Jenis Media: Otomotif

  • Mobil Listrik Makin Dilirik di Segmen Kendaraan Niaga, Ini Sebabnya

    Mobil Listrik Makin Dilirik di Segmen Kendaraan Niaga, Ini Sebabnya

    Jakarta

    Tren kendaraan listrik kini tak cuma melanda segmen mobil penumpang, tapi juga mulai merambah dunia kendaraan niaga. Kendaraan komersial seperti bus kota, sudah ada yang menggunakan armada kendaraan listrik. Tak cuma itu, di sektor kendaraan logistik, penggunaan mobil listrik beserta ekosistemnya juga mulai dilirik.

    Misalnya seperti Olive Group, yang membangun ekosistem kendaraan niaga berbasis energi baru (New Energy Commercial Vehicle/NECV) di Indonesia. Perusahaan di bidang investasi dan operasional energi bersih ini menyiapkan strategi jangka panjang untuk memperkuat posisinya di pasar kendaraan listrik niaga nasional.

    Penggunaan mobil listrik sebagai kendaraan logistik dinilai bisa menekan biaya total cost ownership bagi para pengusaha. Sebab, kendaraan angkut bermesin bensin atau ICE (internal combustion engine) sangat boros biaya operasional dan biaya perawatan.

    “Kami mengintegrasikan manufaktur kendaraan, bank baterai, dan platform digital buat menyediakan solusi logistik hijau terpadu, yang secara fundamental mengurangi total biaya kepemilikan (cost ownership) pelanggan dan mendorong transportasi berkelanjutan di Indonesia,” ujar Chairman Olive Group, An Shaohong, dalam keterangannya.

    Sebagai bentuk nyata komitmen tersebut, Olive Group akan memamerkan prototipe kendaraan listrik murni (BEV) untuk logistik cold chain pada tahun ini. Langkah tersebut diharapkan mempercepat pertumbuhan ekosistem logistik hijau di Tanah Air, sejalan inisiatif pemerintah dalam pengembangan industri kendaraan energi baru.

    Ekosistem bisnis Olive Group terbagi dalam tiga pilar utama. Pertama, litbang dan manufaktur kendaraan, bekerja sama dengan PT Safast Electric Vehicles Indonesia untuk mengembangkan dan memproduksi kendaraan niaga listrik. Kedua, layanan energi, lewat kolaborasi dengan perusahaan baterai terkemuka untuk membangun ‘bank baterai’ yang mendukung model pemisahan kendaraan dan baterai. Ketiga, manajemen digital, melalui pengembangan platform BAMS (Battery Application Management System) dan T-BOX guna memantau armada dan meningkatkan efisiensi operasional.

    An Shaohong menambahkan, Olive Group telah menandatangani Perjanjian Jual Beli Saham Bersyarat (CSPA) dengan PT Oscar Mitra Sukses Sejahtera Tbk (OLIV), yang kini tengah ditinjau oleh OJK dan menunggu RUPS.

    “Penandatanganan CSPA menandai tahap krusial dalam kerja sama kami,” ujarnya.

    Ia menutup dengan optimisme bahwa Indonesia kini berada di titik penting transformasi transportasi hijau. “Kami percaya bahwa logistik hijau bukanlah peluang bagi satu perusahaan saja, melainkan bagian integral dari peningkatan industri Indonesia,” tutur Shaohong.

    (lua/dry)

  • Bensin RON 92 di SPBU BP Ada Lagi, Simak Lokasinya!

    Bensin RON 92 di SPBU BP Ada Lagi, Simak Lokasinya!

    Jakarta

    Bensin RON 92 di SPBU BP sudah tersedia lagi. Berikut ini daftar SPBU BP yang menyediakan bensin RON 92.

    SPBU BP kembali melayani penjualan BBM jenis bensin RON 92. Sebelumnya diketahui BP merupakan salah satu SPBU swasta yang kehabisan stok lantaran tak lagi diperbolehkan mengimpor base fuel.

