Jenis Media: Otomotif

  • Pemutihan Pajak Kendaraan Diperpanjang: Denda-Tunggakan Dihapus!

    Pemutihan Pajak Kendaraan Diperpanjang: Denda-Tunggakan Dihapus!

    Jakarta

    Pemutihan pajak kendaraan tanpa kena denda dan tunggakan di Provinsi Lampung diperpanjang. Buat yang nunggak pajak kendaraan hanya perlu bayar pajak tahun berjalan.

    Pemutihan pajak kendaraan diterapkan di berbagai daerah pada tahun 2025. Salah satunya dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Lampung. Dalam catatan detikOto, pemutihan pajak kendaraan di Lampung sudah bergulir sejak 1 Mei 2025.

    Adapun program pemutihan yang berlaku di Lampung antara lain penghapusan semua denda dan tunggakan pajak kendaraan bermotor masa lalu. Denda tunggakan Jasa Raharja juga dihapuskan. Syaratnya hanya dengan membayar pajak kendaraan tahun berjalan. Program ini berlaku hingga 31 Juli 2025.

    Selanjutnya, pemutihan pajak kendaraan di Lampung itu dilakukan perpanjangan. Perpanjangannya berlaku pada 1 Agustus-31 Oktober 2025. Lewat perpanjangan itu, penunggak pajak masih bisa memanfaaatkan penghapusan denda telat bayar, penghapusan tunggakan pokok PKB, hingga penghapusan denda tunggakan SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan).

    Tapi rupanya, di akhir bulan Oktober 2025, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Lampung kembali melakukan perpanjangan program pemutihan. Dilihat detikOto dalam laman Instagram Bapenda Lampung, perpanjangan program pemutihan ini berlaku mulai 1 November hingga 6 Desember 2025.

    “Akhir akhir ini banyak banget nih yang nanyain mimin soal adakah perpanjangan Pemutihan? , karena banyaknya antusias dan semangat dari masyarakat nih mimin informasikan Perpanjangan Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor sampai 6 Desember 2025,” demikian tertulis pada akun Instagram tersebut.

    Selain bebas tunggakan pokok, denda PKB, dan pembebasan bea balik nama serta pajak progresif, Bapenda Lampung juga punya keringanan lainnya. Mutasi kendaraan ke Lampung akan dibebaskan pajak satu tahun ke depan. Bea balik nama juga dibebaskan.

    Sebagai caatan, untuk SWDKLLJ dan PNBP (pelat, STNK, dan BPKB) tetap dibayarkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Selanjutnya untuk mutasi dalam daerah (antar kabupaten atau kota) tetap membayar pajak 1 tahun berjalan.

    Pemutihan ini juga hanya berlaku untuk kendaraan yang jatuh tempo maksimal 31 Desember 2025 dan pembayaran dapat dilakukan 30 jari sebelum jatuh tempo.

    (dry/din)

  • Kenalan Sama Airbus A400M, Si Raksasa Udara Terbaru TNI AU!

    Kenalan Sama Airbus A400M, Si Raksasa Udara Terbaru TNI AU!

    TNI AU baru saja membeli pesawat angkut terbesar nih, detikers!

    Akhirnya, pada hari ini pesawat Airbus A400M resmi mendarat di Lanud Halim Perdanakusuma dan langsung disabut tradisi water salute. Gagah, canggih, dan siap bantu berbagai misi udara.

    Penasaran gak sih gimana spesifikasinya? Yuk, cari tau dalam video ini!

  • Suzuki Indonesia Kirim 4 Orang Berguru ke Jepang

    Suzuki Indonesia Kirim 4 Orang Berguru ke Jepang

    Hamamatsu

    Suzuki tak hanya jualan kendaraan mobil atau motor. Pabrikan otomotif berlogo ‘S’ ini juga melakukan people development atau pengembangan sumber daya manusianya demi meningkatkan kualitas produknya.

