Jenis Media: Otomotif

  • Vietnam Larang Motor Bensin Tahun Depan, Motor Listrik VinFast Langsung Melejit

    Vietnam Larang Motor Bensin Tahun Depan, Motor Listrik VinFast Langsung Melejit

    Jakarta

    Pemerintah Vietnam akan melarang penggunaan motor bensin di pusat kota Hanoi mulai tahun depan. Menyusul pengumuman itu, penjualan motor listrik merek lokal Vietnam, VinFast, melonjak.

    Dilaporkan Reuters, Perdana Menteri Pham Minh Chinh mengeluarkan arahan yang melarang sepeda motor berbahan bakar bensin memasuki pusat kota Hanoi mulai pertengahan 2026. Itu merupakan bagian dari upaya yang lebih luas untuk menekan polusi udara di negara itu. Pembatasan yang lebih luas diperkirakan akan diberlakukan pada tahun 2028, dengan larangan serupa kemungkinan akan meluas secara nasional.

    Pengumuman itu membuat penjualan motor listrik lokal Vietnam, VinFast, melejit. VinFast melaporkan, mereka telah mengirimkan lebih dari 120.000 kendaraan roda dua listrik pada kuartal ketiga. Hal itu meningkat 73 prsen dari kuartal sebelumnya.

    Pengiriman kuartal ketiga melampaui total penjualan perusahaan pada paruh pertama tahun ini, menurut data perusahaan. VinFast menjual 234.536 skuter listrik dan sepeda listrik dalam sembilan bulan pertama tahun 2025. Perolehan itu menandai peningkatan tahunan sebesar 489%.

    Sebelumnya, Kedutaan Besar Jepang dan beberapa produsen terkemuka Jepang memperingatkan Vietnam bahwa larangan yang direncanakan terhadap sepeda motor bertenaga bensin di Hanoi dapat memicu hilangnya lapangan kerja dan mengganggu pasar senilai $4,6 miliar. Pasar sepeda motor di Vietnam didominasi oleh Honda. Dikhawatirkan, larangan penggunaan motor bensin itu dapat memicu PHK besar-besaran di industri otomotif roda dua.

    Kedutaan Besar Jepang dan asosiasi sepeda motor Vietnam telah mendesak pihak berwenang untuk mengadopsi peta jalan elektrifikasi bertahap, yang memberikan waktu untuk persiapan dan implementasi bertahap.

    Diketahui, Vietnam merupakan salah satu pasar terbesar untuk sepeda motor. Hampir 80 persen dari 100 juta penduduk negara itu memiliki sepeda motor pada tahun lalu. Hal itu menjadikan Vietnam sebagai salah satu negara dengan tingkat kepemilikan sepeda motor tertinggi secara global.

    (rgr/dry)

  • Ladies Merapat! Ini Deretan Fitur Sepeda Listrik Yadea Ova

    Ladies Merapat! Ini Deretan Fitur Sepeda Listrik Yadea Ova

    Jakarta

    Yadea baru saja meluncurkan sepeda listrik Yadea Ova. Sepeda listrik ini dirancang untuk kaum perempuan. Fitur-fiturnya menawarkan fungsionalitas yang dibutuhkan kaum hawa.

    Pengembangan Yadea OVA sudah melalui riset yang panjang, dan berlandaskan kebutuhan perempuan dengan mobilitas yang tinggi. Kendaraan ramah lingkungan ini bisa dimanfaatkan untuk perjalanan ke kantor, kampus, hang-out antar jemput anak sekolah, dan mobilitas lainnya. Kendaraan listrik Yadea ini dijual dengan harga Rp 8,9 juta on the road wilayah Jawa.

    Dari sisi teknologi, Yadea Ova menghadirkan fitur SOC Battery Monitoring dan lampu depan otomatis untuk kemudahan penggunaan harian. Performa juga semakin aman berkat fitur Traction Control System (TCS), Hill Descend Control (HDC), serta Lady Mode yang menghadirkan akselerasi lembut di berbagai kondisi jalan.