    Dilihat detikOto dalam laman resmi BP Indonesia, bensin RON 92 BP itu sudah tersedia di Jakarta, Bekasi, Bogor, hingga Bandung. Lebih lengkapnya, berikut ini daftar SPBU BP yang sudah menyediakan BBM RON 92.

    Daftar SPBU BP Jualan Bensin RON 92

    Bekasi

    SPBU BP Kota Harapan Indah BoulevardSPBU BP Jababeka Hollywood

    Purwakarta

    Bandung

    Bogor

    SPBU BP Cibubur Transyogi

    Jakarta

    SPBU BP Citra PalemSPBU BP KalideresSPBU BP Tomang RayaSPBU BP Kelapa GadingSPBU BP Sunter SelatanSPBU BP MinangkabauSPBU BP Meruya IlirSPBU BP Margasatwa BaratSPBU BP Pluit IndahSPBU BP Teuku Nyak Arief

    Tangerang

    SPBU BP Metland CybercitySPBU BP Bintaro EmeraldSPBU BP BSD DelatinosSPBU BP Puspitek RayaSPBU BP GS Paramount

    Sementara itu untuk BBM RON 95 alias BP Ultimate bisa ditemui hanya di Jakarta, tepatnya SPBU BP Tomang Raya.

    “BP-AKR menginformasikan bahwa saat ini SPBU bp melayani penjualan produk BP 92 dan BP Ultimate Diesel. SPBU bp tetap setia melayani pelanggan dengan produk berkualitas, fasilitas lengkap beserta tenant yang tetap buka untuk menemani perjalanan Anda,” jelas BP dalam laman resminya.

    Sebelumnya Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Laode Sulaeman menyebut SPBU swasta memang telah bernegosiasi dengan Pertamina untuk pembelian base fuel. Diharapkan BBM di SPBU swasta sudah tersedia lagi di akhir Oktober.

    “Pertamina secara private antara masing-masing Pertamina dengan badan swasta. (Akhir Oktober) Optimis, nanti kita tunggu saja,” ujar Laode pada pertengahan Oktober 2025.

    (dry/din)

  • Cara Nyetir Mobil Biar Irit Bensin

    Cara Nyetir Mobil Biar Irit Bensin

    Jakarta

    Cara menyetir turut mempengaruhi konsumsi BBM. Makanya jangan nyetir asal-asalan. Berikut ini tips menyetir supaya irit bensin.

    Nyetir mobil ada tekniknya. Apalagi kalau kamu mau mobilnya irit bensin. Ya, kebiasaan mengemudi memang mempengaruhi konsumsi bahan bakar mobil kamu di samping beberapa kondisi lainnya. Mengutip laman buku panduan manual Mitsubishi Xpander, berikut ini hal-hal yang bisa dipraktikkan agar konsumsi bensin mobil kamu irit.

    Pertama berkaitan dengan akselerasi dan deselerasi. Hindari akselerasi dan menjalankan secara tiba-tiba. Mudahnya, jangan kebiasaan ngegas-ngerem secara sering. Ini mengakibatkan konsumsi bahan bakar jadi berlebihan.

    Kedua saat perpindahan gigi, khususnya mobil manual. Lakukan perpindahan gigi hanya pada kecepatan dan rpm yang sesuai. Beda halnya dengan mobil matic saat posisi gigi sudah diatur secara otomatis.

    “Sebisa mungkin gunakan gigi yang paling tinggi,” demikian dijelaskan pada buku panduan manual tersebut.

    Jalan-berhenti, jalan-berhenti seperti saat mengemudi di dalam kota bikin konsumsi bbm jadi boros. Jika memungkinkan, cari jalan yang sepi. Atau ketika berkendara di jalan yang ramai, hindari penggunaan gigi rendah dengan putaran mesin yang tinggi.

