Jenis Media: Otomotif

  • Jadwal MotoGP Australia 2025 Pagi Ini, Balap Mundur 1 Jam

    Jadwal MotoGP Australia 2025 Pagi Ini, Balap Mundur 1 Jam

    Jakarta

    Gelaran MotoGP 2025 akhir pekan ini berlangsung di Sirkuit Phillip Island, Australia. Berikut adalah jadwal balap utama MotoGP Australia 2025, Minggu (19/10/2025). Balap diundur satu jam karena alasan cuaca.

    Setelah menggelar balap di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, dua pekan lalu, rangkaian MotoGP di kawasan Asia berlanjut ke Australia. Sirkuit Phillip Island menjadi venue ke-19 penyelenggaraan MotoGP 2025.

    Tahun lalu Marc Marquez berhasil menaklukan lintasan sepanjang 4,45 km itu, diikuti Jorge Martin di tempat kedua, dan Francesco Bagnaiadi urutan ketiga. Sayangnya, buat tahun ini Marquez harus absen dari MotoGP Australia usai mendapatkan cedera di MotoGP Mandalika.

    Pada sprint race MotoGP Australia 2025 yang digelar Sabtu (19/10) pagi, pebalap Aprilia Racing Marco Bezzecchi, sukses keluar sebagai juaranya. Diikuti oleh rider Trackhouse Aprilia Raul Fernandez, di urutan kedua dan pebalap Red Bull KTM Pedro Acosta, di tempat ketiga.

    Pebalap-pebalap Yamaha juga cukup kencang di Phillip Island, dibuktikan dengan pebalap Pramac Yamaha Jack Miller yang menempati urutan keempat di sprint. Rider Monster Yamaha Fabio Quartararo meraih pole position di sesi kualifikasi, tapi sayangnya dia harus finis di urutan ketujuh pada balap sprint.

    Jadwal MotoGP Australia 2025 pagi ini dimulai dengan race Moto3 pada pukul 08.00 WIB, kemudian dilanjutkan race Moto2 pada jam 09.15 WIB, dan diakhiri dengan balapan utama MotoGP pada pukul 11.00 WIB. Jadwal tersebut mundur satu jam karena adanya perubahan cuaca.

    Jadwal Balap Utama MotoGP Australia 2025 Minggu (19/10)

    1. 08:00 WIB: Race Moto3 (21 Laps)
    2. 09:15 WIB: Race Moto2 (23 Laps)
    3. 11:00 WIB: Race MotoGP (27 Laps)

    (lua/riar)

  • BYD Recall 115 Ribu Mobil di China, Ini Masalahnya

    BYD Recall 115 Ribu Mobil di China, Ini Masalahnya

    Jakarta

    BYD mengajukan rencana penarikan kembali (recall) ke Administrasi Negara untuk Regulasi Pasar China (SAMR). Langkah ini diambil untuk mengatasi potensi masalah keselamatan pada dua model kendaraan dengan total 115.783 unit yang terdampak.

    Recall ini muncul setelah SAMR melakukan investigasi dan menemukan adanya cacat pada komponen tertentu. Masalah yang akan diperbaiki mencakup malfungsi pada pengendali motor penggerak hingga kekurangan dalam penyegelan baterai daya, yang berpotensi memengaruhi performa dan keselamatan kendaraan listrik BYD.

    Recall pertama, dengan kode S2025M0165I, menyasar 44.535 unit BYD Tang tahun 2015 yang diproduksi antara 28 Maret 2015 hingga 28 Juli 2017. Masalahnya berasal dari desain dan pemilihan komponen pada pengendali motor penggerak. Komponen ini berpotensi mengalami fungsi pelepasan daya (active discharge) yang tidak normal saat digunakan. Dalam kondisi ekstrem, hal ini bisa menyebabkan papan sirkuit terbakar dan mode penggerak listrik murni kendaraan gagal berfungsi-jelas menjadi risiko keselamatan.

    Untuk mengatasi hal tersebut, diler resmi BYD akan melakukan pembaruan perangkat lunak, mengganti metode pelepasan daya menjadi motor discharge, guna menghilangkan potensi bahaya.

