Jenis Media: Ekonomi

  • Perkuat Keuangan Inklusif, Begini Strategi Pemerintah

    Perkuat Keuangan Inklusif, Begini Strategi Pemerintah

    Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah tengah menyiapkan berbagai strategi untuk mencapai keuangan inklusif bagi seluruh masyarakat dengan memperluas akses dan kesempatan dalam aktivitas ekonomi.

    Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa terdapat 89% orang Indonesia yang telah memiliki fasilitas perbankan. Angka itu diupayakan naik seiring dengan penguatan literasi keuangan.

    “Dari segi spasial beberapa daerah juga sudah baik, kecuali misalnya di Halmahera, Maluku Utara. Oleh karena itu ke depan lebih didorong lagi yang terkait dengan pembelajaran agar mereka bisa memanfaatkan rekening dan tahu risiko investasi. BUMN diminta untuk terus mendorong literasi keuangan, agar literasi keuangan kita lebih tinggi capaiannya,” katanya dalam keterangan resmi, Sabtu (22/3/2025).

    Lebih lanjut, dia menyebut bahwa Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI) dapat dimanfaatkan pada berbagai sektor, termasuk dalam mendukung pelayanan keuangan sektor pemerintah. Salah satunya berupa program elektronifikasi bantuan dan subsidi pemerintah.

    Hal ini sejalan dengan kelompok sasaran inklusi keuangan yang salah satunya mencakup masyarakat berpenghasilan rendah. Selain itu, terdapat pula pelaku UMKM serta masyarakat lintas kelompok.

    “Tingkat inklusi keuangan pada 2023 telah mencapai 88,7% untuk penggunaan akun dan 76,3% untuk kepemilikan akun. Dalam RPJMN, penggunaan akun ditargetkan mencapai 91% pada 2025 dan 93% pada 2029,” tuturnya.

    Meskipun kepemilikan akun, penggunaan akun, dan literasi keuangan di Indonesia sejauh ini menunjukkan tren positif, Airlangga menyebut bahwa tingkat literasi keuangan baru mencapai 65,4%. Realisasi ini naik dari 49,7% pada tahun sebelumnya yang mencapai 49,7%.

    “Masih terdapat beberapa kelompok sosial-ekonomi yang secara substansial belum menjangkau layanan keuangan formal. Terdapat kesenjangan cukup signifikan antara tingkat inklusi keuangan masyarakat perkotaan sebesar 91,5% dengan masyarakat pedesaan yang sebesar 84,8%. Namun demikian, tidak terdapat perbedaan yang signifikan jika berdasarkan jenis kelamin dan demografi usia,” katanya.

    Selain itu, pemerintah juga telah memiliki Data Tunggal Sosial Ekonomi Nasional (DTSEN) yang mengintegrasikan berbagai sumber data sosial dan ekonomi untuk menciptakan data yang lebih akurat dan tepat sasaran.

    Menurut Airlangga, data tersebut juga dapat digunakan dalam sistem pembayaran bagi penyaluran bantuan sosial secara digital, monitoring lalu lintas devisa, hingga peningkatan kepatuhan pajak.

    Pemerintah sejauh ini telah mendata penerima PKH sebanyak 10 juta KPM, penerima bantuan sembako sebanyak 18,8 juta KPM, penerima PIP sebanyak 21,5 juta siswa, penerima PBI JKN sebanyak 96,8 juta, penerima Kartu Prakerja sebanyak 16,4 juta, penerima subsidi listrik sebanyak 40,7 juta pelanggan, dan debitur KUR sebanyak 7,05 juta.

    “DTSEN selaras dengan total penduduk Indonesia per 3 Februari 2025, sebanyak sekitar 93 juta keluarga dan 285,5 juta penduduk,” pungkasnya.

  • Heboh Trading Halt, IHSG Sepekan Ambrol Nyaris 4 Persen

    Heboh Trading Halt, IHSG Sepekan Ambrol Nyaris 4 Persen

    Jakarta, Beritasatu.com – Indeks harga saham gabungan (IHSG) sepekan mengalami pelemahan selama periode perdagangan 17-21 Maret 2025. Pekan ini diwarnai dengan penerapan penghentian sementara perdagangan atau trading halt akibat IHSG merosot lebih dari 5% pada sesi Selasa (18/3/2025). Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI), IHSG tercatat mengalami koreksi sebesar 3,95% dalam sepekan.

