Jenis Media: Otomotif

  • Nyicil Mobil Termurah di Indonesia di Bawah Rp 1 Juta per Bulan, Begini Skemanya

    Nyicil Mobil Termurah di Indonesia di Bawah Rp 1 Juta per Bulan, Begini Skemanya

    Jakarta

    Mobil termurah di Indonesia dibanderol Rp 138 jutaan. Kalau beli kredit, cicilannya bisa di bawah Rp 1 juta dengan skema berikut ini.

    Daihatsu Ayla 1.0 M bertransmisi manual adalah mobil paling murah di Indonesia. Mobil yang masuk dalam kategori Low Cost Green Car (LCGC) itu punya banderol Rp 138,5 juta. Kalau beli dengan skema kredit, besar cicilannya tetap akan tergantung dari uang muka dan juga tenornya. Makin besar uang muka alias DP, maka cicilan akan lebih ringan. Tapi sebaliknya jika uang mukanya kecil, maka risikonya adalah cicilan bulanan yang besar.

    Skema Cicilan Mobil Termurah di Indonesia di Bawah Rp 1 Juta per Bulan

    Misalnya kalau kamu mau mencicil mobil termurah di Indonesia ini di bawah Rp 1 juta per bulan, maka opsinya uang muka harus sangat besar. Dalam simulasi, setidaknya uang mukanya sekitar 80 persen. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, berikut ini simulasi cicilan mobil termurah di Indonesia di bawah Rp 1 juta per bulan dikutip dari salah satu lembaga pembiayaan.

    Harga: Rp 138,5 juta
    DP 80 persen: Rp 110,8 juta

    Tenor: 48 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 116.439.300
    Cicilan per bulan: Rp 941 ribuTenor: 60 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 116.336.152
    Cicilan per bulan: Rp 832 ribu

    Nah itu tadi skema cicilan di bawah Rp 1 juta untuk mobil termurah di Indonesia. Sebagai perbandingan bila uang muka yang dibayarkan sebesar 30 persen, maka cicilannya mulai Rp 2 jutaan untuk tenor 60 bulan. Terpenting sebelum nyicil pastikan sesuai dengan kondisi keuangan kamu ya. Jangan sampai uang muka atau cicilannya memberatkan.

    Spesifikasi Mobil Termurah di Indonesia

    Sekadar informasi tambahan, mobil termurah di Indonesia ini menggendong mesin 1.000 cc, 1 KR-VE, DOHC VVT-i, yang bisa menghasilkan tenaga 66 dk pada 6.000 rpm dan torsi 88 Nm pada 4.400 rpm. Secara dimensi, mobil kembaran Toyota Agya ini punya panjang 3.760 mm, ground clearance 160 mm, jarak sumbu roda 2.525 mm, serta lebar 1.665 mm.

    Dari segi safety, mobil ini sudah dilengkapi airbag, namun di website resmi tak dijelaskan berapa jumlahnya. Dengan harga paling murah, beberapa fitur pun absen di varian terbawah ini, seperti alarm dan remote, immobilizer, hingga lampu kabut.

    Fitur lain yang absen adalah jok kulit dan juga monitor LCD, yang artinya mobil ini masih menggunakan headunit single din. Selanjutnya, mobil ini juga belum mempunyai AC double blower dan tidak memiliki opsi body kit.

    (dry/din)

  • Jangan Cuma Pikirin Mobil Nasional, Angkutan Umum di RI Banyak yang Sudah Tua!

    Jangan Cuma Pikirin Mobil Nasional, Angkutan Umum di RI Banyak yang Sudah Tua!

    Jakarta

    Presiden Prabowo Subianto menggaungkan rencana Indonesia melahirkan mobil nasional dalam waktu 3 tahun ke depan. Namun, pengamat transportasi meminta, pemerintah jangan hanya fokus pada mobil nasional. Pikirkan juga pemerataan transportasi umum.

    Presiden Prabowo Subianto mengungkapkan Indonesia akan memiliki mobil nasional sendiri dalam waktu dekat ini. Presiden telah menyiapkan alokasi dana dan pabriknya.

