Jenis Media: Otomotif

  • Ternyata Calon Mobil Nasional Indonesia Sudah Tampil di GIIAS 2025

    Ternyata Calon Mobil Nasional Indonesia Sudah Tampil di GIIAS 2025

    Jakarta

    Presiden Prabowo Subianto mengungkapkan dalam waktu dekat Indonesia akan memiliki mobil nasional. Ternyata, calon mobil nasional itu sudah dipajang di pameran otomotif GIIAS 2025 yang digelar Juli 2025 lalu.

    Prabowo mengungkapkan, dalam waktu tiga tahun ke depan akan lahir mobil nasional. Alokasi dana dan lokasi pabriknya sudah disiapkan.

    “Belum merupakan prestasi tapi sudah kita mulai rintis, kita akan punya mobil buatan Indonesia dalam 3 tahun yang akan datang. Saya sudah alokasi dana, sudah kita siapkan lahan untuk pabrik-pabriknya. Sedang bekerja sekarang,” kata Prabowo dalam Sidang Kabinet Paripurna dikutip kanal YouTube Sekretariat Presiden.

    Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan, industrinya sudah siap untuk menggarap mobil nasional tersebut. Bahkan, mereknya pun sudah ada.

    “Oh industri sudah siap, saya juga sudah berbicara kok dengan perusahaan. Mereknya sudah ada, dan perusahaannya juga saya sudah ketemu, tapi mungkin saya tidak bisa buka sekarang atau tidak bisa menampilkan sekarang ke publik, tapi semuanya sudah siap sebetulnya,” bilang Agus dikutip dari CNBC Indonesia.

    Agus juga mengungkapkan, mobil tersebut sudah pernah dilihat publik di pameran GIIAS 2025.

    “Saya udah lihat, waktu itu sudah ditampilkan di GIIAS, GIIAS yang terakhir kemarin. Itu sudah ditampilkan jadi calon mobnas. Itu yang kemarin disampaikan oleh Bapak Presiden dalam rapat paripurna kabinet sebetulnya sudah ditampilkan ke publik di dalam GIIAS kemarin,” jelasnya lagi.

    Mengacu pada pernyataan Agus tersebut, mobil nasional yang disiapkan itu diduga adalah i2C atau Indigenous Indonesian Car. Desain mobil konsep ini dikerjakan oleh PT Teknologi Militer Indonesia (TMI) dengan panduan atau pengawasan langsung dari tim Italdesign asal Italia. Konsep mobil itu memang sudah dipamerkan di GIIAS 2025, tapi baru berbentuk clay model skala 1:1.

    (rgr/dry)

  • Nissan Sakura Pakai Solar Panel, Bisa Jalan Sejauh 3.000 Km

    Nissan Sakura Pakai Solar Panel, Bisa Jalan Sejauh 3.000 Km

    Jakarta

    Nissan bakal menampilkan sistem pembangkit listrik tenaga surya onboard pada ajang Japan Mobility Show 2025. Panel surya itu dipasangkan ke mobil listrik Nissan Sakura.

    Teknologi itu dinamakan ‘Ao-Solar Extender’, sistem ini dipasang pada mobil listrik terlaris di Jepang, Nissan Sakura. Sistem panel surya ini dirancang untuk mengurangi ketergantungan pada jaringan listrik dan meningkatkan kenyamanan pemilik kendaraan listrik dengan menyederhanakan proses pengisian daya

    Tim pengembang memperkirakan dalam satu tahun, sistem ini mampu menghasilkan listrik tenaga surya yang cukup untuk menempuh hingga 3.000 km jarak berkendara.

    Panel surya Ao-Solar Extender yang dipasang di atap dapat mengisi daya kendaraan baik saat berkendara maupun saat diparkir. Panel yang terpasang permanen di atap dapat menangkap energi matahari bahkan ketika mobil sedang bergerak.

    Saat kendaraan berhenti, panel tambahan dapat diperluas keluar dari ruang penyimpanannya, menambah luas permukaan panel surya dan meningkatkan potensi pembangkit daya hingga sekitar 500 Watt.

    Panel yang mengembang ini juga menciptakan bayangan dan membantu menghalangi sinar matahari memasuki kabin melalui kaca depan, sehingga menurunkan suhu kabin dan mengurangi kebutuhan konsumsi daya AC.

    Meski membawa panel ekstra, desain Ao-Solar Extender tetap dibuat aerodinamis dan menyatu dengan tampilan mungil Nissan Sakura.

