Jenis Media: Ekonomi

  • Fenomena Pasar Tanah Abang Sepi Jelang Lebaran 2025, Ada Apa? – Page 3

    Fenomena Pasar Tanah Abang Sepi Jelang Lebaran 2025, Ada Apa? – Page 3

    Sebelumnya, Menteri Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), Maman Abdurrahman, menanggapi keluhan para pedagang di Pasar Tanah Abang yang mengalami penurunan jumlah pembeli selama bulan puasa 2025 dibandingkan tahun sebelumnya.

    Maman mengakui adanya perubahan pola belanja masyarakat. Jika dulu orang lebih sering berbelanja langsung di pasar, kini banyak yang beralih ke platform e-commerce untuk memenuhi kebutuhan mereka.

    “Kita juga sudah cek. Ada terjadi shifting pola budaya berbelanja masyarakat,” kata Maman saat ditemui di Kementerian UMKM, di tulis Jumat (21/3/2025).

    Menurut dia, jika dibandingkan tiga atau empat tahun lalu, masyarakat masih lebih banyak berbelanja di pasar tradisional maupun pusat perbelanjaan.

    Meski begitu, ia menepis anggapan bahwa sepinya pembeli di pasar disebabkan oleh melemahnya ekonomi. Data dari Kementerian UMKM menunjukkan bahwa tren belanja online terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

    “Jadi ada pergeseran ke arah sana. Belanja online memang naik,” ujarnya.

    Seiring dengan tren ini, Maman menegaskan bahwa kementeriannya akan mengatur ulang biaya pemasaran (marketing fee) di platform e-commerce.

    “Jadi, jangan semua sudah bergeser, masyarakat sudah mulai belanja online, ini e-commerce-e-commerce, dia naikkan marketing fee kepada pedagang-pedagang mikro, pengusaha-pengusaha mikro ataupun pengusaha-pengusaha online,” ujarnya.

  • Top 3: Cara Tukar Uang Baru di Laman pintar.bi.go.id – Page 3

    Top 3: Cara Tukar Uang Baru di Laman pintar.bi.go.id – Page 3

    Kementerian Ketenagakerjaan menyebutkan Tunjangan Hari Raya (THR) merupakan kewajiban. Jika perusahaan tidak membayar THR keagamaan sesuai aturan ada sanksi yang akan diberlakukan. Hal itu seperti disampaikan dalam akun instragam resmi Kementerian Ketenagakerjaan di @kemnaker.

    “THR itu kewajiban, bukan opsi. Jika perusahaan tidak membayar THR keagamaan sesuai aturan, ada sanksi yang akan diberlakukan,” demikian seperti dikutip, ditulis Minggu (23/3/2025).

     Tunjangan Hari Raya (THR) merupakan hak seluruh pekerja, termasuk karyawan kontrak. Namun, perhitungan THR karyawan kontrak sedikit berbeda dengan karyawan tetap. Artikel ini akan membahas cara menghitung THR karyawan kontrak secara rinci, lengkap dengan contoh kasus, sehingga Anda dapat memahami hak Anda dengan jelas.

    Selengkapnya

  • Rekomendasi Cincin Emas Wanita yang Cocok Dipakai Lebaran – Page 3

    Rekomendasi Cincin Emas Wanita yang Cocok Dipakai Lebaran – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta Momen spesial seperti Hari Raya Idul Fitri adalah waktu yang tepat untuk tampil memukau. Setiap wanita tentu ingin terlihat anggun dengan padu padan busana yang stylish, hijab yang menawan, serta aksesoris yang mendukung penampilan. Salah satu aksesoris yang tidak pernah gagal menyempurnakan gaya lebaran adalah cincin emas. Perpaduan antara cincin emas dengan outfit Lebaran bisa memberikan kesan elegan dan mewah.

    Beragam model cincin emas tersedia untuk mempercantik tampilanmu di hari istimewa.

    Dikutip dari laman Semar Nusantara, Senin (24/3/2025), berikut ini adalah beberapa rekomendasi cincin emas dari Semar Nusantara yang bisa menjadi pilihan terbaik untuk melengkapi gaya Lebaran.

