Jenis Media: Otomotif

  • Beli Geely Starray EM-i Harga Rp 499 Juta, Dapat Garansi Apa Saja?

    Beli Geely Starray EM-i Harga Rp 499 Juta, Dapat Garansi Apa Saja?

    Jakarta

    Geely Auto Indonesia resmi meluncurkan Geely Starray EM-i secara nasional menyusul kesuksesan periode pre-booking yang berlangsung pada Agustus lalu. Sebagai produk kedua Geely yang diperkenalkan di pasar Indonesia, model ini hadir memperkuat posisi Geely di segmen SUV plug-in hybrid (PHEV), dengan harga Rp 499 juta OTR Jakarta. Bicara layanan purnajual, apa saja garansi yang ditawarkan Geely?

    Starray EM-i telah dirakit secara lokal di fasilitas manufaktur PT Handal Purwakarta, sejak September 2025, menerapkan standar teknologi global untuk memastikan kualitas dan keamanannya. Langkah ini menjadi milestone penting yang menegaskan komitmen jangka panjang Geely untuk berkontribusi terhadap kemajuan industri otomotif Indonesia.

    “Starray EM-i adalah PHEV pertama yang lahir dari platform NEV, dirancang untuk menawarkan performa dinamis dan pengalaman berkendara modern. Setelah peluncuran di Australia bulan lalu, model ini menandai langkah penting dalam ekspansi global Geely dan akan segera hadir di hampir 20 pasar di Asia-Pasifik, Eropa, Amerika Latin, dan Afrika,” ujar Evin Ye selaku Vice President of Geely Auto International Corporation.

    Geely Starray EM-i ditenagai mesin bensin 1.5L yang dipadukan dengan motor listrik 160 kW, baterai 18,4 kWh, serta sistem transmisi 1DHT Automatic, Geely Starray EM-i diklaim menawarkan efisiensi terbaik di kelasnya.

    Mobil ini disebut bisa mencapai efisiensi bahan bakar setara 83 km/liter, jarak tempuh listrik murni hingga 105 km, serta jangkauan total lebih dari 1.000 km dalam satu kali pengisian bensin dan daya.

    Teknologi EM-i Super Hybrid memungkinkan perpindahan tenaga yang mulus di tiga mode berkendara, yakni Pure, Hybrid, dan Power, yang memberikan keseimbangan optimal antara tenaga, efisiensi, dan kenyamanan. Dengan efisiensi termal mesin terbaik yang mencapai 46,5%, Starray EM-i dirancang untuk performa maksimal sekaligus hemat energi, sesuai dengan karakter pengguna di Indonesia.

    “Teknologi EM‑i dikembangkan dengan sistem elektrifikasi generasi terbaru yang mengutamakan efisiensi energi, performa, dan keamanan tinggi. Efisiensi jadi aspek penting bagi kendaraan hybrid, hal ini dicapai melalui penyempurnaan mesin dan sistem penggerak listrik yang bekerja selaras untuk memberikan pengalaman berkendara halus dan responsif,” sebut Dylan Ding sebagai Chief Product Officer Geely Automobile Research Institute.

    Komitmen Layanan Purnajual dan Exclusive Benefit

    Selama periode peluncuran, konsumen dapat menikmati beragam exclusive benefit hingga November 2025. Program ini memberi kesempatan bagi mereka untuk merasakan langsung keunggulan Starray EM-i dengan nilai kepemilikan yang optimal, di antaranya:

    ● Garansi kendaraan dan mesin hingga 6 tahun atau 150.000 km
    ● Garansi motor listrik dan baterai hingga 8 tahun atau 180.000 km
    ● Gratis biaya jasa perawatan berkala seumur hidup
    ● Layanan Emergency Roadside Assistance (ERA) 24 jam selama 3 tahun atau tanpa batasan kilometer
    ● Gratis portable charger dengan paket aksesori OEM dan kaca film atau opsi wall charger dengan instalasi dasar tanpa biaya tambahan
    ● Asuransi gratis selama 1 tahun untuk pembelian tunai atau subsidi leasing senilai Rp5 juta untuk pembelian kredit
    ● Gratis LED front through headlight lamp
    ● Kuota internet 2 GB per bulan selama 2 tahun.