    Tak ketinggalan, fitur parkir otomatis (P-mode) aktif untuk mencegah motor bergerak tanpa kendali. Sementara itu, perlindungan stabilitas ditunjang oleh shock absorber depan-belakang, kombinasi rem cakram dan tromol, tombol mundur, hingga mode dorong yang memudahkan manuver di ruang sempit.

    Keunggulan utama Yadea OVA adalah fitur 1 Second Smart Unlock yang terintegrasi dengan aplikasi Yadea. Tanpa perlu repot menyalakan atau memanaskan mesin, pengguna cukup duduk dan siap langsung melaju.

    Yadea menawarkan garansi baterai hingga 2 tahun. Ditenagai baterai graphene TTFAR 48V/23Ah, Yadea OVA mampu menempuh jarak hingga 60 km dengan kecepatan maksimum 42 km/jam dalam satu kali pengisian. Daya tahan baterai ditopang oleh teknologi >1000 siklus pengisian dan garansi hingga 20.000 km atau 2 tahun.

    Yadea Ova Foto: Dok. Yadea

    E-Bike Yadea Ova menyuguhkan cat yang tidak akan pudar minimal 3 tahun. Hal ini tak lepas dari cat tiga lapis dan sudah melalui proses penguatan warna dengan standarisasi industri otomotif.

    Keistimewaan lainnya, tak terlihat satu baut pun yang menempel di bodi kendaraan, jadi perempuan tak perlu khawatir pakaian khususnya celana ataupun rok tersangkut.

    Secara tampilan, Yadea Ova dirancang untuk menunjang fashion perempuan. Sepeda listrik ini mumpuni menunjang tampilan selalu stylish dan matching dengan outfit. Ada tiga detail utama yang ditawarkan, yakni desain retro, windshield besar, dan velg putih yang fashionable. Ditambah tekstur halus, lampu yang terinspirasi dari berlian, grille elektroplating, emblem emas eksklusif, cat pearl, dan finishing mirror-like.

    Terdapat lima pilihan warna, yaitu Retro Red, Pearl Gold, Noble Green, Sakura Pink, Mint Blue.

    Untuk lebih dekat dengan konsumennya, Yadea akan menggelar event olahraga padel. Event ini jadi momen yang tepat untuk mengenalkan Yadea OVA kepada perempuan professional yang tak hanya berkarir, tapi peduli terhadap keluarga, dan siap menjadi pencetus tren yang lebih ramah lingkungan.

    (rgr/dry)

  • 70 Unit Bus Disiapkan Pemerintah Buat Program Mudik Gratis Libur Nataru

    70 Unit Bus Disiapkan Pemerintah Buat Program Mudik Gratis Libur Nataru

    Jakarta

    Kabar baik buat Anda yang sedang merencanakan mudik menggunakan bus di momen libur natal 2025 dan tahun baru 2026. Sebab Kementerian Perhubungan menghadirkan program mudik gratis dengan menyiagakan 70 unit bus.

    Kementerian Perhubungan kembali menyelenggarakan program mudik gratis selama libur Nataru. Program ini bertujuan membantu masyarakat pulang ke kampung halaman dengan selamat, aman, dan nyaman, sekaligus mengurangi kepadatan kendaraan pribadi di jalan raya.

    Menteri Perhubungan Dudy Purwagandhi mengatakan, program mudik gratis menjadi bentuk nyata kehadiran pemerintah dalam mendukung mobilitas masyarakat di momen penting akhir tahun.

    “Kami ingin setiap masyarakat bisa mudik dengan selamat, aman, nyaman, dan terjangkau. Program mudik gratis ini adalah bukti nyata kehadiran negara untuk rakyat. Kami berharap, program ini dapat meringankan beban masyarakat sekaligus mengurangi kepadatan kendaraan pribadi selama libur akhir tahun,” bilang Dudy di Jakarta (23/10) dikutip dari laman Kementerian Perhubungan.

