Jenis Media: Otomotif

  • Veloz Hybrid Mau Meluncur di Indonesia, Segini Nilai Jualnya

    Veloz Hybrid Mau Meluncur di Indonesia, Segini Nilai Jualnya

    Jakarta

    Toyota Veloz Hybrid dikabarkan bakal segera diluncurkan di Indonesia. Diketahui, nilai jual mobil diduga Veloz Hybrid sudah terdaftar di Indonesia. Ini rinciannya.

    Model mobil hybrid Toyota tampaknya akan bertambah dalam waktu dekat. Toyota kabarnya sudah menyiapkan Veloz Hybrid untuk masyarakat Indonesia. Sinyal itu kian menguat saat Toyota melakukan presentasi deretan produk yang bakal dibawa ke Gaikindo Jakarta Auto Week November mendatang. Public Relation Manager PT TAM Philardi Ogi dalam presentasinya mengungkap ada peluncuran global mobil hybrid Toyota yang paling ditunggu-tunggu. Diduga calon mobil baru itu adalah Veloz Hybrid.

    “Dan yang kedua, kita ada world premier ya. Mungkin ini salah satu ya. The most awaited HEV, menampilkan salah satu kendaraan HEV yang diproduksi lokal, dan develop lokal. Jadi ini adalah produk Indonesia, dari Indonesia untuk masyarakat Indonesia. Ini mungkin yang akan ditunggu-tunggu juga,” kata Oghi kala itu.

    Toyota Veloz Hybrid di Indonesia sudah dibicarakan sejak tahun lalu. Sebuah kode NJKB yang diduga Toyota Veloz Hybrid pun telah tercantum di Permendagri Nomor 8 Tahun 2024 tentang Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor dan Pajak Alat Berat Tahun 2024.

    Nilai Jual Veloz Hybrid

    Kode mobil yang diduga Veloz Hybrid juga sudah terdaftar di laman Samsat Jakarta. Kodenya sama dengan yagn tercantum pada Permendagri nomor 8 tahun 2024.
    Dalam dokumen tertera kode W102RE-LBVFJ 1.5 Q HV CVT dan W 102RE-LBVEJ 1.5 0 HV CVT TSS yang mengacu ke Veloz Hybrid. Kode awalan W102RE merupakan kode produksi untuk Veloz. Nilai jualnya pun berbeda. Berikut rinciannya.

    W102RE-LBVFJ 1.5 Q HV CVT: Rp 271 jutaW102RE-LBVEJ 1.5 0 HV CVT TSS: Rp 291 juta

    Perlu digarisbawahi NJKB merupakan harga dasar yang digunakan buat menghitung besaran pajak yang harus dibayar oleh pemilik kendaraan bermotor, baik itu roda dua, roda empat, maupun jenis kendaraan lainnya.

    Umumnya, harga jual itu akan di atas nilai jualnya. Terlebih pajak di Indonesia juga nilainya cukup tinggi. Sekadar informasi, saat ini Toyota Veloz dijual paling murah Rp 297,2 juta hingga yang termahal tembus Rp 346,4 juta. Gimana, menurut kamu cocoknya Veloz Hybrid dijual harga berapa nih?

    (dry/din)

  • Calon ‘Brio Listrik’, Honda Super One Masuk Indonesia Tahun Depan

    Calon ‘Brio Listrik’, Honda Super One Masuk Indonesia Tahun Depan

    Tokyo

    Honda Motor Company (HMC) telah mengenalkan Honda Super One di Japan Mobility Show atau JMS 2025. Menariknya, tak lama setelah pengenalan produk, mobil listrik tersebut langsung dipastikan masuk Indonesia tahun depan!

    Kepastian itu disampaikan langsung Hidetomo Horito selaku LPL Honda Super One Prototype. Menurutnya, Indonesia akan menjadi salah satu negara di Asia Tenggara yang akan kedatangan mobil listrik tersebut tahun depan.

    “Ini akan meluncur tahun depan. Bukan hanya di Jepang, tapi di pasar global. Kami juga akan menjualnya di Asia Tenggara dan UK,” ujar Horito di Tokyo, Jepang, Rabu (29/10).

    “Indonesia termasuk (yang kedatangan Super One tahun depan,” tambahnya.

