Jenis Media: Otomotif

  • Nissan Elgrand Bangkit Lagi, Tantang Alphard-Vellfire Cs

    Nissan Elgrand Bangkit Lagi, Tantang Alphard-Vellfire Cs

    Tokyo

    Nissan Elgrand bangkit lagi setelah 15 tahun tak pernah disegarkan. Berikut ini tampilan anyar Nissan Elgrand yang siap dijual mulai tahun depan.

    Nissan Elgrand comeback! Ya, setelah 15 tahun tampilannya tak pernah berubah, Nissan menghadirkan Elgrand generasi keempat di Japan Mobility Show 2025. Sejak menjalani debutnya pada tahun 1997, Elgrand disebut telah menjadi pionir di segmen minivan premium Jepang. Elgrand dikenal berkat interiornya yang luas dan mewah serta performa berkendaranya.

    Desainnya terinspirasi dari konsep Hyper Tourer 2023. Wujudnya jelas lebih modern dan futuristis ketimbang model saat ini yang telah dijual sejak 2010. Secara visual, Elgrand baru punya bahasa desain ‘Timeless Japanese Futurism’ khas Nissan yang terinsipirasi dari kerajinan tangan dan estetika tradisional Jepang.

    Nissan Elgrand Foto: Dok.Nissan

    Posturnya lebih gagak dan motif gril terinspirasi dari pola Kumiko Jepang. Di dalam kabin, Nissan Elgrand menjanjikan kelegaan layaknya lounge pribadi. Penumpang di baris kedua dapat menikmati kenyamanan ala kursi kapten nol gravitasi. Biar makin mewah, Nissan menyematkan aksen kulit TailorFit dan motif kayu dengan pola Kumiko pada trim pintu serta kursi. Ada juga layar ganda berukuran 14,3 inch yang menggabungkan informasi pengemudi dan juga sistem hiburan.

    Elgrand akan mengusung sistem hybrid generasi ketiga dari Nissan yang benar-benar baru dikembangkan. Untuk pertama kalinya pada model Nissan di pasar global, Elgrand akan menggunakan sistem penggerak e-4ORCE yang menjanjikan kestabilan di berbagai kondisi jalan. Motor listrik belakang bisa meredam getaran saat berakselerasi maupun deselerasi. Perjalanan pun makin nyaman dan tak bikin penumpang mabuk.

    Nissan Elgrand Foto: Dok.Nissan

    Elgrand juga akan dilengkapi engan sistem ProPILOT1 dari Nissan. Untuk pertama kalinya fitur ini mendukung pengoperasian tanpa tangan pada kecepatan di bawah 50 km/jam. Selain itu, ProPILOT 2.0 juga tersedia yang menawarkan pengemudian bebas tangan di jalan tol dan memberi bantuan saat pergantian lajur.

    Sementara spesifikasi mesin belum diungkap lebih lanjut. Yang jelas deretan pembaruan itu membuat Elgrand kembali siap untuk bertarung dengan MPV premium sekelas Toyota Alphard-Vellfire cs. Rencananya, Elgrand akan meluncur pada musim panas 2026.

    (dry/din)

  • Meluncur Tahun Depan, Kenalan Dulu Sama Mobil Listrik Baru Suzuki

    Meluncur Tahun Depan, Kenalan Dulu Sama Mobil Listrik Baru Suzuki

    Tokyo

    Suzuki mengenalkan satu lagi konsep mobil listrik yang disiapkan untuk pasar Jepang. Di pameran otomotif Japan Mobility Show (JMS) 2025, Suzuki meluncurkan konsep mobil listrik Suzuki Vision e-Sky.

    Model konsep ini ditargetkan untuk dikomersialkan pada tahun fiskal 2026. Vision e-Sky dibuat untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang rutin menggunakan mobil mini sebagai alat transportasi sehari-hari, seperti untuk bepergian, berbelanja, dan perjalanan singkat saat liburan. Berdasarkan tema “Unik, Cerdas, Positif”, mobil ini mengekspresikan desain unik Suzuki yang membuat orang merasa positif dan ceria.

    Mobil listrik ini punya panjang keseluruhan 3.395 mm, lebar 1.475 mm, dan tinggi 1.625 mm. Sekali cas sampai penuh, mobil listrik ini bisa melaju lebih dari 270 km.

