Jenis Media: Otomotif

  • Seberapa Mahal Jasa Taksi di Tokyo?

    Seberapa Mahal Jasa Taksi di Tokyo?

    Tokyo

    Konon katanya menggunakan taksi di Jepang itu relatif mahal. Tapi apa memang benar-benar mahal atau tidak ya? Saat menyambangi event otomotif dunia Japan Mobility Show (JMS) 2025 bersama Lexus Indonesia yang digelar di Tokyo Jepang, tim detikOto kerap sekali bermobilitas menggunakan taksi, sekaligus membuktikan mitos tersebut.

    Sebutan taksi di Tokyo Jepang relatif mahal dirasa ada benar-nya, atau mungkin bisa jadi taksi bisa lebih efektif untuk menempuh perjalanan selama di Tokyo.

    Berdasarkan riset detikOto, biaya taksi di Jepang itu bervariasi tergantung berada di kota mana. Di Tokyo sendiri dikatakan mencapai 410-730 yen untuk sekitar 1 km pertama, dan memiliki biaya tambahan sekitar 100 yen per 300 meter berikutnya.

    Saat detikOto bersama Lexus Indonesia menggunakan taksi, saat membuka pintu dan duduk di dalamnya, sang pengendara akan menanyakan ke mana lokasi yang hendak dituju. Setelah mengetahui lokasi, maka sopir taksi akan memulai argo-nya. Terlihat saat pertama kali argo dimulai, biayanya menunjukan sekitar 500 Yen atau setara dengan Rp 54.367 (dengan kurs 1 Yen = Rp 108,09).

    Sebagai contoh saat detikOto bersama tim Lexus Indonesia menggunakan jasa taksi, dari Hotel Prince Sakura Tower Tokyo menuju ANNEX Sumo Asakusa itu mencapai 1.500 Yen (atau setara dengan Rp 163.103). Jika dihitung jarak, perjalanan itu hanya menempuh jarak 14 km.

    Ilustrasi Taksi di Tokyo Jepang Foto: Rangga Rahadiansyah

    Jika dibandingkan menggunakan kereta bawah tanah, jelas pilihan taksi sangat mahal. Soalnya saat memilih menggunakan kereta bawah tanah, biayanya hanya mencapai sekitar 300’an Yen. Dengan rute kereta jalur Yamanote Line menuju Station Asakusa.

    Tentu ada perbandingan harga yang sangat mencolok antara taksi dan kereta bawah tanah. Akan tetapi waktu tempuh jauh berbeda dan lebih cepat menggunakan taksi sehingga bisa dikatakan jauh lebih efektif menghemat waktu.

    Nah jika detikers hendak menggunakan jasa taksi di Jepang, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Diantaranya:

    – Pastikan saat menggunakan taksi, hanya beranggotakan kelompok kecil. Soalnya taksi di Tokyo Jepang hanya mengangkut 4 orang penumpang saja.

    – Periksa stiker pembayaran. Saat hendak menggunakan jasa taksi di Tokyo Jepang, jangan lupa untuk memeriksa stiker pembayaran. Apakah taksi tersebut bisa melakukan transaksi dengan kartu kredit atau tidak, tentu hal ini dilakukan saat tidak memiliki uang cash.

    – Pertimbangkan dengan baik. Ada baiknya sebelum detikers menggunakan jasa taksi, perhatikan terlebih dahulu jarak dan biaya. karena jika tidak membutuhkan waktu yang terburu-buru, menggunakan kereta bawah tanah di Jepang bisa menjadi pilihan yang tepat.

    (lth/din)

  • Seberapa Mahal Jasa Taksi di Tokyo?

    Seberapa Mahal Ongkos Taksi di Tokyo?

    Tokyo

    Konon katanya menggunakan taksi di Jepang itu relatif mahal. Tapi apa memang benar-benar mahal atau tidak ya? Saat menyambangi event otomotif dunia Japan Mobility Show (JMS) 2025 bersama Lexus Indonesia yang digelar di Tokyo Jepang, tim detikOto kerap sekali bermobilitas menggunakan taksi, sekaligus membuktikan mitos tersebut.

    Sebutan taksi di Tokyo Jepang relatif mahal dirasa ada benar-nya, atau mungkin bisa jadi taksi bisa lebih efektif untuk menempuh perjalanan selama di Tokyo.

