Jenis Media: Otomotif

  • Tarikan Nggak Pelit, Tetap Irit

    Tarikan Nggak Pelit, Tetap Irit

    Daihatsu Rocky Hybrid hadir dengan mengawinkan dua hal: performa mantap dan konsumsi bahan bakar hemat. Kombinasi ini jelas jadi nilai jual menarik yang ditawarkan ke konsumen Indonesia.

    Sebelum mengupas konsumsi bahan bakar Rocky Hybrid. Perlu diketahui, Daihatsu Rocky Hybrid ini menggunakan sistem “seri hybrid” di mana motor listrik menggerakkan roda kendaraan sementara mesin bertindak sebagai generator untuk mengisi daya mesin.

    Rocky Hybrid ini menggunakan sistem e-SMART Hybrid. Berbeda dengan hybrid konvensional yang biasanya mesin dan motor listrik bisa sama-sama menggerakkan roda, sistem Daihatsu terbilang unik. Sebagai gambaran umum, Rocky Hybrid digerakkan motor listrik, sementara mesin bensin hanya jadi “teman setia” yang kerja di balik layar buat jaga baterai tetap terisi.

    PT Astra Daihatsu Motor (ADM) membawa Daihatsu Rocky hybrid dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025 di ICE BSD City, Tangerang, Rabu (23/7/2025). (Foto: Rifkianto Nugroho)

    Rocky Hybrid menggunakan mesin bensin 1.200 cc WA-VEX yang terintegrasi dengan baterai Hybrid sebesar 177,6 volt, serta transmisi khusus hybrid Transaxle.

    Di atas kertas, mobil ini terbilang mumpuni buat dipakai harian. Motor listrik Rocky Hybrid mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 106 PS.

    (Foto: Rifkianto Nugroho/detikOto)

    Di sisi lain, keunggulan dari Rocky Hybrid itu torsi maksimumnya bisa menyentuh 170 Newton meter (Nm), sehingga menjadikan mobil ini memiliki torsi terbesar di kelasnya.

    Imbasnya, Rocky punya akselerasi yang responsif. Perlu diketahui torsi akan memengaruhi kemampuan mobil dalam berakselerasi, menanjak, atau mengangkut beban.

    Spek lainnya, Rocky Hybrid menggunakan baterai dengan daya 0,74 kWh, atau 6 kali lebih besar dibandingkan mobil lain di kelasnya, bahkan setara dengan hybrid SUV medium yang beredar saat ini.

    (Foto: Grandyos Zafna/detikcom)

    Keunggulan yang tentu ditawarkan Rocky Hybrid ialah efisiensi bahan bakar. Rocky Hybrid mampu mencapai 28 Km/liter dengan mode pengujian WLTC (Worldwide Harmonized Light Vehicles Test Cycle), bahkan mampu mencapai hingga 34,8 Km/L berdasarkan metode pengujian JC08 (Japan Cycle 08) yakni pengujian efisiensi bahan bakar di Jepang. Selain efisiensi bahan bakar, Rocky Hybrid juga rendah emisi karena hanya menghasilkan 83 gram CO2/km.

    Angka tersebut bukan klaim di atas kertas belaka, Daihatsu melakukan sesi test drive bersama awak media. Berdasarkan hasil pengetesan, Daihatsu mengumumkan seluruh peserta media bisa mencapai konsumsi BBM lebih dari 30 km/liter. Menariknya ada peserta yang bisa tembus 47,8 km per liter.

    Metode pengukuran yang digunakan adalah dengan melihat data real-time dari MID (multi information display) kendaraan. Angka capaian konsumsi BBM itu masih bisa diperdebatkan dengan pengukuran metode full to full.

    Test drive ini dilakukan dengan kondisi normal melewati rute kombinasi yang biasa dilalui oleh masyarakat perkotaan. Beragam rute kombinasi seperti medan jalan yang menanjak-menurun, lalu lintas yang lancar maupun macet, kondisi jalan paving block ataupun aspal, dan juga melewati persimpangan. Kondisi berkendara pun dilakukan dengan tetap menyalakan AC secara normal dengan jumlah penumpang 3 – 4 orang.

