Jenis Media: Otomotif

  • Rem ABS, Konsumsi BBM 52 Km/L

    Rem ABS, Konsumsi BBM 52 Km/L

    Jakarta

    Honda Winner R telah meluncur di Vietnam. Motor bebek kencang tersebut merupakan kembaran Supra GTR 150 di Indonesia. Nah, dengan harganya yang tak sampai Rp 30 juta, bagaimana spesifikasinya?

    Dilansir dari Greatbiker, Sabtu (20/12), Honda Winner R tersedia dalam tiga varian berbeda, yakni Standard yang dibanderol 46 juta VND (Rp 29 jutaan), Special seharga 50 juta VND (Rp 31 jutaan) dan Sport 51 juta VND (Rp 32 jutaan).

    Biar kenal lebih dekat dengan motor bebek tersebut, berikut kami rangkum spesifikasinya!

    Spesifikasi Honda Winner R

    Tampang

    Honda Winner R. Foto: Doc. Honda

    Honda Winner R merupakan versi lebih sporty dari Winner X. Motor bebek kencang tersebut masih mengusung desain gambot dan berotot. Namun, bagian depannya dibuat bernuansa racy dengan wajah bermoncong, windshield minimalis dan lampu yang dirancang agak tersembunyi.

    Kemudian bagian belakangnya juga dibuat aerodinamis dengan ekor yang didesain ‘buntung’. Permukaan joknya dirancang berundak dengan lapisan menipis di area buntutnya.

    Secara umum, Honda Winner R membawa aura CBR1000RR-R yang sangat kental. Hal tersebut bisa terlihat melalui kombinasi warna tricolor yang khas, headlamp yang tajam, serta fairing yang cukup agresif.

    Mesin dan Konsumsi BBM

    Honda Winner R. Foto: Doc. Honda

    Honda Winner R dibekali mesin 149,2cc bersilinder tunggal dengan pendingin cairan. Pembekalan tersebut membuat motor mampu menghasilkan tenaga 15,4 dk pada 9.000 rpm dan torsi 13,5 Nm pada 7.000 rpm.

    Sumber lain menyebut, konsumsi BBM-nya tembus 52,3 km/liter. Sementara tangki bahan bakarnya berkapasitas 4,5 liter. Maka, dalam kondisi full tank, kendaraan bisa melaju sejauh 235 Km!

    Fitur

    Honda Winner R. Foto: Doc. Honda

    Sebagai motor bebek, Honda Winner R punya fitur yang cukup lengkap. Pabrikan membekalinya dengan pencahayaan full LED, panel instrumen full digital, smart key system dengan remot, soket pengisian daya ponsel, assist and slipper clutch, rem double cakram dengan antilock braking system (ABS) dan masih banyak lagi.

    Meskipun tanpa suspensi upside down, layar TFT dan konektivitas smartphone, namun fitur-fitur tersebut sudah cukup lengkap untuk motor bebek sekelasnya.

    (sfn/dry)

  • Yang Penting Nggak Lawan Ortu!

    Yang Penting Nggak Lawan Ortu!

    Jakarta

    Baru-baru ini, media sosial diramaikan video pengendara motor yang tak terima saat ditegur lawan arah. Bahkan, dia membela diri dengan kalimat atau pernyataan yang tak nyambung!

    Disitat dari akun Instagram @antilawanarah, pengendara motor tersebut menunggangi Yamaha Mio tanpa mengenakan helm atau pengaman kepala. Ketika diminta putar balik, dia menolak dan justru meminta diberikan jalan.

    “Muter, kalau mau muter langsung. Udah tahu ada mobil, kok lawan arah?” ujar penegur kepada pemotor tersebut, dikutip Sabtu (20/12).

    Alih-alih putar balik, dia justru terus melawan. Dia menunjukkan sikap seakan-akan melawan arah merupakan perbuatan yang bisa diterima.

    “Yang penting kan nggak ngelawan orang tua!” demikian respons pemotor yang lawan arah tersebut.

    Butuh waktu sekian menit untuk meyakinkan pemotor itu putar balik. Bahkan, sampai ada sedikit perdebatan. Hingga berita ini dimuat, video tersebut telah disaksikan hampir 2 juta kali. Meski tak semua, namun kebanyakan warganet menyalahkan sikap pemotor yang ‘kepala batu’ dan merasa paling benar.

