempat itu dikenakan tarif Rp 100 ribu. Nah karena perpanjangan SIM A dan C dilakukan sekaligus, maka biaya tes kesehatan dan juga psikologi kamu kena dobel.

    Artinya, tes kesehatan akan dikenai tarif Rp 70 ribu sementara tes psikologi Rp 200 ribu. Oiya, biaya penerbitan SIM juga dobel ya. Sebab, tarif PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) untuk penerbitan SIM A dan SIM C berbeda. SIM A dikenai tarif PNBP Rp 80 ribu. Tarif PNBP untuk SIM C lebih murah yaitu Rp 75 ribu per penerbitan. Selain itu, ada juga biaya asuransi yang dibebankan yakni sebesar Rp 50 ribu.

    Biaya Perpanjang SIM A dan SIM C Sekaligus

    Bila ditotal secara keseluruhan, maka estimasi biaya yang kamu keluarkan untuk SIM A dan SIM C sekaligus sebesar Rp 525 ribu. Rinciannya berikut ini.

    SIM A:

    – Penerbitan : Rp 80 ribu
    – Tes kesehatan: Rp 35 ribu
    – Tes psikologi: Rp 100 ribu
    – Asuransi: Rp 50 ribu
    – Total: Rp 265 ribu

    SIM C:

    – Penerbitan : Rp 75 ribu
    – Tes kesehatan: Rp 35 ribu
    – Tes psikologi: Rp 100 ribu
    – Asuransi: Rp 50 ribu
    – Total: Rp 260 ribu

    (dry/din)