Jenis Media: Ekonomi

  • Freeport Butuh Rp8,2 Triliun per Tahun Kembangkan Tambang Kucing Liar

    Freeport Butuh Rp8,2 Triliun per Tahun Kembangkan Tambang Kucing Liar

    Bisnis.com, JAKARTA – PT Freeport Indonesia (PTFI) menyebut pengembangan proyek tambang bawah tanah Kucing Liar di Grasberg, Papua Tengah membutuhkan belanja modal atau capital expenditure (capex) senilai US$500 juta per tahun atau setara Rp8,2 triliun per tahun. 

    Presiden Direktur PTFI Tony Wenas mengatakan, estimasi nilai capex tersebut dibutuhkan untuk 7-8 tahun ke depan. Dia menuturkan, tambang Kucing Liar merupakan tambang keempat PTFI di wilayah Grasberg dan akan menggantikan Deep Mill Level Zone (DMLZ). 

    “Jadi, [tambang] Kucing Liar akan menggantikan tambang Deep Mill Level Zone itu sehingga proses produksi bijih kami bisa stabil, diharapkan sekitar 240.000 ton bijih per hari, jadi stabil ke depannya,” kata Tony dalam rapat dengar pendapat (RDP) Komisi VI, Kamis (13/3/2025). 

    Pasalnya, produksi bijih dari tambang DMLZ terus menurun. Saat ini, produksinya mencapai 70.000 ton bijih per hari. Selain DMLZ, di kawasan yang sama PTFI juga mengoperasikan tambang Grasberg Block Cave dan Big Gossan. 

    Adapun, tambang Block Cave menghasilkan 140.000 ton bijih per hari, sementara Big Gossan menghasilkan 7.000 ton bijih per hari dengan kadar paling tinggi. 

    Untuk menjaga tingkat produksi, Tony pun menargetkan tambang Kucing Liar dapat mulai berproduksi pada 2027 mendatang. Potensi cadangan dari tambang ini yakni sebesar 7 miliar pound tembaga dan 7 juta ounce emas hingga 2041. 

    Dalam catatan Bisnis, pengembangan Kucing Liar merupakan upaya yang dilakukan setelah PTFI mendapatkan perpanjangan izin usaha pertambangan khusus (IUPK) selepas 2041 dinilai perlu untuk memperpanjang umur proyek ini.

    Adapun, tahap pengembangan pra-produksi Kucing Liar sudah dimulai pada 2022 dan diperkirakan akan berlanjut dalam jangka waktu sekitar 10 tahun. Tambang ini diperkirakan dapat memproduksi sekitar 90.000 metrik ton bijih per hari saat sedang beroperasi secara penuh. 

    Sementara itu, secara tahunan, tambang Kucing Liar diperkirakan dapat memproduksi 560 juta pound tembaga dan 520.000 ounce emas. Hal tersebut akan memberikan keuntungan bagi PTFI berkelanjutan dalam jangka panjang dan skala besar.

  • Panduan Lengkap dan Perhitungan Keuntungannya

    Panduan Lengkap dan Perhitungan Keuntungannya

    Jakarta: Emas Antam adalah salah satu instrumen investasi yang populer di Indonesia. Selain mudah dibeli, emas Antam juga mudah dijual kembali (buyback). 
     
    Namun, sebelum menjual emas, penting untuk memahami cara buyback, perhitungan keuntungan, serta pajak yang berlaku.

    Perbedaan harga emas Antam hari ini dan setahun lalu
    Harga emas terus berfluktuasi, sehingga menjual emas di waktu yang tepat bisa memberikan keuntungan lebih besar.
     
    Harga emas Antam 13 Maret 2025: Rp1,714 juta per gram.
    Harga buyback 13 Maret 2025: Rp1,563 juta per gram.
    Harga emas Antam 13 Maret 2024: Rp1,2 juta per gram
    Harga buyback 13 Maret 2024: Rp1,092 juta per gram

    Dari data di atas, terlihat bahwa harga emas mengalami kenaikan yang cukup signifikan dalam setahun terakhir. 
     
    Jika kamu membeli emas setahun lalu dan menjualnya hari ini, selisih harga jualnya bisa menjadi keuntungan.
     