    Director Training Safety Defensive Consultant (SDCI), Sony Susmana mengatakan, kebiasaan melawan arah merupakan ‘penyakit’ para pengguna jalan raya di Indonesia. Menurutnya, kebiasaan itu sering dilakukan orang yang maunya buru-buru tanpa memikirkan keselamatan.

    “(Mereka mikir) mumpung sepi, cuma dekat, kok, dan lain-lain membuat semua jalan disamaratakan. Bahkan aturan lalin diabaikan meski membahayakan,” ujar Sony kepada detikOto, belum lama ini.

    Lebih jauh, Sony mengingatkan, lebih baik tertib tapi selamat, ketimbang buru-buru dan melawan arah tapi berakhir celaka.

    “Tertib lalu lintas dan menjaga kebugaran menjadi salah satu kunci dalam menjaga keselamatan,” kata Sony.

    (sfn/dry)

  • Pajak Mitsubishi Destinator Tahun 2025, Ternyata Paling Mahalnya Segini

    Pajak Mitsubishi Destinator Tahun 2025, Ternyata Paling Mahalnya Segini

    Jakarta

    Pajak Mitsubishi Destinator untuk semua varian rupanya Rp 4 jutaan. Berikut ini rincian pajak Mitsubishi Destinator 2025 untuk masing-masing varian.

    Mitsubishi Destinator paling murah bisa dimiliki mulai Rp 395 juta. Sementara untuk Mitsubishi Destinator varian termahal harganya tembus Rp 475 juta. Punya banderol tak sampai Rp 500 juta, rupanya pajak tahunan Destinator itu Rp 4 jutaan setiap tahun.

    Simak hitung-hitungan pajak Destinator mengacu pada besar Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor (DP PKB) yang tercantum dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 7 tahun 2025 tentang Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor, dan Pajak Alat Berat tahun 2025. Sebagai catatan, hitungan pajak berikut menggunakan tarif PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) yang berlaku untuk kepemilikan pertama di daerah Jakarta.

    Pajak Mitsubishi Destinator Tahun 2025

    Pajak Mitsubishi Destinator GLS

    PKB Pokok: DP PKB Destinator GLS x tarif PKB
    = Rp 202,65 juta x 2%
    = Rp 4,053 jutaPajak tahunan: PKB Pokok + SWDKLLJ
    = Rp 4,053 juta + 143 ribu
    = Rp 4,196 juta

    Pajak Mitsubishi Destinator Exceed

    PKB Pokok: DP PKB Destinator Exceed x tarif PKB
    = Rp 222,6 juta x 2%
    = Rp 4,452 jutaPajak tahunan: PKB Pokok + SWDKLLJ
    = Rp 4,452 juta + 143 ribu
    = Rp 4,595 juta

    Pajak Mitsubishi Destinator Ultimate

    PKB Pokok: DP PKB Destinator Ultimate x tarif PKB
    = Rp 241,5 juta x 2%
    = Rp 4,83 jutaPajak tahunan: PKB Pokok + SWDKLLJ
    = Rp 4,83 juta + 143 ribu
    = Rp 4,973 juta

    Nah itu tadi pajak tahunan Destinator keluaran 2025. Secara keseluruhan, pajaknya tak sampai Rp 5 juta. Perlu digarisbawahi, besar pajaknya bisa jadi berbeda bila Destinator terdaftar di daerah selain Jakarta. Jumlah kepemilikan mobil juga mempengaruhi pajak tahunan Destinator, sebab ada pajak progresif dengan tarif lebih besar.

    Sebagai informasi tambahan, Mitsubishi Destinator mengandalkan mesin berkode 4B40 1.500 cc MIVEC Turbo. Tenaganya mencapai 163 PS (120 kW) dengan torsi maksimal 250 Nm. Tenaga itu disalurkan melalui transmisi CVT. Tidak ada pilihan transmisi manual untuk Mitsubishi Destinator.

