Jenis Media: Otomotif

  • Harga Rp 500 Jutaan, Bisa Jalan 1.017 Km Sekali Isi Penuh

    Harga Rp 500 Jutaan, Bisa Jalan 1.017 Km Sekali Isi Penuh

    Jakarta

    BYD belum kehabisan peluru. Merek asal China ini baru merilis Atto 8 dalam acara Tashkent International Auto Show 2025, Uzbekistan.

    SUV flagship ini pertama kalai meluncur di Cina pada April 2025. Namanya BYD Tang L. Namun untuk pasar global diganti menjadi BYD Atto 8.

    BYD Atto 8 cukup laris di negara asalnya. Menurut data dari China EV DataTracker, dari April hingga Januari 2025, BYD Tang L terjual sebanyak 30.387 unit di Cina.

    BYD Atto 8 dibekali sistem plug-in hybrid DM-p. Sistem tersebut terdiri dari mesin bensin turbo 1.5 liter yang menghasilkan 115 kW (154 hp) serta dua motor listrik dengan daya gabungan 400 kW (536 hp).

    Soal performa? SUV ini dapat berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam 4,3 detik, dengan kecepatan puncak 200 km/jam. Benar-benar ngebut, kan?

    Berkat baterai LFP 35,62 kWh, Atto 8 dapat berjalan hingga 150 km dalam mode listrik penuh berdasarkan standar WLTC. Atto 8 DM-p juga mendukung pengisian cepat DC 71 kW.

    Tangki bahan bakar 60 liter memungkinkan mobil ini menempuh jarak 1.017 km dengan konsumsi 6,3 liter per 100 km.

    Spesifikasi di atas terbilang sangat baik untuk sebuah SUV keluarga 7-kursi yang memiliki dimensi panjang 5040 mm, lebar 1996 mm, tinggi 1760 mm dan jarak sumbu roda 2.950 mm.

    Perlu diketahui, BYD Atto 8 juga tersedia mobil listrik murni. Atto 8 BEV tersedia dalam konfigurasi motor tunggal maupun ganda. Varian RWD memiliki motor listrik 580 kW (777 hp). Sementara itu, Atto 8 EV AWD (4WD) memiliki tenaga hingga 810 kW (1.086 hp). Akselerasi 0-100 km/jam dicapai hanya dalam 3,9 detik. Mobil ini dibekali baterai LFP 100,5 kWh yang mampu menempuh jarak 560 – 670 km.

    Harga domestiknya pada berkisar antara 229.800 – 289.800 yuan. Kalau dikonversi ke rupiah harganya mulai dari Rp 536 jutaan.

    (riar/dry)

  • Nissan Siapkan Mobil MPV 7-Seater Baru, Ini Bocorannya

    Nissan Siapkan Mobil MPV 7-Seater Baru, Ini Bocorannya

    Jakarta

    Nissan dikabarkan tengah menyiapkan mobil keluarga baru untuk pasar India. Model ini merupakan MPV tiga baris 7-seater dan jadi bagian dari tiga model baru yang akan diluncurkan pabrikan asal Jepang itu dalam waktu dekat. Seperti apa bocorannya?

    Mengutip dari Motoroids, calon MPV baru Nissan ini dibangun dari basis Renault Triber. Sekadar pengingat, Renault Triber diperkenalkan di India pada 2019 dan dibangun di atas platform CMF-A seperti Renault Kwid. Triber juga pernah dipasarkan di Indonesia pada 2020 lalu.

    Renault Triber Foto: Ari Saputra

    Dari foto pengujian yang beredar, calon MPV Nissan ini masih disamarkan rapat, namun bentuk bodinya yang mirip Triber terlihat jelas. Desain eksterior, kemungkinan akan mendapat grille dan bumper baru, serta velg berdesain anyar yang tampil lebih segar.

    Karena mobil ini menggunakan basis Triber, sudah pasti interiornya akan fokus pada kenyamanan dan kepraktisan. MPV ini dibekali tiga baris tempat duduk yang cukup buat keluarga kecil, dengan kursi geser dan kompartemen penyimpanan pintar. Mobil ini juga akan dilengkapi dengan layar infotainment dan fitur yang lengkap.

