Jenis Media: Ekonomi

  • Daftar 536 Entitas Ilegal yang Diblokir, Pinjol Terbanyak

    Daftar 536 Entitas Ilegal yang Diblokir, Pinjol Terbanyak

    Jakarta

    Satuan Tugas Pemberantasan Aktivitas Keuangan llegal (Satgas PASTI) telah memblokir 536 entitas ilegal pada periode Januari dan Februari 2025.

    Sebanyak 508 entitas merupakan pinjaman online ilegal di sejumlah situs. Kemudian aplikasi dan 28 konten penawaran pinjaman pribadi (pinpri) yang berpotensi merugikan masyarakat dan melanggar ketentuan penyebaran data pribadi.

    “Satgas PASTI telah melakukan pemblokiran 536 entitas ilegal dan berkoordinasi dengan aparat penegak hukum untuk menindaklanjutinya sesuai ketentuan yang berlaku,” kata Sekretariat Satuan Tugas Pemberantasan Aktivitas Keuangan llegal Hudiyanto dalam keterangan tertulis, Jumat (21/3/2025).

    Daftar 536 entitas ilegal bisa langsung klik di sini.

    Selain memblokir entitas ilegal, Hudi mengatakan Satgas PASTI juga telah mengajukan pemblokiran terhadap 1.092 nomor kontak kepada Kementerian Komunikasi dan Digital.

    Pengajuan tersebut dilakukan lantaran Satgas PASTI menemukan nomor whatsapp pihak penagih (debt collector) yang telah melakukan ancaman, intimidasi maupun tindakan lain yang bertentangan dengan ketentuan.

    “Pemblokiran tersebut akan terus dilakukan berkoordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Digital RI untuk menekan ekosistem pinjaman online ilegal yang masih meresahkan masyarakat,” jelas Hudiyanto .

    Sementara itu, dalam rangka meningkatkan upaya pelindungan konsumen dan masyarakat di sektor keuangan, saat ini telah beroperasi Indonesia Anti-Scam Centre/IASC (Pusat Penanganan Penipuan Transaksi Keuangan). Pembentukan IASC bertujuan untuk mempercepat koordinasi antar-pelaku jasa keuangan dalam penanganan laporan penipuan dengan melakukan penundaan.

    Sejak awal beroperasi 22 November 2024 sampai 12 Maret 2025, IASC telah menerima 67.866 laporan. Total rekening terkait penipuan yang dilaporkan sebanyak 71.893, di mana dari jumlah rekening tersebut sejumlah 31.398 di antaranya telah dilakukan pemblokiran. Sedangkan, total kerugian dana yang dilaporkan korban sebesar Rp1,2 triliun dengan dana yang telah diblokir sebesar Rp129,1 miliar.

    Sementara itu, sejak 2017 hingga 13 Maret 2025, Satgas PASTI telah menghentikan 12.721 entitas keuangan ilegal yang terdiri dari 1.737 entitas investasi ilegal, 10.733 entitas pinjaman online ilegal/pinpri, dan 251 entitas gadai ilegal.

    (hns/hns)

  • Padukan Ibadah dan Hiburan, Event Ramadan di Spike Air Dome Gaet Ribuan Pengunjung dan UMKM – Halaman all

    Padukan Ibadah dan Hiburan, Event Ramadan di Spike Air Dome Gaet Ribuan Pengunjung dan UMKM – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Agung Sedayu Group memperkenalkan Spike Air Dome, fasilitas air dome pertama di Indonesia, sebagai wadah untuk berbagai kegiatan publik.

    Memanfaatkan momentum Ramadan, area ini menjadi lokasi penyelenggaraan “Ramadan Under The Dome,” sebuah acara yang memadukan ibadah, edukasi, dan hiburan dalam suasana yang modern dan inklusif.

    Commercial, Convention & Exhibition Director Agung Sedayu Group, Ryan Adrian, menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman Ramadan yang lebih berkesan bagi masyarakat.

    “Kami ingin menciptakan ruang bagi masyarakat untuk berbuka puasa bersama, mendengarkan tausiah, menikmati hiburan Islami, dan berpartisipasi dalam berbagai aktivitas keagamaan,” ujarnya saat diwawancarai di Kegiatan Ramadan Under The Dome, Jumat (21/3).

    Tingginya antusiasme dan peran UMKM

    Sejak penjualan tiket dibuka tiga minggu lalu, sebanyak 1.600 tiket telah terjual secara online, sementara pembelian langsung di lokasi juga tetap tersedia. Tiket ini sekaligus dapat ditukar dengan paket berbuka puasa, menjadikannya daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

    Selain itu, acara ini melibatkan hampir 40 UMKM yang menawarkan berbagai produk, mulai dari makanan, minuman, hingga kerajinan tangan. Ryan menegaskan bahwa partisipasi UMKM ini bukan sekadar pelengkap acara, tetapi juga bagian dari upaya mendorong pertumbuhan ekonomi lokal.

    Fasilitas Spike Air Dome

    “Ramadan Under The Dome” tidak hanya menghadirkan buka puasa bersama, tetapi juga lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), tausiah, serta berbagai hiburan Islami.

