Jenis Media: Ekonomi

  • Mega Life & Transvision Kerja Sama Layanan Berbasis Asuransi

    Mega Life & Transvision Kerja Sama Layanan Berbasis Asuransi

    Jakarta

    Transvision bekerja sama dengan PFI Mega Life menghadirkan inovasi cross bundling product yang menawarkan keuntungan lebih bagi pelanggan kedua perusahaan.

    Kolaborasi ini memungkinkan pelanggan untuk merasakan manfaat tambahan yang tak hanya meningkatkan pengalaman, tetapi juga memberikan perlindungan finansial yang lebih baik.

    Melalui kerja sama ini, pelanggan PFI Mega Life kini bisa mendapatkan akses eksklusif ke CubMu (Cuma buat kaMu) sebuah keuntungan menarik. Dengan CubMu, nasabah PFI Mega Life akan menikmati berbagai promo dan penawaran spesial yang meningkatkan nilai tambah produk
    asuransi yang mereka miliki.

    Di sisi lain, pelanggan Transvision juga semakin dimudahkan dengan adanya Personal Accident Insurance dari PFI Mega Life, yang kini menjadi salah satu nilai tambah bagi mereka.

    Melalui fitur ini, pelanggan Transvision akan mendapatkan perlindungan asuransi kecelakaan pribadi, memberikan rasa aman dan nyaman dalam menjalani akEvitas sehari-hari.

    “Melalui cross bundling product ini, kami ingin memberikan pengalaman yang lebih lengkap bagi pelanggan kami. Dengan menggabungkan layanan hiburan dari Transvision dan perlindungan finansial dari PFI Mega Life, kami memberikan lebih banyak alasan bagi pelanggan untuk tetap seEa dan merasakan manfaat lebih,” ujar Brando Tengdom, Direksi MarkeAng & Sales Transvision dalam keterangan tertulis, Jumat (21/3/2025).

    Sementara itu, Samdarshi Sumit, Presiden Director PFI Mega Life menambahkan, kolaborasi ini merupakan langkah strategis dalam memberikan nilai lebih bagi nasabah kami.

    Dengan menambahkan CubMu sebagai bagian dari manfaat yang diterima nasabah PFI Mega Life, kami tidak hanya menawarkan perlindungan asuransi, tetapi juga pengalaman yang lebih bermanfaat dan menyenangkan.

    “Kami percaya bahwa kerja sama ini akan memberikan kenyamanan lebih bagi pelanggan dalam menjalani kehidupan mereka sehari-hari,” kata Sumit

    Kolaborasi ini juga diharapkan dapat memperkuat hubungan antara Transvision dan PFI Mega Life, dengan memberikan solusi yang saling menguntungkan bagi kedua pihak serta memberikan kepuasan lebih bagi pelanggan yang terus mencari nilai lebih dari produk dan layanan yang mereka pilih.

    Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.Transvision.co.id dan www.pfimegalife.co.id atau hubungi layanan pelanggan kami.

    (hns/hns)

  • Mengubah Kepercayaan Menjadi Rezeki – FAJAR

    Mengubah Kepercayaan Menjadi Rezeki – FAJAR

    FAJAR.CO.ID, SURABAYA — Bagi Indah Kurnia Permatasari, kepercayaan adalah modal utama dalam dunia marketing. Ia meyakini bahwa sekali kepercayaan itu pudar, maka rezeki pun ikut menghilang. Dalam setiap langkahnya, ia selalu menanamkan nilai tersebut agar bisnis yang dijalankan tetap berkembang dan terus dipercaya oleh klien.

    “Bagi saya, kepercayaan adalah modal utama dalam hubungan. Itu tidak bisa dibeli dengan uang. Makanya, dalam menjalankan bisnis ini, saya selalu menjaga kepercayaan itu,” ungkap Indah saat berbincang dengan media.