    “IHSG sepekan mengalami perubahan sebesar 3,95%, turun ke level 6.258,179 dari 6.515,631 pada pekan sebelumnya,” ujar Sekretaris Perusahaan BEI, Kautsar Primadi Nurahmad, dalam keterangannya pada Sabtu (22/3/2025).

    Selain IHSG sepekan yang turun, kapitalisasi pasar juga mengalami penurunan sebesar 3,68%, menjadi Rp 10.822 triliun dibandingkan dengan Rp 11.235 triliun pada pekan sebelumnya.

    Di sisi lain, nilai rata-rata transaksi harian di bursa mengalami lonjakan tertinggi dalam sepekan, meningkat 61,83% menjadi Rp 15,21 triliun dari Rp 9,40 triliun.

    Kenaikan juga terjadi pada rata-rata volume transaksi harian, yang bertambah 18,63% menjadi 20,53 miliar lembar saham dibandingkan dengan 17,31 miliar lembar saham pada pekan sebelumnya.

    “Frekuensi transaksi harian di bursa juga mengalami peningkatan sebesar 11,15 persen menjadi 1,20 juta kali transaksi dari 1,08 juta kali transaksi pada pekan sebelumnya,” tambahnya.

    Sementara itu, pada perdagangan Jumat (21/3/2025), investor asing mencatatkan aksi jual bersih senilai Rp 2,35 triliun. Sepanjang tahun 2025, total nilai jual bersih investor asing telah mencapai Rp 33,18 triliun.

    Di sektor obligasi dan sukuk, sepanjang tahun ini BEI telah mencatatkan 25 emisi dari 18 emiten dengan nilai total Rp30,92 triliun. Dengan demikian, jumlah obligasi dan sukuk yang tercatat di BEI mencapai 604 emisi dengan nilai nominal outstanding sebesar Rp486,20 triliun serta 105,75 juta dolar AS, yang diterbitkan oleh 134 emiten.

    Selain itu saat IHSG sepekan turun, Surat Berharga Negara (SBN) yang terdaftar di BEI terdiri dari 192 seri dengan nilai nominal Rp 6.190,33 triliun dan US$ 502,10 juta. Hingga saat ini, terdapat 8 emisi Efek Beragun Aset (EBA) dengan nilai mencapai Rp 2,41 triliun.

  • Bank Mandiri Optimalkan Sistem Daur Ulang dan Akses Air Bersih untuk Dukung SDGs – Page 3

    Bank Mandiri Optimalkan Sistem Daur Ulang dan Akses Air Bersih untuk Dukung SDGs – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta Komitmen terus ditunjukkan oleh Bank Mandiri dalam rangka mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) lewat penggunaan air secara berkelanjutan. Pengurangan konsumsi air serta peningkatan daur ulang turut dilakukan oleh bank dengan lambang pita emas tersebut. Tak hanya itu, Bank Mandiri juga ikut memberikan dukungan pelestarian sumber air di pedesaan.

    Sistem daur ulang air ini telah dilengkapi oleh Bank Mandiri di beberapa gedung seperti Plaza Mandiri, Menara Mandiri, dan Wisma Mandiri. Adapun air tersebut bisa digunakan untuk kebutuhan operasional sehari-hari, mulai dari pemeliharaan tanaman, sanitasi, hingga air minum yang memenuhi baku mutu.

    Corporate Secretary Bank Mandiri M. Ashidiq Iswara mengatakan, Bank Mandiri konsisten melakukan pemantauan bulanan atas penggunaan air. Inisiatif ini dapat memperhatikan tingkat konsumsi serta efektivitas penggunaan air bersih dalam operasional gedung.

    “Kami mengoptimalkan pemanfaatan air efluen melalui sistem daur ulang dengan teknologi yang tepat. Dengan cara ini, air yang telah digunakan dapat diproses kembali untuk keperluan lain, sehingga dapat menghemat penggunaan air bersih. Bank Mandiri percaya bahwa langkah ini dapat menjadi contoh pengelolaan air yang berkelanjutan dan ramah lingkungan di lingkungan perkantoran,” ujar Ashidiq.

    Ia juga mengungkapkan bahwa hingga akhir 2024, Bank Mandiri sudah memanfaatkan sebanyak 88 ribu meter kubik (m3) air daur ulang atau sekitar 13% dari total pemakaian air. Tak hanya itu, Bank Mandiri juga menggunakan sistem reverse osmosis yang memberikan kontribusi untuk mengelola efluen atau limbah cair. Per Desember 2024, sebanyak 32 ribu m3 limbah cair telah dikelola melalui sistem reverse osmosis Bank Mandiri.