    1. Cincin Emas Minimalis untuk Tampilan Simpel namun Anggun

    Jika kamu menyukai tampilan yang sederhana namun tetap elegan, cincin emas dengan desain minimalis bisa menjadi pilihan terbaik.

    Koleksi Classic Austin dengan model pipa polos menawarkan kesan timeless yang cocok dipadukan dengan berbagai gaya pakaian.

    Selain itu, Classic Waves dengan desain rantai menyerupai ombak memberikan sentuhan manis pada penampilanmu. Kedua model ini sangat fleksibel dipadukan dengan gamis atau tunik bermotif maupun polos.

    2. Cincin dengan Sentuhan Elegan yang Menarik Perhatian

    Bagi kamu yang ingin tampil lebih mewah, koleksi cincin dengan desain elegan bisa menjadi pilihan yang tepat. Listring Solitaire hadir dengan batu utama di tengah serta deretan batu kecil di sisi kanan dan kiri, menciptakan efek kilauan yang memikat.

    Sementara itu, List Ring Felisya dengan taburan batu di sepanjang rangka cincin menghadirkan kesan feminin dan anggun. Kedua koleksi ini cocok dikenakan dengan outfit sederhana maupun pakaian dengan detail yang lebih menonjol.

     

  • AirAsia Mulai Terbangi Rute Denpasar-Darwin Australia, Jadwalnya 3 Kali Seminggu – Halaman all

    AirAsia Mulai Terbangi Rute Denpasar-Darwin Australia, Jadwalnya 3 Kali Seminggu – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Indonesia AirAsia semakin memperkuat konektivitasnya di Australia dengan meresmikan penerbangan perdana dari Denpasar menuju Darwin, Sabtu (22/3/2025).

    Rute ini menjadi rute ketiga menuju Australia setelah Perth dan Cairns yang menandai komitmen Indonesia AirAsia dalam memperkuat sektor pariwisata dan bisnis di kedua negara.

    “Dibukanya kembali rute Denpasar–Darwin oleh Indonesia AirAsia tidak hanya memperkuat konektivitas antara Indonesia dan Australia Utara, tetapi juga mempererat hubungan sejarah, budaya, dan ekonomi di kedua wilayah,” kata Northern Territory Minister for Tourism and Hospitality, Hon Marie-Clare Boothby, di Darwin, Sabtu (22/3/2025).

    Minister Boothby berharap rute ini semakin meningkatkan kedatangan wisatawan, memperluas mobilitas bisnis, serta membuka peluang kolaborasi di berbagai sektor.

    “Rute penerbangan baru ini merupakan langkah penting untuk menjadikan Northern Territory sebagai destinasi terbaik di negara ini untuk dikunjungi, ditinggali, bekerja, dan berinvestasi,” tambah Boothby.

    Menurutnya, peningkatan konektivitas mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dengan membuka lebih banyak peluang bisnis dan menarik wisatawan, sehingga semakin banyak orang dapat merasakan semua yang ditawarkan oleh Northern Territory.

    “Penambahan penerbangan akan memperkuat sektor pariwisata, menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat Northern Territory, serta mempermudah perjalanan untuk bertemu orang-orang terkasih,” kata Minister Boothby.

    Sementara itu Direktur Utama Indonesia AirAsia, Veranita Yosephine menambahkan, Denpasar dan Darwin memiliki hubungan historis dan budaya yang erat dengan Indonesia.

    “Juga menjadi destinasi favorit bagi wisatawan Australia yang ingin menikmati keindahan Bali, maupun bagi warga Indonesia yang ingin menjelajahi Australia Utara,” kata Veranita dalam keterangan resminya.

    Dengan pembukaan rute ini, Veranita berharap dapat semakin meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Bali.

    “Yang juga berfungsi sebagai hub dengan konektivitas luas ke lebih dari 130 destinasi di Asia dan sekitarnya melalui jaringan Grup AirAsia,” ujarnya.

    Veranita menambahkan, sebagai salah satu dari Top 10 Low-Cost Carriers in the World versi Cirium On-Time Performance Review 2024, Indonesia AirAsia telah menerbangkan 2,8 juta penumpang sepanjang 2024 melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali.

    Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali, pada September 2024 tercatat 625.665 wisatawan mancanegara tiba di Bali, dengan 24,80 persen di antaranya berasal dari Australia.

    “Angka ini menegaskan bahwa Australia merupakan pasar utama bagi pariwisata Bali dengan kontribusi signifikan terhadap total kunjungan wisatawan mancanegara,” ujarnya.

    Konsul Jenderal Republik Indonesia untuk Australia Utara, Bagus Hendraning Kobarsih menambahkan dibukanya kembali rute Denpasar–Darwin oleh Indonesia AirAsia tidak hanya memperkuat konektivitas antara Indonesia dan Australia Utara, tetapi juga memperdalam hubungan sejarah, budaya, dan ekonomi antara kedua wilayah.

    “Kami berharap rute ini dapat semakin meningkatkan kedatangan wisatawan, memperluas mobilitas bisnis serta peluang kolaborasi di berbagai sektor. Ini merupakan pengembangan strategis yang akan membawa manfaat jangka panjang bagi kedua negara,” ujar Bagus Hendraning Kobarsih, Konsul (Kepala Perwakilan), Konsulat Republik Indonesia (Northern Territory).

    Penerbangan QZ 540 lepas landas dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, pukul 11.40 Wita dan tiba di Bandara Internasional Darwin pada pukul 15.55 waktu setempat dengan tingkat keterisian penumpang yang sangat baik.

    Rute Denpasar-Darwin ini akan dioperasikan tiga kali dalam seminggu, yakni setiap Selasa, Kamis dan Sabtu.

    Jadwal Penerbangan Indonesia AirAsia dari Bali (DPS) ke Darwin (DRW):

    Rute DPS – DRW: Nomor Penerbangan QZ 540, berangkat pukul 11.40, sampai 15.55
    Rute DRW – DPS: Nomor Penerbangan QZ 541, berangkat pukul 16.35, sampai 17.55

    Penerbangan perdana ini turut dihadiri oleh Rob Porter, Bagus Hendraning Kobarsih, serta jajaran otoritas Bandara Internasional Darwin.

    Melalui rute ini, penumpang dapat memanfaatkan layanan Fly Thru Indonesia AirAsia untuk melanjutkan perjalanan ke berbagai destinasi di Asia.

    Penumpang dapat terbang dari Darwin ke Phuket melalui Bali dalam hari yang sama, atau memilih untuk menikmati liburan di Bali sebelum melanjutkan perjalanan ke Kota Kinabalu, Kuala Lumpur, Jakarta, Labuan Bajo (Pulau Komodo), Singapura, Phuket, dan banyak lagi.

    Indonesia AirAsia adalah maskapai berbiaya hemat terbaik dunia selama 15 kali berturut-turut versi Skytrax.

    Dengan harga tiket yang kompetitif serta layanan berkualitas, Indonesia AirAsia berkomitmen menghadirkan pengalaman perjalanan yang nyaman dan menyenangkan bagi seluruh pelanggan.

    Seluruh tiket penerbangan AirAsia dapat dipesan melalui aplikasi airasia MOVE (dahulu airasia Superapp), website airasia.com, online travel agent, dan agen perjalanan resmi lainnya.

    Indonesia AirAsia selalu mengedepankan standar keamanan dan keselamatan di setiap penerbangannya.

    Indonesia AirAsia pun sudah diakui secara resmi sebagai operator yang telah menyelesaikan audit keselamatan operasional yang dilakukan oleh International Air Transport Association (IATA), atau yang dikenal dengan IATA Operational Safety Audit (IOSA).

    Indonesia AirAsia mengingatkan kepada para penumpang untuk mematuhi ketentuan bagasi kabin yang hanya bisa membawa tas atau barang bawaan dengan berat maksimal 7 Kg per orang.

    Jika melebihi dari berat yang ditentukan, dianjurkan untuk memasukkannya ke dalam bagasi terdaftar melalui konter check in di Bandara keberangkatan.

    Indonesia AirAsia terus mengimbau para pelanggan yang akan bepergian untuk memenuhi persyaratan perjalanan sesuai ketentuan terbaru yang ditetapkan oleh pemerintah.

