Jenis Media: Ekonomi

  • Ada Sembako Hingga Produk Fesyen Murah di Pasar Rakyat Digital Hibank, Cek Lokasi dan Jadwalnya!

    Ada Sembako Hingga Produk Fesyen Murah di Pasar Rakyat Digital Hibank, Cek Lokasi dan Jadwalnya!

    PIKIRAN RAKYAT – PT Bank Hibank Indonesia, anak usaha PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI menggelar hi Pasar Rakyat Digital selama tiga hari, Jumat-Minggu, 21-23 Februari 2025 di Hutan Kota, Gelora Bung Karno, Jakarta. hi Pasar Rakyat Digital akan menawarkan berbagai produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan menggunakan transaksi digital.

    Kegiatan ini menjadi angin segar bagi masyarakat ibu kota yang dapat berolahraga atau berekreasi sambil menenteng sembako hingga fesyen murah di pusat Jakarta. 

    Direktur Utama hibank Jenny Wiriyanto mengatakan, hi Pasar Rakyat Digital merupakan wujud nyata visi dan misi hibank untuk menjadi orkestrator UMKM melalui membina, memberdayakan, dan mengangkat UMKM untuk naik kelas.

    ”Kami akan menggelar hi Pasar Rakyat Digital mulai pukul 13.00-19.00 di jantung kota Jakarta, Hutan Kota GBK, dengan menghadirkan berbagai produk mulai dari sembako, buah dan sayur, kuliner, hingga produk fesyen dengan harga bersaing yang bisa dibayar lewat QRIS mobile banking hibank,” kata Jenny dalam siaran pers, Kamis, 20 Februari 2025.

    hi Pasar Rakyat Digital menyajikan produk-produk UMKM berkualitas dengan harga terjangkau, mulai dari kebutuhan pokok, bahan baku untuk produksi, dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu, hi pasar juga menyediakan booth grosir bahan makanan pokok, kuliner, area bermain anak, hingga kebutuhan Ramadhan.

    ”Pengunjung juga akan merasakan pengalaman belanja yang menyenangkan dengan kehadiran live entertainment di sore hari selama hi Pasar Rakyat Digital berlangsung,” tutur Jenny.

    Kegiatan ini menjadi bukti nyata BNI Group dalam mendorong ekonomi kerakyatan dengan melibatkan sejumlah UMKM yang akan meramaikan acara tersebut.

    Corporate Secretary BNI Okki Rushartomo mengatakan, kehadiran hibank yang menyasar UMKM diharapkan dapat memperkuat portfolio segmen tersebut terhadap BNI Group dengan tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian dan menjaga rasio NPL tetap rendah.

    ”Sebagai salah satu sumber pertumbuhan jangka panjang, BNI mengapresiasi keseriusan hibank untuk berfokus pada segmen UMKM,” tutur Okki.

    Saat ini, BNI memiliki 63,9% saham hibank, dimana hibank akan menjadi bank digital dengan fokus UMKM pertama yang akan menjadi sumber pertumbuhan BNI dalam waktu jangka panjang.***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • KAI Daop 6 raih 3 penghargaan dalam puncak peringatan Bulan K3 Provinsi DIY

    KAI Daop 6 raih 3 penghargaan dalam puncak peringatan Bulan K3 Provinsi DIY

    Sumber foto: Izan Raharjo/elshinta.com.

    KAI Daop 6 raih 3 penghargaan dalam puncak peringatan Bulan K3 Provinsi DIY
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Kamis, 20 Februari 2025 – 16:45 WIB

    Elshinta.com – KAI Daop 6 Yogyakarta meraih 3 (tiga) penghargaan sekaligus dalam bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Penghargaan tersebut diraih dalam puncak peringatan Bulan K3 Nasional yang diselenggarakan oleh pemerintah Provinsi DIY pada Rabu (20/2) di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta.

    Penghargaan kepada KAI ini diserahkan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) DIY, Aria Nugrahadi. Kegiatan puncak peringatan bulan K3 ini juga dihadiri oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda DIY, Tri Saktiyana mewakili Gubernur DIY. 

    Adapun tiga penghargaan yang diraih adalah Penghargaan Kategori Platinum Program Penanggulangan Tuberkulosis di Tempat Kerja, Juara 1 dan Juara Harapan II Lomba Cerdas Cermat K3.

    Manajer Humas Daop 6 Yogyakarta Feni Novida Saragih mengatakan bahwa penghargaan yang diraih ini menguatkan komitmen KAI Daop 6 Yogyakarta terhadap Keselamatan dan Kesehatan Kerja di lingkungan KAI.