    Sistem Pengelolaan Limbah sesuai Standar Lingkungan

    Ashidiq juga menjelaskan tentang sistem pengelolaan limbah Bank Mandiri yang bisa digunakan untuk mengolah limbah cair yang dihasilkan gedung agar sesuai dengan standar lingkungan, sebelum dilepaskan ke badan air. Kualitas limbah cair ini juga rutin diperiksa perusahaan setiap bulan, bekerja sama dengan laboratorium terakreditasi.

    “Hasil pemeriksaan dengan standar ilmiah ini menjadi dasar bagi laporan Bank Mandiri atas kepatuhan pada peraturan dan standar lingkungan,” pungkas Ashidiq.

    Dia menambahkan, Bank Mandiri juga memiliki lubang biopori dan sumur resapan yang berfungsi untuk penampungan air di beberapa wilayah operasinya. Salah satu yang terbesar adalah danau buatan seluas 1,8 hektare di kawasan Mandiri University, Wijayakusuma. Kapasitas tampung ini dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan penggunaan air perusahaan ke depannya, yang pada tahun 2024 mencapai 663.164 m3.

    Dukung Ketersediaan dan Akses Air Bersih Masyarakat

    Tak hanya dalam wilayah internal perusahaan, Bank Mandiri juga memberikan dukungan atas ketersediaan dan akses air bersih bagi masyarakat. Hal ini sejalan dengan semangat perayaan hari air sedunia untuk memberikan peran dalam pengelolaan sumber daya air secara berkelanjutan.

    Melalui program Mandiri Sahabat Desa Kolaborasi Manunggal Air dengan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD), bank BUMN ini telah menyalurkan bantuan pada masyarakat di 4 kabupaten, yakni Banyumas, Temanggung, Pandeglang, dan Nabire pada Desember tahun lalu. Sebanyak 3.719 keluarga di 17 desa telah mendapatkan bantuan akses air bersih untuk kebutuhan sehari-hari mereka.

    Bank Mandiri percaya bahwa mendukung akses masyarakat ke kebutuhan pokok merupakan langkah untuk mewujudkan salah satu pilar keberlanjutan Bank Mandiri yakni, sustainability beyondbanking, yang berfokus untuk mendorong pertumbuhan dampak sosial dalam mewujudkan SDGs atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB). Di mana berbagai program ini telah sejalan sejalan dengan TBP nomor 6 terkait Air bersih dan sanitasi layak dan nomor 11 kota dan pemukiman yang berkelanjutan.

  • Prabowo Dorong Inklusi Keuangan, Masyarakat Diminta Punya Rekening

    Prabowo Dorong Inklusi Keuangan, Masyarakat Diminta Punya Rekening

    Jakarta, Beritasatu.com – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan arahan Presiden Prabowo Subianto yang mengimbau masyarakat untuk memiliki rekening perbankan guna meningkatkan inklusi keuangan.

    “Saat ini, sekitar 89% masyarakat Indonesia sudah memiliki akses ke layanan perbankan. Namun, masih ada daerah seperti Maluku Utara dan Halmahera yang perlu didorong lebih lanjut. Selain itu, penting juga untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang manfaat rekening dan risiko investasi,” ujar Airlangga dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (22/3/2025).

    Sebagai langkah konkret, pemerintah telah membentuk Dewan Nasional Keuangan Inklusif (DNKI) yang diketuai langsung oleh Presiden. Selain itu, BUMN turut diberikan mandat untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat.

    Melalui kebijakan yang kondusif serta pemanfaatan infrastruktur teknologi keuangan, DNKI diharapkan mampu mendukung berbagai sektor, termasuk layanan keuangan pemerintah.

    Salah satu inisiatif pemerintah untuk inklusi keuangan adalah elektronifikasi bantuan dan subsidi, yang menargetkan masyarakat berpenghasilan rendah, pelaku UMKM, serta kelompok-kelompok rentan seperti santri, pemuda, pekerja migran, penyandang masalah kesejahteraan sosial, mantan narapidana, anak terlantar, penyandang disabilitas, dan masyarakat di wilayah 3T.