    Destinator punya lima mode berkendara yang dirancang untuk berbagai kondisi permukaan jalan, antara lain:

    Wet, memberikan stabilitas tinggi dan mengurangi risiko selip ban, terutama saat hujanTarmac menawarkan respons yang gesit dan presisi, di jalan beraspal yang berkelok-kelok dan akselerasi yang tajam saat keluar dari kemacetan.Normal, keseimbangan untuk berkendara sehari-hariGravel, mengurangi selip dan memastikan pengendalian yang andal di jalan yang tidak beraspalMud, memberikan pengendalian jalan yang kuat bahkan di medan berlumpur dan kasar.

    (dry/din)

  • Ini Mobil Bekas Paling Banyak Dicari Orang Indonesia Sepanjang 2025

    Ini Mobil Bekas Paling Banyak Dicari Orang Indonesia Sepanjang 2025

    Jakarta

    Ada lima mobil bekas yang paling banyak dicari orang Indonesia. Paling banyak dicari adalah Kijang Innova. Berikut daftar lengkapnya.

    Mobil-mobil Toyota masih memuncaki daftar mobil bekas yang paling banyak dicari orang Indonesia. Dari lima mobil bekas paling banyak dicari, tiga di antaranya berasal dari merek Toyota.

    Toyota Kijang Innova masih menjadi mobil bekas paling banyak dicari orang Indonesia sepanjang tahun 2025. Data internal yang dihimpun situs OLX periode Januari-November 2025 menunjukkan Kijang Innova berada di puncak pencarian. Innova mempertahankan takhtanya sejak tahun lalu. Tahun 2024, Kijang Innova juga tercatat sebagai mobil bekas yang paling banyak dicari.

    Populernya Kijang Innova di pasar mobil bekas bukan tanpa alasan. Direktur OLXMobbi pernah mengungkap nilai jual kembali Innova memang masih cukup bagus. Inilah yang menjadi faktor utama yang membuat Innova masih banyak dicari.

    “Faktor resale value yang tinggi menjadi pertimbangan krusial bagi konsumen. Keunggulan ini diperkuat oleh adanya ekosistem purnajual, dengan jaringan servis dan ketersediaan suku cadang yang merata hingga ke pelosok negeri,” terang Agung kepada detikOto beberapa waktu lalu.

    Kalau merujuk pada laman OLX, harga Kijang Innova bekas memang masih cukup baik. Bahkan Innova berusia lima tahun, harga jualnya masih di atas Rp 250 juta. Padahal harga baru Innova baik itu Zenix ataupun Reborn Rp 400 jutaan. Makin muda usianya, harganya juga masih tinggi. Misalnya Innova Zenix tahun 2023, harga bekasnya Rp 400 juta ke atas.

    5 Mobil Bekas Paling Banyak Dicari di Indonesia sepanjang 2025

    Kijang Innova diikuti oleh adiknya Toyota Avanza di posisi kedua mobil bekas paling banyak dicari. Selanjutnya di tempat ketiga ada Toyota Fortuner. Tren pencarian itu belum berubah sejak tahun lalu. Lengkapnya, berikut ini daftar mobil bekas paling banyak dicari orang Indonesia

    1. Toyota Kijang Innova
    2. Toyota Avanza
    3. Toyota Fortuner
    4. Honda HR-V
    5. Honda Brio

    Kalau bicara merek, deretan mobil Jepang memang masih diminati di pasar mobil bekas. Toyota, Honda, Suzuki, Daihatsu, dan Mitsubishi adalah lima merek yang paling banyak dicari di pasar mobil bekas.

    Selanjutnya kalau bicara jenis, MPV masih ada di puncak pencarian dengan angka 22 persen. Angka serupa juga ditorehkan oleh mobil jenis SUV. Baru kemudian hatchback, sedan, dan LCGC.

    (dry/din)

  • Iritnya Konsumsi BBM Skutik Terbaru Honda, Jakarta-Bogor Cuma Seliter!

    Iritnya Konsumsi BBM Skutik Terbaru Honda, Jakarta-Bogor Cuma Seliter!

    Jakarta

    Honda Square X125 telah meluncur untuk konsumen di China. Skuter matik (skutik) petualang bergaya radikal itu punya banyak keunggulan, mulai dari fitur yang komplet hingga mesin yang irit bahan bakar!

