Jenis Media: Otomotif

  • Ini Dia Teaser Toyota Hilux Terbaru, Meluncur 10 November

    Ini Dia Teaser Toyota Hilux Terbaru, Meluncur 10 November

    Jakarta

    Toyota resmi merilis teaser perdana untuk Hilux generasi kesembilan yang dijadwalkan meluncur pada 10 November 2025 di Thailand. Menariknya, pikap legendaris ini akan mengusung nama baru: Hilux Travo, menggantikan embel-embel ‘Revo’ yang selama ini dipakai di Negeri Gajah Putih.

    Dalam video berdurasi singkat yang diunggah Toyota Thailand, tampak sejumlah perubahan besar pada tampilan eksterior Hilux Travo. Bagian depan kini terlihat lebih modern dengan lampu utama LED proyektor dan daytime running light berbentuk huruf J.

    Teaser Toyota Hilux terbaru Foto: Dok. Toyota

    Tulisan ‘Toyota’ besar terpampang di tengah grille dengan penutup transparan, memperkuat kesan kokoh. Lantas kap mesin tampak berotot dengan lekukan di bagian tengah yang tersembunyi.

    Bergeser ke belakang, lampu belakang kini berubah dari desain berbentuk angka tiga menjadi motif huruf C, memberikan tampilan lebih segar dan futuristik. Tulisan ‘Toyota’ juga disematkan di pintu bagasi. Velg baru dengan desain bintang tujuh turut mempertegas karakter tangguhnya.

    Hilux Travo diperkirakan masih memakai versi terbaru dari platform IMV, yang sudah digunakan sejak generasi ketujuh. Secara siluet, tampilan kabin masih mempertahankan garis khas Hilux Revo, namun dengan pembaruan signifikan di interior.

    Teaser Toyota Hilux terbaru Foto: Dok. Toyota

    Bocoran paten yang beredar mengungkap bahwa interior Hilux Travo akan lebih fungsional dan maskulin, dengan dasbor berdesain lebih tegas, layar digital baru, serta ruang penyimpanan lebih efisien.

    Urusan dapur pacu, Toyota diyakini tetap mempertahankan dua pilihan mesin turbodiesel 2,4 liter dan 2,8 liter, dikombinasi dengan transmisi manual maupun otomatis. Opsi penggerak juga bervariasi antara 2WD dan 4WD part-time. Menariknya, Toyota juga disinyalir tengah menyiapkan varian mild hybrid 48 volt atau bahkan versi full listrik buat pasar Thailand.

    Tentunya peluncuran Hilux Travo pada 10 November nanti menjadi salah satu momen paling dinanti di segmen pikap global, sekaligus penanda era baru bagi truk tangguh andalan Toyota.

    (lua/din)

  • Sujud Syukur Pebalap Indonesia Kiandra usai Kemenangan Gila di Barcelona

    Sujud Syukur Pebalap Indonesia Kiandra usai Kemenangan Gila di Barcelona

    Jakarta

    Kiandra Ramadhipa langsung sujud syukur usai meraih kemenangan gila di balapan European Talent Cup. Dia juga mempersembahkan kemenangan ini untuk Indonesia.

    Kiandra Ramadhipa meraih kemenangan keduanya di ajang European Talent Cup musim 2025 pada balapan yang digelar di Sirkuit Catalunya, Barcelona. Tapi kemenangan kedua ini terasa sangat spesial. Sebab, dia berhasil merangkak 23 posisi hingga akhirnya bisa finis di podium pertama.

    Rama, sapaan akrabnya senang bukan main. Usai balapan, begitu turun dari motor di parc ferme dia langsung sujud syukur. Tak berhenti sampai di situ, usai balapan pun dia sempat mengucap takbir ‘Allahu Akbar’ di balik helm KYT berkelir kuning sebagaimana terlihat dalam video yang diunggah akun Instagram astrahondaracingteam. Rama memang tak berhenti mengucap syukur atas kemenangannya ini.

    “Alhamdulillah pada balapan ini saya dapat hasil bagus. Terima kasih untuk seluruh tim yang sudah bekerja keras sejak hari Kamis. Akhir pekan ini sangat sulit buat saya karena kemarin di kualifikasi saya bikin kesalahan besar dan harus start dari posisi belakang,” ungkap Rama dalam video yang ditayangkan pada Instastory Instagram Junior GP.