    Nama besar Indah di dunia properti tidak dibangun dalam semalam. Ia membangun citra profesionalnya melalui Indah Raja Properti, sebuah nama yang merupakan gabungan dari namanya sendiri dan nama putri pertamanya, Raja. Dengan brand tersebut, ia ingin menanamkan rasa aman dan kredibilitas kepada para konsumennya.

    Memulai karier di bidang marketing sejak 2014, Indah sudah merasakan pahit manisnya perjalanan sebagai seorang agen properti. Tidak mudah untuk bertahan di industri ini, tetapi dengan kegigihan dan ketekunan, ia berhasil menjual ratusan properti di Surabaya dan sekitarnya hingga saat ini.

    Berkat pencapaiannya, Indah telah meraih berbagai penghargaan di bidang marketing. Bahkan, ia kerap mendapatkan reward berupa perjalanan ke luar negeri seperti Singapura, Malaysia, China, hingga Dubai. Semua itu ia dapatkan berkat dedikasinya dalam menjaga kepercayaan klien dan memberikan pelayanan terbaik.

    Tidak hanya berfokus pada penjualan rumah dan perumahan, Indah juga merambah ke segmen lain seperti gudang, pabrik, apartemen, ruko, hingga villa. Ia percaya bahwa semua properti bisa terjual asalkan dipasarkan dengan strategi yang tepat.

  • DEN rencanakan pengembangan KEK Pusat Keuangan-Family Office di Bali

    DEN rencanakan pengembangan KEK Pusat Keuangan-Family Office di Bali

    Jakarta (ANTARA) – Dewan Ekonomi Nasional (DEN) merencanakan pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pusat Keuangan dan Family Office di Bali untuk menarik investasi asing masuk ke dalam negeri.

    Menurut Ketua DEN Luhut Binsar Pandjaitan, dikutip dari akun Instagram @luhut.pandjaitan di Jakarta, Jumat, tingkat foreign direct investment (FDI) Indonesia masih lebih rendah dibandingkan negara tetangga, seperti Singapura dan Vietnam. Luhut juga membandingkan rendahnya FDI Indonesia dengan Dubai.

    Bersamaan dengan itu, arus modal keluar terus meningkat dengan nilai rata-rata sebesar 20 miliar dolar AS per tahun.

    Jika kondisi tersebut tak diatasi, maka industrialisasi, infrastruktur, dan pertumbuhan usaha produktif dinilai akan sulit berkembang optimal.

    “Salah satu strategi yang kami siapkan adalah pengembangan KEK Pusat Keuangan yang dilengkapi dengan Family Office dan instrumen keuangan lainnya,” ujar Luhut.

    Kawasan itu akan menjadi gerbang bagi dana investasi luar negeri yang akan masuk dan diinvestasikan ke berbagai sektor riil di Indonesia.

    Luhut pun menyebut investor juga berkesempatan menjadi co-investor bersama Badan Pengelola Investasi (BPI) Daya Anagata Nusantara (Danantara) Indonesia dan Indonesia Investment Authority (INA).

    “Strategi seperti ini telah terbukti sukses di Abu Dhabi, Dubai, Hong Kong, dan Singapura,” tambah Luhut.

    Agar KEK Pusat Keuangan dan Family Office berhasil, diperlukan kebijakan yang kuat dan ekosistem yang menunjang kualitas hidup.

    “Kami tidak ingin pusat keuangan ini sekadar menjadi booking centre, melainkan kawasan yang nyaman untuk bekerja dan ditinggali. Oleh karena itu, fasilitas berstandar global seperti sekolah, rumah sakit, residensial, dan perkantoran menjadi faktor penting,” kata dia lagi.

    Hingga sejauh ini, DEN mempertimbangkan Bali menjadi lokasi potensial untuk KEK Keuangan Pusat dan Family Office. Sebab, Bali sudah dikenal sebagai work heaven bagi investor global dan akan menjadi salah satu kandidat wilayah Indonesia Financial Centre (IFC).