    Di lain kesempatan, Direktur Pemasaran PT Honda Prospect Motor (HPM), Yusak Billy turut membenarkan, Honda Super One akan meluncur di Indonesia tahun depan. Namun, dia tak mengurai lebih jauh soal detailnya, termasuk harga jual.

    “Kita memang serius mempertimbangkan Super One EV untuk bisa masuk ke Indonesia,” kata Billy.

    Sebagai catatan, HMC belum mengumumkan spesifikasi maupun fitur Honda Super One. Sebab, secara global memang baru meluncur tahun depan.

    Namun, intinya, Honda Super One dibangun dengan konsep e: Dash Booster yang mengutamakan joy of driving. Menurut informasi yang kami terima, mobil tersebut akan punya fitur active sound control dan boost mode.

    Menariknya, meski ukurannya mungil, namun Super One tak dikategorikan sebagai kei car, melainkan hatchback seperti Honda Brio.

    “Ini bukan kei car. Secara ukuran, ini lebih besar (dibandingkan kei car) dan lebih sporty dibandingkan kei car di Jepang, kata Horito.

    (sfn/dry)

  • Land Cruiser FJ, LC Paket Hemat dengan ‘Rasa Lokal’ yang Kuat

    Land Cruiser FJ, LC Paket Hemat dengan ‘Rasa Lokal’ yang Kuat

    Tokyo

    Land Cruiser FJ muncul untuk kali pertama di hadapan publik pada ajang Japan Mobility Show. Jadi Land Cruiser paling mini, SUV gagah ini adalah paket hemat dengan nuansa lokal Indonesia yang kuat.

    Land Cruiser FJ jadi anggota keluarga terbaru Land Cruiser. Sudah dirilis secara global pekan lalu, mobil yang dijuluki Baby Cruiser ini muncul untuk kali pertama untuk ditonton publik secara luas pada ajang Japan Mobility Show 2025.

    Kehadiran Land Cruiser FJ jadi magnet besar di booth Toyota. Sedari pagi, bahkan sebelum acara dimulai, mobil ini terus dikerubuti pengunjung yang adalah wartawan dari seluruh dunia. Sampai siang menjelang sore, masih ramai jurnalis menyerbu SUV ini.

    Spesifikasi Land Cruiser FJ

    Land Cruiser FJ dibangun di atas platform IMV (Innovative International Multi-purpose Vehicle). Ini bukan platform yang asing buat orang Indonesia, lantaran sudah digunakan sebelumnya pada model-model Toyota lain seperti Fortuner, Hilux, dan Kijang Innova.

    Pun begitu dengan dapur pacunya. Baby Cruiser ini disematkan mesin 2TR-FE 2.7 liter, yang lagi-lagi sangat populer di Indonesia. Mesin ini digunakan pada Toyota Fortuner bensin dan juga Kijang Innova.

    Land Cruiser FJ bakal diproduksi di Thailand. Seperti ini penampakannya pada ajang Japan Mobility Show 2025 Foto: Doni Wahyudi/detikoto

    Dalam pengumuman global pekan lalu, Toyota menyebut Land Cruiser FJ bakal diproduksi di Thailand. Ketika itu disebutkan juga kalau mobil ini bakal mulai dijual pada 2026.

    Daya tarik besar Land Cruiser FJ adalah desainnya yang retro namun punya kesan modern kuat. Nuansa Land Cruiser FJ40 yang klasik terasa betul, meski wujudnya lebih ringkas. Ini bisa dilihat pada bodi kotak yang tegas, terasa begitu maskulin.

    Masuk ke dalam kabin, tidak ada desain atau fitur berlebih disodorkan. Land Cruiser FJ terlihat sekali dirancang dengan mengedepankan fungsionalitas, yang fokus pada kemudahan pengemudi. Panel instrumen horisontal didesain untuk memudahkan menjangkau fitur-fitur di dashboard.

    Belum ada informasi lebih jauh perihal sistem infotainment yang ditawarkan. Satu hal yang bisa dipastikan, sistem infotainmentnya lebih kecil dari LC 250.

    Performa dan Kemampuan Off-Road

    Toyota sempat menyatakan telah melakukan pengujian secara intensif terhadap Land Cruiser FJ pada berbagai medan ekstrem. Ini dilakukan demi memastikan DNA Land Cruiser yang sudah melegenda itu menurun pada versi baby-nya ini. Termasuk kehandalan, durability, dan daya jelajah.