    Dengan pemasangan Ao-Solar Extender, tim pengembang berharap pengguna dapat semakin mengurangi ketergantungan pada infrastruktur pengisian daya.

    Analisis data berkendara dari para pemilik Sakura menunjukkan bahwa banyak di antaranya melakukan perjalanan jarak pendek untuk kebutuhan sehari-hari seperti berbelanja atau mengantar anak sekolah, yang mengindikasikan bahwa tenaga yang dihasilkan dari panel surya dapat hampir menghilangkan kebutuhan mengisi daya dari jaringan listrik bagi sebagian besar pemilik.

    (riar/dry)

  • Minggu Terakhir Beli Motor Honda Dapat Diskon Jutaan Rupiah

    Minggu Terakhir Beli Motor Honda Dapat Diskon Jutaan Rupiah

    Jakarta

    Bagi kamu yang berencana membeli motor baru Honda, minggu ini jadi waktu yang tepat! PT Wahana Makmur Sejati (WMS), main dealer sepeda motor Honda area Jakarta-Tangerang, menghadirkan promo spesial bertajuk ‘Oktober Fiesta’ yang berlangsung hingga 31 Oktober 2025.

    Lewat program ini, pembeli motor Honda bisa menikmati potongan harga hingga jutaan rupiah, baik untuk pembelian tunai maupun kredit, lengkap dengan bonus potongan tenor atau angsuran bulanan.

    Misalnya untuk motor matic, Honda BeAT dan Scoopy mendapat diskon hingga Rp 1,5 juta, sedangkan Vario 125 potongannya mencapai Rp 700 ribu. Untuk yang mengincar motor lebih besar, Vario 160 dan ADV 160 juga ikut diguyur potongan, masing-masing hingga Rp 2,1 juta dan Rp 1,9 juta. Tak ketinggalan, PCX 160 juga kebagian potongan harga hingga Rp 1,5 juta.

    Promo Oktober Fiesta juga berlaku untuk motor tipe Cub, Sport, hingga Electric Vehicle (EV). Konsumen yang membeli secara kredit berkesempatan memperoleh potongan tenor hingga empat kali cicilan, sedangkan pembelian tunai mendapat potongan harga langsung.

    “Kami ingin memberikan apresiasi kepada konsumen melalui program Oktober Fiesta dengan potongan harga hingga potongan tenor untuk berbagai tipe sepeda motor Honda,” ujar Olivia Widyasuwita, Division Head of Sales PT Wahana Makmur Sejati.

    Selain promo menarik, dalam rangka menyambut hari Sumpah Pemuda 28 Oktober, juga dihadirkan promo diskon jasa servis sebesar 20% bagi konsumen yang melakukan booking servis melalui Aplikasi Wahana Honda.

    Program Promo Sumpah Pemuda spesial buat konsumen yang ingin melakukan servis sepeda motor Honda-nya berlaku hingga 31 Oktober 2025. Hal ini merupakan bentuk apresiasi terhadap semangat generasi muda yang selalu aktif dan peduli terhadap keamanan serta kenyamanan berkendara.

    (lua/dry)

  • Pelajaran dari Kecelakaan Avanza Hantam Jembatan yang Tewaskan Kabid di Pemprov Sulbar

    Pelajaran dari Kecelakaan Avanza Hantam Jembatan yang Tewaskan Kabid di Pemprov Sulbar

    Jakarta

    Toyota Avanza yang dikemudikan Musra Awaluddin menabrak pembatas jalan. Akibat kejadian itu Musra tewas. Berikut ini pelajaran dari kecelakaan tersebut.

    Toyota Avanza berkelir hitam ringsek parah di bagian depan usai menghantam jembatan di Jalan Arteri di Kabupaten Mamuju. Diketahui Avanza itu dikemudikan oleh Kepala bidang Riset dan Inovasi Daerah di Bapperida Sulbar, Musra Waluddin. Akibat kejadian itu, Musra meninggal dunia.

    Dikutip detikSulsel, kecelakaan maut itu terjadi pada pukul 10.00 WITA. Kasi Humas Polresta Mamuju Ipda Herman Basir menjelaskan, Avanza dikemudikan Musra itu dengan kecepatan cukup tinggi dari Mamuju menuju Pemprov Sulbar.

    “Dari hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) diperoleh informasi bahwa mobil tersebut berkecepatan tinggi, pada saat memasuki jembatan, ada pendakian, di situ oleng,” jelas Herman.