    PT Suzuki Indomobil Motor (SIM), sebagai perusahaan pabrik kendaraan Suzuki di Indonesia, mengirimkan empat orang karyawannya untuk berguru ke Jepang. Mereka adalah Arif Rahman Malis sebagai Assist to Section Head of Development Quality Assurance, Refka Darmawan Tryantama sebagai Staff of Field Quality Assurance 4W, Widya Cahya Mahendra sebagai Supervisor of Design Engineering Body Design Group, serta Mochammad Ridwan, Staf of Design Engineering Body Design Group.

    Arif Rahman Malis mengatakan, dia dikirim ke Jepang untuk mempelajari cara Suzuki Jepang melakukan pengujian kendaraan di pusat pengujiannya di Hamamatsu, Jepang.

    “Suzuki trennya mau ke hybrid dan mobil listrik. Itu yang lagi kami uji saat ini. Dan apakah nanti masuk Indonesia atau tidak, itu urusan manajemen. Tapi tugas kami saat ini mempelajarinya, agar ketika itu nanti diterapkan di Indonesia, kami bisa mengujinya,” kata Malis saat ditemui di kantor pusar Suzuki Motor Corporation di Hamamatsu, Jepang.

    Begitu juga Refka. Di SMC, Refka belajar terkait failure dan material analysis. Menurut Refka, Suzuki Indonesia ingin meningkatkan kapasitasnya untuk menganalisa ketika ada problem di kendaraan. Agar tidak ada kegagalan material, Suzuki Indonesia ingin bisa melakukan pengetesan sendiri. “Untuk itu saya sebagai salah satu orang yang dikirim ke Suzuki Jepang untuk mempelajari hal tersebut,” kata Refka.

    Lanjut, Widya yang bertanggung jawab di Design Engineering Body Design Group di Suzuki Indomobil Motor punya peran dalam persiapan produksi. Di Jepang, Widya dilatih untuk belajar lebih detail mengenai upper body design dan desain eksterior. Hal yang sama juga dilakukan Ridwan sebagai Staf of Design Engineering Body Design Group.

    “Kami mulai melakukan training sejak 2023, jadi sudah 2 tahun. Kami akan fokus terkait pengembangan untuk upper body design. Untuk saat ini fokus kami untuk upper body design,” ucap Ridwan.

    (rgr/dry)

  • Bali United FC Punya Bus Baru, Intip Fasilitasnya

    Bali United FC Punya Bus Baru, Intip Fasilitasnya

    Jakarta

    Klub BRI Super League, Bali United FC, baru saja merilis armada bus baru buat kebutuhan operasionalnya. Bus ini menggunakan bodi buatan Laksana yang dipadu sasis Hino. Seperti apa fasilitas yang ditawarkan bus ini?

    Seperti dilihat di unggahan Instagram @laksanabus, bus terbaru Bali United FC ini memakai bodi Legacy SR3 Neo HD Prime Ultimate Edition. Bus menggunakan warna hitam dengan grafis barongan Bali berwarna merah. Selain itu, pada bodi samping juga terdapat tulisan ‘Bali United’ berukuran besar.

    Tampak depan, bus ini tampil gahar dengan lampu proyektor, ditunjang lampu LED DRL yang modern. Bus ini juga menggunakan kaca depan ganda yang makin bikin bus ini terlihat gagah.

    Geser ke bagian kabin, interior bus ini tampak mewah dengan lantai beraksen kayu. Di samping itu, bus ini menggunakan format kursi 2-2 dengan warna hitam dikombinasi aksen merah. Disematkan pula logo Bali United di punggung kursi sebagai penegas identitas.

    Terdapat sejumlah fasilitas di bus ini untuk memanjakan penggawa Bali United FC, seperti televisi berukuran besar di depan, kemudian sound system, legroom yang luas, dan sudah disediakan first aid box untuk pertolongan pertama pada kecelakaan.