    Selanjutnya, jangan biarkan mobil dalam keadaan diam terlalu lama. Ya, meski posisinya diam, mobil tetap mengkonsumsi bahan bakar. Hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah kecepatan. Jangan sampai membejek gas penuh karena membuat BBM lebih banyak ‘diminum’ mesin.

    “Semakin tinggi kecepatan kendaraan, semakin banyak bahan bakar terkonsumsi. Hindari mengemudi pada kecepatan penuh. Bahkan sedikit saja melepas pedal gas akan menghemat bahan bakar secara signifikan,” begitu penjelasannya.

    Tekanan angin ban juga mempengaruhi konsumsi bahan bakar. Pastikan kamu mengecek kondisi tekanan angin ban. Tekanan angin yang kurang akan meningkatkan hambatan saat berjalan dan meningkatkan konsumsi bahan bakar. Tak cuma itu, tekanan angin ban yang kurang juga mempengaruhi keausan ban dan stabilitas mengemudi.

    Terakhir berurusan dengan muatan mobil. Bawa barang di mobil seperlunya. Jangan mengendarai kendaraan dengan membawa barang yang tidak perlu di bagasi.

    “Penambahan berat kendaraan akan sangat mempengaruhi konsumsi bahan bakar. Hindari juga mengemudi dengan barang-barang yang tidak diperlukan di atap. Hambatan udara akan bertambah dan meningkatkan konsumsi bahan bakar,” tulis buku panduan manual tersebut.

    (dry/din)

  • Lihat Lebih Dekat Honda Square X125 yang Dijual Rp 29 Jutaan

    Lihat Lebih Dekat Honda Square X125 yang Dijual Rp 29 Jutaan

    Soal desain, Honda benar-benar menonjolkan konsep kotak di setiap sisi bodinya. Bagian belakang sudah dilengkapi boks besar, rak bagasi, juga meja lipat yang bisa dijadikan meja piknik, membuatnya seperti ‘mini campervan’ versi roda dua. Jok belakangnya pun cerdas: bisa dilipat jadi sandaran tambahan, dan di baliknya tersembunyi rak multifungsi untuk menaruh perlengkapan. Foto: Dok. Honda

  • Pakai Basis Innova-Fortuner, Harga Rp 500 Jutaan?

    Pakai Basis Innova-Fortuner, Harga Rp 500 Jutaan?

    Jakarta

    Toyota Land Cruiser FJ menarik perhatian panggung Japan Mobility Show 2025. SUV gagah ini baru akan dijual pada 2026, simak bocoran spesifikasinya yuk!

    Secara tampilan, Land Cruiser FJ ini punya wajah yang gagah disertai unsur klasik. Misalnya lampu depan berbentuk lingkaran, sementara yang lainnya menampilkan unit lampu berbentuk persegi panjang dengan lampu daytime running light (DRL) berbentuk huruf C.

    Singkatnya Land Cruiser FJ ini punya bentuk klasik Land Cruiser yang praktis sambil menambahkan detail modern dan fitur yang meningkatkan daya tahan dan kemampuan personalisasi.

    Dasar rancangan (platform) mobil FJ ini sama dengan basis yang dipakai pada Toyota Hilux Rangga, Innova dan Fortuner (seri Innovative International Multipurpose Vehicle), dan telah diperkuat dengan struktur tambahan agar bodinya lebih kaku dan handling-nya lebih baik.

    Jarak sumbu rodanya lebih pendek 270 mm dibandingkan dengan Seri 250, radius putarnya hanya 5,5 meter dan mobilitas yang baik di medan off-road, memberikan daya tarik baru pada Land Cruiser.

    Toyota belum memberikan informasi lebih lanjut soal interior. Dilihat dari foto-fotonya, terdapat panel instrumen yang dilengkapi dengan sistem infotainment layar lebar (widescreen) serta climate control (AC) yang terpisah. Banyak tombol fisik yang didedikasikan untuk off-road.