    Cara buyback emas Antam di Butik Emas Logam Mulia
    Salah satu cara termudah untuk menjual emas Antam adalah melalui Butik Emas Logam Mulia yang tersedia di berbagai kota besar di Indonesia. Berikut langkah-langkahnya:

    Datang ke Butik Emas Logam Mulia terdekat dengan membawa KTP dan NPWP (jika ada).
    Ambil nomor antrean dan tunggu giliran pelayanan.
    Serahkan emas Antam yang akan dijual beserta dokumen pendukung ke petugas Customer Service.
    Petugas akan mengisi formulir buyback dan meminta kamu mencantumkan nomor rekening aktif untuk transfer hasil penjualan.
    Setelah menyetujui harga buyback yang ditawarkan, kamu akan menandatangani kwitansi sebagai bukti transaksi.
    Dana hasil buyback akan ditransfer ke rekening yang telah didaftarkan dalam H+1 hingga H+3 hari kerja.

    Cara menghitung keuntungan menjual emas Antam hari ini
    Untuk menghitung keuntungan dari penjualan emas, kamu bisa menggunakan rumus berikut:
     
    Keuntungan = Harga Buyback Hari Ini – Harga Beli
     
    Contoh perhitungan jika kamu membeli emas setahun lalu:
     
    Harga beli setahun lalu: Rp1,2 juta per gram
    Harga buyback hari ini: Rp1,563 juta per gram
     
    Keuntungan: Rp1,563 juta – Rp1,2 juta = Rp363 ribu per gram
     
    Jika kamu menjual 10 gram emas, maka total keuntungan yang diperoleh adalah Rp3,63 juta.
    Pajak dan potongan buyback Emas Antam
    Saat menjual emas Antam, ada pajak yang perlu diperhitungkan:
     
    Buyback emas lebih dari Rp10 juta dikenakan PPh 22 sebesar 1,5 persen (jika memiliki NPWP) dan 3 persen (jika tidak memiliki NPWP).
     
    Jika kemasan emas Antam rusak atau sertifikat hilang, bisa dikenakan potongan tambahan sesuai kebijakan butik emas.
     
    Menjual emas Antam bukan sekadar menukar logam mulia dengan uang, tetapi juga membutuhkan strategi agar mendapatkan keuntungan maksimal. Dengan memahami proses buyback, menghitung keuntungan, serta memperhatikan pajak yang berlaku, kamu bisa menjual emas dengan lebih cerdas!

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • DPR Usul Danantara Biayai Promosi Pariwisata, Pengusaha Setuju?

    DPR Usul Danantara Biayai Promosi Pariwisata, Pengusaha Setuju?

    Bisnis.com, JAKARTA – Kadin Indonesia merespons usulan DPR RI agar dana yang dikelola Badan Pengelola Investasi Daya Anagata Nusantara atau Danantara dapat digunakan untuk membiayai promosi pariwisata Indonesia.

    Wakil Ketua Umum Bidang Pariwisata Kadin Indonesia Raty Ning menyampaikan bahwa saat ini Indonesia tengah berencana membentuk Tourism Board. 

    Dalam hal pendanaan, Raty menyebut bahwa semua pihak perlu duduk bersama untuk menentukan sumber-sumber pendanaan Indonesia Tourism Board tanpa memberatkan pemerintah.

    “Kita coba cari dulu di dalam kita, sepakat dulu apa sih yang memungkinkan mendapatkan pembiayaan, karena semangatnya adalah jangan memberatkan pemerintah,” kata Raty kepada Bisnis di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (13/3/2025).

    Sementara itu, Ketua Umum Gabungan Industri Pariwisata dan Pariwisata Indonesia (Gipi) Hariyadi B. Sukamdani mengatakan bahwa Danantara mungkin bisa menjadi salah satu sumber untuk mendanai promosi pariwisata Indonesia ke pasar internasional.

    Namun, berdasarkan pengalaman yang terjadi selama ini, pemerintah belum tentu bersedia untuk merealokasi dana yang ada untuk promosi pariwisata. 

    “Seperti misalnya pajak daerah. Nah kalau saya minta realokasi pemerintah daerahnya mau nggak tuh ngasih. Belum tentu dia mau. Atau PNBP yang dipungut oleh imigrasi untuk visa on arrival. Belum tentu dia mau berbagi juga kan. Kita repot jadinya,” tutur Hariyadi.