    “Kami akan segera menetapkan kriteria terbaik untuk KEK ini. Jika ingin mencapai pertumbuhan ekonomi berkelanjutan, kita harus membangun ekosistem keuangan yang progresif dan kompetitif. Bukan sekadar pendukung, tetapi akselerator utama pembangunan nasional,” tuturnya.

    Rencana itu didiskusikan oleh DEN bersama dengan investor Ray Dalio dan kementerian/lembaga (K/L) terkait melalui konferensi video. Diskusi itu merupakan tindak lanjut dari pertemuan Presiden Prabowo Subianto dengan Ray. Luhut menyatakan diskusi itu mencerminkan makin intensnya upaya Indonesia dalam memperkuat sektor keuangan.

    Pewarta: Imamatul Silfia
    Editor: Azhari
    Copyright © ANTARA 2025

  • ESDM Paparkan Alasan dan Manfaat Dispenser Air Minum Wajib Berlabel Hemat Energi

    ESDM Paparkan Alasan dan Manfaat Dispenser Air Minum Wajib Berlabel Hemat Energi

    Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) membeberkan alasan mewajibkan produsen dispenser air minum mencantumkan label hemat energi pada produknya.

    Adapun aturan mengenai hal itu tertuang dalam Keputusan Menteri (Kepmen) Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 87.K/EK.01/MEM.E/2025 tentang Standar Kinerja Energi Minimum dan Label Tanda Hemat Energi Untuk Peralatan Pemanfaat Energi Dispenser Air Minum. Sementara aturannya akan berlaku mulai Maret 2026.

    Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengatakan, aturan pemberian label hemat energi pada barang elektronik bukan hal baru. Menurutnya, aturan itu sudah ada sejak 2015.

    Saat itu, pemberian label hemat energi fokus pada pendingin udara (air conditioner/AC). Kemudian pada 2021, diperluas untuk kulkas, kipas angin, dan penanak nasi. 

    Selanjutnya, pada 2022, lampu LED turut mendapatkan label efisiensi, selanjutnya refrigerated display case (showcase) dan televisi ditambahkan ke dalam program tersebut pada 2023.

    “Dadan menilai langkah signifikan ini semakin berlanjut dengan penerapan standar kinerja energi minimum (SKEM) dan label tanda hemat energi (LTHE) untuk dispenser air minum pada 2025. 

    “Sehingga total peralatan pemanfaat energi dengan SKEM dan LTHE saat ini berjumlah delapan jenis peralatan. Ini menghadirkan rekomendasi tambahan bagi para konsumen tanpa membebani pilihan masyarakat,” ujar Dadan melalui keterangan resmi dikutip Jumat (21/3/2025).

    Melalui panduan tersebut, sambung Dadan, masyarakat diberikan informasi objektif mengenai tingkat efisiensi masing-masing produk melalui sistem penilaian bintang, dari 1 hingga 5. 

    Dengan kata lain, semakin tinggi jumlah bintang, semakin besar potensi penghematan energi yang bisa diraih.

    Dadan mengatakan, langkah ini dirancang Pemerintah untuk membantu konsumen membuat keputusan yang cerdas berdasarkan kebutuhan dan preferensi, bukan sebagai pembatasan dalam berbelanja peralatan rumah tangga. 

    Adapun hingga 2030, Pemerintah menargetkan penerapan SKEM dan LTHE untuk 11 peralatan rumah tangga.

    “Pemerintah memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk memilih alat rumah tangga yang lebih hemat energi, yang berfungsi untuk mengurangi biaya konsumsi energi serta menekan emisi gas rumah kaca. Ini sudah ada roadmap-nya, hingga tahun 2030. Pemerintah menargetkan penerapan SKEM dan LTHE pada 11 peralatan elektronik,” tutur Dadan.

    Dia menambahkan bahwa batas kinerja energi minimum merupakan instrumen penting bagi perlindungan konsumen, sebagai standar dan jaminan bahwa produk yang beredar di pasaran sesuai standar dan hemat energi. 

    Standar ini juga mendorong peningkatan kualitas produk lokal dan melindungi pasar domestik agar tidak dibanjiri produk impor yang tidak memenuhi standar.