    “Ya, bentuknya kei car wagon bertenaga listrik. Setelah kami meluncurkan konsep eWX (konsep mobil listrik Suzuki yang sempat dipamerkan di Indonesia International Motor Show 2025, ada banyak feedback dari masyarakat. Jadi kami sudah menyesuaikan dengan feedback tersebut,” kata Takako Minowa, BEV Product Planning Department Kei-A Planning Group Suzuki Motor Corporation saat ditemui di pameran JMS 2025 di Tokyo Big Sight, Tokyo, Jepang.

    Suzuki Vision e-Sky Foto: Rangga Rahadiansyah

    Salah satu penyempurnaannya adalah daya jangkau yang lebih jauh. Jika konsep Suzuki eWX memiliki jarak tempuh 230 km, model Vision e-Sky bisa lebih dari 270 km. Sebagai mobil kei car di Jepang yang dipakai harian, jarak segitu sudah cukup untuk konsumen di Jepang.

    “Karena ini segmen kei car, jadi harus user friendly. Contohnya, ruang penyimpanan harus lebih bermanfaat dalam penggunaannya. Jadi masing-masing ruang penyimpanan di-upgrade agar lebih user friendly,” ujar Takako Minowa.

    Uniknya, konsep mobil listrik Suzuki ini menggunakan material ramah lingkungan. Di beberapa bagian, mobil listrik konsep ini menggunakan bahan daur ulang.

    “Contoh kursi pakai material dari bahan baku daur ulang. Joknya merupakan bahan recycle dari botol plastik. Dasbornya sebagian pakai material daur ulang dari bekas bumper mobil,” ucap Takako Minowa.

    (rgr/riar)

  • Perpanjang STNK Nggak Ribet Pakai KTP Pemilik Lama, Bea Balik Nama Dihapus

    Perpanjang STNK Nggak Ribet Pakai KTP Pemilik Lama, Bea Balik Nama Dihapus

    Jakarta

    Perpanjang STNK nggak lagi ribet pakai KTP pemilik lama. Caranya adalah dengan melakukan balik nama. Lebih untungnya lagi, bea balik nama kendaraan bekas sekarang dihapus.

    Perpanjang STNK membutuhkan KTP pemilik asli kendaraan sebagai syarat utamanya. Menyertakan KTP asli sebagai syarat perpanjang STNK ini bukan tanpa alasan. Mengutip laman Instagram Samsat Pontianak, ini dilakukan untuk menjamin legalitas kepemilikan kendaraan bahwa kendaraan masih dimiliki oleh pemilik asli sesuai dokumen STNK. Sedangkan bila menggunakan fotokopi KTP, disebut tidak bisa menunjukkan keabsahan kepemilikan kendaraan dan dimungkinkan dilakukan tanpa persetujuan pemilik asli.

    Perpanjang STNK Bisa Tanpa KTP Pemilik Lama

    Tanpa KTP asli, perpanjang STNK tetap bisa dilakukan. Caranya adalah dengan balik nama kendaraan. Balik nama kendaraan akan mengubah nama pemilik kendaraan sebelumnya yang tercantum di STNK dan BPKB.

    Setelah balik nama, STNK dan BPKB jadi berubah atas nama kita sebagai pemilik baru kendaraan tersebut. Nah untuk melakukan balik nama, berikut ini persyaratan yang harus dipenuhi.

    Syarat Balik Nama

    Syarat balik nama terbagi menjadi dua macam, yakni untuk balik nama di STNK dan BPKB. Berikut syarat-syarat yang harus dipenuhi pemohon yang ingin balik nama:

    1. Syarat Balik Nama STNK

    STNK asli dan fotokopi atas nama pemilik lamaBPKB asli dan fotokopiKTP pemilik baru asli dan fotokopi (tidak perlu KTP pemilik lama)Kwitansi pembelian dengan meterai Rp 10.000

    2. Syarat Balik Nama BPKB

    STNK baru yang telah dibalik nama (asli dan fotokopi)KTP pemilik kendaraan yang baru (asli dan fotokopi)BPKB (asli dan fotokopi)Hasil pengesahan cek fisikKwitansi pembelian (asli dan fotokopi)Bea Balik Nama Kendaraan Bekas Dihapus, tapi Tetap Ada yang Harus Dibayar

    Lebih untungnya lagi, bea balik nama kendaraan bekas sekarang sudah dihapus. Penghapusan bea balik nama kendaraan bekas ini berlaku di semua provinsi di Indonesia. Soalnya, kebijakan itu merupakan amanat Undang-Undang No. 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah (HKPD). Tertulis pada Pasal 12 ayat (1) Undang-Undang No. 1 Tahun 2022, Objek BBNKB adalah penyerahan pertama atas Kendaraan Bermotor. Artinya, yang kena balik nama adalah kendaraan baru, sedangkan kendaraan bekas tak lagi kena biaya.

