Jenis Media: Otomotif

  • Skema Kredit Honda Scoopy Kuromi, Bisa Dicicil Mulai Rp 900 Ribuan per Bulan

    Skema Kredit Honda Scoopy Kuromi, Bisa Dicicil Mulai Rp 900 Ribuan per Bulan

    Jakarta

    Honda Scoopy Kuromi resmi meluncur di Indonesia. Mengusung tampilan funky dan lucu dengan pernak-pernik ala Kuromi, Scoopy edisi terbatas ini dijual Rp 24.696.500 OTR Jakarta. Jika Anda tertarik membelinya secara kredit, Honda Scoopy Kuromi bisa dicicil mulai Rp 900 ribuan per bulan.

    Main dealer Wahana Honda menawarkan berbagai skema uang muka dan cicilan bagi konsumen yang mau meminang Scoopy Kuromi secara kredit. Pilihan uang mukanya dari angka Rp 2.700.000 hingga yang tertinggi Rp 6.800.000. Sementara tenor angsuran yang ditawarkan mulai 11 bulan hingga paling lama 35 bulan.

    Sebagai contoh, jika ingin membeli Honda Scoopy Kuromi secara kredit dengan uang muka Rp 2.700.000 dan tenor 11 bulan, maka cicilannya Rp 2.667.000. Lantas, jika ingin cicilannya lebih murah, pilih tenor angsuran 35 bulan dengan cicilan Rp 1.233.000.

    Kalau ingin cicilannya lebih ringan lagi, bisa pilih uang muka terbesar Rp 6.800.000 dengan tenor angsuran 35 bulan, di mana cicilannya adalah Rp 997.000. Dan kalau memilih tenor angsuran yang lebih cepat yakni 11 bulan, maka siapkan uang cicilan 2.174.000.

    Sebagai informasi, Honda Scoopy Kuromi hadir dengan aksesoris lucu dari karakter Kuromi, terdiri dari sticker di area bodi dan spakbor depan, hiasan di bagian sein belakang, cover knalpot, air cleaner, cover fan, lampu sein depan, dan cover jok. Selain itu, konsumen juga mendapatkan sertifikat khusus pemilik kolaborasi Scoopy dan Kuromi.

    Selain memiliki desain yang lucu dan unik, kolaborasi Honda Scoopy dan Kuromi ini juga siap mendukung mobilitas penggunanya dengan fitur terbaik. Memiliki ukuran console box sebesar 4 liter membuat penggunanya mampu menyimpan barang-barang seperti botol minum kesayangan di skutik fashionable ini.

    Desain pencahayaan juga telah menggunakan teknologi LED crystal block pada lampu depan. Di bagian lampu belakang memiliki desain yang menunjang keseluruhan desain Honda Scoopy yang tampil unik dan bergaya.

    Honda Scoopy mengusung mesin 109,5 cc, SOHC, eSP, PGM-FI, yang bisa menghasilkan tenaga puncak 8,8 dk pada 7.500 rpm dan torsi maksimal 9,2 Nm pada rentang 6.000 rpm.

    (lua/dry)

  • BPKB Elektronik Pangkas Birokrasi Urus Mutasi, Nggak Perlu Fotokopi-fotokopi

    BPKB Elektronik Pangkas Birokrasi Urus Mutasi, Nggak Perlu Fotokopi-fotokopi

    Jakarta

    Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri telah menerbitkan buku pemilik kendaraan bermotor (BPKB) elektronik atau eBPKB. Salah satu keunggulan eBPKB adalah kemudahan dalam mengurus administrasi, karena semuanya sudah terdigitalisasi.

    Kasubdit BPKB Direktorat Registrasi dan Identifikasi (Ditregident) Korlantas Polri Kombes Pol Sumardji membeberkan beberapa keunggulan BPKB elektronik. Salah satunya adalah dapat mempercepat proses mutasi kendaraan ke luar daerah.