    Meski memulai balapan dari posisi ke-24, Rama tak begitu saja menyerah. Buktinya dia berhasil membayar tunai kesalahannya dengan menjadi jawara di detik-detik akhir.

    “Saya terus berusaha keras dan menjaga momentum dan fisik hingga lap terakhir. Cano kemudian menyalip saya dan saya terus mengikuti dia dan alhamdulillah saya bisa memanfaatkan slipstream dan finis pertama,” ungkapnya lagi.

    “Saya sangat senang dengan hasil ini dan ini untuk Indonesia,” lanjutnya lagi.

    Berkat kemenangan itu, Rama juga membuat lagu Indonesia Raya berkumandang di Sirkuit Catalunya. Kemenangan Rama ini juga sensasional. Bahkan Junior GP menyebutnya kemenangan ‘gila’ setelah rider berusia 16 tahun itu menyalip 23 pebalap di depannya.

    Menjalani debut perdananya di ETC 2025, rider kelahiran 4 Desember tahun 2009 itu sudah meraih tiga podium dan dua kemenangan. Dia kini bertengger di posisi ketiga klasemen sementara di bawah Carlos Cano dan Fernando Bujosa. Rama telah mengantongi 129 poin atau berselisih 26 poin dari sang pemuncak klasemen.

    (dry/din)

  • Mau Nyicil Mobil Eropa Termurah di Indonesia? Ternyata Tiap Bulan Bayar Segini

    Mau Nyicil Mobil Eropa Termurah di Indonesia? Ternyata Tiap Bulan Bayar Segini

    Jakarta

    Mobil Eropa termurah di Indonesia bisa dibawa pulang dengan mahar Rp 199,9 juta. Kalau kamu belinya dengan cara kredit, berikut ini skema cicilannya tiap bulan.

    Mobil Eropa identik dengan kalangan atas. Nggak heran kalau harga jualnya juga tidak murah. Kendati demikian tidak semua mobil Eropa demikian. Mobil Eropa yang harganya ramah di kantong juga ada. Salah satunya yang ditawarkan oleh Citroen lewat C3. Soalnya Citroen C3 dijual dengan harga tak sampai Rp 200 juta.

    Citroen C3 ditawarkan dalam dua opsi warna yaitu one tone dan two tone. Versi termurah adalah one tone dengan harga Rp 199,9 juta. Sedangkan Citroen C3 two tone banderolnya Rp 204,9 juta. Seperti pembelian mobil baru pada umumnya, Citroen C3 juga bisa dibawa pulang dengan skema kredit. Yang jelas besar cicilannya tetap tergantung dari uang muka dan tenornya. Nah buat kamu yang kepincut meminang mobil Eropa termurah di Indonesia itu dengan skema kredit, berikut ini simulasi cicilannya. Sebagai catatan dalam simulasi kali ini, uang muka yang diperhitungkan sebesar 30 persen dari harga.

    Cicilan Mobil Eropa Termurah di Indonesia

    Harga: Rp 199,9 juta

    DP 30 persen: Rp 59,97 juta

    Tenor: 12 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 78.924.674
    Cicilan: Rp 12,989 juta per bulanTenor: 24 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 72.989.151
    Cicilan: Rp 7,046 juta per bulanTenor: 36 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 71.065.747
    Cicilan: Rp 5,116 juta per bulanTenor: 48 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 70.105.904
    Cicilan: Rp 4,15 juta per bulanTenor: 60 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 69.580.621
    Cicilan: Rp 3,619 juta per bulan

    Nah itu tadi skema cicilan mobil Eropa termurah di Indonesia. Bila dirasa masih ketinggian, kamu bisa menyesuaikan uang mukanya. Terpenting cicilan maupun uang muka sudah disesuaikan dengan kondisi finansial kamu.

    Spesifikasi Mobil Eropa Termurah di Indonesia

    Menyoal spesifikasi, Citroen C3 MT mengusung desain kompak dengan dimensi panjang 3.981 mm, lebar 1.733 mm, dan tinggi 1.604 mm. Adapun jarak sumbu rodanya mencapai 2.540 mm, dengan ruang bagasi luas 350 liter.