    Recall kedua, dengan kode S2025M0166I, mencakup 71.248 unit BYD Yuan Pro listrik murni yang diproduksi dari 6 Februari 2021 hingga 5 Agustus 2022. Kali ini, masalahnya ada pada proses produksi, di mana gasket penyegel baterai kemungkinan terpasang tidak sempurna, sehingga mengurangi kemampuan kedap air. Jika kendaraan melaju dalam kondisi genangan atau berkendara cepat melewati air dalam waktu lama, air bisa masuk ke dalam baterai, mengurangi isolasi listrik. Dalam situasi ekstrem, daya baterai bisa turun drastis dan menimbulkan risiko keselamatan.

    Sebagai solusi, BYD akan memperkuat casing baterai menggunakan sealant khusus yang memastikan kembali fungsi tahan air dan menghilangkan potensi bahaya.

    BYD Tang 2015 yang terdampak recall merupakan model Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV). Sesuai namanya, mobil ini pertama kali diluncurkan pada 2015 dan menjadi salah satu pionir SUV hybrid BYD yang menggabungkan mesin bensin dengan motor listrik.

    Sementara itu, BYD Yuan Pro adalah mobil listrik murni (pure EV) yang diperkenalkan pada 2021. Unit yang ikut dalam recall ini diproduksi antara 2021 hingga 2022, ketika model tersebut mulai menarik perhatian pasar karena harga yang relatif terjangkau dan jarak tempuh yang kompetitif.

    Kedua model ini tidak dipasarkan di Indonesia.

    (riar/lua)

  • Gokil! Ini Mobil 5 in 1 dari Chery, Bisa Jadi SUV Sampai Pikap Double Cabin

    Gokil! Ini Mobil 5 in 1 dari Chery, Bisa Jadi SUV Sampai Pikap Double Cabin

    Wuhu, China

    Chery International User Summit di Wuhu, China, menjadi saksi kelahiran mobil yang sangat unik dan mungkin pertama kalinya di dunia. Mobil bisa bertransformasi jadi mobil 7 seater, 5 seater, pick up, camping car atau jadi convertible SUV (mobil SUV beratap terbuka). Mobil 5 in 1 ini namanya!

    Ribuan pasang mata termasuk detikcom yang menyaksikan langsung perkenalan perdana mobil Chery dengan kode TT1P terkesima melihat mobil yang bisa bertransformasi ini.

    Mobil diperkenalkan langsung oleh Vice President of Chery Brand, Zheng Song Zhi di Chery International Park, Jumat (17/10/2025) malam.

    Dari depan, mobil memang terlihat seperti mobil biasa, dengan grille yang lebar, namun di bagian atapnya lebih tebal, dengan ban berukuran besar yang membuat mobil bisa menembus berbagai medan. Wading depth mobil ini mencapai 700 mm, jadi mudah melalui medan atau jalan yang tergenang air.

    “Mobil ini merupakan masukan dari pengguna mobil dari seluruh dunia,” ujar Zheng Song Zhi yang menyebut mobil ini sebagai Transformable Multi-SUV.

    Chery International User Summit di Wuhu, China, menjadi saksi kelahiran mobil yang sangat unik dan mungkin pertama kalinya di dunia. Mobil bisa bertransformasi jadi mobil 7 seater, 5 seater, pick up, camping car atau jadi convertible SUV (mobil SUV beratap terbuka). Mobil 5 in 1 ini namanya! Foto: Dadan Kuswaraharja/detikCom

    Dia mencontohkan seorang pengguna mobil di Brazil, Diego (34 tahun), yang selama ini mengendarai mobil kecil, ingin upgrade ke mobil besar yang lebih keren dan mempunyai ruang yang cukup untuk membawa alat mancingnya.

    Pengendara dari Indonesia juga dia sebut, yang bernama Ari (38 tahun). Ari menginginkan sebuah mobil yang kuat dan bisa dipakai untuk kegiatan camping. “Saya merasa tidak nyaman tinggal di hotel, saya ingin keluarga saya terbangun melihat pemandangan alam,” tulis Ari.