    “Karena kita tahu bahwa yang saat ini menjadi problem kita itu di bidang pelayanan di regident (registrasi dan identifikasi) itu adalah lamanya proses mutasi keluar. Nanti arahnya ke sana, sekarang belum, nanti arahnya ke sana. Karena nanti akan connect-kan dengan arsip digital juga. Sehingga ketika masyarakat mau mutasi kendaraan itu sudah tidak menghitung hari lagi, tapi menghitung jam,” kata Sumardji dikutip dari kanal Youtube NTMC Korlantas Polri.

    Menurut Sumardji, adanya BPKB elektronik bertujuan untuk memangkas birokrasi proses mutasi yang selama ini memakan waktu lama. Dia mencontohkan, ketika pemilik kendaraan ingin memproses mutasi ke luar daerah, cukup melengkapi syarat-syaratnya dan petugas tinggal memprosesnya dengan singkat.

    “Ini ke depan seperti itu. Sehingga tidak ada lagi kesan bahwa masyarakat ini mau mengurus mutasi kendaraan itu hitungannya berminggu/berbulan,” kata Sumardji.

    “Tentu itu semua ada alur proses yang harus dijalankan dan diadakan. Contohnya adalah kaitannya dengan soal arsip digital. Kalau sekarang kan arsipnya manual tuh, paper, kertas. Nanti arsipnya cukup pencet, langsung jess,” sebutnya.

    “No, tidak ada (fotokopi),” katanya.

    Nantinya, proses cek fisik kendaraan juga akan memanfaatkan teknologi digital. Menurut Sumardji, pihaknya akan menggunakan cek fisik digital.

    “Karena kita tahu di cek fisik itu banyak hal yang membuat masyarakat itu selalu komplain. Apalagi kalau berkaitan dengan cek fisik yang notabenenya kendaraan-kendaraan tua, terus kendaraan-kendaraan bus, truk dan lain sebagainya. Sehingga di tahun 2025 ini Bapak Kakorlantas, Bapak Dirregident di bawah Subdit BPKB, itu menelurkan inovasi berupa cek fisik digital. Caranya dengan kamera. Kalau dulu orang cek fisik itu kan gesek. Nanti nggak, cukup di foto aja,” ujar Sumardji.

    (rgr/dry)

  • Honda CR-V Kini Berusia 30 Tahun, 15 Juta Unit Beredar di Bumi

    Honda CR-V Kini Berusia 30 Tahun, 15 Juta Unit Beredar di Bumi

    Jakarta

    Honda CR-V telah menginjak usia yang ke-30 tahun. Sebanyak 15 juta unit mobil CR-V telah beredar di dunia sejak generasi pertamanya meluncur pada 1995 silam.

    Dikutip dari keterangan tertulisnya, Honda CR-V melakoni debutnya pada 1995 di Jepang. Bermula dari Negeri Sakura, pertumbuhan Honda CR-V dengan cepat meluas ke seluruh dunia. Kini, Honda CR-V telah terjual di sekitar 150 negara. Penjualan global kumulatifnya melebihi 15 juta unit!

    CR-V, yang awalnya merupakan singkatan dari “Comfortable Runabout Vehicle”, dikembangkan sebagai model SUV inovatif. Mobil ini dibuat dengan tujuan untuk mendukung masyarakat dalam menciptakan gaya hidup yang lebih menyenangkan, memelopori genre baru urban SUV yang menawarkan kenyamanan dan kemampuan berkendara yang luar biasa. Dalam 30 tahun sejak peluncuran awal di Jepang pada tahun 1995, CR-V telah meraih dan mempertahankan popularitasnya di seluruh dunia.

    Seiring perluasan penjualan ke banyak negara, Honda CR-V terus berkembang sejalan dengan kebutuhan pelanggan di setiap era. Bahkan, pada tahun lalu Honda meluncurkan CR-V e:FCEV yang bisa menenggak hidrogen sebagai sumber energinya.

    Kini, Honda CR-V memasuki generasi keenam yang melakoni debut global pada 2022. Berikut perjalanan Honda CR-V selama 30 tahun dari generasi ke generasi.