    Herman tak menjelaskan detail soal kecepatan Avanza itu. Namun, Musra disebut tak bisa mengendalikan mobil dan menabrak pembatas jembatan. Kondisi mobil pun hancur parah. Terlebih bagian depan amat ringsek, kapnya terlipat hingga menembus kaca. Bemper depan tempat cover lampu juga copot dan velg sudah menempel ke aspal.

    “Sempat mengerem lalu oleng, kemudian mobil menabrak pembatas jalan, jembatan,” sambung Herman.

    Pihak kepolisian saat ini masih melakukan penyelidikan lebih jauh terkait kecelakaan tersebut. Barang bukti mobil di lokasi juga sudah diamankan. Adapun dari kejadian tersebut, penting untuk mengetahui batas kecepatan di jalan. Aturan batas kecepatan telah ditetapkan dalam aturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 111 Tahun 2015.

    Batas Kecepatan di Jalan

    Dalam aturan tersebut di jalan bebas hambatan dalam kondisi arus bebas batas kecepatan paling rendah adalah 60 kilometer (km) per jam dan kecepatan paling tingginya 100 km/jam.

    Kemudian untuk jalan antarkota, kecepatan paling tinggi yang diatur adalah 80 km/jam. Di kawasan perkotaan, batas paling tingginya 50 km/jam. Dan di kawasan permukiman, batas kecepatan tertingginya 30 km/jam. Batas-batas kecepatan itu dinyatakan dengan rambu lalu lintas.

    Namun, batas kecepatan tertinggi itu bisa ditetapkan lebih rendah atas dasar beberapa pertimbangan. Misalnya frekuensi kecelakaan yang tinggi dan fatalitas akibat kecelakaan di lingkungan jalan yang bersangkutan, perubahan kondisi permukaan jalan, geometri jalan, lingkungan sekitar jalan atau usulan masyarakat melalui rapat forum lalu lintas dan angkutan jalan sesuai dengan tingkatan status jalan. Perubahan batas kecepatan itu dinyatakan dengan rambu lalu lintas.

    Bahaya Ngebut

    Hindari mengemudikan mobil melebihi batas kecepatan. Sebab risiko kecelakaan mengintai. Dikutip laman Daihatsu Indonesia, saat mobil berkecepatan tinggi, manuver sulit dilakukan, khususnya saat berbelok ataupun mengerem. Kesulitan mengerem pada kecepatan tinggi itu membuat mobil sulit dikendalikan dan berpotensi menabrak objek di sekitar.

    (dry/din)

  • Motor Yamaha Mesin V4 Masih Ketinggalan Jauh dari Rival

    Motor Yamaha Mesin V4 Masih Ketinggalan Jauh dari Rival

    Jakarta

    Yamaha masih mengembangkan motor prototipe mesin V4. Namun motor ini masih tertinggal jauh dari para rivalnya.

    Pebalap penguji Yamaha, Augusto Fernandez menggeber motor tersebut saat balapan di MotoGP Sepang 2025. Ini merupakan kali kedua V4 melakoni balapan utama dengan status wild card.

    Calon motor masa depan Yamaha ini mengalami kemajuan. Namun masih jauh dari kompetitif.

    Fernandez terpaut jauh +25,412 detik dari pemenang di Sprint dan +47,060 detik pada MotoGP Malaysia. Seri sebelumnya, MotoGP Misano 2025 berjarak masing-masing +27,893 detik dan +61,504 detik.

    Mesin V4 juga belum berjalan dengan tenaga maksimal, juga tetap berada di posisi terbawah dalam hal top speed. Motor tersebut mencatatkan kecepatan terbaik 329,2 km/jam, sebagai pembanding, motor tercepat saat itu ialah milik Pedro Acosta dari KTM dengan torehan 341,7 km/jam.

    Kecepatan puncak para pebalap Yamaha bermesin Inline4 berkisar antara 333,3 km/jam (Fabio Quartararo) hingga 336,4 km/jam (Jack Miller).

    “Akhir pekan yang sulit bagi kami,” kata Fernandez.

    “Kami memulai akhir pekan ini lebih buruk daripada bagaimana kami menutup akhir pekan di Misano, jadi rasanya seperti kami harus memulai lagi untuk menemukan apa yang kami butuhkan demi menemukan setelan dasar lagi.”

    “Hal positifnya adalah dengan semua kerja keras yang telah kami lakukan, sekarang kami berada di titik yang sama seperti saat kami menyelesaikan balapan di Misano,” jelas Fernandez.