    Untuk itu, muncul ide membentuk Indonesia Tourism Board, sebuah lembaga yang diharapkan dapat meningkatkan citra kepariwisataan Indonesia. 

    Dalam paparan yang disampaikan Hariyadi pada rapat dengar pendapat dengan Komisi VII DPR RI, Gipi menawarkan opsi sumber pendanaan Indonesia Tourism Board seperti iuran anggota, Badan Layanan Umum Pariwisata, sumbangan/sponsor, atau sumber lain yang sah dan tidak mengikat, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

    Menurut Hariyadi, pemerintah mungkin akan memanfaatkan dana kelolaan Danantara untuk promosi pariwisata, jika badan investasi itu dikelola dengan baik dan benar.

    Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Evita Nursanty sebelumnya meminta Menteri Pariwisata (Menpar) Widiyanti Putri untuk membujuk Presiden Prabowo Subianto agar dapat memanfaatkan Danantara sebagai sumber pendanaan badan promosi pariwisata. Mengingat, pariwisata menyumbang devisa yang cukup besar bagi Indonesia.

    “Kenapa Ibu nggak bisa melakukan hal yang sama, mengatakan kepada Presiden begitu besarnya pemasukan dari pariwisata ini devisa pariwisata kita Rp317 triliun, masak mau bikin promosi pariwisata aja enggak bisa kan aneh gitu,” kata Evita dalam rapat kerja dengan pemerintah di Kompleks Parlemen, dikutip Kamis (13/3/2025).

    “Kita cari sama-sama Bu bagaimana ini ya kan ini sekarang ada Danantara untuk investasi pariwisata ini investasi loh ya kan ketika itu menjadi unsur dari pendanaan yang selama ini memang menjadi masalah terus,” pungkasnya. 

  • Jaga Kelancaran Mudik Lebaran 2025, Astra Infra Siapkan Empat Strategi  – Halaman all

    Jaga Kelancaran Mudik Lebaran 2025, Astra Infra Siapkan Empat Strategi  – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kementerian Perhubungan memperkirakan sebanyak 146,48 juta orang atau sekitar 52 persen dari total jumlah penduduk Indonesia akan melakukan pergerakan selama momen Mudik Lebaran 2025.

    Selain itu, Kemenhub juga memprediksi puncak arus mudik tahun ini akan terjadi pada H-3 Hari Raya Idul Fitri, tepatnya 28 Maret 2025. 

    Sebagai pengelola jalan tol, Asta Infra mulai menyiapkan sarana dan prasarana untuk mendukung kelancaran mudik lebaran tahun ini.

    VP of Operational Policy and Government Relation Astra Infra Novianto Dwi Wibowo, menyatakan guna mengantisipasi besarnya animo masyarakat melakukan perjalanan selama masa lebaran, secara umum pihaknya mempunyai empat strategi.

    “Yang pertama adalah memastikan kondisi jalan dalam keadaan prima. Ini secara umum kami lakukan dengan dua hal yaitu peningkatan kapasitas dan peningkatan kualitas,” tutur Novianto dalam Konferensi Pers virtual, Kamis (13/3/2025).

    Peningkatan kapasitas jalan dilakukan Astra Infra dengan menambah lajur di ruas Tol Tangerang-Merak dan ruas Cikopo-Palimanan.

    Saat ini pengerjaan penambahan kapasitas tersebut masih berlangsung, sehingga sampai sekarang masih ada beberapa titik perbaikan.

    Kedua, Astra Infra juga menyiapkan alat berat dan pompa untuk mengantisipasi cuaca ekstrem yang menurut BMKG masih akan terjadi hingga April.

    Strategi ketiga, menyiapkan personel, sarana, prasarana untuk terkait dengan layanan jalan tol, serta meningkatkan koordinasi dengan para stakeholders terkait.

    “Salah satu titik krusial selama arus lebaran ini memang di rest area, terutama perjalanan yang dilakukan nanti pada saat bulan puasa. Karena buka puasa pasti dilakukan bersamaan. Ini yang terus kita antisipasi,” jelasnya.