  • Harga Pre Booking Mulai Rp 350 Juta, Berapa Banyak Jaecoo J5 EV Sudah Dipesan?

    Harga Pre Booking Mulai Rp 350 Juta, Berapa Banyak Jaecoo J5 EV Sudah Dipesan?

    Jakarta

    Jaecoo J5 EV sudah resmi dijual di Indonesia dengan harga pre-booking mulai Rp 350 juta untuk varian Standard dan Rp 450.000.000 untuk varian Premium. Sudah seberapa banyak mobil ramah lingkungan ini dipesan?

    Sekadar informasi, Jaecoo J5 EV kali pertama meluncur di GIIAS 2025 lalu. Namun, harga resminya memang belum diumumkan, Jaecoo Indonesia masih menyematkan harga pree-booking untuk SUV listriknya itu.

    Jaecoo J5 EV Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    Dikatakan Head of Product Jaecoo Indonesia, Ryan Ferdiean Tirto, angka SPK (surat pemesanan kendaraan) Jaecoo J5 EV sudah lebih dari 200 unit. Namun itu angka pada saat GIIAS 2025.

    “Karena yang pegang team sales, seingat saya sekitaran 200-300 (unit SPK) kemarin di GIIAS 2025. Tapi dari GIIAS ke sini, nambahnya berapa saya belum mendapatkan info,” kata Ryan kepada wartawan di Bogor, Selasa (14/10/2025).

    Sekadar informasi, Jaecoo J5 EV menjadi produk mobil listrik kedua Jaecoo di Indonesia setelah J6. Jaecoo J5 EV memiliki platform yang sama dengan saudaranya yang terlebih dahulu dijual di Indonesia, Omoda E5 EV.

    Bicara desain, Jaecoo J5 EV mengusung desain yang lebih SUV dengan desain cenderung mengotak alias boxy. Sementara Omoda E5 EV punya desain lebih agresif dan sporty.

    Secara performa, Jaecoo J5 EV dibekali baterai berkapasitas 60,9 kWh yang bisa membuat mobil ini melaju hingga jarak 461 km (NEDC) sekali cas. Sedangkan tenaganya 155 kW atau sekitar 208 dk dan torsinya mencapai 288 Nm. Soal performa akselerasi, dari 0 sampai 100 km/jam Jaecoo J5 EV bisa mencatatkan angka waktu 7,3 detik.

    (lua/din)

  • Tilang Manual di Jalan Cuma Tinggal 5%, ‘Uang Damai’ Bakal Hilang

    Tilang Manual di Jalan Cuma Tinggal 5%, ‘Uang Damai’ Bakal Hilang

    Jakarta

    Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Agus Suryonugroho mengungkapkan bahwa saat ini penegakan lalu lintas di jalan raya lebih banyak menggunakan tilang elektronik atau ETLE (electronic traffic law enforcement). Diharapkan, dengan adanya ETLE ini tidak ada lagi transaksi antara pelanggar lalu lintas dengan oknum petugas di lapangan.

    Agus menyebut, penggunaan ETLE akan dioptimalkan. Menurutnya, tilang menggunakan ETLE mencapai 95 persen, sedangkan tilang manual hanya 5 persen.

    “Nah ini ada perkembangan-perkembangan yang luar biasa, ada chatbot, ada kirim dokumen digital, ada kirim dokumen manual. Tetapi yang jelas, saya kemarin sudah expose bahwa 95 persen penegakan hukum pelanggaran lalu lintas adalah menggunakan ETLE, 5% adalah tilang manual,” kata Agus seperti dikutip situs resmi Korlantas Polri.

    Kakorlantas meminta kepada jajarannya agar tidak ada lagi pungutan liar (pungli) atau kegiatan transaksi di luar prosedur. Dengan menggunakan ETLE, jangan sampai ada lagi ‘uang damai’ yang diberikan kepada oknum polisi untuk meloloskannya dari sanksi tilang.

    “Tambah penegakkan hukum preventif, edukatif menggunakan teguran. Artinya bahwa sudah tidak ada lagi cerita, sudah tidak ada lagi anekdot, (tentang) ada transaksional di sana,” sebut Agus.