    Setelah lolos kualifikasi di posisi ke-23 atau terakhir, Fernandez menghabiskan sebagian besar balapan bertarung dengan pembalap tes Ducati, Michele Pirro, yang menyalipnya di lap-lap penutup.

    “Bisa dibilang satu-satunya hal positif adalah itu, karena setidaknya kami punya arah yang jelas untuk diikuti pada tes berikutnya dan balapan berikutnya di Valencia,” kata Fernandez.

    “Tapi kami butuh komponen, kami butuh sesuatu yang lain. Karena kami sudah melakukan semua yang bisa kami lakukan dengan apa yang kami punya dari sisi setelan.”

    “Jadi setidaknya kami sudah punya arah yang harus diambil, tapi sekarang kami membutuhkan para insinyur untuk mengerjakan hal-hal baru dan mengikuti arah ini,” ungkapnya lagi.

    Penampilan motor Yamaha V4 berikutnya dijadwalkan berlangsung pada seri penutup musim di Valencia. Akankah performanya berkembang?

    (riar/dry)

  • Pajak Honda HR-V Hybrid Keluaran 2025, Tiap Tahun Bayar Segini

    Pajak Honda HR-V Hybrid Keluaran 2025, Tiap Tahun Bayar Segini

    Jakarta

    Pajak tahunan Honda HR-V Hybrid nyaris Rp 7 juta. Berikut rincian pajak Honda HR-V Hybrid varian tertinggi.

    Honda HR-V harganya turun. Honda juga telah menyajikan HR-V versi hybrid dengan harga lebih terjangkau ketimbang varian RS sebelumnya. Dari keseluruhan model, kini HR-V RS Hybrid merupakan varian tertinggi. SUV kompak ini dibanderol Rp 488 juta. Sebagai perbandingan dulu HR-V RS Turbo tembus Rp 500 juta.

    Pajak Tahunan Honda HR-V Hybrid Tahun 2025

    Dengan harga Rp 488 juta, tak sedikit yang penasaran berapa pajak tahunan Honda HR-V RS Hybrid? Pajaknya nyaris Rp 7 juta. Ditelusuri detikOto dalam laman Bapenda Jabar, HR-V RS Hybrid keluaran tahun 2025 dikenakan pajak Rp 6.978.900 setiap tahun. Rincian pajaknya sebagai berikut.

    PKB Pokok: Rp 4.118.000Opsen PKB Pokok: Rp 2.717.900SWDKLLJ: Rp 143.000Total: Rp 6.978.900

    Pajak tahunan itu berlaku untuk HR-V RS Hybrid kepemilikan pertama di wilayah Jawa Barat keluaran 2025. Besar pajak bisa jadi berbeda di wilayah lain atau untuk varian selain RS Hybrid. Jumlah kepemilikan kendaraan juga bakal mempengaruhi besar pajaknya.

    Spesifikasi Honda HR-V Hybrid

    Sebagai informasi tambahan, Honda HR-V dilengkapi teknologi Honda SENSING™ yang mencakup Adaptive Cruise Control (ACC), Collision Mitigation Braking System (CMBS), With Low Speed Follow (ACC with LSF), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation (RDM), Lead Car Departure Notification (LCDN), dan Auto High Beam with Adaptive Driving Beam (AHB dengan ADB). Selain itu terdapat 6 airbag, Hill Start Assist, Hill Descent Control, kamera belakang multi-sudut, HondaLaneWatch™, serta fitur keamanan seperti Walk-Away Auto Lock dan Rear Seat Reminder.

    Honda HR-V dibekali sistem hybrid cerdas e:HEV yang menggabungkan mesin bensin Atkinson 1.5L DOHC i-VTEC dan motor listrik bertenaga tinggi. Mesin bensinnya menghasilkan tenaga 106 PS pada 6.000-6.400 rpm dan torsi 127 Nm pada 4.500-5.000 rpm. Motor listrik menghasilkan tenaga 131 PS pada 4.000-8.000 rpm dengan torsi maksimum 253 Nm pada 0-3.500 rpm, diklaim bisa menghadirkan kombinasi performa yang responsif sekaligus efisien.

    Seluruh sistem ini dikendalikan secara otomatis melalui Electronic CVT, Power Control Unit, dan Intelligent Power Unit, yang memungkinkan transisi mulus antara tiga mode berkendara: EV Drive, Hybrid Drive, dan Engine Drive sesuai kondisi jalan dan gaya berkendara.