    Acara ini memanfaatkan tiga dome utama di Spike Air Dome dengan luas masing-masing:

    4.500 m⊃2; untuk dome terbesar
    4.000 m⊃2; untuk dome kedua
    1.500 m⊃2; untuk dome ketiga

    Di luar area dome, tersedia pula ruang konser outdoor, serta dalam tahap pengembangan lebih lanjut akan dibangun area hiburan keluarga dekat danau.

    Tujuan dan harapan ke depan

    Ryan menegaskan bahwa acara ini bukan semata-mata untuk kepentingan komersial, tetapi lebih kepada memberikan pengalaman Ramadan yang berbeda dan bermakna. Salah satu keunikan yang ditawarkan adalah pengalaman berbuka puasa bersama dalam suasana dome tertutup, menjadikannya yang terbesar di PIK 2.

    Ke depan, Agung Sedayu Group juga tengah membangun Masjid Agung di kawasan ini. “Kami ingin ‘Ramadan Under The Dome’ menjadi awal dari kegiatan keislaman yang lebih besar di PIK 2,” pungkas Ryan.

  • Selama Ramadan, bjb Bagikan Takjil Gratis-Beri Santunan ke Anak Yatim

    Selama Ramadan, bjb Bagikan Takjil Gratis-Beri Santunan ke Anak Yatim

    Jakarta

    bank bjb menghadirkan program ‘bjb Berbagi, Ramadan Memberi’, yang digelar sepanjang bulan suci Ramadan. Lewat program ini, bank bjb menggelar ragam kegiatan, mulai dari tausiyah, buka bersama, berbagi takjil, wakaf Al-Qur’an, serta pemberian santunan kepada anak yatim.

    Adanya program ‘bjb Berbagi, Ramadan Memberi’ diharapkan dapat memberikan manfaat luas bagi masyarakat sekaligus mempererat hubungan antara bank bjb dengan berbagai komunitas.

    “Ramadan merupakan momen yang tepat untuk mempererat tali silaturahmi serta meningkatkan kepedulian terhadap sesama. bank bjb memanfaatkan bulan penuh berkah ini untuk berbagi kebahagiaan kepada masyarakat melalui serangkaian kegiatan yang bertujuan memperkuat nilai-nilai keimanan, ketakwaan, serta solidaritas sosial,” kata Corporate Secretary bank bjb Ayi Subarna dalam keterangan tertulis, Sabtu (22/3/2025).

    Dia menjelaskan sebagai bagian dari program ini, bank bjb menggelar kegiatan Buka Bersama dan Tausiyah pada Jumat (21/3), bertempat di Gedung bjb Sport & Creative Centre. Pada kesempatan tersebut pihaknya juga menyalurkan santunan kepada 30 anak yatim dari tiga yayasan, yaitu Yayasan Yatim Piatu Dhuafa Al Amin Bandung, Panti Asuhan Muhammadiyah, dan Panti Asuhan Al Fitra.

    Selain itu, kata dia, bjb juga mengadakan program Berbagi Takjil. Lewat kegiatan ini bank bjb akan membagikan makanan berbuka kepada pengguna jalan dan masyarakat di sekitar kantor-kantor operasionalnya di berbagai wilayah.

    Tak hanya itu dalam upaya meningkatkan literasi dan pemahaman keagamaan, bank bjb juga menjalankan program Wakaf Al-Qur’an. Nantinya Al-Qur’an yang diwakafkan akan disalurkan ke berbagai masjid, musala, serta yatim dan dhuafa di sekitar lingkungan bank bjb agar dapat bermanfaat.

    “Melalui program-program ini, bank bjb ingin memastikan bahwa Ramadan tidak hanya menjadi ajang meningkatkan ibadah secara pribadi tetapi juga kesempatan untuk berbagi kebahagiaan dan manfaat kepada sesama. Kegiatan ini merupakan bentuk implementasi dari prinsip menjaga sinergitas dengan masyarakat yang menekankan keseimbangan hubungan sosial,” tutur Ayi.

    Menurutnya, kegiatan ‘bjb Berbagi, Ramadan Memberi’ juga menjadi wadah bagi para karyawan bank bjb untuk turut serta dalam aksi sosial. Kehadiran mereka dalam setiap kegiatan ini diyakini tidak hanya mempererat kebersamaan, tetapi juga menanamkan nilai-nilai kepedulian dan gotong royong.

    “Sebagai bank yang berkomitmen untuk tumbuh bersama masyarakat, bank bjb terus berupaya menghadirkan program-program sosial yang relevan dengan kebutuhan dan kondisi masyarakat. Melalui program Ramadan ini, bank bjb ingin menunjukkan bahwa keberadaan sebuah lembaga keuangan dapat memberikan dampak positif lebih dari sekadar transaksi ekonomi,” ujarnya.

    Ke depan pihaknya akan terus memastikan jalannya program ‘bjb Berbagi, Ramadan Memberi’ agar terus berkelanjutan, sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh lebih banyak masyarakat di tahun-tahun mendatang. bank bjb, kata dia, juga berkomitmen untuk terus menjalankan program sosial yang bermanfaat, tidak hanya di bulan Ramadan tetapi juga dalam berbagai kesempatan lainnya.