    Dengan sinergi antar-kementerian dan lembaga di bawah DNKI, tingkat inklusi keuangan pada 2023 mencapai 88,7% dalam penggunaan akun dan 76,3% dalam kepemilikan akun. Dalam RPJMN, angka ini ditargetkan naik menjadi 91% pada 2025 dan 93% pada 2029.

    Sejak diluncurkan pada 2016, DNKI terus menunjukkan dampak positif terhadap pertumbuhan kepemilikan akun keuangan formal di Indonesia. Hingga 2023, 76,3% masyarakat dewasa telah memiliki akun, sementara 88,7% sudah menggunakannya. Namun, literasi keuangan baru mencapai 65,4%, meskipun meningkat signifikan dari 49,7% di tahun sebelumnya.

    Meski inklusi keuangan masyarakat perkotaan telah mencapai 91,5%, di pedesaan masih lebih rendah, yakni 84,8%. Namun, tidak terdapat perbedaan signifikan dalam inklusi keuangan berdasarkan gender maupun usia.

    Pemerintah juga menerapkan Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2025 untuk mengintegrasikan data sosial dan ekonomi nasional melalui Data Tunggal Sosial Ekonomi Nasional (DTSEN). Sistem ini menyatukan berbagai pangkalan data seperti DTKS, Regsosek, dan P3KE guna memastikan keakuratan data penerima manfaat bantuan sosial.

    DTSEN mencakup penerima PKH (10 juta KPM), bantuan sembako (18,8 juta KPM), PIP (21,5 juta siswa), PBI JKN (96,8 juta jiwa), Kartu Prakerja (16,4 juta peserta), subsidi listrik (40,7 juta pelanggan), dan debitur KUR (7,05 juta orang). Selain itu, sistem ini juga digunakan untuk digitalisasi penyaluran bansos, monitoring lalu lintas devisa, serta peningkatan kepatuhan pajak.

    “DTSEN mencerminkan kondisi populasi Indonesia per 3 Februari 2025, dengan sekitar 93 juta keluarga dan 285,5 juta penduduk,” pungkas Airlangga terkait inklusi keuangan.

  • Terapkan Strategi Bisnis Pertumbuhan Berkelanjutan, Pelita Air Raih 2 Penghargaan Bergengsi dalam Anugerah BUMN 2025 – Page 3

    Terapkan Strategi Bisnis Pertumbuhan Berkelanjutan, Pelita Air Raih 2 Penghargaan Bergengsi dalam Anugerah BUMN 2025 – Page 3

    Dalam keterangannya, Dendy Kurniawan menyebutkan bahwa penghargaan tersebut adalah hasil kerja keras para Perwira Pelita Air yang berkomitmen pada penerapan strategi pertumbuhan yang berhasil mendorong perusahaan berkembang dan beradaptasi dalam lingkungan bisnis yang dinamis.

    “Dengan fokus pada keberlanjutan, inovasi, dan kualitas layanan, Pelita Air menunjukkan komitmennya dalam menjaga daya saing dan menciptakan nilai tambah bagi pelanggan dan masyarakat.” ucapnya.

    Dendy juga memberikan tanggapan atas dirinya yang terpilih sebagai Best CEO in Business Rejuvenation. Menurutnya, penghargaan tersebut menjadi pengingat tentang pentingnya proses berkelanjutan dalam transformasi bisnis yang dilakukan.

    “Setiap langkah yang diambil dalam memimpin Pelita Air selalu berfokus pada pencapaian tujuan jangka panjang yang berkelanjutan. Sejak awal dipercaya untuk memimpin perusahaan ini, kami telah menjalankan berbagai usaha kolektif untuk menghadapi tantangan dan dinamika industri penerbangan, khususnya terkait aspek cost structure yang cukup penting bagi bisnis aviasi.” ungkapnya.

    Sementara itu, Fadjar Djoko Santoso, Vice President Corporate Communication Pertamina menyampaikan bahwa apresiasi yang diberikan kepada Pelita Air menandakan konsistensi perusahaan dalam menginisiasi berbagai langkah strategis yang efektif bagi pertumbuhan bisnis.

    “Apresiasi yang diberikan kepada Pelita Air menunjukkan komitmen anak usaha Pertamina untuk terus bertumbuh dan beradaptasi dengan kebutuhan masyarakat.” jelas Fadjar.