    Oleh karenanya, perusahaan juga melakukan penambahan kapasitas toilet, tempat parkir, penyiapan tempat ibadah, berbagai pilihan kuliner, minimarket, serta SPKLU bagi pengguna mobil listrik.

    “SPKLU ini sudah ada di sepanjang ruas jalan tol kami, sudah banyak, yang hampir semuanya sebenarnya sudah ada SPKLU,” imbuh Novianto.

    Khusus untuk tol Tangerang – Merak, Astra Infra memfungsikan rest area yang ada di kilometer 43 dan 68, termasuk juga nanti sebagai valve di gerbang tol Cikupa, sehingga berfungsi sebagai delay system.

    “Ini yang akan koordinasinya dan juga komandonya pasti akan dilakukan oleh kepolisian, kami akan mendukung dari sisi sarana dan prasarana,” imbuhnya.

    Strategi keempat ialah kolaborasi dengan lini usaha lain di Grup Astra, dalam penyediaan Posko Astra Siaga Lebaran 2025.

    “Itu nanti ada beberapa titik di KM 166 ruas Cikopo – Palimanan dan di Resta Pendopo, kilometer 456 AB ruas tol Semarang-Solo. Selain itu, di Astra juga ada tim Search and Rescue atau SAR yang akan menyiagakan kendaraan dan personil untuk di ruas tol Tangerang-Merak dan Cikopo – Palimanan, serta di Resta Pendopo dan ruas Semarang-Solo,” jelas Novianto.

  • Bahlil Buka Peluang Pertamina Bangun Kilang Minyak Baru 1 Juta Barel

    Bahlil Buka Peluang Pertamina Bangun Kilang Minyak Baru 1 Juta Barel

    Bisnis.com, CILEGON – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia membuka peluang bagi PT Pertamina (Persero) untuk menggarap proyek kilang minyak berkapasitas 1 juta barel per hari.

    Bahlil mengatakan perusahaan migas pelat merah itu bisa menjadi operator pembangunan kilang jumbo tersebut.

    Adapun, pembangunan kilang 1 juta barel itu lebih besar dari rencana awal. Semula, pemerintah akan membangunan kilang berkapasitas 500.000 barel per hari

    Bahlil mengungkapkan, saat ini pemerintah tengah menyusun rencana pembangunan kilang sekaligus menjaga kualitas minyak.

    “Nah, menyangkut nanti [operatornya] akan diserahkan siapa nanti kita akan bahas. Saya pikir Pertamina salah satu yang harus kita pertimbangkan karena dia adalah BUMN yang di bidang energi,” kata Bahlil di Cilegon, Banten, Kamis (13/3/2025).

    Pembangunan kilang minyak dengan kapasitas total 1 juta barel per hari itu rencananya akan dibiayai oleh investor dalam negeri, termasuk lewat BPI Danantara. Kilang itu pun akan dibangun di beberapa daerah.

    Bahlil sebelumnya menegaskan bahwa wacana ini merupakan hasil rapat terbatas (ratas) implementasi teknis hilirisasi bersama Presiden Prabowo.

    Dia menyebut, salah satu pertimbangan peningkatan kapasitas kilang minyak ini yaitu adanya ketidakseimbangan antara kebutuhan dan produksi minyak dalam negeri. Oleh karena itu, pemerintah akan membangun terminal penyimpanan BBM (storage) dengan kapasitas yang sama dengan kilang.

    Terpisah, Wakil ESDM Yuliot Tanjung mengonfirmasi pembangunan kilang akan tersebar di Sumatra, Kalimantan, hingga kawasan Indonesia timur.

    “Jadi Pak Menteri ESDM sudah menyampaikan revisi itu, tidak di satu titik, tetapi akan dibangun di beberapa titik. Jadi ada di Sumatra, Kalimantan, dan mungkin juga di kawasan timur Indonesia lain,” kata Yuliot di Kantor Kementerian ESDM, Rabu (12/3/2025).

    Kendati demikian, dia belum memberikan kepastian mengenai kapasitas masing-masing kilang yang akan dibangun. Menurutnya, proyek tersebut masih dalam tahap konsolidasi dan akan disesuaikan dengan skala ekonomis.