    Citroen C3 Manual menggendong 1.198 cc non turbo dengan tenaga maksimal 81 dk dan torsi puncak 115 Nm. Pembekalan tersebut disalurkan ke roda melalui transmisi manual lima percepatan. Sementara konsumsi bahan bakarnya 19,8 km/liter dengan kapasitas tangki 30 liter. Mesin itu bisa menyemburkan tenaga 81 daya kuda pada 5.750 rpm dan torsi 115 Nm pada 3.750 rpm.

    Untuk safety-nya, ada dua airbags di kursi depan, Antilock Braking System (ABS), dan Electronic Brake Distribution (EBD). Sementara untuk sistem pengeremannya, depan pakai cakram dan belakang masih pakai tromol. Ruang bagasinya cukup luas dengan kapasitas 315 liter.

    (dry/din)

  • Suzuki Fronx Cari Peruntungan di Tengah Popularitas Kei Car di Jepang

    Suzuki Fronx Cari Peruntungan di Tengah Popularitas Kei Car di Jepang

    Hamamatsu

    Mobil-mobil yang paling populer di Jepang adalah mobil jenis kei car, atau mobil kecil bermesin compact 660 cc. Di sisi lain, Suzuki memasarkan SUV compact Fronx juga di negara tersebut. Suzuki mencoba peruntungan menjual Fronx di pasar yang lebih populer kei car-nya.

    Wakil Kepala Suzuki Arena, Suzuki Motor Sales Hamamatsu Co,Ltd, Masahiro Kotani, mengatakan ada dua strategi pemasaran yang dijalankan Suzuki untuk menjual Fronx. Menurutnya, SUV terbaru Suzuki itu dikenalkan untuk menyasar pelanggan kei car yang ingin naik kelas.

    “Khususnya mereka yang masih lajang dan menginginkan kendaraan dengan desain yang lebih modern serta fitur lebih lengkap. Melalui pendekatan ini, showroom secara aktif mengajak pelanggan untuk melakukan upgrade ke Suzuki Fronx, yang menawarkan performa lebih tinggi dari mesin 660cc serta tampilan yang lebih bergaya,” katanya saat ditemui di showroom Suzuki Arena Hamamatsu di Jepang.

    Strategi kedua ditujukan untuk keluarga berusia lanjut yang anak-anaknya sudah dewasa dan mandiri. Dalam kondisi ini, orang tua di Jepang umumnya tidak perlu lagi mobil keluarga seperti 7-seater.

    “Sehingga mereka cenderung melakukan downsize ke kendaraan yang lebih compact, namun tetap memiliki fitur modern dan canggih. Tren downsize seperti ini juga mulai terlihat di Indonesia, di mana konsumen semakin mempertimbangkan efisiensi dan kemudahan berkendara,” sebutnya.

    Menurutnya, Fronx merupakan model yang relatif baru di pasar Jepang, dan responnya cukup positif. Mobil ini mendapat perhatian dari kalangan pengguna laki-laki yang mencapai sekitar 70 persen.

    “Tantangannya adalah kondisi demografis Jepang yang didominasi oleh penduduk usia lanjut, sehingga preferensi kendaraan cenderung kepada model yang lebih kecil dan praktis seperti Kei-Car,” ucapnya.

    (rgr/din)

  • Syarat Wajib Beli Mobil di Jepang: Ada Lahan Parkir Dulu

    Syarat Wajib Beli Mobil di Jepang: Ada Lahan Parkir Dulu

    Hamamatsu

    Peraturan di Jepang membuat warga di sana tidak bisa sembarangan beli mobil. Membeli mobil harus menyertakan syarat kepemilikan atau pemanfaatan lahan parkir buat kendaraan yang akan dibelinya.

    Jepang dengan keterbatasan ruang tidak menoleransi praktik parkir sembarangan. Apalagi parkir di luar garasi rumah yang memakan badan jalan. Hal itu akan menyulitkan pengguna jalan lain. Untuk itu, di Jepang ada aturan ketat dalam hal penempatan kendaraan.

    Wakil Kepala Suzuki Arena, Suzuki Motor Sales Hamamatsu Co,Ltd, Masahiro Kotani, mengatakan pembeli kendaraan di Jepang wajib melakukan pendaftaran lokasi parkir terlebih dahulu. Kalau tidak ada lahan parkir, maka mobil tidak bisa dibeli dari dealer.