    Sebagai informasi, Anugerah BUMN 2025 ke-14 yang bertema “Kinerja Unggul untuk Indonesia Berdaya: Inovasi, Kolaborasi, dan Transformasi”, merupakan penghargaan yang menyoroti peran BUMN dan Anak Perusahaan dalam mendorong inovasi, kolaborasi, dan transformasi yang memberikan dampak positif secara berkelanjutan bagi masyarakat luas.

  • Komitmen BRI Terapkan Budaya Kerja Inklusif, Raih Penghargaan Anugerah Avirama Nawasena dari SBM ITB

    Komitmen BRI Terapkan Budaya Kerja Inklusif, Raih Penghargaan Anugerah Avirama Nawasena dari SBM ITB

    Tidak hanya itu, BRI juga merilis kebijakan terkait Hak Asasi Manusia, yang dirancang untuk memastikan bahwa BRI menjunjung tinggi prinsip-prinsip hak asasi manusia. BRI melakukan proses uji tuntas HAM melalui metode self-assessment yang ditetapkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia melalui aplikasi PRISMA. 

    Berdasarkan proses uji tuntas tersebut, BRI mendapatkan kategorisasi Hijau, yang menandakan kepatuhannya terhadap Standar Indikator Penilaian Risiko Bisnis dan Hak Asasi Manusia dan menegaskan komitmennya yang kuat terhadap pemenuhan hak asasi manusia.

    Sejak tahun 2023 BRI juga telah bergabung ke dalam United Nations Global Compact (UNGC) yang menunjukkan komitmen BRI dalam penerapan 10 prinsip berkaitan dengan tata kelola, hak asasi manusia, ketenagakerjaan, lingkungan, dan anti-korupsi, serta dukungan atas pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs).

    Lebih lanjut, Solichin menekankan bahwa implementasi DEI bukan hanya berdampak pada internal perusahaan, tetapi juga menjadi bagian dari upaya BRI dalam mendorong perekonomian yang lebih inklusif.

    “BRI terus mengedepankan prinsip keberlanjutan dalam setiap aspek bisnisnya. Implementasi DEI tidak hanya diterapkan di lingkungan internal perusahaan, tetapi juga menjadi bagian dari berbagai inisiatif pemberdayaan masyarakat, termasuk dalam memperluas akses layanan keuangan bagi pelaku UMKM,” tegasnya.

  • Menhub Cek Kesiapan Pelabuhan Indah Kiat Jadi Penyangga di Arus Mudik 2025 – Page 3

    Menhub Cek Kesiapan Pelabuhan Indah Kiat Jadi Penyangga di Arus Mudik 2025 – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta Menteri Perhubungan (Menhub) Dudy Purwagandhi mengunjungi Pelabuhan Indah Kiat, Merak, Banten pada Sabtu (22/3/2025) dini hari. Kunjungan ini untik mengecek kesiapan Pelabuhan Indah Kiat sebagai area penyangga atau buffer zone di kawasan Pelabuhan Merak untuk mengurai penumpukan para arus mudik Lebaran 2025.

    “Rencananya, nanti jika area parkir di dermaga Pelabuhan Merak hampir penuh, kendaraan pribadi roda 4 akan segera diarahkan parkir ke Pelabuhan Indah Kiat sebagai area penyangga, supaya tidak ada penumpukan dan antrian yang mengular,” jelas Dudy Purwagandhi dalam keterangan tertulis.

    Pelabuhan Indah Kiat merupakan salah satu area yang disiapkan menjadi penyangga atau buffer zone untuk arus mudik dari Jawa menuju Sumatera melalui pelabuhan penyebarangan Merak. Pelabuhan ini akan digunakan untuk mengatisipasi kepadatan di Pelabuhan Merak.

    “Pada puncak arus mudik, tanggal 27-29 Maret 2025, kendaraan kecil yang berada di Pelabuhan Merak diperkirakan lebih dari 30.000 kendaraan. Kami akan mengantisipasi potensi kepadatan dengan menyiapkan area parkir penyangga,” kata Menhub.

    Pelabuhan Merak sendiri memiliki 7 dermaga operasi. Kapasitas parkir pelabuhan adalah 6.026 kendaraan kecil dan kapasitas kendaraan di dalam kapal mencapai 25.067 kendaraan kecil per hari dalam kondisi sangat padat. Sehingga, total kapasitas di Pelabuhan Merak mencapai 31.093 kendaraan kecil per hari.

