Jenis Media: Otomotif

  • Honda 0 Alpha Debut Global, Dijual Mulai Tahun 2027

    Honda 0 Alpha Debut Global, Dijual Mulai Tahun 2027

    Tokyo

    Produsen otomotif asal Jepang, Honda, resmi memperkenalkan Honda 0 Alpha di Japan Mobility Show atau JMS 2025. Peluncuran mobil tersebut berstatus sebagai world premiere alias pertama di dunia!

    Honda 0 Alpha punya tampilan futuristis khas Zero Model. Kendaraan tersebut punya wajah minimalis yang memikat, headlamp atau lampu utama yang dirancang terhubung, kemudian logo H-nya menyala dan terpasang di posisi sentral.

    Bagian terunik dari 0 Alpha terdapat di area belakang yang dibuat boxy. Desain tersebut memang menjadi ‘pakem’ untuk kendaraan-kendaraan Honda yang berasal dari keluarga Zero Model.

    Honda 0 Alpha meluncur di Japan Mobility Show 2025 Foto: Septian Farhan

    Secara umum, Honda 0 Alpha mengusung konsep ‘Thin, Light and Wise’. Kendaraan itu menghadirkan keseimbangan antara desain ramping, bobot ringan, serta sistem kecerdasan yang memudahkan pengemudi.

    Sayangnya, hingga sekarang belum ada informasi apapun soal fitur ataupun spesifikasi kendaraan. Sebab, Honda 0 Alpha masih berstatus concept car atau mobil purwarupa.

    Namun, Toshihiro Mibe selalu President, Director and Representative Executive Officer Honda mengatakan, Honda 0 Alpha bakal dipasarkan mulai dua tahun lagi atau pada 2027. Sementara ada dua negara yang lebih dulu menjualnya.

    “Jadi, kami katakan, Honda 0 Alpha akan kami pasarkan secara global mulai 2027 dengan fokus pertama India dan Jepang,” kata Mibe saat pengenalan produk di Japan Mobility Show atau JMS 2025.

    Setelah India dan Jepang, Honda 0 Alpha akan dipasarkan di negara-negara lain di Asia, termasuk Indonesia. Menurut informasi yang kami terima, kendaraan tersebut akan diproduksi di Tanah Bharata.

    (sfn/riar)

  • Mobil-Motor Suzuki buat Hadapi Masalah Lingkungan: Fronx Etanol-Burgman Hidrogen

    Mobil-Motor Suzuki buat Hadapi Masalah Lingkungan: Fronx Etanol-Burgman Hidrogen

    Tokyo

    Suzuki Motor Corporation (SMC) menghadirkan berbagai teknologi kendaraan di pameran otomotif Japan Mobility Show (JMS) 2025. Kendaraan yang dihadirkan Suzuki ini mendukung program netralitas karbon.

    Representative Director and President Suzuki Motor Corporation Toshihiro Suzuki menyebut Suzuki menyajikan teknologi kendaraan ramah lingkungan yang disesuaikan dengan kondisi negara.

    “Bergantung pada kondisi energi di setiap negara dan wilayah, kami akan terus berupaya mewujudkan netralitas karbon melalui pendekatan multi-pathway yang tidak hanya mencakup EV (kendaraan listrik), tetapi juga CNG (Compressed natural gas), CBG (Compressed Biogas), FFV (Flex Fuel Vehicle), dan lainnya,” kata Toshihiro Suzuki di gelaran Japan Mobility Show 2025 yang diadakan di Tokyo Big Sight, Tokyo, Jepang, Rabu (29/10/2025).

    Menurut Toshihiro, produk-produk Suzuki yang dipamerkan kali ini dikemas dengan berbagai elemen yang diperlukan untuk mewujudkan masyarakat mobilitas baru. Kendaraan tersebut mendukung setiap pelanggan secara individual, seperti kegembiraan, energi, dan kepribadian.

    Mobil Listrik Vision e-Sky

    Suzuki Vision e-Sky. Foto: (Rangga Rahadiansyah/detikOto)

    Di Japan Mobility Show 2025, Suzuki memamerkan konsep mobil listrik Suzuki Vision e-Sky. Model konsep ini ditargetkan untuk dikomersialkan pada tahun fiskal 2026.

    Vision e-Sky dibuat untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang rutin menggunakan mobil mini sebagai alat transportasi sehari-hari, seperti untuk bepergian, berbelanja, dan perjalanan singkat saat liburan. Berdasarkan tema “Unik, Cerdas, Positif”, mobil ini mengekspresikan desain unik Suzuki yang membuat orang merasa positif dan ceria.