    “Belum merupakan prestasi tapi sudah kita mulai rintis, kita akan punya mobil buatan Indonesia dalam 3 tahun yang akan datang. Saya sudah alokasi dana, sudah kita siapkan lahan untuk pabrik-pabriknya. Sedang bekerja sekarang,” kata Prabowo dalam Sidang Kabinet Paripurna dikutip kanal Youtube Sekretariat Presiden.

    Pengamat transportasi Djoko Setijowarno meminta pemerintah tidak hanya fokus pada mobil nasional. Pemerataan transportasi umum dengan kualitas yang baik juga harus menjadi prioritas.

    “Sebanyak 95 persen kota-kota di Indonesia tidak memiliki transportasi umum modern. Bahkan banyak kota sudah tidak memiliki fasilitas transportasi umum. Andai ada, rata-rata sarana transportasi umum itu usianya di atas 10-15 tahun dan tidak layak operasi,” kata Djoko dalam keterangan tertulisnya, Jumat (24/10/2025).

    Menurut Djoko, transportasi umum modern dengan skema buy the service baru ada di 17 kota dan 11 kabupaten. Di Indonesia terdapat 514 pemda (termasuk 38 provinsi), artinya masih banyak daerah yang belum tersentuh transportasi umum modern itu.

    “Program mobil nasional akan menciptakan sejumlah kendaraan untuk mobilitas para pejabat di Indonesia.Kebutuhan mobilitas tdak hanya oleh pejabat, rakyat juga memerlukan. Alangkah baiknya juga diproduksi mobil untuk rakyat berupa bus, angkutan pedesaan, dan truk. Bus untuk menambah kota dan kabupaten memiliki transportasi umum modern. Angkutan pedesaan untuk digunakan warga desa ke pasar mengangkut hasil desa. Truk untuk angkut logistik dan pangan,” beber Djoko.

    Lanjut Djoko, belajar dari India, China dan Jepang, produksi truk dan bus juga menjadi target mereka. Di Indonesia, kebutuhan bus dan truk juga cukup tinggi.

    “APBN dari rakyat, jangan hanya untuk pejabat tapi juga rakyat ikut meniknati program mobil nasional,” sebut Djoko.

    (rgr/din)

  • Tahun Depan Vietnam Larang Motor Bensin, Jepang Peringatkan Ancaman PHK

    Tahun Depan Vietnam Larang Motor Bensin, Jepang Peringatkan Ancaman PHK

    Jakarta

    Pemerintah Vietnam akan melarang penggunaan sepeda motor bermesin bensin di tahun depan. Jepang dengan merek otomotif roda duanya bersuara soal larangan motor bensin di Vietnam tersebut.

    Diberitakan Reuters, Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh mengeluarkan arahan yang melarang sepeda motor berbahan bakar bensin memasuki pusat ibu kota mulai pertengahan tahun 2026. Hal itu merupakan upaya negara tersebut untuk mengurangi tingkat polusi udara yang tinggi. Pembatasan yang lebih luas akan diberlakukan pada tahun 2028 dan larangan tersebut diperkirakan akan meluas ke wilayah lain di negara tersebut.

    Menanggapi hal ini, Kedutaan Besar Jepang di Hanoi mengirimkan surat kepada otoritas Vietnam yang menyatakan bahwa larangan mendadak tersebut dapat berdampak pada lapangan kerja di industri pendukung. Pekerja di dealer sepeda motor dan pemasok suku cadang bisa-bisa di-PHK akibat kebijakan tersebut.

    Kedutaan juga mendesak otoritas Vietnam untuk mempertimbangkan “peta jalan yang tepat” untuk elektrifikasi yang akan mencakup periode persiapan dan penerapan regulasi secara bertahap.

    Diketahui, pasar sepeda motor di Vietnam adalah salah satu yang terbesar di dunia. Jumlah sepeda motor terdaftar tahun lalu mendekati 80 persen dari populasi negara yang berjumlah 100 juta jiwa itu, salah satu tingkat kepemilikan tertinggi di dunia.

