Jenis Media: Otomotif

  • Pelajaran dari Kecelakaan Bus PO Haryanto yang Terguling di Tol Batang

    Pelajaran dari Kecelakaan Bus PO Haryanto yang Terguling di Tol Batang

    Jakarta

    Bus PO Haryanto terguling di ruas Tol Semarang-Batang, KM 354 jalur B, wilayah Desa Ponowareng, Kecamatan Tulis, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, pada Minggu (26/10) malam pukul 22.15 WIB. Ini pelajaran yang bisa diambil dari kecelakaan tersebut.

    Menurut keterangan polisi, kecelakaan yang mengakibatkan tiga orang tewas dan 20 orang luka-luka itu, diduga terjadi karena kondisi ban yang mulai botak, sehingga bikin bus mengalami selip dan terguling. Terlebih saat itu kondisi jalanan basah setelah diguyur hujan deras.

    “Kita akan dalami lagi teknis kendaraan terutama dari ban. Karena kalau hasil penelusuran awal, diduga kembangan ban kurang dari tiga milimeter. Itu nanti kita pastikan lagi apakah layak atau tidak,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Tengah Kombes Pol M. Pratama Adhyasastra dikutip dari detikJateng.

    Selain itu polisi juga akan menelusuri faktor kecepatan dan kemungkinan kelalaian pengemudi. Menurut Pratama, bus kemungkinan melaju dengan kecepatan tinggi saat oleng dan terguling.

    “Kita akan minta keterangan dari sopir, berapa kecepatan dan persneling yang digunakan. Karena kalau di tol, itu pasti lebih dari 40 km/jam. Kita lihat reaksinya seperti apa, apakah karena human error, ngantuk, atau karena genangan air,” jelas Pratama lagi.

    Senior Instructor SDCI (Safety Defensive Consultant Indonesia) Sony Susmana menjelaskan, kecelakaan di kondisi jalanan basah dan licin sebenarnya bisa diantisipasi dengan defensive driving.

    “Jadi sesuaikan gaya berkendara, kurangi kecepatan, kurangi koreksi steer, dan kurangi manuver-manuver agresif yang bisa menimbulkan selip,” bilang Sony kepada detikOto, Selasa (28/10/2025).

    Selain faktor kondisi fisik kendaraan dan kondisi jalanan, Sony juga menyoroti masalah klasik yang ada di industri transportasi bus Indonesia, yaitu pengemudi yang kelelahan. Harusnya hal ini bisa diantisipasi dengan pengemudi beristirahat.

    “Yang jadi masalah pada pengemudi angkutan umum, mereka rata-rata fatigue dan melakukan antisipasi dengan cara meningkatkan adrenalin lewat gaya berkendara agresif. Ditambah dengan tekanan dari pihak PO untuk sampai tepat waktu, pasti yg dilakukan ngebut sejadi-jadinya. Itu kenapa sering kita lihat betapa bahayanya driver-driver bus berkendara di jalan tol,” bilang Sony.

    (lua/dry)

  • Cek Harga Yamaha Nmax Bekas, Mulai Rp 15 Jutaan

    Cek Harga Yamaha Nmax Bekas, Mulai Rp 15 Jutaan

    Jakarta

    Yamaha Nmax bekas makin terjangkau dari tahun ke tahun. Bahkan harga skutik bongsor itu sudah bisa ditebus Rp 15 jutaan.

    “Nmax Rp 15 Jutaan udah dapat, Nmax Old generasi pertama 2015, tergantung kondisinya dan negonya,” ujar pemilik showroom motor bekas rumahan ‘Garasi Pojokan’, Harry Budiawan kepada detikOto.

    Menurut Harry, Nmax bekas generasi pertama itu masih layak buat dipinang. Motor ini juga menjadi salah satu skutik yang banyak dicari di pasar motor bekas.

    “Worth it, suku cadangnya bejibun dari yang original sampai aftermarket,” kata dia.

    Sebagai catatan, Yamaha Nmax generasi pertama diproduksi di rentang tahun 2015-2019. Kemudian generasi kedua dibuat 2019-2024 dan generasi ketiga meluncur pada 2024.

    Disitat dari situs jual kendaraan online, Yamaha Nmax 2015 saat ini dibanderol bervariasi. Ada yang dijual mulai dari Rp 13 jutaan.

    Sementara itu, harga motor Nmax bekas generasi kedua sudah bisa dibeli di bawah Rp 20 juta. Dari penelusuran, harganya dibanderol mulai dari 17 jutaan untuk tahun 2019.