    Mobil listrik ini punya panjang keseluruhan 3.395 mm, lebar 1.475 mm, dan tinggi 1.625 mm. Sekali cas sampai penuh, mobil listrik ini bisa melaju lebih dari 270 km.

    Motor Listrik e-VanVan

    Selain mobil listrik Vision e-Sky, Suzuki juga mengenalkan konsep motor listrik e-VanVan. Motor mini dengan tenaga listrik ini dikembangkan untuk memenuhi keinginan pelanggan yang mau menikmati berkendara dan mengendarai sepeda motor, meskipun berjenis EV.

    Terinspirasi dari sepeda motor rekreasi populer Suzuki “VanVan” dari tahun 1970-an, model ini mengekspresikan inovasi dengan gaya kreatif dan warna serta grafis tema digital yang unik.

    “Kami menawarkan cara baru untuk menikmati EV sebagai sepeda motor yang menyenangkan,” kata Suzuki.

    Motor listrik ini punya panjang 1.810 mm x Lebar 825 mm x Tinggi 1.050 mm. Sebagai motor listrik mini, motor ini setara dengan 125 cc.

    Suzuki Fronx Bensin Etanol

    Bahan bakar alternatif seperti bensin campur etanol menjadi salah satu terobosan untuk menekan emisi kendaraan. Untuk itu, Suzuki menghadirkan konsep Suzuki Fronx FFV alias flex fuel vehicle (kendaraan bahan bakar fleksibel). Suzuki Fronx ini dibuat untuk bisa menggunakan bahan bakar alternatif seperti bioetanol.

    “Teknologi Ramah Lingkungan untuk masa depan bahagia pelanggan. Kami mengusulkan teknologi ramah lingkungan yang memanfaatkan bahan bakar etanol sebagai salah satu inisiatif multi-pathway Suzuki untuk mencapai netralitas karbon. Suzuki bertujuan untuk memperluas pilihan pencapaian netralitas karbon di setiap wilayah pelanggan.

    e-Address BEV

    Suzuki e-Address BEV Foto: (Rangga Rahadiansyah/detikOto)

    Di Jepang, Suzuki pertama kali meluncurkan skuter listrik Suzuki e-Address. Skuter ini sangat praktis, setara dengan skuter kelas 125 cc.

    “Kami menawarkannya sebagai model yang memenuhi keinginan pelanggan, yang ingin mengendarai skuter berteknologi terkini untuk membuat kehidupan sehari-hari lebih cerdas,” kata Suzuki.

    Skuter Suzuki e-Address memiliki panjang 1.860 mm x Lebar 715 mm x Tinggi 1.140 mm. Motor listrik ini memiliki motor penggerak bertenaga 0,98 kW, setara dengan motor bermesin 125 cc. Sekali cas sampai penuh, Suzuki e-Address bisa menjangkau jarak 80 km.

    Suzuki Burgman Hidrogen

    Suzuki Burgman Hidrogen Foto: (Rangga Rahadiansyah/detikOto)

    Teknologi terkini Suzuki yang dihadirkan di Japan Mobility Show adalah Suzuki Burgman Hidrogen. Suzuki sedang melakukan penelitian dan pengembangan mesin hidrogen sebagai bagian dari upaya multi-pathway untuk mencapai netralitas karbon.

    Ini adalah mobilitas yang memenuhi keinginan untuk menikmati salah satu kesenangan sepeda motor, suara knalpot, sambil berkendara dengan kendaraan yang ramah lingkungan. Motor Suzuki Burgman Hidrogen ini menggunakan hidrogen sebagai sumber energinya, sehingga lebih ramah lingkungan.

    (rgr/dry)

  • Honda Genio Terbaru Meluncur, Harga Mulai Rp 20 Jutaan

    Honda Genio Terbaru Meluncur, Harga Mulai Rp 20 Jutaan

    Jakarta

    Honda Genio mendapatkan penyegaran lewat kombinasi warna dan striping baru. Kombinasi ini untuk mempertegas gaya retro dan fashionable.

    Sentuhan baru Genio varian CBS punya dua pilihan warna kekinian, yakni vibrant tri-tone (merah, putih, biru) dan vibrant hitam dan putih. Velg warna putih makin mempertegas kesan motor fashion.

    Honda Genio Foto: PT Astra Honda Motor

    Selanjutnya warna Vibrant Black yang hadir mengkilap. Kesan retro tetap hadir melengkapi varian warna pada tipe CBS.