    Agus juga mengatakan, hingga Oktober 2025 sudah ada 1.641 perangkat ETLE aktif di berbagai daerah. Jumlah itu ditargetkan melonjak menjadi 5.000 unit pada 2027.

    “Target di 2027 mungkin bisa 3.000 atau 5.000 supaya memang di era transformasi digital ini betul-betul menjawab apa yang diimbau oleh masyarakat,” ujar Agus dikutip situs resmi Korlantas Polri.

    Untuk saat ini, Korlantas Polri telah menggunakan empat jenis kamera ETLE. Keempat jenis kamera ETLE itu antara lain:

    ETLE Statis: Kamera tetap yang dipasang di titik rawan pelanggaran seperti perempatan dan jalan utama.ETLE Portabel: Kamera yang bisa dipindahkan ke lokasi tertentu, seperti jalan tol atau kawasan rawan pelanggaran.ETLE Mobile: Kamera di kendaraan patroli polisi yang bisa merekam pelanggaran saat mobil bergerak.ETLE Handheld: Perangkat genggam yang digunakan petugas tersertifikasi untuk menindak di lokasi tanpa kamera tetap.

    Dengan target 5.000 kamera ETLE pada 2027, Korlantas Polri yakin sistem pengawasan lalu lintas digital akan merata hingga pelosok.

    “Kita tidak bangga dengan banyaknya penindakan hukum. Kalau semua pengguna jalan tertib dan ETLE tidak terlalu banyak bekerja, justru itu keberhasilan kita,” sebut Agus.

    (rgr/din)

  • STNK Hilang Tiba-tiba Ketemu padahal Sudah Cetak yang Baru, Harus Gimana?

    STNK Hilang Tiba-tiba Ketemu padahal Sudah Cetak yang Baru, Harus Gimana?

    Jakarta

    STNK kamu hilang lalu tiba-tiba ketemu. Tapi kamu sudah keburu cetak STNK yang baru, lantas harus gimana?

    STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) yang hilang bisa diurus lagi. Kamu bisa mengurus kehilangan tersebut di kantor Samsat. Nantinya STNK kamu akan dicetak ulang. Tapi mungkin tanpa sengaja STNK yang hilang itu malah ketemu, sementara kamu sudah terlanjur mencetak STNK yang baru. Lalu harus gimana ya?

    Menurut informasi yang dibagikan Korlantas Polri, STNK lama yang tiba-tiba ketemu itu sudah tak bisa digunakan lagi. Sebab, STNK yang baru sudah tercatat resmi menggantikan STNK lama. STNK lama itu bisa kamu simpan atau diserahkan ke Samsat untuk menghindari penyalahgunaan. Yang jelas STNK tersebut sudah tak berlaku lagi.

    Bagi kamu yang kehilangan STNK, jangan lupa untuk mengurusnya ya. STNK hilang dan tak diurus bisa berisiko bahaya. Bila STNK hilang dan kamu tidak lapor, tak menutup kemungkinan justru disalahgunakan. Pernah ada kasus STNK-nya asli tapi kendaraannya tak sesuai. Alhasil yang terseret kasus justru si pemilik kendaraan yang kehilangan STNK tersebut. Ini lantaran nama pemilik kendaraan masih tercantum di dokumen tersebut.

    Tak cuma itu, bila STNK hilang itu ternyata digunakan untuk kendaraan bodong, saat terjadi kecelakaan lalu lintas ataupun tindak kriminal, kamu berpotensi dipanggil sebagai saksi bahkan tak menutup kemungkinan ditetapkan sebagai tersangka.

    Jika STNK hilang, maka kamu harus langsung melapor. Mengacu pada Perpol no.7 tahun 2021 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor pasal 60 ayat 1, dijelaskan pemilik kendaraan dapat mengajukan permohonan penggantian STNK atau TNKB yang hilang atau rusak. Untuk penggantian ini, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebagaimana tertuang dalam pasal 60 ayat 2.