    “Jadi kalau tempat parkirnya tidak ada, tidak bisa beli mobilnya. Sebelum membeli mobil harus mempersiapkan tempat parkir terlebih dahulu yang sesuai dengan dimensi mobil. Jadi proses dapat registrasi tempat parkir contohnya (melampirkan) peta, lokasi parkirnya di mana, dimensi parkirnya sudah sesuai dengan dimensi mobilnya. Harus dibuktikan, terus nanti harus daftar ke polisi. Salah satu staf polisi akan cek ke lokasi apakah benar sesuai,” katanya saat ditemui di showroom Suzuki Arena Hamamatsu di Jepang baru-baru ini.

    Dimensi parkirnya pun harus disesuaikan dengan dimensi mobil yang mau dibeli. Jadi tidak bisa beli mobil SUV besar tapi melampirkan lokasi parkir kei car yang lebih kecil.

    “Ada pengecekan dimensi. Area parkir harus sesuai dengan ukuran kendaraan. Untuk Kei-Car, dimensinya menyesuaikan dengan standar Kei-Car. Namun, jika area parkir hanya cukup untuk Kei-Car, maka kendaraan non Kei-Car tidak dapat diparkir di lokasi tersebut,” jelasnya.

    Jika garasi di rumah tidak cukup, pembeli mobil baru di Jepang juga bisa menggunakan lahan sewa parkir. Syaratnya tetap, harus ada surat keterangan bahwa kita akan menggunakan lahan sewa parkir tersebut.

    “Terkait biaya, jika lokasi parkir merupakan lahan sewa, maka diperlukan surat keterangan dari pemilik lahan sebagai bukti izin penggunaan. Namun, jika menggunakan lahan pribadi (rumah sendiri), prosesnya hanya bersifat verifikasi tanpa dikenakan biaya,” ujarnya.

    (rgr/din)

  • Spesifikasi Pesawat Angkut Militer Airbus A400M TNI AU yang Tiba di RI Pagi Ini

    Spesifikasi Pesawat Angkut Militer Airbus A400M TNI AU yang Tiba di RI Pagi Ini

    Jakarta

    Pesawat angkut terbesar TNI AU, Airbus A400M, akhirnya mendarat di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, pagi ini. Kedatangan pesawat tersebut disambut tradisi water salute atau penyiraman air ala TNI AU. Ini spesifikasi pesawat jumbo yang bisa menjalankan berbagai peran tersebut.

    Sebagai informasi, Airbus A400M pertama TNI AU tiba di Halim pada hari Senin (3/11/2025) pukul 07.35 WIB. Pesawat berwarna abu-abu tersebut punya nomor registrasi A-4001 dan tulisan ‘TNI ANGKATAN UDARA’ pada badan pesawat.

    Pesawat ini menempuh perjalanan jauh, dari Seville, Dubai, Medan, Jakarta. Terlihat 9 awak pesawat turun dan langsung dikalungi oleh Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Tonny Harjono.

    Direncanakan pesawat akan diserahkan secara simbolis dari Presiden Prabowo Subianto kepada Panglima TNI dan selanjutnya diserahkan kepada pimpinan TNI AU. Nantinya, pesawat tersebut akan ditempatkan di Skuadron 31 Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.

    Pesawat Airbus A400M saat mendarat pertama kalinya di Bandara Halim, Jakarta, Senin (3/11/2025). Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom

    Spesifikasi Airbus A400M

    Sebagai info, TNI AU melalui Kementerian Pertahanan RI memesan dua unit Airbus A400M sejak akhir 2021. Dua pesawat ini bakal hadir dalam konfigurasi multi-role tanker dan transport. Pesanan ini juga mencakup paket dukungan pemeliharaan dan pelatihan yang lengkap.

    Pesawat jumbo ini tampil elegan dengan cat polos warna abu-abu doff atau matte. Di badan pesawat ada beberapa penambahan identitas, seperti bendera merah-putih, logo TNI, dan juga tulisan TNI Angkatan Udara.