    Soal keselamatan, Land Cruiser FJ ini sudah dilengkapi rangkaian sistem bantuan pengemudi Toyota Safety Sense.

    Lanjut ke sektor dapur pacunya, Land Cruiser FJ ini ditenagai mesin empat silinder 2.7 liter 2TR-FE yang menghasilkan tenaga 163 PS dan torsi 246 Nm. Ini merupakan kode mesin yang juga dipakai Land Cruiser Prado, Fortuner, hingga Hilux.

    Dari segi ukuran, model ini memiliki ukuran panjang 4.575 mm, lebar 1.855 mm, dan tinggi 1.960 mm dengan jarak sumbu roda 2.580 mm. Ukurannya lebih compact dibanding Land Cruiser lain. Konfigurasi tempat duduk hanya bisa menampung 5 orang penumpang.

    Meski lebih kompak dibandingkan Land Cruiser lainnya. Land Cruiser FJ tidak kecil-kecil amat. Bandingkan dengan Suzuki Jimny 5 pintu yang punya dimensi panjang 3.820 mm (bumper to bumper), lebar 1.645 mm, dan tinggi 1.720 mm.

    Lebih lanjut, Land Cruiser FJ dibekali transmisi otomatis 6-percepatan dengan teknologi Super ECT (Electronically Controlled Transmission). Mobil ini memakai sistem penggerak empat roda (4WD) yang bersifat part-time, alias tidak selalu aktif.

    Soal keselamatan, Land Cruiser FJ ini sudah dilengkapi rangkaian sistem bantuan pengemudi Toyota Safety Sense.

    Beberapa situs menyebut Land Cruiser FJ akan dilepas dengan banderol harga mulai dari US$ 35.000 di Jepang. Itu setara dengan Rp 581 jutaan. Beberapa situs asing menyebut Land Cruiser FJ akan menyasar pasar Asia dan Afrika. Kira-kira bakal dijual harga berapa nih?

    (riar/dry)

  • Harga di Bawah Rp 200 Juta, Berapa Jarak Tempuh BYD Atto 1?

    Harga di Bawah Rp 200 Juta, Berapa Jarak Tempuh BYD Atto 1?

    Jakarta

    Harga BYD Atto 1 paling murah Rp 195 juta. Dengan harga di bawah Rp 200 juta, berapa jarak tempuhnya?

    Peluncuran BYD Atto 1 bikin geger publik di Tanah Air. Soalnya harga jualnya sangat-sangat mencuri perhatian. BYD membanderol Atto 1 dengan harga yang sangat kompetitif dengan mobil bensin di segmen Low Cost Green Car (LCGC). BYD Atto 1 tersedia dalam dua varian berbeda, yakni Dynamic seharga Rp 195 juta dan Premium yang Rp 40 juta lebih mahal, atau Rp 235 juta. Keduanya berstatus on the road Jakarta.

    Harga jual BYD Atto 1 itu bahkan di bawah Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB). Di NJKB Bapenda Provinsi DKI Jakarta, Atto 1 nilainya Rp 218 juta dan Rp 233 juta. Umumnya, harga mobil itu di atas NJKB karena ada instrumen pajak lain yang dikenakan. Bukan tanpa alasan, BYD mengaku sudah memiliki ekosistem mobil listrik yang lengkap. Hal itulah yang memungkinkan harga BYD Atto 1 terjangkau.

    Berapa Jarak Tempuh BYD Atto 1?

    Meski punya harga terjangkau, khususnya untuk varian terendah, BYD menjanjikan jarak tempuh yang cukup jauh. Berbekal baterai berkapasitas 30,08 kWh, BYD Atto 1 bisa menjelajah sejauh 300 km dalam satu kali pengecasan baterai. Setidaknya bolak-balik Jakarta-Bandung bisa dilakukan hanya bermodalkan satu kali mengecas.