    Soal performa, mobil keluarga ini diperkirakan mengusung mesin bensin 1.0 liter tiga silinder yang bisa menghasilkan 71 dk dan torsi 96 Nm. Pilihan transmisinya ada dua, manual 5-percepatan atau AMT (Automated Manual Transmission). Mesin ini tidak dirancang untuk performa tinggi, melainkan efisiensi bahan bakar dan kemudahan perawatan-cocok untuk pengguna harian di kota besar.

    Dengan tiga baris kursi, ukuran ringkas, dan fitur fungsional, MPV baru Nissan ini akan menjadi pilihan menarik bagi keluarga muda di perkotaan. Peluncurannya diperkirakan tak lama lagi di India, dan model ini akan bersaing langsung dengan Kia Carens dan Hyundai Alcazar.

    Apakah calon MPV baru Nissan ini juga akan dipasarkan di Indonesia ke depannya?

    (lua/dry)

  • Jurus Daihatsu Bikin Mobil Cepat tapi Tetap Berkualitas

    Jurus Daihatsu Bikin Mobil Cepat tapi Tetap Berkualitas

    Kyoto

    Dalam dunia otomotif yang kompetitif, memproduksi mobil dengan cepat tanpa mengorbankan kualitas adalah sebuah keniscayaan. Bagi Daihatsu hal tersebut sudah menjadi kebiasaan sejak lama. Kunci utamanya terletak pada filosofi produksi mereka yang disebut SSC, singkatan dari Simple, Slim, dan Compact.

    Redaksi detikOto berkunjung langsung ke pabrik Daihatsu di Kyoto, Jepang dan menyaksikan bagaimana efisiensinya pembuatan mobil Daihatsu dilakukan. Fukushima-san, Plant Manager Kyoto Plant, menjelaskan bahwa SSC adalah fondasi manufaktur Daihatsu.

    “Konsep ini berawal dari ide untuk menerapkan proses produksi efektif dengan memanfaatkan efisiensi ruang,” ujar Fukushima.

    Penerapan SSC terwujud dalam banyak inovasi. Di Body Shop, mereka mengembangkan jalur produksi tanpa jig yang berlebihan. Di Paint Shop, volume fasilitas ditekan untuk efisiensi. Sementara di lini perakitan, beberapa pekerjaan disatukan dalam satu proses. Hasilnya, jalur produksi lebih pendek, langkah kerja berkurang, dan waktu produksi menjadi lebih singkat.

    Efisiensi ini terukur secara nyata. Pabrik Kyoto yang telah diremajakan pada 2022 itu sanggup memproduksi 230.000 unit per tahun dengan takt time atau ritme produksi hanya 0,9 menit per unit. Angka ini termasuk yang tercepat di industri. Namun, kecepatan harus sejalan dengan kualitas. Di sinilah konsep People Friendly Factory berperan. Daihatsu memastikan para pekerjanya dapat berkarya dalam lingkungan yang optimal.

    Proses pengecatan manual yang melelahkan telah digantikan robot. Mereka juga memperkenalkan kursi mudah akses atau rakuraku isu untuk mengurangi beban kerja saat memasang komponen di dalam kabin.

    “Dengan berbagai inisiatif ini, Pabrik Kyoto menjadi tempat kerja yang nyaman untuk semua orang, tanpa memandang usia maupun gender,” tegas Fukushima-san.

    Komitmen pada kualitas juga didukung digitalisasi. Pabrik ini sedang membangun sistem visualisasi data dan pemantauan status peralatan. Bahkan, penilaian kualitas otomatis sudah dibantu oleh Kecerdasan Artifisial (AI). Langkah selanjutnya adalah menuju sistem kontrol otomatis dan pemeliharaan prediktif. Tak ketinggalan, Pabrik Kyoto juga berperan sebagai mother plant bagi fasilitas produksi Daihatsu global, termasuk PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Karawang Plant 2 di Indonesia.

    Artinya, rahasia kecepatan dan kualitas dari Jepang ini juga menjadi dasar bagi mobil-mobil Daihatsu yang berkeliaran di jalanan Indonesia. Jadi, rahasianya bukan hanya pada robot canggih, tetapi pada filosofi menyeluruh untuk menghilangkan segala pemborosan, baik dalam gerak, waktu, maupun ruang.

    (mhg/dry)

  • Ini Mobil Eropa Paling Murah di Indonesia, Harga di Bawah Rp 200 Juta!