    Berdasarkan riset detikOto, biaya taksi di Jepang itu bervariasi tergantung berada di kota mana. Di Tokyo sendiri dikatakan mencapai 410-730 yen untuk sekitar 1 km pertama, dan memiliki biaya tambahan sekitar 100 yen per 300 meter berikutnya.

    Saat detikOto bersama Lexus Indonesia menggunakan taksi, saat membuka pintu dan duduk di dalamnya, sang pengendara akan menanyakan ke mana lokasi yang hendak dituju. Setelah mengetahui lokasi, maka sopir taksi akan memulai argo-nya. Terlihat saat pertama kali argo dimulai, biayanya menunjukan sekitar 500 Yen atau setara dengan Rp 54.367 (dengan kurs 1 Yen = Rp 108,09).

    Sebagai contoh saat detikOto bersama tim Lexus Indonesia menggunakan jasa taksi, dari Hotel Prince Sakura Tower Tokyo menuju ANNEX Sumo Asakusa itu mencapai 1.500 Yen (atau setara dengan Rp 163.103). Jika dihitung jarak, perjalanan itu hanya menempuh jarak 14 km.

    Ilustrasi Taksi di Tokyo Jepang Foto: Rangga Rahadiansyah

    Jika dibandingkan menggunakan kereta bawah tanah, jelas pilihan taksi sangat mahal. Soalnya saat memilih menggunakan kereta bawah tanah, biayanya hanya mencapai sekitar 300’an Yen. Dengan rute kereta jalur Yamanote Line menuju Station Asakusa.

    Tentu ada perbandingan harga yang sangat mencolok antara taksi dan kereta bawah tanah. Akan tetapi waktu tempuh jauh berbeda dan lebih cepat menggunakan taksi sehingga bisa dikatakan jauh lebih efektif menghemat waktu.

    Nah jika detikers hendak menggunakan jasa taksi di Jepang, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Diantaranya:

    – Pastikan saat menggunakan taksi, hanya beranggotakan kelompok kecil. Soalnya taksi di Tokyo Jepang hanya mengangkut 4 orang penumpang saja.

    – Periksa stiker pembayaran. Saat hendak menggunakan jasa taksi di Tokyo Jepang, jangan lupa untuk memeriksa stiker pembayaran. Apakah taksi tersebut bisa melakukan transaksi dengan kartu kredit atau tidak, tentu hal ini dilakukan saat tidak memiliki uang cash.

    – Pertimbangkan dengan baik. Ada baiknya sebelum detikers menggunakan jasa taksi, perhatikan terlebih dahulu jarak dan biaya. karena jika tidak membutuhkan waktu yang terburu-buru, menggunakan kereta bawah tanah di Jepang bisa menjadi pilihan yang tepat.

    Bersama Lexus tim detikOto ke berbagai tempat, mengunakan moda transportasi yang beragam Diawali menggunakan kereta bawah tanah, taksi, taksi online hingga helikopter untuk mengelilingi kota Tokyo, Jepang. Nah mau tahu keseruannya, terus pantau detikOto ya detikers.

    (lth/din)

  • Mengenal Pesawat Kolaborasi Toyota dan Joby

    Mengenal Pesawat Kolaborasi Toyota dan Joby

    Tokyo

    Pada ajang Japan Mobility Show (JMS) 2025, booth Lexus memberi kejutan dengan memperlihatkan kendaraan konsep yang dinilai bakal menjadi kendaraan yang cocok di masa depan. Namun lebih menarik lagi, di booth Lexus pesawat terbang ikut terparkir di dalamnya.

    Rupanya pesawat yang terparkir di booth Lexus tersebut, merupakan hasil kolaborasi Toyota, Lexus dan Joby sebuah perusahaan maskapai yang bermarkas di Santa Cruz, California, Amerika Serikat.

    Sebagai catatan Joby merupakan perusahaan maskapai pesawat terbang, yang berdiri sejak 2009 yang mengembangkan pesawat lepas landas dan mendarat secara vertikal elektronik atau electric vertical takeoff and landing (eVTOL) yang diperuntukan untuk menjadi taksi terbang.

    Dipilihnya Joby untuk bisa bekerjasama dengan Toyota tidak main-main, soalnya perusahaan Joby Aviation sendiri ini meruapakan perusahaan yang dinilai cukup berkembang karena ikut mengembangkan electrics motors, flight software dan baterai lithium-ion, bahkan Joby sendiri ikut berpartisipasi dalam projek NASA X-57 Maxwell dan LEAPTech.