    Kalau mau yang jarak tempuhnya lebih jauh lagi, maka bisa memilih varian Premium. Kapasitas baterainya lebih besar yaitu 38,88 kWH. Jarak tempuhnya mencapai 380 km. Namun kalau urusan daya maksimum, torsi, hingga akselerasi, kedua varian tersebut sama.

    BYD Atto 1 menggunakan motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga 75 kW, torsi 135 Nm dan kecepatan maksimum 120 km/jam. Sedangkan untuk berakselerasi dari nol ke 50 km/jam hanya memerlukan waktu 4,9 detik.

    Secara dimensi, BYD Atto 1 menghadirkan desain yang kompak dan efisien, menjadikannya ideal untuk mobilitas perkotaan yang dinamis. Mobil ini punya panjang 3.925 mm, lebar 1.720 mm, dan tinggi 1.590 mm. Mobil ini memiliki jarak sumbu roda 2.500 mm dan ground clearance 155 mm.

    Dengan ukuran ringkas, pengemudi dijamin memudahkan parkir di jalan sempit atau garasi rumah. Apalagi BYD Atto 1 juga didukung dengan sensor dan kamera parkir.

    (dry/din)

  • Daihatsu Kirim Rocky Hybrid ke Garasi Konsumen Indonesia Mulai November

    Daihatsu Kirim Rocky Hybrid ke Garasi Konsumen Indonesia Mulai November

    Osaka

    Kabar baik bagi para calon pemilik Daihatsu Rocky Hybrid. Small SUV hibrida andalan Daihatsu itu dipastikan segera meluncur ke tangan konsumen di Indonesia dalam waktu dekat.

    Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Sri Agung Handayani, mengungkapkan proses pengiriman unit akan dimulai pada November 2025. Penyalurannya akan dilakukan secara berurut sesuai waktu pemesanan.

    “Jadi Rocky Hybrid kita akan kirim secepatnya di November ini. Prioritas kita akan berikan kepada customer yang memang urutannya lebih awal,” kata Agung dalam kesempatan di Osaka, Jepang, Selasa (28/10/25).

    Ia menambahkan, detail jumlah unit yang akan datang pada gelombang pertama masih akan diinformasikan lebih lanjut.

    Waktu tunggu yang relatif singkat untuk Rocky Hybrid terbilang cukup cepat. Hal ini menarik mengingat mobil ini diimpor secara Completely Built-Up (CBU) langsung dari Jepang.

    Agung juga menjelaskan, status CBU tidak serta merta berarti unit dapat langsung masuk ke Indonesia. “Proses yang harus kita comply adalah proses homologasi dan uji tipe di Indonesia. Jadi pengertian CBU, tidak secara otomatis unit itu diimpor (utuh) ke Indonesia,” lanjutnya.

    Bintang GIIAS 2025 yang Naik Harga

    Rocky Hybrid menjadi salah satu bintang pameran selama Gelar Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025. Popularitasnya didorong oleh spesifikasi, teknologi, dan harga yang kompetitif kala itu.

    Namun, harga promosi selama GIIAS 2025 sudah tidak berlaku. Daihatsu Rocky Hybrid yang semula dibanderol sekitar Rp 293 jutaan, kini resmi dijual seharga Rp 299 jutaan (OTR Jakarta).

    Dibalut Performa dan Efisiensi

    Daihatsu Rocky Hybrid mengusung mesin bensin 1.2 liter yang dipadukan dengan motor listrik dan transaxle khusus hibrida. Kombinasi ini melahirkan tenaga maksimal 106 PS dan torsi 170 Nm.

    SUV mungil ini mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 10,36 detik. Yang paling mencolok adalah efisiensi bahan bakarnya yang mencapai 28 km/liter (standar WLTC) atau bahkan 34,8 km/liter (standar JC08 Jepang).