    Meski demikian, kamu masih akan tetap keluar duit ya saat balik nama mobil atau motor bekas. Soalnya ada komponen pajak lain yang tetap harus dibayar meski bea balik nama sudah dihapuskan. Biaya yang dimaksud berupa PNBP untuk penerbitan STNK, TNKB, dan BPKB yang baru. Bila kendaraan tersebut pindah daerah, maka kamu harus juga mengeluarkan biaya mutasi. Selain itu, ada juga PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) pokok yang dibayarkan untuk tahun berikutnya.

    (dry/din)

  • Penjelasan Michelin soal Kabar PHK Ratusan Karyawan di Indonesia

    Penjelasan Michelin soal Kabar PHK Ratusan Karyawan di Indonesia

    Jakarta

    Gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) terjadi di industri otomotif. kali ini giliaran PT Michelin Indonesia yang dikabarkan melakukan PHK terhadap ratusan pekerjanya.

    Sebagai informasi, dalam situs resmi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Bekasi dikatakan PT Multistrada Arah Sarana Tbk selaku perusahaan produsen ban dengan merek Michelin di Cikarang Timur, tengah melakukan PHK massal.

    Corporate Communication Manager Michelin Indonesia, Monika Rensina membenarkan kabar PHK tersebut. Michelin sedang menyesuaikan kapasitas produksi dan jumlah karyawan.

    “Kami mengambil langkah proaktif untuk menyesuaikan kapasitas produksi dan tenaga kerja agar tetap selaras dengan tujuan strategis perusahaan serta menjawab dinamika permintaan pasar yang terus berkembang,” kata Monika dalam keterangannya kepada detikOto, Kamis (30/10/2025).

    “Penyesuaian ini merupakan langkah penting untuk menjaga daya saing dan memastikan keberlanjutan jangka panjang organisasi, seiring dengan upaya kami untuk memperkuat posisi sebagai manufaktur unggulan untuk ban kualitas dunia,” tambah dia.

    Michelin menekankan komitmen mereka untuk memberikan kompensasi dan dukungan yang layak bagi karyawan yang terkena keputusan PHK.

    “Sesuai dengan nilai-nilai yang kami junjung tinggi, kami berkomitmen untuk memperlakukan setiap individu dengan rasa hormat dan penuh empati di sepanjang proses ini. Kami juga berupaya mendukung rekan-rekan yang terdampak melalui pemberian paket kompensasi yang kompetitif, pendampingan karier, serta akses terhadap berbagai sumber daya untuk membantu mereka dalam menjalani langkah berikutnya,” kata Monika.

    Pihaknya belum bisa memberikan secara rinci besaran jumlah karyawan yang terdampak.

    “Kami memahami bahwa situasi ini tidak mudah, namun keputusan ini diambil setelah pertimbangan matang,” ujar Monika.

    Diberitakan detikcom sebelumnya, Ketua PUK SP KEP SPSI PT Multistrada Arah Sarana Tbk, Guntoro, menyampaikan perusahaan secara mendadak mengumumkan Pemutusan PHK terhadap sekitar 280 pekerja yang akan dilakukan secara bertahap dalam waktu dekat. Informasi tersebut disampaikan langsung kepada pekerja yang bersangkutan.

    “Michelin, raksasa ban dunia melalui PT Multistrada Arah Sarana Tbk, harus patuh terhadap Perjanjian Kerja Bersama (PKB) dan terhadap hukum yang berlaku di Indonesia. PHK harus berdasarkan kesepakatan, bukan dilakukan secara sepihak. Tidak bisa hari ini dipanggil, lalu hari ini juga diberikan surat PHK,” tegasnya.

    Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) yang juga Presiden Partai Buruh, Said Iqbal, mengatakan kabar PHK ini didapatnya dari perwakilan SPSI yang menaungi para buruh di pabrik itu. Kali ini, setidaknya terdapat ratusan buruh kena PHK.