    Pesawat kolaborasi Toyota dengan Joby. Foto: M Luthfi Andika/detik.com

    Sehingga Joby dinilai memang pantas untuk bisa berada di booth Lexus di Japan Mobility Show (JMS) 2025. Karena kolaborasi Toyota dan Joby ini sangat memungkinkan untuk bisa diwujudkan di masa depan.

    “Iya ini merupakan pesawat hasil kolaborasi dari Toyota dan Joby,” ucap Project Manager Grouplobal Communication Group, product Promotion Dept, Lexus Branding Enhancement Div, Atsushi Kuroda, saat ditemui detikOto di Japan mobility Show (2025).

    Kuroda menambahkan saat ini pesawat Toyota ini sudah dan terus melakukan pengujian, hal ini dilakukan agar pesawat ini benar-benar bisa terealisasi.

    “Ini merupakan pengembangan pesawat beberapa tahun lalu. Dan untuk pesawat ini masih dan terus diuji, saat ini pesawat Toyota dan Joby ini tengah diuji dai Dubai, Amerika Serikat dan di Jepang sendiri,” Kuroda menambahkan.

    Namun sayang, Kuroda tidak membocorkan spesifikasi apa yang akan ditawarkan taksi terbang Toyota ini.

    “Untuk jarak, baterai apa yang akan digunakan, jumlah penumpang, itu belum bisa kami ungkapkan. Akan tetapi yang pasti pesawat ini bakal menjadi pesawat listrik,” tutup Kuroda yang mengaku pernah berkunjung ke Indonesia.

    (lth/din)

  • Canggih! Pabrik Mobil Changan Mayoritas Dikerjakan Robot

    Canggih! Pabrik Mobil Changan Mayoritas Dikerjakan Robot

    Canggih! Pabrik Mobil Changan Mayoritas Dikerjakan Robot

  • Apa Tujuan Honda Bikin Roket Luar Angkasa?

    Apa Tujuan Honda Bikin Roket Luar Angkasa?

    Tokyo

    Berbeda dengan produsen lain, Honda secara mengejutkan membawa roket luar angkasa ke pameran Japan Mobility Show 2025. Lantas, apa tujuan mereka membuat mobilitas masa depan tersebut?

    Chief Executive Officer (CEO) Honda Motor Company (HMC), Toshihiro Mibe menjelaskan, di masa depan, mobilitas bukan hanya terjadi di darat dan laut, melainkan juga di udara dan antariksa. Itulah mengapa, pihaknya dengan percaya diri mengembangkan roket luar angkasa.

    “Selain produk dan teknologi sepeda motor serta mobil, sebagai perusahaan mobilitas yang komprehensif, Honda telah menawarkan berbagai produk mobilitas untuk darat, laut, dan udara,” ujar Mibe di Tokyo, Jepang.

    “Honda menawarkan berbagai produk mobilitas yang akan membantu orang-orang mengembangkan potensi hidup mereka,” tambahnya.

    CEO Honda, Toshihiro Mibe. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikcom

    Mibe sadar, mengembangkan roket bukan pekerjaan mudah. Sebab, teknologinya sangat berbeda dengan mobil atau sepeda motor. Meski demikian, dia dan timnya tetap berupaya menghadirkan mobilitas masa depan tersebut.

    “Penelitian dan pengembangan roket Honda baru saja melalui langkah pertama. Apa pun kesulitan yang menghadang, Honda akan mengatasinya dengan terus menantang batas tanpa pernah menyerah,” ungkapnya.

    Sadar membuat roket tak mudah, Honda tak mau buru-buru mengoperasikan roket tersebut secara massal. Bahkan, ‘kendaraan’ itu baru mulai mengorbit pada 2030 atau lima tahun lagi.

    “Proyek roket yang dapat digunakan kembali (reusable rocket) telah mencapai tahap validasi pendaratan vertikal, dengan target peluncuran satelit ke orbit sekitar tahun 2030,” kata Mibe.

    Sebagai catatan, roket buatan Honda telah menjalani serangkaian uji coba di Hokkaido, Jepang, pada Juni lalu. Pengujian tersebut menandai Honda sebagai perusahaan swasta pertama di Negeri Sakura yang punya proyek roket suborbital pada 2029.