    Program mudik gratis tahun ini rencananya bakal melibatkan tiga moda transportasi utama yakni moda darat, laut, serta kereta api. Untuk moda angkutan darat, Kemenhub menyiapkan 70 unit bus dengan kapasitas sekitar 3.080 penumpang, yang diberangkatkan dari Terminal Terpadu Pulogebang Jakarta menuju sepuluh kota tujuan di Pulau Jawa, antara lain Solo, Yogyakarta, Semarang, dan Malang.

    “Selain penumpang, program ini juga akan memfasilitasi pengiriman sepeda motor gratis sebanyak dua unit truk, dengan rute Jakarta-Semarang-Solo dan Jakarta-Semarang-Yogyakarta,” sambung Dudy.

    Pada moda angkutan kereta api, tersedia program Angkutan Motor Gratis (Motis) dengan kuota 232 unit motor per hari dan 6.360 penumpang yang tersebar di lintas utara dan tengah Jawa. Sementara untuk moda angkutan laut, pemerintah menyediakan tiket gratis bagi 100 ribu penumpang di 155 ruas dengan jumlah armada sebanyak 94 unit kapal penumpang. Program ini menjadi bagian dari dukungan Kemenhub bagi masyarakat di wilayah kepulauan yang sangat bergantung pada transportasi laut.

    Menhub Dudy menambahkan informasi lebih lanjut terkait jadwal keberangkatan, rute, serta mekanisme pendaftaran mudik gratis akan segera diumumkan Kementerian Perhubungan.

    (lua/dry)

  • Dampak Jika Cita-cita Mobil Nasional Benar-benar Terwujud

    Dampak Jika Cita-cita Mobil Nasional Benar-benar Terwujud

    Jakarta

    Presiden Prabowo Subianto kembali membangkitkan cita-cita Indonesia punya mobil nasional. Menurutnya, dalam waktu beberapa tahun ke depan akan lahir mobil buatan Indonesia.

    “Belum merupakan prestasi tapi sudah kita mulai rintis, kita akan punya mobil buatan Indonesia dalam 3 tahun yang akan datang,” kata Prabowo dalam Sidang Kabinet Paripurna dikutip kanal Youtube Sekretariat Presiden.

    Menurutnya, pendanaan dan lokasi pabriknya sudah disiapkan. Saat ini sedang dikerjakan persiapan produksi kendaraan nasional tersebut.

    “Saya sudah alokasi dana, sudah kita siapkan lahan untuk pabrik-pabriknya. Sedang bekerja sekarang,” sebut Prabowo.

    Banyak anggapan industri otomotif Tanah Air saat ini sudah maju tanpa adanya mobil nasional. Indonesia sudah bisa memproduksi jutaan unit kendaraan bermotor per tahun. Tak cuma dijual di dalam negeri, kendaraan buatan Indonesia pun sudah dinikmati hingga 100-an negara di dunia. Mobil buatan Indonesia saat ini juga sudah memakai komponen dalam negeri dengan kandungan hingga 80 persen.

    Lantas apa dampaknya jika Indonesia memiliki mobil nasional walaupun industri otomotif sudah sedemikian pesatnya?

    Menurut pengamat otomotif Yannes Pasaribu, ada beberapa keuntungan jika mobil nasional Indonesia benar-benar terwujud. Salah satunya adalah untuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

    “Pembangunan mobil nasional jelas merupakan isu strategis bagi Indonesia. Karena potensinya untuk meningkatkan kemandirian teknologi, mendukung pertumbuhan ekonomi sehingga secara geopolitik terbangun national branding yang kuat sebagai newly industrial country,” kata Yannes kepada detikOto.

    Tak cuma itu, lahirnya mobil nasional juga diharapkan bisa membuka lapangan kerja. Nantinya, Indonesia bisa menjadi pemain penting dalam industri otomotif global.

    “Di tengah transisi global menuju EV, dengan memiliki brand nasional, Indonesia dapat mengurangi ketergantungannya pada impor, menciptakan lapangan kerja, serta memposisikan Indonesia sebagai salah satu pemain kunci otomotif di pasar regional ASEAN. Bukan sekadar pasar netto yang didominasi merek asing seperti sekarang,” ujar Yannes.