  • IHSG hanya turun sementara, ekonomi RI mampu tumbuh positif

    IHSG hanya turun sementara, ekonomi RI mampu tumbuh positif

    Sumber foto: Antara/elshinta.com.

    Analis: IHSG hanya turun sementara, ekonomi RI mampu tumbuh positif
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Kamis, 20 Maret 2025 – 14:57 WIB

    Elshinta.com – Analis Mirae Asset Sekuritas, Nafan Aji Gusta menyoroti IHSG yang turun sementara pada Selasa (18/3) kemarin dan kini sudah beranjak naik kembali. Menurutnya ini adalah momentum sementara dan ekonomi Indonesia mampu tumbuh positif.

    Nafan menyebut faktor turunnya IHSG terjadi karena berbagai dinamika. Misalnya terkait agenda ekonomi Presiden AS Donald Trump dan  penantian terkait suku bunga BI dan kebijakan promarket dari pemerintah.

    “Mudah-mudahan saja Danantara bisa mampu meningkatkan kinerja investasi. Karena ini akan menjadi motor pertumbuhan ekonomi Indonesia yang baru,” katanya kepada wartawan Kamis (20/3).

    Nafan menyampaikan, pertumbuhan ekonomi Indonesia digerakkan oleh household consumption atau konsumsi rumah tangga. Akan tetapi, pemerintah harus menggerakkan investasi agar pertumbuhan ekonomi rata-rata tidak berhenti di angka 5%.

    “Tapi memang untuk kedepannya kalau kita tidak ingin stuck di level 5% tentunya investment juga harus ditumbuhkan. Sebagai bagian dari GDP seperti itu,” ucap Nafan.

    Sementara itu, Nafan juga menilai bahwa sepinya pasar saham tidak terlepas dari faktor menjelang Hari Raya Idul Fitri.

    “Tapi nanti di pasca bulan suci Ramadan nanti market juga akan kembali menunjukkan aktifitas,” ungkapnya.

    Sumber : Elshinta.Com

  • Bank Indonesia Sesuaikan Jadwal Penukaran Uang SERAMBI 2025, Cek Detailnya!

    Bank Indonesia Sesuaikan Jadwal Penukaran Uang SERAMBI 2025, Cek Detailnya!

    Jakarta: Bank Indonesia terus meningkatkan kualitas layanan penukaran uang dalam program Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri (SERAMBI) 2025.
     
    Untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses layanan penukaran melalui Aplikasi PINTAR (Penukaran dan Tarik Uang Rupiah), BI menyesuaikan jadwal pemesanan untuk periode keempat.

    Jadwal dan Lokasi Penukaran SERAMBI 2025

    Mengutip siaran pers Bank Indonesia, Jumat, 21 Maret 2025, pada termin IV, Bank Indonesia menyediakan kuota sebesar 254.800 yang dibagi menjadi dua tahap:
     
    Tahap 1: Sabtu, 22 Maret 2025 (09.00 – 18.00 WIB) untuk 1.505 titik penukaran di wilayah Pulau Jawa.
    Tahap 2: Minggu, 23 Maret 2025 (mulai 09.00 WIB) untuk 1.043 titik penukaran di luar Pulau Jawa.

    Penyesuaian jadwal ini bertujuan agar layanan lebih terstruktur dan mudah diakses oleh masyarakat yang ingin menukarkan uang baru menjelang Idulfitri.

    Dorongan BI untuk Transaksi Digital

    Selain layanan penukaran uang tunai, Bank Indonesia juga mendorong masyarakat untuk memanfaatkan transaksi digital yang lebih cepat, aman, dan efisien selama Ramadan dan Idulfitri. Beberapa layanan digital yang dapat dimanfaatkan antara lain:
     
    BI-FAST untuk transfer dana dengan fitur bulk transfer, request for payment, dan direct debit.
    QRIS untuk transaksi tarik tunai, transfer, dan setor tunai dengan mudah.
    QRIS TAP sebagai inovasi pembayaran tanpa pindai di transportasi umum dan fasilitas layanan publik, cukup dengan mendekatkan smartphone ke terminal pembayaran.
     