    Karena itulah mobil ini dibangun oleh Chery, sebuah mobil yang bisa dipakai untuk pergi memancing, road trip, berkemah, bersepeda, bekerja, berbelanja atau sekedar mengantar anak-anak sekolah.

    Chery International User Summit di Wuhu, China, menjadi saksi kelahiran mobil yang sangat unik dan mungkin pertama kalinya di dunia. Mobil bisa bertransformasi jadi mobil 7 seater, 5 seater, pick up, camping car atau jadi convertible SUV (mobil SUV beratap terbuka). Mobil 5 in 1 ini namanya! Foto: Dadan Kuswaraharja/detikCom

    Dalam video yang dilihat detikcom, memang mobil ini cukup menarik. Dalam hitungan beberapa saat, mobil bisa terlipat bagian atapnya menjadi mobil pikap double cabin dengan kapasitas bagasi belakang mencapai 600 liter yang bisa menampung 4 sepeda MTB, atau menjadi mobil 5 seater dengan bagian belakang yang sangat luas untuk menampung berbagai barang.

    “Sungguh menakjubkan ya,” ujar Zheng Song Zhi.

    Untuk powertrainnya, Chery belum menyebutkan, namun di bagian belakang mobil ini ada tulisan CSH (Chery Super Hybrid) yang menandakan mobil memiliki powertrain ganda.

    (ddn/lth)

  • Spesifikasi Mobil Baru Rival Suzuki Jimny yang Harganya Rp 180 Jutaan

    Spesifikasi Mobil Baru Rival Suzuki Jimny yang Harganya Rp 180 Jutaan

    Jakarta

    Mahindra Thar yang berstatus sebagai rival Suzuki Jimny tiga-pintu akhirnya mendapat pembaruan minor. Kendaraan tersebut secara umum mendapat sentuhan anyar di bagian interior, eksterior serta teknologi.

    Meski demikian, Mahindra Thar terbaru bukan meluncur di Indonesia, melainkan di India. Mobil off-road itu sejak awal memang dikembangkan dan diproduksi khusus untuk konsumen di Negeri Hindustan.

    Di India, Mahindra Thar terbaru hanya dibanderol mulai dari 9.99 lakh rupee atau sekira Rp 180 jutaan. Lantas, dengan harganya yang sedemikian miring, bagaimana spesifikasi mobil penantang Jimny tersebut?

    Spesifikasi Mahindra Thar Terbaru

    Disitat dari Gaadiwaadi, Sabtu (18/10), Mahindra Thar terbaru sekarang mendapat sentuhan dua warna atau dual-tone di bagian gril dan bumper depan. Sementara bagian interiornya kini dibuat lebih gelap dengan dasbor dan setir yang dilaburi kelir serba hitam.

    Mahindra Thar 3 Pintu 2025. Foto: Doc. Mahindra Auto

    Bukan hanya itu, produsen juga menyematkan AC atau pendingin tambahan di baris kedua, kemudian kursi depan mendapat sandaran tangan untuk memberikan kenyamanan lebih. Selain itu, kendaraan tersebut kini dilengkapi kamera belakang dan layar hiburan sentuh dengan dukungan Android Auto dan Apple Carplay.

    Selain itu, tak ada yang baru dari rival terberat Suzuki Jimny 3-pintu tersebut. Kendaraan itu masih mengusung gaya off road dengan aksen yang dirancang serba mengotak. Meski tampangnya garang, namun buatan India itu punya dimensi yang tergolong kompak. Panjangnya hanya 3.985 mm dengan lebar 1.820 mm dan jarak sumbu roda 2.450 mm.

    Di balik kap mesin, Mahindra tetap menawarkan mesin bensin turbo mStallion 2.0 liter yang menghasilkan tenaga 150 hp dan torsi hingga 320 Nm.

    Selain itu, ada opsi mesin diesel mHawk 2.2 liter yang menghasilkan tenaga maksimum 130 hp dan torsi puncak 300 Nm. Tersedia juga mesin diesel D117 CRDe yang disetel pada 117 hp dengan torsi 300 Nm. Spesifikasi tersebut disalurkan ke empat roda melalui transmisi otomatis dan manual enam-percepatan.