    (rgr/dry)

  • Wujud Xmax Sultan Pakai Velg Setara Harga Nmax Turbo

    Wujud Xmax Sultan Pakai Velg Setara Harga Nmax Turbo

    Wujud Xmax Sultan Pakai Velg Setara Harga Nmax Turbo

  • Irit Juga, Segini Konsumsi BBM Jaecoo J5 Hybrid

    Irit Juga, Segini Konsumsi BBM Jaecoo J5 Hybrid

    Jakarta

    Jaecoo J5 Hybrid punya konsumsi BBM yang lumayan irit. Berikut ini spesifikasi dan juga konsumsi BBM Jaecoo J5 hybrid.

    Omoda & Jaecoo International belum lama ini mengenalkan dua SUV anyar yang irit BBM. Adalah Omoda O5 SHS-H dan Jaecoo 5 SHS-H. Kedua SUV itu sama-sama mengusung teknologi Super Hybrid System (SHS). Mobil diklaim punya tenaga lebih kuat dan jarak tempuh lebih jauh.

    Omoda O5 SHS-H dan Jaecoo 5 SHS-H sama-sama menggabungkan tiga elemen utama pada mobil yaitu berupa mesin hybrid generasi kelima 1.5 TDGI Dedicated Hybrid Engine (DHE), Dedicated Hybrid Transmission (DHT), dan baterai performa tinggi khusus hybrid. Kolaborasi ketiganya menghasilkan keseimbangan sempurna antara tenaga yang responsif dan efisiensi jarak tempuh. Kedua model ini mampu melesat dari 0-100 km/jam hanya dalam 7,9 detik dengan kecepatan maksimum 175 km/jam.

    Jaecoo 5 Hybrid yang hadir dengan nuansa SUV Inggris Range Rover ini dirancang untuk para penjelajah urban modern. Mobil ini menawarkan kemampuan adaptif yang seimbang antara kenyamanan berkendara di perkotaan dan ketangguhan di medan semi off-road, dengan konsumsi bahan bakar yang efisien hanya 5,3L/100km. Kalau dikonversi, konsumsi BBM-nya itu sekitar 18,8 km/liter. Lumayan irit ya!

    Sementara itu, Omoda O5 SHS-H merupakan Super Driving Crossover SUV yang ditujukan bagi pengemudi muda yang mencari performa dinamis dan keseruan berkendara. Dengan dua mode berkendara (Eco dan Sport), Omoda O5 SHS-H memberikan efisiensi optimal saat melaju santai di mode Eco, sementara mode Sport menghadirkan tenaga penuh untuk sensasi berkendara yang lebih sporty. Berkat torsi instan dari motor listrik dan performa mesin yang efisien, kedua model hybrid ini mampu memberikan kelembutan dan kestabilan layaknya kendaraan listrik murni.

    Lalu akankah dua SUV irit itu masuk ke Indonesia? Khusus untuk merek Jaecoo, sejatinya J5 sudah dijual namun versi listrik. Rencananya harga resmi SUV tanpa asap itu bakal diumumkan pada 3 November 2025. Apakah versi hybridnya akan menyusul?

    Head of Product Jaecoo Indonesia Ryan Ferdiean Tito mengungkap peluang untuk mendatangkan mobil ramah lingkungan nan irit itu sangat terbuka. Sayang dia belum blak-blakan membeberkan rencana ke depan perusahaan soal model barunya.

    “Kalau rencana ada, tapi untuk waktunya ditunggu saja,” kata Ryan.

    Sedangkan untuk merek Omoda saat ini masih berada di bawah naungan Chery Group. Belum diketahui dengan pasti soal rencana peluncurannya di Indonesia.

    (dry/rgr)

  • Quartararo Ancam Cabut dari Yamaha Jika Mesin V4 Tak Kompetitif

    Quartararo Ancam Cabut dari Yamaha Jika Mesin V4 Tak Kompetitif

    Jakarta

    Fabio Quartararo mengatakan bakal pindah jika Yamaha tidak bisa memberikan motor untuk bersaing memperebutkan gelar. Sejak juara dunia 2021 bersama Yamaha, keberuntungan Fabio Quartararo terus menurun seiring performa M1 yang makin tertinggal dari para rivalnya.