    Roket tersebut punya panjang 6,3 meter, diameter 85 cm, dan berat 900 kilogram. Menariknya, kendaraan uji coba itu mengusung konsep berkelanjutan dan menggunakan teknologi ramah lingkungan.

    (sfn/lth)

  • Skema Nyicil Toyota Avanza Rp 1 Jutaan per Bulan

    Skema Nyicil Toyota Avanza Rp 1 Jutaan per Bulan

    Jakarta

    Nyicil Toyota Avanza bisa Rp 1 jutaan per bulan. Berikut ini skema cicilannya.

    Toyota Avanza bisa dicicil mulai Rp 1 jutaan per bulan. Yang jelas, bila nyicilnya Rp 1 jutaan per bulan, maka uang muka yang kamu bayarkan sudah pasti besar. Dalam simulasi hitungan yang dilakukan detikOto, agar bisa mencicil Avanza RP 1 juta per bulan, uang mukanya harus 80 persen dari total harga. Untuk tahu lengkapnya, berikut ini skema cicilan Avanza Rp 1 jutaan per bulan.

    Skema Cicilan Avanza Rp 1 Jutaan per Bulan

    Avanza 1.3 E M/T

    Harga: Rp 243 juta
    DP 80 persen: 194,4 juta

    Tenor: 36 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 201.307.842
    Cicilan per bulan: Rp 1,938 jutaTenor: 48 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 200.964.326
    Cicilan per bulan: Rp 1,587 jutaTenor 60 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 200.780.276
    Cicilan per bulan: Rp 1,396 juta

    Avanza 1.3 E CVT

    Harga: Rp 258 juta
    DP 80 persen: Rp 206,4 juta

    Tenor: 48 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 213.097.038
    Cicilan per bulan: Rp 1,685 jutaTenor: 60 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 212.901.417
    Cicilan per bulan: Rp 1,482 juta

    Avanza 1.5 G M/T

    Harga: Rp 266 juta
    DP 80 persen: Rp 212,8 juta

    Tenor: 48 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 219.567.551
    Cicilan per bulan: Rp 1,737 jutaTenor: 60 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 219.366.158
    Cicilan per bulan: Rp 1,528 juta

    Avanza 1.5 G CVT

    Harga: Rp 280,8 juta
    DP 80 persen: Rp 224,64 juta

    Tenor: 48 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 231.533.536
    Cicilan per bulan: Rp 1,83 jutaTenor: 60 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 231.320.567
    Cicilan per bulan: Rp 1,609 jutaSpesifikasi Toyota Avanza

    Nah itu tadi skema cicilan Toyota Avanza Rp 1 jutaan per bulan dengan uang muka 80 persen. Bila uang mukanya lebih rendah, maka risikonya cicilannya juga makin besar. Pastikan kondisi keuangan kamu cukup ya sebelum mencicil mobil.

    Sekadar informasi tambahan, Toyota Avanza ditawarkan dalam dua opsi mesin yakni berkapasitas 1.300 cc dan 1.500 cc. Mesin 1NR-VE 1.329 cc 4 silinder menghasilkan tenaga 98 PS dan torsi 12,4 Kgm. Sementara mesin 2NR-VE 1.496 cc 4 silinder menghasilkan tenaga 106 PS dan torsi 14 Kgm. Penerapan teknologi Dual VVT-i disebut andal dan tahan lama dalam menghasilkan tenaga yang memadai dengan efisiensi bahan bakar yang optimal di berbagai kondisi jalan.

    Transmisinya juga memiliki opsi manual dan CVT. Transmisi tersebut dilengkapi dengan split gear baru yang dikembangkan untuk memberikan rasio gigi yang lebih lebar guna menciptakan akselerasi yang bertenaga dan mulus serta pengalaman jelajah yang senyap.

    (dry/lth)

  • Yamaha Resmikan Training Center Mesin Wave Runner Hingga Kapal Se-ASEAN di Bali

    Yamaha Resmikan Training Center Mesin Wave Runner Hingga Kapal Se-ASEAN di Bali

    Jakarta

    Yamaha mendirikan pusat pelatihan mesin jetski, mesin kapal se-ASEAN di Bali, Indonesia. Pusat pelatihan itu berdiri di bawah PT Karya Bahari Abadi yang merupakan distributor resmi Yamaha Marine bersama dengan Yamaha Motor Corporation dan Yamaha Motor Distribution Singapore.