    (sfn/lth)

  • Pencinta Suzuki Jimny Jangkrik, Swift, Ignis Sampai Ertiga Ngumpul di TMII, Ada Apa Ini?

    Pencinta Suzuki Jimny Jangkrik, Swift, Ignis Sampai Ertiga Ngumpul di TMII, Ada Apa Ini?

    Tahun ini juga menjadi momen istimewa bagi keluarga besar Suzuki Club dengan hadirnya komunitas baru Suzuki XL7 Community Indonesia (SXLCI). Kehadiran SXLCI menandai semakin luasnya ekosistem pengguna Suzuki serta tumbuhnya kepercayaan pelanggan terhadap produk SUV andalan, New XL7 Hybrid. Dengan bergabungnya SXLCI, kini terdapat 16 komunitas resmi Suzuki, di antaranya SXCI, IAC, SECI, SSCI, BCI, IDGV, IGNITY, SJI, SCI, ERCI, KCI, ERMAN, AIC, SCCI, dan komunitas rescue Suzuki Club Reaksi Cepat (SCRC). Foto: dok. Suzuki Indomobil Sales

  • Viral Pajero Pakai Tot-tot Wuk-wuk, Sopirnya Ditegur Malah Nantangin!

    Viral Pajero Pakai Tot-tot Wuk-wuk, Sopirnya Ditegur Malah Nantangin!

    Jakarta

    Media sosial dihebohkan dengan video yang menampilkan Mitsubishi Pajero Sport menyalakan strobo atau ‘tut-tut wuk-wuk’ saat kondisi lalu lintas dengan padat. Kendaraan tersebut menggunakan pelat dinas Polri dan melaju di bahu jalan.

    Dilihat dari akun TikTok @otomotifrunning, perekam video menegur pengemudi Pajero Sport yang menyalakan strobo ketika jalanan sedang macet-macetnya. Namun, bukannya meminta maaf atau patuh, pengemudi kendaraan tersebut justru membuka jendela, kemudian melontarkan kalimat dengan nada menantang.

    “Mau diviralin ya? Mau diviralin? Jangan kayak begitu,” demikian ujar pengemudi Pajero Sport berstrobo tersebut kepada si perekam video, dikutip Sabtu (18/10).

    Sayangnya, tidak diketahui pasti, apa alasan pengemudi Pajero Sport tersebut menyalakan strobo atau tut-tut wuk-wuk saat jalanan sedang ramai. Padahal, ketika jendela kendaraan dibuka, dia tak sedang terburu-buru. Bahkan, dia hanya mengenakan pakaian santai dengan penumpang wanita di sisinya.

    Hingga tulisan ini dimuat, video singkat tersebut sudah disaksikan 4,5 juta kali dan mendapat hampir 7 ribu komentar. Kebanyakan menyayangkan aksi pengemudi Pajero yang terlihat arogan dan ‘petantang-petenteng’.

    Diberitakan sebelumnya, Korps Lalu Lintas (Korlantas) telah mengambil langkah tegas soal penggunaan strobo dan rotator di jalan raya. Mereka membekukan pemakaian dua perangkat tersebut, namun pengawalan khusus terhadap pejabat tertentu tetap dilaksanakan.

    “Kami menghentikan sementara penggunaan suara-suara itu, sembari dievaluasi secara menyeluruh. Pengawalan tetap bisa berjalan, hanya saja untuk penggunaan sirene dan strobo sifatnya dievaluasi. Kalau memang tidak prioritas, sebaiknya tidak dibunyikan,” ujar Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Agus Suryonugroho, beberapa pekan lalu.

    Lebih jauh, Agus menekankan, penggunaan sirene hanya boleh dilakukan pada kondisi tertentu yang benar-benar membutuhkan prioritas. Bukan asal-asalan demi mengejar kecepatan.

    “Kalau pun digunakan, sirene itu untuk hal-hal khusus, tidak sembarangan. Sementara ini sifatnya imbauan agar tidak dipakai bila tidak mendesak,” tegasnya.