    Geely Starray EM-i didukung oleh jaringan dealer dan layanan purna jual yang komprehensif di seluruh Indonesia, dilengkapi fasilitas perawatan lengkap serta teknisi berpengalaman. Hingga akhir 2025, Geely menargetkan memiliki hingga 40 jaringan dealer untuk memastikan kemudahan akses dan kepuasan pelanggan di setiap wilayah.

    Konsumen dapat merasakan langsung keunggulan Starray EM-i melalui pameran dan sesi test drive di Summarecon Mall Serpong, yang berlangsung pada 29 Oktober hingga 2 November 2025.

    (lua/dry)

  • Mau Ada Versi Hybrid, Segini Daftar Harga Toyota Veloz Terbaru

    Mau Ada Versi Hybrid, Segini Daftar Harga Toyota Veloz Terbaru

    Jakarta

    Veloz versi hybrid dikabarkan bakal meluncur dalam waktu dekat. Sebelum versi hybrid meluncur, berikut ini daftar harga Toyota Veloz terbaru.

    Toyota sudah menyiapkan kejutan mobil hybrid terbaru untuk pasar otomotif Indonesia. Diduga kuat mobil hybrid anyar itu adalah Veloz. Veloz nantinya akan menggendong mesin konvensional dan juga motor listrik. Sebelum lebih jauh membahas versi hybridnya, Veloz yang dijual saat ini masih mengusung mesin konvensional.

    Di balik kapnya, ada mesin 2NR-VE bertenaga 106 PS pada 6.000 rpm dan torsi 14 kgm pada 4.200 rpm. Kapasitas tangkinya 43 liter. Mesinnya sama dengan yang disematkan pada Avanza. Soal harga, Veloz termurah saat ini masih ada yang di bawah Rp 300 juta. Lengkapnya, berkut ini daftar harga Veloz terbaru.

    Daftar Harga Toyota Veloz TerbaruVeloz 1.5 M/T (Non-premium color): Rp 297,2 jutaVeloz 1.5 M/T (Premium color): Rp 298,7 jutaVeloz 1.5 CVT (Non-premium color): Rp 313,2 jutaVeloz 1.5 CVT (Premium color): Rp 314.7 jutaVeloz 1.5 Q CVT (Non-premium color): Rp 322,2 jutaVeloz 1.5 Q CVT (Premium color): Rp 323,7 jutaVeloz 1.5 Q CVT TSS (Non-premium color): Rp 344,9 jutaVeloz 1.5 Q CVT TSS (Premium color): Rp 346,4 juta

    Nah itu tadi harga Veloz terbaru. Untuk Veloz hybrid belum diketahui harganya ataupun spesifikasi lengkapnya. Namun Sebuah kode NJKB yang diduga Toyota Veloz Hybrid pun telah tercantum di Permendagri Nomor 8 Tahun 2024 tentang Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor dan Pajak Alat Berat Tahun 2024.

    Nilai Jual Veloz Hybrid

    Kode mobil yang diduga Veloz Hybrid juga sudah terdaftar di laman Samsat Jakarta. Kodenya sama dengan yang tercantum pada Permendagri nomor 8 tahun 2024. Dalam dokumen tertera kode W102RE-LBVFJ 1.5 Q HV CVT dan W 102RE-LBVEJ 1.5 0 HV CVT TSS yang mengacu ke Veloz Hybrid. Kode awalan W102RE merupakan kode produksi untuk Veloz. Nilai jualnya pun berbeda. Berikut rinciannya.

    W102RE-LBVFJ 1.5 Q HV CVT: Rp 271 jutaW102RE-LBVEJ 1.5 0 HV CVT TSS: Rp 291 juta

    (dry/din)

  • Lexus LS Concept Si MPV 6 Roda

    Lexus LS Concept Si MPV 6 Roda

    Lexus LS Concept Si MPV 6 Roda

  • Nggak Ujug-ujug Jual Mobil, Daihatsu Awalnya Bikin Mesin Diesel Buat Bantu Warga

    Nggak Ujug-ujug Jual Mobil, Daihatsu Awalnya Bikin Mesin Diesel Buat Bantu Warga

    Osaka

    Bicara tentang Daihatsu di Indonesia, mungkin yang langsung terbayang adalah mobil-mobil irit dan praktis seperti Ayla dan Sigra.

    Namun, perjalanan pabrikan asal Jepang ini ternyata memiliki fondasi filosofi yang dalam, yang akarnya justru bukan dari mobil penumpang. Jejak itu dapat ditelusuri di Daihatsu Humobility World, Osaka. Tim detikOto yang tengah berada di kota tersebut bersama Astra Daihatsu Motor menyaksikan langsung bagaimana sejarah panjang Daihatsu dimulai.

