Jenis Media: Otomotif

  • Pecco Bagnaia Berharap Ducati Tak Mengulangi Kesalahan di Mandalika

    Pecco Bagnaia Berharap Ducati Tak Mengulangi Kesalahan di Mandalika

    Jakarta

    Juara dunia MotoGP dua kali, Francesco ‘Pecco’ Bagnaia, berharap bisa bangkit di MotoGP Australia 2025 setelah akhir pekan yang berat di Mandalika. Pebalap Ducati Lenovo itu mengaku ingin menghindari kesalahan teknis dan setup motor yang membuatnya kesulitan di seri Indonesia.

    Datang ke Sirkuit Phillip Island, pebalap Ducati Lenovo itu membawa semangat baru meski performanya di Indonesia menjadi salah satu yang terburuk musim ini. Saat itu, ia tertinggal hampir 30 detik dalam sprint race dan bahkan tersingkir dari posisi terakhir di balapan utama.

    Padahal, seminggu sebelumnya di Jepang, Bagnaia tampil luar biasa dan berhasil meraih kemenangan dengan GP25-nya yang sudah dilengkapi komponen utama motor GP24. Bagnaia mengaku tak menemukan alasan pasti kenapa performanya drop drastis di Mandalika, meski motor yang digunakan secara teoritis sama dengan di Motegi.

    “Treknya bagus, selalu kompetitif di sini. Bukan yang termudah bagi saya, tetapi tiga musim terakhir kami mampu finis di podium. Jadi, tujuannya adalah naik podium,” kata Bagnaia di Phillip Island, Kamis (16/10), seperti dikutip dari Crash.

    Ia menambahkan, faktor cuaca di Australia bisa jadi tantangan tersendiri. “Kita harus memahami situasi cuaca karena sepertinya akan cukup berangin akhir-akhir ini. Saya berharap bisa merasakan hal yang sama seperti di Motegi agar bisa berjuang. Kalau tidak, maka akan seperti di Mandalika, akhir pekan ini akan berat,” sambungnya.

    Bagnaia menyebut dirinya akan segera melakukan pertemuan dengan tim Ducati untuk menentukan arah setup motor. “Saya hanya berharap bisa bangkit kembali seperti di Motegi karena motornya bekerja dengan baik. Di Mandalika, sayangnya, situasinya sulit karena motornya bekerja dengan cara yang berbeda dan kurang baik,” tambahnya.

    Ketika ditanya kapan ia bisa mengetahui kondisi motor yang sesungguhnya, Bagnaia menjawab, “Dari FP1, putaran pertama.”

    Bagnaia juga sempat menyinggung soal karakter motor Ducati yang terlalu memaksa saat setup-nya tidak sesuai. “Sayangnya, musim ini ketika motornya tidak berfungsi, seperti di Mandalika atau Misano atau Silverstone, motornya sangat memaksakan. Inersianya sangat menekan. Anda perlu menekan lebih keras pada setang motor, dan Anda akan kehilangan kendali,” ungkapnya.

    Kini, Pecco Bagnaia bertekad menebus hasil buruk di Mandalika dengan target kembali naik podium di Phillip Island akhir pekan ini.

    (lua/din)

  • Lelang RX-King Mulai Rp 3,5 Jutaan

    Lelang RX-King Mulai Rp 3,5 Jutaan

    Jakarta

    Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) DIY sedang melelang eks motor dinas kepolisian resor Sleman. Sebanyak empat Yamaha RX-King tercantum dalam daftar kendaraan yang dilelang.

    RX-King yang dilelang itu punya nilai limit paling murah Rp 3.506.517 (Rp 3,5 jutaan). Sementara itu, nilai jaminan yang harus disetorkan di awal juga sama angkanya dengan nilai limit.