    Keputusan bijak tersebut diambil sebagai bentuk respons positif atas aspirasi masyarakat yang merasa terganggu dengan penggunaan sirene dan strobo di jalan raya.

    “Kami berterima kasih atas kepedulian publik. Semua masukan akan kami tindaklanjuti. Untuk sementara, mari bersama-sama menjaga ketertiban lalu lintas,” kata dia.

    (sfn/lth)

  • Pencinta Suzuki Jimny Jangkrik, Swift, Ignis Sampai Ertiga Ngumpul di TMII, Ada Apa Ini?

    Ratusan Pecinta Mobil Suzuki Kumpul di Jambore Suzuki Club 2025!

    Jakarta

    Padat! Taman Mini Indonesia Indah (TMII) mendadak dibuat sesak pecinta mobil Suzuki. Bagaimana tidak ratusan pecinta mobil Suzuki dengan puluhan mobil Suzuki memadati penyelengaraan Jambore Suzuki Club 2025.

    Langkah PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memberikan dukungan terhadap penyelenggaraan Jambore Suzuki Club 2025 dan dan ajak kumpul pecinta mobil Suzuki di Museum Purna Bhakti Pertiwi, TMII, Jakarta, dilakukan sebagai upaya menjaga kepercayaan dan memberikan peace of mind kepada pelanggan.

    Dijelaskan dukungan ini juga mencerminkan filosofi layanan Suzuki untuk menjadi merek yang dipercaya melalui produk dan layanan berkualitas tinggi yang berorientasi pada kebutuhan konsumen. Mengingat bagi pabrikan asal Jepang berlogo ‘S’ ini, kepuasan pelanggan tidak berhenti pada proses penjualan kendaraan, tetapi berlanjut dalam bentuk pendampingan jangka panjang melalui layanan purna jual, salah satunya melalui wadah komunitas.

    “Senang rasanya Suzuki Indonesia bisa kembali memberikan support bagi para konsumen yang tergabung dalam komunitas Suzuki untuk menyelenggarakan Jambore Suzuki Club 2025,” ujar 4W Deputy Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales, Dony Ismi Saputra.

    Menurut Dony, meningkatnya jumlah peserta tahun ini menjadi bukti nyata kecintaan dan loyalitas pelanggan terhadap Suzuki.

    “Antusiasme ini sangat menyentuh hati kami, karena menunjukkan bahwa pelanggan bukan hanya membeli kendaraan, tapi juga menjadi bagian dari keluarga besar Suzuki,” tambahnya.

    Jajaran direksi Suzuki Indomobil Sales ikut menghadiri Jambore Suzuki Club 2025 dan ajak kumpul pecinta mobil Suzuki digelar di Museum Purna Bhakti Pertiwi, TMII, Jakarta. Foto: dok. Suzuki Indomobil Sales

    Mengusung semangat “Lovely Day” Jambore Suzuki Club 2025 menghadirkan tiga pilar utama kegiatan: Love for the Family, Love for the Earth, dan Drive with Love. Dijelaskan, fokus dukungan Suzuki tahun ini terletak pada pilar Drive with Love, yang merepresentasikan dedikasi perusahaan terhadap layanan purna jual dan pengalaman pelanggan.

    Beberapa bentuk komitmen Suzuki dalam kegiatan ini antara lain:

    * Layanan Purna Jual dan Pemeriksaan Kendaraan: Peserta dapat memanfaatkan fasilitas servis gratis dan uji emisi yang didukung oleh jaringan dealer resmi Suzuki.

    * Edukasi Berkendara Aman: Melalui Safety driving experience track dan test drive, peserta diajak merasakan langsung pentingnya keselamatan dan kenyamanan berkendara.

    * Apresiasi dan Interaksi Pelanggan: Sebagai bentuk penghargaan terhadap loyalitas pengguna, Suzuki menyiapkan goodie bag, sesi photo action, serta area refreshment yang mempererat kebersamaan antar komunitas.