    Kelompok dagang utama untuk produsen sepeda motor asing di Vietnam, yang dipimpin oleh Honda serta mencakup Yamaha dan Suzuki, mengirimkan suratnya sendiri kepada pemerintah Vietnam. Merek memperingatkan bahwa larangan tersebut dapat mengakibatkan gangguan produksi dan risiko kebangkrutan bagi perusahaan-perusahaan dalam rantai pasokan.

    Para produsen mengatakan larangan tersebut dapat menimbulkan efek domino terhadap ratusan ribu pekerja. Produsen sepeda motor Jepang itu menyebutkan potensi gangguan bagi hampir 2.000 dealer dan sekitar 200 pemasok komponen.

    Menanggapi kekhawatiran tentang peralihan ke kendaraan listrik, Perdana Menteri Chinh menyampaikan kepada para eksekutif Jepang bahwa pengurangan emisi merupakan isu global yang membutuhkan upaya bersama untuk memilih solusi paling optimal dengan peta jalan yang sesuai.

    (rgr/din)

  • Toyota Rilis 3 Mobil Baru di GJAW 2025, Veloz Hybrid Bakal Meluncur?

    Toyota Rilis 3 Mobil Baru di GJAW 2025, Veloz Hybrid Bakal Meluncur?

    Jakarta

    Toyota berencana merilis tiga produk baru dalam ajang Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2025. Salah satunya merupakan mobil hybrid dengan embel-embel “World Premiere of The Most Awaited Toyota”.

    Dalam layar presentasi, Toyota berencana menampilkan tiga model elektrifikasi terbaru dalam ajang GJAW. Rinciannya dua mobil listrik dan satu mobil hybrid dengan status debut global.

    Produk pertama yang bakal diperkenalkan PT Toyota Astra Motor (TAM) adalah battery electric vehicles (BEV). Sebelumnya produk ini pernah diperkenalkan Toyota, namun belum dijual ke pasaran. Mobil tersebut bakal dimulai penjualannya dalam ajang GJAW.

    “Nah ini yang ditunggu-tunggu sebenarnya kita akan mencoba sesuatu di GJAW 2025, pertama peluncuran dari dua review kita yang sebelumnya pernah diulas, kita akan mulai jualan di GJAW,” kata Public Relation Manager PT TAM Philardi Ogi di Jakarta, Kamis (23/10/2025).

    Besar kemungkinan salah satu produknya adalah bZ4X rakitan lokal. Mobil listrik tersebut bakal diproduksi di Indonesia. Seperti diketahui Toyota bZ4X sebelumnya diimpor utuh dari Jepang.

    Peluncuran produk baru Toyota di GJAW Foto: Dok. Istimewa

    Wujud Toyota bZ4X rakitan lokal sudah dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025.

    Produk selanjutnya ialah mobil hybrid electric vehicles (HEV). Kata kuncinya adalah produk yang paling dinanti serta produk pengembangannya dari dalam negeri.

    “Dan yang kedua, kita ada world premier ya. Mungkin ini salah satu ya. The most awaited HEV, menampilkan salah satu kendaraan HEV yang diproduksi lokal, dan develop lokal. Jadi ini adalah produk Indonesia, dari Indonesia untuk masyarakat Indonesia. Ini mungkin yang akan ditunggu-tunggu juga,” kata Oghi.

    Peluncuran produk baru Toyota di GJAW Foto: Dok. Istimewa

    Jika boleh menebak, produk HEV yang bakal meluncur ini ialah Veloz Hybrid. Diketahui, kemunculan Toyota Veloz Hybrid di Indonesia sudah dibicarakan sejak tahun lalu. Sebuah kode NJKB yang diduga Toyota Veloz Hybrid pun telah tercantum di Permendagri Nomor 8 Tahun 2024 tentang Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor dan Pajak Alat Berat Tahun 2024.

    PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) sebagai produsen sudah mengatakan penantian panjang konsumen terhadap Toyota Veloz Hybrid akan segera berakhir. Sebab kendaraan tersebut hanya tinggal menunuggu momen yang tepat untuk peluncuran di Tanah Air.

    “(Peluncuran Veloz Hybrid) aman, (persiapannya) sudah jauh. Pokoknya tinggal mendarat saja,” kata Bob Azam selaku Wakil Presiden Direktur PT TMMIN, belum lama ini.

    (riar/din)

  • Cocok buat Anak Muda, Harga Mulai Rp 90 Jutaan!

    Cocok buat Anak Muda, Harga Mulai Rp 90 Jutaan!

    Jakarta

    Mobil listrik perkotaan dari Wuling, Aishang A100C, resmi meluncur di China. Aishang menjadi sub-merek di bawah Wuling untuk merambah pasar domestik China yang cocok untuk anak muda di sana. Mobil ini dibanderol dengan harga yang murah.

    Dikutip Carnewschina, Aihang A100C adalah mobil urban kecil dengan dimensi panjang 3.285 mm, lebar 1.708 mm dan tinggi 1.550 mm dengan jarak sumbu roda 1.980 mm. Sebagai mobil mini, Aishang A100C menjadi mobil tiga pintu.

    Mobil ini menawarkan tampilan yang menawan dengan garis-garis halus, pilar yang dihitamkan, dan penutup roda yang aerodinamis. Secara tampilan, Aishang A100C mengadopsi desain yang unik dan serba membulat. Khas mobil perkotaan China, mobil ini hadir dengan warna-warna nyentrik. Fitur A100C lainnya termasuk gagang pintu konvensional, intake udara di bumper depan, dan lampu belakang melingkar.

    Interior mobil ini mengadopsi layar sentuh mengambang (floating touchscreen) dan panel instrumen LCD. Tuas persneling terletak di belakang kemudi. Kendaraan ini tidak memiliki konsol tengah sehingga ruang antara pengemudi dan penumpang lebih luas.

    A100C juga memiliki kontrol AC fisik dan empat kursi dengan sandaran kepala terintegrasi. Bagasi mobil ini berkapasitas 106 liter sebagai standar. Dengan kursi belakang dilipat, volumenya mencapai 882 liter.

    Aishang A100C memiliki motor listrik tunggal di gardan belakang bertenaga 35 kW dan torsi 83 Nm. Mobil ini ditenagai oleh baterai LFP buatan China dengan kapasitas 17,65 kWh. Sekali cas sampai penuh, diklaim mobil ini bisa melaju sejauh 220 km (CLTC).

    Aishang A100C tersedia dalam empat varian. Harganya cukup murah. Varian terendahnya dijual dengan harga Rp 90 jutaan di China.

    Berikut daftar harga Aishang A100C di China:

    Aishang A100C Fun: 39.800 yuan (Rp 92 jutaan)Aishang A100C Dazzling: 46.800 yuan (Rp 109 jutaan)Aishang A100C Cool: 49.800 yuan (Rp 116 jutaan)Aishang A100C Cheerful: 52.800 yuan (Rp 120 jutaan).

    (rgr/din)

  • Bukan Indonesia, Land Cruiser FJ Bakal Diproduksi di Thailand

    Bukan Indonesia, Land Cruiser FJ Bakal Diproduksi di Thailand

    Jakarta

    Toyota Land Cruiser FJ menjadi SUV gagah yang akan ditampilkan pada ajang Japan Mobility Show (JMS) 2025. Land Cruiser FJ bakal meramaikan belahan Asia dan Timur Tengah.

    Dikutip dari The Drive, kabarnya Indonesia bukan menjadi negara yang memproduksi mobil ini. Thailand menjadi negara yang disebut-sebut menjadi basis produksi Toyota Land Cruiser FJ.

    Land Cruiser FJ dibangun di atas platform IMV. Produk IMV sudah dipasarkan ke negara seperti Thailand, Indonesia, Argentina, dan Afrika Selatan.