    Berikut ini daftar 4 RX-King yang akan dilelang lewat aplikasi lelang e-Auction:

    – Yamaha RX-King (kode mesin 3KA 526931): Nilai Limit Rp 3.506.517
    – Yamaha RX-King (kode mesin 3KA 524552): Nilai Limit Rp 3.506.517
    – Yamaha RX-King (kode mesin 3KA 564303): Nilai Limit Rp 3.955.583
    – Yamaha RX-King (kode mesin 3KA789058): Nilai Limit Rp 4.526.100

    Perlu diketahui harga limit itu berbeda dari harga lelang. Harga limit merupakan harga minimal barang yang akan dilelang dan ditetapkan oleh Penjual. Sedangkan harga lelang adalah harga penawaran tertinggi yang diajukan oleh Peserta Lelang yang telah disahkan sebagai pemenang oleh Pejabat Lelang.

    Dikutip dari laman Dirjen Kemenkeu, harga limit lelang mungkin lebih murah dari pasaran. Akan tetapi saat hasil lelang ditetapkan, harga bisa saja lebih tinggi dari pasaran. Hal ini disebabkan karena lelang menggunakan sistem penawaran tertinggi. Penawar dengan bidding tertinggi yang bakal menang, sehingga bisa jadi saat lelang peserta terbawa nafsu kemudian menawar dengan harga di atas pasaran.

    Pelaksanaan lelang dilakukan secara online tanggal 27 Oktober 2025. Bagi yang tertarik bisa melihat unitnya secara langsung sebab kondisi barang apa adanya. Open house ini dimulai dari tanggal 13 Oktober hingga 27 Oktober 2025 di Polresta Sleman.

    Dalam laman lelang.go.id itu terdapat foto-foto kendaraan yang dilelang. Adapun 4 unit RX King itu terlihat masih menggunakan pelat dinas kepolisian. Namun beberapa komponen sudah tidak terlihat, misalnya tangki.

    Saat dimintai konfirmasi, Tim Humas KPKNL DIY membenarkan informasi tersebut. Persyaratannya cukup mudah, peserta harus melakukan pendaftaran atau registrasi akun terlebih dahulu.

    “Lelang di DJKN dilaksanakan secara online di laman lelang.go.id. Syarat untuk daftar akun yaitu KTP, Nomor HP, dan email aktif. Untuk dapat mengikuti lelang, peserta harus terlebih dahulu menyetorkan uang jaminan dengan nominal yang ditentukan untuk tiap-tiap lelang,” kata Tim Humas KPKNL DIY kepada detikJogja, Kamis (16/10/2025).

    Peserta yang terverifikasi kepersetaannya dapat melakukan penawaran lelang. Kemudian, peserta dengan lelang tertinggi dinyatakan menjadi pemenang lelang.

    “Peserta lelang yang tidak dinyatakan sebagai pemenang, maka uang jaminan lelangnya akan dikembalikan,” lanjut Tim Humas KPKNL DIY.

    (riar/din)

  • Harga Honda Scoopy dan Yamaha Fazzio Oktober 2025

    Harga Honda Scoopy dan Yamaha Fazzio Oktober 2025

    Jakarta

    Honda Scoopy dan Yamaha Fazzio masih menjadi dua skuter matik bergaya klasik yang paling diminati di kelas entry-level. Keduanya menawarkan desain retro modern yang ikonik, cocok untuk penggunaan harian maupun gaya hidup anak muda urban. Menariknya, harga Honda Scoopy dan Yamaha Fazzio Oktober 2025 tercatat tidak mengalami kenaikan dibanding bulan sebelumnya.

    Model terbaru Honda Scoopy diperkenalkan pada akhir 2024. Secara desain, motor ini masih mempertahankan garis klasik khas Scoopy generasi sebelumnya, namun dengan sentuhan baru di bagian lampu depan, sein, dan lampu belakang. Tampilan makin segar dengan detail kisi udara pada area depan.

    Honda Scoopy Kuromi Limited Edition Foto: Dok. Astra Honda Motor (AHM)

    Fitur Scoopy juga kini makin lengkap dan modern. Skutik ini sudah dibekali pencahayaan full LED, soket pengisian daya ponsel, panel instrumen full digital, smart key, serta teknologi anti-maling.

    Honda Scoopy ditawarkan dalam empat varian, yaitu Fashion, Energetic, Prestige, dan Stylish, semuanya masih mempertahankan harga yang sama di Oktober 2025. Oh iya, selain itu, Honda juga menawarkan varian baru Scoopy yang dijual dalam jumlah terbatas, yakni Scoopy Kuromi.