    Generasi 1Honda CR-V Gen 1 Foto: Dok. Honda

    Honda CR-V generasi pertama diperkenalkan di Jepang pada tahun 1995 sebagai model kedua dari seri “Honda Creative Mover”, yang menampilkan kemampuan berkendara layaknya mobil penumpang dan kabin yang lapang. Dilengkapi dengan fitur-fitur khas seperti meja lipat terintegrasi yang juga berfungsi sebagai lantai kargo kaku di bawah karpet, CR-V generasi pertama menciptakan genre kendaraan baru, yaitu “SUV urban”. Setelah meluncur di Jepang, penjualan CR-V meluas ke Amerika Serikat pada tahun 1997 serta ke Eropa dan Asia. CR-V generasi pertama menjadi titik awal model SUV global Honda.

    Generasi 2Honda CR-V Generasi 2 Foto: Dok. Honda

    Honda CR-V generasi kedua menampilkan kemasan baru yang semakin meningkatkan ukuran dan kegunaan ruang kabin. Selain di Jepang, Amerika Utara, dan Eropa, penjualan CR-V dimulai di China, memperluas posisinya sebagai model SUV global Honda.

    Generasi 3Honda CR-V Generasi 3 Foto: Dok. Honda

    Honda CR-V generasi ketiga menampilkan desain gaya baru, yang sepenuhnya diubah dari gaya kotak menjadi gaya SUV urban yang lebih canggih dan modern. Mesin i-VTEC 2.4L dan suspensi yang baru dikembangkan semakin meningkatkan performa berkendara, kesenyapan, dan kenyamanan penumpang.

    Generasi 4Honda CR-V Generasi Keempat Foto: Dok. Honda

    Honda CR-V generasi keempat mencapai peningkatan signifikan dalam hal kegunaan dengan menampilkan bodi aerodinamis yang ramping dan sangat efisien, penghematan bahan bakar serta kenyamanan penumpang yang luar biasa. Kabin dan ruang kargo juga dibuat lebih luas. Pada tahun 2011, penjualan global CR-V secara kumulatif mencapai tonggak sejarah 5 juta unit di generasi keempat.

    Generasi 5Honda CR-V Generasi Kelima Foto: Dok. Honda

    Memasuki generasi kelima, Honda CR-V untuk pertama kalinya mengusung teknologi hybrid. Dilengkapi dengan sistem hybrid dua motor Honda, SPORT HYBRID i-MMD, CR-V Hybrid menandai babak baru sebagai model SUV yang ramah lingkungan. Selain itu, di Jepang, Honda SENSING menjadi perlengkapan standar pada semua varian CR-V untuk pertama kalinya. Di generasi ini, pada tahun 2018 penjualan global kumulatif mencapai tonggak sejarah 10 juta unit.

    Generasi 6Honda CR-V Hybrid. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detik.com

    Ini menjadi generasi terbaru Honda CR-V. Generasi keenam inilah yang saat ini masih dijual di Indonesia. Honda CR-V Hybrid disokong mesin 1.5L turbo yang bisa menyemburkan tenaga sebesar 190 PS pada 6.000 rpm. Torsinya 240 Nm pada rentang 1.700-5.000 rpm. Ada pula pilihan CR-V Hybrid. Mesin pada CR-V hybrid dipasangkan dengan motor listrik bertenaga 184 PS pada 5.000-8.000 rpm. Sementara mesinnya punya tenaga 147 PS pada 6.100 rpm. Perpaduan antara keduanya bisa menyemburkan tenaga sebesar 207 PS. Torsi dari mesin sebesar 335 Nm dan torsi motor listrik 181 PS.

    CR-V FCEVHonda CR-V e: FCEV Foto: Honda

    Honda menjadi produsen mobil Jepang pertama yang memperkenalkan kendaraan bertenaga hidrogen dengan kemampuan pengisian daya plug-in. Dikembangkan berdasarkan CR-V generasi keenam, CR-V e:FCEV mengakomodasi beragam kebutuhan pelanggan dengan utilitas dan kemasan khusus SUV-nya.

    (rgr/dry)

  • Kehadiran Motor Listrik Mulai Ancam Motor Bensin di Indonesia?

    Kehadiran Motor Listrik Mulai Ancam Motor Bensin di Indonesia?