    Pilihan tipe lainnya tak kalah menarik. Tipe CBS-ISS kini tampil lebih simple dan minimalis dengan adanya varian warna baru Fabulous Matte Brown.

    Pilihan warna lain seperti Fabulous Matte Green dan Fabulous Matte Black juga kini hadir dengan striping baru yang lebih minimalis.

    Selebihnya motor ini masih memiliki spesifikasi yang sama, yakni penggunaan ban berukuran 12 inci yang memberikan keseimbangan dan stabilitas optimal saat berkendara.

    Dari sektor dapur pacu, Honda Genio ditenagai mesin 110cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 6,6 kW pada 7.500 rpm serta torsi puncak 9,3 Nm pada 5.500 rpm.

    Akselerasinya responsif dan halus berkat teknologi ACG Starter yang membuat suara mesin lebih senyap saat dinyalakan. Fitur ini juga terintegrasi dengan ISS (Idling Stop System) khas Honda yang akan mematikan mesin secara otomatis saat berhenti dan kembali menyala hanya dengan memutar tuas gas.

    Honda Genio juga diklaim iirit bahan bakar. Berdasarkan uji internal dengan metode WMTC, konsumsi bahan bakarnya menunjukkan angka 59,1 km/liter (fitur ISS aktif), sehingga mampu menempuh jarak hingga 248 km hanya dengan satu kali pengisian penuh.

    Soal pendukung mobilitas dan kepraktisan, Honda Genio dilengkapi fitur fungsional seperti power charger pada rak depan, New Honda Genio hadir sebagai pilihan tepat bagi konsumen yang mencari motor andal, praktis, dan penuh gaya.

    “Warna baru ini kami hadirkan dengan gaya retro untuk anak muda masa kini yang ingin tampil stylish, dengan motor yang performanya lincah. Kami yakin, New Honda Genio mampu memberikan pengalaman berkendara yang nyaman dan menyenangkan,” ujar Direktur Marketing AHM Octavianus Dwi dalam keterangannya dikutip Rabu (29/10/2025).

    Dari sisi keamanan, New Honda Genio dilengkapi secure key shutter yang praktis dengan tombol pembuka jok, serta fitur keselamatan seperti Parking Brake Lock, sistem pengereman Combi Brake, dan side stand switch untuk memastikan keamanan pengguna.

    Harga Honda Genio Terbaru

    New Honda Genio hadir dalam dua varian, yaitu CBS dan CBS-ISS, dengan total enam pilihan warna kekinian. Berikut daftarnya:

    Honda Genio tipe CBS Rp 20.075.000 (OTR DKI Jakarta)Honda Genio tipe CBS Special Color dibanderol Rp 20.275.000Honda Genio tipe CBS-ISS Rp 20.695.000.

    (riar/dry)

  • Century Coupe Meluncur di JMS 2025, Toyota Punya Pesaing Rolls-Royce dan Bentley

    Century Coupe Meluncur di JMS 2025, Toyota Punya Pesaing Rolls-Royce dan Bentley

    Jakarta

    Sejak lebih dari 50 tahun lalu Century jadi mobil paling mewah yang pernah diproduksi Jepang. Tak lagi berada di bawah payung Toyota, Century merilis seri terbarunya dalam wujud coupe pada ajang Japan Mobility Show 2025.

    “Kebanggaan Jepang. Saya percaya Century diciptakan untuk memenuhi peran itu,” ucap Akio Toyoda di Japan Mobility Show dalam peluncuran Century, Rabu (29/10/2025).

    Century yang diluncurkan Toyota pada ajang Japan Mobility Show 2025 ini sejatinya sudah diumumkan secara resmi pekan lalu. Positioning-nya adalah sebagai brand yang disiapkan untuk bertarung di segmen super mewah: bersaing dengan Rolls-Royce dan Bentley.

    Toyota sudah mengumumkan bahwa Century akan menjadi merek yang berdiri sendiri, terpisah dari Toyota. Namun begitu, yang dipamerkan di Jepang ini masih merupakan konsep.

    Century coupe paling anyar ini punya desain yang benar-benar berbeda dengan seri yang diluncurkan sebelumnya. Warna orange yang mencolok namun cantik membuat mobil ini sangat eye-catching di arena Japan Mobility Show. Disebutkan kalau warna orange yang membalut Century terdiri dari 60 lapisan cat.

    Century coupe ini punya konfigurasi dua penumpang dan dua pintu. Belum ada detil spesifikasi yang dibocorkan, termasuk kapan akan diproduksi dan dijual untuk umum.