    Harga Honda Scoopy Oktober 2025 OTR Jakarta

    1. Scoopy Fashion: Rp 22.876.000

    2. Scoopy Energetic: Rp 22.876.000

    3. Scoopy Prestige: Rp 23.681.000

    4. Scoopy Stylish: Rp 23.681.000

    5. Scoopy Kuromi Limited Edition: Rp 24.696.500

    Yamaha Fazzio terbaru Foto: Dok. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM)

    Sementara itu, Yamaha Fazzio juga tetap menjadi pilihan favorit di segmen skuter retro modern. Motor ini baru saja mendapat penyegaran pada Juni lalu, hadir dengan konsep two tone atau kombinasi dua warna yang membuat tampilannya lebih trendi. Pilihan warna baru seperti Grayceful Pink dan Yolo Black membuat Fazzio tampil semakin eye-catching.

    Berbeda dengan Scoopy yang bermesin 110 cc, Yamaha Fazzio membawa mesin 125 cc Blue Core Hybrid yang mampu menghasilkan tenaga 8,3 dk pada 6.500 rpm dan torsi 10,6 Nm pada 4.500 rpm. Teknologi hybrid-nya diklaim membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien.

    Fazzio ditawarkan dalam tiga varian, yakni Hybrid, Hybrid Neo, dan Hybrid Lux, dengan harga yang juga tetap stabil di bulan ini.

    Harga Yamaha Fazzio Oktober 2025 OTR Jakarta

    1. Fazzio Hybrid: Rp 21.920.000

    2. Fazzio Hybrid Neo: Rp 23.705.000

    3. Fazzio Hybrid Lux: Rp 24.395.000

    (lua/din)

  • Etanol 10 Persen Aman Tanpa Modifikasi buat Mobil Tahun Keluaran Segini

    Etanol 10 Persen Aman Tanpa Modifikasi buat Mobil Tahun Keluaran Segini

    Jakarta

    Pemerintah mewajibkan penggunaan bahan bakar minyak (BBM) dengan kandungan etanol 10 persen mulai tahun depan. Bagaimana kecocokan bahan bakar itu dengan mobil di Indonesia?

    Menteri Koordinator Bidang Pangan Zulkifli Hasan atau Zulhas mengatakan bahan bakar minyak (BBM) mengandung etanol 10% akan diterapkan mulai tahun depan.

    “BBM etanol direncanakan tahun depan. Karena itu kita sekarang besar-besaran untuk mengembangkan tebu dan singkong. Wajib (penggunaan BBM etanol 10%), tapi kalau kita sudah siap ya, perintah Bapak Presiden begitu,” kata dia di Trade Expo Indonesia, ICE BSD, Tangerang, Rabu (15/10/2025).

    Pengamat otomotif, Yannes Pasaribu menyebut mesin mobil keluaran 2010 ke atas sudah dirancang untuk memenuhi standar emisi Euro 4 dan Euro 5, umumnya sudah dilengkapi teknologi injeksi modern serta material tahan etanol.

    “Desainnya memang disiapkan untuk konsumsi bahan bakar beretanol hingga E10, bahkan lebih. Dengan sistem pembakaran yang kompatibel, performa mesin meningkat dan emisi gas buang berkurang,” tutur Yannes dikutip dari Antara.

    Sementara kendaraan produksi sebelum 2010, lanjut Yannes, berpotensi tidak kompatibel dengan BBM E10.

    “Pada kendaraan berteknologi lama umumnya produksi sebelum 2010, materialnya belum comply etanol dalam persentase lebih dari 5 persen (E5), terutama pada bahan-bahan karet yang dipakai pada saluran BBM-nya, akibatnya, penutup dan pipa karetnya dapat cepat getas dan bisa menyebabkan kebocoran bahan bakar,” Yannes menjelaskan.

    Kendaraan tua umumnya masih banyak yang menggunakan tangki logam tanpa pelapis khusus. Dampaknya bisa membuatnya semakin rentan korosi karena etanol menyerap air. Selain itu, Engine Control Unit (ECU) yang belum adaptif pada kendaraan tersebut tidak dapat mengatur timing pengapian secara optimal, yang berujung pada pembakaran yang tidak efisien.