    Disitat dari Greatbiker, Jumat (19/12), Honda Square X125 dirancang untuk penggunaan di jalanan perkotaan dan medan-medan semi-off road. Itulah mengapa, pabrikan membekalinya dengan mesin kompak yang sesuai untuk melibas dua kondisi jalan tersebut.

    Honda Square X125 menggunakan mesin eSP+ 125cc bersilinder tunggal dengan muntahan tenaga 9,5 dk dan torsi 10 Nm. Meski tenaganya tak terlalu besar, namun pabrikan telah membekalinya dengan sistem pengereman antilock braking system (ABS) berkanal ganda.

    Konsumsi BBM Honda Square X125. Foto: Doc. Honda

    Menariknya, sebagai motor petualang, konsumsi BBM Square X125 sangat impresif. Produsen mengklaim, angkanya tembus 59 km/liter. Maka, jika dipakai di Indonesia, motor tersebut hanya butuh seliter bahan bakar untuk menempuh perjalanan Jakarta-Bogor yang punya jarak 55-65 km.

    Sumber yang sama menyebut, kapasitas tangki BBM Honda Square X125 mencapai 5,7 liter. Artinya, dalam kondisi full tank, kendaraan bisa melaju sejauh 336 km! Namun, perlu dicatat, angka itu hanya sekadar hitung-hitungan kasar.

    Mengenal Honda Square X125

    Honda Square X125 punya tampilan yang benar-benar tak biasa. Kendaraan itu dirancang seperti ‘telanjang’ dan serba mengotak. Desainnya seperti motor petualang yang umum dipakai di medan-medan berat seperti hutan atau perbukitan.

    Sebagai motor petualang, Square X125 dibekali dengan aksesori-aksesori khusus. Misalnya seperti boks belakang pra-instal, rak bagasi, baki lipat untuk meja piknik dan satu set dekorasi khusus untuk aktivitas luar ruangan.

    Honda Square X125 Foto: Dok. Honda

    Jika boksnya terpasang, maka motor tersebut hanya punya konfigurasi satu penumpang. Sementara lampunya ditutup cover atau pelindung khusus dan setangnya terdapat windshield minimalis yang tak bisa di-adjust.

    Fiturnya juga lumayan canggih, misalnya seperti smart key system, headunit dengan layar LCD 5-inch, USB charger dengan soket Type A dan C, serta masih banyak lagi.

    Di China, Square X125 dibanderol mulai dari 12.680 yuan atau sekira Rp 32 jutaan. Nominal tersebut cukup menarik untuk motor petualang yang menyasar kalangan pehobi.

    (sfn/dry)

  • Volkswagen Tutup Pabrik di Jerman, Ada Apa?

    Volkswagen Tutup Pabrik di Jerman, Ada Apa?

    Jakarta

    Volkswagen (VW) mengambil langkah ekstrem dengan menutup fasilitas produksi di Dresden, Jerman. Apa sebabnya?

    Dikutip dari AFP, mobil terakhir yang keluar dari lini produksi di pabrik Volkswagen di Dresden terjadi pada Selasa, (16/12/2025). Ini merupakan pabrik ikonik berjuluk Transparent Factory, – berdinding kaca yang dulunya memproduksi mobil mewah seperti VW Phaeton dan ID.3. Langkah ekstrem ini diambil karena Volkswagen sedang melakukan efisiensi besar-besaran.

    Mobil terakhir yang diproduksi pabrik tersebut adalah ID.3 GTX berwarna merah yang ditandatangani oleh para pekerja.

    “Keputusan untuk mengakhiri produksi kendaraan di Transparent Factory setelah lebih dari 20 tahun bukanlah keputusan yang mudah,” kata bos Volkswagen, Thomas Schaefer, bulan ini.

    “Namun, hal itu mutlak diperlukan dari perspektif ekonomi,” tambah dia.

    Pabrik Dresden hanya memproduksi sekitar 6.000 mobil per tahun, sangat jauh jika dibandingkan dengan pabrik utama di Wolfsburg yang memproduksi lebih dari 500.000 mobil per tahun. Pabrik ini tidak akan dihancurkan, melainkan diubah fungsinya menjadi: pusat penelitian dan pengembangan (R&D) yang fokus pada chip, kecerdasan buatan (AI), dan robotika.