    Jika eksterior Century terlihat ‘menyala’ dengan warna orange yang mewah, di bagian interior kesan super premium mobil ini terasa makin kental. Kabin Century coupe ini disematkan banyak sekali atribut mewah berkelas. Termasuk jam analog klasik pada sisi tengah dashboard.

    Dua kursi di dalam kabin punya konfigurasi yang sepertinya belum pernah ada pada mobil lain. Kursi sopir dan satu penumpang tidak berada dalam posisi sejajar. Tapi tersusun secara diagonal, di mana kursi sopir berada di depan dan kursi penumpang di belakangnya (dalam posisi diagonal).

    Sejarah Singkat Century

    Century pertama kali diperkenalkan pada tahun 1967, bertepatan dengan peringatan 100 tahun kelahiran Sakichi Toyoda, pendiri Toyota Industries. Mobil ini sejak kelahirannya dianggap sebagai lambang kemewahan tertinggi dari Jepang, dan diproduksi terutama untuk pasar domestik.

    Dengan statusnya sebagai mobil super premium, Century selama ini digunakan oleh Kaisar Jepang (Century Royal), Perdana Menteri, hingga pejabat tinggi pemerintah.

    Hal-hal tersebut menjadikan Century sebagai puncak lini produk Toyota. Nantinya, merek Century akan berada di segmen paling atas, diikuti Lexus, GR, Toyota, dan Daihatsu.

    Century selama ini juga dikenal sebagai mobil yang produksi untuk rentang waktu yang sangat panjang. Sejak pertama meluncur lebih dari 50 tahun lalu, Century baru punya lima generasi.

    Century punya lambang yang unik, yakni burung Phoenix – yang melambangkan kebangsawanan dan keabadian. Lambang yang menempel pada setiap mobil ini diukir menggunakan tangan.

    (din/dry)

  • Harus Kuras Tangki-Ganti Busi Baru Normal Lagi

    Harus Kuras Tangki-Ganti Busi Baru Normal Lagi

    Jakarta

    Banyak motor di Jawa Timur dikeluhkan brebet usai isi Pertalite. Tangki pun harus dikuras hingga ganti busi baru bisa normal lagi.

    Penggunaan Pertalite pada motor-motor di Jawa Timur jadi sorotan. Sebab, puluhan motor mengalami brebet usai mengisi Pertalite. Keluhan itu dialami para pemotor di daerah Bojonegoro, Tuban, Sidoarjo, hingga Lamongan. Mereka mengeluhkan motornya mengalami masalah habis diisi Pertalite. Motornya ngadat, tarikan berat, hingga membuat para pemotor itu berbondong-bondong pergi ke bengkel.

    Dikutip detikJatim, salah seorang mekanik di bengkel resmi di kawasan Bojonegoro Suliswanto mengungkap, dia menerima 45 keluhan motor brebet usai mengisi Pertalite.

    “Setelah diganti busi dan bahan bakarnya dikuras, performa motor kembali seperti semula. Tapi kalau masih pakai bensin yang sama, ya brebet lagi,” ujarnya.

    Bengkel di Sidoarjo juga mengalami hal serupa. Banyak motor-motor mengalami masalah usai mengisi Pertalite.

    “Tiga hari ini banyak motor masuk dengan keluhan sama. Rata-rata Honda BeAT keluaran 2020 ke atas, sistem injeksi. Semua mengaku baru isi Pertalite,” tutur Firman, mekanik di kawasan Magersari, Sidoarjo.

    Belum diketahui penyebab pasti di balik fenomena motor brebet di Jawa Timur itu. Pihak kepolisian di sejumlah daerah mulai mengambil sampel bahan bakar dari SPBU untuk diuji di laboratorium. Sementara Pertamina mendirikan posko pengaduan di SPBU guna menampung laporan warga.

    “Sejauh ini hasil monitoring di media sosial ada 3 laporan dan postingan terkait yang sudah kami telusuri hingga ke titik SPBU pembelian produk BBM-nya,” terang Ahad Rahedi, Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus.

    Penyebab Motor Brebet

    Motor brebet memang berkaitan dengan bahan bakar. Mengutip laman Daya Auto, ada beberapa hal yang mempengaruhi motor brebet. Pertama adalah kualitas bahan bakar. Bahan bakar yang tidak sesuai spesifikasi atau berkualitas rendah bisa menyebabkan pembakaran tidak sempurna. Keberadaan air di tangki bahan bakar juga bikin motor brebet. Sebab dapat mengganggu pembakaran dan mengurangi bahan bakar ke ruang pembakaran.