    Dengan berbagai kemudahan ini, Bank Indonesia berharap masyarakat dapat melakukan transaksi dengan lebih nyaman selama momen Ramadan dan Idulfitri.
     
    Pantau terus informasi terbaru dari Bank Indonesia untuk detail lebih lanjut mengenai layanan penukaran uang SERAMBI 2025 dan transaksi digital yang semakin praktis!

     

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • Tol Bali Mandara Ditutup Sementara Saat Nyepi, Catat Jadwalnya

    Tol Bali Mandara Ditutup Sementara Saat Nyepi, Catat Jadwalnya

    Jakarta

    PT Jasamarga Bali Tol (JBT), sebagai anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan menutup operasional Tol Bali Mandara, selama 32 jam. Penutupan sementara ini dalam rangka menghormati perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Çaka 1947.

    Direktur Keuangan PT Jasamarga Bali Tol, I Wayan Eka Saputra, menyampaikan bahwa penutupan jalan tol akan dilakukan mulai Jumat, 28 Maret 2025 pukul 23.00 WITA hingga Minggu, 30 Maret 2025 pukul 07.00 WITA.

    “Penutupan ini merupakan bentuk penghormatan terhadap Hari Raya Nyepi, yang merupakan hari suci bagi umat Hindu di Bali. Kami berharap kebijakan ini dapat mendukung pelaksanaan Nyepi dengan khusyuk dan penuh makna,” ujar Wayan Eka, dalam keterangannya, dikutip Jumat (21/3/2025).

    Meskipun ditutup untuk umum, Tol Bali Mandara tetap dapat digunakan untuk keperluan darurat, seperti mobil pemadam kebakaran, ambulans, dan kendaraan operasional kritis lainnya.

    Untuk kendaraan darurat wajib mendapatkan pendampingan dari pecalang atau instansi terkait sesuai dengan prosedur yang berlaku.

    “Selama periode penutupan, petugas tol tetap bersiaga guna memastikan pelayanan tetap berjalan sesuai dengan standar operasional yang telah ditetapkan,” lanjutnya.

    Selain penutupan dalam rangka Nyepi, PT JBT juga mendukung pelaksanaan Upacara Melasti, yang merupakan bagian dari rangkaian Hari Raya Nyepi. Upacara Melasti tahun ini akan dilaksanakan pada Rabu, 26 Maret 2025 pukul 05.00 WITA di tempat Pemelastian Desa Adat Pedungan.

    Untuk memastikan kelancaran upacara, PT JBT akan mengerahkan tim Mobile Customer Service (MCS) dan bekerja sama dengan Polsek Benoa, Polisi Lalu Lintas Induk VI Ditlantas Polda Bali, serta Pecalang untuk pengaturan lalu lintas.

    Selama pelaksanaan Melasti, akan diberlakukan contra flow sementara di jalan akses Pelabuhan Benoa, mulai pukul 05.00 Wita hingga selesai. Jalur timur dari depo Pertamina menuju Pelabuhan akan digunakan khusus bagi masyarakat yang melaksanakan upacara, sementara jalur sebaliknya dari Pelabuhan Benoa ke arah Pesanggaran akan difungsikan sebagai jalur dua arah (contra flow).

    Selain menyiagakan petugas MCS, PT JBT juga akan menempatkan petugas kebersihan di sekitar lokasi upacara serta menyiagakan ambulans di titik-titik strategis. Wayan Eka mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan area pemelastian serta mematuhi arahan petugas demi kelancaran acara.

    Bersambung ke halaman berikutnya. Langsung klik

    Beriringan dengan perayaan Nyepi, PT Jasamarga Bali Tol (JBT) juga mempersiapkan strategi antisipasi lonjakan volume lalu lintas selama libur panjang Hari Raya Idul Fitri 1446 Hijriah. Sebagai langkah proaktif, PT JBT akan membentukan Satgas Jasamarga Bali Tol Siaga Idul Fitri 1446 H/Lebaran 2025.