    Ini Mobil Eropa Paling Murah di Indonesia, Harga di Bawah Rp 200 Juta!

    Jakarta

    Citroen C3 jadi mobil Eropa paling murah yang dijual di Indonesia. Harganya bahkan tak sampai Rp 200 juta.

    Lagi cari mobil Eropa tapi harganya ramah di kantong? Citroen C3 bisa jadi solusinya. Soalnya mobil ini dijual dengan harga di bawah Rp 200 juta. Ini sekaligus menjadikan Citroen C3 sebagai mobil Eropa paling murah di Indonesia. Citroen C3 Manual saat ini ditawarkan dalam dua opsi warna yaitu one tone dan two tone.

    Versi one tone dijual seharga Rp 199,9 juta sedangkan versi two tone harganya Rp 204,9 juta. Di antara merek mobil Eropa lain seperti Volkswagen, Volvo, Mercedes-Benz, Audi, hingga BMW, Citroen C3 lah yang banderolnya paling ramah di kantong. Sebelumnya diketahui salah satu produsen asal Eropa yang membanderol mobilnya dengan harga murah adalah Renault. Bahkan Renault menyajikan mobil yang harganya bersaing dengan deretan mobil LCGC (Low Cost Green Car). Namun kini tak diketahui lagi nasibnya. Renault juga sudah menghilang dari daftar penjualan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

    Kembali ke Citroen C3 MT, mobil ini mengusung desain kompak dengan dimensi panjang 3.981 mm, lebar 1.733 mm, dan tinggi 1.604 mm. Adapun jarak sumbu rodanya mencapai 2.540 mm, dengan ruang bagasi luas 350 liter.

    Citroen C3 Manual menggendong 1.198 cc non turbo dengan tenaga maksimal 81 dk dan torsi puncak 115 Nm. Pembekalan tersebut disalurkan ke roda melalui transmisi manual lima percepatan. Sementara konsumsi bahan bakarnya 19,8 km/liter dengan kapasitas tangki 30 liter. Mesin itu bisa menyemburkan tenaga 81 daya kuda pada 5.750 rpm dan torsi 115 Nm pada 3.750 rpm.

    Citroen C3 MT masih dibekali lampu halogen, namun sudah ada lampu DRL (Day Running Light). Selain itu, ada fitur alarm dan immobilizer, sensor parkir belakang dan kamera parkir, serta panel instrumen digital 10 inci yang bisa menjalankan konektivitas Android Auto dan Apple Car Play.

    Kemudian untuk safety-nya, ada dua airbags di kursi depan, Antilock Braking System (ABS), dan Electronic Brake Distribution (EBD). Sementara untuk sistem pengeremannya, depan pakai cakram dan belakang masih pakai tromol. Ruang bagasinya cukup luas dengan kapasitas 315 liter.

    (dry/din)

  • Kenapa Kecelakaan Maut Bus Terulang Terus?

    Kenapa Kecelakaan Maut Bus Terulang Terus?

    Jakarta

    Lagi-lagi kecelakaan maut akibat bus diduga mengalami rem blong terjadi. Kenapa kecelakaan maut bus pariwisata terulang terus?

    Kecelakaan maut yang melibatkan bus pariwisata lagi-lagi terjadi. Bus pariwisata yang mengangkut 34 orang penumpang itu kecelakaan di Tol Trans Jawa Km 312B arah Semarang-Jakarta, Pemalang, Jawa Tengah. Insiden itu terjadi Sabtu (25/10/2025) pukul 08.25 WIB. Empat orang dilaporkan meninggal dunia akibat kecelakaan ini.

    “Korban meninggal dunia ada empat orang, satu luka berat, dan 13 luka ringan. Sementara 16 lainnya selamat,” kata Kasat Lantas Polres Pemalang, AKP Arief Wiranto, dikutip detikJateng.

    Diduga bus maut itu mengalami rem blong. Hal itu diamini oleh penumpang selamat yang menceritakan detik-detik kecelakaan maut tersebut. Riyan (35), tour leader (TL) yang ikut dalam rombongan wisata tersebut mengungkapkan adanya dugaan kegagalan sistem rem bus. Menurutnya, sebelum kecelakaan terjadi, sopir sempat mengeluhkan kondisi rem yang tidak berfungsi.