    Selanjutnya, filter udara yang kotor atau aus juga dapat menghambat aliran udara ke mesin. Kemudian busi juga ikut mempengaruhi. Busi yang kotor dapat menghambat pembakaran bahan bakar. Fuel pump juga bisa menjadi penyebab motor brebet saat digas.

    (dry/din)

  • Mengenal Robot Cerdas Suzuki buat Kirim-kirim Barang di Jepang

    Mengenal Robot Cerdas Suzuki buat Kirim-kirim Barang di Jepang

    Minami-Osawa

    Di Jepang, tepatnya di kota Minami-Osawa, Tokyo, ada robot pintar berupa kendaraan otonom yang dikembangkan buat kirim-kirim barang. Kendaraan otonom ini merupakan hasil kerja sama antara Suzuki Motor Corporation dengan start up di Jepang, Lomby, dan perusahaan ritel Seven Eleven. Bisa dibilang, robot ini sebagai pengganti kurir yang mengirim barang atau makanan dari toko Seven Eleven ke rumah pelanggan.

    Robot bernama LM-A ini baru dilakukan uji coba terbatas di kawasan Minami-Osawa, pinggiran Tokyo. Proyek ini menjadi simbol komitmen ketiga perusahaan dalam kolaborasi untuk menjawab tantangan lokal, serta meningkatkan efisiensi distribusi jarak akhir (last-mile delivery) di Jepang.

    Minami-Osawa dipilih sebagai lokasi uji coba karena karakter geografisnya yang berbukit dan menantang. Dengan cakupan area seluas 2 kilometer dan sekitar 25.000 rumah tangga, kawasan ini merepresentasikan lingkungan nyata yang kompleks, terutama bagi populasi lansia yang kerap kesulitan mengakses toko karena jarak dan medan. Melalui layanan 7NOW, robot pengiriman otonom beroperasi langsung dari toko Seven Eleven terdekat untuk mengantarkan ribuan produk hingga ke depan pintu pelanggan.

    Uji coba kendaraan otonom ini berlangsung sejak Mei 2025. Ini menjadi pencapaian penting sebagai proyek robot pengiriman luar ruangan dengan cakupan area dan jumlah rumah tangga dengan cakupun yang besar di Jepang. Keberhasilan ini menegaskan potensi besar teknologi otonom dalam menghadapi tantangan mobilitas masa depan, sekaligus membuka jalan menuju penerapan komersial berskala luas.

    “Yang ingin Suzuki lakukan adalah menggunakan teknologi yang sudah dikembangkan base unitnya. Kami kolaborasi dengan partner yang ingin cari solusi masalah-masalah sosial. Melalui kolaborasi dengan partner ini, teknologi Suzuki dibawa ke lebih banyak warga. Sehingga melalui kolaborasi ini Suzuki membantu solusi masalah sosial. Suzuki mempersiapkan base unit dan meminjamkan ke perusahaan-perusahaan yang berminat. Salah satu perusahaannya adalah Lomby,” ujar Mizuki Okumara, Business Planning Dept. New Mobility Service Business Development Division Suzuki Motor Corporation, saat ditemui dalam rangkaian Suzuki Media Trip Japan 2025 di Minami-Osawa, Tokyo, Jepang, Selasa (28/10/2025).

    Robot yang terintegrasi dengan platform “7NOW” memungkinkan pelanggan memesan hingga 3.000 jenis produk yang tersedia di toko Seven Eleven. Pesanan kemudian dikirim langsung ke rumah dengan estimasi waktu maksimal 30 menit. Kolaborasi ini bukan sekadar uji teknologi, tetapi penerapan nyata di tengah masyarakat.

    Robot besutan LOMBY beroperasi secara sepenuhnya otonom, dengan kemampuan mengenali lampu lalu lintas dan jalur penyeberangan (crosswalk) secara otomatis. Fitur ini memastikan keamanan publik serta kepatuhan terhadap regulasi lalu lintas di wilayah perkotaan padat.

    Peran kunci Suzuki Motor Corporation adalah menyediakan basis unit mobilitas elektrik yang dibangun berdasarkan teknologi kursi roda listrik (electric wheelchair) yang telah teruji tangguh. Basis ini menjamin suspensi yang stabil dan aman, vital untuk manuver di area berbukit, tanjakan, dan permukaan tidak rata, sekaligus memastikan keamanan barang yang diantar.