    Jakarta

    Motor listrik semakin menjamur di Indonesia. Bahkan banyak bermunculan merek-merek lokal seperti ALVA, MAKA, serta Polytron. Apakah kehadiran motor listrik di Tanah Air bisa mengancam motor bensin?

    General Manager Corporate Communication PT AHM (Astra Honda Motor) Ahmad Muhibbuddin menjelaskan, saat ini keberadaan motor listrik belum mengancam motor bensin. Soalnya, baik motor bensin maupun motor listrik memiliki pasarnya masing-masing.

    Motor listrik Honda CUV e: Foto: Ridwan Arifin

    “Jadi masing-masing kami berharap bisa memasarkannya dan bisa dua-duanya diterima dengan baik oleh konsumennya. Saya rasa masing-masing punya ekspektasi dan juga konsumennya sendiri,” ungkap Muhib di Jakarta (10/10).

    Saat ini Honda juga sudah mulai memasarkan kendaraan elektrifikasinya, seperti ICON e:, EM1 e:, EM1 e: PLUS, CUV e:, dan CUV e: RoadSync Duo. Jadi selain sepeda motor berbahan bakar bensin, Honda juga memberikan opsi motor listrik buat para konsumennya.

    Ilustrasi motor bensin Honda Foto: Dok. Astra Honda Motor (AHM)

    “Yang pasti kami di Indonesia saat ini sedang berusaha untuk, tidak hanya menjual ICE (motor bensin), tapi juga memasarkan EV (motor listrik) kita. Untuk penetrasi EV ini kan masih butuh proses ya di Indonesia. Banyak hal yang perlu di-adjust (disesuaikan),” sambung Muhib.

    Muhib kembali menegaskan bahwa masing-masing produk punya pasarnya masing-masing. “Menurut saya so far (sejauh ini) tidak ada mengganggu lah ya. Masing-masing bertumbuh di ruangnya sendiri-sendiri. EV sendiri kan memang belum besar (volume penjualannya) di negara kita. Saya kira dalam beberapa tahun terakhir progress-nya belum terlalu kuat ya. Problemnya apa? Banyak hal,” tukas Muhib.

    (lua/rgr)

  • Moge Patwal VVIP Ada Boncengannya Padahal Sendirian, Buat Siapa?

    Moge Patwal VVIP Ada Boncengannya Padahal Sendirian, Buat Siapa?

    Jakarta

    Ada sandaran kursi di moge pengawal VVIP. Padahal kalau tengah bertugas motor dikendarai sendiri. Lantas buat siapa ya kursi tersebut?

    Motor gede (moge) yang digunakan patwal saat berdinas mengawal VVIP kini menggunakan unit baru berupa Harley-Davidson Road Glide dan BMW R 1300 GS. Khusus Harley-Davidson Road Glide, di bagian belakang ada jok beserta sandaran kursinya. Padahal kalau diperhatikan, saat berdinas mengawal VVIP, biasanya petugas tersebut sendirian.

    Master Trainer Korlantas Polri Ipda Wahyu Martono menjelaskan, kursi tersebut diperuntukkan bagi VVIP atau VIP yang menumpang pada kondisi tertentu.

    “Ini kenapa sepeda motor ini ada back rest-nya dan double seater sedangkan pengawal itu sendiri? Apabila terjadi kepadatan yang sangat tidak memungkinkan untuk kendaraan roda empat atau mobil melintasi, ini bisa digunakan sebagai penumpang, jadi VIP bisa naik ke sini ada back rest,” ujar Wahyu dalam video yang ditayangkan Youtube NTMC Korlantas.

    Di belakang sandaran kursi tersebut juga terdapat boks. Menurut Wahyu, boks di belakang sandaran kursi berfungsi untuk menyimpan helm VIP. Dengan demikian, dalam keadaan mendesak, helm itu bisa digunakan saat VIP duduk di kursi belakang motor.

    “Begitu jalur tidak bisa dilewati kendaraan roda empat, VIP akan dipindahkan ke sini dan menggunakan helm tersebut, jadi tetap aman,” terangnya lagi.