    “Michelin, pabrik ban di Cikarang dia anggotanya SPSI. Tetapi saya sudah dapat kabar bahwa mereka di-PHK sekitar seratusan orang lebih,” kata Said saat ditemui wartawan di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, Kamis (30/10/2025).

    (riar/dry)

  • Astra Otoparts Rilis Oli Transmisi Aspira Gear Scooter Oil

    Astra Otoparts Rilis Oli Transmisi Aspira Gear Scooter Oil

  • Fitur Ini Bikin Mitsubishi XForce ‘Nempel’ di Jalan, Stabil pas Nikung

    Fitur Ini Bikin Mitsubishi XForce ‘Nempel’ di Jalan, Stabil pas Nikung

    Jakarta

    Mitsubishi XForce punya fitur pembeda dibanding kompetifor yang bikin mobil ini tetap ‘nempel’ saat menikung di jalan. Nama fiturnya AYC (Active Yaw Control), yang digadang-gadang bisa memberikan perlindungan tambahan. Seperti apa keunggulan dan cara kerjanya? simak yuk!

    Fitur AYC ini berfungsi membantu meningkatkan kestabilan dan pengendalian mobil saat menikung (mengontrol yaw rate) melalui pengaturan tenaga atau torsi ke roda dan pengereman. Rifat Sungkar, pereli sekaligus Brand Ambassador Mitsubishi Motors Indonesia menjelaskan teknologi AYC merupakan keamanan ganda untuk menjaga kestabilan mobil.

    “Nah, kalau fitur AYC itu gini, tindakan preventifnya double. Karena gini, segala macam yang hal urusannya kepleset itu kan diantisipasi dengan yang namanya Traction Control, ASC ya, Automatic Stability Control,” kata Rifat dikutip Kamis (30/10/2025).

    Rifat menjelaskan bahwa dalam skema keamanan aktif mobil, fitur seperti ASC dan Traction Control adalah lapisan pertama. Fungsi utamanya adalah mendeteksi gejala selip dan mengembalikan traksi dengan cara mengurangi putaran mesin dan atau mengerem roda yang kehilangan cengkeraman.

    “Tapi advance-nya, ketika ASC sudah masuk sistemnya dan dia ingin mempertahankan mobil tanpa limbung di kecepatan tertentu, AYC itu masuk. Nah, fitur ini fitur advance, karena dia double protection untuk stability. So, it’s very very good,” kata Rifat.

    Kelebihan paling terasa dari AYC adalah kemampuannya menjaga stabilitas mobil saat harus melalui tikungan tajam. Sistem ini bekerja secara aktif dengan mengatur pengereman pada roda tertentu agar distribusi beban di keempat roda menjadi lebih seimbang.

    Hasilnya, mobil terasa lebih “menempel” di aspal, tidak mudah limbung, dan tidak terasa membuang keluar jalur (oversteer), yang sangat membantu saat melaju di jalanan berkelok atau membutuhkan manuver mendadak.

    AYC juga membuat Mitsubishi Xforce terasa lebih “patuh” terhadap perintah pengemudi. Saat memutar setir respons mobil terasa lebih responsif sesuai dengan input kemudi yang diberikan. Hal ini membuat pengemudi merasa lebih terhubung dengan kendaraan, bahkan saat bermanuver di kecepatan yang cukup tinggi atau pada kondisi jalan yang kurang ideal.

    AYC pada Mitsubishi Xforce terintegrasi dengan empat mode berkendara yang tersedia: NORMAL, WET, GRAVEL, dan MUD (pada varian tertentu). Sistem ini akan bekerja secara optimal saat pengemudi memilih mode selain NORMAL dan MUD, menyesuaikan respons mobil sesuai dengan kondisi permukaan jalan yang dipilih.

    Kecanggihan AYC tidak hanya terbatas pada aspal kering. Fitur ini juga dirancang untuk menjaga grip dan kontrol mobil di permukaan jalan yang licin, basah, berpasir, atau tidak rata (seperti saat menggunakan mode berkendara Gravel atau Mud). Saat berbelok di kondisi jalan yang kurang ideal, AYC memastikan ban tidak kehilangan cengkeraman, menjaga mobil tetap terkendali.