    Penggunaan sasis ladder frame, ground clearence tinggi, dan artikulasi roda khas Land Cruiser diklaim membuat SUV ini siap dibawa ke medan berat.

    Land Cruiser FJ mejeng di Japan Mobility Show 2025 Foto: Doni Wahyudi/detikoto

    Performa Land Cruiser FJ akan disokong oleh mesin 2.7 liter empat silinder, yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 163 PS serta torsi maksimal 246 Nm. Tenaga tersebut akan dialirkan melalui transmisi enam percepatan dengan sistem penggerak empat roda.

    Dengan wheel-base lebih pendek dan radius putar minimum yang kecil (5,5 meter) dibanding kakak-kakaknya, FJ Cruiser ini menjanjikan kemudahan bermanuver. Baik ketika dipakai di perkotaan maupun saat diajak tualang ke medan batu atau lumpur.

    Land Cruiser FJ juga disematkan fender flare bersudut, sementara ban serep tergantung di pintu belakang, yang didesain sebagai swing dor. Menurut beberapa keterangan, Toyota Land Cruiser FJ juga menawarkan berbagai aksesoris off-road semisal snorkel dan roof rack.

    Panel dashboard Land Cruiser FJ Foto: Doni Wahyudi/detikoto

    Meski disebut baby, Land Cruiser FJ sebenarnya tidak kecil-kecil amat. Lihat saja panjangnya yang 4.575 mm, lebar 1.960 mm, dan tinggi 2.580 mm. Bandingkan dengan Suzuki Jimny 5 pintu yang punya dimensi panjang 3.820 mm (bumper to bumper), lebar 1.645 mm, dan tinggi 1.720 mm

    Harga Land Cruiser FJ

    Dengan dimensi yang lebih kecil, diyakini Land Cruiser FJ bakal dibanderol dengan harga lebih murah dibanding keluarganya yang punya badan lebih besar. Namun belum diketahui juga berapa kisaran harganya.

    Beberapa situs menyebut Land Cruiser FJ akan dilepas dengan banderol harga mulai dari US$ 35.000 di Jepang. Itu setara dengan Rp 581 jutaan. Beberapa situs asing menyebut Land Cruiser FJ akan menyasar pasar Asia dan Afrika.

    Apakah Indonesia akan masuk di dalamnya? Kita tunggu saja.

    (din/dry)

  • Banyak Motor Brebet usai Isi Pertalite, Ini Kata Pertamina

    Banyak Motor Brebet usai Isi Pertalite, Ini Kata Pertamina

    Jakarta

    Banyak pengguna motor di Jawa Timur mengeluhkan masalah usai mengisi Pertalite. Motornya brebet susah dinyalakan. Ini kata Pertamina soal fenomena motor brebet di Jatim itu.

    Bengkel-bengkel di Jawa Timur menerima banyak keluhan motor brebet. Keluhannya seragam, motor brebet usai mengisi Pertalite. Mulanya, keluhan itu muncul di Bojonegoro. Namun ternyata pemotor di daerah lain seperti Tuban, Sidoarjo, hingga Lamongan juga mengeluhkan hal serupa.

    “Rata-rata motor yang mengisi Pertalite mengalami brebet dan kehilangan tenaga. Solusinya sementara ganti ke Pertamax,” kata Anas, mekanik bengkel di Lamongan dikutip detikJatim.

    Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara (Jatimbalinus) menyampaikan permohonan maaf atas munculnya ketidaknyamanan atas laporan masyarakat. Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus, Ahad Rahedi menjelaskan pihaknya telah melakukan pengawasan mulai dari terminal pengirim hingga penyalur resmi.

    Ahad tak menampik dalam beberapa hari terakhir pihaknya menerima aduan dari konsumen soal Pertalite yang bikin motor brebet. Laporan itu di antaranya berasal dari Lamongan, Gresik, Bojonegoro, Tuban, Surabaya, Sidoarjo dan Malang.

    Sebagai langkah tindak lanjut, Pertamina Patra Niaga telah melakukan pemeriksaan laboratorium lanjutan terhadap produk Pertalite yang berasal dari Terminal BBM Tuban dan Terminal BBM Surabaya sebagai mayoritas supply point BBM area terdampak dan hasilnya BBM dinyatakan sesuai spesifikasi.