    Gelaran Jambore Suzuki Club kali ini menjadi edisi ketiga setelah sukses diselenggarakan pada tahun 2019 dan 2022. Antusiasme peserta tercatat semakin tinggi dengan jumlah partisipasi lebih dari 2.200 anggota komunitas. Kehadiran pelanggan pun menjadi hal menarik melalui beragam model kendaraan Suzuki yang dibawa, mulai dari keluaran terbaru hingga unit legendaris produksi tahun 1977.

    Selain aspek layanan, dua pilar lainnya turut memperkuat nilai kekeluargaan dan kepedulian sosial. Love for the Family diisi dengan fun games, kids outdoor playground, car showcase, hingga Ngemper Estetik. Sementara itu, Love for the Earth diwujudkan melalui kolaborasi dengan NGO lingkungan #SeaSoldier dan deklarasi Suzuki Club Cinta Lingkungan.

    Jambore Suzuki Club 2025 dan ajak kumpul pecinta mobil Suzuki digelar di Museum Purna Bhakti Pertiwi, TMII, Jakarta. Foto: dok. Suzuki Indomobil Sales

    Tahun ini juga menjadi momen istimewa bagi keluarga besar Suzuki Club dengan hadirnya komunitas baru Suzuki XL7 Community Indonesia (SXLCI). Kehadiran SXLCI menandai semakin luasnya ekosistem pengguna Suzuki serta tumbuhnya kepercayaan pelanggan terhadap produk SUV andalan, New XL7 Hybrid. Dengan bergabungnya SXLCI, kini terdapat 16 komunitas resmi Suzuki, di antaranya SXCI, IAC, SECI, SSCI, BCI, IDGV, IGNITY, SJI, SCI, ERCI, KCI, ERMAN, AIC, SCCI, dan komunitas rescue Suzuki Club Reaksi Cepat (SCRC).

    Jambore Suzuki Club 2025 dan ajak kumpul pecinta mobil Suzuki digelar di Museum Purna Bhakti Pertiwi, TMII, Jakarta. Foto: dok. Suzuki Indomobil Sales

    “Kami merasa bangga karena Suzuki tidak hanya mendukung dari sisi acara, tapi juga memberi perhatian nyata terhadap kebutuhan kami sebagai pengguna melalui fasilitas-fasilitas yang ada. Salah satunya melalui komunitas, kami belajar banyak tentang perawatan kendaraan, keselamatan berkendara, hingga kepedulian sosial dan juga kepedulian terhadap lingkungan. Ini membuktikan bahwa Suzuki hadir bukan hanya sebagai produsen mobil, tetapi juga sebagai mitra perjalanan,” ungkap Sekretaris Panitia Jambore Suzuki Club 2025, Imam Rachmadi.

    Dengan semangat kebersamaan dan pelayanan berkelanjutan, Suzuki berharap Jambore Suzuki Club 2025 menjadi bukti bahwa kepuasan pelanggan adalah prioritas utama Suzuki Indonesia.

    “Kami ingin pelanggan Suzuki merasa tenang karena tahu mereka tidak sendiri. Setiap kendaraan Suzuki selalu didukung oleh layanan purna jual yang tangguh, jaringan bengkel resmi yang luas, dan komunitas yang saling mendukung. Inilah makna peace of mind yang sesungguhnya,” tutup Dony.

    (lth/din)

  • Pabrikan Mobil China Dulu Cuma Pengekor, Kini Jadi Pelopor

    Pabrikan Mobil China Dulu Cuma Pengekor, Kini Jadi Pelopor

    Jakarta

    Wuhu-Pabrikan China dulu terkenal sering menduplikasi para produsen ternama di dunia. Tapi kini situasinya berubah, pabrikan China disebut jadi pelopor teknologi canggih di seluruh dunia.

    Merek mobil China kian masif masuk di industri otomotif global. Banyak pabrikan China berlomba-lomba menyajikan mobil berteknologi tinggi disertai dengan harga yang ramah di kantong. Padahal kalau dirunut dalam beberapa tahun ke belakang, industri otomotif China justru dihiasi dengan plagiarisme.

    Banyak model mobil meniru model lain. Desainnya bahkan cukup identik dengan deretan mobil Eropa. Sayangnya kalau bicara kualitas, mungkin masih jauh dari standar. Tapi itu cerita dulu, sekarang kondisinya sudah berbeda.