    “KAI menjalankan usaha di bidang transportasi dimana keselamatan menjadi prioritas utama. Dalam setiap aspek operasional, KAI Daop 6 Yogyakarta berkomitmen untuk menerapkan standar keselamatan yang tinggi guna melindungi penumpang maupun pekerja,” kata Feni seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Izan Raharjo, Kamis (20/2). 

    Feni mengatakan bahwa dalam Lomba Cerdas Cermat K3 ini KAI Daop 6 Yogyakarta mengerahkan 2 tim yang bersaing dengan 24 tim dari berbagai perusahaan dan lembaga.

    Kemudian untuk penghargaan kategori Platinum Program Penanggulangan Tuberkulosis di Tempat Kerja ini diraih atas upaya KAI Daop 6 untuk menanggulangi penyakit tuberkulosis di lingkungan kerja KAI. Dengan penghargaan Platinum ini, KAI Daop 6 diusulkan untuk mengikuti penilaian di tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Ketenagakerjaan.

    “Program ini merupakan bagian dari program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang bertujuan untuk melindungi pekerja dari kecelakaan kerja, penyakit akibat kerja, maupun gangguan kesehatan lainnya dalam rangka mencapai peningkatan produktivitas dan kesejahteraan kerja serta kelangsungan perusahaan,” terang Feni.

    Pada kesempatan yang sama, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda DIY, Tri Saktiyana dalam sambutannya mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk bersama-sama menggelorakan pentingnya K3 di setiap kesempatan, sehingga dapat terwujud tempat kerja yang aman, nyaman, dan sehat menuju ke zero accident sekaligus meningkatkan produktivitas daerah dan produktivitas nasional secara nyata.

    Adapun, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) DIY, Aria Nugrahadi menyampaikan bahwa K3 merupakan agenda tahunan pemerintah, di mana pemerintah, perusahaan, dan masyarakat bersama-sama menggalakkan kampanye keselamatan dan kesehatan kerja untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya K3 di lingkungan kerja.

    Selanjutnya Feni mengungkapkan bahwa KAI Daop 6 memiliki Budaya Keselamatan Proaktif yang secara konsisten terus disosialisasikan kepada para pekerja untuk selalu diterapkan dalam pekerjaan sehari hari. 

    KAI Daop 6 juga telah memiliki sistem keselamatan yang baik sebagai fondasi utama dalam menjalankan bisnis perkeretaapian.

    “Kami telah membentuk safety committee di setiap unit kerja untuk memastikan pengawasan keselamatan yang proaktif dan terstruktur. Selain itu, implementasi Contractor Safety Management System (CSMS) memungkinkan kami mengelola keselamatan kerja dengan mitra pihak ketiga secara lebih efektif,” ungkap Feni.

    Melalui penerapan Identifikasi Bahaya dan Penilaian Risiko (IBPR) dan pelaporan Safety Railways Information (SRI), KAI Daop 6 dapat mengidentifikasi dan mengelola risiko dengan lebih baik. 

    Sumber : Radio Elshinta

  • Tukar Sampah Bisa Buka Tabungan di Bank Sampah Bersinar, Komitmen BNI Atasi Masalah Sampah Nasional

    Tukar Sampah Bisa Buka Tabungan di Bank Sampah Bersinar, Komitmen BNI Atasi Masalah Sampah Nasional

    PIKIRAN RAKYAT – Masalah sampah tak kunjung selesai hingga hari ini dan terus memuncak di Kawasan Bandung Raya. Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang akan berlangsung 21 Februari 2025 menjadi momentum penting Kolaborasi antara masyarakat/komunitas dengan swasta.

    Hal itulah yang dijalankan oleh BNI bersama Bank Sampah Bersinar yang berkolaborasi dalam acara edukasi dan pemberian motivasi kepada masyarakat untuk peduli terhadap pengelolaan sampah rumah tangga.

    Meskipun ini PR besar yang sering sekali terabaikan, namun Kolaborasi antara keduanya dapat menjadi Kolaborasi penting dari perbankan yang belum banyak menaruh perhatian pada kesadaran masyarakat mengenai pentingnya pengelolaan sampah yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

    Dalam rangkaian acara BNIXBank Sampah Bersinar, melakukan kegiatan edukasi seperti seminar, pelatihan, dan workshop tentang cara-cara sederhana namun efektif untuk mengurangi, mendaur ulang, dan memanfaatkan sampah dengan bijak.