    Sekretaris Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Kukuh Kumara menyebutkan kendaraan bermotor yang diproduksi sejak tahun 2000 umumnya sudah kompatibel menggunakan E10 tanpa perlu modifikasi tambahan.

    “Kita sudah lama melakukan kajian, percobaan, dan berbagai macam. Jadi, kalau secara global saya sudah lihat dengan E10, jadi kendaraan-kendaraan yang dibuat di setelah tahun 2000, itu harusnya sudah mampu mengadopsi itu (BBM E10), tidak ada masalah,” kata dia.

    Bagaimana klaim pabrikan?

    Mengutip laman buku panduan manual Toyota Avanza, penggunaan campuran etanol pada mesin masih diperbolehkan. Namun kandungannya tidak lebih dari 10%.

    “Toyota membolehkan penggunaan bahan bakar campuran ethanol dengan kandungan hingga 10%. Pastikan bahwa campuran bahan bakar dengan ethanol yang digunakan memiliki angka oktan sesuai dengan di atas,” tulis keterangan dalam buku manual itu.

    Pun untuk angka oktan yang sesuai pada mobil Avanza merujuk pada BBM tanpa timbal dengan angka oktan 90 (sekelas Pertalite) atau lebih tinggi. Senada dengan Avanza, dalam buku panduan manual Mitsubishi Xpander pencampuran hingga 10% etanol dan 90% bensin bebas timbal masih bisa dilakukan.

    “Agar dapat menghasilkan kadar oktan yang setidaknya sama dengan rekomendasi minimal untuk bensin bebas timbal,” tulis keterangan di buku panduan manual Xpander.

    Begitu juga mobil Hyundai Stargazer. Pencampuran etanol dengan kadar 10% masih diperbolehkan. Tapi kalau lebih dari itu tidak diizinkan.

    “Jangan menggunakan gasohol yang mengandung lebih dari 10% etanol dan jangan menggunakan bensin atau gasohol yang mengandung metanol apapun. Salah satu dari bahan bakar ini dapat menyebabkan masalah drivability dan kerusakan pada sistem bahan bakar, sistem kontrol mesin, dan sistem kontrol emisi,” begitu keterangan di buku panduan Hyundai Stargazer.

    (riar/lua)

  • Jaecoo Bakal Bawa SUV Premium Ini ke Indonesia, Tertarik?

    Jaecoo Bakal Bawa SUV Premium Ini ke Indonesia, Tertarik?

    Jaecoo Bakal Bawa SUV Premium Ini ke Indonesia, Tertarik?

  • Kembaran Wuling Cortez Darion Meluncur, Harga Mulai Rp 100 Jutaan!

    Kembaran Wuling Cortez Darion Meluncur, Harga Mulai Rp 100 Jutaan!

    Jakarta

    Kembaran Wuling Cortez Darion di China yang dijual dengan nama Wuling Xingguang (Starlight) 730 resmi diperkenalkan. Wuling membuka presale untuk MPV medium terbarunya tersebut. Di China, mobil ini dijual dengan harga Rp 100 jutaan!

    Dikutip Carnewschina, Wuling membuka pemesanan untuk Xingguang 730 atau di Indonesia diluncurkan dengan nama Wuling Cortez Darion. MPV pintu geser ini tersedia dalam empat tipe, harganya mulai dari 76.800 yuan sampai 112.800 yuan (Rp 178,7 juta sampai Rp 262,5 jutaan).

    Dari segi tampilan, Wuling Xingguang 730 memiliki ciri khas gril depan besar berwarna hitam dengan pola jala, dilengkapi dengan lampu depan ramping dan memanjang. Profil sampingnya menampilkan desain pintu geser dengan rel yang terintegrasi di bawah garis jendela.

    Dari segi dimensi, kembaran Wuling Cortez Darion ini memiliki panjang 4.910 mm, lebar 1.850 mm, dan tinggi 1.770 mm, dengan jarak sumbu roda 2.910 mm.

    Di bagian interior, Xingguang 730 dilengkapi instrumen cluster mengambang dan layar head unit mengambang 12,8 inci.