    Kemudian, Yamaha Nmax generasi tiga saat ini dijual 2024 sudah bisa dilego mulai dari Rp 27 jutaan. Itu untuk tipe Neo lansiran 2024 yang masih menggunakan anak kunci.

    Untuk Nmax Neo S yang sudah menggunakan remote dan keyless, skutik lansiran 2024 itu dijual mulai dari Rp 29 juta ke atas.

    Harga penelusuran di atas paling banyak model generasi pertama dan kedua. Sementara untuk generasi ketiga unitnya masih terbatas. Angkanya juga bisa sangat beragam, tergantung model yang dipilih, apakah standard atau ABS/Connected.

    Jika ditelusuri melalui platform jual-beli kendaraan seken, harga Yamaha NMax bekas memang sangat beragam. Biar tak penasaran, berikut kami rangkum daftarnya!

    Harga Yamaha Nmax BekasYamaha NMax Bekas 2016-2017: Rp 13-16 jutaanYamaha NMax Bekas 2018-2019: Rp 17-19 jutaanYamaha NMax Bekas 2020-2021: Rp 19-22 jutaanYamaha NMax Bekas 2022-2023: Rp 24-26 jutaanYamaha NMax Bekas 2024: Rp 26-30 jutaan.

    (riar/dry)

  • Spesifikasi Mobil Hybrid Terbaru BYD Seharga Rp 200 Jutaan

    Spesifikasi Mobil Hybrid Terbaru BYD Seharga Rp 200 Jutaan

    Jakarta

    Build Your Dreams (BYD) telah meluncurkan BYD Qin L DM-i untuk konsumen domestik. Kendaraan berjenis sedan plug-in hybrid tersebut memiliki sejumlah keunggulan, mulai dari mesinnya yang irit dan harganya yang terjangkau.

    Dilansir dari Carnewschina, Selasa (28/10), BYD Qin L DM-i sudah mulai dijual di China. Konsumen setempat yang mau membelinya cukup menyiapkan mahar mulai dari 92.800 yuan atau setara Rp 216 jutaan.

    Di China, Qin L DM-i akan menantang produk lain sekelasnya, yakni Geely Galaxy A7 yang terjual 10 ribu unit sehari. Nah, dengan harganya yang cukup terjangkau, bagaimana spesifikasi produk terbaru BYD tersebut?

    Spesifikasi BYD Qin L DM-i

    Qin L DM-I secara desain mengusung konsep ‘New National Trend Dragon Face’. Fascia depan tampil lebih elegan dengan gril besar di bagian bawah, dipadu lampu utama ramping dan aksen lampu berbentuk “kumis naga” yang melengkung ke atas.

    Masuk ke kabin, suasananya terasa lebih bersih dan modern. BYD menghapus tuas transmisi konvensional dan menggantinya dengan tuas model column-mounted di belakang setir. Hasilnya, area konsol tengah kini tampak lapang dan minimalis.

    Sistem infotainment DiLink100 juga mendapat peningkatan besar: ada mode khusus untuk pecinta hewan peliharaan, hingga fitur karaoke tanpa perlu mikrofon-pas buat yang hobi nyanyi di perjalanan.

    Di balik kap mesin, BYD menggunakan mesin bensin 1.5L dengan tenaga 74 kW dan torsi 126 Nm. Sementara pilihan motor listriknya tersedia dalam dua varian-120 kW dan 160 kW. Kombinasi itu memungkinkan Qin L DM-i bisa melaju hingga 128 km hanya dengan tenaga listrik.

    Nah, jika mode full listriknya dinyalakan, maka secara akumulatif kendaraan tersebut punya konsumsi bahan bakar hingga 2,7 liter/100 km. Bahkan, dengan pembaruan sistem, angkanya bisa sedikit lebih baik dari itu.

    Selain efisiensi, sedan tersebut juga dibekali sistem bantuan pengemudi Tianshen C, yang menghadirkan berbagai fitur semi-otonom untuk mendukung keselamatan dan kenyamanan berkendara. Dari pengereman otomatis hingga adaptive cruise control, semua hadir untuk membuat perjalanan jauh lebih santai.

    (sfn/dry)

  • Bus PO Haryanto Terguling di Tol Batang, Oleng 3 Kali sebelum Tabrak Pembatas

    Bus PO Haryanto Terguling di Tol Batang, Oleng 3 Kali sebelum Tabrak Pembatas

    Jakarta

    Bus PO Haryanto terguling di ruas Tol Semarang-Batang, KM 354 jalur B, wilayah Desa Ponowareng, Kecamatan Tulis, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, pada Minggu (26/10) malam pukul 22.15 WIB. Sebelum terguling, bus AKAP dengan nomor polisi B 7394 VGA itu oleng sebanyak tiga kali dan menabrak pembatas jalan.