    Chief Engineer Masaya Uchiyama mengatakan kepada Automotive News, penyebaran Land Cruiser FJ bakal menyasar belahan bumi selatan.

    Belum ada informasi soal harga. Sebab mobil ini baru sebatas diperkenalkan.

    Toyota akan membawa Land Cruiser FJ di booth-nya pada Japan Mobility Show 2025 yang akan diadakan dari 30 Oktober hingga 9 November 2025.

    Bocoran spek

    Land Cruiser FJ ini ditenagai mesin empat silinder 2.7 liter 2TR-FE yang menghasilkan tenaga 163 PS dan torsi 246 Nm. Ini merupakan kode mesin yang juga dipakai Land Cruiser Prado, Fortuner, hingga Hilux.

    Dari segi ukuran, model ini memiliki ukuran panjang 4.575 mm, lebar 1.855 mm, dan tinggi 1.960 mm dengan jarak sumbu roda 2.580 mm. Ukurannya lebih compact dibanding Land Cruiser lain. Konfigurasi tempat duduk hanya bisa menampung 5 orang penumpang.

    Dasar rancangan mobil FJ ini sama dengan basis yang dipakai pada Toyota Hilux Rangga, Innova dan Fortuner (seri IMV), dan telah diperkuat dengan struktur tambahan agar bodinya lebih kaku dan handling-nya lebih baik.

    Soal keselamatan, Land Cruiser FJ ini sudah dilengkapi rangkaian sistem bantuan pengemudi Toyota Safety Sense.

    Lebih lanjut, Land Cruiser FJ dibekali transmisi otomatis 6-percepatan dengan teknologi Super ECT (Electronically Controlled Transmission). Mobil ini memakai sistem penggerak empat roda (4WD) yang bersifat part-time, alias tidak selalu aktif.

    (riar/rgr)

  • Lebih Bertenaga, Ini Perbandingan Mesin WMoto Nexy+ 180 dengan PCX dan Nmax

    Lebih Bertenaga, Ini Perbandingan Mesin WMoto Nexy+ 180 dengan PCX dan Nmax

    Jakarta

    Pabrikan motor asal Malaysia, WMoto, resmi meluncurkan model terbaru Nexy+ 180. Mengusung mesin 180 cc, skutik ini menjadi penantang serius Honda PCX 160 dan juga Yamaha Nmax 155. Seperti apa perbandingan mesin dan tenaga ketiga skutik gambot ini?

    Sebagai informasi, Nexy+ 180 dibekali mesin satu silinder 174 cc (kalau dibulatkan jadi 180 cc), berpendingin cairan, dengan empat katup. Tenaganya mencapai 18,2dk pada 8.500 rpm dengan torsi puncak 17,2 Nm di 6.500 rpm. Daya disalurkan ke roda belakang lewat transmisi CVT.

    Honda PCX 160 dan Yamaha Nmax Foto: Dok. detikOto

    Bergeser ke Honda PCX 160, mengusung mesin 156,9 cc terbaru, eSP+, empat katup, PGM-FI. Mesin itu bisa menghasilkan tenaga puncak 15,7 dk pada 8.500 rpm dan torsi 14,7 Nm pada 6.500 rpm. Mesin ini sama seperti yang digunakan pada Vario 160, ADV 160, dan Stylo 160.

    Sementara Yamaha Nmax anyar mengusung mesin 155,09 cc, empat katup, injeksi, dengan tambahan fitur VVA (Variable Valve Actuation). Mesin tersebut bisa menghasilkan tenaga maksimal 15,2 dk pada 8.000 rpm dan torsi puncak 14,2 Nm pada 6.500 rpm.

    Kesimpulannya, dengan kapasitas mesin lebih besar, WMoto Nexy+ 180 secara performa lebih powerful dibanding skutik buatan Jepang seperti Yamaha Nmax atau Honda PCX.