    Syarat Urus STNK Hilang

    “Penggantian STNK hilang dilaksanakan dengan persyaratan:
    a. mengisi formulir permohonan
    b. melampirkan:
    – tanda bukti identitas sebagaimana dimaksud dalam pasal 10 ayat 6
    – surat kuasa bermeterai cukup dan fotokopi Kartu Tanda Penduduk yang diberi kuasa bagi yang diwakilkan
    – BPKB
    – surat pernyataan pemilik bermeterai cukup mengenai STNK yang hilang tidak terkait kasus pidana, perdata dan/atau pelanggaran lalu lintas
    – surat tanda penerimaan laporan dari Polri, dan
    – hasil cek fisik ranmor,” demikian bunyi pasalnya.

    (dry/din)

  • Mobil Listrik Rp 200 Jutaan Toyota Punya Kembaran, Bakal Dijual Lebih Murah

    Mobil Listrik Rp 200 Jutaan Toyota Punya Kembaran, Bakal Dijual Lebih Murah

    Jakarta

    Mobil listrik Rp 200 jutaan Toyota punya kembaran. Rencananya mobil listrik itu bakal dijual bulan depan dengan harga yang lebih murah.

    Saudara kembar Toyota bZ3X, GAC Aion i60 siap meluncur bulan depan. Mobil ini bakal dihadirkan dalam versi listrik dan juga PHEV. Sebelumnya, Toyota bZ3X yang merupakan hasil dari kerjasama antara Toyota dan pabrikan China GAC sudah meluncur lebih dulu pada Maret 2025.

    Penjualannya pun terbilang moncer. Dikutip Car News China, dalam kurun waktu lima bulan, dari Maret hingga Agustus 2025, penjualannya sudah tembus 33.748 unit. Menyusul kesuksesan tersebut, GAC juga bakal menjajal peruntungannya sendiri. Nantinya varian GAC akan disesuaikan disertai dengan emblem Aion.

    Toyota bZ3X Foto: Muhammad Hafizh Gemilang/detikcom

    Namanya mobil kembar, tampilan Toyota bZ3X dan GAC Aion i60 itu memang sangat identik. Mulai dari kaca depan, gais kaca, pintu spion samping, fender, dan beberapa elemen bodi lainnya sangat mirip. Keduanya sama-sama menggunakan platform modular AEP. Platform itu juga digunakan oleh GAC Aion V.

    Namun kalau melihat eksteriornya, dapat dibedakan dari lampu depan, bemper, dan juga lampu belakang. Ukurannya juga ternyata sedikit lebih besar dari Toyota bZ3X dengan dimensi panjang 4.685 mm, lebar 1.854 mm, dan tinggi 1.660 mm. Jarak sumbu rodanya 2.775 mm. GAC Aion i60 menggunakan ban berukuran 18 dan 19 inch.

    Urusan dapur pacu, GAC Aion i60 dilengkapi dengan motor listrik tunggal berdaya 221 daya kuda. Kecepatan maksimalnya mencapai 160 km/jam. Versi PHEV-nya akan menggabungkan mesin bensin 1.5L bertenaga 101 daya kuda dan motor listrik bertenaga 165 kW. GAC Aion dilengkapi dengan baterai LFP berkapasitas 29,165 kWH yang bisa menempuh jarak 160 km dalam mode listrik. Khusus mobil listrik, spesifikasinya sama persis dengan Toyota bZ3X.

    Bila tak ada perubahan, GAC Aion i60 bakal dijual mulai November 2025. Mobil itu diprediksi bakal dijual mulai 100 ribu yuan. Kalau dikonversi ke rupiah dengan kurs 1 yuan = Rp 2.330, maka harganya sekitar Rp 233 jutaan. Dengan banderol segitu, GAC Aion i60 sedikit lebih murah dari Toyota bZ3X yang kini dibanderol Rp 109.800 yuan (setara Rp 255 jutaan).

    (dry/din)

  • Mitsubishi Destinator ‘Minum’ BBM di Bawah RON 95? Ini Dampaknya

    Mitsubishi Destinator ‘Minum’ BBM di Bawah RON 95? Ini Dampaknya

    Jakarta

    Mitsubishi Destinator dianjurkan menggunakan BBM RON 95. Apa yang terjadi bila Destinator ‘minum’ BBM di bawah RON 95? Simak penjelasannya.