    Pusat pelatihan ini menjadi tonggak penting dalam upaya Yamaha meningkatkan kompetensi teknisi dan memperkuat layanan purna jual di kawasan Asia Tenggara.

    Peresmian ini dihadiri oleh jajaran direksi KBA, Presiden Direktur PT KBA, Gatot, serta perwakilan dari YMC Jepang, YDS Singapura, dan Japan International Cooperation Agency (JICA). Kehadiran para tamu kehormatan ini menegaskan komitmen Yamaha untuk terus berinvestasi dalam pengembangan sumber daya manusia yang unggul di bidang kelautan.

    “Pembangunan fasilitas ini merupakan bagian dari komitmen jangka panjang Yamaha dan KBA dalam menyediakan layanan purna jual terbaik melalui peningkatan kemampuan teknisi dan edukasi berstandar internasional,” ungkap Gatot dalam siaran persnya.

    Yamaha Southeast Asia Regional Training Center hadir di Bali, Indonesia. Foto: dok. PT KBA

    Pusat pelatihan ini pertama kali dibangun pada tahun 2019 dan telah menjalankan berbagai program pelatihan seperti Yamaha Technical Academy (YTA), Operator Training, Boat Builder Training, serta Technical School Instructor Training.

    Fasilitas yang tersedia mencakup auditorium, ruang kelas, dan bengkel praktik yang dilengkapi dengan peralatan dan mesin tempel Yamaha Marine, sehingga mampu menunjang kegiatan pelatihan dengan standar global.

    Dengan peningkatan status menjadi Southeast Asia Regional Training Center, fasilitas ini kini tidak hanya melayani pelatihan bagi teknisi dan staf dealer Yamaha di Indonesia, tetapi juga bagi tim distributor resmi Yamaha dari negara-negara tetangga di kawasan Asia Tenggara. Langkah ini diharapkan dapat memperkuat sinergi dan standarisasi kompetensi di tingkat regional.

    Mesin dan Jetski Yamaha Wave Runner Foto: Dok. PT Karya Bahari Abadi (KBA) selaku distributor resmi Yamaha Marine di Indonesia/Istimewa

    “Melalui pusat pelatihan ini, kami ingin memastikan setiap teknisi Yamaha di kawasan Asia Tenggara memiliki pengetahuan, keterampilan, dan semangat ‘Yamaha Kando’ – yaitu memberikan kepuasan yang melampaui harapan pelanggan,” ujar Gatot.

    (lth/dry)

  • Bos Besar Ducati Bongkar Kondisi Terkini Marc Marquez

    Bos Besar Ducati Bongkar Kondisi Terkini Marc Marquez

    Jakarta

    Chief Executive Officer (CEO) Ducati, Claudio Domenicali mengungkap kondisi terkini Marc Marquez yang mengalami cedera tulang belikat setelah kecelakaan di MotoGP Mandalika, bulan lalu. Dia menegaskan, proses penyembuhannya berjalan baik.

    Sebagai catatan, Marquez telah menjalani operasi di Madrid, Spanyol, sebagai langkah pemulihan cedera. Pebalap berjuluk The Baby Alien itu harus rela absen hingga akhir musim.

    Menurut Domenicali, kondisi Marquez pelan-pelan mulai membaik. Bahkan, kata dia, jika tak ada masalah yang muncul tiba-tiba, pebalap 32 tahun itu sudah bisa lepas perban pekan depan.

    “Minggu depan dia akan melepas perban dan kemudian mulai fisioterapi serta pemulihan,” ujar Domenicali, dikutip dari Motosan, Jumat (7/11).

    Tangkapan layar saat Marc Marquez terjatuh akibat crash dalam race final MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, NTB, Minggu (5/10/2025). (Foto: Edi Suryansyah/detikBali) Foto: Tangkapan layar saat Marc Marquez terjatuh akibat crash dalam race final MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, NTB, Minggu (5/10/2025). (Foto: Edi Suryansyah/detikBali)

    Lebih jauh, pimpinan tertinggi Ducati itu memastikan, Marquez tak mengalami efek samping dari cedera yang dialaminya. Hanya saja, meski sudah ada tanda-tanda membaik, namun waktu pemulihannya memerlukan tambahan waktu.

    “Hal baiknya adalah fiksasi tulang dan ligamen telah pulih sepenuhnya, jadi dia tidak akan mengalami efek samping apa pun, [tetapi] akan ada masa pemulihan yang cukup lama,” kata dia.