    Di sisi lain, kesan gagah juga tampak di pesawat militer ini dengan sentuhan warna hitam pada bagian moncongnya. Selain itu, karena pesawat ini berjenis turboprop, maka komponen baling-baling terekspos jelas dan semakin menunjukkan kegagahan pesawat ini.

    Dikutip dari situs Kementerian Pertahanan RI, Airbus A400M adalah pesawat multi-peran yang dapat meningkatkan kemampuan taktis udara–ke–udara TNI AU. Pesawat ini juga diklaim akan memainkan peran kunci dalam misi utama lainnya termasuk terjun payung dan transportasi kargo berat.

    A400M mampu diandalkan untuk pengangkutan taktis dan pengiriman personel dan barang untuk pendaratan di berbagai medan. Untuk pengangkutan strategis, A400M bisa mengangkut barang-barang dan alat logistik yang berat dan berdimensi lebar. Ruang angkut maksimal pesawat ini dapat menampung beban hingga 37 ton.

    A400M merupakan airlifter besar pertama yang mampu mengangkut beban berat seperti truk bahan bakar berkapasitas 80 ton dan ekskavator. Selain itu, pesawat ini mampu mengangkut 116 personel dengan peralatan lengkap siap tempur, dan bisa mengangkut Patriot Launcher dan Hemtt Truck, 9 Palet Military, beserta 54 personel sekaligus.

    Soal performa, pesawat terbang ini mampu mencapai top speed hingga 750 km/jam di ketinggian 10.000 m. Daya jelajahnya pun tak main-main, bisa menempuh jarak 3.300 km dalam sekali pengisian bahan bakar dan dengan muatan penuh.

    Airbus A400M TNI AU Foto: Airbus

    (lua/din)

  • Jadwal MotoGP Portugal 2025 Akhir Pekan Ini

    Jadwal MotoGP Portugal 2025 Akhir Pekan Ini

    Jakarta

    Jadwal MotoGP Portugal 2025 bisa Anda simak di sini. MotoGP Portugal 2025 bisa Anda tonton langsung melalui saluran televisi Trans7 maupun sejumlah aplikasi berbayar seperti Vidio dan Vision+. Rangkaian MotoGP Portugal 2025 dimulai dari hari Jumat (7/11).

    Seri ke-21 MotoGP 2025 diselenggarakan di Sirkuit Portimao (Autodromo Internacional do Algarve), Portugal. Sirkuit ini dibuka sejak tahun 2008 dan mulai menggelar balap MotoGP pada musim 2020. Sirkuit ini memiliki total panjang 4,59 km, lebar 18 m, dengan lintasan lurus terpanjang 970 m.

    Rangkaian MotoGP Portugal 2025 bakal dimulai sejak Jumat (7/11) melalui sesi latihan bebas pertama. Perlombaan kemudian berlanjut ke sesi kualifikasi dan Sprint Race di hari Sabtu (8/11). Balapan utama di semua kelas diselenggarakan pada Minggu (9/11).

    Musim lalu, Maverick Vinales berhasil menjuarai Sprint Race MotoGP Portugal 2024 dan Jorge Martin yang menjuarai balapan utama MotoGP Portugal 2024. Sayangnya kedua rider itu berpeluang absen di MotoGP Portugal 2025 lantaran masih menjalani pemulihan cedera.

    Pebalap lain yang dipastikan absen di Portimao adalah sang juara MotoGP 2025, Marc Marquez. Marquez mengalami cedera di MotoGP Mandalika 2025 dan harus mengakhiri musim ini lebih cepat untuk pemulihan. Peran Marquez di sisa musim MotoGP 2025 digantikan oleh Michele Pirro dan Nicolo Bulega.

    Jadwal MotoGP Portugal 2025

    Jumat (7/11)

    1. 16:00-16:35 WIB: Free Practice Nr. 1 Moto3
    2. 16:50-17:30 WIB: Free Practice Nr. 1 Moto2
    3. 17:45-18:30 WIB: Free Practice Nr. 1 MotoGP
    4. 20:15-20:50 WIB: Practice Moto3
    5. 21:05-21:45 WIB: Practice Moto2
    6. 22:00-23:00 WIB: Practice MotoGP

    Sabtu (8/11)