    MPV ini mengadopsi tata letak tujuh kursi dengan konfigurasi 2+2+3. Kursi depan dapat direbahkan hingga 180 derajat. Kursi baris kedua berupa captain seat dilengkapi dengan sandaran tangan ganda. Kursi baris ketiga mendukung lipatan terpisah 40:60 dan menawarkan sudut rebah maksimum 127 derajat.

    Wuling Xingguang 730 memiliki 25 kompartemen penyimpanan. Kursi baris ketiga menampilkan desain lipatan unik, yang memungkinkan transformasi volume bagasi dari 315 liter menjadi 1.202 liter dengan melipat sandaran kursi dan membalik bantalan.

    Di balik kap, Wuling Xingguang 730 menawarkan tiga pilihan mesin: plug-in hybrid, listrik murni, dan bensin. Varian plug-in hybrid menggunakan Lingxi Power 3.0, yang menggabungkan mesin 1,5 liter dengan motor listrik 10-in-1 generasi keempat. Konsumsi bahan bakarnya mencapai 5,3 liter/100 km. Daya jangkau motor listriknya mencapai 125 km (CLTC), sementara jangkauan gabungan mesin bensin dan motor listrik mencapai 1.100 km (CLTC).

    Di sisi lain, Wuling Xingguang 730 full EV ditenagai motor listrik 100 kW dan Baterai Shenlian 60 kWh. Sekali cas sampai penuh, mobil listrik itu bisa menjangkau jarak 500 km (CLTC). Mobil ini mendukung pengisian cepat 2C, yang memungkinkan peningkatan jangkauan 200 km hanya ngecas dalam 15 menit.

    Terakhir, untuk pilihan mesin bensin ditawarkan dengan mesin 1,5T yang menghasilkan daya maksimum 130 kW (174 hp). Mesin dipasangkan dengan transmisi manual 6 kecepatan atau CVT.

    Berikut daftar harga Wuling Xingguang (Starlight) 730 atau kembaran Cortez Darion di China:

    Pure Electric 500 Km Luxury: 112.800 yuan (Rp 262,5 juta)Plug-in Hybrid 125 Km Luxury: 106.800 yuan (Rp 248,5 juta)Fuel 1.5T CVT Elite: 86.800 yuan (Rp 202 juta)Fuel 1.5T 6MT Comfort: 76.800 yuan (Rp 178,7 juta).

    (rgr/riar)

  • SUV Premium China Bakal Goda Orang Kaya Indonesia, Ini Bocorannya

    SUV Premium China Bakal Goda Orang Kaya Indonesia, Ini Bocorannya

    Shanghai

    Satu lagi SUV premium dari China bakal menggoda orang kaya di Indonesia. Adalah Omoda O9 yang siap memanaskan pasar otomotif di Tanah Air.

    Pilihan SUV premium di Indonesia bakal makin beragam. Produsen asal China Jaecoo bakal segera memboyong Omoda O9 ke Indonesia. Nantinya, Omoda O9 itu bakal menantang SUV premium dari Lexus hingga BMW. Head of Product Jaecoo Indonesia Ryan Ferdiean Tirto akan menyasar orang berduit yang tengah mencari SUV premium dengan performa yang mumpuni.

    “Orang-orang yang secara finansial sudah mature, sudah berkecukupan lalu mereka masih antusias untuk nyetir. Kurang lebih masih di atas 40 tahun masih oke, karena mobil ini tidak cuma luxury, tidak cuma premium tapi secara performa mobilnya oke,” jelas Ryan ditemui di Shenzhuan Hwy, Shanghai, Kamis (16/10/2025).

    Satu lagi SUV premium dari China bakal menggoda orang kaya di Indonesia. Adalah Omoda O9 yang siap memanaskan pasar otomotif di Tanah Air. Foto: Dina Rayanti/detikOto

    Ryan menambahkan, Omoda O9 dilengkapi dengan teknologi plug-in hybrid. Hal itu membuat SUV premium anyar tersebut cocok digunakan untuk harian. Khusus Omoda O9 versi setir kanan sejatinya sudah dijual di beberapa negara seperti di Australia dan Inggris.