    Ducati tak mau memaksakan Marquez kembali ke lintasan. Statusnya sebagai juara dunia sudah cukup membuat tim asal Borgo Panigale itu memilih fokus pada pemulihan penuh si pebalap.

    Sebagai pengganti Marquez di MotoGP Portugal dan Valencia, Ducati menunjuk runner-up World Superbike (WSBK) 2025, Nicolo Bulega.

    (sfn/dry)

  • Calon SUV Baru Mitsubishi Elevance, Pajero Masa Depan?

    Calon SUV Baru Mitsubishi Elevance, Pajero Masa Depan?

    Jakarta

    Mitsubishi memamerkan konsep mobil Sport Utility Vehicles (SUV) dalam Japan Mobility Show 2025. Namanya Elevance, seperti apa cerita di balik mobil konsep itu? simak, yuk!

    Elevance diusung dengan tema “Luxe Adventurer” , dirancang untuk penjelajahan. Ini sangat sejalan dengan warisan legendaris Pajero, Montero atau Shogun di pasar global, yang dikenal sebagai SUV off-road sejati dan ikon Reli Dakar.

    Elevance menampilkan postur SUV yang bongsor, tinggi, dan berotot, menunjukkan bahwa ia berada di segmen SUV besar atau menengah, segmen yang dulu diisi oleh Pajero.
    Bagian depan, mobil ini mengadopsi evolusi dari desain Dynamic Shield khas Mitsubishi. Lampu depan terlihat sangat tipis dan tajam. Velg besar dengan desain palang yang solid dan gelap. Ground clearance tampak cukup tinggi, menguatkan kemampuan off-road yang diusungnya.

    Yang menarik, jarang-jarang mobil SUV memakai suicide doors tanpa pilar B. Ini memberikan akses masuk dan keluar kabin yang super leluasa. Tapi pintu suicide door hal biasa pada mobil konsep dan kemungkinan besar akan dihilangkan pada versi produksi.

    Mitsubishi Elevance Foto: Mitsubishi Elevance

    Masuk ke dalam, kursi baris depan dapat diputar menghadap ke belakang, menciptakan suasana kabin yang santai seperti “ruang tamu” atau cosy living room.

    Mode berkendara diatur melalui rotary dial di konsol tengah, dengan opsi mode lengkap (Eco, Auto, Tarmac, Gravel, Snow, Mud, Power). Ditambah dengan fitur AI Co-Driver yang merekomendasikan mode terbaik sesuai kondisi jalan.

    Bagian belakang memiliki desain rumah kaca ala kapsul yang diapit oleh fender belakang berotot dengan tampilan mengambang). Lampu belakangnya ramping dan terhubung oleh LED bar penuh yang memanjang hingga ke pilar C.

    Di balik dapur pacunya, SUV ini menggunakan teknologi Plug in Hybrid Electric Vehicles (PHEV), belum diungkap spek mesinnya.

    Di sisi lain, mobil ini digabungkan dengan empat motor listrikyang menawarkan kapabilitas Penggerak Empat Roda (4WD).

    Sistem 4WD ini bekerja bersama dengan sistem kendali roda khas merek, yaitu Super-All Wheel Control (S-AWC).

    Terdapat juga paket baterai berkapasitas besar yang menyediakan daya listrik yang cukup untuk keperluan glamping mewah.

    Mitsubishi belum mengungkapkan angka output tenaga dan torsi, mereka menjanjikan “performa yang menggembirakan dan pengalaman berkendara yang nyaman mulai dari jalanan perkotaan hingga petualangan off-road.

    Secara keseluruhan, Mitsubishi Elevance Concept adalah pernyataan desain yang berani, memadukan ketangguhan SUV khas Mitsubishi dengan kemewahan futuristik.

    Tidak mengherankan kalau Elevance Concept sebagai representasi masa depan desain dan teknologi SUV Mitsubishi. Mungkinkah konsep tersebut dapat berkembang menjadi penerus Pajero?

    (riar/dry)

  • Daftar Harga Kijang Innova Zenix Terbaru, Termurah Segini

    Daftar Harga Kijang Innova Zenix Terbaru, Termurah Segini

    Jakarta

    Kijang Innova Zenix bisa dimiliki dengan harga mulai Rp 430 jutaan. Berikut ini daftar harga lengkap Kijang Innova Zenix.