    Pada 1907, perjalanan Daihatsu dimulai. Fokus pertamanya adalah menciptakan mesin untuk memudahkan hidup masyarakat.

    “Inilah salah satu mesin tertua yang masih ada dari Daihatsu, yaitu mesin diesel tipe LH-25. Mesin ini digunakan untuk mengalirkan air ke sawah, terutama di daerah yang sulit mendapatkan air dari sungai,” ujar pemimpin tur Daihatsu Humobility World.

    Mesin Daihatsu Foto: (Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto)

    “Mesin ini dikirim ke Prefektur Shiga pada tahun 1933 untuk memasok air ke area persawahan luas dan bekerja sekitar 1.000 jam setiap tahun selama kurang lebih 20 tahun,” lanjutnya.

    Peralihan Daihatsu ke dunia otomotif pun masih dilandasi semangat yang sama. Mereka tidak langsung menciptakan mobil canggih, melainkan HD Type, sebuah kendaraan roda tiga kecil.

    Pada era itu, mobil yang beredar kebanyakan adalah mobil impor yang mahal. Kehadiran HD Type adalah jawaban atas kebutuhan kendaraan angkut yang terjangkau bagi usaha kecil dan menengah.

    Semangat untuk menyelesaikan masalah mobilitas ini terus berevolusi. Lantas lahirlah Midget di era 1950-an. Kendaraan roda tiga ini dijuluki “city helicopter” karena kemampuannya menerobos jalan sempit dan mengangkut barang, mengubah cara kerja pedagang kecil.

    “Berkat Midget yang bisa bermanuver di ruang sempit dan membawa banyak barang, cara kerja masyarakat berubah drastis,” lanjut pemandu tur tersebut.

    Filosofi “membantu warga” ini kemudian merasuk ke dalam setiap lini produk Daihatsu. Setelah Midget, Daihatsu lantas mulai menggarap mobil mungil atau kei car.

    Daihatsu Fellow Foto: (Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto)

    Sejarah mencatat, Fellow jadi mobil mini pertama mereka yang dirancang untuk keluarga muda perkotaan. Lanjut ada Charade yang juga sempat populer di Indonesia dengan mesin 3-silinder 1000 cc. Setelah Charade, sejarah pembuatan mobil Daihatsu terus bergulir hingga hari ini.

    (mhg/dry)

  • Mengenal Arti Nama Land Cruiser FJ

    Mengenal Arti Nama Land Cruiser FJ

    Jakarta

    Toyota memamerkan Land Cruiser FJ dalam ajang Japan Mobility Show (JMS) 2025. Toyota ingin memperluas konsumen yang bisa menggunakan Land Cruiser lewat model ini.

    Besar kemungkinan, Land Cruiser FJ terbaru ini bakal menjadi yang termurah dari line up lainnya. Terlihat dari penggunaan platform yang sama dipakai Innova dan Fortuner.

    Nama Land Cruiser sudah lama identik dengan ketangguhan dan kemampuan menaklukkan medan ekstrem. Dulu kode “FJ” melekat pada generasi awalnya – seperti Toyota Land Cruiser FJ40, salah satu model paling legendaris di dunia otomotif.

    Dikutip Carandriver, nama FJ dulu merupakan kode. Abjad F memiliki arti seri mesin F yang digunakan Toyota saat itu. Mesin 6-silinder segaris berkapasitas 3.9 liter ini dikenal sangat tangguh dan andal untuk kondisi berat. Sedangkan “J” berasal dari “Jeep”. Awal 1950-an Toyota mengembangkan kendaraan serupa Jeep untuk memenuhi kebutuhan militer dan pemerintah Jepang.

    Toyota kini juga memberi makna baru pada nama FJ. Huruf “FJ” tak lagi sekadar menandakan mesin seri F dan gaya Jeep seperti masa awalnya, tapi kini juga menjadi simbol dari semangat baru Land Cruiser.

    Menurut Toyota, nama “FJ” mewujudkan nilai baru “Freedom & Joy” – kebebasan dan kegembiraan – yang datang dari menikmati Land Cruiser dengan cara masing-masing. Filosofi ini menghubungkan warisan klasik Land Cruiser dengan masa depan, menegaskan bahwa semangat petualangan tetap hidup di setiap generasi.