    “Dengan semangat berbagi dan memberi, bank bjb mengajak seluruh elemen masyarakat untuk turut serta dalam berbagai kebaikan selama bulan Ramadan. Bersama-sama, kita dapat menciptakan lingkungan yang lebih harmonis, penuh kepedulian, dan membawa berkah bagi semua,” tukas Ayi.

    (akd/akd)

  • Daftar Tarif Bus PO Puspa Jaya, Gunung Mulia, Tunggal Dara untuk Arus Mudik Lebaran 2025 – Halaman all

    Daftar Tarif Bus PO Puspa Jaya, Gunung Mulia, Tunggal Dara untuk Arus Mudik Lebaran 2025 – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Berikut informasi mengenai tarif bus untuk angkutan Lebaran 2025.

    Sejumlah Perusahaan Otobus (PO) telah merilis tarif yang akan berlaku selama Hari Raya Idul Fitri 1446 H.

    Beberapa PO bus yang telah merilis tarif Lebaran 2025, yakni PO Puspa Jaya, Gunung Mulia Royal, dan Tunggal Dara Putera.

    Untuk lebih lengkapnya, simak daftar tarif bus untuk angkutan Lebaran 2025.

    Mengutip dari Instagram @puspajaya.transport, Perusahaan Otobus yang berbasis di Lampung ini telah merilis tarif untuk arus mudik Lebaran 2025.

    Tarif arus mudik PO Puspa Jaya dibedakan berdasarkan tujuan penumpang.

    Adapun rincian tarif PO Puspa Jaya untuk angkutan Lebaran 2025:

    *) Keberangkatan dari Lampung tanggal 21 Maret s/d 10 April 2025 dengan tujuan:

    – Tegal, Semarang, Magelang, Yogyakarta Rp 600.000

    – Kebumen, Purworejo, Yogyakarta Rp 600.000

    – Solo, Karanganyar, Sragen Rp 600.000

    – Ngawi, Madiun Rp 655.000

    – Nganjuk, Kediri, Tulungagung, Blitar Rp 675.000

    Catatan:

    – Tiket yang sudah dibeli tidak dapat dikembalikan

    – Tarif di atas juga berlaku untuk arah sebaliknya

    – Harga bisa berubah sewaktu-waktu

    – Pembelian tiket bisa dilakukan secara online atau melalui agen bus terdekat.

    Kemudian PO Gunung Mulia Royal juga telah mengumumkan tarif untuk angkutan Lebaran 2025.

    Tarif Lebaran 2025 PO Gunung Mulia Royal yakni sebagai berikut:

    *) Keberangkatan dari Jakarta tujuan Solo, Sukoharjo Wonogiri via Semarang, Salatiga, dan Boyolali

    – 21 s/d 24 Maret 2025 Rp 420.000

    – 25 s/d 30 Maret 2025 Rp 510.000

    – 31 Maret s/d 1 April 2025 Rp 420.000.

    *) Keberangkatan dari Jakarta tujuan Yogyakarta hingga Gunungkidul

    – 21 s/d 24 Maret 2025 Rp 420.000

    – 25 s/d 30 Maret 2025 Rp 510.000

    – 31 Maret s/d 1 April 2025 Rp 420.000.

    Catatan:

    – Tiket yang sudah dibeli tidak dapat dikembalikan

    – Tarif di atas juga berlaku untuk arah sebaliknya

    – Harga bisa berubah sewaktu-waktu

    – Pembelian tiket bisa dilakukan secara online atau melalui agen bus terdekat.

    3. PO Tunggal Dara Putera 

    Kemudian PO bus yang berbasis di Wonogiri, Jawa Tengah yakni Tunggal Dara Putera juga telah merilis tarif arus mudik Lebaran 2025.

    Tarif Lebaran PO Tunggal Dara Putera berlaku dari Jakarta tujuan Solo hingga Wonogiri.

    Adapun rincian tarif Lebaran PO Tunggal Dara Putera sebagai berikut;

    – 17 s/d 22 Maret 2025 Rp 350.000

    – 23 s/d 26 Maret 2025 Rp 500.000

    – 27 s/d 31 Maret 2025 Rp 560.000

    – 1 s/d 6 April 2025 Rp 500.000

    – 7 s/d 13 April 2025 Rp 450.000.

    Catatan:

    – Tiket yang sudah dibeli tidak dapat dikembalikan

    – Tarif di atas juga berlaku untuk arah sebaliknya

    – Harga bisa berubah sewaktu-waktu

    – Penukaran tiket BDB tidak berlaku selama angkutan Lebaran 2025.

     

    (Tribunnews.com/David Adi)

  • Harga Emas Antam Lengser dari Rekor Termahal, Hari Ini Dipatok Segini – Page 3

    Harga Emas Antam Lengser dari Rekor Termahal, Hari Ini Dipatok Segini – Page 3

    Sebelumnya, harga emas dunia turun lebih dari 1% pada perdagangan hari Jumat karena penguatan dolar AS dan aksi ambil untung investor.  Penurunan harga emas dunia ini juga terjadi di tengah ketidakpastian geopolitik dan ekonomi.

    Namun, prospek penurunan suku bunga Federal Reserve AS (bank sentral AS) membuat emas batangan tetap berada di jalur kenaikan mingguan ketiga berturut-turut. Selain itu, harga emas juga masih bertahan di atas USD 3.000 per ons.