    Untuk diketahui, Harley-Davidson Road Glide yang digunakan itu tak dimodifikasi. Polisi hanya menambahkan lampu strobo dan sirene untuk keperluan mengawal. Wahyu menjelaskan untuk alat komunikasi, polisi menggunakan Public Address System.

    “Di sini pun disiapkan public address, jadi apabila rekan-rekan pengawal mau meminta jalan bisa menggunakan public address dengan bahasa yang benar dan baik,” ujar Wahyu lagi.

    Spesifikasi Harley-Davidson Road Glide

    Sebagai informasi tambahan Harley-Davidson Road Glide yang digunakan jadi motor patwal itu memiliki panjang 2.410 mm, lebar 945 mm, dan tinggi sadel tanpa muatan 720 mm. Road Glide mengusung mesin Milwaukee-Eight 117 berkapasitas 1.923 cc dengan rasio kompresi mesin 10,3:1. Mesin tersebut memiliki tenaga 107 daya kuda pada 5.020 rpm dan torsi 175 Nm pada 3.500 rpm.

    Sudut kemiringan kiri dan kanan motor 32 derajat. Soal konsumsi bahan bakarnya tercatat 6 liter/100 km atau kalau dikonversi menjadi 16,67 km/liter. Harley-Davidson Road Glide dibekali berbagai fitur di antaranya sistem hiburan Skyline OS dengan ukuran layar 312 mm, layar TFT full warna dan dua speaker fairing 5,25 inch. Pengaturan bahasanya juga sudah banyak, mulai dari Denmark, Inggris, Prancis, Jerman, hingga Swedia. Konektivitas ponsel juga sudah terhubung ke Apple CarPlay.

    Fitur keamanannya juga cukup banyak yaitu sistem rem ABS, pengereman terhubung elektronik (ELB), sistem kontrol traksi (TCS), sistem kontrol slip torsi drag (DSCS), vehicle hold control, hingga tire pressure monitoring system. Saat menikung, motor ditunjang fitur C-ABS, C-ELB, C-TCS, dan DSCS.

    (dry/rgr)

  • Lihat Lebih Dekat Konsep Motor Listrik Mungil Suzuki

    Lihat Lebih Dekat Konsep Motor Listrik Mungil Suzuki

    Lihat Lebih Dekat Konsep Motor Listrik Mungil Suzuki

  • Kijang Innova Reborn Diesel Makin Nggak Kekejar

    Kijang Innova Reborn Diesel Makin Nggak Kekejar

    Jakarta

    Kijang Innova Reborn makin tak terkejar. Penjualannya melesat, meninggalkan Kijang Innova Zenix.

    Penjualan Kijang Innova Reborn masih moncer. Padahal tak ada model baru. Model baru dihadirkan Toyota lewat Innova Zenix. Lebih lagi pada Innova Zenix, Toyota menghadirkan opsi mesin hybrid. Nyatanya kalau urusan penjualan, Kijang Innova masih sulit digeser oleh Innova Zenix. Buktinya, dalam data penjualan wholesales yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) periode September 2025, Innova Reborn kembali unggul atas Innova Zenix.

    Penjualan Innova Reborn vs Innova Zenix

    Selama bulan kesembilan itu, distribusi Innova Reborn mencapai 3.407 unit. Pada periode yang sama, distribusi Innova Zenix hanya mencapai 2.736 unit. Namun kalau dihitung secara kumulatif sejak Januari, Innova Zenix masih sedikit lebih unggul dengan 22.898 unit, sementara Innova Reborn 21.920 unit. Kendati demikian, dari keseluruhan Kijang Innova, Reborn Diesel matic adalah tipe yang paling laris.

    Adapun karakter pembeli Innova Reborn dan Innova Zenix sebenarnya berbeda. Pihak Toyota pernah menjabarkan bahwa pembeli Innova Zenix kebanyakan berada di pulau Jawa. Penggunanya kebanyakan dari konsumen untuk digunakan pribadi.