    Selain meningkatkan kenyamanan pelanggan, terutama bagi lansia yang kesulitan bepergian, proyek uji coba juga bertujuan mengukur penerimaan sosial terhadap robot pengiriman otonom. Penerapan yang telah dilakukan menjadi landasan penting menuju praktik komersial skala penuh, dengan tujuan memperluas layanan ke area lain yang menghadapi masalah logistik serupa.

    (rgr/riar)

  • Keseriusan China Garap Industri Mobil Global

    Keseriusan China Garap Industri Mobil Global

    Chongqing

    Inovasi China di industri otomotif tak perlu diragukan lagi. Tak perlu heran memang, bahkan sebuah provinsi aja memiliki fasilitas pengujian yang lengkap. Salah satu contohnya adalah Provinsi Chongqing yang memiliki fasilitas pengujian mobil alias proving ground yang luasnya mencapai 221 hektare.

    Fasilitas ini dikelola oleh Chongqing Xibu Automobile Proving Ground Management Ltd, yang merupakan anak usaha dari China Automotive Engineering Research Institute. Proving ground ini diklaim fasilitas pengujian kendaraan paling lengkap yang ada di barat China.

    Chongqing serius garap industri mobil Foto: Zulfi Suhendra/detikOto

    Area proving ground 221 hektare itu dilengkapi dengan berbagai macam kondisi dan medan jalan, mulai jalan kering, basah, jalan memutar dinamis, jalan bebatuan, speed bump, jalan dengan kemiringan tinggi hingga jalan menanjak, jalan untuk mengetes ketahanan terhadap genangan banjir, dengan sudut kemiringan tinggi dan lainnya.

    Jalan uji tersebut masing-masing telah mendapatkan persetujuan dan otorisasi lokasi inspeksi dari Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi serta Kementerian Perhubungan China.

    Tak hanya buat mobil-mobil pabrikan China, proving ground ini juga dipercaya pabrikan mobil dari negara lain seperti Amerika, Eropa, dan Jepang, termasuk dalam penelitian dan pengembangan produk, pengujian ketahanan, pengujian korosi, pengembangan kinerja, sertifikasi tipe, dan uji regulasi wajib otomotif.

    Chongqing serius garap industri mobil Foto: Zulfi Suhendra/detikOto

    Xibu Proving Ground ini juga memiliki ruang lingkungan, ruang semprot garam, laboratorium korosi kendaraan dan suku cadang, zer, dan jalan uji korosi khusus, yang dapat menyediakan pelanggan dengan solusi uji ketahanan korosi kendaraan dan suku cadang yang memenuhi standar internasional.

    Terlihat saat menjajal proving ground ini menggunakan mobil Changan, detikOto melihat mobil-mobil berseliweran. Kebanyakan dari mobil tersebut juga masih dalam tahap RnD.

    Panjang total jalan di proving ground ini 46,5 km, dengan jalan uji sepanjang 43,4 km, termasuk 5,4 km dari 32 jenis permukaan jalan keandalan, 14 jalan uji yang berbeda, 67 jenis permukaan jalan khusus.

    (zlf/lua)

  • BYD Racco Meluncur, Tantang Mobil Listrik Rp 200 Jutaan Nissan Sakura

    BYD Racco Meluncur, Tantang Mobil Listrik Rp 200 Jutaan Nissan Sakura

    Jakarta

    BYD kian serius membidik pasar Jepang. BYD baru saja meluncurkan kei car bernama Racco yang siap menantang Nissan Sakura.

    Untuk pertama kalinya produsen mobil non-Jepang ikutan menjual kei car. Untuk diketahui, kei car merupakan mobil mungil dengan spesifikasi dan ukuran tertentu dan hanya dijual di Negeri Sakura. Pembuatnya sudah pasti produsen Jepang. Tapi BYD justru bikin kejutan dengan menghadirkan kei car bernama Racco.

    BYD Racco menjalani debut perdananya di Japan Mobility Show 2025. Car News China menyebut mobil ini akan resmi dijual mulai musim panas tahun 2026. Racco berarti berang-berang laut yang diambil dari bahasa Jepang.

    Populasi kei car di Jepang memang cukup besar. Sepertiga dari keseluruhan pasar otomotif Jepang merupakan kei car. Racco kabarnya bakal dijual mulai 2,6 juta yen atau kalau dirupiahkan setara dengan Rp 280 jutaan. Saat nanti diluncurkan resmi, Racco merupakan model kelima BYD yang dijual di Jepang setelah Atto 3, Dolphin, Seal, dan Sealion 7.

    Di Jepang, BYD Racco akan menantang kei car populer seperti Nissan Sakura hingga Honda N-Box. Sebagai perbandingan, harga Sakura dijual mulai 2,53 juta dan dibekali dengan baterai 20 kWH yang sanggup menempuh jarak 180 km.