    1. 15:40-16:10 WIB: Free Practice Nr. 2 Moto3
    2. 16:25-16:55 WIB: Free Practice Nr. 2 Moto2
    3. 17:10-17:40 WIB: Free Practice Nr. 2 MotoGP
    4. 17:50-18:05 WIB: Qualifying Nr. 1 MotoGP
    5. 18:15-18:30 WIB: Qualifying Nr. 2 MotoGP
    6. 19:45-20:00 WIB: Qualifying Nr. 1 Moto3
    7. 20:10-20:25 WIB: Qualifying Nr. 2 Moto3
    8. 20:40-20:55 WIB: Qualifying Nr. 1 Moto2
    9. 21:05-21:20 WIB: Qualifying Nr. 2 Moto2
    10. 22:00 WIB: Sprint Race MotoGP (12 Laps)

    Minggu (9/11)

    1. 18:15 WIB: Race Moto2 (21 Laps)
    2. 20:00 WIB: Race MotoGP (25 Laps)
    3. 21:30 WIB: Race Moto3 (19 Laps)

    (lua/din)

  • Harga Kijang Innova Reborn Terbaru, Paling Murah Segini

    Harga Kijang Innova Reborn Terbaru, Paling Murah Segini

    Jakarta

    Harga Kijang Innova Reborn belum mengalami perubahan dari bulan sebelumnya. Berikut ini harga Kijang Innova Reborn yang kini hanya tersedia versi diesel.

    Kijang Innova Reborn boleh dibilang salah satu mobil favorit di Tanah Air. Penjualannya masih amat moncer. Bahkan menopang keluarga Kijang Innova menjadi model terlaris dalam beberapa bulan terakhir. Lebih menariknya lagi, Kijang Innova Reborn yang sebelumnya punya versi bensin, kini hanya punya varian diesel. Soal harga, belum mengalami ubahan dari bulan sebelumnya.

    Dua varian Kijang Innova Reborn Diesel terbaru itu ditawarkan di kisaran harga Rp 400 jutaan. Nah berikut ini daftar harga Kijang Innova Reborn per November 2025.

    Harga Kijang Innova Reborn TerbaruKijang Innova Reborn 2.4 G M/T DSL: Rp 416,6 jutaKijang Innova Reborn 2.4 G A/T DSL: Rp 437,5 juta

    Sebagai wajah lama, popularitas Kijang Innova Reborn Diesel memang tak perlu diragukan lagi. Salah satu yang bikin Kijang Innova Reborn Diesel ini jadi favorit ini lantaran mesin dieselnya yang irit. Toyota pernah mengungkap bahwa pembeli Innova Reborn kebanyakan berada di luar Pulau Jawa dan Innova Zenix justru sebaliknya.

    Menyoal spesifikasi, tentu belum ada perubahan. Toyota diketahui memang belum menyegarkan Innova Reborn. Kijang Innova Reborn dilengkapi dengan mesin berkode 2GD FTV dengan empat silinder segaris 16 katup DOHC dengan VNT Intercooler. Mesin diesel Innova berkapasitas 2.393 cc. Tenaga maksimalnya mencapai 149 PS pada 3.400 rpm dengan torsi maksimal 342,2 Nm yang tersedia pada rentang 1.200-2.800 rpm. Mesinnya dipasangkan dengan opsi transmisi manual dan otomatis.

    Di sisi lain, kalau kamu ingin Innova dengan tampilan baru maka bisa meminang Kijang Innova Zenix. Namun tak ada opsi mesin diesel di Innova Zenix. Seluruh varian Zenix mengusung mesin bensin dan terdapat opsi mesin hybrid yang dipadukan dengan baterai.

    (dry/din)

  • Beda Harga dan Spek Suzuki Fronx Indonesia dan Jepang

    Beda Harga dan Spek Suzuki Fronx Indonesia dan Jepang

    Hamamatsu

    Suzuki Fronx juga dijual di Jepang. Apa bedanya Suzuki Fronx versi Indonesia dengan Jepang?

    Suzuki sebenarnya sudah lebih dulu meluncurkan Fronx di Jepang sejak tahun lalu Tapi, Suzuki Fronx di Jepang masih impor utuh dari pabrik Suzuki di India. Sedangkan Fronx di Indonesia sudah diproduksi di dalam negeri. Lantas bagaimana spesifikasinya?