    China yang dulu hanya meniru, sekarang justru jadi yang terdepan. Para produsen China sangat masif menjejali banyak negara di dunia.

    “Dalam 10 tahun industri mobil China dari pengikut menjadi pelopor. Tahun lalu ekspor mobil China tiga tahun berturut-turut, ini melebihi dari total global,” jelas Gubernur Anhui Wang Qingxian disela-sela Chery Global Innovation Conference 2025, Wuhu, Sabtu (18/10/2025).

    Jaecoo J5 EV Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    Diketahui produsen yang menjadi eksportir terbesar dari Negeri Tirai Bambu itu adalah Chery Group. Pada tahun 2025 misalnya, Chery tercatat mengirimkan 1.260.124 kendaraan pada semester pertama. Hal itu ditopang oleh deretan produk dari merek-merek di bawah naungan Chery, termasuk salah satunya Omoda Jaecoo.

    Transformasi teknologi pada mobil-mobil yang dijual Chery itu diminati di banyak negara.

    “58 persen paten berasal dari China dan menjadikannya pemimpin hijau di industri otomotif dunia,” tambah wang.

    (dry/lth)

  • Toyota Luncurkan Mobil Baru Pekan Depan, Begini Bocorannya!

    Toyota Luncurkan Mobil Baru Pekan Depan, Begini Bocorannya!

    Jakarta

    Produsen roda empat asal Jepang, Toyota, akan meluncurkan mobil terbaru untuk konsumen domestik. Kendaraan bertampang gagah itu digadang-gadang bernama Toyota Land Cruiser FJ dan akan melakoni debutnya pekan depan.

    Disitat dari Gaadiwaadi dan Carscoops, Sabtu (18/10), Toyota Land Cruiser FJ baru benar-benar meluncur Selasa (21/10), namun sejumlah media di Jepang sudah bisa meliput unitnya mulai Senin (20/10) atau sehari lebih awal.

    Setelah diluncurkan, Toyota Land Cruiser FJ kemungkinan besar akan ‘tebar pesona’ di pameran Japan Mobility Show atau JMS 2025. Sayangnya, belum diketahui pasti, berapa harga yang bakal dipatok pabrikan untuk kendaraan baru tersebut.

    Toyota Land Cruiser FJ. Foto: Surendhar Muthu

    Bukan hanya itu, hingga sekarang belum ada pengumuman resmi soal bagaimana spesifikasi Land Cruiser FJ. Namun, sejumlah bocoran sudah beredar. Misalnya, kendaraan itu menggunakan ladder frame platform seperti yang digunakan Hilux Champ.

    Dengan demikian, Land Cruiser FJ akan nyaman dipakai untuk off road di medan-medan pemula hingga medium. Kendaraan itu kemungkinan punya profil boksi dengan short overhangs dan pelapis dinding yang terbuka.

    Sementara untuk jantung mekanisnya disebut-sebut mengadopsi mesin bensin 2,7 liter naturally aspirated yang sama dengan dengan Toyota Fortuner dan Hilux. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 163 dk dan torsi 245 Nm. Kemudian transmisinya ada yang manual dan otomatis.

    Menurut informasi yang beredar, Land Cruiser FJ juga akan tersedia dalam varian bensin turbo, diesel dan hybrid. Namun, varian-varian tersebut kemungkinan tak akan muncul secara bersamaan.

    Sejauh ini, bocoran yang kami terima masih sangat terbatas, termasuk soal detail spesifikasi dan fitur-fitur kendaraan. Mari kita nantikan jawabannya pekan depan!

    (sfn/lth)

  • Gak Sangka, Segini Biaya Service Besar Suzuki Satria FU150 Produksi 2012

    Gak Sangka, Segini Biaya Service Besar Suzuki Satria FU150 Produksi 2012

    Jakarta

    Bagi pemilik motor Suzuki pasti tahu benar, value for money klaim Suzuki bukan isapan jempol semata. Nah kali ini hal tersebut dibuktikan dari pemilik Suzuki Satria FU150 produksi 2012, saat melakukan service besar.