    Punya mobil jangan isi BBM sembarangan. Untuk mengetahui rekomendasi BBM yang tepat, kamu bisa mengacu pada petunjuk di buku panduan manual. Sebab, masing-masing mobil punya spesifikasi mesin berbeda. Mitsubishi estinator misalnya, SUV 7-seater ini rupanya dianjurkan untuk menggunakan BBM RON 95. Dilihat detikOto dalam buku panduan manual Mitsubishi Destinator, rupanya SUV dengan panjang 4.680 mm, lebar 1.840 mm, dan tinggi 1.780 mm disarankan menggunakan BBM RON 95.

    “Angka oktan bensin tanpa timbal RON 95 (min 90),” demikian tertulis pada buku panduan manual Mitsubishi Destinator.

    Lebih lanjut dijelaskan spesifikasi tenaga dan konsumsi bahan bakar mengacu pada pengoperasian dengan bahan bakar RON 95 atau lebih tinggi. Artinya, tenaga dan konsumsi bahan bakar yang optimal yaitu 163 PS dan torsi 250 NM bisa didapat saat menggunakan BBM sesuai anjuran. Lalu bagaimana bila Destinator ‘minum’ BBM dengan RON lebih rendah dari 95?

    Nggak perlu khawatir, mobil akan tetap aman. Tapi tenaga dan konsumsi bahan bakar kemungkinan tak sesuai dengan klaim pab rikan.

    “Menggunakan bahan bakar 90 RON atau lebih tinggi (kurang dari 95 RON) akan sedikit menurukan tenaga dan konsumsi bahan bakar, namun mesin memiliki sistem kontrol knocking. Oleh karena itu, tidak ada pengaruhnya terhadap masa pakai mesin,” begitu penjelasan lanjutnya.

    Perlu diingat, gunakan bensin dengan kualitas bagus. Sebab bensin berkualitas rendah bisa menimbulkan ragam masalah seperti susah dihidupkan, stalling, mesin yang bising dan hesitation.

    “Jika Anda mengalami masalah tersebut, maka cobalah merek yang lain dan atau kadar bensin yang berbeda,” lanjut penjelasan tersebut.

    Sebagai catatan tambahan, Mitsubishi Destinator juga sudah bisa menenggak bensin dengan campuran etanol. Asalkan konsentrasi etanol tak lebih dari 10 persen untuk menghindari kerusakan pada sistem bahan bakar, mesin, sensor mesin, dan sistem pembuangan dari kendaraan. Diingatkan juga agar tak menggunakan bensin dengan methanol karena sangat membahayakan mesin.

    “Menggunakan alkohol jenis ini dapat menurunkan kinerja kendaraan dan merusak bagian penting dari sistem bahan bakar kendaraan,” begitu penjelasannya.

    (dry/din)

  • Heboh Etanol Pertamina di Tengah Kosong BBM Shell , Vivo, BP

    Heboh Etanol Pertamina di Tengah Kosong BBM Shell , Vivo, BP

    Jakarta

    Tiba-tiba Vivo dan BP membatalkan rencana membeli base fuell dari Pertamina. Kandungan ethanol jadi penyebab kegaduhan baru pada bisnis jualan bensin di Indonesia — yang persoalannya sudah bikin riuh sedari beberapa bulan lalu.

    Etanol memang bukan barang baru dalam industri BBM di seluruh dunia. Tapi penolakan SPBU swasta bukan tanpa alasan.

    Masalahnya melebar karena SPBU swasta berpotensi mengurangi karyawan lantaran stok bensin sudah kering. Lagi-lagi pemerintah mengubah kebijakan sesuka hati, hal yang harusnya dihindari demi menjaga iklim investasi.

    Tonton obrolan tim redaksi detikOto perihal heboh etanol pada BBM Pertamina. Bagaimana pendapat kamu tentang isu ini, tulis di kolom komentar, ya?

    (din/din)

  • Sampai Kapan Toyota Kijang Innova Reborn Diproduksi di Indonesia?

    Sampai Kapan Toyota Kijang Innova Reborn Diproduksi di Indonesia?