    Dengan efisiensi setinggi itu, emisi karbon yang dihasilkan juga sangat rendah, yakni hanya 83 g CO₂/km. Untuk mendukung kinerja hibridanya, Rocky Hybrid menggunakan baterai lithium-ion berkapasitas 0,74 kWh.

    (mhg/dry)

  • Lampu Motor Tiba-tiba Redup? Ini Penyebabnya

    Lampu Motor Tiba-tiba Redup? Ini Penyebabnya

    Jakarta

    Pernah mengalami masalah lampu motor tiba-tiba mati atau redup, padahal aki masih terasa kuat? Ini beberapa kemungkinan penyebabnya.

    Masalah lampu depan tiba-tiba redup cukup umum dialami oleh banyak pengguna sepeda motor. Tak sedikit juga yang mengambil kesimpulan hal ini disebabkan karena aki. Padahal, sistem kelistrikan motor terdiri dari banyak komponen yang saling terhubung.

    Posisi lampu yang tiba-tiba mati atau bahkan redup, cukup bisa membikin bahaya pengendaranya, apalagi pada kondisi saat berkendara malam hari atau hujan lebat turun, pencahayaan jadi kurang optimal, sehingga bisa mengganggu visibilitas.

    Penyebab Lampu Motor Redup

    Oleh karena itu, penting untuk mengetahui apa saja yang menjadi penyebabnya dan harus mengambil langkah apa saat mengalami kendala seperti ini. Berikut 5 penyebab utama lampu motor tiba-tiba mati atau redup meski aki masih dalam kondisi baik:

    1. Kiprok Bermasalah

    Kiprok atau regulator rectifier berfungsi mengubah arus AC dari spul menjadi arus DC untuk mengisi aki dan menyalurkan listrik ke komponen seperti lampu. Jika rusak, arus listrik jadi tidak stabil atau bahkan tidak mengalir sama sekali ke lampu.

    2. Spul Rusak atau Lemah

    Spul bertugas menghasilkan arus listrik saat mesin berputar. Jika daya yang dihasilkan tidak mencukupi, maka kiprok tidak bisa bekerja optimal dan aliran listrik ke lampu jadi terganggu.

    3. Kabel dan Saklar Tidak Berfungsi Baik

    Kabel kelistrikan yang longgar, terkelupas, atau korslet bisa menghambat aliran listrik ke lampu. Begitu juga saklar lampu yang sudah aus atau rusak akan membuat lampu tidak bisa menyala meski komponen lain berfungsi baik.

    4. Bohlam Sudah Usang

    Seiring waktu, bohlam bisa mengalami penurunan performa bahkan mati total. Filamen di dalam bohlam bisa putus tanpa disadari, terutama setelah pemakaian yang cukup lama.

    5. Sistem Pengisian Aki Tidak Optimal

    Meskipun aki dalam kondisi baik, tapi jika sistem pengisiannya terganggu, daya listrik yang masuk ke aki tidak mencukupi. Akibatnya, lampu akan menyala redup atau tidak menyala sama sekali saat beban listrik meningkat.

    Itu tadi adalah masalah yang kemungkinan muncul dan menjadi penyebab lampu motor secara tiba-tiba mati atau menjadi redup padahal kondisi aki masih baik. Jika sudah mengetahui penyebanya, berikut 5 langkah yang bisa dilakukan:

    1. Periksa dan Ganti Kiprok Jika Perlu

    Cek apakah kiprok menunjukkan tanda-tanda kerusakan seperti meleleh atau gosong. Jika iya, segera ganti dengan yang baru agar arus listrik kembali stabil.

    2. Ukur Kinerja Spul

    Gunakan alat multimeter untuk mengukur tegangan yang dihasilkan spul. Jika nilainya tidak sesuai standar, kemungkinan besar spul perlu diganti.

    3. Cek Jalur Kabel dan Saklar

    Pastikan semua kabel dalam kondisi utuh dan tidak ada yang longgar atau berkarat. Cek saklar lampu apakah masih responsif. Bila perlu, ganti saklar yang sudah tua.