    Innova Reborn justru sebaliknya, banyak diincar konsumen di luar Pulau Jawa. MPV bermesin diesel itu digunakan untuk keperluan fungsional lantaran bisa melahap berbagai kondisi jalan. Banyak perusahaan rental atau perusahaan yang masih menggunakan jasa Innova Reborn.

    Beda Innova Zenix vs Innova Reborn

    Urusan dapur pacu keduanya berbeda signifikan. Kijang Innova Zenix versi bensin mengusung mesin 2.000 cc berkode M20A-FKS Dynamic Force Engine. Mesin berkapasitas 1.987 cc empat silinder dual VVT-i ini menghasilkan tenaga hingga 174 PS pada 6.600 rpm dengan torsi maksimal 204,9 Nm.

    Sementara varian hybrid menggabungkan mesin TNGA 2.000 cc M20A-FXS (152 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 187,3 Nm pada 4.400-5.200 rpm) dengan motor listrik berdaya 113 PS dan torsi 205,9 Nm. Hasilnya, tenaga gabungan mencapai 186 PS.

    Sedangkan Toyota Kijang Innova Reborn diesel dilengkapi dengan mesin berkode 2GD FTV dengan empat silinder segaris 16 katup DOHC dengan VNT Intercooler. Mesin diesel Innova berkapasitas 2.393 cc. Tenaga maksimalnya mencapai 149 PS pada 3.400 rpm dengan torsi maksimal 342,2 Nm yang tersedia pada rentang 1.200-2.800 rpm.

    (dry/rgr)

  • Jadwal MotoGP Australia 2025 Akhir Pekan Ini, Balap Digelar Pagi Hari

    Jadwal MotoGP Australia 2025 Akhir Pekan Ini, Balap Digelar Pagi Hari

    Jakarta

    MotoGP 2025 kembali lagi setelah libur satu pekan. Gelaran MotoGP 2025 akhir pekan ini berlangsung di Sirkuit Phillip Island, Australia. Berikut adalah Jadwal MotoGP Australia 2025.

    Setelah menggelar balapan di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, dua pekan lalu, rangkaian MotoGP di kawasan Asia berlanjut ke Australia. Sirkuit Phillip Island menjadi tempat ke-19 penyelenggaraan MotoGP 2025.

    Tahun lalu Marc Marquez berhasil menaklukkan lintasan sepanjang 4,45 km itu, diikuti Jorge Martin di tempat kedua, dan Francesco Bagnaia di urutan ketiga. Sayang buat tahun ini Marquez harus absen dari MotoGP Australia usai mengalami cedera di MotoGP Mandalika.

    Sirkuit Phillip Island merupakan salah satu sirkuit tradisional di MotoGP. Menggelar balapan motor sejak 1931, sirkuit ini diberkati pemandangan yang menakjubkan dan pemandangan laut yang indah. Sirkuit Phillip Island juga dikenal sebagai sirkuit cepat dengan lima tikungan ke kanan dan tujuh tikungan ke kiri.

    Rangkaian balapan MotoGP Australia 2025 bisa Anda saksikan mulai Jumat buat sesi latihan dan latihan bebas, kemudian pada Sabtu ada latihan bebas kedua, kualifikasi kedua dan juga balap sprint untuk kelas MotoGP. Sementara pada hari Minggu, Anda bisa menyaksikan balap utama MotoGP yang dimulai pukul 10.00 WIB.

    Jadwal MotoGP Australia 2025 Akhir Pekan Ini

    Jumat (17/10)

    1. 05:00-05:35 WIB: Free Practice Nr. 1 Moto3

    2. 05:50-06:30 WIB: Free Practice Nr. 1 Moto2

    3. 06:45-07:30 WIB: Free Practice Nr. 1 MotoGP

    4. 09:15-09:50 WIB: Practice Moto3

    5. 10:05-10:45 WIB: Practice Moto2

    6. 11:00-12:00 WIB: Practice MotoGP

    Sabtu (18/10)