    Terkait nilai investasi proyek ini, Yuliot mengatakan pihaknya masih melakukan perhitungan. 

    “Ya ini karena ini sudah ini sesuai dengan arahan yang terbaru. Ini harus didistribusikan berdasarkan kapasitas ya ini lagi dihitung,” katanya.

    Namun, untuk pembangunan kilang berkapasitas 500.000 barel pemerintah mengeklaim perlu investasi sebesar US$12,5 miliar atau setara Rp205,54 triliun (asumsi kurs Jisdor Rp16.443 per US$).

    Dengan asumsi nilai yang sama, maka pembangunan kilang berkapasitas 1 juta barel itu membutuhkan investasi sekitar Rp411 triliun.

  • Pendiri PT Intiland Hendro Gondokusumo Meninggal Dunia di Singapura

    Pendiri PT Intiland Hendro Gondokusumo Meninggal Dunia di Singapura

    Jakarta, Beritasatu.com – Hendro Santoso Gondokusumo, pendiri sekaligus direktur utama PT Intiland Development Tbk (DILD) meninggal dunia di Singapura pada Kamis (13/3/2025) pukul 03.29 waktu setempat dalam usia 74 tahun.

    Hendro Santoso Gondokusumo dikenal sebagai sosok yang berperan besar dalam menjadikan Intiland sebagai salah satu pengembang properti terkemuka di Indonesia. Di bawah kepemimpinannya, perusahaan berhasil melantai di Bursa Efek Indonesia, menandai pencapaian signifikan dalam industri real estat nasional.

    Dilansir dari laman resmi Intiland, Hendro telah menjabat sebagai Direktur Utama PT Dharmala Intiland Tbk sejak 1983 hingga 2007. Ia kemudian menjadi Wakil Komisaris Utama PT Intiland Development Tbk (2007-2011) sebelum kembali menduduki posisi Direktur Utama pada 2011 hingga 2025.

    Selain memimpin Intiland, Hendro juga aktif dalam berbagai organisasi real estat nasional dan internasional. Ia merupakan anggota Federasi Real Estate International (FIABCI) dan International Real Estate Institute (IREI), yang menunjukkan kontribusinya dalam pengembangan sektor properti secara global.

    Di tingkat nasional, ia pernah menjabat sebagai:

    Ketua Jakarta Property Club (2007-2010)Wakil Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia (KADIN) Bidang Properti (2015-2025)Ketua Asosiasi Pemilik Lapangan Golf Indonesia (APLGI) (2014-2018)Anggota Badan Pertimbangan Organisasi Real Estat Indonesia (2016-2025)

    Sebagai anggota Dewan Kehormatan Asosiasi Real Estat Indonesia, Hendro Santoso Gondokusumo mendapatkan pengakuan atas dedikasi dan kepemimpinannya di industri properti tanah air.

  • Aset Kripto Lokal Ini Catat Pertumbuhan Spektakuler, Harganya Naik 5 Kali Lipat!

    Aset Kripto Lokal Ini Catat Pertumbuhan Spektakuler, Harganya Naik 5 Kali Lipat!

    Jakarta: Dunia aset kripto di Indonesia kembali dikejutkan dengan pertumbuhan luar biasa dari DRX Token. Token kripto lokal yang baru diluncurkan ini mencatat lonjakan harga yang signifikan, dari hanya Rp30 per token saat pertama kali rilis, kini stabil di Rp150 per token. 
     
    Dengan kenaikan hingga lima kali lipat, DRX Token berhasil menarik perhatian investor dan komunitas kripto.
     
    Tak hanya dari sisi harga, kapitalisasi pasar (market cap) DRX Token juga mengalami lonjakan drastis, kini berada di kisaran Rp7 hingga Rp8 triliun. Angka ini menjadikannya salah satu proyek kripto lokal dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia.

    Founder DRX Wear Kash Topan mengatakan keberhasilan ini berkat kepercayaan masyarakat terhadap teknologi inovatif yang mereka kembangkan. 
     
    DRX Wear menggabungkan teknologi NFC (Near Field Communication) dengan pakaian olahraga, yang memungkinkan pengguna memverifikasi keaslian produk melalui aplikasi DRXSportNet.
     