    4. Ganti Bohlam yang Sudah Tua

    Jika bohlam terlihat menghitam atau filamennya putus, segera ganti dengan yang baru. Gunakan bohlam dengan spesifikasi yang sesuai dengan peruntukannya agar tahan lama dan terang.

    5. Pastikan Sistem Pengisian Aki Normal

    Lakukan pengecekan terhadap pengisian aki. Bila diperlukan, lakukan servis di bengkel untuk memastikan aki menerima arus listrik dengan benar dari spul dan kiprok.

    “Masalah lampu yang mati itu tidak melulu karena aki lemah. Ada banyak komponen lain yang harus dicek lebih dulu. Pemeriksaan menyeluruh bisa mencegah salah ganti dan membuat perawatan motor lebih efisien,” ujar Training Analyst PT Wahana Makmur Sejati, Wahyu Budhi, dalam keterangan resminya.

    Lebih lanjut Wahyu menambahkan, pengendara sebaiknya rutin melakukan pemeriksaan kondisi sistem kelistrikan motor, tidak hanya saat ada masalah. “Pemeriksaan berkala sangat dianjurkan, karena kelistrikan adalah bagian penting untuk kenyamanan dan keselamatan berkendara,” imbuh Wahyu.

    Jika seluruh langkah di atas sudah dilakukan namun lampu masih tidak menyala dengan normal, jangan ragu untuk membawa motor ke bengkel resmi AHASS. Jadi, sebelum buru-buru menyalahkan aki, sebaiknya pahami dulu seluruh kemungkinan penyebabnya. Dengan perawatan yang tepat, motor akan kembali nyaman digunakan dan pencahayaan pun kembali optimal saat berkendara.

    (lua/dry)

  • Goda Orang Kaya, Harganya Rp 700 Jutaan

    Goda Orang Kaya, Harganya Rp 700 Jutaan

    Jakarta

    Denza meluncurkan model baru lagi, namanya N8L. Ini merupakan mobil SUV bongsor berkapasitas enam penumpang.

    N8L masuk ke segmen SUV mewah untuk keluarga. Harganya lebih murah dari N9, yang belum lama ini meluncur.

    Kelebihan yang ditonjolkan dari N8L ini menggunakan Platform e³ platform kendaraan listrik khusus yang dikembangkan oleh Denza. Apalagi N8L ini punya DiSus-A, – sistem suspensi udara canggih yang secara cerdas menyesuaikan ketinggian dan karakteristik redaman mobil untuk kenyamanan dan stabilitas yang lebih baik, disesuaikan dengan kondisi jalan atau gaya mengemudi.

    General Manager Denza, Li Hui, yang membandingkan Denza N8L dengan SUV andalan Denza, yaitu N9.

    “Denza N9 adalah SUV andalan teknologi dan keselamatan, sementara Denza N8L adalah SUV mewah aman yang berfokus pada keluarga,’ kata Li Hui.

    Denza N8L merupakan SUV plug-in hybrid mewah yang menggabungkan mesin bensin dengan tiga motor listrik.

    Denza N8L dilengkapi dengan baterai 46,99 kWh, yang memberikan jarak tempuh listrik murni (berdasarkan siklus CLTC) sejauh 230 km. Angka ini sedikit lebih unggul dibandingkan baterai Denza N9 yang berkapasitas 46,9 kWh dengan jarak tempuh 212 km.

    Di atas kertas, SUV ini menawarkan output gabungan hingga 762 tenaga kuda dan waktu akselerasi 0-100 km/jam dalam 3,9 detik.

    N8L memiliki jangkauan listrik murni sedikit lebih jauh dan radius putar yang lebih kecil (lebih lincah) dibandingkan N9. Padahal ukurannya cukup bongsor, N8L punya panjang dimensi 5200 mm, lebar 1999 mm, dan 1820 mm, jarak sumbu roda 3075 mm.