    “Saat ini sedang berjalan investigasi lanjutan untuk pengecekan Quality and Quantity (QQ) BBM di level SPBU sebagai titik distribusi akhir kepada masyarakat. Rangkaian investigasi ini dilaksanakan guna memastikan kualitas dan kesesuaian spesifikasi produk,” tegas Ahad dilansir detikFinance.

    17 Posko Keluhan Pertamina

    Selain itu, Pertamina juga membuka 17 posko untuk melayani keluhan dan pelaporan dari masyarakat. Berikut ini rinciannya.

    Surabaya

    1. SPBU 5460146
    Jl. Arif Rahman Hakim No. 150, Surabaya

    2. SPBU 5460179
    Jl. Kayoon No. 48, Surabaya

    3. SPBU 5460134
    Jl. Wonorejo 1, Manukan Kulon, Tandes, Surabaya

    4. SPBU 54601107
    Jl. Kebonsari Tengah No. 64-66, Surabaya

    Kab. Sidoarjo

    1. SPBU 5461209
    Jl. Letjen Sutoyo No. 129 Medaeng, Waru, Sidoarjo (Bungurasih)

    2. SPBU 5461255
    Jl. Raya Tropodo No. 9, Waru, Sidoarjo

    3. SPBU 5461236
    Jl. Jenggolo No. 33, Sidoarjo

    4. SPBU 5461253
    Jl. Gubernur Sunandar Priyo Sudarmo No. 3-5, Kraton, Kec. Krian, Sidoarjo

    Kab. Lamongan

    1. SPBU 5462215
    Jl. Raya Mantup, Kedung Sumber, Sumberdadi, Kec. Mantup, Lamongan

    2. ⁠SPBU 5462208
    Jl. Sunan Drajat, Kaloharjo, Sidoharjo, Kec. Lamongan, Lamongan

    Kab. Gresik

    1. SPBU 5461104
    Jl. Veteran No.2, Injen Timur, Gapurosukolilo, Kec. Gresik, Gresik

    2. SPBU 5461101
    Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo, Karangturi, Kebomas, Kec. Gresik, Gresik

    Kab. Bojonegoro

    1. SPBU 5462101
    Jl. MT. Haryono, Jetak, Kec. Bojonegoro, Bojonegoro,

    2. ⁠SPBU 5462106
    Jl. Sawunggaling, Kadipaten, Ngrowo, Kec. Bojonegoro, Bojonegoro

    Kab. Tuban

    1. SPBU 5462305
    Gg. Buntu No.10, Wire, Gedongombo, Kec. Semanding, Kabupaten Tuban

    Kab/Kota. Kediri

    1. SPBU 5464147
    Jl. Joyoboyo, Kemasan, Kota, Kota Kediri

    2. SPBU 5464153
    Jl. Ahmad Dahlan, Ngampel, Kec. Mojoroto, Kabupaten Kediri, Jawa Timur

    Untuk wilayah terdampak lainnya di luar lokasi posko di atas dapat menghubungi SPBU terakhir pembelian BBM, atau bisa menghubungi via Pertamina Contact Center pada pilihan kanal berikut :
    – Call Center 135
    – ⁠Email pcc135@pertamina.com
    – ⁠DM Instagram @pertamina.135

    (dry/din)

  • Berapa Lama Proses Bikin SIM Baru?

    Berapa Lama Proses Bikin SIM Baru?

    Jakarta

    Berapa lama proses urus SIM baru? Berikut rincian waktu yang diperlukan.

    Mengurus SIM baru harus dilakukan di kantor Satpas. Kamu yang baru mau bikin SIM, harus lebih dulu meluangkan waktu. Tapi berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk bikin SIM baru ya? Mengutip laman Satlantas Polrestabes Surabaya, ada beberapa proses yang harus dijalani saat urus SIM baru. Pertama kamu harus mengambil nomor antrean. Selanjutnya pergi ke loket formulir, loket registrasi, loket identifikasi untuk foto SIM, melakukan ujian teori, ujian praktik, pembayaran, barulah SIM dicetak.