    Optimalisasi layanan ini akan berlangsung sejak H-10 Lebaran pada 21 Maret 2025 hingga H+10 pada 11 April 2025, dengan puncak arus lalu lintas diperkirakan terjadi pada Jumat, 4 April 2025, di mana sebanyak 52.830 kendaraan diprediksi melintas di Jalan Tol Bali Mandara.

    Manager Operation & Maintenance PT JBT, I Putu Gandi Ginantra, menyampaikan bahwa meskipun Jalan Tol Bali Mandara bukan jalur utama mudik, lonjakan mobilitas wisatawan selama libur panjang tetap menjadi perhatian utama.

    Oleh karena itu, PT JBT membentuk satgas yang berfokus pada optimalisasi layanan operasional guna menciptakan perjalanan yang aman, nyaman, dan lancar bagi seluruh pengguna tol.

    Dalam upaya memberikan pelayanan terbaik, PT JBT akan meningkatkan kesiapan armada dengan menyiagakan petugas MCS, menyediakan 1 unit rescue, 2 kendaraan derek, serta optimalisasi layanan selama 24 jam penuh.

    Pemeriksaan rutin terhadap kondisi jalan tol, penerangan, marka jalan, serta sistem drainase juga akan dilakukan untuk memastikan infrastruktur tetap dalam kondisi optimal. Selain itu, PT JBT akan menempatkan rambu tambahan dan menerapkan pengawasan khusus di titik rawan kecelakaan guna meminimalkan risiko insiden selama periode libur panjang.

    Melalui langkah-langkah strategis ini, PT JBT berkomitmen mendukung kelancaran perayaan Nyepi dan Lebaran 2025 serta memastikan wisatawan yang berkunjung ke Bali dapat menikmati perjalanan yang aman dan nyaman.

    “Dengan sinergi berbagai pihak, PT JBT berharap dapat terus memberikan pelayanan yang optimal bagi pengguna Jalan Tol Bali Mandara,” pungkasnya.

  • Bulog Gandeng TNI-Polri Awasi Penyerapan Gabah dari Petani

    Bulog Gandeng TNI-Polri Awasi Penyerapan Gabah dari Petani

    Bisnis.com, KLATEN – Perum Bulog akan melibatkan seluruh aparat termasuk TNI dan Polri untuk mengawasi program penyerapan gabah kering panen (GKP) dari petani dengan harga Rp6.500.

    Wakil Direktur Utama Perum Bulog, Marga Taufiq menyampaikan bahwa Bintara Pembina Desa (Babinsa) dari TNI dan Bhayangkara Pembina Keamanan serta Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) dari Polri akan menjadi pengawas program ini.

    “Bulog tidak sendiri, bersama dengan para penyuluh pertanian, kemudian teman-teman dari Babinsa, dari Babinkamtibmas itu, sama-sama memberikan pendampingan untuk sampai ke bulog,” kat Marga di Klaten, Jumat (21/3/2025).

    Senada dengan Marga. Wakil Pemimpin Wilayah Bulog Jawa Tengah, Fadillah Rachmawati menyebut Babinsa bakal dikerahkan dalam program ini dikarenakan sudah memiliki pengetahuan terkait lokasi panen gabah para petani.

    Fadillah menyebut, Babinsa akan lebih mudah dalam memberikan pendampingan bagi petani gabah agar panenannya diserap oleh Bulog.

    “Jadi karena [Babinsa] sudah membersamainya dari awal, tentu ini lebih memudahkan begitu sebenarnya,” ujarnya.

    Diberitakan sebelumnya, Kementerian Pertanian (Kementan) mewajibkan penggilingan dalam negeri untuk membeli gabah kering panen (GKP) minimal Rp6.500 per kilogram (kg), guna meningkatkan kesejahteraan petani.

    Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengatakan, pelaksanaannya akan dikawal oleh Kepolisian untuk memastikan GKP yang dibeli penggilingan sesuai dengan harga yang ditetapkan pemerintah.

    “Itu yang dikawal kepolisian, karena kesepakatan kita adalah Rp6.500 [per kg] diserap bukan saja Bulog, tapi semua pihak,” kata Amran usai menggelar rapat koordinasi dengan Perkumpulan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia (Perpadi), Perum Bulog, dan Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri, di Kementerian Pertanian (Kementan), Jakarta, Senin (10/2/2025).

    Dalam catatan Bisnis, pemerintah menetapkan harga pembelian pemerintah (HPP) di tingkat petani sebesar Rp6.500 per kg. 

    HPP beras di gudang Perum Bulog dipatok sebesar Rp12.000 per kg dengan standar kualitas yaitu derajat sosoh minimal 100% yang kemudian disesuaikan menjadi 95%, kadar air 14%, butir patah maksimal 25%, dan butir menir maksimal 25%.

    Penyesuaian itu tertuang dalam Keputusan Kepala Badan Pangan Nasional No.14/2025 tentang Perubahan atas Keputusan Kepala Badan Pangan Nasional No.2/2025 tentang Perubahan atas Harga Pembelian Pemerintah dan Rafaksi Harga Gabah dan Beras.

  • Bandara Juanda diprediksi alami puncak arus penumpang H-3 Lebaran

    Bandara Juanda diprediksi alami puncak arus penumpang H-3 Lebaran

    Pada periode libur Lebaran tahun ini, diprediksi jumlah penumpang secara total akan meningkat 12 persen jika dibanding periode yang sama 2024. Mengingat libur Lebaran kali ini cukup panjang dan didahului dengan libur Hari Raya Nyepi,

    Sidoarjo (ANTARA) – General Manager Bandara Internasional Juanda Muhammad Tohir memprediksikan puncak arus mudik melalui Bandara Juanda menjelang Hari Raya Idul Fitri 1446 H akan terjadi pada H-3 Lebaran atau 28 Maret 2025.

    “Pada periode libur Lebaran tahun ini, diprediksi jumlah penumpang secara total akan meningkat 12 persen jika dibanding periode yang sama 2024. Mengingat libur Lebaran kali ini cukup panjang dan didahului dengan libur Hari Raya Nyepi,” katanya dalam keterangan di Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat.

    Tohir menuturkan adanya program penurunan harga tiket pesawat dari pemerintah akan berdampak pada banyaknya masyarakat yang menggunakan moda transportasi udara.

    Ia memperkirakan pada puncak arus penumpang ini akan ada pergerakan sebanyak 459 pesawat dengan jumlah penumpang mencapai 71.284 orang.

    Untuk arus balik, Tohir memproyeksikan terjadi puncak pada H+6 atau 7 April mendatang dengan jumlah penumpang mencapai 73.698 orang menggunakan 475 pesawat.

    Ia pun memperkirakan untuk angkutan kargo akan mengalami kenaikan pada puncak arus mudik dengan kuota 338.186 kilogram sedangkan arus balik sebanyak 271.138 kilogram.

    Tohir menjelaskan, pihaknya telah mengoperasikan Posko Angkutan Udara di lobby Terminal 1 dan Terminal 2 Bandara Juanda sebagai bentuk komitmen Bandara Internasional Juanda dalam memberikan pelayanan lebih aman dan nyaman bagi penumpang.

    Posko Angkutan Udara itu sendiri akan beroperasi mulai hari ini hingga 11 April mendatang.

    Selama 22 hari beroperasi, pihak pengelola bandara akan bekerja sama dengan berbagai pihak seperti Satuan Tugas Pengamanan (Satgas Pam) TNI AL dan Balai Besar Kekarantinaan Kesehatan Surabaya, serta Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah III, Lanudal Juanda, Perum LPPNPI atau AirNav, pihak maskapai, pihak ground handling, Badan SAR Nasional (Basarnas), BMKG dan CIQ untuk menjamin kelancaran operasional bandara.