    Wakil Kepala Suzuki Arena, Suzuki Motor Sales Hamamatsu Co,Ltd, Masahiro Kotani, mengatakan Fronx di Jepang dengan di Indonesia memiliki banyak kesamaan. Pilihan mesin dan transmisinya hampir sama.

    “Perbedaannya terletak pada beberapa detail, seperti roof rail ada di Indonesia, fitur electric parking brake tersedia di Jepang,” katanya saat ditemui di dealer Suzuki Arena Hamamatsu, di Jepang, baru-baru ini.

    Untuk pilihan mesin pun sama. Di Jepang, Suzuki Fronx menggunakan mesin K15C 1.500 cc mild hybrid dengan transmisi otomatis enam percepatan.

    “Namun di Indonesia, Suzuki Fronx hadir dengan dua pilihan mesin K15B dan K15C serta opsi transmisi manual 5 percepatan dan matic 6 percepatan,” katanya.

    Untuk sistem penggerak, Suzuki Fronx di Jepang tersedia dalam dua pilihan penggerak. Ada Front Wheel Drive (FWD) dan All Wheel Drive (AWD). Penggunaan penggerak AWD di Jepang membantu pengendaranya saat menghadapi musim salju.

    “Suzuki Safety Support juga hadir di kedua pasar tersebut (Indonesia dan Jepang) sebagai fitur keselamatan,” katanya.

    Soal harga nggak jauh beda. Saat ini, Suzuki Fronx di Indonesia dijual dengan harga Rp 259 juta sampai Rp 321,9 juta on the road Jakarta. Sedangkan di Jepang, dikutip dari situs resmi Suzuki Jepang, Suzuki Fronx dijual seharga 2,541 juta yen (Rp 274 jutaan) sampai Rp 2,739 juta yen (Rp 295 jutaan).

    (rgr/din)

  • Kemenangan Gila Pebalap Indonesia Kiandra di Barcelona: Start 24, Finis ke-1

    Kemenangan Gila Pebalap Indonesia Kiandra di Barcelona: Start 24, Finis ke-1

    Jakarta

    Pebalap asal Sleman Kiandra Ramadhipa meraih kemenangan sensasional di Barcelona. Memulai balapan dari posisi ke-24, dia berhasil finis di posisi pertama!

    Pebalap Honda Asia-Dream Racing Junior Team, Kiandra Ramadhipa, bikin kejutan di ajang European Talent Cup yang digelar di Circuit de Catalunya, Barcelona. Rider asal Sleman itu mencatatkan kemenangan yang fantastis sebab memulai balapan dari posisi belakang.

    Rama diketahui start dari posisi ke-24. Namun perlahan tapi pasti merangsek ke posisi teratas. Hingga akhirnya dia menyalip Carlos Cano jelang garis finis dan keluar sebagai pemenang setelah unggul 0,007 detik.

    “Kemenangan gila di ETC! Dari posisi ke-24 jadi ke posisi 1. Kiandra Ramadhipa melesat menuju kemenangan,” demikian ditulis akun X FIM Junior GP.

    Alhasil, Rama berhasil mengumandangkan Indonesia Raya di Barcelona. Dia pun menangis terharu saat mendengarkan lagu Indonesia Raya dikumandangkan. Menjalani debut perdananya di ETC 2025, rider kelahiran 4 Desember tahun 2009 itu sudah meraih tiga podium dan dua kemenangan. Dia kini bertengger di posisi ketiga di bawah Carlos Cano dan Fernando Bujosa. Rama telah mengantongi 129 poin atau berselisih 26 poin dari sang pemuncak klasemen.

    Di ETC, Rama menunggangi Honda NSF250R yang sebelumnya telah digunakan pada ajang persaingan Asia Talent Cup 2024. Ramadhipa mengakhiri musim tersebut dengan dua kemenangan dan satu podium tambahan, mengamankan posisi keempat klasemen akhir.

    Di ajang ARRC kelas Asia Production 250, Rama juga tampil konsisten dengan tiga kemenangan dan sekali posisi kedua, hingga menutup musim di posisi ketiga klasemen. Rama pun memulai musim Eropa ini dengan catatan positif, yakni meraih poin di debut Red Bull Rookies Cup 2025 pada dua balapan pembuka di Jerez.

    (dry/din)