    Waktu Bikin SIM

    Proses pendaftaran akan memakan waktu sekitar 15 menit. Selanjutnya identifikasi dan verifikasi membutuhkan waktu 20 menit. Ujian teori SIM akan memakan waktu 35 menit. Selanjutnya ujian praktik SIM waktunya 20 menit. Kalau bikin dua SIM sekaligus, maka ujian praktik yang kedua memakan waktu 20 menit. Terakhir proses pencetakan SIM hanya butuh waktu 5 menit. Secara total untuk bikin satu SIM baru akan menghabiskan waktu 100 menit atau 1 jam 40 menit. Sedangkan bila bikin dua SIM sekaligus siapkan waktu 120 menit atau 2 jam.

    Syarat Bikin SIM Baru

    Jangan lupa untuk mempersingkat waktu, siapkan persyaratan bikin SIM baru. Adapun semua persyaratan tersebut diatur dalam Peraturan Kepolisian nomor 2 tahun 2023 tentang Perubahan atas Perpol 5 tahun 2021 Penerbitan dan Penandaan Surat Izin Mengemudi.

    Pertama ada batas usia. Untuk diketahui, batas usia untuk membuat SIM adalah 17 tahun. Batas usia tersebut berlaku untuk pembuatan SIM A, SIM C, SIM D, dan SIM D1. Sementara untuk membuat SIM C1 batas usianya 18 tahun. Selanjutnya untuk pembuatan SIM CII, batas usianya 19 tahun. SIM A Umum dan SIM B1 bisa dibuat dengan batas usia minimal 20 tahun. Usia minimal 21 tahun dibutuhkan sebagai syarat pembuatan SIM BII. Berikutnya untuk pembuatan SIM B1 Umum usia minimalnya 22 tahun. Terakhir untuk SIM BII Umum, syarat usia minimalnya 23 tahun.

    Selanjutnya ada persyaratan administrasi yang harus dilengkapi pemohon. Syarat administrasi ini meliputi, formulir pendaftaran secara manual atau menunjukkan bukti pendaftaran secara elektronik, melampirkan fotokopi e-KTP, melampirkan fotokopi sertifikat pendidikan mengemudi dari sekolah mengemudi yang terakreditasi paling lama enam bulan sejak tanggal diterbitkan, perekaman biometri sidik jari, melampirkan tanda bukti kepesertaan aktif BPJS Kesehatan, dan menyerahkan bukti pembayaran penerimaan bukan pajak.

    Hasil tes kesehatan juga wajib disertakan sebagai salah satu syarat membuat SIM. Tes kesehatan ini meliputi pemeriksaan fisik dan dibuktikan dengan surat keterangan dokter yang dapat digunakan paling lama 14 hari sejak diterbitkan.

    Selain hasil tes kesehatan, hasil tes psikologi juga wajib disertakan. Tes psikologi bisa dilakukan secara online ataupun langsung di kantor Satpas. Bila persyaratan sudah dipenuhi, jangan lupa siapkan juga biayanya.

    Biaya Bikin SIM Baru

    Biaya bikin SIM baru ini ada beberapa komponen yang dikenakan seperti tes kesehatan, tes psikologi, asuransi, dan biaya penerbitan SIM.

    Biaya penerbitan SIM masih mengacu pada Peraturan Pemerintah nomor 76 tahun 2020 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku pada Polri. Tarifnya sebagai berikut.

    Penerbitan SIM A, SIM B I, SIM BII: Rp 120.000 per penerbitanPenerbitan SIM C, SIM C1, dan SIM CII: Rp 100.000 per penerbitanPenerbitan SIM D dan SIM DI: Rp 50.000 per penerbitan.

    Soal biayanya, umumnya tes kesehatan dikenakan tarif Rp 35.000. Selanjutnya tes psikologi bila dilakukan lewat online tarifnya Rp 57.500 sedangkan bila ujian di Satpas kini tarifnya Rp 100.000. Terakhir ada biaya asuransi sebesar Rp 50.000. Nah berikut ini estimasi biaya bikin SIM baru per Oktober 2025 dengan skema biaya tes psikologi Rp 57.500 dan Rp 100.000.

    (dry/din)

  • Rainer Zietlow Menembus Lima Benua dengan Mobil Listrik VW

    Rainer Zietlow Menembus Lima Benua dengan Mobil Listrik VW

    Foto Oto

    Rifkianto Nugroho – detikOto

    Rabu, 29 Okt 2025 20:43 WIB

    Jakarta – Rainer Zietlow tiba di Jakarta dalam ekspedisi lintas benua ID Buzz World Tour. Perjalanan ini menegaskan kemampuan dan efisiensi mobil listrik Volkswagen.