    Jakarta

    Meski sudah ada Innova Zenix sebagai model terbaru, namun Toyota masih menjual Innova Reborn di Indonesia. Lantas, sampai kapan kendaraan ‘lawas’ tersebut diproduksi di Tanah Air?

    Innova Reborn pertama kali meluncur di Indonesia pada 2015 atau 10 tahun lalu. Namun, kendaraan tersebut hingga sekarang masih diproduksi di Pabrik Karawang, Jawa Barat, bersamaan dengan Innova Zenix. Kabarnya, Innova Reborn akan terus diproduksi hingga konsumen merasa bosan.

    “Produksi (Innova Reborn)? Sampai konsumennya bosan,” ujar Bob Azam selaku PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) saat ditemui di Karawang, belum lama ini.

    Toyota Innova Reborn masih diproduksi di Indonesia Foto: Doc. TMMIN

    Ketika berkunjung ke pabrik TMMIN di Karawang, redaksi detikOto melihat Toyota Innova Reborn diproduksi bersamaan dengan Toyota Innova Zenix di Plant 1. Pemandangan tersebut cukup unik, mengingat keduanya menggunakan platform yang berbeda.

    Bob Azam ketika itu mengatakan, hingga sekarang, permintaan Innova Reborn di Indonesia masih sangat tinggi. Itulah mengapa, pihaknya terus memproduksi kendaraan tersebut untuk memenuhi kemauan konsumen.

    “Innova Reborn masih diproduksi sampai saat ini karena masih tingginya permintaan dari kustomer terkait hal tersebut. Hal ini menjadikan TMMIN sebagai fasilitas produksi Toyota yang memproduksi dua generasi sekaligus,” tuturnya.

    Berkaca dari kenyataan tersebut, Innova Reborn kini tak hanya bisa dipesan melalui skema spot order, melainkan juga regular. Konsumen bisa membeli kendaraan tersebut melalui dealer-dealer resmi terdekat.

    “Saat ini, Innova Reborn memang diprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri,” kata dia.

    Disitat dari laman resmi Toyota Indonesia, Innova Reborn hanya dipasarkan dalam satu tipe, yakni DSL. Sementara harganya Rp 416,6 juta untuk varian manual dan Rp 437,5 juta untuk otomatis. Keduanya berstatus on the road Jakarta.

    (sfn/lth)

  • Jaecoo J5 EV Sudah Dirakit Lokal, Kandungan Lokal Tembus 40%

    Jaecoo J5 EV Sudah Dirakit Lokal, Kandungan Lokal Tembus 40%

    Jakarta

    Jaecoo J5 EV sudah resmi dijual di Indonesia dengan harga pre-booking mulai Rp 350 juta untuk varian Standard dan Rp 450.000.000 untuk varian Premium. Tak hanya dijual, mobil ini juga sudah dirakit secara lokal di Indonesia.

    “Sudah (dirakit lokal). Jadi mobil-mobil yang kita test drive ini sudah CKD di Handal Bekasi. Kandungan lokalnya sudah 40%,” ungkap Head of Product Jaecoo Indonesia, Ryan Ferdiean Tirto, kepada wartawan di Bogor, Selasa (14/10/2025).

    Ryan menambahkan, tak banyak yang berubah dari Jaecoo J5 EV versi pasar Indonesia. Secara kualitas dan juga spesifikasi, umumnya sama dengan unit yang dijual di negeri asalnya, China.

    “Penyesuaian ada sedikit terkait dengan fitur. Tetapi seperti baterai, penggerak, itu sama. Sebenarnya (fitur) nggak dikurangi, ditambah malahan. Seperti AC, kalau yang CBU kemarin yang memang versi Eropa, tidak ada AC di baris kedua. Sekarang kita tambah karena kondisi di Indonesia lebih panas,” terang Ryan.

    Sekadar informasi, Jaecoo J5 EV kali pertama meluncur di GIIAS 2025 lalu. Mobil ini memiliki platform yang sama dengan saudaranya yang terlebih dahulu dijual di Indonesia, Omoda E5 EV. Bedanya, Jaecoo J5 EV mengusung desain yang lebih SUV dengan desain cenderung mengotak alias boxy. Sementara Omoda E5 EV punya desain lebih agresif.