    Toyota belum lama ini melakukan penyegaran pada Kijang Innova Zenix. Penyegaran dilakukan pada sektor eksterior, interior, serta fitur-fiturnya juga makin lengkap. Di bagian eksterior, Innova Zenix menggunakan emblem baru yang sebelumnya hybrid menjadi HEV. Di bagian interior, seluruh tipe Zenix menggunakan head unit berukuran 10 inch dengan konektivitas ke smartphone.

    Sementara tipe V, V HEV, dan Q HEV naik menjadi 12,3 Inch Head Unit ditambah dengan kontrol Air Purifier yang terintegrasi dengan Head Unit untuk semakin memberikan kenyamanan dan kemudahan. Sepasang Rear Seat Entertainment (RSE) pada tipe V, V HEV, dan Q HEV kini memiliki fungsi wi-fi hotspot melalui perangkat T Intouch. Toyota juga menyematkan fitur Back Door dengan Kick Sensor pada tipe Q HEV. Termasuk pula peningkatan kualitas Panoramic View Monitor menjadi HD Resolution agar visual jalan dan area sekitar mobil dapat terlihat lebih jelas dan detail. Pada tipe G, V, G HEV dan V HEV kualitas Back Camera turut ditingkatkan menjadi HD Resolution. Toyota Innova Zenix kini dilengkapi Tire Inflator pada seluruh tipe untuk mengisi udara pada ban dan mengukur tekanan udara ban.

    Bagaimana dengan harganya? Dengan adanya pembaruan itu, Kijang Innova Zenix paling murah bisa dimiliki dengan mahar Rp 430 jutaan. Sementara itu, kalau naksir yang paling mahal, maka siapkan duit Rp 600 jutaan. Berikut ini daftar harga Kijang Innova Zenix terbaru.

    Daftar Harga Toyota Kijang Innova Zenix

    Harga Kijang Innova Zenix

    Innova Zenix 2.0 G CVT (Non Premium Color): Rp 436.100.000Innova Zenix 2.0 G CVT (Premium Color): Rp 439.100.000Innova Zenix 2.0 V CVT Non RSE (Non Premium Color): Rp 474.300.000Innova Zenix 2.0 V CVT Non RSE (Premium Color): Rp 477.300.000Innova Zenix 2.0 V CVT (Non Premium Color): Rp 482.600.000Innova Zenix 2.0 V CVT (Premium Color): Rp 485.600.000

    Harga Kijang Innova Zenix Hybrid

    Innova Zenix 2.0 G HV CVT (Non Premium Color): Rp 473.400.000Innova Zenix 2.0 G HV CVT (Premium Color): Rp 476.100.000Innova Zenix 2.0 V HV CVT Non Modelista Non RSE (Non Premium Color) (Spot Order*): Rp 528.800.000Innova Zenix 2.0 V HV CVT Non Modelista Non RSE (Premium Color) (Spot Order*): Rp 531.700.000Innova Zenix 2.0 V HV CVT Non Modelista (Non Premium Color) (Spot Order*): Rp 537.000.000Innova Zenix 2.0 V HV CVT Non Modelista (Premium Color) (Spot Order*): Rp 540.000.000Innova Zenix 2.0 V HV Modelista CVT Non RSE (Non Premium Color) (Spot Order*): Rp 538.700.000Innova Zenix 2.0 V HV Modelista CVT Non RSE (Premium Color) (Spot Order*): Rp 541.600.000Innova Zenix 2.0 V HV Modelista CVT (Non Premium Color): Rp 547.000.000Innova Zenix 2.0 V HV Modelista CVT (Premium Color): Rp 549.900.000Innova Zenix 2.0 Q HV CVT TSS NON MODELISTA (Non Premium Color) (Spot Order*): Rp 615.400.000Innova Zenix 2.0 Q HV CVT TSS NON MODELISTA (Premium Color): Rp 618.300.000Innova Zenix 2.0 Q HV CVT TSS MODELISTA Non RSE (Non Premium Color) (Spot Order*): Rp 617.000.000Innova Zenix 2.0 Q HV CVT TSS MODELISTA Non RSE (Premium Color) (Spot Order*): Rp 619.000.000Innova Zenix 2.0 Q HV CVT TSS MODELISTA (Non Premium Color): Rp 625.300.000Innova Zenix 2.0 Q HV CVT TSS MODELISTA (Premium Color): Rp 628.200.000

    (dry/din)