  • Strategi Baru Lexus untuk Dunia

    Strategi Baru Lexus untuk Dunia

    Jakarta

    Japan Mobility Show (JMS) 2025 menjadi tonggak penting bagi Lexus. Merek premium di bawah Toyota Group mengumumkan strategi global baru yang cukup berani.

    “Seperti yang baru saja Anda dengar dari CEO kami, Koji Sato, tahun ini Japan Mobility Show bukan sekadar sebuah acara, ini adalah milestone penting bagi kami. Saya harap Anda sudah sempat menonton rangkaian iklan yang kami rilis beberapa minggu lalu, yang memperlihatkan arah masa depan setiap brand dalam Toyota Group,” ucap Chief Branding Officer Lexus, Simon Humphries, di atas panggung Japan Mobility Show (JMS) 2025.

    “Dari Toyota hingga Century, setiap brand memiliki janji yang jelas kepada pelanggan. Dengan Century kini fokus di segmen ultra-mewah, Lexus memiliki kebebasan baru untuk memperkuat janjinya di pusat market mobil mewah. Dan janji kami adalah ‘Discover’” Simon menambahkan.

    Rangkaian produk ‘Discover’ mencerminkan ambisi Lexus untuk berevolusi menjadi merek mewah yang dipimpin oleh desain yang mendefinisikan ulang hubungan antara teknologi, keberlanjutan, dan gaya hidup.

    Salah satu strategi baru yang dilancarkan Lexus untuk bisa menarik perhatian pecinta otomotif dunia ialah berubahnya makna ‘LS’ yang sebelumnya memiliki makna Luxury Sedan, kini Lexus memaknai ‘LS’ sebagai Luxury Space.

    Selama lebih dari tiga dekade, nama Lexus LS identik dengan sedan flagship yang bersaing ketat dengan para raksasa Jerman. Namun, di JMS 2025, citra tersebut dibuang jauh-jauh. Lexus memperkenalkan LS Concept sebagai representasi baru kemewahan mereka, dengan mengubah inisial ‘LS’ dari ‘Luxury Sedan’ menjadi ‘Luxury Space’ (Ruang Mewah).

    “Kami terus mencari dan menemukan hal-hal baru: produk, layanan, dan pengalaman. Sekarang kami ingin mendefinisikan ulang arti flagship kami: LS tidak lagi berarti Luxury Sedan atau Luxury SUV, tetapi Luxury Space,” ucap Simon.

    “Kami ingin mengajak pelanggan untuk berpikir mandiri dan percaya diri, berani mencoba hal baru, dan berinovasi, demi membantu mereka menemukan gaya hidup mewah yang baru dan bermakna. Hari ini, saya ingin menantang cara Anda memandang sebuah brand mewah. Lexus adalah brand mobil yang berawal dari flagship kami – Lexus LS. Sejak diperkenalkan tahun 1989, dunia mobil mewah telah berubah total. Dulu, sedan eksekutif menjadi simbol kemewahan tertinggi. Sekarang, mereka harus bersaing dengan SUV yang lebih populer,” penjelasan Simon.

    Simon pun memastikan Lexus akan melahirkan ekosistem baru yang akan masuk dalam semua segmen luxury.

    (riar/riar)

  • Harga Geely Starray EM-i Diumumkan, Nggak Sampai Rp 500 Juta

    Harga Geely Starray EM-i Diumumkan, Nggak Sampai Rp 500 Juta

    Jakarta

    Setelah diperkenalkan di GIIAS 2025, Geely akhirnya mengumumkan harga mobil plug-in hybrid pertama mereka di Indonesia, Starray EM-i. Geely Starray EM-i dijual seharga Rp 499.000.000 OTR Jakarta.

    Seperti disampaikan Evin Ye selaku Vice President of Geely Auto International Corporation, dalam sembilan bulan pertama tahun 2025, Geely menjual 2,17 juta mobil di global, 46% lebih tinggi dari tahun lalu, termasuk lebih dari 1,1 juta model new energi vehicle yang tumbuh sebesar 114%.