    Bus ini memang tidak dibekali toilet. Namun rasanya fasilitas itu tidak terlalu diperlukan, sebab bus operasional klub ini umumnya digunakan hanya untuk jarak dekat, seperti dari mess atau hotel, menuju ke tempat latihan atau stadion.

    Armada operasional Bali United FC ini menggunakan sasis besutan Hino tipe RM 280 ABS Air Suspension Euro 4.

    (lua/dry)

  • Peran Lexus saat Century Hadir Sebagai Brand Tertinggi Toyota

    Peran Lexus saat Century Hadir Sebagai Brand Tertinggi Toyota

    Jakarta

    Toyota Motor Corp resmi memperkenalkan brand super mewah mereka Century pada ajang Japan Mobility Show (JMS) 2025. Tentu hal ini cukup mengejutkan mengingat brand mewah Toyota sebelumnya adalah Lexus. Lalu bagaimana peran Lexus di Toyota Group saat ini?

    Menjawab rasa penasaran President Lexus International Takashi Watanabe memberikan jawabannya dan memastikan Lexus akan terus berkembang seiring semakin beragamnya nilai satu kemewahan.

    “Jadi, pertama-tama hingga saat ini, Lexus sebagai brand kami bukan hanya sekadar melahirkan mobil yang mobil sporty atau mobil yang lincah. Kami juga telah merancang dengan desain yang mencolok dan indah. Tampilannya keren, sangat bagus. Jadi, keduanya berpadu menjadi orisinalitas kami sebagai keunikan Lexus. Lexus adalah sebuah brand,” ucap Watanabe.

    Watanabe menggambarkan transformasi Lexus untuk tetap menjadi brand Luxury atau mewah, diawali dengan berubah maknanya LS yang sebelumnya sebagai Luxury Sedan menjadi Luxury Space.

    “Seperti LS adalah sebuah kendaraan yang benar-benar menetapkan standar kualitas kami. Keheningan dan benar-benar menggabungkan keahlian Jepang dalam melahirkan kendaraan. Dan itulah yang menjadi DNA brand kami, Lexus,” kata Watanabe

    Lexus LS Micro Concept Foto: Luthfi Andhika/detikOto

    “Sehingga, kami perlu mewarisi dan melanjutkannya. Jadi, untuk menjawab pertanyaan Anda, ketika kita bergerak menuju masa depan dunia yang berubah dengan cepat, cara kita menggunakan mobil pun berubah. Kemewahan itu sendiri terus berkembang. Itu berubah, nilai-nilai kami pun berubah, kebutuhan masyarakat semakin beragam,” Watanabe menambahkan.

    Untuk itu Watanabe menjelaskan sudah waktunya Lexus untuk bertransformasi untuk memenuhi kebutuhan kelas atas untuk ber-mobilisasi baik di darat, laut dan udara.

    “Jadi, kami tidak bisa dan tidak akan melanjutkannya sebagai perpanjangan dari apa yang telah kami lakukan hingga saat ini. Ketika kita melihat masa depan mobilitas, kita perlu bertanya, bagaimana kita akan mencapainya? Untuk mencapainya, salah satu kata kuncinya, seperti yang telah kami katakan, adalah menemukan,” ujar Watanabe.

    “Kita perlu membuat penemuan-penemuan baru. Maka, pertunjukan hari ini (Japan Mobility Show 2025) adalah puncak dari perubahan besar ini, pergeseran besar ini, dan semuanya terwujud dalam mobil-mobil dan visi kami (melahirkan mobil dengan 6 roda, kapal mewah Yacht, hingga mobil mungil personal),” tutup Watanabe.

    (lth/rgr)

  • Bos Chery Minta Maaf Duluan Soal Inden Jaecoo J5, Ada Apa?

    Bos Chery Minta Maaf Duluan Soal Inden Jaecoo J5, Ada Apa?

    Jakarta

    Jaecoo, sub brand merek premium dari Chery, resmi mengumumkan harga Jaecoo J5 di Indonesia. Mobil itu sudah dirakit lokal. Pengiriman unit ke garasi konsumen dilakukan mulai bulan November 2025.