    Mengutip CNBC, Sabtu (22/3/2025), harga emas spot turun 1% menjadi USD 3.014,36 per ons. Harga emas berjangka AS turun 0,7% menjadi USD 3.021,80. Emas batangan telah naik 0,7% sejauh minggu ini.

    Emas, yang secara tradisional dipandang sebagai investasi safe haven selama masa ketidakpastian geopolitik ekonomi dan biasanya berkembang pesat dalam lingkungan suku bunga rendah, telah mencapai 16 rekor tertinggi tahun ini.

    Harga emas tembus USD 3.057,21 per ons pada perdagangan hari Kamis yang merupakan puncak teratas sepanjang masa.

    “Pasar sedang beristirahat sejenak. Ada aksi ambil untung pada level ini dan juga dolar menguat hari ini,” kata analis Marex Edward Meir.

    Dolar AS naik 0,2%, mencapai level tertinggi dalam dua minggu dan membuat emas batangan yang dihargakan dalam dolar AS lebih mahal bagi pembeli luar negeri.

    “Permintaan safe haven yang berkelanjutan, baik berdasarkan kekhawatiran perdagangan maupun risiko geopolitik, terus menjadi kekuatan pendorong utama,” kata Peter Grant, wakil presiden dan ahli strategi logam senior di Zaner Metals.

  • Jangan Lupa Lapor SPT Terakhir 31 Maret! Dendanya Lumayan Jika Telat

    Jangan Lupa Lapor SPT Terakhir 31 Maret! Dendanya Lumayan Jika Telat

    Jakarta

    Tenggat waktu melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan pajak orang pribadi sampai 31 Maret 2025 atau bertepatan dengan Lebaran Idul Fitri. Artinya, tinggal 9 hari lagi batas waktu penyampaian.

    “Jangan sampai terlewat!” tulis pengumuman dikutip dari akun Instagram Direktorat Jenderal Pajak @ditjenpajakri, Jumat (21/3/2025).

    Wajib pajak diminta untuk melaporkan SPT Pajak lebih awal agar lebih tenang. Berkaca dari tahun-tahun sebelumnya, DJP Online ramai diakses saat menjelang batas waktu.

    Wajib pajak yang tak lapor SPT Pajak akan dikenakan sanksi administrasi atau denda. Hal itu tertuang dalam Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2007 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (UU KUP).

    Dalam pasal 7 dijelaskan sanksi administrasi berupa denda sebesar Rp 100 ribu untuk wajib pajak orang pribadi dan Rp 1 juta untuk wajib pajak badan.

    “Pengenaan sanksi administrasi berupa denda tidak dilakukan terhadap wajib pajak orang pribadi yang telah meninggal dunia, tidak melakukan kegiatan usaha atau pekerjaan bebas, berstatus sebagai negara asing yang tidak tinggal lagi di Indonesia, bentuk usaha tetap yang tidak melakukan kegiatan lagi di Indonesia, wajib pajak lain yang diatur berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan,” bunyi aturan tersebut.

    Apabila SPT tahunannya kurang bayar, maka dikenakan sanksi bunga 2% per bulan dari jumlah pajak yang terlambat disetor. Hal itu dihitung sejak saat penyampaian SPT Pajak berakhir sampai tanggal pembayaran.

    Pengenaan sanksi pidana juga diatur dalam Pasal 39. Dalam pasal tersebut berbunyi, setiap orang dengan sengaja tidak menyampaikan SPT atau menyampaikan SPT dan/atau keterangan yang isinya tidak benar atau tidak lengkap sehingga dapat menimbulkan kerugian pada pendapatan negara dikenakan sanksi pidana.

    “Sanksinya adalah pidana penjara paling singkat 6 bulan dan paling lama 6 tahun dan denda paling sedikit 2 kali jumlah pajak terutang yang tidak atau kurang dibayar dan paling banyak 4 kali jumlah pajak terutang yang tidak atau kurang dibayar,” tulis aturan tersebut.

    Denda baru dibayar jika wajib pajak sudah menerima surat tagihan pajak (STP) dari DJP Kementerian Keuangan. Meski sudah membayar denda, masyarakat tetap diharuskan untuk melapor SPT Tahunan Pajak.

    Sementara itu, dari 9,6 juta SPT Pajak yang sudah disampaikan tersebut, sebanyak 9,41 juta SPT disampaikan secara elektronik dan 264,8 ribu SPT disampaikan secara manual.

    (aid/hns)

  • JNT Regional Division gelar kick off Satgas Siaga Operasional ruas tol Belmera

    JNT Regional Division gelar kick off Satgas Siaga Operasional ruas tol Belmera

    Sumber foto: Misriadi/elshinta.com.

    Siap Layani Arus Mudik Balik Idulfitri 1446 H/2025

    JNT Regional Division gelar kick off Satgas Siaga Operasional ruas tol Belmera
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Jumat, 21 Maret 2025 – 19:35 WIB

    Elshinta.com – Jasamarga Nusantara Tollroad Regional Division (JNT/Regional Nusantara) sebagai koordinator operasional wilayah Nusantara menggelar kegiatan kick off Jasa Marga Siaga Operasional Ruas Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Belmera), Kamis (20/03) di kantor Representative Office 1 JNT.