    VW sedang menghadapi “Triple Whammy” atau tiga pukulan sekaligus: penjualan merosot tajam di China (pasar terbesar mereka), ekonomi Eropa yang lambat, dan bsiaya investasi yang sangat tinggi untuk beralih ke mobil listrik.

    Volkswagen telah mencapai kesepakatan dengan serikat pekerja untuk memangkas 35.000 lapangan kerja di Jerman hingga tahun 2030 sebagai upaya efisiensi biaya. Volkswagen masih terus mengoperasikan sekitar delapan pabrik produksi di Jerman.

    Serikat pekerja IG Metall merasa rencana masa depan untuk karyawan di Dresden belum jelas. Mereka khawatir perusahaan akan kesulitan menjamin semua orang tetap bekerja. VW menyebut tidak akan ada pemecatan paksa.

    “Tidak akan ada orang yang dibiarkan tanpa pekerjaan,” kata salah jubir Volkswagen yang tidak disebutkan namanya kepada AFP

    “Namun, mungkin ada beberapa orang yang masih harus kami rumuskan apa yang akan mereka kerjakan nanti,” tambah dia.

    (riar/dry)

  • ‘Kiamat’ Mobil Bensin Ditunda!

    ‘Kiamat’ Mobil Bensin Ditunda!

    Jakarta

    ‘Kiamat’ mobil bensin dan diesel yang semula dijadwalkan di Eropa pada 2035, kini ditunda. Rencana pelarangan total kendaraan dengan pembakaran internal (ICE) mulai dilunakkan setelah tekanan kuat dari industri otomotif setempat.

    Alih-alih melarang penuh, Uni Eropa kini mengarah ke target pengurangan emisi 90 persen. Artinya, mobil bensin dan diesel belum sepenuhnya disingkirkan. Dorongan dari Jerman dan Italia jadi faktor utama, meski sejumlah merek seperti Volvo dan Polestar tetap mendukung pelarangan total.

    “Larangan teknologi terhadap mesin pembakaran internal sudah tidak lagi masuk agenda. Semua mesin yang saat ini diproduksi di Jerman masih dapat terus diproduksi dan dijual,” ujar Ketua Umum European People’s Party (EPP), Manfred Webber, dikutip dari Bild, Sabtu (20/12).

    Pabrik Mercedes-Benz di Eropa. Foto: REUTERS/Christoph Steitz

    Weber juga memastikan, larangan penuh terhadap mobil bensin tak akan diberlakukan mulai 2040. Namun, dia tak mengungkap, aturan tersebut diundur ke tahun berapa. Dia hanya menegaskan, Uni Eropa akan menyampaikan revisi resminya pekan depan.

    Dengan perubahan ini, jalan bagi mobil plug-in hybrid (PHEV) pun kembali terbuka. Weber menyebut UE kini memberi ruang bagi penjualan model hybrid, termasuk yang memiliki jarak tempuh listrik lebih panjang.

    Kanselir Jerman Friedrich Merz yang turut hadir dalam konferensi pers menyambut positif keputusan ini. Menurutnya, pelonggaran aturan memberi kepastian bagi industri otomotif.

    Keputusan tersebut sejalan dengan langkah Merz sebelumnya. Pada Desember lalu, dia mengirim surat langsung kepada Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen, untuk mendesak agar mobil bensin tetap boleh diproduksi dan dijual setelah 2035.

    Surat itu, menurut Komisaris Transportasi Berkelanjutan dan Pariwisata UE Apostolos Tzitzikostas, diterima dengan baik di Brussel, Belgia.

    Meski draf revisi aturan belum dirilis ke publik, Tzitzikostas memberi sinyal arah kebijakan baru UE. Dia menyebut bahan bakar alternatif bakal mendapat porsi lebih besar dalam regulasi mendatang.

    “Bahan bakar nol dan rendah emisi, serta biofuel canggih,” menjadi opsi yang disebut dapat digunakan untuk memenuhi target emisi Uni Eropa ke depan.