    Mengutip laman Korlantas Polri, berdasarkan laporan awal bus yang dikemudikan Ali Yudianto (36), warga Pati, sempat oleng dan selip sebelum akhirnya menabrak guardrail dan terguling di jalur satu. Polisi memastikan tidak ada kendaraan lain yang terlibat dalam kecelakaan ini.

    Hal itu dipertegas oleh pernyataan salah seorang penumpang asal Demak, Kasim (32), yang ketika itu dalam perjalanan ke Tangerang. Kasim bilang sempat tertidur sebelum kecelakaan yang menewaskan tiga orang dan melukai 20 orang itu terjadi.

    “Waktu kejadian itu saya tidur. Pas bus oleng, saya langsung bangun. Olengnya dua sampai tiga kali, baru nabrak (guardrail), terus terseret,” ujar Kasim, Senin (27/10/2025), seperti dikutip dari detikJateng.

    Kasim bisa selamat dari kecelakaan itu dengan cara berpegangan pada kursi untuk menyelamatkan diri saat bus terguling dan terseret. “Pas oleng saya langsung pegangan jok, udah gantung di jok aja. Penumpang lain pada jatuh ke bawah, ketimpa satu sama lain,” ungkapnya lagi.

    Sebagai catatan, kecelakaan bus tersebut terjadi dalam kondisi jalanan yang licin setelah diguyur hujan deras. Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Tengah Kombes Pol M. Pratama Adhyasastra menyebut, pihaknya masih melakukan penyelidikan mendalam untuk memastikan penyebab pasti kecelakaan tunggal tersebut.

    “Kita akan dalami lagi teknis kendaraan terutama dari ban. Karena kalau hasil penelusuran awal, diduga kembangan ban kurang dari tiga milimeter. Itu nanti kita pastikan lagi apakah layak atau tidak,” kata Pratama.

    Selain itu polisi juga akan menelusuri faktor kecepatan dan kemungkinan kelalaian pengemudi. Menurut Pratama, bus kemungkinan melaju dengan kecepatan tinggi saat oleng dan terguling.

    “Kita akan minta keterangan dari sopir, berapa kecepatan dan persneling yang digunakan. Karena kalau di tol, itu pasti lebih dari 40 km/jam. Kita lihat reaksinya seperti apa, apakah karena human error, ngantuk, atau karena genangan air,” jelasnya lagi.

    Untuk memastikan hasil akhir, Ditlantas Polda Jateng akan memanggil ahli ban dan melakukan simulasi kinematika guna menentukan penyebab pasti kecelakaan. “Saya belum bisa simpulkan hari ini. Nanti setelah pemeriksaan teknis dan penyelidikan selesai, baru bisa kita pastikan penyebab utamanya,” bilang Pratama.

    Ban Aus Jalan Licin Jadi Kombinasi Maut

    Berdasarkan indikasi pemeriksaan awal, besar kemungkinan ban bus PO Haryanto tersebut sudah mulai botak alias aus. Indikator ban aus sebenarnya bisa dicek secara mandiri melalui logo segitiga yang ada pada pinggir atau dinding samping ban. Logo segitiga yang disebut TWI itu bisa menunjukkan tanda jika ban bus sudah aus.

    Segitiga tersebut dibuat untuk menunjukkan posisi TWI di telapak ban. Saat TWI sudah sejajar dengan permukaan telapak ban, itu menandakan bahwa ban sudah kehilangan ketebalan kembangannya dan perlu diganti.

    Ban yang aus dan jalanan licin bisa menjadi kombinasi maut penyebab kendaraan terguling. Dua kondisi itu bisa menimbulkan aquaplaning, yakni sebuah fenomena di mana ban mobil kehilangan traksi saat melewati genangan air dalam kecepatan tinggi.

    Senior Instructor SDCI (Safety Defensive Consultant Indonesia) Sony Susmana menjelaskan, saat kondisi jalanan basah dan licin, yang harus dilakukan pengemudi bus adalah menyesuaikan gaya berkendara, kurangi kecepatan, kurangi koreksi steer, dan kurangi manuver-manuver agresif yang bisa menimbulkan selip.

    “Artinya berkendara dengan defensive. Memang ban gundul, suspensi rusak, dan overload juga bisa menjadi faktor penyebab, tapi kecil persentasenya, kecuali selip karena ban pecah,” ungkap Sony kepada detikOto, Selasa (28/10/2025).