    (dry/din)

  • MPV 6 Roda Mewah dari Lexus Siap Unjuk Gigi

    MPV 6 Roda Mewah dari Lexus Siap Unjuk Gigi

    Tokyo

    Lexus akan memamerkan MPV 6 roda di Japan Mobility Show 2025. MPV ini akan tetap mengusung kemewahan sebagaimana ciri khas mobil Lexus.

    Japan Mobility Show (JMS) 2025 jadi momen yang berarti bagi Lexus. Produsen mobil premium asal Jepang di bawah payung Toyota Group bakal memperkenalkan strategi baru berupa ‘Luxury Space’. General Manager Lexus Indonesia Ima Nurbani Rahmah, menjelaskan Lexus secara global bakal memperkenalkan strategi baru di dunia.

    “Pada Japan Mobility Show (JMS) 2025, Toyota Group akan memperkenalkan strategi dan formasi terbaru dari brand-brand Toyota Group. Besok (saat pembukaan JMS 2025) akan ada brand Luxury baru yang akan menjadi ultimate Luxury dari Toyota Group Brand, yang sebelumnya Lexus sebagai top brand dari Group Toyota,” ucap Ima ditemui di Tokyo Jepang.

    Adapun merek baru yang dimaksud itu adalah Century. Bila sebelumnya Century masih bagian dari Toyota, kini akan berdiri sendiri sebagai merek super mewah. Kendati demikian Ima memastikan, Lexus masih dan akan memiliki peran penting sebagai luxury brand di bawah payung Toyota.

    “Century ini akan berada di posisi teratas dari Toyota Group, Lexus sendiri masih berperan sebagai brand luxury dari Toyota. Namun yang membedakan Century kini menjadi brand bukan hanya menjadi model. Lexus sendiri akan mengambil peran sebagai tetap menjadi jantungnya Luxury brand Toyota,” kata Ima.

    “Lexus akan tetap menjadi Luxury Brand Toyota tetapi akan lebih eksploratif, seperti yang akan diperlihatkan pada Japan Mobility Show (2025) tahun ini LS Concept, Sebuah MPV yang menawarkan kemewahan, keleluasaan, keunikan dengan memiliki 6 roda. LS Concept di sini sendiri, berkembang tidak lagi bermakna Luxury Sedan melainkan Luxury Space,” Ima menambahkan.

    Sebagai catatan, di JMS 2025 Lexus mengusung tema Discover, yang diharapkan akan lebih berkembang menemukan sebuah kenyamanan kelas atas terbaru di masa mendatang.

    (lth/dry)

  • Hasil Tes Tabrak BYD Seal, Seberapa Aman?

    Hasil Tes Tabrak BYD Seal, Seberapa Aman?

    Jakarta

    Lembaga penilaian kendaraan baru di Asia Tenggara, ASEAN NCAP, baru-baru ini melakukan uji tabrak BYD Seal. Seberapa aman sedan listrik andalan BYD itu?

    Berdasarkan hasil uji tabrak BYD Seal oleh ASEAN NCAP, mobil sedan listrik itu menunjukkan kinerja yang mumpuni dalam hal perlindungan penumpangnya. BYD Seal berhasil meraih nilai 5 bintang dari ASEAN NCAP dengan skor keseluruhan 92,07 poin.

    Sedan ini memperoleh skor total berdasarkan empat kategori yang dinilai: Perlindungan Penumpang Dewasa (AOP) dengan 38,44 poin, Perlindungan Penumpang Anak (COP) dengan 16,60 poin, Bantuan Keselamatan (SA) dengan 19,52 poin, dan Keselamatan Pengendara Sepeda Motor (MS) dengan 17,50 poin.

    Sekadar informasi, BYD Seal terbaru menawarkan berbagai teknologi keselamatan di semua variannya yang dijual di negara-negara Asia Tenggara. Mobil ini dilengkapi dengan fitur standar sembilan airbag, Electronic Stability Control (ESC), Anti-lock Braking System (ABS), Autonomous Emergency Braking (AEB) City, AEB Inter-Urban, AEB Pedestrian, Lane Departure Warning (LDW), Lane Keep Assist (LKA), Forward Collision Warning (FCW), Blind Spot Detection (BSD) di sisi dekat dan sisi kiri kendaraan, Auto High Beam (AHB), Pedestrian Protection (PP), ISOFIX untuk kursi anak, dan AEB untuk sepeda motor.

    Selain itu, model ini menawarkan Seatbelt Reminder System (SBR) sebagai perlengkapan standar untuk penumpang kursi depan dan belakang, dan juga dilengkapi dengan deteksi penumpang kursi belakang di semua variannya.