    Dengan arah baru ini, ‘kiamat’ mobil bensin di Eropa kemungkinan besar akan ditunda. Kita masih akan melihat pabrikan setempat seperti BMW, Mercedes-Benz dan lainnya membuat produk-produk non-EV. Setidaknya, hingga 10-15 tahun mendatang.

    (sfn/dry)

  • Honda Supra GTR 150 Terbaru Meluncur, Segini Harganya

    Honda Supra GTR 150 Terbaru Meluncur, Segini Harganya

    Jakarta

    Produsen roda dua asal Jepang, Honda, resmi meluncurkan Honda Winner R untuk konsumen di Vietnam. Kendaraan tersebut berstatus sebagai kembaran Supra GTR 150 dan dibanderol tak sampai Rp 30 juta!

    Disitat dari Greatbiker, Sabtu (20/12), Honda Winner R merupakan versi lebih sporty dari Winner X. Motor bebek kencang tersebut masih mengusung desain gambot dan berotot. Namun, bagian depannya dibuat bernuansa racy dengan wajah bermoncong, windshield minimalis dan lampu yang dirancang agak tersembunyi.

    Kemudian bagian belakangnya juga dibuat aerodinamis dengan ekor yang didesain ‘buntung’. Permukaan joknya dirancang berundak dengan lapisan menipis di area buntutnya.

    Honda Winner R. Foto: Doc. Honda

    Secara umum, Honda Winner R membawa aura CBR1000RR-R yang sangat kental. Hal tersebut bisa terlihat melalui kombinasi warna tricolor yang khas, headlamp yang tajam, serta fairing yang cukup agresif.

    Sebagai motor bebek, Honda Winner R punya fitur yang cukup lengkap. Pabrikan membekalinya dengan pencahayaan full LED, panel instrumen full digital, smart key system dengan remot, soket pengisian daya ponsel, assist and slipper clutch, rem double cakram dengan antilock braking system (ABS) dan masih banyak lagi.

    Meskipun tanpa suspensi upside down, layar TFT dan konektivitas smartphone, namun fitur-fitur tersebut sudah cukup lengkap untuk motor bebek sekelasnya.

    Honda Winner R. Foto: Doc. Honda

    Honda Winner R dibekali mesin 149,2cc bersilinder tunggal dengan pendingin cairan. Pembekalan tersebut membuat motor mampu menghasilkan tenaga 15,4 dk pada 9.000 rpm dan torsi 13,5 Nm pada 7.000 rpm. Sementara tangka bahan bakarnya hanya berkapasitas 4,5 liter.

    Di Vietnam, kembaran Honda Supra GTR itu tersedia dalam tiga varian berbeda, yakni Standard yang dibanderol 46 juta VND (Rp 29 jutaan), Special seharga 50 juta VND (Rp 31 jutaan) dan Sport 51 juta VND (Rp 32 jutaan).

    (sfn/dry)

  • Inspirasi Modifikasi Vario 125 Tampil ala Neo Sport

    Inspirasi Modifikasi Vario 125 Tampil ala Neo Sport

    Jakarta

    Honda Vario 125 terbaru belum lama ini meluncur. Butuh inspirasi buat modifikasi? Konsep neo sport bisa jadi pertimbangan.

    PT Astra Honda Motor (AHM) menampilkan inspirasi modifikasi Vario 125 terbaru dengan konsep neo sport.

    Vario 125 itu hadir dengan konsep kostum low-stance (perawakan rendah) untuk memberikan tampilan yang lebih agresif.

    Guna mendongkrak penampilan, suspensi Vario 125 ditingkatkan menggunakan Front Upside Down dan Rear Subtank, dipadukan dengan ban lebar untuk cengkeraman.

    Meski terlihat makin agresif, modifikator tetap mempertahankan sisi fungsionalitas. Sebab struktur utama motor ini tidak berganti secara signifikan.

    Modifikasi ini dirancang untuk pengendara muda yang suka berkendara malam hari di kota namun tetap nyaman untuk penggunaan harian.

    Perpaduan warna perak metalik di bagian atas dan aksen oranye kemerahan di bagian bawah memberikan kontras yang dinamis. Namun, bintang utamanya adalah sektor kaki-kaki yang menggunakan warna biru anodized yang sangat mencolok.