    Quartararo tidak pernah meraih kemenangan sejak 2022. Yamaha sudah mencapai batas dengan YZR-M1 yang ada saat ini. Pabrikan garpu tala itu memusatkan pengembangan pada mesin V4 terbaru – yang justru tidak terlalu membuat Quartararo antusias saat tes Misano bulan lalu. Quartararo masih memiliki kontrak dengan Yamaha hingga 2026.

    Yamaha telah mulai menggunakan mesin V4 pada motor balap MotoGP-nya pada September 2025, di mana prototipe YZR-M1 bermesin V4 pertama kali diuji dalam balapan wildcard di Sirkuit Misano. Jika pengembangan motor itu masih jauh tertinggal dari para rival. Quartararo beri ultimatum bakal hengkang.

    “Yamaha bekerja keras dengan mesin V4, tapi tujuan utama saya adalah bertarung untuk kemenangan, podium, dan kejuaraan. Dan jika saya tidak punya motor yang bisa melakukan itu, tentu saja saya akan pindah,” ujar Quartararo dikutip dari Crash, Jumat (24/10/2025).

    Yamaha masih melakukan pengujian mesin V4 pada akhir musim balap 2025, khususnya setelah seri balap di Sepang pada Oktober 2025, serta tes resmi di Sirkuit Valencia dan Sepang pada awal 2026. Tujuan utamanya adalah mengumpulkan data performa di berbagai kondisi untuk memutuskan apakah akan beralih ke mesin V4 secara penuh untuk musim 2026.

    “Saya rasa Valencia akan menjadi sangat penting. Karena dalam dua setengah bulan, kamu tidak bisa benar-benar mengubah motor secara total, terutama bagi kami,” ujar Quartararo.

    “Kamu tidak bisa sepenuhnya mengubah dasar motornya,” kata dia.

    “Saya pikir semua pabrikan akan menurunkan motor yang sama (mesin V4) tahun depan, tapi untuk kami, itu tidak demikian,” tambah dia.

    “Kita akan lihat bagaimana kami bisa meningkatkan diri, dan saya rasa titik krusialnya akan ada pada tes Valencia dan tes Sepang di bulan Februari,” kata Quartararo.

    (riar/dry)

  • Truk ODOL Nggak Bakal Bisa Ngeles Lagi, Alat Ini Bisa Ukur Bobot dengan Tepat

    Truk ODOL Nggak Bakal Bisa Ngeles Lagi, Alat Ini Bisa Ukur Bobot dengan Tepat

    Jakarta

    Pemerintah bakal lebih galak menghilangkan truk Over Dimension Overload (ODOL) di jalanan Indonesia. Menteri Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), menargetkan regulasi truk obesitas atau Over Dimension Over Loading (ODOL) berlaku efektif mulai 1 Januari 2027.

    Mulai saat ini, para pelaku usaha nakal yang memaksa untuk menggunakan truk ODOL tidak bisa ngeles lagi. Sebab, kini sudah ada alat timbang digital khusus mendeteksi truk truk ODOL, yang disebut Teknologi Weigh-In-Motion (WIM-VISI) karya anak bangsa, di bawah payung Visi Global Teknologi.

    Dijelaskan sistem WIM-VISI merupakan teknologi penimbangan kendaraan otomatis yang terbukti dengan akurasi dan pengawasan operasional serta meningkatkan efisiensi operasional, Transparansi Data dan Keselamatan Operasional, di berbagai sektor, termasuk logistik, pertambangan, dan infrastruktur jalan, serta Pendapatan Daerah dengan mendukung sistem retribusi ODOL berbasis data real-time.

    “WIM-VISI bukan hanya alat timbang, melainkan fondasi sistem transportasi cerdas masa depan. Melalui seminar ini, kami ingin mendorong adopsi WIM-VISI secara nasional dan membuka ruang kolaborasi antara pemerintah, BUMD, dan sektor swasta,” penjelasan Pakar Implementasi WIM di Indonesia, Hilman Muttaqin saat seminar VGT ‘WIM For Future’, seperti rilis yang diterima detikOto.