    1. 04:40-05:10 WIB: Free Practice Nr. 2 Moto3

    2. 05:25-05:55 WIB: Free Practice Nr. 2 Moto2

    3. 06:10-06:40 WIB: Free Practice Nr. 2 MotoGP

    4. 06:50-07:05 WIB: Qualifying Nr. 1 MotoGP

    5. 07:15-07:30 WIB: Qualifying Nr. 2 MotoGP

    6. 08:45-09:00 WIB: Qualifying Nr. 1 Moto3

    7. 09:10-09:25 WIB: Qualifying Nr. 2 Moto3

    8. 09:40-09:55 WIB: Qualifying Nr. 1 Moto2

    9. 10:05-10:20 WIB: Qualifying Nr. 2 Moto2

    10. 11:00 WIB: Sprint Race MotoGP (13 Laps)

    Minggu (19/10)

    1. 07:00 WIB: Race Moto3 (21 Laps)

    2. 08:15 WIB: Race Moto2 (23 Laps)

    3. 10:00 WIB: Race MotoGP (27 Laps)

    (lua/rgr)

  • Pemerintah Ramu Insentif Baru untuk Kendaraan Komersial Listrik di RI

    Pemerintah Ramu Insentif Baru untuk Kendaraan Komersial Listrik di RI

    Jakarta

    Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah melakukan pertemuan dengan para petinggi SAIC Motor di Shanghai, China, Kamis (9/10). Pada agenda tersebut, mereka mengaku sedang menggodok aturan insentif untuk kendaraan komersial listrik.

    SAIC Motor yang memayungi beberapa merek mobil seperti Wuling, MG dan Maxus meminta pemerintah Indonesia agar terus melanjutkan program Pajak Pertambahan Nilai (PPN) Ditanggung Pemerintah (DTP) untuk kendaraan listrik seperti mobil penumpang dan bus.

    Selain itu, mereka juga meminta cakupan PPN DTP diperluas untuk kendaraan komersial listrik. Sebab, SAIC sudah mulai memproduksi kendaraan terkait di Indonesia, yakni Wuling MitraEV.

    SAIC ketemu Kemenperin bahas insentif kendaraan komersial listrik. Foto: Doc. Kemenperin

    Soal permintaan tersebut, Sekretaris Jenderal Kemenperin RU, Eko S.A. Cahyanto menegaskan, pihaknya sedang menggodok pemberian PPN DTP untuk kendaraan komersial listrik. Namun, dia tak mengungkap, progress-nya sudah sejauh apa.

    “Untuk usulan keberlanjutan insentif PPN DTP maupun penambahan lingkup insentif PPN DTP untuk kendaraan komersial saat ini sedang dalam pembahasan internal pemerintah,” ujar Eko, dikutip dari keterangan resmi Kemenperin RI.

    Kemenperin juga mendorong PT SGMW Motor Indonesia untuk memperbanyak variasi line up produk di Indonesia yang disesuaikan dengan selera konsumen Indonesia, serta penambahan investasi baru dalam rangka meningkatkan nilai TKDN.

    Bahkan, Pemerintah Indonesia terus mendorong SAIC untuk menjajaki peningkatan kapasitas ekspor kendaraan listrik (EV) yang diproduksi di Indonesia, guna memperkuat posisi Indonesia sebagai pusat produksi dan ekspor EV di ASEAN.

    “Kami berharap SAIC dapat memberikan informasi lebih lanjut mengenai rencana investasi berikutnya di Indonesia, khususnya yang berkaitan dengan pengembangan platform elektrifikasi dan teknologi baru,” tuturnya.

    Eko menambahkan, Kemenperin terus berupaya menciptakan iklim investasi yang kondusif dan insentif bagi pengembangan kendaraan listrik, baik untuk produksi kendaraan maupun komponennya seperti baterai dan sistem penggerak listrik.

    “Dengan sinergi yang baik antara pemerintah dan pelaku industri, kami optimistis Indonesia dapat menjadi hub kendaraan listrik di kawasan,” kata dia.

    (sfn/rgr)

  • Spek Moge Baru Polisi Buat Kawal VVIP yang Harganya Tembus Rp 1 Miliar

    Spek Moge Baru Polisi Buat Kawal VVIP yang Harganya Tembus Rp 1 Miliar

    Jakarta

    Polisi punya moge baru yang digunakan buat mengawal VVIP. Berikut ini spesifikasi moge polisi yang banderolnya tembus Rp 1 miliar itu.