    PG-On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal Tbk. Zulpata Zainal juga pernah menekankan, bagaimana pentingnya ban dalam menghadapi kondisi aquaplaning. Walau ban sudah melewati berbagai uji pengetesan, termasuk diperuntukkan untuk kondisi jalan basah, pengemudi tetap harus mengecek kondisi ban saat menghadapi musim hujan.

    “Ulir atau pola kembangan pada ban adalah tempat mengalirnya air saat melewati genangan air. Jika ban tidak ada kembangannya atau sudah botak, maka risiko selip menjadi lebih besar. Walaupun ban tidak ada masa kedaluwarsa, ban harus tetap dirawat agar tetap awet dan tidak cepat botak dengan memperhatikan selalu tekanan anginnya,” ujar Zulpata.

    (lua/dry)

  • Spek Mobil Eropa Termurah di Indonesia, Konsumsi BBM 19,8 km/liter

    Spek Mobil Eropa Termurah di Indonesia, Konsumsi BBM 19,8 km/liter

    Jakarta

    Citroen C3 adalah mobil Eropa termurah di Indonesia. Mobil ini punya konsumsi BBM 19,8 km/liter. Berikut ini spesifikasi lengkapnya.

    Pilihan mobil di bawah Rp 200 juta cukup beragam. Kalau menginginkan mobil Eropa pun ada, yakni Citroen C3. Varian terendah mobil ini dibanderol Rp 199,9 juta. Dengan banderol segitu, Citroen C3 merupakan mobil Eropa termurah di dalam negeri. Sebagai mobil Eropa termurah, bagaimana dengan spesifikasinya?

    Dari sisi dimensi, Citroen C3 punya panjang 3.981 mm, lebar 1.733 mm, dan tinggi 1.586 mm. Jarak sumbu rodanya 2.540 mm. Mesinnya mengusung Purtech 82 berkapasitas 1.198 cc. Berbekal mesin tersebut, Citroen C3 bisa menyemburkan tenaga 81 daya kuda pada 5.750 rpm dan torsi 115 Nm pada 3.750 rpm. Konsumsi bahan bakarnya cukup irit. Dalam pengujian internal, 1 liter bensin bisa menempuh jarak 19,8 km. Kapasitas tangkinya 30 liter. Maka kalau diisi penuh, mobil bisa berjalan 594 km.

    Adapun mesinnya dipasangkan dengan transmisi manual lima percepatan. Rem parkirnya masih manual. Rem depan menggunakan cakram sedangkan rem belakangnya tromol. Citroen menyematkan sistem pengereman ABS dan EBD untuk menambah keamanan sepanjang perjalanan.

    Airbagnya ada dua yaitu tersemat di bagian sopir dan penumpang depan. Fitur lain yang tersedia berupa alarm & immobilizer, central locking untuk 4 pintu dan bagasi, auto door locking, dan otomatis mengunci setelah 30 detik.

    Terdapat juga sensor parkir belakang dan kamera belakang. Dari sisi hiburan, Citroen menyajikan layar sentuh berukuran 10 inch HD yang sudah terintegrasi dengan Bluetooth, Apple CarPlay, dan Android Auto. Kamu juga bisa mengakses konten multimedia dan aplikasi atau ponsel melalui layar sentuh tersebut.

    Ruang bagasinya masih cukup untuk membawa banyak barang. Soalnya kapasitas bagasinya itu mencapai 315 liter. Nah itu tadi spesifikasi mobil Eropa paling murah di Indonesia. Gimana, tertarik untuk membelinya?

    (dry/din)

  • 8 Biaya yang Harus Dibayar saat Beli Mobil Baru

    8 Biaya yang Harus Dibayar saat Beli Mobil Baru

    Jakarta

    Membeli kendaraan baru bisa dilakukan dengan cara kredit. Untuk membeli mobil baru secara kredit, persiapkan biaya-biaya yang harus dibayarkan.

    Perlu diketahui, membeli mobil tak cukup kalau hanya menyiapkan dana seharga mobilnya. Ada biaya lain juga yang harus dibayarkan seperti pajak kendaraan, biaya administrasi, hingga asuransi.

    Biaya yang Keluar saat Kredit Beli Mobil Baru

    Dikutip dari siaran pers Auto2000, ada beberapa komponen penting yang harus dipertimbangkan dalam membeli mobil baru, namun sering terlupakan. Apa saja?

    1. Harga Kendaraan

    Harga kendaraan adalah komponen utama. Biasanya, dealer sudah menyertakan harga mobil sesuai on the road. Harga bervariasi tergantung segmen tipe, dan kelengkapan mobil. Pastikan untuk melakukan riset terlebih dahulu mengenai harga pasaran mobil incaran.