    Jika melihat cara kerja teknologi Teknologi Weigh-In-Motion (WIM-VISI), bisa dikatakan sangat mudah dan bahkan pengendara truk tidak akan terasa, jika tengah ditimbang. Yakni truk cukup hanya melintas tanpa perlu berhenti saat menimbang, maka senor akan membaca berat total kendaraan, dan berat per sumbu.

    [Gambas:Instagram]

    Selanjutnya dijelaskan teknologi WIM-VISI diklaim menjadi solusi untuk bisa menekan ODOL, dan memiliki kelebihan lainnya, diantaranya:

    1. Efisien & Cepat

    Menimbang kendaraan tanpa perlu berhenti. Lalu lintas tetap lancar!

    2. Jaga Infrastruktur

    Cegah kendaraan overload, jalan & jembatan jadi lebih awet.

    3. Bantu Operasional Industri

    Tambang & perkebunan bisa timbang hasil muatan secara otomatis dan akurat.

    4. Mempermudah Pengawasan

    Berat kendaraan, plat nomor, kecepatan-semua tercatat otomatis.

    5. Dukungan Data

    Data WIM bisa jadi dasar kebijakan & pengambilan keputusan.

    Saat ini sudah ada 36 sistem WIM-VISI yang diterapkan diseluruh Indonesia, diberbagai sektor mulai mulai dari jalan nasional, pelabuhan, hingga pertambangan. Pencapaian ini menandai tonggak penting dalam upaya digitalisasi infrastruktur transportasi nasional. Diantaranya:

    • Kementerian Perhubungan – 7 lokasi

    Mendukung program ODOL, sistem WIM-VISI di lokasi seperti Balonggandu, Losarang, dan Muara Lembu meningkatkan efektivitas pengawasan kendaraan hingga 10 kali lipat dibanding metode timbang statis.

    • 15 lokasi : Di sejumlah jembatan baru di Pulau Jawa

    WIM-VISI merekam lebih dari 2 juta kendaraan per bulan, dengan 530.000 kendaraan teridentifikasi overload, membantu menjaga integritas infrastruktur jalan dan jembatan.

    • Pertambangan di Borneo Indobara (Sinarmas Group) – 1 lokasi

    Di sektor pertambangan, WIM-VISI menurunkan waktu timbang dari 15 menit menjadi 5 detik per kendaraan, mendukung kelancaran 24 jam operasi angkutan tambang hingga 4.500 kendaraan per jalur per hari.

    • Lingkungan Pelabuhan dan Terminal Kargo – 11 lokasi

    Integrasi WIM-VISI dengan sistem X-ray cargo scanner meningkatkan keamanan dan transparansi logistik di pelabuhan strategis, dengan throughput hingga 4.000 kendaraan per hari.

    (lth/dry)

  • Honda Super Cub Disegarkan, Ini Pilihan Warna Barunya

    Honda Super Cub Disegarkan, Ini Pilihan Warna Barunya

    Jakarta

    Honda resmi memperkenalkan Super Cub 110 dan Cross Cub 110 model 2026 di Jepang. Kedua motor bebek legendaris itu dapat penyegaran warna dan pembaruan harga. Penjualannya akan dimulai di seluruh Jepang pada Desember 2025. Seperti apa detail ubahannya?

    Untuk Super Cub 110 2026, warna ‘Flare Orange Metallic’ resmi dihapus dari daftar, tapi empat warna favorit tetap dipertahankan: Glint Wave Blue Metallic, Tasmania Green Metallic, Virgin Beige, dan Classical White.

    Honda Super Cub 110 dan Cross Cub 110 hadir dengan pilihan warna baru Foto: Dok. Honda

    Sementara itu, varian Super Cub 110 Pro yang dirancang untuk keperluan niaga seperti pengiriman barang dan koran, hanya hadir dalam satu warna, yakni Seychellen Blue. Harga terbaru Super Cub 110 dibanderol 352.000 yen atau setara Rp 38,3 juta, sedangkan versi Pro dilepas sekitar 396.000 yen atau sekitar Rp 43,1 juta.