    AYC bekerja dengan menggabungkan data dari ABS, throttle sensor, putaran mesin dan juga sudut setir. Fitur ini akan bekerja saat pengemudi memakai mode berkendara. Misalnya pada mode Wet, AYC akan mengatur perputaran roda dengan membatasi respons throttle dan mengaktifkan traction control agar mobil lebih bisa dikendalikan di jalanan basah. Sementara pada mode Gravel, setir akan terasa lebih berat agar pengemudi tidak mudah membelokkan setir di permukaan jalan berpasir sehingga mobil tetap dalam kendali.

    (riar/dry)

  • Mewah! Lexus Pamer Mobil sampai Kapal untuk Para Sultan

    Mewah! Lexus Pamer Mobil sampai Kapal untuk Para Sultan

    Tokyo

    Hadir di segmen premium membuat Lexus tidak main-main menggoda pecinta otomotif kelas atas. Pada ajang Japan Mobility Show (JMS) 2025 Lexus langsung memperkenalkan 5 kendaraan konsep, mulai mobil coupe, mobil sport, MPV masa depan, hingga kapal dan pesawat dijamin bakal membuat para miliarder tertarik untuk memilikinya.

    Nah untuk menjawab rasa penasaran detikers, kami coba merangkumnya berikut ini.

    Lexus The New LS Concept Foto: Luthfi Andhika

    1. Lexus The New LS Concept

    Pertama ada Lexus LS Concept terbaru. Lexus LS Concept yakni sebuah MPV mewah dengan memiliki 6 roda yang menawarkan rasa berkendara dengan kenyamanan terbaik. Meski memiliki bobot yang besar, jangan pernah meremehkan mobil bongsor yang satu ini, karena mobil ini dipastikan akan memiliki kemewahan, keunikan, kenyamanan, akan tetapi dipastikan akan tetap nyaman untuk dikendarai.

    “Pelanggan masa kini menginginkan sesuatu yang berbeda. Mereka ingin kebebasan untuk mendefinisikan kenyamanan dan kemewahan dengan cara mereka sendiri. Mereka ingin ruang, fleksibilitas, dan efisiensi waktu. Dan mereka berani menantang kebiasaan lama demi mencapai hal itu. Sejak awal, Lexus selalu menjadi lebih dari sekadar kendaraan,” ucap Chief Branding Officer Lexus, Simon Humphries, pada Japan Mobility Show (JMS) 2025.

    Simon pun mengatakan di masa mendatang kendaraan tidak hanya soal empat roda. Bahkan dirinya sangat yakin pasti banyak yang tidak menyangka bahwa Lexus akan menghadirkan kendaraan enam roda!

    “Ketika pintu mobil ini terbuka, Anda akan merasa seperti memasuki ‘rumah pribadi di perjalanan’. Sebuah ruang yang benar-benar milik Anda, tempat untuk beristirahat dan menemukan ketenangan. Enam roda ini bukan hanya untuk tampilan, tetapi untuk efisiensi ruang. Ruang lantai lebih luas, akses lebih mudah, dan suasana yang benar-benar pribadi,” ujar Simon.

    “Ruang adalah kebebasan, ruang adalah privasi, dan di dunia yang sibuk seperti sekarang, dua hal itu adalah kemewahan sejati,” terang Simon.

    Lexus The New LS Coupe Concept Foto: Luthfi Andhika/detikOto

    2. Lexus The New LS Coupe Concept

    Lexus juga ikut menyajikan kendaraan mewah dalam bentuk Coupe, yang disapa Lexus The New LS Coupe Concept. Kendaraan ini dinilai sebagai kendaraan yang menawarkan formality dan dynamic emotion kelas premium, namun tetap menawarkan kesan sporty bersama eksterior dan interior yang menawarkan kemewahan dan memberikan pengalaman berkendara unik.

    “Bagi mereka yang ingin memiliki ‘dua dunia sekaligus’, kami hadirkan LS Coupe Concept, mobil yang menyenangkan dikendarai, namun tetap nyaman bagi penumpang. Keseimbangan antara performa dan kenyamanan yang telah menjadi ciri khas Lexus selama ini,” ucap Simon.

    Kemewahan Lexus The New LS Coupe Concept sangat terlihat mampu memadukan antara kenyamanan, keeleganan dan kemewahan tanpa melupakan jati diri. Kesan tradisional khas Jepang yang sudah menjadi ciri khas Lexus juga kembali diperlihatkan.