    President Director of Chery Group Indonesia Zeng Shuo menyampaikan permintaan maaf kepada konsumen terkait masa tunggu pemesanan (inden) unit.

    “Kita bersiap stok, karena semuanya rakit di Indonesia, bukan CBU,” kata Zeng Shuo di Jakarta Selatan, Senin (3/11/2025).

    “Dari awal nggak akan langsung besar, kita perlu waktu produksi. Kita akan lihat market-nya, saya juga minta maaf duluan kalau nanti indennya panjang,” kata Zeng Shou.

    Pernyataan ini menunjukkan adanya tantangan di balik proses lokalisasi dan distribusi.

    Jaecoo J5 EV Foto: Dok. Istimewa

    Untuk pasar Indonesia, Jaecoo telah melakukan perakitan lokal untuk model-model tertentu seperti Jaecoo J5 EV dan Jaecoo J8 di pabrik yang berlokasi di Bekasi, Jawa Barat.

    Zeng Shuo menambahkan akan melihat permintaan pasar ke depannya. Pihaknya juga bakal menyesuaikan kapasitas produksi dalam negeri untuk model J5 EV.

    “Kita semuanya rakit di Indonesia, kita waktunya lebih panjang untuk produksi. Tapi tidak segampang langsung bisa shipment CBU. Tapi kita akan adjust cepat,” kata Zeng Shuo.

    “Kalau kita lihat ada demand dari market, kita pasti akan usahakan kasih konsumen mobil secepatnya, kita juga tidak berharap konsumen inden lama-lama,” tambah dia.

    Harga Jaecoo J5 EV terbilang kompetitif. Jaecoo J5EV sekarang bisa ditebus Rp 249,9 juta untuk tipe termurah, sedangkan versi termahal Rp 299,9 juta. Lebih murah dibanding harga pre booking saat Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025. Perlu menjadi catatan, harga itu dipasarkan untuk 1.000 konsumen pertama yang membeli Jaecoo J5.

    Secara performa, Jaecoo J5 EV dibekali motor listrik bertenaga 155 kW (setara 210 PS) dengan torsi puncak 288 Nm, menawarkan akselerasi instan khas mobil listrik. Baterai mobil ini berkapasitas 60,9 kWh yang mampu menempuh jarak hingga 461 km dalam sekali isi daya (berdasarkan standar NEDC). Lewat teknologi pengisian cepat 130 kW, daya dapat terisi dari 30 hingga 80 persen hanya dalam 28 menit.

    (riar/rgr)

  • Ada Darat, Laut dan Udara!

    Ada Darat, Laut dan Udara!

    Tokyo

    Sebagai raksasa otomotif dunia, Honda tak hanya membuat mobil dan motor untuk mobilitas darat. Perusahaan asal Jepang itu juga membuat produk lain untuk mengakomodasi mobilitas laut, udara dan luar angkasa.

    Pada pameran Japan Mobility Show atau JMS 2025, Honda menampilkan seluruh pilihan mobilitas yang dimilikinya. Bahkan, mereka turut menghadirkan roket luar angkasa yang sudah menjalani uji coba di Hokkaido, Jepang, pada Juni lalu.

    Chief Executive Officer (CEO) Honda Motor Corporation (HMC), Toshihiro Mibe mengatakan, mobilitas bukan hanya terjadi di darat, melainkan juga laut dan udara. Menurutnya, bukan tak mungkin, mobilitas manusia juga terjadi di luar angkasa.

    “Selain produk dan teknologi sepeda motor serta mobil, sebagai perusahaan mobilitas yang komprehensif, Honda telah menawarkan berbagai produk mobilitas untuk darat, laut, dan udara,” ujar Toshihiro Mibe di Tokyo, Jepang, belum lama ini.