     

  • Lebaran Nyaman dan Transaksi Lancar, BRI Jamin Keandalan E-Channel

    Lebaran Nyaman dan Transaksi Lancar, BRI Jamin Keandalan E-Channel

    Fajar.co.id, Jakarta — PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk memastikan kesiapan layanan Electronic Channel (E-Channel) untuk mendukung kelancaran transaksi masyarakat menjelang libur panjang periode lebaran Hari Raya Idulfitri 1446 H. Dengan jaringan layanan terluas di Indonesia, BRI berkomitmen menghadirkan akses layanan keuangan yang andal, aman, dan mudah dijangkau di seluruh wilayah Indonesia.

    Direktur Retail Funding & Distribution BRI Andrijanto menegaskan bahwa kesiapan E-Channel menjadi langkah strategis untuk memastikan kelancaran transaksi masyarakat di momen Lebaran. 

    “Lebaran merupakan periode dengan intensitas transaksi yang tinggi, termasuk saat masyarakat melakukan perjalanan mudik. BRI memastikan kehandalan E-Channel untuk mendukung kelancaran transaksi, sehingga masyarakat dapat bertransaksi dengan aman dan nyaman di mana pun berada. BRI berupaya memastikan seluruh sistem berjalan optimal agar kebutuhan transaksi masyarakat terpenuhi tanpa hambatan,” ujarnya.

    Menjelang musim Lebaran dan arus mudik, BRI terus meningkatkan pemanfaatan E-Channel untuk mendukung kelancaran transaksi masyarakat. Hingga Desember 2024, BRI telah menerbitkan lebih dari 4,1 juta QRIS BRI guna mempermudah transaksi digital yang praktis, aman, dan andal untuk masyarakat. Selain itu, lebih dari 330 ribu unit Electronic Data Capture (EDC) telah dioperasikan di berbagai lokasi strategis, memastikan kenyamanan transaksi non-tunai bagi pemudik dan masyarakat yang merayakan Lebaran.

    Untuk semakin memperkuat akses layanan keuangan selama periode ini, BRI juga mengoperasikan lebih dari 10 ribu unit Automated Teller Machine (ATM) dan 9 ribu unit Cash Recycling Machine (CRM) yang tersebar di seluruh Indonesia. Jaringan ini memastikan ketersediaan layanan transaksi yang mudah diakses, sehingga masyarakat dapat dengan leluasa melakukan penarikan, penyetoran, maupun berbagai transaksi lainnya selama perjalanan mudik dan perayaan Lebaran.

  • Harun Al Rasyid Terpilih Jadi President ISACA Indonesia Chapter – Halaman all

    Harun Al Rasyid Terpilih Jadi President ISACA Indonesia Chapter – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – ISACA Indonesia Chapter, organisasi professional non-profit yang berfokus pada pengembangan dan tata kelola sistem informasi serta manajemen risiko dan kepatuhan, resmi melantik kepengurusan baru periode 2025-2027.

    Harun Al Rasyid terpilih sebagai President ISACA Indonesia Chapter dan Richi Aktorian terpilih sebagai Vice President dan Erikman Pardamean sebagai Chapter Secretary di acara Annual General Meeting (AGM) 2025 yang berlangsung bersamaan dengan Monthly Talk & Sharing Session di Jakarta, baru-baru ini dengan menghadirkan Sandiaga Uno dalam rangka mengdukung peran IT GRC dalam menarik investasi digital. 

    Proses pemilihan kepengurusan baru ini dilakukan secara transparan dan demokratis, sekaligus menandai komitmen ISACA Indonesia dalam memperkuat tata kelola organisasi untuk mendukung transformasi digital yang lebih aman dan terpercaya.

    Presiden ISACA Indonesia tHarun Al Rasyid menegaskan, kepengurusan baru ISACA Indonesia akan berfokus pada peningkatan IT Governance, Risk, and Compliance (IT GRC) serta memperkuat kesadaran akan pentingnya Cybersecurity, Audit, Digital Trust, dan Sertifikasi Profesional. 

    “Kepengurusan baru juga berkomitmen untuk memperluas jaringan anggota serta meningkatkan kualitas program edukasi dan sertifikasi yang diberikan kepada para profesional di industri teknologi informasi,” ujarnya dikutip Sabtu, 22 Februari 2025.