    Secara performa, Jaecoo J5 EV dibekali baterai berkapasitas 60,9 kWh yang bisa membuat mobil ini melaju hingga jarak 461 km (NEDC) sekali cas. Sedangkan tenaganya 155 kW atau sekitar 208 dk dan torsinya mencapai 288 Nm. Soal performa, dari 0 sampai 100 km/jam bisa ditempuh dalam waktu 7,3 detik.

    (lua/din)

  • 5 Karoseri Nasional yang Jadi Kebanggaan Otomotif RI

    5 Karoseri Nasional yang Jadi Kebanggaan Otomotif RI

    Jakarta

    Industri karoseri Indonesia terus berkembang pesat, melahirkan berbagai kendaraan tangguh dan elegan untuk kebutuhan transportasi publik maupun komersial. Di balik bus antarkota yang nyaman hingga truk box pendingin yang mengirim bahan segar ke seluruh pelosok negeri, berdiri nama-nama besar karoseri nasional yang mengandalkan inovasi, ketelitian, dan kualitas kelas dunia.

    Berikut lima karoseri terbaik di Indonesia yang dikenal lewat karya unggulan dan reputasi kuatnya di industri otomotif:

    1. Karoseri Laksana

    Spesialis: Bus penumpang dan kendaraan transportasi umum premium

    Nama Laksana sudah dikenal luas di industri otomotif Indonesia, terutama di kalangan penggemar bus antarkota dan pariwisata. Berdiri di Semarang pada 1977 sebagai bengkel kecil pembuat perlengkapan kendaraan, Laksana kini menjelma menjadi salah satu karoseri bus terbesar dan paling berpengaruh di Tanah Air.

    Produk populernya seperti Legacy SR dan Tourista banyak digunakan oleh perusahaan otobus ternama. Laksana dikenal berkat desain bus yang elegan, aerodinamis, serta selalu selaras dengan tren global.

    Kelebihan Karoseri Laksana:

    Desain modern dan berstandar internasional.

    Menggunakan material ringan tapi kuat untuk efisiensi bahan bakar.

    Layanan purna jual dan after-sales yang sangat baik.

    Punya reputasi ekspor ke negara-negara tetangga seperti Fiji dan Bangladesh.

    Tak heran jika banyak perusahaan otobus besar seperti Sinar Jaya dan Lorena mempercayakan bodi bus mereka ke Laksana.

    2. Karoseri Adi Putro

    Spesialis: Bus besar, medium bus, dan luxury coach

    Jika berbicara tentang bus dengan tampilan mewah dan interior super nyaman, Adi Putro selalu masuk dalam jajaran teratas. Berbasis di Malang, Jawa Timur, karoseri yang berdiri sejak 1973 ini telah menjadi ikon industri karoseri Indonesia.

    Model legendarisnya seperti Jetbus yang berevolusi dari generasi pertama hingga Jetbus 5 menjadi bukti inovasi berkelanjutan. Adi Putro dikenal sebagai pelopor desain futuristik dan kenyamanan kabin, dengan pelanggan setia dari berbagai perusahaan otobus besar seperti Harapan Jaya, Rosalia Indah, dan Pandawa 87.

    Kelebihan Karoseri Adi Putro:

    Desain bus mewah dengan teknologi aerodinamis terbaik.

    Finishing interior dan eksterior yang sangat rapi dan detail.

    Punya reputasi kuat di dunia bus pariwisata dan antarkota.

    Terbuka terhadap kustomisasi sesuai permintaan klien.

    Adi Putro bukan cuma membangun bus, tapi juga menciptakan ‘pengalaman perjalanan’. Setiap unitnya terasa eksklusif dan berkelas.

    3. Karoseri New Armada

    Spesialis: Bus kota, bus pariwisata, dan kendaraan komersial ringan

    New Armada berasal dari Magelang, Jawa Tengah, dan berdiri sejak tahun 1974. New Armada dikenal sebagai salah satu pionir yang berkontribusi besar terhadap kemajuan transportasi publik di Indonesia. Karoseri ini memproduksi beragam kendaraan, mulai dari bus Transjakarta, bus pariwisata, hingga angkutan sekolah.