    Roket Honda Foto: (Septian Farhan Nurhuda/detikOto)

    “Termasuk produk daya seperti cangkul dan mesin tempel, serta HondaJet, jet bisnis ringan, Honda menawarkan berbagai produk mobilitas yang akan membantu orang-orang mengembangkan potensi hidup mereka,” tambahnya.

    Untuk mobilitas darat, Honda menampilkan Zero-series, seperti Zero Alpha, Zero SUV dan Zero Saloon. Kemudian ada juga Honda Super One yang digadang-gadang akan menjadi hatchback listrik sejuta umat. Seluruhnya akan dipasarkan secara global sebentar lagi.

    Di segmen roda dua, ada dua motor listrik bertampang radikal yang ditampilkan Honda, yakni EV Urban Concept dan EV Outlier Concept. Sementara untuk mobilitas lain, ada pesawat terbang dan mesin tempel kapal. Seluruhnya, benar-benar menunjukkan betapa seriusnya Honda menyongsong era masa depan.

    “Misi kami lebih dari sekadar memproduksi kendaraan, kami ingin menciptakan mobilitas yang membawa kebahagiaan, keselamatan, dan keberlanjutan bagi semua orang,” tuturnya.

    “Elektrifikasi bukanlah tujuan akhir, melainkan langkah menuju masa depan di mana manusia dan teknologi hidup berdampingan secara harmonis,” kata dia menambahkan.

    (sfn/rgr)

  • Antusiasme Pengendara Sambut Kembalinya BBM Ron 92 di SPBU BP Bekasi

    Antusiasme Pengendara Sambut Kembalinya BBM Ron 92 di SPBU BP Bekasi

    Antusiasme Pengendara Sambut Kembalinya BBM Ron 92 di SPBU BP Bekasi

  • Ternyata Segini Pajak Tahunan Honda Vario 160 Kepemilikan Kedua

    Ternyata Segini Pajak Tahunan Honda Vario 160 Kepemilikan Kedua

    Jakarta

    Pajak tahunan Honda Vario kepemilikan kedua tahun 2025 ternyata tembus Rp 500 ribuan. Berikut ini rincian pajak Honda Vario 160.

    Pajak tahunan setiap kendaraan berbeda-beda. Bukan cuma modelnya yang mempengaruhi, jumlah kepemilikan juga ikut mempengaruhi besar pajaknya. Misalnya untuk satu model yang sama, namun terdaftar untuk kendaraan pertama atau kedua maka pajak tahunannya akan berbeda.

    Mengambil contoh untuk pajak tahunan Honda Vario 160 keluaran tahun 2025 ternyata mencapai Rp 500 ribuan. Ditelusuri detikOto dalam Informasi data Kendaraan dan Pajak Kendaraan Bermotor Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, berikut ini pajak Honda Vario kepemilikan kedua.

    Pajak Tahunan Honda Vario 160 Kepemilikan KeduaPKB Pokok: Rp 501 ribuSWDKLLJ: Rp 35 ribuTotal: Rp 536 ribu

    Nah itu tadi pajak tahunan Vario 160 kepemilikan kedua. Kalau mengacu pada tarif pajak progresif di Jakarta, kendaraan kepemilikan kedua dikenakan tarif 3 persen dari Dasar Pengenaan PKB. Sedangkan kalau kepemilikan pertama, tentu pajaknya lebih rendah.

    Untuk diketahui, kendaraan kepemilikan pertama di Jakarta kena tarif 2 persen. Maka dengan DP PKB Rp 16,7 juta untuk Vario 160, maka pajak tahunannya Rp 370 ribuan. Rincian hitungannya sebagai berikut.

    Hitungan Pajak Tahunan Honda Vario Kepemilikan Pertama

    PKB Pokok: Rp 334 ribuSWDKLLJ: Rp 35 ribuTotal: Rp 369 ribuSpesifikasi Honda Vario 160

    Pajak itu bisa jadi berbeda bila Vario 160 terdaftar di wilayah luar Jakarta. Sebab, ada juga opsen yang dibebankan terhadap pemilik kendaraan di luar Jakarta.