    Selain itu, masyarakat di sekitar lokasi acara juga akan diberikan kesempatan untuk membawa sampah daur ulang untuk ditukarkan dengan berbagai hadiah menarik sebagai apresiasi atas partisipasi mereka dan juga dapat ditukarkan dalam bentuk saldo tabungan yang dapat disetorkan melalui Bank Sampah yang juga merupakan BNI Agen46.

    Fifie selaku Pemilik Bank Sampah Bersinar mengatakan, “Melalui kolaborasi sebagai Super Agen dengan BNI, kami berharap dapat memperkuat kesadaran masyarakat dalam hal pengelolaan sampah, mengurangi volume sampah yang masuk ke tempat pembuangan akhir (TPA), dan memaksimalkan potensi sampah sebagai sumber daya yang bernilai.”

    “Kolaborasi ini juga bertujuan untuk memperkenalkan sistem yang lebih modern, bernilai ekonomis, dan efisien dalam pengelolaan sampah,” sambung Fifie.

    Komitmen BNI untuk Pengelolaan Sampah

    Masyarakat dapat terlibat aktif sebagai agen pengelola sampah di Bank Sampah Bersinar hingga bisa membuka tabungan.

    Sementara itu, Rahma Dhoni selaku Division Head Divisi Agen46 BNI, mengatakan, “BNI sebagai perusahaan yang peduli terhadap lingkungan mendukung penuh inisiatif kolaborasi ini. Kami percaya, bersama dengan Bank Sampah Bersinar, kami dapat memberikan kontribusi yang nyata dalam menjaga kelestarian lingkungan dan memberikan manfaat lebih bagi masyarakat, khususnya dalam pengelolaan sampah, serta dapat memperluas jaringan dan memberikan layanan kepada nasabah dimanapun dan kapanpun.”

    “Hal tersebut sesuai dengan semangat BNI Agen46 yaitu Melayani Paling Dekat,” sambung Dhoni

    Cara Menabung di Bank Sampah Bersinar

    Cara menabung di Bank Sampah Bersinar yang juga BNI Agen46.

    Keberadaan Bank Sampah memudahkan masyarakat dalam bertransaksi dan menabung. Masyarakat dapat memilah sampah, menyetorkannya secara periodik, dan nilai sampahnya akan dikonversikan menjadi nominal tabungan. Pencatatan dilakukan secara online menggunakan Electronic Data Capture (EDC) Agen46 sehingga konversi sampah langsung tercatat di buku tabungan.

    BNI juga membuka peluang bagi para pengelola sampah untuk bergabung menjadi BNI Agen46 dengan berbagai benefit yang bisa didapatkan. Hal ini sejalan dengan ketentuan OJK tentang peningkatan literasi dan inklusi keuangan di sektor Jasa Keuangan bagi konsumen dan masyarakat.

    Keberadaan BNI Agen46 mencerminkan komitmen serius BNI dalam memperluas inklusi keuangan di Indonesia dan memberikan kesempatan bagi masyarakat yang memiliki usaha kecil menengah untuk menjadi bagian dari ekosistem perbankan. Dengan menjadi agen, mereka tidak hanya mendapatkan penghasilan tambahan, tetapi juga memperluas jangkauan layanan keuangan di komunitas mereka sendiri.

    Sebagai wujud komitmen BNI dalam memberikan kemudahan akses perbankan bagi para pengelola sampah, BNI memberikan sertifikat Agen46 dan Tabungan Bisnis kepada dua peserta terpilih.

    BNI juga memberikan dukungan pembiayaan BNI KUR kepada UMKM setempat yang bergerak di bidang pengelolaan sampah.***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • Genjot Kinerja, Allo Bank Raup Laba Bersih Rp 467 Miliar

    Genjot Kinerja, Allo Bank Raup Laba Bersih Rp 467 Miliar

    Jakarta

    PT Allo Bank Indonesia Tbk mengumumkan laba bersih setelah pajak (diaudit) tumbuh 4% year on year menjadi sebesar Rp 467 miliar untuk tahun yang berakhir pada 31 Desember 2024. Angka itu memenuhi tujuan Bank untuk menjalankan operasional bisnis yang menguntungkan dengan menyediakan solusi perbankan yang disesuaikan untuk nasabah ritel, UMKM, dan korporat.