    “Sopir sempat bilang remnya los, nggak bisa ngerem,” kata Riyan.

    Meski sopir sudah berusaha mengendalikan kendaraan dengan menurunkan gigi dan menarik rem tangan, namun bus tetap tak bisa dikendalikan. Bus itu akhirnya terguling di tikungan.

    “Transmisi sudah dikurangi, rem tangan juga sudah main, tapi remnya tetap nggak bisa,” tutur Riyan.

    Kenapa Kecelakaan Maut Bus Terulang Terus?

    Ini bukan kali pertama bus pariwisata mengalami rem blong dan mengakibatkan kecelakaan maut. Praktisi keselamatan berkendara sekaligus Instruktur & Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu memprediksi, kejadian semacam ini akan terus terulang kalau penyebab tidak langsungnya belum teratasi.

    “Ini akan terulang-ulang. Kenapa pemerintah tidak melihat penyebab tidak langsungnya? Mereka hanya fokus ke penyebab langsungnya. Harusnya fokusnya kepada penyebab tidak langsung. Rem blong tadi ada dua penyebab, secara langsung dan tidak langsung. Penyebab tidak langsung mulai dari praperjalanan, dari sistem perawatan di perusahaan angkutan, mulai dari sistem rekrutmen, lemahnya pemerintah dalam pengawasan kepada pengusaha-pengusaha terhadap aturan-aturan kelaikan. Ini yang namanya penyebab tidak langsung. Karena penyebab tidak langsung akan memicu penyebab langsung,” ujar Jusri kepada detikOto beberapa waktu lalu.

    Menurut Jusri, proses rekrutmen pengemudi kendaraan besar harus disoroti. Sebab, kebanyakan sopir truk dan bus adalah sopir yang ‘naik kelas’ dari kernet. Namun, sopir itu hanya berangkat dari pengalaman, bukan pengetahuan.

    Jusri mengatakan, kalau sistem rekrutmen sopir sudah salah, maka akan melahirkan driver yang tidak berkualitas. Tak cuma rekrutmen, juga harus ada pengembangan dan pelatihan untuk sopir-sopir truk.

    “Kalau rekrutmen benar tapi tidak ada development, training, pendidikan dan lain-lain, otomatis kualitas driver kacau juga. Belum lagi sistem perawatan (kendaraan), perusahaan berpikir komponen masih bisa dipakai meski sudah diajukan permohonan untuk diganti. Mereka tidak berpikir pasca kecelakaan cost-nya berapa kali. Karena kesadaran keselamatan masih menjadi kelemahan masyarakat Indonesia,” ujarnya.

    Untuk itu, Jusri menilai hal-hal yang jadi penyebab tidak langsung kecelakaan lalu lintas itu perlu dibenahi. Kalau tidak, kata dia, kecelakaan serupa bisa terus terjadi berulang kali.

    “(Mengatasi) penyebab tidak langsung merupakan solusi yang paling tepat di dalam menyikapi masalah-masalah yang berulang-ulang terus. Karena ini akan ada terus kalau tidak dibenahi,” ucapnya.

    Status Uji Berkala

    Sebagai informasi, angkutan umum seperti bus pariwisata harus memenuhi syarat laik jalan. Untuk itu, bus atau angkutan umum harus melakukan uji berkala setiap enam bulan sekali.

    Namun, bus pariwisata dengan pelat nomor DK 9296 AH itu tidak ditemukan status uji berkalanya. detikOto mengecek status laik jalan bus yang mengalami kecelakaan maut di tol Pemalang tersebut. Berdasarkan data di aplikasi Mitra Darat Kementerian Perhubungan, bus dengan nomor polisi DK 9296 AH itu tidak terdaftar.

    Padahal, menurut pengamat transportasi Djoko Setijowarno, setiap kendaraan bermotor yang dioperasikan di jalan harus memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan.

    “Untuk memastikan hal itu, ada beberapa pihak yang harus bertanggung jawab, yakni pengemudi serta pemilik kendaraan, baik perorangan, badan hukum, maupun pemerintah. Keselamatan lalu lintas penting untuk menjaga keselamatan pengguna jalan, serta menekan angka kecelakaan,” kata Djoko belum lama ini.