    Kegiatan kick off satuan tugas Jasa Marga Siaga 2025 dipimpin langsung oleh Tyas Pramoda Wardhani, JNT Senior General Manager dan didampingi Ahmad Fikri, Senior Manager RO1JNT serta dihadiri para department head Regional Nusantara dan service provider. Kegiatan kick off dimulai sejak pukul 08.30 WIB dan diikuti oleh seluruh karyawan di RO1JNT.

    Dalam sambutan, Tyas menekankan untuk memastikan pelayanan operasi di jalan tol selama arus mudik balik dapat berjalan secara aman, lancar dan nyaman. Sesuai dengan arahan Menteri Perhubungan selaku koordinator penyelenggaraan angkutan lebaran 2025 ada tiga hal utama bahwa dalam pelayanan arus mudik balik lebaran tahun ini yaitu kolaborasi solid dan sinergi yang kuat antar stakeholder. Selain itu attention to detail meskipun tradisi tahunan namun perlu untuk selalu mendapatkan perhatian khusus dan tidak boleh disepelekan, serta keamanan dan keselamatan adalah yang utama. Sehingga diperlukan upaya antisipasi dan strategi operasi yang lebih baik, kreatif, inovatif dan efektif untuk menjamin kelancaran, keamanan, kenyamanan, dan keselamatan bagi para pengguna jalan tol.

    Dalam momen tersebut, Tyas juga menyampaikan arahan Direktur Utama Jasa Marga kepada seluruh Tim Satgas Jasa Marga Siaga Operasional Lebaran 2025 diharapkan dapat bertindak secara profesional sesuai Standard Operational Procedure yang telah ditetapkan.

    Peresmian satgas Jasa Marga Siaga tahun 2025 Belmera ditandai dengan penempelan stiker Jasa Marga Siaga pada kendaraan layanan operasi.

    Usai melaksanakan kick off Jasa Marga Siaga 2025, Regional Nusantara melanjutkan pemaparan kesiapan ruas tol Regional Nusantara dalam konferensi pers yang dihadiri oleh Thomas Dwiatmanto-Direktur Utama PT Jasamarga Kualanamu Tol, Ahmad Fikri-Senior Manager RO1JNT, Hardian Cahyadi-General Manager Teknik dan Operasi PT Jasamarga Kualanamu Tol, Herald Galingga, Marketing&Communication Dept Head JNT beserta partisipan aktif dari service provider.
     
    Regional Nusantara sebagai koordinator ruas-ruas tol Jasa Marga Group di luar Pulau Jawa telah menyiapkan berbagai strategi untuk menghadapi peningkatan volume lalin arus mudik balik Lebaran tahun ini melalui 4 aspek pelayanan, yaitu pelayanan transaksi diantaranya dengan mengoptimalkan jumlah gardu operasi, menyiagakan mobile reader untuk percepatan transaksi di ruas tol dan pemanfaatan informasi digital dengan aplikasi Travoy.

    Khusus untuk ruas tol Jasa Marga Group di wilayah Sumatera Utara, yaitu Belmera dan MKTT, saat ini telah terintegrasi sepenuhnya dengan Ruas Tol Medan-Binjai, Ruas Indrapura-Kisaran (Inkis), Ruas Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat (Kutepat), Ruas Tol Binjai-Langsa. Sementara itu dari aspek pelayanan lalu lintas diantaranya dengan bekerjasama dengan kepolisian dan instansi terkait dalam mendukung Cara Bertindak (CB) antisipasi kepadatan di lajur dan adanya posko terpadu operasi libur panjang di sekitar wilayah jalan tol. Adapun aspek preservasi yaitu dengan memastikan perkerasan jalan tol dalam kondisi baik (siaga lubang) serta membatasi kegiatan rekonstruksi jalan tol dan kegiatan proyek pada rumija jalan tol yang berpotensi mempengaruhi kondisi jalan tol dan kepadatan lalu lintas periode 24 Maret 2025 (H-8) hingga 14 April 2025 (H+13).

    Untuk menjaga kenyamanan selama di TIP, Regional Nusantara juga memastikan pelayanan TIP melalui manajemen TIP untuk memastikan kelancaran lalu lintas di dalam TIP serta berkoordinasi dengan pihak ketiga untuk memastikan ketersediaan bahan bakar minyak (BBM). 

    Dalam pemaparan kesiapan Ruas Tol Belmera, Fikri mengungkapkan berbagai kesiapan yang disiagakan oleh Ruas Tol Belmera dalam menyambut peningkatan volume lalu lintas khususnya di Gerbang Tol Amplas, Ruas Tol Belmera. Diprediksi akan ada peningkatan volume lalin saat arus mudik sebesar 26,1% pada Gerbang Exit Amplas dan sebesar 26% pada Gerbang Entrance Amplas.