    Kembali soal Toyota Land Cruiser FJ, SUV kekar ini direncanakan bakal diproduksi di Thailand. Land Cruiser FJ ini ditenagai mesin empat silinder 2.7 liter 2TR-FE yang menghasilkan tenaga 163 PS dan torsi 246 Nm. Ini merupakan kode mesin yang juga dipakai Land Cruiser Prado, Fortuner, hingga Hilux.

    Dari segi ukuran, model ini memiliki ukuran panjang 4.575 mm, lebar 1.855 mm, dan tinggi 1.960 mm dengan jarak sumbu roda 2.580 mm. Ukurannya lebih compact dibanding Land Cruiser lain. Konfigurasi tempat duduk hanya bisa menampung 5 orang penumpang.

    Meski lebih kompak dibandingkan Land Cruiser lainnya. Land Cruiser FJ tidak kecil-kecil amat. Bandingkan dengan Suzuki Jimny 5 pintu yang punya dimensi panjang 3.820 mm (bumper to bumper), lebar 1.645 mm,

    Beberapa situs menyebut Land Cruiser FJ akan dilepas dengan banderol harga mulai dari US$ 35.000 di Jepang. Itu setara dengan Rp 581 jutaan. Beberapa situs asing menyebut Land Cruiser FJ akan menyasar pasar Asia dan Afrika. Kira-kira bakal dijual harga berapa nih?

    (riar/dry)

  • Kebiasaan Nyetir Orang RI Bikin Standar Kualitas Mobil Lebih Tinggi

    Kebiasaan Nyetir Orang RI Bikin Standar Kualitas Mobil Lebih Tinggi

    Hamamatsu

    Setiap negara, warganya memiliki kebiasaan mengemudi yang berbeda-beda, termasuk di Indonesia. Bahkan, kebiasaan mengemudi orang Indonesia mengharuskan pabrikan mobil meningkatkan standar kualitasnya.

    Hal itu disampaikan Arif Rahman Malis, Assist to Section Head of Development Quality Assurance PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) yang saat ini sedang melakukan training di Suzuki Motor Corporation (SMC) di Hamamatsu, Jepang. Di sana, Malis mempelajari berbagai hal terkait pengujian kendaraan untuk menjamin kualitas kendaraan Suzuki.

    “Jadi dari sisi quality itu, pertama kan kita memang selalu menjamin produk kita. Mungkin ada temuan klaim dari customer kita. Nah, hal inilah yang kami jadikan guidance dalam pengujian. Kenapa hal ini bisa diklaim sama customer kita, padahal kita melewati tahapan pengujian terlebih dahulu. Nah, dari klaim-klaim yang masuk ini, itu akan menjadi standar baru kita agar ke depannya produk kita bisa lebih baik dan sesuai dengan ekspektasi customer kita,” kata Malis saat ditemui di kantor pusat Suzuki Motor Corporation di Hamamatsu, Jepang.

    Menurut Malis, sebenarnya dari sisi pengujian kendaraan untuk berbagai negara standarnya sama. Namun, ada yang membedakan dalam hal penyesuaian kendaraan dengan kebiasaan orang Indonesia saat mengemudi.

    “Jadi pemakaian dari orang Indonesia sama orang Jepang pasti beda. Nah, kalau gaya pakaiannya berbeda, pasti efeknya berbeda. Nah, inilah yang jadi acuan mereka (SMC) untuk ke depan yang jadi standar baru atau ini sudah diwakili dengan standar yang ada,” ucap Malis.

    Salah satu kebiasaan mengemudi orang Indonesia yang berbeda adalah cara pakai kopling mobil. Menurut Malis, orang Indonesia banyak yang menggunakan kopling menggantung, atau injak setengah kopling.

    “Cara pakainya itu sering gantung kopling, orang Jepang itu udah lepas aja. Habitnya orang Indonesia tadi gantung kopling, jarang pakai rem tangan,” ujar Malis.

    Hal itu membuat Suzuki harus meningkatkan standar kualitas kendaraannya dalam hal pemakaian kopling. Misalnya, kopling dibuat tidak terlalu keras atau feeling-nya dibuat lebih nyaman.

    “Itu emang karakter yang mereka bilang unik nih untuk orang Indonesia. Karena ini akan buat masa pakai kopling lebih pendek. Akhirnya mereka (SMC) turunin tuh standar operation force-nya, istilahnya kalau nginjak jadi nggak terlalu keras atau feeling-nya dibikin agak lebih nyaman,” katanya.