    Direktur Utama Allo Bank Indra Utoy mengatakan pendapatan operasional naik 25% yoy menjadi Rp 1,447 triliun, didorong oleh pertumbuhan pendapatan bunga bersih dan pendapatan berbasis biaya (fee based income). Pendapatan bunga bersih tumbuh 8% yoy menjadi Rp 1,118 triliun ditopang oleh pertumbuhan kredit di tengah kondisi ekonomi makro yang penuh tantangan.

    “Pada akhir tahun 2024, kami telah memiliki 11 juta pelanggan dengan jumlah transaksi yang terus meningkat, sehingga Allo Bank mampu mencatatkan kinerja positif pada berbagai metric operasional dan finansial,” kata dia dalam keterangannya, Kamis (20/2/2025).

    Dia menerangkan selama 2024 memfokuskan upaya memperkuat pondasi bisnis agar mampu meraih pertumbuhan secara berkelanjutan di tahun 2025. Pihaknya berkomitmen mengembangkan berbagai inisiatif strategis termasuk kolaborasi dengan berbagai ekosistem, pengembangan produk/layanan inovatif serta peningkatan infrastruktur tanpa melupakan Good Corporate Governance dan manajemen risiko yang menjadi disiplin prudential yang menjadi ciri khas Allo Bank.

    Dalam kinerja keuangan tahun lalu, kredit yang disalurkan Bank tercatat sebesar Rp 7,478 triliun pada akhir 2024, didorong pertumbuhan terutama di segmen Retail Banking. Allo Bank juga menunjukkan disiplin secara berkesinambungan dalam kualitas pinjamannya, yang tercermin pada Gross dan Net Non Performing Loan (NPL) masing-masing sebesar 0,8% dan 0,4% pada Desember 2024.

    Basis pendanaan kian beragam dan terus tumbuh ke Rp 6,095 triliun. Allo Grow, sebagai produk tabungan revolusioner dengan suku bunga berjenjang yang menarik dan fleksibilitas penuh bagi nasabah, tumbuh 3x lipat dalam hal total saldo dan hampir 2x lipat dalam jumlah pengguna selama tahun 2024. Allo Bank juga mencatat peningkatan sekitar 50% dalam transaksi harian nasabah karena beragamnya use cases yang didukung oleh Bank.

    Allo Bank mempertahankan tingkat permodalan yang kuat terhadap Aktiva Tertimbang Menurut Risiko (ATMR) dan mengakhiri periode dengan rasio kecukupan modal (CAR) sebesar 82,6%. Struktur permodalan Bank tumbuh dengan baik secara organik.

    Menyusul serangkaian Right Issue dalam tahun 2021 dan 2022, posisi ekuitas terus meningkat menjadi Rp. 7,2 triliun pada akhir tahun 2024, yang menempatkan Allo Bank dalam kategori Kelompok Bank berdasarkan Modal Inti (“KBMI”) 2 dan memposisikannya sebagai salah satu bank umum berbasis digital dengan permodalan terbaik di Indonesia.

    Pada tahun 2024, Bank telah menyelesaikan pembangunan active-active Green Data Center sebagai tulang punggung infrastruktur Ti yang baru, di samping terus melakukan pengembangan Ti lainnya seperti cloud dan cyber security.

    Bagi Allo Bank dengan layanan berbasis aplikasi digital, Data Center merupakan jantung utama dari operasional layanan Bank yang dibangun dengan mempertimbangkan skalabilitas, ketersediaan, keandalan, keamanan, serta sumber daya yang ramah lingkungan.

    Infrastruktur Data Center dengan Sertifikasi TIA Rated-3 yang baru ini dirancang dengan arsitektur yang memenuhi standar internasional tertinggi. Selain arsitektur, keamanan juga menjadi prioritas Bank, dengan pemisahan antara lingkungan core system dengan surrounding system dan development system untuk meningkatkan keamanan dan keandalan layanan.

    Disisi lain Bank telah melakukan penguatan dengan mengadopsi berbagai standar internasional dan praktik terbaik dalam tata kelola TI, termasuk dengan diraihnya assessment COBIT 2019 di tahun 2024 dengan IT Maturity Level 4,21. Dengan adanya tata kelola Ti yang semakin matang, Bank telah berkontribusi dalam meningkatkan standar industri di sektor perbankan, antara lain seperti aspek transparansi, akuntabilitas, dan kepatuhan terhadap regulasi.