    “Posko ini diharapkan dapat mengendalikan dan menciptakan penyelenggaraan angkutan udara yang aman, nyaman, tertib, lancar dan teratur serta tetap memenuhi persyaratan dalam prosedur keselamatan penerbangan sekaligus berfungsi sebagai pusat informasi dan data sekaligus area pelayanan penumpang,” ujar Tohir.

    Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah/Fahmi Alfian
    Editor: Ahmad Buchori
    Copyright © ANTARA 2025

  • Bandara Ngurah Rai: Total 16 penerbangan batal akibat erupsi

    Bandara Ngurah Rai: Total 16 penerbangan batal akibat erupsi

    Hingga Jumat (21/3) pukul 16.00 Wita terdapat total 16 penerbangan internasional yang dibatalkan oleh maskapai dengan pertimbangan keselamatan dan keamanan penerbangan

    Badung (ANTARA) – Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, mencatat total dalam sehari ini sebanyak 16 penerbangan internasional dibatalkan akibat Gunung Lewotobi Laki-laki di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur kembali erupsi.

    “Hingga Jumat (21/3) pukul 16.00 Wita terdapat total 16 penerbangan internasional yang dibatalkan oleh maskapai dengan pertimbangan keselamatan dan keamanan penerbangan,” ucap General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai Ahmad Syaugi Shahab di Kabupaten Badung, Jumat.

    Ia menyebut 16 penerbangan internasional tersebut terdiri dari delapan rute keberangkatan dan delapan kedatangan.

    Pertama rute Australia satu keberangkatan dan satu kedatangan melalui Darwin, satu keberangkatan dan satu kedatangan melalui Perth, satu keberangkatan dan satu kedatangan melalui Sydney, dua keberangkatan dan dua kedatangan melalui Melbourne, serta satu keberangkatan dan satu kedatangan melalui Brisbane.

    Selain Australia, dampak erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki juga membuat batal satu keberangkatan dan satu kedatangan rute Kuala Lumpur dan satu kedatangan satu keberangkatan rute Shanghai.

    “Seluruh penerbangan rute Australia yang dibatalkan tersebut dioperasikan oleh Jetstar, sementara rute Kuala Lumpur oleh Air Asia X dan Shanghai oleh Juneyao Airlines,” ujar Ahmad Syaugi.

    Sebelumnya ia menyampaikan bahwa kendala akibat erupsi gunung tersebut mulai dirasakan Bandara I Gusti Ngurah Rai sejak pukul 8.45 Wita, namun ruang udara bandara di Bali Selatan itu sendiri tidak terdampak.

    Untuk mengantisipasi dampak sebaran abu vulkanik terhadap operasional akhirnya mereka melaksanakan aerodrome observation melalui papertest dengan hasil negatif, syukurnya tidak ditemukan abu vulkanik di area bandara.

    “Hingga sore ini, Jumat (21/3) ruang udara di Bandara I Gusti Ngurah Rai tidak terdampak abu vulkanik dan bandara beroperasi normal,” kaya Ahmad Syaugi.

    Pihak bandara menegaskan bahwa mereka memiliki Airport Disaster Management Plan (ADMP) berupa dokumen terkait penanganan bandara saat terjadi peristiwa kedaruratan alam.

    Posko bersama di ruang Airport Operation Control Centre (AOCC) juga telah difungsikan untuk memantau situasi terkini dengan seluruh stakeholder terkait.

    Oleh karena itu, khusus untuk penumpang yang terdampak rutenya diarahkan berkomunikasi dengan maskapai masing-masing.

    “Pihak maskapai telah memberitahukan kepada para penumpang melalui email dan memberikan pilihan kepada para penumpang untuk pengembalian dana, penjadwalan ulang, atau pengaturan rute ulang,” kata Ahmad Syaugi.

    Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari
    Editor: Ahmad Buchori
    Copyright © ANTARA 2025