    “Buat hobi bisa buat harian bisa karena ini kan plug-in hybrid, jadi rangenya pun panjang. Ini kurang lebih mirip dengan dengan J8 kita 180 km, full sama bensin sekitar 1.400 km,” tambah Ryan.

    Sebagai informasi tambahan, di Australia, Omoda O9 ini dibekali dengan mesin 1.5L turbo dan tiga motor listrik yang secara keseluruhan bisa menyemburkan tenaga 395 kW. Akselerasinya 0-100 km/jam dapat ditempuh dalam waktu 4,9 detik.

    Satu lagi SUV premium dari China bakal menggoda orang kaya di Indonesia. Adalah Omoda O9 yang siap memanaskan pasar otomotif di Tanah Air. Foto: Dina Rayanti/detikOto

    Omoda O9 mengusung baterai berkapasitas 34 kWh yang memungkinkan mobil berjalan dengan mode EV dan menjelajah sejauh 169 km. Dalam kondisi baterai dan tangki bensin penuhm jarak tempuhnya bisa lebih dari 1.100 km. Pengecasan baterai pun tak memakan waktu lama. 30-80 persen hanya perlu 25 menit. Berbekal mesin PHEV dan itur khas SUV premium, di Negeri Kangguru Omoda O9 itu dibanderol AUD 61.990 atau kalau dirupiahkan setara dengan Rp 668 juta.

    (dry/lth)

  • Syarat Motor Baru Yamaha YZR-M1 V4 Agar Bisa Bersaing di MotoGP

    Syarat Motor Baru Yamaha YZR-M1 V4 Agar Bisa Bersaing di MotoGP

    Jakarta

    Yamaha terus bekerja keras menyempurnakan proyek mesin YZR-M1 V4 agar kompetitif di MotoGP. Salah satu pebalap yang sudah mencoba motor prototipe tersebut, Jack Miller, mengaku puas dengan arah pengembangannya. Namun, ia menilai masih ada pekerjaan besar yang harus dilakukan, terutama soal tenaga mesin.

    “Seperti semua hal, ini adalah proyek baru,” terang Miller di Sirkuit Phillip Island, Kamis (16/10/2025) kemarin, seperti dikutip dari Crash. “Saat kami menguji motor ini di Barcelona dan Misano dengan waktu terbatas yang kami miliki, saya sangat senang dengan arah pengembangan motor ini,” tambah dia.

    Pembalap Prima Pramac Yamaha MotoGP Jack Miller (tengah) saat tiba di Bandara Internasional Lombok, Praya, Lombok Tengah, NTB, Senin (29/9/2025) jelang MotoGP Mandalika 2025. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/nz Foto: ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

    Yamaha diketahui tengah berupaya mengatasi masalah klasik mereka: cengkeraman ban belakang, serta akselerasi. Miller menilai pabrikan asal Jepang itu sudah membuat kemajuan berarti di area tersebut.

    “Area yang perlu perbaikan sudah dilakukan, dalam hal penggunaan ban belakang agar mampu menghentikan motor dan sekaligus berakselerasi, tapi tanpa mengorbankan terlalu banyak bagian depan Yamaha yang memiliki kemampuan manuver sangat bagus,” terangnya.

    Meski begitu Miller tak menutupi kelemahan utama Yamaha saat ini: tenaga mesin. “Jelas ini masih dalam tahap awal dan kami perlu menghasilkan lebih banyak tenaga kuda. Tapi menurut saya, itu salah satu hal termudah yang bisa dilakukan dalam pembuatan sepeda motor (baru),” tegas rider Australia itu.

    Mesin YZR-M1 V4 akan kembali tampil sebagai wild card di Sepang akhir pekan depan, dengan pebalap penguji Augusto Fernandez turun langsung di lintasan. Yamaha disebut baru akan memutuskan nasib mesin V4 ini untuk musim 2026 setelah serangkaian uji coba di Malaysia dan Valencia.

    Sementara itu, rider Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo sempat mengungkapkan kekecewaannya terhadap performa awal Yamaha M1 V4 di Misano. Namun, Yamaha tetap optimistis bisa menyempurnakannya agar siap bersaing dengan Ducati dan KTM yang sudah lebih dulu memakai konfigurasi mesin V4.