    “Ini bukan sekadar token, tapi bagian dari ekosistem teknologi canggih yang akan terus berkembang. Kami berterima kasih kepada investor dan komunitas yang percaya pada visi DRX,” ujar Kash dalam keterangan tertulis, Kamis, 13 Maret 2025.
     

    Inovasi di balik DRX Token
    DRX Wear menggabungkan teknologi NFC (Near Field Communication) dengan pakaian olahraga, yang memungkinkan pengguna memverifikasi keaslian produk melalui aplikasi DRXSportNet.
     
    Dengan kombinasi antara aset kripto, blockchain, dan inovasi di dunia fashion olahraga, DRX berhasil menciptakan konsep baru yang menarik perhatian banyak pihak.
     
    “Ini bukan sekadar token, tapi bagian dari ekosistem teknologi canggih yang akan terus berkembang. Kami berterima kasih kepada investor dan komunitas yang percaya pada visi DRX,” ujar Kash.
     
    Kesuksesan DRX Token juga menunjukkan minat masyarakat Indonesia terhadap kripto berbasis teknologi nyata dan inovatif. Ke depan, DRX berencana memperluas penggunaan token ini, termasuk untuk transaksi melalui DRX Pay, yang akan segera diluncurkan tahun ini.
     
    “DRX Token telah membuka babak baru dalam dunia kripto Indonesia, membuktikan bahwa proyek lokal juga bisa bersaing dan sukses di pasar global,” ungkap Kash.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • Tinjau SPBU di Cilegon, Bahlil Pastikan Stok BBM Aman & Pertamax Sesuai Kualifikasi

    Tinjau SPBU di Cilegon, Bahlil Pastikan Stok BBM Aman & Pertamax Sesuai Kualifikasi

    Bisnis.com, CILEGON – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia meninjau kesiapan distribusi BBM di sejumlah SPBU dan terminal bahan bakar minyak (TBBM) di Tanjung Gerem, Cilegon, Banten, Kamis (13/3/2025).

    Hal ini dilakukan demi memastikan stok BBM selama Ramadan dan Idulfitri aman. Bahlil pun menyebut stok BBM untuk semua jenis seperti Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo hingga Diesel aman. 

    Dia mengatakan, stok BBM cukup untuk 21 hari ke depan. Selain itu, dia juga menekankan bahwa BBM jenis Pertamax bukan oplosan seperti yang ramai ditudingkan masyarakat. Bahlil pun memastikan kualitas Pertamax sudah sesuai kualifikasi dari Ditjen Migas.

    “Saya tadi didampingi oleh Lemigas [Balai Besar Pengujian Minyak dan Gas Bumi] juga dengan Pak Dirut Pertamina [Simon Aloysius Mantiri] mengecek langsung kualitas daripada minyak kita,” kata Bahlil.

    Adapun, saat meninjau SPBU 34.424.09 Gerem, pihaknya langsung melakukan pengujian kualitas Pertamax. Lemigas lah yang mengambil alih tugas tersebut.

    Hasil pengujian menunjukkan berat jenis dari Pertamax yang diuji menunjukkan nilai rata-rata 725. Sementara itu, dalam aturan kualifikasi Ditjen MIgas Pertamax idealnya memiliki berat jenis di rentang 715-725. Artinya, Pertamax yang diuji telah memenuhi kualifikasi.

    “Hal ini saya harus sampaikan kepada publik bahwa tidak perlu ragu terhadap kualitas daripada bahan bakar yang disiapkan oleh Pertamina,” tutur Bahlil. 

    Tudingan pengoplosan Pertamax tak lepas dari kasus dugaan tindak pidana korupsi tata kelola minyak mentah dan produk kilang yang melibatkan subholding Pertamina dan kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) tahun 2018—2023.

    Bahlil pun mengatakan, kasus tersebut cukup menjadi pelajaran. Dia pun memastikan Pertamina dan Kementerian ESDM akan bekerja lebih baik ke depan.

    “Ke depan kami dari ESDM sebagai pihak atau pemerintah yang bertanggung jawab terhadap pengujian kualitas lewat Lemigas itu kami akan melakukan penyetelan. Jadi enggak perlu ada keraguan masyarakat,” kata Bahlil.