    “Tapi kita bilang, sampai saat ini kita belum ada komplain masalah umur kopling yang terlalu pendek. Artinya kemampuan produk kita sampai saat ini nggak ada masalah. Dan kompetitor kita pun ternyata serupa,” sebutnya.

    Tak cuma kebiasaan pengemudinya, kondisi lingkungan Indonesia juga membuat Suzuki harus meningkatkan material kendaraannya. Malis mencontohkan kondisi pesisir Indonesia yang membuat kendaraan cepat korosif, beda dengan kondisi di Jepang. Hal itu membuat Suzuki harus membedakan material kendaraannya.

    “Kalau yang paling beda dari sisi materialnya. Mobil yang dijual di Indonesia materialnya di-upgrade, ditambahin galvanis supaya lebih tahan korosif dibanding mobil-mobil di Jepang,” katanya.

    (rgr/dry)

  • Ini Calon Pengganti Marquez di Sisa Musim MotoGP 2025

    Ini Calon Pengganti Marquez di Sisa Musim MotoGP 2025

    Jakarta

    Marc Marquez masih harus menepi akibat cedera bahu kanan yang dialaminya usai insiden dengan Marco Bezzecchi di MotoGP Indonesia. Kini muncul satu nama kuat yang digadang-gadang jadi pengganti sementara Marquez di tim pabrikan Ducati Lenovo, yaitu Nicolo Bulega.

    Bulega yang baru saja menuntaskan musim gemilang di WorldSBK 2025 dengan finis sebagai runner-up di belakang Toprak Razgatlioglu disebut jadi kandidat ideal sebagai pengganti sementara Marquez. Pebalap Italia itu bahkan sudah menjalani uji coba perdananya di atas motor Ducati Desmosedici di Circuito de Jerez-Angel Nieto, Spanyol.

    Langkah Ducati ini disebut masuk akal. Pasalnya, Michele Pirro, pebalap penguji resmi Ducati yang sempat menggantikan Marquez di MotoGP Australia dan Malaysia, gagal tampil kompetitif. Ia hanya finis di posisi ke-18 di Phillip Island dan ke-17 di Sepang.

    Karena Ducati sudah mengunci seluruh gelar musim ini, posisi Marquez yang kosong tak lagi berpengaruh terhadap perolehan poin tim. Maka itu Ducati dinilai lebih untung memberi kesempatan kepada Bulega untuk merasakan sensasi membalap di MotoGP.

    Bulega sendiri telah lama dikaitkan dengan proyek jangka panjang Ducati. Bulega disebut bakal jadi test rider MotoGP pada 2026, sebelum berpeluang naik ke kelas premier secara penuh di musim 2027. Dengan begitu, kesempatan membalap di sisa musim ini akan menjadi ajang adaptasi sekaligus evaluasi penting bagi Bulega dan Ducati.

    Meski begitu, Bulega sebelumnya menegaskan tidak ingin langsung balapan tanpa terlebih dulu menjajal motor MotoGP. Kini syarat itu sudah terpenuhi. Dalam tes di Sirkuit Jerez, trek yang dua pekan lalu menjadi saksi hat-trick kemenangannya di WorldSBK.

    Soal apakah ia benar-benar bakal turun menggantikan Marquez di MotoGP Portugal, Portimao (7-9 November), pihak Ducati masih belum memberikan konfirmasi resmi. Tapi dengan momentum dan performa apiknya di WorldSBK, Nicolo Bulega tampaknya jadi pilihan paling logis untuk menutup musim bersama tim pabrikan MotoGP Ducati.

    (lua/dry)

  • Harganya Naik Rp 10 Juta, Berikut Ini Skema Nyicil Mitsubishi Destinator

    Harganya Naik Rp 10 Juta, Berikut Ini Skema Nyicil Mitsubishi Destinator

    Jakarta

    Harga Mitsubishi Destinator naik Rp 10 juta untuk seluruh varian. Nah kalau kamu mau beli kredit, skema cicilannya pasti ikut menyesuaikan. Berikut ini rinciannya.

    Harga Mitsubishi Destinator per Oktober 2025 mengalami penyesuaian. Ketiga varian Mitsubishi Destinator itu naik Rp 10 juta. Destinator paling murah kini dibanderol Rp 395 juta, varian tengah yakni Exceed banderolnya Rp 415 juta, sedangkan yang termahal tembus Rp 475 juta.