    Petugas pengawal kerap dibekali dengan motor gede (moge) untuk menunjang kegiatannya mengawal. Dalam catatan detikOto, untuk pengawalan VVIP, motor memiliki spesifikasi di atas 1.000 cc. Terbaru, Korlantas Polri dibekali dua moge anyar berupa Harley-Davidson Road Glide dan BMW R 1300 GS. Kedua moge itu diketahui punya banderol yang cukup fantastis yakni tembus Rp 1 miliar.

    BMW R 1300 GS dibanderol mulai Rp 1,1 miliaran. Sedangkan Harley-Davidson Road Glide harganya Rp 1,1 miliaran. Perlu dicatat, harga itu merupakan off the road. Artinya untuk mengubahnya berstatus on the road, harganya jadi lebih mahal. Bagaimana dengan spesifikasinya?

    Spesifikasi Moge Polisi Buat Kawal VVIP

    Harley-Davidson Road Glide memiliki panjang 2.410 mm, lebar 945 mm, dan tinggi sadel tanpa muatan 720 mm. Road Glide mengusung mesin Milwaukee-Eight 117 berkapasitas 1.923 cc dengan rasio kompresi mesin 10.3:1. Mesin tersebut memiliki tenaga 107 daya kuda pada 5.020 rpm dan torsi 175 Nm pada 3.500 rpm.

    Sudut kemiringan kiri dan kanan motor 32 derajat. Soal konsumsi bahan bakarnya tercatatg 6 liter/100 km atau kalau dikonversi menjadi 16,67 km/liter. Harley-Davidson Road Glide dibekali berbagai fitur di antaranya sistem hiburan Skyline OS dengan ukuran layar 312 mm, layar TFT warna penuh dan dua speaker fairing 5,25 inch. Pengaturan bahasanya juga sudah banyak, mulai dari Denmark, Inggris, Prancis, Jerman, hingga Swedia. Konektivitas ponsel juga sudah terhubung ke Apple CarPlay.

    Fitur keamanannya juga cukup banyak yaitu sistem rem ABS, pengereman terhubung elektronik (ELB), sistem kontrol traksi (TCS), sistem kontrol slip torsi drag (DSCS), vehicle hold control, hingga tire pressure monitoring system. Saat menikung, motor ditunjang fitur C-ABS, C-ELB, C-TCS, dan DSCS.

    Selanjutnya ada BMW R 1300 GS. Secara dimensi, BMW R 1300 GS memiliki panjang 2.212 mm, lebar 1.000 mm, dan tinggi 1.406 mm. Bobotnya 237 kg dengan kondisi tangki penuh. Bobot yang diperbolehkan mencapai 465 kg.

    BMW Motorrad mempercayakan mesin boxer 2-silinder 1.300 cc generasi terbaru untuk R 1300 GS Adventure ini. Diklaim tenaganya tembus 145 HP di 7.750 RPM dan torsi 149 Nm di 6.500 RPM.

    Motor ini punya rasio kompresi mesin 13.3: 1 dan konsumsi BBM-nya 4.8 l/100 km. Kalau dikonversi ke km/liter, 20,8 km/liter. Kecepatan maksimalnya 200 km/jam. Urusan fitur terdapat empat mode berkendara yaitu eco, rain, road, dan enduro. Selanjutnya ada hill start control, dynamic brake control, dynamic cruise control, engine drag torque contnrol, tyre pressuro control, hingga hand protection with intergrated indicator lamp.

    Untuk digunakan sebagai kendaraan patwal, Master Trainer Korlantas Polri Ipda Wahyu Martono menjelaskan tak ada modifikasi yang dilakukan. Namun pihaknya menambahkan sirene dan strobo untuk membantu pengawalan.

    “Dilengkapi strobo dan sirene, menggunakan sirene terbaru sangat efektif menunjang pengawalan, bahan bakar mencukupi untuk pengawalan,” ujarnya dalam video NTMC Korlantas Polri.

    (dry/din)