    Penerapan tata kelola Ti yang kuat dimulai dari tahapan pengembangan, testing sampai dengan layanan dapat diakses langsung oleh nasabah telah mempertimbangkan aspek keamanan siber dan sistem manajemen risiko Ti sehingga memungkinkan Bank untuk lebih responsif dan lincah terhadap perubahan regulasi dan dinamika industri, sekaligus meningkatkan kepercayaan nasabah dan mitra bisnis terhadap layanan keuangan berbasis digital Allo Bank.

    Selama tahun 2024, Allo Bank dianugerahi berbagai penghargaan termasuk 5 penghargaan dalam 13th Digital Brand Award dari InfoBank termasuk sebagai The Best Digital Bank KBMI 2 dan penghargaan terkait inovasi produk perbankan berbasis digital dalam Indonesia Best Digital Innovation Award dari Swa Media.

    (ada/hns)

  • Penampakan Bekas Pabrik Gula Dipugar Jadi Rest Area

    Penampakan Bekas Pabrik Gula Dipugar Jadi Rest Area

    Foto Bisnis

    Amanda Christabel – detikFinance

    Kamis, 20 Feb 2025 23:00 WIB

    Pemalang – Bekas pabrik gula Banjaratma ‘disulap’ menjadi rest area. Rest area itu berlokasi di ruas Tol Pemalang-Pejagan arah Jakarta, Brebes, Jawa Tengah.

  • Kementan Catat Kasus PMK Sapi Menurun, Ini Datanya

    Kementan Catat Kasus PMK Sapi Menurun, Ini Datanya

    Jakarta

    Kementerian Pertanian (Kementan) mencatat penurunan jumlah kasus penyakit mulut dan kuku (PMK). PMK sempat mencapai 2.412 kasus per minggu pada awal Januari 2025.

    Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementan Agung Suganda mengatakan saat ini kasus menurun drastis menjadi hanya 182 kasus pada pekan ketiga Februari 2025.

    “Kita tidak boleh lengah. Pengawasan lalu lintas ternak harus tetap diperketat, dan vaksinasi akan terus kami tingkatkan,” tegas Agung, dalam keterangannya, Kamis (20/2/2025).

    Kementan memastikan akan terus menggenjot vaksinasi PMK. Sebagai langkah strategis pengendalian PMK, Kementerian Pertanian sejak awal tahun sudah menyalurkan 1,4 juta dosis vaksin PMK ke berbagai provinsi untuk mendukung Bulan Vaksinasi PMK Februari 2025.

    “Distribusi ini menjadi langkah strategis dalam pengendalian PMK agar tidak kembali merebak,” terangnya.

    Direktur Kesehatan Hewan Kementan, Imron Suandy mengungkapkan untuk terus menekan jumlah kasus, pihaknya akan mendorong kolaborasi dengan pemerintah daerah dan swasta.

    “Di samping menyalurkan vaksin PMK dari Kementan, kami juga mendorong partisipasi pemerintah daerah dan sektor swasta untuk pengadaan dan operasionalisasi vaksin sebagai bentuk tanggung jawab bersama pengendalian dan penanggulangan PMK,” terangnya.

    Bersambung ke halaman berikutnya. Langsung klik

    Sebelumnya, Provinsi Jawa Timur yang merupakan wilayah endemis, tampak mulai bangkit. Program vaksinasi efektif dalam menekan jumlah kasus. Misalnya, Lamongan, pemerintah daerah menggelar vaksinasi serentak sebagai upaya pencegahan. Di Kota Kediri, vaksinasi masif sejak tahun lalu berhasil menekan angka kasus, dengan target rampung sebelum April 2025.

    “Perkembangannya cukup baik, tapi vaksinasi harus tetap berjalan,” ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Kediri M. Ridwan.

    Di Mojokerto, sebanyak 38 ribu dosis vaksin telah diberikan dengan target nol kasus pada saat Ramadan nanti . Kemudian di Trenggalek, vaksinasi menjadi kunci pengendalian PMK.

    Seiring dengan menurunnya kasus PMK, pasar hewan khusus kambing dan domba kembali dibuka. Pasar hewan di Tikung dan Babat, Lamongan, juga resmi kembali beroperasi. Di Jombang, sepuluh pasar hewan telah dibuka setelah tren kasus melandai. Kabar baik juga datang dari Provinsi Aceh yang telah berhasil mengendalikan PMK.

    Pj. Gubernur Aceh, Achmad Marzuki, mengonfirmasi bahwa sudah tidak adanya laporan kejadian baru selama tiga minggu terakhir. Keberhasilan ini tidak lepas dari vaksinasi yang masif dan pengawasan ketat terhadap pergerakan ternak.