    Skema Cicilan Mitsubishi Destinator

    Jika pembelian menggunakan cara kredit, maka ada penyesuaian cicilan setiap bulannya. Berikut ini skema cicilan Mitsubishi Destinator dengan besar uang muka 30 persen dari harga untuk masing-masing varian.

    Mitsubishi Destinator GLS

    Harga: Rp 395 juta
    DP 30 persen: Rp 118,5 juta

    Tenor: 12 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 151.644.110
    Cicilan: Rp 25,528 juta per bulanTenor: 24 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 139.966.869
    Cicilan: Rp 13,838 juta per bulanTenor: 36 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 136.182.126
    Cicilan: Rp 10,042 juta per bulanTenor: 48 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 134.291.633
    Cicilan: Rp 8,141 juta per bulanTenor: 60 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 133.256.390
    Cicilan: Rp 7,096 juta per bulanMitsubishi Destinator Exceed

    Harga: Rp 415 juta
    DP 30 persen: Rp 124,5 juta

    Tenor: 12 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 158.717.950
    Cicilan: Rp 26,494 juta per bulanTenor: 24 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 146.600.355
    Cicilan: Rp 14,363 juta per bulanTenor: 36 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 142.672.182
    Cicilan: Rp 10,423 juta per bulanTenor: 48 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 140.710.221
    Cicilan: Rp 8,450 juta per bulanTenor: 60 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 139.636.472
    Cicilan: Rp 7,366 juta per bulanMitsubishi Destinator Ultimate

    Harga: Rp 475 juta
    DP 30 persen: Rp 142,5 juta

    Tenor: 12 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 180.975.750
    Cicilan: Rp 30,324 juta per bulanTenor: 24 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 167.075.844
    Cicilan: Rp 16,414 juta per bulanTenor: 36 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 162.586.381
    Cicilan: Rp 11,911 juta per bulanTenor: 48 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 160.345.016
    Cicilan: Rp 9,657 juta per bulanTenor: 60 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 159.116.749
    Cicilan: Rp 8,417 juta per bulan

    Nah itu tadi skema cicilan Mitsubishi Destinator dengan harga terbaru. Sebelum nyicil, pastikan uang muka ataupun besar cicilannya sudah disesuaikan dengan kondisi finansial kamu. Jangan sampai memberatkan tiap bulannya. Sebagai informasi tambahan, Mitsubishi Destinator pilihan baru buat keluarga yang mengincar SUV 7-seater.

    Destinator varian teratas dilengkapi keselamatan aktif lengkap, antara lain Adaptive Cruise Control (ACC); Forward Collision Mitigation System (FCM); Blind Spot Warning (BSW); Rear Cross Traffic Alert (RCTA); Automatic High Beam (AHB); Leading Car Departure Notification (LCDN); dan Multi Around Monitor.

    Secara spesifikasi mesin, Destinator memakai jantung 1.5L MIVEC Turbo Engine dengan tenaga yang keluar 163 PS (120 kW) dan torsi 250 Nm. Tenaga itu disalurkan melalui transmisi CVT.

    (dry/din)

  • Daftar SPBU BP di Jabodetabek yang Sudah Jual BBM RON 92

    Daftar SPBU BP di Jabodetabek yang Sudah Jual BBM RON 92

    Jakarta

    Sejumlah SPBU BP sudah jual BBM RON 92 lagi. Berikut ini daftar SPBU yang sudah kembali menjual BBM RON 92 di Jabodetabek.

    Buat kamu pengguna BBM RON 92 BP, ada kabar gembira nih. Setelah dua bulan stoknya kosong, kini BBM RON 92 BP sudah tersedia lagi di sejumlah SPBU kawasan Jabodetabek. Ketersediaan stok BBM itu bisa juga diakses di laman resmi BP Indonesia.

    Kamu bisa mengeceknya secara berkala sebab informasi ketersediaan stok bisa berubah setiap saat. Nah berikut ini daftar SPBU yang sudah kembali menjual BBM RON 92 di Jabodetabek.