    Menariknya lagi, skutik gambot WMoto itu di Malaysia dijual dengan harga kompetitif, yakni RM 8.988 atau sekitar Rp 35 jutaan. Harga Yamaha Nmax dan Honda PCX pun ada pada rentang harga itu, bahkan versi termahal kedua skutik buatan Jepang ini tembus di angka Rp 40 jutaan.

    Peluang WMoto Nexy+ 180 dijual di Indonesia pun terbuka lebar. Soalnya WMoto sudah hadir di Indonesia melalui MForce Indonesia. WMoto sejauh ini telah menjual beberapa model di Tanah Air, seperti Porter 125, Letbe Series, Swiftbee Series, Greta, Draco, dan sport bike naked Morbius.

    (lua/rgr)

  • Sesal Bos Aprilia Gara-gara Jorge Martin Tak Bisa Tampil di Mandalika

    Sesal Bos Aprilia Gara-gara Jorge Martin Tak Bisa Tampil di Mandalika

    Jakarta

    Penampilan impresif Aprilia di dua seri MotoGP terakhir, Mandalika dan Phillip Island, meninggalkan sedikit rasa sesal bagi sang bos Aprilia, Massimo Rivola. Pasalnya, sang pebalap utama Aprilia sekaligus juara bertahan MotoGP, Jorge Martin, justru harus absen karena cedera di saat timnya tampil begitu kuat di dua sirkuit itu.

    Rivola tak bisa menyembunyikan rasa penasarannya soal apa yang mungkin bisa dicapai Martin jika dia ikut turun di dua lintasan tersebut. “Dia memikirkan apa yang saya pikirkan,” ujar Rivola, ketika ditanya bagaimana perasaan Martin melihat Aprilia begitu kompetitif, seperti dikutip dari Crash.

    Marco Bezzecchi tampil impresif di Mandalika dan Phillip Island Foto: Getty Images/Robert Cianflone

    “Sejujurnya, saya tahu dia cukup istimewa di dua trek itu, Indonesia (Mandalika) dan Phillip Island (Australia). Dan saya berpikir, oke, ketika kita sampai di sana, dia akan tampil dan akan mendapatkan kepercayaan diri untuk mencapai level yang mendekati Marco (Bezzecchi). Tapi kemudian kita tahu apa yang terjadi di Motegi, jadi semuanya ditunda,” lanjut Rivola.

    Cedera Martin terjadi setelah insiden di sprint race Jepang, di mana ia kehilangan kendali dan menabrak rekan setimnya, Marco Bezzecchi. Akibatnya, tulang selangka kanan Martin retak parah dan membuatnya absen panjang.

    Padahal, performa Aprilia saat ini sedang luar biasa. Bezzecchi berhasil memenangkan sprint di Mandalika dan Phillip Island, juga meraih podium ketiga di Phillip Island. Ini menunjukkan Aprilia bisa tampil kompetitif dan bersaing dengan Ducati.

    Meski belum tahu kapan Martin akan kembali, Rivola berharap pebalap Spanyol itu bisa tampil lagi pada uji coba 2026 di Sepang. “Saya tidak ragu Jorge akan berjuang untuk kejuaraan bersama Marco Bezzecchi musim depan,” tegas Rivola.

    Sebagai informasi, saat ini pebalap Aprilia Bezzecchi duduk di posisi ketiga klasemen MotoGP, di bawah Marc Marquez dan Alex Marquez.

    (lua/rgr)

  • Suzuki Avenis 125 Terbaru Meluncur, Segini Harganya

    Suzuki Avenis 125 Terbaru Meluncur, Segini Harganya

    Jakarta

    Produsen otomotif asal Jepang, Suzuki, resmi meluncurkan Suzuki Avenis 125 terbaru untuk konsumen domestik. Padahal, skuter matik (skutik) bertampang unik tersebut sudah disuntik mati di Indonesia.

    Disitat dari Greatbiker, Kamis (23/10), Suzuki Avenis 125 terbaru hanya mendapat ubahan minor di bagian tampilan. Selain striping yang lebih segar, tunggangan tersebut juga hadir dengan tiga pilihan warna baru, yakni merah-hitam, putih-hitam dan full putih.