    Beberapa sentuhan custom lainnya meliputi jok model double seat, visor khusus, hingga penggunaan bahan karbon pada bagian air scoop untuk mempertegas kesan sporty.

    Sektor kaki-kaki menjadi bagian yang paling banyak mendapatkan perhatian. Untuk mendukung konsep Neo Sport, beberapa komponen aftermarket kenamaan pun disematkan:

    Velg: Menggunakan RCB CT600 ring 14 inci yang dibalut ban Pirelli Diablo Rosso Sport (100/80 depan, 120/70 belakang).Suspensi: Bagian depan menggunakan Upside Down (downsize) dari KYTA, sementara bagian belakang dipercayakan pada RCB VS berukuran 305mm dengan subtank.Pengereman: Full set menggunakan komponen RCB, mulai dari Master Rem E3, Kaliper 2P S26, hingga selang rem. Piringan cakramnya pun diganti dengan ukuran 260mm agar pengereman lebih pakem dan terlihat padat.

    Bengkel Lembinc dipercaya untuk mengeksekusi konsep kustom dari Honda Vario 125 Neo Sport ini.

    (riar/dry)

  • Daftar Harga Toyota Veloz Hybrid

    Daftar Harga Toyota Veloz Hybrid

    Jakarta

    Daftar harga Toyota Veloz Hybrid secara resmi belum dirilis. Namun Toyota sudah membocorkan harga untuk masing-masing varian Veloz Hybrid. Berikut ini daftarnya.

    Toyota telah meluncurkan Veloz Hybrid pada ajang Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) belum lama ini. Namun, harga resminya belum diumumkan secara lengkap. Saat peluncuran secara global itu, Toyota hanya mengumumkan harga pre-book untuk Veloz tipe terendah.

    Veloz paling murah itu bisa dibawa pulang dengan mahar Rp 299 juta bagi konsumen yang memesan hingga periode 31 Desember 2025. Tak ada batasan kuota bagi konsumen yang memesan Veloz termurah itu.

    Daftar Harga Veloz Hybrid

    Untuk diketahui, Veloz Hybrid bakal hadir dengan empat varian yakni V HEV, Q HEV, Q HEV with Modellista, dan Q HEV TSS with Modellista. Berikut estimasi harga dari keempat varian tersebut.

    Veloz V HEV: Rp 299 jutaVeloz Q HEV: Rp 320-335 jutaVeloz Q HEV with Modellista: Rp 335-350 jutaVeloz Q HEV TSS with Modellista: Rp 360-390 juta

    Dengan harga segitu Veloz Hybrid menjadi mobil hybrid termurah di keluarga Toyota. Sebelum ada Veloz, model hybrid termurah Toyota adalah Yaris Cross Hybrid. Meluncurnya Veloz Hybrid di Indonesia menjadi jawaban dari Toyota untuk masyarakat yang menginginkan mobil hybrid yang lebih terjangkau. Sebelum ada Veloz Hybrid, mobil hybrid paling terjangkau Toyota adalah Yaris Cross Hybrid yang termurah dijual Rpp 437,2 juta. Itu adalah model Yaris Cross 1.5 S HV CVT TSS. Tapi, kini lini produk hybrid Toyota semakin lengkap dengan kehadiran Veloz Hybrid yang harganya di bawah Yaris Cross Hybrid. Namun, Veloz Hybrid mendapat penyesuaian spek untuk mendukung kinerja sebuah mobil MPV hybrid.

    Toyota Veloz Hybrid menggendong mesin berkode 2NR-VEX dengan kapasitas 1.500 cc. Mesin tersebut identik dengan mesin yang digunakan Toyota Yaris Cross Hybrid. Secara keseluruhan, mobil bisa menyemburkan tenaga 111 PS pada 5.500 rpm dan torsi mesin 121 Nm pada rentang 4.000-8.000 rpm serta torsi motor listrik 141 Nm. Kapasitas tangkinya 43 liter. Soal konsumsi BBM, Veloz Hybrid disebut lebih hemat 40 persen dibandingkan konsumsi BBM Veloz versi bensin.

    (dry/din)