    SPBU BP yang Jual BBM RON 92

    SPBU BP Bekasi

    SPBU BP Kota Harapan Indah BoulevardSPBU BP Jababeka HollywoodSPBU BP Grand WisataSPBU BP Grand Galaxy

    SPBU BP Bogor

    SPBU BP Cibubur TransyogiSPBU BP Gunung Putri

    SPBU BP Depok

    SPBU BP Raffles HillsSPBU BP Grand Depok City

    SPBU BP Jakarta

    SPBU BP Citra PalemSPBU BP KalideresSPBU BP Tomang RayaSPBU BP Kelapa GadingSPBU BP Sunter SelatanSPBU BP MinangkabauSPBU BP Meruya IlirSPBU BP Margasatwa BaratSPBU BP Pluit IndahSPBU BP Teuku Nyak AriefSPBU BP TB SimatupangSPBU BP Tanjung BaratSPBU BP Jakarta Garden CitySPBU BP Pangeran AntasariSPBU BP Karang TengahSPBU BP Perdatam Pancoran

    SPBU BP Tangerang

    SPBU BP Metland CybercitySPBU BP Bintaro EmeraldSPBU BP BSD DelatinosSPBU BP Puspitek RayaSPBU BP GS ParamountSPBU BP MH ThamrinSPBU BP Asterra West BSDSPBU BP PIK 2

    Selain di Jabodetabek, BBM RON 92 BP itu juga sudah tersedia di Purwakarta, Bandung, dan Surabaya. BBM RON 92 BP itu masih menggunakan harga yang berlaku per 1 Oktober 2025 yakni Rp 13.420 per liter. Berbeda halnya dengan BP, BBM di SPBU Shell dan juga Vivo masih kosong. Diakses di laman resmi keduanya, belum ada SPBU Shell ataupun Vivo yang sudah menyediakan BBM RON 92. Kabarnya, BBM di SPBU swasta ini memang akan tersedia lagi pada akhir Oktober setelah stoknya kosong sekitar dua bulan.

    (dry/din)

  • Bakal Dijual di Indonesia, Honda 0 Alpha Diproduksi di India

    Bakal Dijual di Indonesia, Honda 0 Alpha Diproduksi di India

    Jakarta

    Honda Motor Corporation (HMC) telah mengenalkan Honda 0 Alpha di Japan Mobility Show atau JMS 2025, Rabu (29/10). Kendaraan listrik yang masih dalam bentuk konsep atau perwarupa itu akan dijual secara global mulai 2027.

    Menariknya, Honda 0 Alpha bukan diproduksi di Jepang, melainkan di India. Hal tersebut disampaikan Toshikazu Hirose selaku Chief Engineer Honda.

    “Ini akan diproduksi di India mulai tahun 2027 atau dua tahun lagi,” ujar Toshikazu Hirose saat berbincang dengan wartawan di Tokyo, Jepang, Rabu (29/10).

    Hirose kemudian mengurai alasan mengapa Honda 0 Alpha diproduksi di India, bukan di Jepang. Menurutnya, industri baterai kendaraan listrik di Negeri Hindustan cukup potensial atau menjanjikan.

    “Pasaran baterai EV di India cukup banyak kan, makanya kami mencari tempat yang pasarannya paling besar. Jadi masalah itu ya,” tuturnya.

    Menariknya, Honda 0 Alpha yang diproduksi di India akan dipasarkan ke negara peminat lain, termasuk Indonesia. Menurut rencana, penjualan unit di Tanah Air juga dibuka dua tahun lagi.

    “(Bakal dijual di Indonesia) mulai 2027 juga. Jadi pertama India, kedua Jepang dan berikutnya ke ASEAN termasuk Indonesia,” kata dia.

    Sebagai catatan, Honda 0 Alpha punya tampilan futuristis khas Zero Model. Kendaraan tersebut punya wajah minimalis yang memikat, headlamp atau lampu utama yang dirancang terhubung, kemudian logo H yang menyala dan terpasang di posisi sentral.

    Bagian terunik dari 0 Alpha terdapat di area belakang yang dibuat boksi. Desain tersebut memang menjadi ‘pakem’ untuk kendaraan-kendaraan Honda yang berasal dari keluarga Zero Model.

    Secara umum, Honda 0 Alpha mengusung konsep ‘Thin, Light and Wise’. Kendaraan itu menghadirkan keseimbangan antara desain ramping, bobot ringan, serta sistem kecerdasan yang memudahkan pengemudi.

    Sayangnya, hingga sekarang belum ada informasi apapun soal fitur ataupun spesifikasi kendaraan. Sebab, seperti yang telah disampaikan di awal, Honda 0 Alpha masih berstatus concept car atau mobil purwarupa.

    (sfn/riar)