    Di Jepang, ini merupakan penyegaran pertama semenjak Suzuki Avenis 125 dipasarkan di sana. Meski hanya sentuhan minor, namun pembaruan tersebut diyakini mampu memikat konsumen setempat.

    Suzuki Avenis 125 terbaru meluncur di Jepang. Foto: Doc. Suzuki

    Di luar itu, Suzuki Avenis 125 baru masih sama seperti versi sebelumnya. Kendaraan itu masih berdimensi kompak dengan tarikan garis yang serba tajam. Kemudian bagian depannya membentuk pola wajah dan rodanya dirancang agak mungil.

    Mesin yang dipakai Suzuki Avenis 125 terbaru juga tak berubah. Kapasitasnya tetap 124,3cc bersilinder tunggal dengan pendingin udara. Pembekalan tersebut membuat kendaraan mampu menghasilkan tenaga 8,7 PS pada 6.750 rpm dan torsi 10 Nm pada 5.500 rpm.

    Suzuki Avenis 125 terbaru meluncur di Jepang seharga Rp 31 jutaan! Foto: Doc. Suzuki

    Sementara untuk fiturnya terdapat panel instrumen full digital yang memuat konsumsi BBM, baterai, kapasitas oli, temperature mesin dan trip meter. Selain itu, ada pencahayaan full LED, Suzuki Easy Start (SES) dan masih banyak lagi.

    Di Jepang, Suzuki Avenis 125 terbaru dibanderol 284.900 yen (sudah termasuk pajak) atau sekira Rp 31 jutaan. Keran pemesanan baru dibuka mulai pekan depan atau Selasa (28/10).

    (sfn/rgr)

  • PO Adhi Putra Luncurkan Sleeper Bus Baru, Interiornya Unik

    PO Adhi Putra Luncurkan Sleeper Bus Baru, Interiornya Unik

    Jakarta

    PO Adhi Putra baru saja meluncurkan sleeper bus baru garapan karoseri Laksana. Bus dengan format kursi rebahan ini menggunakan sasis premium triple axle buatan Scania. Ada yang menarik di bagian interior bus ini.

    Seperti dilihat di Instagram @laksanabus, armada baru PO Adhi Putra ini menggunakan bodi Legacy SR3 Neo Suites Class (Premiere Grand Suites). Eksterior bus ini tampilkan nuansa yang cerah, warna cream dikombinasi grafis orange. Yang menarik, pada bagian kaca depan atas bus ini menggunakan besi teralis.

    Geser ke bagian interior, nuansanya serba gelap namun tetap elegan dengan ambient light dan kursi berwarna biru. Selain itu juga terdapat semacam tambahan akrilik di area kabin penumpang yang makin menambah premium bus ini. Bus ini juga sudah dilengkapi layar televisi di setiap kursi untuk hiburan penumpang.

    Lalu bagian interior mana yang menarik? Itu ada di kursi baris depan, di mana dua kursi baris depan langsung menghadap ke kaca depan dan diposisikan di atas kabin kru dan pengemudi. Sehingga, penumpang baris paling depan bisa mendapatkan pemandangan atau visibilitas lebih.

    Namun dengan format kursi seperti ini, area kabin kru dan pengemudi jadi terasa lebih sempit, bahkan lebih sempit dari ruang kabin kru dan pengemudi di bus double decker.

    Soal sasis, sleeper bus PO Adhi Putra ini menggunakan rangka dan mesin buatan Eropa, Scania K410CB Opticruise Transmission Euro 5. Sasis ini menggendong mesin 13.000 cc yang bisa menghasilkan tenaga 410 dk dan torsi 2.150 Nm.

    Belum diketahui akan beroperasi di rute manakah sleeper bus ini. Namun kalau melihat Instagram resmi PO Adhi Putra, bus ini beroperasi di Pulau Sulawesi dengan trayek di Bungku, Bahodopi, Makassar, dan Beteleme.

    (lua/rgr)