    Dukungan untuk Transformasi Digital Indonesia 

    Dalam sambutannya, Harun Al Rasyid menyatakan bahwa ISACA Indonesia akan terus mendukung pemerintah, regulator, dan pelaku industri dalam membangun lingkungan digital yang aman, inovatif, dan berkelanjutan. 

    Dia mengatakan, ISACA juga akan meningkatkan kolaborasi dengan berbagai pihak guna mendorong investasi digital dan memperkuat ekosistem tata kelola TI di Indonesia.

    “Acara AGM ini juga menjadi momentum untuk merefleksikan pencapaian ISACA Indonesia selama periode sebelumnya, sekaligus merancang strategi baru dalam menghadapi tantangan teknologi dan keamanan siber di masa depan,” ujarnya.

    Dengan berbagai inisiatif dan program edukasi, ISACA Indonesia Chapter terus mendukung para profesional TI dalam menghadapi tantangan industri yang dinamis dan berkembang pesat.

    Monthly Talk & Sharing Session ISACA Indonesia menghadirkan Sandiaga Uno dalam rangka mengdukung peran IT GRC dalam menarik investasi digital. 

    Berikut susunan Kepengurusan ISACA Indonesia Chapter 2025-2027:

    Presiden: Harun Al Rasyid
    Vice President: Richi Aktorian
    Chapter Secretary: Erikman Pardamean
    Treasurer: Veni Ferawati
    Membership: Indra Wijaya
    Program: Siti Elda Hiererra
    Marketing & Communication (Marcom): Asrul Fadillah
    Research & Education (R&E): Anjar Priandoyo
    Governance, Risk & Assurance (GRA): Reza Rizky Pratama
    Audit: Patricia
    Certification: Rahmat Mulyana

  • Naik KA Bisa Pilih Duduk Sebelahan dengan Sesama Perempuan, Ini Caranya

    Naik KA Bisa Pilih Duduk Sebelahan dengan Sesama Perempuan, Ini Caranya

    Jakarta

    PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menghadirkan fitur terbaru pada proses pemilihan seat di aplikasi Access by KAI. Fitur baru itu memungkinkan penumpang perempuan memilih kursi dengan sesama perempuan.

    Vice President Public Relations KAI Anne Purba mengatakan, kehadiran fitur ini merupakan salah satu upaya KAI dalam memperhatikan kebutuhan pelanggan perempuan.

    “Dengan adanya fitur ini, penumpang perempuan dapat merasa lebih nyaman selama perjalanan. Kami berharap inovasi ini dapat meningkatkan rasa aman dan memberikan pengalaman perjalanan yang lebih menyenangkan,” ujar Anne dalam keterangannya, dikutip Sabtu (22/3/2025).

    Sebagai catatan, fitur ini hanya dapat digunakan oleh member Access yang memesan tiket untuk penumpang perempuan dan berlaku untuk semua KA antarkota. Jika dalam satu pemesanan terdapat penumpang laki-laki, fitur ini tidak akan ditampilkan.

    Meskipun demikian, KAI tetap memastikan perlindungan data pribadi pelanggan sesuai kebijakan yang berlaku. Tidak hanya di Access by KAI, bagi pelanggan yang memesan tiket di loket stasiun juga bisa meminta kepada petugas jika ingin duduk bersebelahan dengan sesama perempuan.

    Anne mengatakan inovasi ini mencerminkan komitmen KAI dalam meningkatkan kualitas layanan dan memberikan rasa aman bagi seluruh pelanggan. Fitur ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk meningkatkan rasa aman dan nyaman bagi penumpang perempuan.

    Dengan lebih dari 7.633.584 downloader dan 7.317.566 pengguna aktif aplikasi Access by KAI pada tahun 2024, KAI berkomitmen menghadirkan layanan yang inklusif dan responsif terhadap kebutuhan pelanggan.

    “Sebelumnya, proses pemilihan seat belum memberikan kemudahan bagi penumpang perempuan yang ingin duduk bersebelahan dengan sesama perempuan,” jelas Anne.

    Anne lebih lanjut mengatakan, sebagai bentuk komitmen terhadap kenyamanan pelanggan, KAI terus menghadirkan inovasi berbasis teknologi untuk meningkatkan pengalaman perjalanan yang lebih aman dan nyaman.

    “KAI juga akan memantau pelaksanaan fitur ini serta mengumpulkan masukan dari pelanggan guna penyempurnaan layanan di masa mendatang,” tutup Anne.

    (ada/ara)