    2. Pajak Kendaraan Bermotor

    Biaya penting lainnya adalah Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Pajak ini harus dibayar setiap tahun dan dihitung berdasarkan nilai jual kendaraan serta kapasitas mesin. Makin besar mesin mobil, maka pajaknya makin tinggi. Penting untuk mempertimbangkan PKB karena dibayarkan setiap tahun selama mobil di tanganmu.

    3. Pajak Penjualan atas Barang Mewah

    Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) adalah pajak yang dikenakan atas penyerahan Barang Kena Pajak yang tergolong mewah. Dua mobil hybrid Toyota seperti Kijang Innova Zenix HEV dan Yaris Cross Hev memperoleh insentif PPnBM sebesar 3% sehingga harganya lebih kompetitif. Biasanya, harga mobil on the road sudah termasuk dengan PPnBM ini.

    4. Bea Balik Nama

    Bea Balik Nama (BBN) juga perlu diperhatikan. Biaya ini diperlukan untuk mengurus pengalihan kepemilikan kendaraan dari dealer ke pembeli. Namun biasaya bea balik nama sudah tercantum dalam harga on the road mobil yang akan dibeli.

    5. Biaya Administrasi STNK dan BPKB

    Setiap beli mobil, pembeli harus mengurus penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB). Biaya administrasi untuk penerbitan dokumen ini berbeda-beda tergantung kebijakan daerah masing-masing. sama seperti bea balik nama, biasanya biaya administrasi STNK dan BPKB sudah termasuk dalam harga on the road kendaraan.

    6. Asuransi Kendaraan

    Meskipun secara teknis bukan komponen harga jual, asuransi kendaraan merupakan faktor pertimbangan vital yang menjamin kenyamanan dan mitigasi risiko finansial. Ada dua tipe utama yang wajib dipahami: All Risk (atau Comprehensive) yang memberikan perlindungan menyeluruh, mencakup kerusakan minor (seperti baret/penyok) hingga kerugian total; dan Total Loss Only (TLO) yang lebih ekonomis namun hanya menanggung kerugian jika terjadi kerusakan di atas 75% dari harga mobil atau jika kendaraan hilang dicuri. Pemilihan tipe asuransi yang tepat sangat menentukan perlindungan aset kamu terhadap berbagai risiko tak terduga di jalan.

    7. Biaya Administrasi Kredit

    Biaya ini dikenakan oleh lembaga pembiayaan atau bank sebagai biaya pengurusan kredit kendaraan. Pastikan memahami semua biaya yang dikenakan dan bandingkan penawaran dari beberapa lembaga pembiayaan untuk mendapatkan suku bunga dan biaya administrasi terbaik.

    8. Biaya Uang Muka

    Jika beli mobil secara kredit, uang muka atau Down Payment (DP) adalah hal yang wajib dipenuhi. Umumnya, besaran DP yang diminta berkisar antara 20%-50% dari harga kendaraan. Makin besar DP yang dibayar, makin kecil cicilan bulanan. Sangat penting untuk menyiapkan anggaran DP yang cukup agar angsuran tidak membebani keuangan.

    (rgr/dry)

  • Pakai Mobil Maung Bikin Gagah

    Pakai Mobil Maung Bikin Gagah

    Jakarta

    Menteri Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia menyatakan siap jika mobil dinasnya diganti menjadi Maung. Bahlil sudah menggunakan Maung saat perayaan HUT ESDM.

    “Saya ngecek pasukan tadi kan di HUT ESDM tadi kan saya agak gagah dikit pakai Maung,” ucap Bahlil dikutip dari YouTube Kementerian Sekretariat Negara (Kemensesneg).

    “Kalau Mensesneg besok kasih mobil dinas, saya langsung pakai. Saya tidak penting warnanya apa, yang penting merek-nya Maung,” tambah dia.

    “Kita itu harus bangga pada produk dalam negeri kita. Kita harus bangga pada perusahaan perusahaan dalam negeri kita,” ucap Bahlil.

    Diberitakan detikcom sebelumnya, Presiden Republik Indonesia (RI) Prabowo Subianto mengintruksikan para menterinya untuk memakai Maung sebagai kendaraan dinas.

    “Dan sebentar lagi, saudara-saudara semua harus pakai Maung, saya enggak mau tahu,” kata Prabowo dalam Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta, Senin (20/10/2025).

    Sebagai informasi, sejak awal masa pemerintahannya, Prabowo kerap mempromosikan mobil buatan dalam negeri. Bahkan sejak dilantik menjadi presiden tahun 2024 lalu, Prabowo selalu menggunakan mobil Maung MV3 Garuda Limousine garapan Pindad.