    “Berlandaskan kesuksesan ini, Geely memperkenalkan Starray EM-i ke dunia. Mobil ini diluncurkan di Australia bulan lalu, menandai langkah besar lainnya dalam perjalanan global Geely,” ungkap Evin Ye di Tangerang, Rabu (29/10/2025)

    Selanjutnya, Starray EM-i akan masuk ke sekitar 20 pasar, termasuk Asia-Pasifik, Eropa, Amerika Latin, dan Afrika.

    “Sekarang, mari bicara tentang kemajuan kami di Indonesia. Kami sangat bangga melihat pertumbuhan kuat Geely di pasar ini. Pada bulan September, kami memulai produksi lokal Starray EM-i, ini sebuah tonggak besar yang menunjukkan komitmen kami untuk tumbuh bersama industri otomotif Indonesia,” sambung Evin Ye.

    Evin Ye menambahkan, Starray EM-i menggabungkan inovasi: teknologi hybrid canggih dan desain modern. Setiap detail dibuat dengan memperhatikan pengguna untuk memberikan pengalaman berkendara yang premium dan menyenangkan.

    “Dengan teknologi Super Hybrid EM-i dari Geely, mobil ini menghadirkan efisiensi energi yang sangat baik dan performa yang tahan lama,” sambungnya.

    “Dan hari ini kami mengumumkan harga resminya! Kami percaya peluncuran Starray EM-i akan menandai tonggak penting baru bagi Geely Indonesia, sebagai wujud komitmen kami untuk mempersembahkan solusi mobilitas yang lebih cerdas, lebih bersih, dan lebih efisien bagi pelanggan di Indonesia,” terang Evin Ye.

    Sekadar informasi, Geely Starray EM-i dibangun di atas arsitektur GEA, sebuah platform global inovatif yang menjadi pionir dalam mengintegrasikan perangkat keras, sistem, ekosistem, dan teknologi AI ke dalam satu kerangka terhubung.

    EM-i sendiri merupakan singkatan dari E-Motive Intelligence, menggabungkan tenaga listrik dan mesin bensin secara cerdas untuk menghasilkan efisiensi bahan bakar yang lebih baik, performa lebih bertenaga, sekaligus menekan emisi gas buang.

    Dari sisi performa, Geely Starray EM-i dilengkapi mesin berkapasitas 1.500 cc dengan efisiensi termal diklaim tertinggi di kelasnya, mencapai 46,5%. Kehadiran baterai 18,4 kWh memungkinkan jarak tempuh listrik murni hingga 105 km, terjauh di kelasnya. Dipadukan dengan tangki bahan bakar 51 liter, kendaraan ini mampu melaju lebih dari 1.000 km, dengan konsumsi bahan bakar setara 83 km/liter.

    Iritnya konsumsi bahan bakar mobil ini juga didukung SiC (Silicon Carbide), Intelligent Electric Control yang memungkinkan mobil tetap bertenaga dan juga responsif bahkan saat kapasitas baterai rendah.

    Dari sisi keselamatan, Starray EM-i hadir dengan sistem L2 ADAS (Advanced Driver Assistance System) yang mencakup fitur-fitur modern seperti Adaptive Cruise Control, Lane Keeping Assist, hingga Automatic Emergency Braking. Seluruh teknologi ini bekerja untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengemudi dan penumpang selama perjalanan.

    Tampilan eksteriornya juga menarik perhatian dengan desain modern yang menonjolkan Two Luxury Through Lights di depan dan belakang. Masuk ke kabin, Starray EM-i menawarkan kenyamanan kelas atas lewat kursi ergonomis berbalut material premium, layar sentuh beresolusi tinggi, konektivitas smartphone, serta sistem perintah suara dua zona yang bikin mudah pengoperasian berbagai fitur kendaraan.

    (lua/dry)

  • Lihat dari Dekat BYD Racco, Mobil Listrik Mungil Rp 200 Jutaan

    Lihat dari Dekat BYD Racco, Mobil Listrik Mungil Rp 200 Jutaan

    Lihat dari Dekat BYD Racco, Mobil Listrik Mungil Rp 200 Jutaan

  • Tips Maksimalkan Fitur Mitsubishi Destinator saat Hujan

    Tips Maksimalkan Fitur Mitsubishi Destinator saat Hujan

    Jakarta

    Mitsubishi Destinator dirancang untuk menghadapi berbagai kondisi jalan, termasuk saat hujan deras. Sejatinya SUV tujuh penumpang ini punya sederet fitur supaya pengemudi bisa tetap tenang, aman, dan nyaman di balik kemudi. Simak ulasannya!