    Prediksi peningkatan volume lalin saat arus balik sebesar 39,4% pada Gerbang Exit Amplas dan sebesar 41,8% pada Gerbang Entrance Amplas. Adapun mitigasi yang telah disiapkan apabila terjadi antrean, petugas Mobile Customer Service (MCS) dan Satgas Belmera diperbantukan untuk pengaturan lalin bekerja sama dengan Polisi Jalan Raya, kepolisian resort dan kepolisian sektor setempat. Selain itu, akan dilakukan penempatan kendaraan derek dan ambulan di lokasi Gerbang Tol (GT) Amplas untuk percepatan penanganan dan menyiagakan mobile reader.

    “Kami imbau masyarakat untuk dapat memastikan kecukupan saldo uang elektronik sebelum melakukan perjalanan di jalan tol. Hal ini merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan kelancaran transaksi di gerbang tol,” imbuh Fikri seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Misriadi, Jumat (21/3). 

    Thomas Dwiatmanto, selaku Direktur Utama PT Jasamarga Kualanamu Tol mengungkapkan upaya untuk menjaga kelancaran lalin. Salah satu hal yang ditekankan Thomas yaitu pelayanan Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) Travoy 65 A arah Tebing Tinggi dan 65 B arah Medan.

    “Kami upayakan penyediaan layanan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dapat segera terealisasi di kedua TIP dengan masing-masing ketersedian 2 dispenser SPKLU,” ungkap Thomas.

    Dalam penutupan konferensi pers, Tyas mengungkapkan Jasa Marga memberikan potongan tarif tol sebesar 20% kepada pengguna Jalan Tol Belmera dan MKTT untuk mendukung kelancaran arus mudik balik Idulfitri 1446 H/2025. Potongan tarif tol diberikan untuk perjalanan menerus pada arus mudik periode tanggal 24 Maret 2025 mulai pukul 07.00 WIB hingga 28 Maret 2025 pukul 07.00 WIB dimana pengguna jalan masuk dari GT Pangkalan Brandan atau GT Tanjungpura di Ruas Tol Binjai-Langsa dan keluar di GT Sinaksak Ruas Tol Kutepat atau GT Kisaran Ruas Tol Inkis.

    Adapun untuk periode arus balik, berlaku pada perjalanan menerus periode 3 April 2025 mulai pukul 07.00 WIB sampai dengan 5 April pukul 07.00 WIB dan 8 April 2025 sampai dengan 10 April 2025 pukul 07.00 WIB. Pengguna jalan tol masuk dari GT Sinaksak Ruas Tol Kutepat atau GT Kisaran Ruas Tol Inkis dan keluar melalui GT Pangkalan Brandan atau GT Tanjungpura di Ruas Tol Binjai-Langsa. 

    “Harapan kami, melalui program potongan tarif sebesar 20% ini dapat mendukung pengguna jalan tol untuk mudik aman, keluarga nyaman serta perjalanan mudik menjadi tenang menyenangkan,” pungkas Tyas.

    Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan tol untuk mengantisipasi perjalanan periode libur panjang Hari Raya Idulfitri 1446 H/2025 dengan baik. Sebelum memasuki jalan tol, pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, memastikan kecukupan BBM dan saldo uang elektronik, beristirahat di rest area maksimal 30 menit serta mematuhi rambu-rambu serta arahan petugas di lapangan.

    Sumber : Radio Elshinta

  • Kumpulkan Menteri dan Lembaga Keuangan, Prabowo Perintahkan Peningkatan Inklusi dan Literasi Keuangan – Page 3

    Kumpulkan Menteri dan Lembaga Keuangan, Prabowo Perintahkan Peningkatan Inklusi dan Literasi Keuangan – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Presiden Prabowo Subianto mengumpulkan sejumlah Menteri Kabinet Merah Putih, ketua dan kepala lembaga keuangan, dan direktur utama bank bumn di Istana Negara, pada Jumat (21/3/2025). Tampak hadir Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga hartarto, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Sosial Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Gubernur Bank Indonesia Perry Wajiyo dan Ketua OJK mahendra Siregar.

    Pengumpulan sejumlah pejabat ini untuk membicarakan upaya pencapaian keuangan inklusif bagi seluruh masyarakat dengan memperluas akses dan kesempatan dalam aktivitas ekonomi untuk mencapai pembangunan ekonomi inklusif. Saat ini pemerintah telah merumuskan Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI) dan telah membentuk Dewan Nasional Keuangan Inklusif (DNKI) yang diketuai langsung oleh Presiden Prabowo.

    Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang juga merupakan Ketua Harian DNKI menjelaskan, menteri, kepala lembaga dan dirut bank BUMN telah melaporkan kepada Presiden Prabowo mengenai perkembangan inklusi keuangan.

    Sejauh ini jumlah orang Indonesia yang sudah mempunyai fasilitas perbankan sekitar 89%. Dari segi spasial beberapa daerah juga sudah baik, kecuali misalnya di Maluku Utara, Halmahera. Oleh karena itu ke depan lebih didorong lagi yang terkait dengan pembelajaran agar mereka bisa memanfaatkan rekening dan tahu risiko investasi.

    “BUMN diminta untuk terus mendorong literasi keuangan, agar literasi keuangan kita lebih tinggi capaiannya,” ujar Menko Airlangga pada saat sesi doorstop, dikutip dari keterangan tertulis, Sabtu (22/3/2025).