    BYD Racco mengadopsi kei car tradisional Jepang yang berbentuk kotak dengan empat pintu. Di bagian belakang mengusung pintu geser. Secara dimensi, BYD Racco punya panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm, dan tinggi 1.800 mm. Di dalamnya bisa memuat empat orang, dua di depan, dua di belakang. Dimensinya itu tak jauh berbeda dari Nissan Sakura. Sakura punya panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm, dan tinggi 1.655 mm.

    Seperti halnya Nissan Sakura, BYD Racco juga disebut akan menggendong baterai LFP 20 kWh dengan jarak tempuh 180 km. Mobil mungil ini juga didukung pengecasan cepat DC 100 kW. Sayang spesifikasi lengkapnya belum diungkap. Namun kehadiran kei car BYD ini menjadi penanda bahwa pabrikan yang bermarkas di Shenzhen itu berupaya kuat untuk meraup kepercayaan warga Jepang.

    (dry/din)

  • Segini Beda Pajak Kijang Innova Reborn Diesel Matic dan Manual Tahun 2025

    Segini Beda Pajak Kijang Innova Reborn Diesel Matic dan Manual Tahun 2025

    Jakarta

    Pajak tahunan Kijang Innova Reborn Diesel matic dan manual rupanya hanya terpaut Rp 300 ribuan. Berikut rincian pajak Kijang Innova Reborn Diesel tahun 2025.

    Pajak tahunan tiap mobil berbeda. Makanya nggak perlu heran, meski modelnya sama namun transmisinya berbeda, pajak tahunannya juga bisa jadi beda. Misalnya untuk model Kijang Innova Reborn Diesel. Saat ini ada dua model Kijang Innova Reborn Diesel yang dijual di Indonesia yakni versi matic dan manual. Versi matic dibanderol lebih mahal Rp 20,9 juta ketimbang versi manualnya.

    Pajak Tahunan Kijang Innova Reborn Diesel

    Harga Kijang Innova Reborn Diesel manual Rp 416,6 juta sementara versi maticnya Rp 437,5 juta. Lantas bagaimana dengan pajak tahunannya? Meski harganya terpaut puluhan juta, pajaknya justru hanya berselisih Rp 315 ribu. Ditelusuri detikOto dalam laman Informasi Data Kendaraan dan Pajak Kendaraan Bermotor Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, berikut pajak tahunan Kijang Innova Reborn Diesel manual dan matic.

    Pajak Tahunan Kijang Innova Reborn Diesel Manual

    PKB Pokok: Rp 6,531 jutaSWDKLLJ: Rp 143 ribuTotal: Rp 6,674 juta

    Pajak Tahunan Kijang Innova Reborn Diesel Matic

    PKB Pokok: Rp 6,846 jutaSWDKLLJ: Rp 143 ribuTotal: Rp 6,989 juta

    Perlu digarisbawahi, pajak berlaku untuk Innova Reborn diesel matic yang terdaftar sebagai kendaraan pertama di wilayah Jakarta. Besar pajak bisa jadi berbeda di wilayah lainnya. Sebagai informasi tambahan, kendati Kijang Innova Reborn Diesel terhitung sebagai model lama, namun penjualannya masih moncer. Dari keseluruhan model Innova yang dijual di Indonesia, Innova Reborn merupakan kontributor terbesar. Khususnya untuk varian matic, peminatnya paling banyak di keluarga Innova.

    Menyoal spesifikasi, Kijang Innova Reborn dilengkapi dengan mesin berkode 2GD FTV dengan empat silinder segaris 16 katup DOHC dengan VNT Intercooler. Mesin diesel Innova berkapasitas 2.393 cc. Tenaga maksimalnya mencapai 149 PS pada 3.400 rpm dengan torsi maksimal 342,2 Nm yang tersedia pada rentang 1.200-2.800 rpm.

    (dry/din)

  • Toyota Pamer Corolla ‘Radikal’ dan Land Cruiser FJ di Japan Mobility Show 2025

    Toyota Pamer Corolla ‘Radikal’ dan Land Cruiser FJ di Japan Mobility Show 2025

    Jakarta

    Toyota memamerkan kendaraan dan teknologi mobilitas masa depannya pada ajang Japan Mobility Show 2025. Dua yang paling menarik perhatian adalah Corolla konsep dan Land Cruiser FJ.