    13 tahun menggunakan Suzuki Satria untuk beraktivitas sudah ratusan ribu kilometer sudah pasti dilalui. Tidak disangka, ternyata saat melakukan service besar hanya memakan biaya Rp 2.216.498. Jika melihat riwayat selama 13 tahun, jelas angka tersebut bisa dikatakan sangat murah, meski dengan catatan perawatan setiap bulannya harus rutin dilakukan, dan tidak semua bagian mengalami kerusakan.

    Service besar Suzuki Satria FU150 Tahun atau kelahiran 2012 memang terbilang Tricky atau sulit, karena pemeriksaan secara menyeluruh harus benar-benar dilakukan, mengingat usia ‘tidak lagi muda’.

    “Wah ini harus diperiksa secara menyeluruh. Lihat ini mesin oli yang rembes di ruang mesin. Dan ini klakson sudah tidak berfungsi ya,” ujar mekanik dealer Suzuki motor, Heru, PT Indo SunMotor Gemilang (ISG) sebagai subsidiaries dari PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) untuk roda dua (R2).

    Wal hasil service besar pun dilakukan dengan membongkar mesin. Hasilnya untuk service secara total menghabiskan dana hingga Rp 2.216.498. Berikut penggantian part yang dilakukan.

    – KELUHAN

    1. SB
    2. CEK SEMUA ESTIMASI KERUSAKAN

    – JASA PERBAIKAN

    1. SERVICE BESAR : Rp 198.198
    2. SKIR KLEP (NEW) : Rp 79.279
    3. OVERBOS BAUT : Rp 76.577

    Suzuki Satria FU 2012 Foto: dok. Istimewa- PEMAKAIAN SPAREPART / MATERIAL

    1. 09289-04002-000 / SEAL,VALVE STEM OIL (4 Piece) : Rp 37.836
    2. 09482-00457-000 / SPARK PLUG U24ESR-N (1 Piece): Rp 19.369
    3. 11141-25G10-000 / GASKET CYLINDER HEAD (1 Piece): Rp 69.369
    4. 11173-47E10-000 / GASKET CYLINDER HEAD COVER NO.1 (1 Piece): Rp 53.604
    5. 11483-25G10-000 / GASKET MAGNETO COVER(NA) (1 Piece): Rp 13.063
    6. 12100-25G10-0F0 / PISTON KIT STD (1 Piece): Rp 170.270
    7. 12614-25G00-000 / CLUCTH STARTER ONE WAY (CXR53425-1&N-Y) (1 Piece): Rp 429.279.
    8. 12760B25G01N000 / CHAIN COMP, CHAMSHAFT DRIVE (1 Piece): Rp 108.108.
    9. 12771-25G10-000 / GUIDE CAM CHAIN NO.1 (1 Piece): Rp 19.820.
    10. 12811-25G10-000 / TENSIONER,CAM CHAIN (1 Piece): Rp 45.495
    11. 12837-12K00-000 / GASKET,TENSIONER ADJUSTER(NA) (1 Piece): Rp 4.054.
    12. 12891-25G10-000 / TAPPET (4 Piece): Rp 138.740.
    13. 12911-16E00-000 / VALVE INTAKE (2 Piece): Rp 63.964.
    14. 12912-16E00-000 / VALVE,EXHAUST (2 Piece): Rp 105.406.
    15. 14181-47E20-000 / GASKET EXH PIPE(NA) 1 Piece): Rp 8.108.
    16. 16510-45H20-000 / FILTER ENGINE OIL (1 Piece): Rp 8.108.
    17. 37400-25G20-000 / SWITCH ASSY,HANDLE LH (1 Piece): Rp 286.486.
    18. 990G0-21050-001 ECSTAR 10W40 SL MA SS (1L) (1 Piece): Rp 61.712.

    Sehingga memiliki biaya part perbaikan mencapai Rp 1.996.845, ditambah PPN 12 persen sebesar Rp 219,653, mencapai total biaya service besar mencapai Rp 2.216.498. Bagaimana detikers, murah banget kan?

    (lth/din)