    Djoko menyebut, keselamatan transportasi masih menjadi masalah serius bangsa ini. Mengacu pada data dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, sekitar 51 persen dari bus pariwisata telah melanggar aturan. Sekitar 66 persen pelanggaran berkaitan dengan perizinan dan 34 persen karena izin uji kendaraan bermotor atau KIR mati.

    “Pelanggaran ini terjadi karena pihak perusahaan hanya ingin mendapatkan keuntungan dengan mengabaikan keselamatan. Situasi pasar juga turut mempengaruhi hal itu. Banyak konsumen yang menginginkan harga sewa bus murah tanpa memeriksa lagi apakah bus yang mereka gunakan itu laik atau tidak,” ungkap Djoko.

    (rgr/dry)

  • Mobil Masih Nunggak Pajak? Siap-siap Ditempelin Stiker Khusus!

    Mobil Masih Nunggak Pajak? Siap-siap Ditempelin Stiker Khusus!

    Jakarta

    Pemerintah daerah di sejumlah wilayah mulai memburu penunggak pajak kendaraan bermotor. Nantinya mobil yang belum dibayarkan pajaknya bakal mendapatkan stiker khusus.

    Pemerintah Sulawesi Barat (Sulbar) melakukan pemeriksaan terhadap seluruh kendaraan yang terparkir di area kantor pemerintah. Jika ditemukan kendaraan dengan pelat nomor mati atau belum menggunakan pelat nomor Sulbar (kode DC), maka akan ditempelkan stiker khusus sebagai bentuk teguran dan pengingat bagi pemilik kendaraan.

    “Kami mendatangi setiap kendaraan yang terparkir, dan jika kedapatan belum memperpanjang pajak atau belum menggunakan pelat DC, langsung kami beri penanda khusus berupa stiker,” ujar Kepala Bidang Penegakan Peraturan Perundang-undangan Daerah Satpol PPdanDamkar Sulbar,Dermawan dalam website resmi pemerintah Sulbar.

    Di wilayah lain, Banten, Samsat Kota Serang menggelar operasi penempelan stiker dan peringatan bagi penunggak pajak kendaraan. Petugas menempelkan stiker ke mobil yang menunggak pajak.

    Petugas tampak berkeliling di area parkir RSUD Banten. Mereka memeriksa pelat nomor untuk mengecek masa berlaku pajak. Beberapa mobil yang belum membayar pajak kendaraan langsung ditempeli stiker peringatan.

    Dalam razia tersebut, terdapat kendaraan dinas yang juga ditempeli stiker. Selain itu, ada mobil Mercedes-Benz yang telah melewati masa jatuh tempo Juni 2025.

    “Ya, betul. Mobil yang menunggak pajak memang harus segera dibayarkan. Saat ini sudah disisir oleh teman-teman dari Samsat Kota Serang terkait jenis kendaraan yang menunggak,” kata Plt Kepala Bapenda Banten, Rita Prameswari, diberitakan detikcom sebelumnya pada Jumat (24/10/2025).

    Menurut Rita, pihaknya telah memiliki data pemilik mobil yang belum membayar pajak. Pihaknya akan mengirimkan tagihan kepada pemilik.

    “Nanti akan kami kirimkan surat pemberitahuan kepada pemiliknya. Selain menempelkan stiker tanda menunggak, kami juga mengirim surat tagihan resmi,” ujarnya.

    Rita mengatakan razia yang dilakukan Samsat Serang merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran pajak. Dia menyebut razia serupa pernah dilakukan dan efektif mendorong penunggak untuk membayar pajak.

    “Waktu Apel Kesadaran Nasional kemarin, kami bersama Tim Pembina Samsat Daerah (TPSDK) juga melakukan penyisiran terhadap kendaraan yang belum membayar pajak. Alhamdulillah, sudah ada yang membayar setelah dilakukan penertiban,” katanya.

    (riar/dry)

  • Klasemen MotoGP 2025 usai Balapan di Sepang, Bagnaia ke-4 Disalip Bezzecchi

    Klasemen MotoGP 2025 usai Balapan di Sepang, Bagnaia ke-4 Disalip Bezzecchi

    Jakarta

    Klasemen MotoGP 2025 mengalami sejumlah perubahan setelah perlombaan di Sirkuit Sepang, Malaysia, pekan ini. Salah satunya, Francesco Bagnaia yang turun satu peringkat dari posisi ketiga ke posisi keempat!