    Tak berbeda jauh, kasus PMK Di Jawa Tengah juga terus menurun. Tetapi pemerintah tetap mengingatkan peternak agar tidak lengah. Di Boyolali, tren kasus menunjukkan penurunan, dengan vaksinasi terus digalakkan untuk memastikan perlindungan ternak.

    Di Blora, pasar hewan kembali dibuka setelah sebelumnya ditutup akibat lonjakan kasus. Sementara itu, di Sragen, meskipun kasus menurun, pasar hewan setempat masih belum diizinkan beroperasi.

    “Peternak harus tetap menjalankan protokol pencegahan,” kata Plt Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Jateng Hariyanta Nugraha.

    Sementara itu, Pasar Hewan Imogiri Bantul, DI Yogyakarta, kembali beroperasi setelah sempat ditutup akibat lonjakan kasus. “Kami membuka pasar kembali karena kasus PMK sudah melandai,” ujar Kepala Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan, dan Perikanan Bantul Imawan Eko Handriyanto.

  • Surplus neraca pembayaran RI tahan kurs rupiah melemah lebih dalam

    Surplus neraca pembayaran RI tahan kurs rupiah melemah lebih dalam

    Sumber foto: Antara/elshinta.com.

    Surplus neraca pembayaran RI tahan kurs rupiah melemah lebih dalam
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Kamis, 20 Februari 2025 – 18:06 WIB

    Elshinta.com – Analis Bank Woori Saudara Rully Nova menyatakan surplus neraca pembayaran Indonesia (NPI) menahan nilai tukar (kurs) rupiah melemah lebih dalam.

    “Data neraca pembayaran yang surplus, menahan rupiah melemah lebih dalam lagi,” ujarnya kepada ANTARA di Jakarta, Kamis.

    NPI pada 2024 tercatat surplus sebesar 7,2 miliar dolar Amerika Serikat (AS) meningkat dari tahun sebelumnya yang surplus 6,3 miliar dolar AS.

    Sebagai rincian, transaksi modal dan finansial pada 2024 tercatat surplus 16,4 miliar dolar AS, meningkat dibandingkan dengan surplus sebesar 9,9 miliar dolar AS pada 2023.

    Peningkatan ini ditopang oleh aliran masuk modal asing pada investasi langsung dan investasi portofolio, di tengah berlanjutnya ketidakpastian pasar keuangan global.

    Sementara itu, transaksi berjalan 2024 mencatat defisit sebesar 8,9 miliar dolar AS (0,6 persen dari produk domestik bruto/PDB), setelah mencatat defisit sebesar 2,0 miliar dolar AS (0,1 persen dari PDB) pada 2023. Perkembangan ini dipengaruhi oleh penurunan surplus neraca perdagangan barang seiring dengan permintaan negara mitra dagang utama yang melemah di tengah permintaan domestik yang tetap kuat.

    Menurut Rully, pelemahan nilai tukar rupiah dipengaruhi rilis risalah hasil rapat Federal Reserve (The Fed) yang hawkish karena target inflasi 2 persen sulit untuk direalisasikan.

    “Selain target inflasi 2 persen sulit dicapai, kebijakan tarif Presiden Trump juga menambah ketidakpastian baru,” ungkap dia.

    Nilai tukar rupiah (kurs) pada penutupan perdagangan hari Kamis di Jakarta melemah 13 poin atau 0,08 persen menjadi Rp16.338 per dolar Amerika Serikat (AS) dari sebelumnya Rp16.325 per dolar AS.

    Adapun Kurs Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia pada hari ini justru menguat ke level Rp16.344 per dolar AS dari sebelumnya sebesar Rp16.357 per dolar AS.

    Sumber : Antara

  • Kemenag: Isu Anggaran Jadi Bagian Penting dalam RUU Haji & Umrah

    Kemenag: Isu Anggaran Jadi Bagian Penting dalam RUU Haji & Umrah

    Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Agama (Kemenag) meminta Komisi VIII DPR RI untuk mempertimbangkan dukungan anggaran biaya penyelenggara ibadah haji dalam revisi Undang-undang No.8/2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah.

    Hal tersebut disampaikan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Hilman Latief dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VIII DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (20/2/2025).

    “Kami mohon pimpinan dan anggota Komisi VIII agar kebijakan dukungan anggaran biaya penyelenggara ibadah haji menjadi salah satu bahan yang dapat dipertimbangkan menjadi bagian penting dalam revisi UU,” kata Hilman, Kamis (20/2/2025).