    Miller sendiri akan menjadi bagian dari tim Yamaha musim 2026, bersama Quartararo, Alex Rins, dan Toprak Razgatlioglu. Ia menegaskan masih punya motivasi besar. “Saya merasa masih banyak yang bisa saya berikan, dan yang terbaik belum datang. Kami akan terus berusaha menemukan jalan kembali ke garis depan,” pungkasnya.

    (lua/lth)

  • Mobil Listrik Xiaomi Terbakar usai Kecelakaan, Evakuasi Korban Jadi Sorotan

    Mobil Listrik Xiaomi Terbakar usai Kecelakaan, Evakuasi Korban Jadi Sorotan

    Jakarta

    Mobil listrik Xiaomi SU7 Ultra terbakar setelah mengalami kecelakaan di Chengdu, China. Dilaporkan, satu orang meninggal dunia akibat kecelakaan tersebut. Sistem keselamatan mobil itu menjadi sorotan.

    Kecelakaan itu terjadi pada 13 Oktober 2025 dini hari lalu. Xiaomi SU7 Ultra terbakar hebat setelah menabrak median jalan. Satu orang dilaporkan meninggal dunia akibat kejadian ini.

    Carnewschina memberitakan, kecelakaan ini disebabkan oleh pengemudi yang berada di bawah pengaruh alkohol. Meski dipicu kelalaian pengemudi yang berkendara di bawah pengaruh alkohol, sorotan lain tertuju kepada keselamatan kendaraan dan sistem akses darurat pada kendaraan listrik modern. Sebab, orang lain yang ingin membantu pengendara Xiaomi SU7 itu kesulitan mengeluarkan pengendara tersebut.

    Video yang beredar di media sosial menggambarkan pemandangan mengerikan. Beberapa pengendara yang kebetulan lewat di lokasi kejadian langsung berhenti untuk membantu. Mereka mencoba memecahkan kaca samping Xiaomi SU7 tapi tidak berhasil. Kaca tetap utuh, dan pengemudinya masih berada di dalam. Mereka juga mencoba membuka pintu mobil Xiaomi itu, tapi gagal. Diduga mobil tersebut masih terkunci saat terbakar sehingga menghambat penyelamatan.

    Huawei turut mengomentari kejadian mobil listrik Xiaomi yang terbakar dan penyelamatan terhadap pengendaranya terhambat. Di akun media sosialnya, Direktur Eksekutif Huawei dan CEO Consumer Business Group, Yu Chengdong, menyoroti pendekatan perusahaan terhadap keselamatan kendaraan.

    “Keselamatan adalah kemewahan terbesar! Kami selalu berusaha untuk mencapai standar kualitas dan keselamatan tertinggi,” kata Yu merujuk pada video yang mendemonstrasikan collision unlock redundancy module (CPM) pada mobil Aito M8 dan sistem kunci pintu empat lapis pada kendaraan yang dilengkapi HarmonyOS.

    Dalam video tersebut, Yu menjelaskan bahwa kunci pintu konvensional dapat gagal berfungsi saat terjadi tabrakan parah jika salah satu modul, seperti penerima sinyal tabrakan, catu daya, atau penggerak kontrol, mengalami malfungsi. Modul CPM Huawei menduplikasi sistem-sistem penting ini, menempatkannya di lokasi yang terlindungi, dan dilengkapi jalur pengaman khusus untuk penerimaan sinyal tabrakan. Sehingga, ketika terjadi kecelakaan pintu mobil tetap mudah dibuka untuk mengevakuasi pengemudi maupun penumpangnya.

    “Desain kunci pintu empat lapis kami menunjukkan pentingnya hal ini di saat-saat kritis. Akses darurat ke kendaraan sangatlah penting,” katanya.

    (rgr/din)

  • Dari Importir Jadi Basis Produksi Global

    Dari Importir Jadi Basis Produksi Global

    Jakarta

    Industri otomotif Indonesia berkembang begitu pesat setelah lebih dari 50 tahun berkiprah. Dulu, kendaraan yang ada di Indonesia harus diimpor dari luar negeri. Sekarang, Indonesia menjadi basis produksi otomotif untuk dunia.

    PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) baru saja merayakan 3 juta unit ekspor kendaraan Toyota ke lebih dari 100 negara di berbagai belahan dunia. Pencapaian ini tidak dapat diraih melalui proses singkat, namun membutuhkan kerja keras dan dedikasi panjang.

    Perjalanan membangun industri otomotif nasional dimulai dari aktivitas impor di tahun 1970-an. Kini, industri otomotif Tanah Air sudah mampu memproduksi kendaraan yang berstandar global.

    “Industri otomotif Indonesia telah tumbuh dan berkembang menjadi industri yang matang, melalui perjalanan panjang sejak era 1970-an dalam 7 tahap. Dimulai sebagai importir kendaraan, bertransformasi hingga akhirnya mampu memproduksi mesin, komponen, hingga kendaraan utuh dalam skala besar,” kata Bob Azam Wakil Presiden Direktur PT TMMIN.

    Seiring berjalannya waktu, lanjut Bob, tingkat kandungan lokal terus meningkat. Bahkan sekarang tingkat komponen dalam negeri (TKDN) mobil buatan Indonesia telah mencapai lebih dari 80 persen.

    “Saat ini, Indonesia tidak hanya menjadi basis produksi kendaraan berbasis mesin ICE, namun juga kendaraan elektrifikasi untuk pasar domestik maupun ekspor. Transformasi ini menunjukkan bahwa proses produksi otomotif nasional telah mencapai level lebih tinggi, sebagai industri yang mampu menjalankan seluruh tahapan produksi, hingga menjadi produk akhir berdaya saing di pasar global,” ujar Bob.

    Industri manufaktur merupakan salah satu sektor yang menjadi tumpuan bagi pertumbuhan perekonomian Indonesia. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), sektor ini menyumbang 18,98% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) dan berkontribusi sebesar 0,9% terhadap total pertumbuhan ekonomi nasional yang mencapai 5,03% pada tahun 2024.

    Industri otomotif juga berperan penting dalam penerimaan pajak. Tidak hanya melalui Pajak Penghasilan (PPh), Pajak Pertambahan Nilai (PPN), dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) yang dikenakan secara nasional, tetapi juga melalui Pajak Daerah seperti Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB). Menurut Kementerian Dalam Negeri, penerimaan pajak dari kendaraan bermotor menjadi salah satu sumber utama Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang berpengaruh terhadap fiskal daerah.

    “Terimakasih kepada masyarakat Indonesia, konsumen dan pelanggan, jaringan penjualan, serta para pemangku kepentingan yang telah mendukung perkembangan industri otomotif dalam negeri sehingga dapat menjadi salah satu tulang punggung pertumbuhan ekonomi dan kontributor positif bagi neraca perdagangan melalui kegiatan ekspor,” ujar Nandi Julyanto Presiden Direktur PT TMMIN.

    Berdasarkan data GAIKINDO, sepanjang Januari hingga September 2025 ekspor kendaraan utuh Toyota hasil produksi anak bangsa sebanyak 218.162 unit. Ekspor mobil Toyota menguasai sekitar 57% terhadap total ekspor industri otomotif nasional, yang mencapai 384.382 unit.

    Adapun model kendaraan primadona ekspor PT TMMIN diantarany Kijang Innova (ICE dan HEV), Veloz, Fortuner, dan Yaris Cross (ICE dan HEV). Sementara itu, dua line up kendaraan elektrifikasi Toyota yaitu Kijang Innova Zenix HEV dan Yaris Cross HEV berkontribusi 7% terhadap total kinerja ekspor Toyota di kawasan Asia, Amerika Latin, Timur Tengah, dan Afrika.

    Berikut daftar mobil Toyota buatan Indonesia yang mendunia:

    Ekspor Toyota Januari-September 2025Tipe SUV (Fortuner, Rush, Raize): 79.558 unitTipe MPV (Kijang Innova, Kijang Innova Zenix, Avanza, Town/Lite Ace, Veloz): 75.523 unitTipe Sedan, Hatchback, LCGC (Agya, Yaris Cross): 47.333 unitTipe Kijang Innova Zenix Hybrid: 9.269 unitTipe Yaris Cross Hybrid: 6.479 unit.

    (rgr/lth)