    Selain BBM, Bahlil juga menyampaikan kesiapan pasokan listrik menjelang Idulfitri. Dia menyebut kapasitas terpasang saat ini mencapai 60.000 MW hingga 67.000 MW, sementara beban puncak selama Idulfitri diprediksi di level 46.000 MW.

    “Jadi kita masih selisih kurang lebih sekitar 30% sampai 40%. Jadi, secara umum untuk listrik insyallah enggak ada masalah,” kata Bahlil.

  • Sri Mulyani Tak Ubah Target Defisit APBN 2025 meski Kinerja Pajak Melorot

    Sri Mulyani Tak Ubah Target Defisit APBN 2025 meski Kinerja Pajak Melorot

    Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menilai masih terlalu dini untuk mengubah target defisit APBN pada awal tahun, di tengah penerimaan pajak yang turun 30% per Februari 2025.

    Sri Mulyani menyampaikan terkait perubahan postur maupun asumsi makro APBN 2025, sejatinya dilakukan pada pertengahan tahun dalam laporan semester yang nantinya disampaikan kepada publik dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

    “Kami pasti menyampaikan laporan semester kepada kabinet dan DPR. Jadi kalau hari ini sudah ngomongin [proyeksi defisit akhir] Desember, wong pertengahan tahun belum kita lewati, ojo kesusu [jangan terburu-buru],” ujarnya dalam konferensi pers, Kamis (13/3/2025).

    Berkaca dari tahun lalu, pemerintah melakukan perubahan postur APBN terkait defisit yang dikerek naik dari 2,29% menjadi 2,7% dalam laporan semester.

    Realiasasinya, pada Desember 2024 pemerintah melaporkan defisit senilai Rp507,8 triliun atau setara 2,29% terhadap PDB.

    Untuk itu, Sri Mulyani menekankan saat ini pihaknya akan fokus menjaga postur APBN sesuai dengan Undang-Undang (UU) Nomor 62/2024 tentang APBN 2025 yang mengamanatkan defisit di angka Rp616,2 triliun atau setara 2,53%.

    Meski demikian, pihaknya akan tetap melakukan pemantauan terhadap perubahan komponen dalam postur tersebut. Misalnya, pemantauan jika terdapat koreksi di penerimaan negara akibat PPN 12% yang tidak diterapkan di seluruh komoditas.

    Bendahara Negara tersebut pun menekankan pihaknya akan melakukan upaya ekstra untuk mengompensasi terhadap penerimaan yang tidak jadi diperoleh tersebut. Meski demikian, dirinya tidak menjelaskan lebih lanjut upaya apa yang dimaksud.

    “Defisit akhir tahun tetap berpedoman pada APBN [2025], nanti akan ada perkegarakan dan setiap pergerakan saya akan sampaikan,” janjinya.

    Pasalnya dengan penerimaan yang turun dan belanja yang terus mengalir, pemerintah telah mencatatkan defisit senilai Rp31,2 triliun per akhir Februari 2025. Padahal pada 2024 defisit baru terjadi pada Mei, sementara pada 2023 defisit bahkan baru terjadi pada Oktober.

    Sebelumnya, Ekonom dan Pakar Kebijakan Publik UPN Veteran Jakarta Achmad Nur Hidayat menilai jika tren penurunan pajak berlanjut, penerimaan negara bisa mengalami shortfall hingga Rp300 hingga Rp400 triliun, yang otomatis menggembungkan defisit.

    “Berdasarkan prediksi kami pada akhir Januari 2025 lalu, potensi defisit hingga Rp800 triliun atau hampir 3% PDB adalah skenario yang realistis jika situasi ini terus berlanjut tanpa solusi cepat,” ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (12/3/2025).

    Bahkan Goldman Sachs Group Inc. memproyeksikan defisit APBN akan semakin melebar dan mendekati batasnya, yakni 2,9% pada 2025 akibat sederet risiko fiskal imbas ketegangan global dan pelemahan ekonomi domestik usai Presiden Prabowo Subianto mengumumkan serangkaian kebijakan fiskal.

    Sementara Ekonom Bahana Sekuritas Putera Satria Sambijantoro mengamini bahwa penerimaan pajak terhantam dari segala sisi.