    Hal tersebut bisa dilihat dari desain interior mewah yang terinsipirasi dari pohon bambu, yang diartikan sebagai pepohonan yang memberikan rasa tenang.

    Lexus LS Micro Concept Foto: Luthfi Andhika/detikOto

    3. Lexus LS Micro Concept

    Tidak hanya menawarkan kendaraan mewah untuk mobilitas, Lexus memahami kebutuhan kendaraan personal mewah juga menjadi hal yang penting di masa depan. Untuk itu pada JMS 2025 Lexus juga ikut memperkenalkan Lexus LS Micro Concept.

    Lexus LS Micro Concept merupakan micro mobility yang diperuntukkan untuk menjadi kendaraan untuk personal dalam kota, yang nyaman dan pribadi. Kendaraan konsep ini juga akan memiliki sistem berkendara otomatis atau autonomous yang memudahkan personal berpindah.

    “Sebagai seri flagship, kendaraan-kendaraan ini menjadi ujung tombak Lexus menuju masa depan. Masa depan di mana konsumen dapat merancang gaya hidup mewah mereka sendiri, jelas bahwa masa depan itu akan terdiri dari banyak elemen bukan hanya mobil (dengan empat roda saja),” ujar Simon.

    “Selama 36 tahun, Lexus telah memadukan produk dengan pengalaman gaya hidup. Kami telah membuktikan bahwa kami bisa berevolusi tanpa kehilangan identitas Lexus, sebuah brand yang kuat karena keberagaman,” Simon menambahkan.

    Jika dilihat dari desain yang disajikan, mobil konsep ini memang diperuntukkan untuk satu penumpang, sebagai alat mobilitas dalam kota untuk berpindah dari titik satu ke titik lainnya.

    Lexus Sport Concept Foto: Luthfi Andhika/detikOto

    4. Lexus Sport Concept

    Lexus juga memperlihatkan mobil konsep sedan sport terbaru yang disapa Lexus Sport Concept. Sebuah mobil yang memang dilahirkan untuk menjadi kendaraan yang otentik memiliki DNA mobil sport yang menawarkan extreme performance.

    Soal performa memang Lexus belum membocorkannya. Meski demikian Chief Branding Officer Lexus, Simon Humphries memastikan mobil sport ini akan memenuhi kebutuhan adrenalin pecinta mobil sport.

    “Kami percaya bahwa emosi dalam berkendara akan selalu penting. Karena itu, kami menghadirkan Lexus Sport Concept, pengalaman berkendara yang melibatkan semua indra, benar-benar imersif,” kata Simon.

    Lexus Catamaran Concept Foto: Luthfi Andhika/detikOto

    5. Lexus Catamaran Concept

    Bicara soal kendaraan konsep yang satu ini, dijamin semuanya tidak akan pernah membayangkan Lexus akan melahirkan sebuah kapal atau Yacht Luxury, yang memang pas dimiliki para miliarder dunia.

    Lexus Catamaran Concept, dihadirkan dengan mengutamakan kemewahan kelas atas sesungguhnya. Yacht ini diklaim akan mampu menemani para miliarder dunia untuk mengarungi lautan dengan sempurna, bersama sistem navigasi otomatis.

    Para miliarder dunia juga tidak perlu takut saat di laut kehabisan bahan bakar. Karena Lexus Catamaran Concept akan dibekali sistem solar panel hard sail. Belum lagi tampilan mewah pada bagian interior. Siapapun yang berada di dalamnya, akan merasakan kemewahan dan kenyamanan yang luar biasa.

    “Teknologi ini akan mengubah cara kita hidup, membuat orang bisa menikmati kehidupan mandiri, mewah, dan terhubung, bahkan di luar jaringan listrik. Dan kebebasan itu tidak hanya di udara. Bayangkan sebuah Catamaran otonom yang membawa privasi dan petualangan di laut tempat untuk benar-benar melarikan diri dari rutinitas,” kata Simon.

    “Hadirin sekalian, kemewahan sejati adalah Leadership, dan kemewahan akan selalu berkembang. Di Lexus, kami percaya setiap orang adalah brand bagi dirinya sendiri. Kami ingin berjalan sejajar dengan pelanggan kami, melihat dunia melalui perspektif baru, dan membantu mereka menemukan cakrawala tanpa batas, namun tetap merasa seperti di rumah sendiri,” tutup Simon.