    Soal spesifikasi, Honda Vario dibekali dengan mesin 156,9 cc 4 katup eSP+, berpendingin cairan. Motor ini bisa memuntahkan tenaga 15,4 PS (15,1 dk) di 8.500 rpm dengan torsi puncak 13,8 Nm di 7.000 rpm.

    Honda Vario 160 diklaim punya konsumsi bahan bakar 46,9 km/liter. Pengetesan dilakukan melalui pengaktifan fitur ramah lingkungan Idling Stop System dengan metode pengetesan WMTC (World-wide Motorcycle Test Cycle) Euro 3.

    Adapun sejumlah fitur unggulan yang tersemat pada Honda Vario 160, salah satunya Honda Smart Key System yang dilengkapi alarm dan answer back system. Hal ini untuk memberikan keamanan ekstra agar motor tidak mudah dicuri.

    (dry/rgr)

  • Augusto Fernandez Ungkap Alasan Kenapa Quartararo Tak Terkesan dengan M1 V4

    Augusto Fernandez Ungkap Alasan Kenapa Quartararo Tak Terkesan dengan M1 V4

    Jakarta

    Yamaha sedang mengembangkan YZR-M1 bermesin V4 untuk menggantikan mesin inline-4 yang digunakan saat ini. Tapi mesin baru tersebut ternyata belum bisa membuat Fabio Quartararo terkesan. Pebalap penguji Yamaha, Augusto Fernandez, mengungkapkan alasannya.

    Sebagai informasi, Quartararo sebelumnya telah menguji M1 V4 di Sirkuit Misano beberapa waktu lalu. Setelah mencobanya, Quartararo mengaku kurang terkesan performa motor tersebut. Kata El Diablo, mesin M1 V4 masih memiliki masalah serupa dengan mesin inline-4 milik Yamaha saat ini.

    Proyek mesin V4 sendiri menjadi langkah besar Yamaha untuk mengejar ketertinggalan dari rival-rivalnya seperti Ducati, KTM, dan Aprilia yang lebih duluan pakai konfigurasi mesin tersebut. Bahkan, proyek ini disebut sebagai ‘upaya terakhir’ Yamaha untuk meyakinkan Quartararo agar tetap bertahan setelah kontraknya berakhir pada 2026.

    Fernandez, yang sempat ikut menjajal motor V4, mengaku memahami rasa frustrasi Quartararo. Namun, ia menegaskan bahwa proyek ini membutuhkan waktu agar hasilnya benar-benar bisa dirasakan di lintasan.

    “Saya mengerti Fabio, karena dia adalah seseorang yang ingin menang besok,” kata Fernandez dikutip dari Crash.

    “Tetapi kami masih perlu sedikit kesabaran. Di Malaysia dengan V4, kami akan kesulitan seperti di Misano, karena ada dua lintasan lurus pendek, dan ketika sampai di sektor empat, itu adalah fase di mana Anda tidak perlu memperhatikan waktu. Kita harus fokus pada feeling. Tapi saya yakin motor yang bagus akan muncul,” tambah Fernandez.

    Meski Quartararo belum menunjukkan kepuasan, Yamaha tampaknya tetap berkomitmen melanjutkan pengembangan mesin V4 tersebut. Motor ini diharapkan bisa memberi tenaga dan stabilitas yang lebih baik di tikungan, dua area yang selama ini jadi kelemahan utama M1.

    Fernandez sendiri dijadwalkan kembali turun sebagai wildcard pada seri final MotoGP 2025 di Sirkuit Valencia. Setelah itu, motor empat silinder segaris Yamaha dikabarkan akan dipensiunkan dari pengujian pasca-balapan, sekaligus menandai babak baru proyek ambisius Yamaha dalam menghadirkan motor V4 yang lebih kompetitif.

    (lua/din)