    Sebagai catatan, pada Race MotoGP Malaysia 2025, Alex Marquez sukses meraih kemenangan dan mendapat tambahan 25 poin. Kini, dia telah mengumpulkan 413 poin atau berbeda 132 poin dari kakaknya di peringkat pertama. Meski sudah tak mungkin terkejar, namun setidaknya dia mampu memperpendek jarak.

    Sementara Bagnaia harus mengalami nasib sial di MotoGP Malaysia 2025. Karuan saja, pebalap Ducati asal Italia tersebut gagal menuntaskan perlombaan setelah motornya mengalami masalah. Padahal, ketika itu, dia sedang menghuni peringkat ketiga!

    Klasemen MotoGP 2025 setelah balapan di Sepang, Malaysia. Francesco Bagnaia turun dan Marco Bezzecchi naik peringkat. Foto: AFP/ANDREAS SOLARO

    Berkat hasil minor itu, Bagnaia turun satu posisi ke peringkat keempat dengan koleksi 286 poin. Dia tertinggal lima angka dari Marco Bezzecchi di posisi ketiga.

    Bukan hanya Bagnaia, Fabio Diggia juga mengalami penurunan posisi setelah gagal tampil baik di perlombaan hari ini, Minggu (26/10). Pebalap asal Spanyol itu turun ke posisi ketujuh, sementara peringkat keenam ditempati rekan setimnya, Franco Morbidelli.

    Nah, biar tak penasaran, berikut kami rangkum klasemen MotoGP 2025 setelah balapan di Sirkuit Sepang, Malaysia.

    Klasemen MotoGP 2025 Usai Race di SepangMarc Marquez – 545Alex Marquez – 413Marco Bezzecchi – 291Francesco Bagnaia – 286Pedro Acosta – 260Franco Morbidelli – 277Fabio Di Giannantonio – 226Fermin Aldeguer – 186Fabio Quartararo – 182Raul Fernandez – 146Johann Zarco – 134Brad Binder – 133Luca Marini – 128Enea Bastianini – 106Joan Mir – 93Ai Ogura – 79Maveric Vinales – 72Jack Miller – 68.

    (sfn/dry)

  • Wujud Mobil Hybrid BYD Seharga Rp 216 Jutaan, Konsumsi BBM 37 Km/Liter!

    Wujud Mobil Hybrid BYD Seharga Rp 216 Jutaan, Konsumsi BBM 37 Km/Liter!

    Foto Oto

    Septian Farhan Nurhuda – detikOto

    Senin, 27 Okt 2025 08:38 WIB

    Jakarta – Build Your Dreams (BYD) kembali meluncurkan mobil plug-in hybrid dengan harga terjangkau. Kendaraan tersebut bernama BYD Qin L DM-i dan mengusung model sedan.

  • Terungkap! Ternyata Gara-gara Ini Bagnaia Gagal Finis di MotoGP Malaysia

    Terungkap! Ternyata Gara-gara Ini Bagnaia Gagal Finis di MotoGP Malaysia

    Jakarta

    Francesco Bagnaia terpaksa mundur dari balapan utama MotoGP Malaysia saat tersisa tiga lap lagi. Terungkap, ini penyebabnya.

    Francesco ‘Pecco’ Bagnaia gagal menyempurnakan akhir pekannya di MotoGP Malaysia. Pecco yang sejak Q1, Q2, hingga Sprint Race menempati posisi pertama, justru gagal finis di balapan utama MotoGP Malaysia 2025. Saat balapan tersisa tiga putaran, dia tiba-tiba melebar dan beberapa kali menengok ke arah belakang motor. Dia juga sempat menggelengkan kepala sembari berjalan lambat dan akhirnya memutuskan kembali ke garasi Ducati Lenovo.

    Usut punya usut, mundurnya Pecco dari MotoGP Malaysia disebabkan permasalahan ban pada. Penyuplai ban untuk MotoGP, Michelin, mengungkap ban Pecco Bagnaia bocor.

    “Kami mendeteksi lubang di tengah ban belakang,” ungkap Bos Michelin Piero Taramasso dilansir Crash.

    “Pecco merasa motor mulai aneh. Saat dia masuk, kami memeriksa dan melihat tekanan ban antara 0,6 dan 0,7 bar,” terangnya lagi.