    Usulan tersebut muncul lantaran pihaknya kerap menemui kendala dalam menyusun anggaran APBN dan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH).

    Hilman menuturkan, penyusunan rencana anggaran APBN dirancang dan diusulkan satu tahun sebelum masuk pelaksanaan anggaran, sedangkan penyusunan dan pembahasan anggaran BPIH dilakukan pada tahun berjalan pelaksanaan ibadah haji.

    Dalam menyusun rencana anggaran APBN, pihaknya juga menemukan sejumlah kendala, di antaranya masalah terbatasnya anggaran biaya operasional layanan dasar pada satuan kerja (satker) berupa operasional perkantoran, langganan daya dan jasa, pemeliharaan, dan lainnya.

    Hilman juga menyoroti soal biaya operasional penyelenggara ibadah haji yang rentan terkena penghematan anggaran karena anggaran perjalanan dinas dianggap lebih dominan.

    Padahal, kata dia, banyaknya perjalanan dinas pada anggaran DJPHU dimanfaatkan untuk penyediaan layanan jemaah haji di asrama haji, layanan di Arab Saudi, dan perjalanan dinas petugas haji.

    Kendala lainnya, yakni belum tersedianya program khusus untuk anggaran penyelenggaraan ibadah haji sehingga anggaran tidak mengalami peningkatan.

    Belum adanya pemisahan yang jelas terhadap komponen BPIH yang bersumber dari APBN, Bipih, nilai manfaat, efisiensi, dan sumber lain yang sah juga menjadi kendala bagi Kemenag dalam menyusun anggaran APBN dan BPIH.

    Selain itu, Hilman menilai pendanaan dari APBN seringkali tidak cukup fleksibel dalam pemenuhan kebutuhan pendataan penyelenggaraan ibadah haji.

    Untuk itu, dia mengharapkan adanya klausul tambahan dalam revisi UU Haji dan Umrah yang memungkinkan penggunaan dana BPIH untuk mendukung operasional petugas haji dengan tetap mengedepankan prinsip-prinsip efektif, efisien, dan ekonomis.

  • Mau Transfer ke UOB? Ini Kode Bank UOB dan Cara Transfernya dengan Mudah!

    Mau Transfer ke UOB? Ini Kode Bank UOB dan Cara Transfernya dengan Mudah!

    Jakarta: Kalau kamu mau transfer ke rekening UOB Indonesia dari bank lain, kamu wajib tahu kode bank UOB. Kode ini penting agar transaksi berjalan lancar tanpa kendala.
     
    Merangkum laman resmi UOB Indonesia dan Wise, artikel ini akan membahas mengenai kode bank UOB Indonesia dan bagaimana cara transfernya.

    Kode Bank UOB Indonesia
    Kode bank UOB Indonesia adalah 023. Kode ini digunakan saat kamu melakukan transfer antarbank melalui ATM, mobile banking, atau internet banking.
     

    Cara Transfer ke UOB Lewat ATM
    Buat kamu yang ingin mengirim uang ke rekening UOB melalui ATM, ikuti langkah-langkah berikut:

    Datangi ATM bank terdekat.
    Pilih menu “Transfer”.
    Pilih “Transfer Antarbank”.
    Masukkan kode bank 023 diikuti dengan nomor rekening tujuan.
    Ketik nominal yang ingin dikirim.
    Periksa kembali detail transaksi, pastikan nama penerima sudah benar.
    Konfirmasi transaksi dan tunggu sampai proses selesai.

    Setelah itu, struk akan keluar sebagai bukti transaksi. Simpan struk ini jika diperlukan untuk verifikasi di kemudian hari.

    Kode bank ini berfungsi sebagai identifikasi saat kamu melakukan transfer ke bank lain. Kalau salah memasukkan kode, transaksi bisa gagal atau dana bisa terkirim ke rekening yang salah. Jadi, pastikan kamu selalu mengecek kode sebelum transfer!

    Semoga artikel ini membantu kamu dalam melakukan transaksi ke UOB Indonesia. Jangan lupa simpan kode ini agar lebih mudah saat transfer di lain waktu! 
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • Rencana RI Impor Daging Kerbau Belum Realisasi, Ternyata Ini Alasannya

    Rencana RI Impor Daging Kerbau Belum Realisasi, Ternyata Ini Alasannya

    Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyebut realisasi impor daging kerbau untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri masih dalam proses verifikasi data. Adapun, Kemendag telah merilis izin impor daging kerbau.