    Selain Coretax, target penerimaan 2025 juga masih mengacu pada PPN 12%, sementara kebijakan tersebut nyatanya batal karena pemerintah menggunakan nilai lain 11/12 (alhasil PPN tetap 11%).

    Belum lagi, daya beli yang relatif lemah akan berpengaruh terhadap setoran pajak dari Pajak Penghasilan (PPh) individu maupun badan. Sementara penerimaan dari komoditas perlu diwaspadai karena terjadi penurunan harga, seperti batu bara dan nikel.

    “Jadi tahun ini targetnya [defisit] 2,53% dari PDB, mungkin bisa 2,6% hingga 2,8% [akhir tahun],” tuturnya kepada Bisnis, Rabu (12/3/2025).

  • KAI Tebar Diskon Kereta Sebanyak 40.000 Tiket, Harga Mulai Rp100.000

    KAI Tebar Diskon Kereta Sebanyak 40.000 Tiket, Harga Mulai Rp100.000

    Bisnis.com, JAKARTA — PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI memberikan tiket diskon bagi para pelanggan yaitu promo reguler dengan diskon 20% serta program flash sale dengan harga tiket mulai Rp100.000 untuk kelas ekonomi. 

    Vice President Public Relations KAI Anne Purba mengatakan KAI mengadakan promo reguler serta flash sale tiket kereta dengan total kuota sebanyak 40.000 tiket. Pada promo reguler, pelanggan dapat menikmati potongan harga hingga 20% dari tarif normal untuk pemesanan tiket pada 18-19 Maret 2025. 

    “Promo ini berlaku untuk keberangkatan mulai 21 Maret hingga 11 April 2025, dengan total 38.000 kursi yang disiapkan atau disesuaikan dengan jumlah kursi yang tersedia,” kata Anne dalam keterangan resmi, Kamis (13/3/2025).

    Selain promo reguler, KAI juga menghadirkan Flash Sale yang hanya tersedia melalui aplikasi Access by KAI. Flash Sale ini berlangsung pada 18 Maret 2025 pukul 12.00-13.00 WIB, dengan jumlah tiket terbatas sebanyak 2.000 tiket yang disesuaikan dengan ketersediaan. 

    Harga spesial yang ditawarkan dalam flash sale tersebut yaitu kelas eksekutif dibanderol dengan Rp300.000, kelas bisnis dibanderol Rp200.000 dan kelas ekonomi sebanyak Rp100.000 per tiket. Tiket promo Flash Sale ini berlaku untuk perjalanan pada periode 21 Maret hingga 11 April 2025. 

    “Pemesanan tiket untuk program Ramadan Festive dapat dilakukan melalui berbagai channel resmi KAI, seperti aplikasi Access by KAI, situs resmi kai.id, serta berbagai mitra resmi lainnya. Pelanggan yang ingin mendapatkan harga Flash Sale wajib melakukan pemesanan melalui aplikasi Access by KAI pada waktu yang telah ditentukan,” jelasnya. 

    Sebagai informasi, selama periode Angkutan Lebaran 1446 H/2025 yang berlangsung selama 22 hari, mulai 21 Maret hingga 11 April 2025, KAI menyediakan kapasitas angkut hingga 4.591.510 tempat duduk.

    Dari total kapasitas tersebut, sebanyak 3.443.832 kursi diperuntukkan bagi layanan Kereta Api Jarak Jauh (KA JJ), sementara 1.147.678 kursi disediakan untuk KA Lokal di berbagai wilayah di Pulau Jawa dan Sumatera.

    Hingga 13 Maret 2025 pukul 07.00 WIB, KAI mencatat jumlah tiket KA Jarak Jauh yang telah terjual mencapai 1.884.751 tiket, atau setara dengan 54,73% dari total kapasitas yang disediakan.

    Sementara itu, untuk KA Lokal, jumlah tiket yang telah dibeli pelanggan mencapai 40.685 tiket atau sekitar 3,54% dari total yang tersedia. Penjualan tiket KA Lokal masih cenderung rendah karena periode pemesanan baru dibuka H-30 sebelum keberangkatan, serta sebagian besar tiket KA Lokal baru bisa dipesan pada H-7.