    Ada beragam tantangan saat berkendara hujan. Mulai dari jalan yang licin, jarak pandang terbatas, hingga potensi aquaplaning bisa meningkatkan risiko kecelakaan. Dengan memaksimalkan fitur yang terpasang pada Destinator supaya berkendara lebih aman.

    Pilih mode berkendara

    Salah satu keunggulan utama Destinator adalah kehadiran Drive Mode yang bisa disesuaikan dengan kondisi jalan. Saat hujan turun, pengemudi disarankan untuk segera mengaktifkan Wet Mode.

    Kontrol traksi diatur untuk membuat komputer lebih banyak mengintervensi saat mengurangi slip roda sehingga membantu ketika bermanuver. Kemudian AYC meminimalkan understeer dan respons akselerasi, serta membuat bobot setir lebih berat atau tidak responsif.

    “Mitsubishi Destinator punya yang namanya drive mode. Yaitu drive mode yang bisa menyesuaikan dengan keadaan jalan. Drive mode yang pantas kita pakai dalam keadaan hujan adalah wet. Kenapa? Karena mobil ini akan mengantisipasi dengan sendirinya ketika setir tiba-tiba ketarik-tarik. Kalau kita gasnya agresif, dia akan lebih kalem dan itu menjaga stabilitas dari kendaraan ini,” kata Rifat Sungkar, Brand Ambassador Mitsubishi Motors Indonesia.

    Setelah hujan, jalan akan menggenang, dan untuk beberapa area semi off-road drive mode mud akan sangat berguna dan memberikan ketenangan.

    Fitur AYC (Active Yaw Control)

    Keandalan Destinator yang diadaptasi dari mobil performa tinggi Mitsubishi, yakni AYC. Fitur ini berperan sangat krusial dalam menjaga kestabilan mobil, terutama saat menikung di jalanan licin.

    AYC bekerja bersamaan dengan fitur stabilitas lain seperti Anti-lock Braking System (ABS) dan Active Stability Control (ASC), dandrive modeuntuk mengoptimalkan kendali dan kenyamanan pengemudi.

    Destinator punya fitur pendukung untuk jaga visibilitas saat hujan

    Mitsubishi Destinator memiliki fitur auto defogger, kabin akan otomatis mengatur suhu dan sirkulasi udara untuk menghilangkan kabut atau embun dari kaca menjaga pandangan tetap jernih.

    Tak kalah menarik, Destinator juga dibekali fitur wiper otomatis. Fitur ini secara otomatis mengaktifkan wiper saat sensor mendeteksi tetesan air hujan di kaca depan. Intensitas wiper akan menyesuaikan dengan volume air, sehingga pengemudi tidak perlu repot mengatur penghapus air di kaca secara manual dan bisa tetap fokus ke jalan.

    Kelebihan lain yang ditawarkan dari Destinator ialah ground clearance setinggi 244 milimeter. Mobil ini siap menghadapi genangan air ringan tanpa khawatir mesin atau komponen bawah kendaraan terganggu.

    Mitsubishi Destinator tak berkompromi dalam hal keselamatan dan keamanan seluruh penumpang. SUV yang jadi pusat perhatian di GIIAS 2025 ini dilengkapi dengan keselamatan aktif dan canggih dengan Mitsubishi Diamond Sense.

    Sistem ini meliputi Adaptive Cruise Control (ACC) with Low-Speed Follow, yang mengikuti akselerasi, deselerasi, dan penghentian kendaraan di depan, serta melaju dengan tetap menjaga jarak yang telah ditetapkan antara kendaraan; Forward Collision Mitigation System (FCM); Blind Spot Warning (BSW); Rear Cross Traffic Alert (RCTA); Automatic High Beam (AHB); Leading Car Departure Notification (LCDN); Multi Around Monitor; dan Rain Sensing Wiper

    Mitsubishi Destinator makin diminati masyarakat Indonesia. Buktinya, sejak diluncurkan pada Juli lalu, mobil ini sudah meraih surat pemesanan kendaraan (SPK) lebih dari 9.000 unit.

    (riar/dry)