    N8L dilengkapi dengan teknologi canggih seperti sistem bantuan pengemudi DiPilot 300 dengan LiDAR.

    N8L kemampuan manuver yang sangat unik (berputar di tempat dan bergerak menyamping) dan stabilitas yang luar biasa saat bermanuver menghindar pada kecepatan tinggi, bahkan di jalanan basah.

    Denza N8L memiliki fitur seperti ‘putaran kompas’ (compass turn), ‘mode jalan kepiting’ (crab walk mode), dan ‘parkir e³’ (e³ parking). Mobil ini juga menunjukkan stabilitas, lulus uji penghindaran kecepatan tinggi tanpa terjadi goyangan ekor (tail-wagging) pada kecepatan 128 km/jam (di permukaan kering) dan 120 km/jam (di permukaan basah), serta berhasil menyelesaikan uji fishhook (manuver S ekstrem) pada kecepatan 210 km/jam.

    Secara keseluruhan, Denza N8L menawarkan performa tinggi, jangkauan listrik yang substansial untuk kelasnya, dimensi yang besar, serta teknologi keselamatan mutakhir.

    Bagaimana dengan harganya?

    Denza N8L memasuki pasar China dengan dua pilihan versi, yang masing-masing dibanderol seharga 299.800 yuan (sekitar Rp 700 jutaan) dan 329.800 yuan (sekitar Rp 771 jutaan).

    (riar/dry)

  • Starray EM-i Jadi Senjata Geely Buat Gaet Konsumen di Luar Jakarta

    Starray EM-i Jadi Senjata Geely Buat Gaet Konsumen di Luar Jakarta

    Jakarta

    Geely meluncurkan mobil hybrid pertamanya di Indonesia, Starray EM-i. Ini jadi model kedua Geely yang dijual di Indonesia setelah mobil listrik full baterai, EX5. Starray EM-i jadi senjata baru Geely untuk menggaet konsumen di luar Jakarta.

    Seperti disampaikan Brand Director Geely Auto Indonesia, Yusuf Anshori, model mobil listrik seperti EX5 umumnya memang diincar konsumen kota-kota besar seperti Jakarta. Mobil listrik sangat berguna di Jakarta karena bebas aturan ganjil genap, banyak fasilitas charging station, dan hemat biaya operasional.

    “Kalau yang namanya EV (mobil listrik full baterai) itu kan orang banyak bilangnya, ya ini mah paling mobil-mobil untuk yang ada di kota besar gitu kan. City car, bebas ganjil genap gitu,” ungkap Anshori kepada wartawan di Tangerang, Kamis (29/10/2025).

    Sementara itu mobil plug-in hybrid yang menggunakan mesin konvensional dikombinasi baterai, dinilai cocok untuk konsumen luar Jakarta yang ingin merasakan sensasi mobil listrik tanpa perlu khawatir soal range anxiety dan ketersediaan infrastruktur charging station.

    “Mobil PHEV (plug-in hybrid) ini kita keluarkan sebagai pilihan untuk customer-customer yang masih memikirkan range anxiety (kekhawatiran jarak tempuh), dan yang sering banget keluar kota gitu kan. Terutama juga untuk customer-customer di luar kota gitu,” sambung pria yang akrab disapa Ori.

    “Karena kita kan tadi targetnya dealer-dealer di luar Jakarta nih. Nah, mungkin ya memang kalau mereka (konsumen) belum mau beralih ke EV, ya ini ada PHEV gitu,” ungkap Anshori.

    Diberitakan sebelumnya, setelah diperkenalkan di GIIAS 2025, Geely akhirnya mengumumkan harga mobil plug-in hybrid pertama mereka di Indonesia, Starray EM-i. Starray EM-i dijual seharga Rp 499.000.000 OTR Jakarta.

    (lua/dry)