    Di sisi lain, Cross Cub 110 tampil lebih segar dengan dua warna baru, yaitu Harvest Beige dan Bonnie Blue. Kedua warna ini memberikan kesan petualangan yang simpel dan tangguh.

    Warna lamanya pun tetap tersedia, seperti Matte Armored Green Metallic, dan versi spesial Graphite Black untuk Cross Cub 110 Kumamon Edition, yang menampilkan maskot populer dari Prefektur Kumamoto. Untuk harganya, Cross Cub 110 dijual sekitar 412.500 yen atau Rp 44,9 juta, sedangkan Kumamon Edition dibanderol 423.500 yen atau setara 46,1 juta.

    Honda Super Cub 110 dan Cross Cub 110 hadir dengan pilihan warna baru Foto: Dok. Honda

    Kedua model motor bebek ini masih mengusung mesin 109 cc satu silinder 4-tak, bertenaga 8 dk dengan torsi 8,8 Nm, transmisi 4-percepatan, dan konsumsi bahan bakar irit hingga 67,9 km/l.

    Super Cub tetap ideal untuk mobilitas dalam kota, sedangkan Cross Cub tampil lebih tangguh berkat ban semi-off-road, spatbor tinggi, dan jok lebih tinggi untuk menegaskan gaya adventure.

    (lua/dry)

  • Performa Bagnaia Melempem, Valentino Rossi Bilang Begini

    Performa Bagnaia Melempem, Valentino Rossi Bilang Begini

    Jakarta

    Valentino Rossi angkat bicara soal performa muridnya Francesco Bagnaia yang belakangan melempem. Ini fakta yang diungkap Rossi.

    Francesco Bagnaia hanya meraih dua kemenangan dari total 19 seri pada balapan utama musim ini. Persaingan antara Bagnaia dan Marc Marquez yang diramal bakal sengit juga justru tak terjadi. Bagnaia seolah tak memberikan ancaman serius bagi Marquez dalam perebutan titel juara dunia musim ini. Alhasil Marquez dengan mulus meraih titel juara dunianya yang kesembilan.

    Sejak liburan musim panas, performa Pecco memang terus menurun. Sebenarnya harapan itu sempat ada kala rider dengan nomor motor 63 itu memenangi balapan utama dan Sprint Race MotoGP Jepang. Hal ini diyakini lantaran Ducati menggunakan beberapa komponen 2024 yang sudah dijajal di sesi tes Misano sebelum balapan di Motegi. Tapi dalam dua seri terakhir, setelah Jepang, Bagnaia malah terus merosot.

    Valentino Rossi ikut mengomentari situasi yang dialami Pecco saat ini. Menurutnya, menjadi rekan setim Marquez turut mempengaruhi menurunnya performa anak muridnya itu.

    “Pecco adalah juara dunia tiga kali, termasuk satu kali di Moto2 dengan tim kami. Dia sangat cepat tapi sayangnya tahun ini dia kesulitan. Dalam tiga tahun belakangan, dia selalu berusaha untuk merebut gelar juara dunia,” ujar Rossi dalam wawancara dengan Sky News Italia belum lama ini.

    “Dia menang dua gelar, tapi tahun lalu dia kalah di seri terakhir. Dia membuktikan kemampuannya. Tahun ini, dengan berbagai alasan, dia sangat tidak nyaman dengan Ducati baru,” sambungnya lagi.

    “Dia mulai mengalami kesulitan sedikit saat bersaing dengan rekan setim yang cepat seperti Marquez,” tutur Rossi.

    Menurutnya, saat ini dia juga ikut memberi dukungan penuh untuk Pecco sembari mencari jalan keluar dari situasi ini. Tapi Rossi yakin Bagnaia bakal segera bisa kembali ke performa terbaiknya.

    “Kami juga belum memahami apa yang terjadi, tapi kami yakin Pecco akan kembali ke barisan depan dan berjuang untuk meraih kemenangan lagi,” tegas Rossi.

    (dry/rgr)