    Bukan cuma mobil yang dibawa Toyota pada ajang Japan Mobility Show 2025. Ada banyak teknologi mobilitas terbaru yang dipamerkan pada ajang yang digelar untuk umum mulai 30 Oktober sampai 11 November 2025 ini.

    Booth Toyota di Japan Mobilty Show 2025 Foto: Doni Wahyudi/detikoto

    Toyota membawa semangat baru pada ajang ini dengan tag line ‘To You, Toyota’.

    ‘To You Toyota’ menunjukkan semangat besar pabrikan otomotif raksasa asal Jepang itu tentang betapa dekatnya mereka dengan kehidupan masyarakat di seluruh dunia. Toyota juga menekankan bagaimana mereka menawarkan solusi mobilitas yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen di seluruh dunia.

    Toyota Corolla Konsep yang Radikal

    Salah satu yang menarik adalah kemunculan Corolla konsep, yang jadi mobil penumpang paling futuristis di booth Toyota. Dibanding seri Toyota Corolla sebelumnya, perubahan pada mobil konsep ini terbilang radikal.

    Tidak banyak informasi detil disajikan Toyota untuk produknya ini. Yang jelas Corolla konsep ini punya tampilan ultra modern dan punya aura sporty yang lebih kuat.

    Toyota Corolla Konsep Foto: Toyota Astra Motor

    “Saya pikir kita semua punya hasrat yang sama. Baik itu mobil EV, plug in hybrid, hybrid, atau pembakaran internal, apapun sumber tenaganya, mari membuat mobil yang ganteng, yang semua orang ingin mengendarainya. Mobil ini penuh dengan inovasi dan membuat keinginan itu semua bisa menjadi kenyataan,” ujar CEO Toyota Koji Sato, di atas panggung Japan Mobility Show.

    Land Cruiser FJ: si Bayi Fenomenal

    Land Cruiser FJ adalah magnet besar booth Toyota pada press day Japan Mobility Show, yang digelar hari ini, Rabu (29/10). Sedari pagi, bahkan sebelum rangkaian acara dimulai, keluarga terbaru dari Land Cruiser ini sudah sesak diserbu wartawan dari seluruh dunia.

    Baby Cruiser, begitu mobil ini banyak dijuluki, sudah bikin heboh sejak pertama diumumkan kemunculannya sekitar dua pekan lalu. Land Cruiser FJ merupakan seri paling kompak dari keluarga Land Cruiser yang sangat ikonik itu.

    Land Cruiser FJ dipamerkan Toyota di Japan Mobility Show 2025 Foto: Doni Wahyudi/detikoto

    Land Cruiser FJ dibangun di atas platform IMV (Innovative International Multi-purpose Vehicle) yang juga digunakan oleh model-model Toyota lain seperti Fortuner, Hilux, dan Kijang Innova. Sementara dapur pacunya menggunakan mesin 2TR-FE 2.7 liter, yang sangat populer di Indonesia karena digunakan pada Toyota Fortuner bensin dan juga Kijang Innova.

    Dengan bentuk bodi kotak yang tegas dan maskulin, siapa saja yang melihat baby Land Cruiser ini akan langsung ingat dengan penampakan Land Cruiser lawas.

    Dengan wheelbase lebih pendek (dikabarkan 2,580 mm) dan radius putar minimum yang kecil (5,5 meter), FJ ini jauh lebih lincah dan mudah bermanuver di jalur sempit atau berbatu dibandingkan kakaknya.

    Perangkat Mobilitas Canggih

    Beberapa perangkat mobilitas lain yang menyita perhatian adalah Toyota Kids Mobi. Diperuntukkan sebagai alat mobilitas anak-anak, Toyota menyebut Kids Mobil dilengkai Ai Guardian yang membuatnya bisa mengemudi sendiri dengan sangat aman.

    Ada juga Chibibo, yang berguna sebagai alat bantu pengangkut. Berbentuk seperti meja berkaki empat dengan bidang datar di atasnya yang bisa berjalan sendiri, Chibibo bisa melewati jalan-jalan sempit dan bahkan naik-turun tangga.

    Perangkat mobilitas Toyota Walk Me di Japan Mobility Show 2025 Foto: Doni Wahyudi/detikoto

    Robot berkaki empat lain yang dibawa Toyota adalah Walk Me. Berbeda dengan Chibibo yang diperuntukkan mengangkut barang, Walk Me bisa mengangkut orang di atasnya. Perangkat ini memang punya fungsi sebagai alay bantu mobilitas yang bisa dipakai di dalam dan luar ruangan, termasuk naik-turun tangga.

    (din/riar)