    Kendaraan ini berwarna putih dengan tampilan eksklusif dan maskulin yang memiliki proteksi tinggi serta memberikan kenyamanan dengan material berkualitas dan fitur-fitur mutakhir. Garuda memiliki bobot 2,95 ton, dimensi panjang sekitar 5,05 m, lebar 2,06 m, tinggi 1,87 m serta desain long wheelbase yang nyaman dan lega. Kendaraan ini memiliki daya mesin 202 PS/199 dk, dan transmisi AT dengan 8 percepatan, dan memiliki kecepatan maksimum 100 km/jam.

    Menteri Keuangan Purbaya Yudhi Sadewa menegaskan soal anggaran untuk membeli mobil Pindad sebagai mobil menteri sebenarnya sudah siap. Namun, realisasi itu menunggu kesiapan produksi Pindad.

    “Tahun ini harusnya ada (anggaran), tapi rupanya kapasitas PT Pindad belum cukup. Jadi (anggarannya) dikembalikan tahun ini,” kata Purbaya seperti dikutip Antara.

    (riar/dry)

  • Honda Civic Nouva Dioprek Jadi Makin Mempesona

    Honda Civic Nouva Dioprek Jadi Makin Mempesona

    Jakarta

    Modifikasi mobil jadi pilihan para penggila otomotif, bahkan mobil tua Honda Civic Nouva pun bakal asyik ‘dioprek’ alias dimodifikasi jika berada di tangan yang tepat.

    Seperti modifikasi Honda Civic Nouva yang disapa ‘AeroFlux’, hasil kolaborasi Rizki Kurniawan dan Freeflow.66. Meski sudah berumur, di tangan mereka Honda Civic Nouva ini mampu tampil menarik dan cantik untuk dilihat.

    Jika melihat hasil modifikasi yang ditawarkan, sangat terlihat bodi Honda Civic Nouva ini tampil menawan dengan goresan hand painting berkelas dan otentik dari seniman kenamaan Mochamad Syamsul Fahmi (Freeflow.66).

    Rizki Kurniawan menjelaskan, ide modifikasi ini berangkat dari kecintaannya pada Civic Nouva sebagai mobil legendaris di era Kanjozoku Jepang. Ia ingin memiliki Civic Nouva yang rapi dan segar, mengingat kebanyakan unit yang beredar di Indonesia kondisinya sudah kurang bagus, terutama bagian bodinya yang banyak mengalami keropos akibat usia.

    Honda Civic Nouva modifikasi lebih mempesona Foto: Dok. Istimewa

    “Ini adalah Nouva pertama saya, jadi punya nilai sentimental tersendiri. Tujuannya, merestorasi menjadi mobil bergaya street racing khas 1990-an dengan tampilan orisinal tapi lebih segar. Saya mempercayakan kepada Fahmi. Konsepnya betul-betul menonjolkan kolaborasi antara ciri khas Freeflow.66 dengan karakter aerodinamis Civic ini,” ujar pengusaha asal Kota Bandung berusia 43 tahun itu.

    Rizki mengakui selama ini mengagumi karya-karya Fahmi Freeflow.66. Jadi ketika ada kesempatan untuk kolaborasi, ia ingin hasil karya Fahmi bisa sepenuhnya hadir di mobil Nouva miliknya. Seluruh konsep, penamaan, dan desain painting ia serahkan sepenuhnya kepada seniman yang telah banyak menorehkan karya di tampilan mobil di Indonesia dan dunia itu. “Saya hanya memberi satu syarat, semua pengerjaan painting dilakukan langsung Fahmi sendiri tanpa bantuan tim,” tambahnya.

    Honda Civic Nouva modifikasi lebih mempesona Foto: Dok. Istimewa

    Sebelum mengusung ‘AeroFlux’ di IDEXII 2005, Rizki tercatat sukses menorehkan beberapa prestasi di dunia modifikasi. Pada gelaran IMX 2024, kendaraan modifikasinya Honda Estilo dengan konsep USDM Street Racing dan engine swap K24 meraih Top 5 Engine Award & NMAA 20.

    Di ajang IMX 2025 yang berlangsung dua pekan lalu, ia juga memamerkan modifikasi Estilo dengan konsep Kanjoku Street Racing, swap B18C Type R, dan meraih Top 5 Award serta Mobil Favorit Hyuma LBWK.

    Fahmi (Freeflow.66), sang seniman mengungkapkan bahwa karya yang ia beri nama ‘AeroFlux’ ini merupakan nomor seri “01” dari Freeflow.66. Secara konsep karya ini betul-betul menonjolkan kolaborasi antara icon khas Freeflow.66 dibalut dengan warna-warna dan grafis geometrik menyesuaikan karakter dari Honda Civic ini yang sangat aerodinamis.