    Menteri Perdagangan (Mendag) Budi Santoso mengatakan keputusan untuk membuka keran impor daging kerbau telah ditetapkan dalam Rapat Koordinasi (Rakor). Namun, hingga saat ini realisasi impor daging kerbau masih menunggu hasil verifikasi data.

    “[Impor daging] kerbau kalau datanya sudah masuk, kita proses, kan kemarin baru diputuskan di rakor,” kata Budi saat ditemui di Kantor Kemendag, Jakarta, Kamis (20/2/2025).

    Budi mengaku pihaknya masih menunggu data impor daging kerbau. Meski begitu, dia memastikan proses realisasi impor daging kerbau tidak mengalami kendala.

    “Belum masuk ke kami datanya, mungkin lagi persiapan verifikasi, kan kemarin sudah beres, nggak ada masalah, sudah verifikasi [tetapi] belum selesai, sudah keluar semua,” ujarnya.

    Sebelumnya, Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi mengatakan secara total, pemerintah akan mengimpor 100.000 ton daging kerbau.

    Nantinya, PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PT PPI) dan PT Berdikari masing-masing mendapatkan jatah kuota impor sebanyak 50.000 ton daging kerbau. Adapun, kini pemerintah tengah menunggu kedatangan ratusan ribu ton daging kerbau masuk ke Indonesia.

    Di sisi lain, pemerintah juga tengah mempertimbangkan untuk mengimpor daging kerbau dari Pakistan, seiring harga daging kerbau asal India yang terus merangkak naik.

    “Tadi saya diskusi ya, ada kemungkinan [impor kerbau] dibuka Pakistan, kalau harganya dari india itu naik terus. Harga di India US$4,8 per kilogram. Ini India [tetap] dibuka,” kata Arief saat ditemui di Kantor Bapanas, Jakarta, Rabu (19/2/2025).

    Arief mengungkap harga daging kerbau asal India hampir naik dua kali lipat, yang kini dibanderol US$4,8 per kilogram atau sekitar Rp78.384 per kilogram (asumsi kurs Rp16.330 per dolar AS).

    “Kalau India sudah ngasihnya tinggi terus, nggak mau turun-turun, yang paling bener apa? Cari negara lain. Nah ini yang kita mau lakuin. Karena dulu harganya di India hanya US$2,6 per kilogram. Tapi kan keterlaluan sudah harganya lebih tinggi, apapun alasannya, harganya sudah lebih tinggi, ditambah dolarnya sekarang Rp16.300,” ungkapnya.

    Namun demikian, Arief mengatakan bahwa pihaknya akan mengecek harga daging kerbau asal Pakistan. “Nanti harus dicek,” imbuhnya.

    Pasalnya, dalam skema pengadaan impor, kata Arief, pemerintah harus membuka semua negara agar terjadi peta persaingan bisnis. Terlebih, skema impor ini juga harus memiliki jaminan halal, bebas penyakit, dan perhitungan kadar lemak.

    Selain mengimpor daging kerbau, Arief menyampaikan bahwa pemerintah juga mengimpor 100.000 ton daging sapi dari Australia, Brasil, hingga New Zealand.

    Namun, Arief memastikan pemerintah tidak akan membuka keran impor pangan selain gula, daging kerbau, dan daging sapi di sepanjang tahun ini.

    Terlebih, sebelumnya pemerintah telah memutuskan untuk menutup keran impor pangan pada 2025. Namun, pemerintah mengumumkan untuk mengimpor raw sugar atau Gula Kristal Mentah (GKM) sebanyak 200.000 ton secara bertahap.

    “Tadinya nggak ada yang direncanakan impor [gula], orang kita nggak mau impor kok,” ujarnya.

    Arief menjelaskan alasan kembali dibukanya keran impor gula untuk penguatan stok cadangan pangan pemerintah (CPP) di BUMN Pangan.

    Untuk itu, dia memastikan pemerintah tidak mengimpor pangan lainnya di tahun ini, kecuali gula, daging kerbau, dan daging sapi. Sebab, produksi daging sapi dan daging kerbau tidak mencukupi stok di dalam negeri.

    “Nggak [ada impor lagi], cuma gula, kerbau, sapi. Sapi dan kerbau karena produksi dalam negeri, sapi hidupnya hanya sekitar 60% sapi bakalan yang bisa dipotong. Sapi bakalan itu sapi datang, kecil, terus digemukin,” pungkasnya.