    (lth/lua)

  • Truk Modular Masa Depan yang Bisa Berubah Fungsi dari Isuzu

    Truk Modular Masa Depan yang Bisa Berubah Fungsi dari Isuzu

    Tokyo

    Saat banyak orang berpikir truk sebagai kendaraan besar yang menjalankan satu tugas, Isuzu kini menantang paradigma itu lewat konsep mobilitas baru: VCCC (Vertical Core Cycle Concept).

    Konsep ini diperkenalkan di Japan Mobility Show 2025 sebagai wujud visi Isuzu terhadap sistem transportasi fleksibel yang bisa membawa, baik orang, maupun barang, kapan saja, ke mana saja.

    VCCC adalah prototipe modular dengan kerangka vertikal yang disebut ‘Vertical Core’. Daripada memakai sasis tradisional horizontal yang bakal membatasi fungsi kendaraan, kerangka vertikal ini menjadi platform bersama yang bisa dikonfigurasi ulang sesuai kebutuhan, untuk bisnis, komunitas lokal, ataupun individu.

    Dengan modul kotak yang bisa dilepas-pasang, VCCC bisa berfungsi sebagai kendaraan pengangkut barang, mobilitas manusia, atau bahkan ruang bergerak seperti kios atau studio kecil.

    Kendaraan masa depan ini mempunyai fleksibilitas tinggi dengan kerangka bersama (core) yang tetap, bagian atas atau belakang kendaraan bisa berubah sesuai kebutuhan, memungkinkan satu unit kendaraan melayani berbagai skenario.

    Truk modular VCCC dari Isuzu mejeng di Japan Mobility Show 2025 Foto: Angga Aliya ZRF/detikOto

    Modul yang bisa diganti berarti kendaraan bisa beradaptasi dengan cepat dari satu tugas ke tugas baru sehingga membuatnya lebih efisien.

    Seain itu, bukan hanya untuk armada pengangkut, VCCC dirancang agar solusi transportasi bisa diakses masyarakat atau individu, sesuai semangat ‘mobilitas untuk semua’.

    Isuzu menampilkan VCCC sebagai World Premiere/Reference Exhibit di JMS 2025, menandakan bahwa ini merupakan tonggak penting dalam strategi mobilitas mereka.

    Dalam booth Isuzu, pengunjung bisa melihat bagaimana ‘platform vertikal’ ini bisa menerima berbagai konfigurasi dan bagaimana konsep tersebut menjadi bagian dari tema utama mereka: ‘Move the World, Envision a Colorful Future’.

    Tentu saja, karena masih merupakan konsep, banyak aspek yang perlu diuji. Mulai dari adopsi skala besar, regulasi, hingga model bisnis yang tepat. VCCC dari Isuzu bukan hanya konsep truk baru, melainkan visi baru tentang mengangkut bukan hanya barang, tapi juga manusia, komunitas, ide, dan koneksi.

    Dengan kerangka vertikal modular ini, masa depan kendaraan komersial tampak lebih fleksibel, lebih personal, dan lebih berkelanjutan.

    (ang/lua)

  • Ini Dia Wujud Mitsubishi Delica Generasi Terbaru

    Ini Dia Wujud Mitsubishi Delica Generasi Terbaru

    Tokyo

    Mitsubishi memanfaatkan ajang Japan Mobility Show 2025 untuk memamerkan deretan kendaraan petualang. Salah satu di antaranya adalah Delica generasi terbaru.

    Mitsubishi memajang deretan model mobil petualangnya pada pameran otomotif dua tahunan Japan Mobility Show 2025. Mulai dari debut SUV crossover listrik bernama Elevance Concept sampai calon Delica terbaru yang akan meluncur di musim dingin tahun ini.

    Khusus Delica, ini adalah D:5 terbaru yang masih berbentuk prototipe. Minivan serbaguna ini ditingkatkan performanya. Fiturnya juga lebih lengkap disertai desain yang lebih kekar. Delica D:5 adalah minivan serbaguna yang menggabungkan kenyamanan dengan handling superior layaknya SUV.