    Hasil proses kreatif yang otentik dan exclusive full dikerjakan dari konsep sampai eksekusinya oleh Fahmi sendiri. Bagi Fahmi, Mobil Civic EF9 ini diibaratkan sebuah kanvas. “Teknik pengerjaannya betul-betul otentik full memakai manual kuas atau hand painting seperti membuat sebuah lukisan,” kata Fahmi yang sebelumnya sempat membuat mahakarya menyulap Mazda Miata MX-5 Miata menjadi “Toraja Roadster’ dengan teknik painting canggih di ajang IMX 2025 lalu.

    Ia menambahkan, pengerjaan painting di luar design membutuhkan waktu hanya 3,5 hari. “Tantangannya hanya waktu tapi prosesnya betul-betul saya nikmati dan ekspresif,” tambah Fahmi mengenai tingkat kesulitan menciptakan karya seni lukis monumental di atas mobil Nouva ini.

    Honda Civic Nouva modifikasi lebih mempesona Foto: Dok. Istimewa

    Spesifikasi Road Race dan Detail Ekstrem

    ‘AeroFlux’ bukan sekadar pajangan seni; spesifikasinya telah ditingkatkan secara ekstrem. Engine swap menggunakan mesin legendaris B18C Type R dengan ECU Max Eccu Sport ditambah velg dan ban, Mugen M7 + Yokohama A050.

    Modifikasi eksterior meliputi kelengkapan full wire tuck (perkabelan disembunyikan), hood transparan, dan eksterior full spesifikasi EF9 JDM, serta lips dan wing Chargespeed. Interior, full set EF9, rollbar Cusco, stir & boshkit Greddy, serta dash display Haltech UC10.

    Sementara kaki-kaki didukung suspensi Coilover Zeal Endless Street, full set Hardrace, dan Big Brake Kit (BBK) depan-belakang Wilwood. Juga terdapat detail unik yakni sebagian besar baut diganti titanium dan kaca fullset Cromax.

    Pengerjaan restomod mobil ini sendiri memakan waktu sekitar 1,5 tahun, melibatkan bengkel-bengkel spesialis seperti Igit Procustom ( (engine dan wire tuck), Gloss Perfect (cat & bodi), serta modifikator Sena (interior & kaki-kaki).

    (lth/riar)

  • 1.000 Chery Tiggo Cross CSH Hybrid Dikirim ke Garasi Konsumen Indonesia

    1.000 Chery Tiggo Cross CSH Hybrid Dikirim ke Garasi Konsumen Indonesia

    Jakarta

    Chery menyerahkan 1.000 unit Tiggo Cross CSH ke konsumen di Indonesia. Berkat torehan itu, Tiggo Cross CSH menopang penjualan Chery hingga masuk jajaran mobil terlaris di RI.

    PT Chery Sales Indonesia menyerahkan 1.000 unit Tiggo Cross CSH Hybrid kepada konsumennya di Tanah Air. Seremoni serah terima dilaksanakan secara simbolis kepada perwakilan konsumen dalam rangkaian acara With Chery With Love (WCWL) yang digelar di kawasan Senayan, Jakarta Pusat.

    Sejak debutnya di panggung Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025, Chery Tiggo Cross CSH Hybrid langsung menarik perhatian publik Tanah Air hingga mencetak prestasi sebagai The `Best-Selling Hybrid SUV di segmennya, dengan lebih dari 1.000 unit yang telah dikirimkan kepada konsumen.

    Keberhasilan Chery Tiggo Cross CSH Hybrid menjadi bukti bahwa pendekatan Chery yang agresif namun terukur dalam memperkuat portofolio kendaraan dengan energi terbarukan (NEV), serta menghadirkan pengalaman kepemilikan yang baik mulai membuahkan hasil nyata di pasar Indonesia.

    Chery Tiggo Cross CSH Hybrid diserahkan ke konsumen Indonesia Foto: PT. Chery Sales Indonesia

    “Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas respons positif masyarakat Indonesia terhadap Chery Tiggo Cross CSH Hybrid. Sejak peluncurannya di GIIAS 2025, komitmen kami untuk memastikan pengiriman tepat waktu (on-time delivery) terbukti nyata. Pencapaian ini lantas menjadi bukti bahwa strategi Chery dalam memperkuat portofolio kendaraan energi baru (NEV) di Indonesia sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Keunggulan teknologi CSH berhasil menjadi kunci utama dalam strategi Chery dalam menguasai pasar Indonesia yang dibuktikan dengan keberhasilan Tiggo Cross CSH dalam menghantarkan Chery menjadi No.1 Sales Chinese Brand di Indonesia pada September 2025, dan juga membuktikan dominasi Tiggo Cross CSH terhadap kompetitor pada segmennya,” ungkap Head of Brand & Marketing Department PT Chery Sales Indonesia Rifkie Setiawan dalam siaran persnya.