    Melalui penetapan kebijakan dan regulasi yang kondusif serta penggunaan infrastruktur Teknologi Informasi Keuangan yang mendukung organisasi dan mekanisme implementasi yang efektif, diharapkan SNKI dapat dimanfaatkan pada berbagai sektor, termasuk dalam mendukung pelayanan keuangan sektor Pemerintah. Salah satu program pelayanan keuangan sektor Pemerintah yakni berupa program elektronifikasi bantuan dan subsidi Pemerintah.

    Hal tersebut sejalan dengan kelompok sasaran inklusi keuangan yang salah satunya yakni masyarakat berpenghasilan rendah. Selain itu, sasaran inklusi keuangan juga termasuk pelaku UMKM, serta masyarakat lintas kelompok yang terdiri dari kelompok pelajar, mahasiswa, santri, pemuda, kemudian kelompok pekerja migran, kelompok penyandang masalah kesejahteraan sosial, mantan napi, anak terlantar, disabilitas, kelompok masyarakat di daerah 3T, serta kelompok perempuan.

    “Dengan sinergi dan kolaborasi seluruh K/L anggota DNKI, tingkat inklusi keuangan pada tahun 2023 telah mencapai 88,7% untuk penggunaan akun dan 76,3% untuk kepemilikan akun. Dalam RPJMN, penggunaan akun ditargetkan mencapai 91% pada 2025 dan 93% pada 2029,” ungkap Menko Airlangga.

     

  • Jadwal Lengkap Libur Bank Lebaran 2025, Catat Tanggalnya

    Jadwal Lengkap Libur Bank Lebaran 2025, Catat Tanggalnya

    PIKIRAN RAKYAT – Masyarakat Indonesia bersiap menyambut libur panjang Hari Raya Idul Fitri 1446 Hijriah/2025 Masehi.

    Pemerintah telah menetapkan libur nasional dan cuti bersama Lebaran 2025 selama 11 hari. Hal ini berdampak pada operasional perbankan di seluruh Indonesia.

    Berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur 1 Negara dan Reformasi Birokrasi, 2 libur nasional Hari Raya Idulfitri 1446 H jatuh pada tanggal 31 Maret dan 1 April 2025.

    Sementara itu, cuti bersama Lebaran ditetapkan pada tanggal 2, 3, 4, dan 7 April 2025.

    Penyesuaian Operasional Bank

    Menyusul penetapan libur nasional dan cuti bersama tersebut, Bank Indonesia (BI) mengeluarkan pengumuman terkait penyesuaian kegiatan operasional sistem pembayaran selama periode Lebaran 2025.

    Bank Indonesia menyesuaikan jadwal operasionalnya mengikuti ketetapan libur dan cuti bersama yang telah diumumkan oleh pemerintah.

    Berikut jadwal operasional sistem pembayaran BI selama libur Lebaran 2025:

    Libur Nasional Hari Raya Idul Fitri 1446 H:

    Senin, 31 Maret 2025: Libur. Selasa, 1 April 2025: Libur.

    Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1446 H:

    Rabu, 2 April 2025: Libur. Kamis, 3 April 2025: Libur Jumat, 4 April 2025: Libur Senin, 7 April 2025: Libur.

    Selama periode libur tersebut, BI-RTGS, BI-SSSS, dan BI-ETP tidak beroperasi. Layanan BI-FAST tetap beroperasi normal 24/7.

    Masyarakat tetap dapat melakukan transaksi keuangan melalui layanan perbankan digital seperti mobile banking, internet banking, dan ATM.

    Bank-bank umum di Indonesia juga akan menyesuaikan jadwal operasionalnya selama libur Lebaran 2025.

    Sebagian besar bank akan menutup kantor cabang mereka selama periode libur nasional dan cuti bersama. Namun, layanan perbankan digital dan ATM akan tetap tersedia bagi nasabah.

    Masyarakat diimbau untuk mempersiapkan kebutuhan transaksi keuangan mereka sebelum periode libur Lebaran.

    Pastikan untuk melakukan pembayaran tagihan, transfer dana, dan penarikan tunai sebelum bank tutup.

    Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk berhati-hati terhadap penipuan online yang marak terjadi selama periode libur Lebaran.

    Jangan memberikan informasi pribadi atau keuangan kepada pihak yang tidak dikenal.***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • Dorong Inklusi Keuangan, Presiden Prabowo Minta Setiap Warga Negara Punya Rekening – Halaman all

    Dorong Inklusi Keuangan, Presiden Prabowo Minta Setiap Warga Negara Punya Rekening – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pemerintah terus melanjutkan upaya-upaya pencapaian keuangan inklusif bagi seluruh masyarakat dengan memperluas akses dan kesempatan dalam aktivitas ekonomi untuk mencapai pembangunan ekonomi inklusif.

    Pemerintah juga telah memiliki Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI) sebagai kerangka kerja komprehensif dalam upaya peningkatan akses masyarakat ke layanan keuangan formal, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan mengurangi kesenjangan.

    Sebagai wujud implementasi, Pemerintah juga telah membentuk Dewan Nasional Keuangan Inklusif (DNKI) yang diketuai langsung oleh Presiden Republik Indonesia.