    Mobil ini dikembangkan berdasarkan ‘MPV serbaguna yang ditingkatkan’. Tampilannya juga dibuat makin gagah namun tak meninggalkan kesan elegan. Grille depan dan bumper didesain ulang untuk menghadirkan kesan tangguh nan elegan. Pada kabinnya, panel dengan aksen logam menghadirkan nuansa yang kental dengan outdoor. Tampilan instrumen digitalnya juga makin canggih.

    Mitsubishi melengkapinya dengan teknologi S-AWC (Super-All Wheel Control). Berkat teknologi tersebut, dinamika mobil bisa ditingkatkan dengan cara mengontrol keempat roda secara bebas. Berbasis 4WD, S-AWC secara terus menerus mengontrol tenaga penggerak sekaligus pengereman pada keempat roda. Ini membuat mobil lebih responsif dan stabil.

    Delica D:5 terbaru akan dilengkapi dengan empat mode berkendara. Pertama ada eco, mode 2WD yang memprioritaskan konsumsi bahan bakar. Selanjutnya ada mode normal yang cocok untuk digunakan di segala macam kondisi berkendara.

    Mode gravel bisa digunakan untuk jalanan off-road yang permukaannya kasar dan berlumpur. Terakhir ada mode snow untuk kestabilan saat melintas di jalan licin saat bersalju. Tak cuma itu, Delica anyar juga dibekali dengan Hill Descent Control yang bisa menjaga kecepatan kendaraan secara konstan meski melintasi jalanan turunan curam.

    Bersamaan dengan penampilan Delica D:5 terbaru, Mitsubishi juga mulai membuka pemesanan Delica Mini. Konsumen di Jepang bisa melakukan pemesanan sejak 29 Oktober 2025. Adapun Delica Mini yang dijual saat ini merupakan generasi kedua.

    (dry/din)

  • Meluncur Tahun Depan, Kenalan Dulu Sama Mobil Listrik Baru Suzuki

    Suzuki Bakal Punya 6 Mobil Listrik Dalam 5 Tahun ke Depan

    Tokyo

    Suzuki saat ini juga fokus untuk menangani masalah lingkungan. Dalam lima tahun ke depan, Suzuki akan meluncurkan lebih banyak kendaraan ramah lingkungan dengan berbagai teknologi.

    Salah satu teknologi kendaraan ramah lingkungan yang digarap Suzuki adalah mobil listrik berbasis baterai. Dalam lima tahun ke depan, Suzuki akan meluncurkan enam model mobil listrik terbaru.

    “Tahun 2030 adalah salah satu tonggak bisnis jangka menengah Suzuki. Sampai dengan tahun 2030, enam model mobil listrik akan diluncurkan,” kata Director and Senior Managing Officer Suzuki Motor Corporation (SMC) Aritaka Okajima saat ditemui di Tokyo, Jepang.

    Berbagai konsep dan mobil listrik produksi massal sudah dikenalkan Suzuki. Pertama ada Suzuki e Vitara. Mobil listrik pertama Suzuki itu juga akan diluncurkan di Indonesia awal tahun depan. Suzuki e Vitara adalah mobil listrik strategis global pertama Suzuki. Suzuki akan mulai menjual e Vitara di berbagai negara, termasuk India, Eropa, dan Jepang, sekitar pertengahan 2025 dan masuk Indonesia awal 2026.

    Lebih lanjut, Suzuki juga memamerkan konsep mobil listrik kei car khas Jepang. Konsep kei car listrik Jepang ada Suzuki eWX yang juga sempat dipamerkan di Indonesia International Motor Show 2025, Februari lalu.

    Dan yang terbaru, Suzuki memperkenalkan konsep mobil listrik Suzuki Vision e-Sky di pameran Japan Mobility Show 2025. Model konsep ini ditargetkan untuk dikomersialkan pada tahun fiskal 2026.

    Vision e-Sky dibuat untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang rutin menggunakan mobil mini sebagai alat transportasi sehari-hari, seperti untuk bepergian, berbelanja, dan perjalanan singkat saat liburan. Berdasarkan tema “Unik, Cerdas, Positif”, mobil ini mengekspresikan desain unik Suzuki yang membuat orang merasa positif dan ceria.

    Mobil listrik ini punya panjang keseluruhan 3.395 mm, lebar 1.475 mm, dan tinggi 1.625 mm. Sekali cas sampai penuh, mobil listrik ini bisa melaju lebih dari 270 km.

    (rgr/riar)