    Tak hanya fokus pada transportasi umum, New Armada juga menggarap kendaraan komersial seperti ambulans, mobil toko, dan box logistik.

    Kelebihan Karoseri New Armada:

    Pengalaman panjang dan portofolio yang sangat luas.

    Memiliki fasilitas produksi besar dengan teknologi modern.

    Fokus pada aspek keamanan dan kenyamanan pengguna.

    Mendukung program pemerintah dalam modernisasi transportasi publik.

    New Armada dikenal sebagai karoseri yang ‘tahan banting’ dengan kualitas konstruksi kokoh, cocok untuk medan Indonesia yang beragam.

    4. Karoseri Gunung Mas

    Spesialis: Kendaraan komersial, truk, dan kendaraan logistik

    Tak banyak yang tahu, Karoseri Gunung Mas merupakan salah satu pemain tangguh di sektor kendaraan niaga dan logistik. Berdiri di Bogor sejak 1980-an, perusahaan ini berfokus pada pembuatan bodi bus, truk bak, box besi, box aluminium, hingga dump truck.

    Gunung Mas dikenal karena ketelitian konstruksi dan ketahanan materialnya, serta dipercaya oleh berbagai perusahaan logistik, distributor bahan bangunan, hingga instansi pemerintah yang membutuhkan armada kerja andal.

    Kelebihan Karoseri Gunung Mas:

    Kualitas konstruksi bodi truk yang kuat dan tahan lama.

    Harga kompetitif dengan hasil pengerjaan presisi.

    Fleksibel dalam menyesuaikan kebutuhan spesifikasi pelanggan.

    Reputasi baik di kalangan perusahaan transportasi barang

    Gunung Mas jadi pilihan favorit bagi pebisnis yang butuh armada kerja fungsional tapi tetap rapi dan profesional secara tampilan.

    5. Ultima Karoseri

    Spesialis: Box pendingin, wingbox, food truck, dan kendaraan niaga custom

    Meski tergolong pemain baru, Ultima Karoseri berhasil mencuri perhatian di industri karoseri Indonesia. Berbasis di Bekasi, Jawa Barat, perusahaan ini berfokus pada kendaraan custom seperti box pendingin, wingbox, food truck, ambulans, hingga box modifikasi untuk truk dan mobil.

    Ultima dikenal berkat perpaduan inovasi desain, hasil pengerjaan presisi, dan layanan fleksibel yang jarang ditemukan di karoseri lain. Tak sekadar membuat bodi kendaraan, mereka juga mendampingi klien dalam merancang konsep bisnis, misalnya mengoptimalkan desain food truck agar lebih fungsional dan menarik secara visual.

    Kelebihan Ultima Karoseri:

    Spesialis box pendingin dengan sistem insulasi efisien, tahan lama dan tampilan profesional

    Ahli dalam proyek custom seperti food truck dan mobil toko.

    Tim R&D aktif mengembangkan material ringan/ biaya hemat tapi tahan kondisi ekstrim.

    Pendekatan personal terhadap klien, termasuk konsultasi desain dan fungsionalitas.

    Banyak UMKM hingga perusahaan besar mempercayakan proyek mereka ke Ultima Karoseri karena kemampuannya menyesuaikan kebutuhan bisnis. Dari tampilan luar hingga sistem pendingin di dalam box, semua dikerjakan dengan presisi tinggi dan perhatian pada detail.

    Dari Semarang hingga Malang, dari Magelang hingga Bekasi, deretan karoseri ini membuktikan bahwa industri bodi kendaraan Indonesia mampu bersaing dengan luar negeri.

    Masing-masing memiliki keunggulan: Laksana di bus premium, Adi Putro di desain mewah, New Armada di transportasi publik, Gunung Mas di truk logistik, dan Ultima Karoseri di kualitas karoseri truk serta mobil.

    Kelima nama tersebut bukan hanya menggerakkan roda perekonomian nasional, tetapi juga menjadi bukti nyata bahwa karya anak bangsa mampu menembus pasar internasional. Bagi kamu yang ingin memulai bisnis logistik, transportasi, atau kuliner keliling, karoseri-karoseri ini layak menjadi pilihan utama.

    (akn/ega)