    Menurut Taramasso, kebocoran ban itu disebabkan oleh puing-puing. Namun Ducati belum mengkonfirmasi hal ini. Sebelum Pecco mundur, diketahui ada insiden yang terjadi melibatkan tiga pebalap yaitu Pol Espargaro, Miguel Oliveira, dan Raul Fernandez.

    “Kami menemukan lubang yang disebabkan oleh potongan karbon di lintasan. Sayang sekali karena dia tampil bagus dan bisa mengelola balapan dengan sangat baik, sekaligus masih memiliki sisa bahan bakar,” tambah dia.

    “Selama satu atau dua lap, dia merasa ada yang aneh pada motornya. Kemudian tekanan ban turun secara signifikan pada lap berikutnya. Kami perlu menganalisis data untuk melihat tepatnya berapa banyak tekanan hilang. Namun dalam dua lap dia menyadari ada yang salah dan harus mundur,” bebernya lagi.

    Di lain pihak, Pecco sudah merasakan adanya kebocoran itu sejak lap 12. Tapi dia merasa hanya tidak bisa mengelola bannya dengan baik. Pada akhirnya dia tahu kalau bannya mengalami kebocoran.

    “Jadi ini apes, sayangnya, ya itulah balapan, apapun bisa terjadi,” ujar Pecco.

    Saat memutuskan mundur, Pecco tengah berada di posisi ketiga. Alhasil, Joan Mir yang berada di posisi keempat bisa naik podium karena mundurnya Pecco. Di lain sisi, posisinya di klasemen sementara juga makin anjlok. Dia sekarang berada di posisi keempat, tertinggal lima poin dari rider Aprilia Marco Bezzecchi yang finis ke-11 pada balapan hari Minggu.

    (dry/din)

  • Kawasaki Luncurkan Motor Petualang Baru, Harga Rp 100 Jutaan

    Kawasaki Luncurkan Motor Petualang Baru, Harga Rp 100 Jutaan

    Jakarta

    Kawasaki kembali menggairahkan dunia motor petualang dengan menghadirkan KLE500 2026. Motor ini menghidupkan kembali nama legendaris KLE yang sempat tenar di era 1990-an sebelum digantikan oleh lini Versys. Kini, KLE tampil lebih garang dengan desain bergaya reli sejati dan performa tangguh untuk menaklukkan berbagai medan ekstrem.

    Berbeda dari Versys yang mengusung gaya dual purpose, KLE500 dirancang khusus untuk petualang sejati. Desainnya tinggi dan agresif, dengan fairing depan berprofil rendah, lampu depan tajam, serta sayap samping besar khas motor reli. Motor ini tampak siap diajak menjelajah tanah, lumpur, hingga jalan berbatu.

    Kawasaki KLE500 Foto: Dok. Kawasaki

    Kawasaki membekali KLE500 dengan rangka trellis baru yang kokoh namun tetap ringan, shock depan terbalik (USD), juga suspensi belakang Unitrack yang bisa disetel sesuai kebutuhan. Tak ketinggalan, roda jari-jari serba guna dan posisi duduk tinggi 860 mm memberi rasa percaya diri saat melibas medan sulit.

    Soal performa, KLE500 mengandalkan mesin 451 cc dua silinder segaris yang diambil dari Kawasaki Ninja 500, menghasilkan tenaga sekitar 45,4 PS (44,7 dk) dan torsi 42 Nm. Tangki bensin 16 liter siap menunjang perjalanan jarak jauh.

    Kawasaki KLE500 Foto: Dok. Kawasaki

    Motor ini tersedia dalam dua varian. Model standar hadir dengan layar LCD digital, kaca depan pendek, dan lampu sein halogen. Sedangkan Edisi Khusus (SE) dilengkapi layar TFT warna, kaca depan tinggi yang bisa diatur, lampu LED, serta aksesori seperti hand guard dan skid plate.

    Di pasar Amerika Serikat, Kawasaki KLE500 dijual mulai USD 6.599 (Rp 109,6 juta) buat versi Standard dan USD 7.499 (Rp 124,6 juta) untuk varian SE. Di segmennya, motor ini siap menantang para rival, seperti Honda CRF300 Rally, KTM 390 Adventure, hingga Yamaha Tenere 700.

    (lua/dry)