    Guna memastikan kualitas inklusi keuangan bisa didalami dengan literasi keuangan, Presiden Prabowo Subianto pada Jumat (21/3/2025), mengumpulkan sejumlah Menteri Kabinet Merah Putih.

    Mereka yakni Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Menteri Keuangan, Menteri Sosial, Menteri Dalam Negeri, Menteri Sekretaris Negara, Sekretaris Kabinet, serta Gubernur Bank Indonesia, Ketua OJK, Kepala LPS, Kepala BPS, dan Dirut Himbara di Istana Negara.

    “Jadi tadi dilaporkan terkait dengan inklusi keuangan, dimana jumlah orang Indonesia yang sudah mempunyai fasilitas perbankan sekitar 89 persen. Dari segi spasial beberapa daerah juga sudah baik, kecuali misalnya di Maluku Utara, Halmahera,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang juga merupakan Ketua Harian DNKI usai rapat.

    “Oleh karena itu ke depan lebih didorong lagi yang terkait dengan pembelajaran agar mereka bisa memanfaatkan rekening dan tahu risiko investasi. BUMN diminta untuk terus mendorong literasi keuangan, agar literasi keuangan kita lebih tinggi capaiannya,” ujar  Airlangga Hartarto menambahkan.

    Melalui penetapan kebijakan dan regulasi yang kondusif serta penggunaan infrastruktur Teknologi Informasi Keuangan yang mendukung organisasi dan mekanisme implementasi yang efektif, diharapkan SNKI dapat dimanfaatkan pada berbagai sektor, termasuk dalam mendukung pelayanan keuangan sektor Pemerintah.

    Salah satu program pelayanan keuangan sektor Pemerintah yakni berupa program elektronifikasi bantuan dan subsidi Pemerintah.

    Hal tersebut sejalan dengan kelompok sasaran inklusi keuangan yang salah satunya yakni masyarakat berpenghasilan rendah.

    Selain itu, sasaran inklusi keuangan juga termasuk pelaku UMKM, serta masyarakat lintas kelompok yang terdiri dari kelompok pelajar, mahasiswa, santri, pemuda, kemudian kelompok pekerja migran, kelompok penyandang masalah kesejahteraan sosial, mantan napi, anak terlantar, disabilitas, kelompok masyarakat di daerah 3T, serta kelompok perempuan.

    “Dengan sinergi dan kolaborasi seluruh K/L anggota DNKI, tingkat inklusi keuangan pada tahun 2023 telah mencapai 88,7% untuk penggunaan akun dan 76,3% untuk kepemilikan akun. Dalam RPJMN, penggunaan akun ditargetkan mencapai 91% pada 2025 dan 93% pada 2029,” ungkap Airlangga.

    Perkembangan kepemilikan akun, penggunaan akun, dan literasi keuangan di Indonesia sejauh ini menunjukkan tren positif terutama sejak diluncurkannya SNKI pertama kali pada tahun 2016.

    Sampai dengan tahun 2023, masyarakat usia dewasa yang telah memiliki akun keuangan formal mencapai 76,3%.

    Sementara itu, persentase masyarakat usia dewasa yang telah menggunakan akun keuangan formal mencapai 88,7%.

    Namun demikian, tingkat literasi keuangan baru mencapai 65,4%, meskipun telah meningkat signifikan dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 49,7%.

    “Masih terdapat beberapa kelompok sosial ekonomi yang secara substansial belum menjangkau layanan keuangan formal. Terdapat kesenjangan cukup signifikan antara tingkat inklusi keuangan masyarakat perkotaan sebesar 91,5?ngan masyarakat pedesaan yang sebesar 84,8%. Namun demikian, tidak terdapat perbedaan yang signifikan jika berdasarkan jenis kelamin dan demografi usia,” jelas Airlangga.

    Melalui Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2025 dan untuk mengintegrasikan data sosial dan ekonomi nasional dan menyinergikan data antar K/L, Pemerintah juga telah memiliki basis data terpadu berupa Data Tunggal Sosial Ekonomi Nasional (DTSEN) yang mengintegrasikan berbagai sumber data sosial dan ekonomi untuk menciptakan data yang lebih akurat dan tepat sasaran.

    Implementasi DTSEN dilakukan dengan menggabungkan tiga pangkalan data utama yaitu DTKS, Regsosek, dan Data P3KE.

    Dalam penyelenggaraan DTSEN tersebut, telah dilakukan pendataan penerima manfaat (beneficiary registry) yang diantaranya terdiri dari penerima PKH sebanyak 10 juta KPM, penerima bantuan sembako sebanyak 18,8 juta KPM, penerima PIP sebanyak 21,5 juta siswa, penerima PBI JKN sebanyak 96,8 juta, penerima Kartu Prakerja sebanyak 16,4 juta, penerima subsidi listrik sebanyak 40,7 juta pelanggan, dan debitur KUR sebanyak 7,05 juta.

    Single identifier data tersebut juga dapat digunakan dalam sistem pembayaran bagi penyaluran bantuan sosial secara digital, monitoring lalu lintas devisa, dan peningkatan kepatuhan pajak.

    “DTSEN selaras dengan total penduduk Indonesia per 3 Februari 2025, sebanyak sekitar 93 juta keluarga dan 285,5 juta penduduk,” pungkas Airlangga.