    “Kami mengapresiasi komitmen BYD terhadap keselamatan jalan raya, terbukti dengan penyertaan berbagai fitur keselamatan kendaraan yang signifikan pada model-modelnya. Hal ini terlihat jelas pada model terbaru mereka, BYD Seal, yang mayoritas teknologinya tersedia sebagai perlengkapan standar di semua variannya,” demikian dikutip dari siaran pers ASEAN NCAP.

    “ASEAN NCAP bangga atas pencapaian BYD dan berharap BYD akan terus mendorong peningkatan keselamatan kendaraan bagi seluruh pengguna jalan di kawasan ASEAN. Sebagai organisasi yang menyediakan informasi keselamatan independen bagi konsumen dan mendorong penerapan teknologi keselamatan canggih, ASEAN NCAP akan terus berupaya mempromosikan kendaraan yang lebih aman di kawasan ASEAN. Ucapan selamat yang tulus kepada BYD Seal atas pencapaian penting ini!,” katanya.

    (rgr/dry)

  • Potret Motor Petualang Baru Kawasaki KLE500 yang Dijual Mulai Rp 100 Jutaan

    Potret Motor Petualang Baru Kawasaki KLE500 yang Dijual Mulai Rp 100 Jutaan

    Di pasar Amerika Serikat, Kawasaki KLE500 dijual mulai USD 6.599 (Rp 109,6 juta) buat versi Standard dan USD 7.499 (Rp 124,6 juta) untuk varian SE. Di segmennya, motor ini siap menantang para rival, seperti Honda CRF300 Rally, KTM 390 Adventure, hingga Yamaha Tenere 700. Foto: Dok. Kawasaki

  • Ini Motor Bebek Pesaing Supra GTR dan MX King Bikinan Malaysia

    Ini Motor Bebek Pesaing Supra GTR dan MX King Bikinan Malaysia

    Jakarta

    Produsen motor asal Malaysia, Modenas, resmi meluncurkan Z15GT 2025, motor bebek 150 cc terbaru yang siap menantang Honda Supra GTR 150 dan Yamaha MX King di segmen motor kapchai alias bebek. Motor ini dibanderol RM 8.288 atau sekitar Rp 32,6 juta (belum termasuk road tax, asuransi, dan registrasi).

    Mengutip Paultan, Modenas Z15GT hadir buat mengisi segmen yang sangat kompetitif di Malaysia. Tersedia dalam tiga warna menarik Graphite Grey, Nardo Grey, dan Rosso Red, motor ini mulai dikirim ke dealer resmi Modenas dan Kawasaki mulai 27 Oktober 2025.

    Modenas Z15GT Foto: Dok. Modenas

    Tak main-main, Modenas menargetkan penjualan 27 ribu unit per tahun, sekaligus menyiapkan ekspor ke Filipina, Yunani, Turki, dan Kamboja mulai 2026. Pengembangannya dilakukan secara internal oleh 31 insinyur dan desainer Malaysia, bekerja sama dengan Kawasaki Motors Corporation (KMC). Bahkan, delapan di antaranya dikirim langsung ke Jepang untuk pelatihan teknis bersama Kawasaki.

    Soal performa, Modenas Z15GT dibekali mesin 149,5 cc satu silinder berpendingin cairan yang mampu menghasilkan 16,76 dk pada 9.500 rpm dan torsi 13,5 Nm pada 7.500 rpm. Tenaga disalurkan ke roda belakang melalui transmisi 6-percepatan dengan penggerak rantai.

    Sistem pengeremannya sudah pakai cakram depan dan belakang dengan ABS kanal tunggal di roda depan. Suspensi depan menggunakan garpu teleskopik, sedangkan bagian belakang mengandalkan monoshock yang bisa disetel.

    Modenas Z15GT Foto: Dok. Modenas

    Modenas Z15GT punya bobot 128 kg, tinggi jok 780 mm, dan kapasitas tangki 5,7 liter. Geser ke kaki-kaki, pakai velg 17 inci, dengan profil depan 90/80 dan profil belakang 120/70, memberikan tampilan sporty sekaligus stabil di kecepatan tinggi.

    Soal fitur, motor ini pun cukup lengkap. Ada lampu-lampu full LED, panel instrumen LED, lampu hazard, hingga sistem kunci keyless yang meningkatkan keamanan motor.

    Modenas Z15GT Foto: Dok. Modenas

    (lua/dry)