    Chery Tiggo Cross CSH Hybrid ditawarkan dengan harga spesial mulai Rp 299,9 juta (OTR Jakarta) untuk varian Comfort dan Rp 319,8 juta (OTR Jakarta) bagi varian premium. Mobil ini memadukan mesin hybrid ACTECO G4G15B generasi terbaru dengan efisiensi termal hingga 39,5% dan motor listrik bertenaga. Mesin bensin berkapasitas 1.498 cc 4-silinder sanggup menghasilkan tenaga 95 HP dan torsi 120 Nm, berpadu dengan motor listrik sebagai penggerak utama yang mampu menyemburkan tenaga 201 HP dan torsi instan 310 Nm.

    Sistem hybrid itu dipadukan dengan transmisi Dedicated Hybrid Transmission (DHT) yang responsif, serta dilengkapi motor listrik kedua yang berfungsi sebagai generator untuk pengisian baterai Lithium Iron Phosphate (LFP) berkapasitas 1,8 kWh. Berbekal sistem tersebut, Chery Tiggo Cross CSH Comfort ini bisa melaju lebih dari 1.000 km dalam kondisi full tank (51 liter) dan baterai terisi penuh.

    Berdasarkan pengujian internal Chery, konsumsi BBM untuk rute kombinasi mencapai 20 km/liter. Sedangkan bila rute yang dilewati adalah tol, maka konsumsi BBM bisa tembus 30,3 km liter.

    (dry/din)

  • Harusnya Gratis, 90% Pemobil di Jepang Malah Tetap Mau Bayar saat Tol Ada Gangguan

    Harusnya Gratis, 90% Pemobil di Jepang Malah Tetap Mau Bayar saat Tol Ada Gangguan

    Osaka

    Bayangkan jalan tol yang padat kendaraan, tapi tanpa antrean mengular. Itulah pemandangan yang langsung menarik perhatian detikOto saat berkunjung ke Jepang bersama PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Padahal volume kendaraannya tak kalah padat dari Indonesia, tapi kemacetan di gerbang tol nyaris tak terlihat. Apa rahasianya?

    Ternyata oh ternyata, Jepang punya sistem pembayaran tol yang benar-benar berbeda. Di sini, pengendara tidak perlu berhenti untuk bayar atau tapping kartu di gerbang tol. Semua berjalan mulus dengan sistem Electronic Toll Collection (ETC) yang sudah digunakan secara menyeluruh.

    “Alat ETC biasanya ditaruh di dashboard mobil. Di dalamnya ada kartu yang mencatat semua riwayat keluar-masuk tol,” ungkap Stephani, pemandu tur detikOto di Jepang.

    Yang bikin sistem ini makin praktis, semua bank menggunakan kartu ETC yang sama. Tak perlu repot punya banyak kartu dari bank berbeda. Cukup satu kartu untuk semua kebutuhan tol di seluruh Jepang.

    Sistem pembayarannya pun tak kalah unik. Berbeda dengan sistem prabayar ala Flazz dari Bank BCA atau e-Money dari Bank Mandiri di Indonesia, Jepang malah pakai sistem pascabayar.

    “Di sini pakai dulu, nanti akhir bulan baru bayar. Sistem sudah bisa lacak rute mana saja yang kita lewati,” tambah Stephani.

    Cerdas banget! Ini cara Jepang bikin jalan tol lancar dan bebas macet Foto: Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto

    Dengan cara seperti ini, gerbang tol bebas dari antrean panjang. Tak ada drama saldo habis atau proses top-up yang memakan waktu.

    Cerita lain yang bikin terkesan adalah tentang integritas masyarakat Jepang. Stephani bercerita saat sistem ETC nasional sekali waktu mengalami gangguan. Data perjalanan hari itu tidak terekam, dan sebenarnya pengendara bisa saja numpang gratis.

    “Kalau di Indonesia kan kita bilang ‘rezeki anak sholeh’,” canda Stephani.

    Tapi yang terjadi justru bikin terkesan. Operator tol membuka pelaporan sukarela, dan hasilnya luar biasa karena 90% pengguna ternyata melaporkan perjalanan mereka dan mau membayar.

    (mhg/dry)