  • Hindari Antrean Arus Mudik di Pelabuhan, ASDP Imbau Pemudik Tiba Sesuai Jadwal – Halaman all

    Hindari Antrean Arus Mudik di Pelabuhan, ASDP Imbau Pemudik Tiba Sesuai Jadwal – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Video beredar di media sosial menunjukkan antrean kendaraan memadati area parkir Pelabuhan Merak, Banten, mulai Sabtu (22/3/2025) pukul 23.30 WIB hingga Minggu (23/3/2025) pukul 06.00 WIB.

    Kendaraan-kendaraan dalam video disebut tengah menunggu masuk ke kapal. Kabarnya para pengguna jasa penyeberangan kapal tersebut harus menunggu selama tujuh jam sebelum akhirnya berada di kapal.

    Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin, menjelaskan terkait antrean kendaraan yang dikeluhkan pengguna jasa pada akhir pekan kemarin, ASDP saat ini tengah melakukan percepatan perbaikan Dermaga VI Merak pascainsiden tertabraknya KMP Portlink III saat akan sandar beberapa waktu lalu.

    “Untuk tetap memastikan kelancaran operasional, ASDP memaksimalkan proses bongkar muat kendaraan melalui rampa samping kapal, yang kemudian didistribusikan ke car deck. Proses ini memang membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan mekanisme normal, sehingga berdampak pada tambahan waktu bongkar muat,” tutur Shelvy dalam keterangan resmi, Minggu (23/3/2025).

    Meskipun demikian, ASDP terus berupaya mengoptimalkan layanan agar perjalanan tetap lancar bagi seluruh pengguna jasa.

    Selain itu, Shelvy meminta calon pengguna jasa penyeberangan kapal untuk datang ke pelabuhan sesuai jadwal agar tidak terjadi antrean.

    “Kami juga mengimbau kepada para pengguna jasa untuk memperhatikan jadwal keberangkatan yang tertera di tiket dan tiba di pelabuhan sesuai waktu yang ditentukan. Kedisiplinan dalam mengikuti jadwal sangat penting untuk menghindari kepadatan yang tidak perlu,” ungkapnya.

    Sebagai contoh, jika jadwal keberangkatan tercantum pukul 18.00 WIB, pengguna jasa sebaiknya tiba di pelabuhan 2-3 jam sebelumnya, bukan sejak pagi hari, misalnya pukul 09.00 WIB, karena kendaraan yang datang terlalu awal belum dapat masuk antrean naik ke kapal.

    ASDP memastikan bahwa manajemen akan tetap memprioritaskan kendaraan yang tiba sesuai jadwal tiket untuk masuk dalam antrean menuju kapal.

    “Kami berterima kasih atas pengertian dan kerja sama pengguna jasa dalam menciptakan perjalanan yang lebih tertib dan nyaman bagi semua,” ucap Shelvy.

  • Diskon Tarif Tol Trans Jawa dan Trans Sumatra Berlaku Hari Ini, Senin (24/3)

    Diskon Tarif Tol Trans Jawa dan Trans Sumatra Berlaku Hari Ini, Senin (24/3)

    Bisnis.com, JAKARTA — Jasa Marga memberlakukan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa dari Jakarta menuju Semarang dan Tol Trans Sumatra. Diskon berlaku mulai hari ini, Senin (24/3/2025) hingga Jumat (28/3/2025) pukul 05.00 WIB.

    Diskon ini berlaku pada seluruh ruas tol yang dikelola oleh Jasa Marga dan badan usaha jalan tol (BUJT) lainnya dalam rangka arus mudik Lebaran 2025.  

    Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana, menyampaikan bahwa diskon tarif tol diberikan selama empat hari untuk semua golongan kendaraan pada perjalanan menerus dari Jakarta-Cikampek hingga Semarang.  

    “Potongan tarif dimulai pada 24 Maret pukul 5 pagi hingga 28 Maret pukul 5 pagi. Diskon berlaku untuk semua golongan kendaraan pada perjalanan menerus dari Jakarta-Cikampek sampai dengan Semarang,” kata Lisye dalam konferensi pers kesiapan operasional Idulfitri 2025, Rabu (19/3/2025).  

    Setelah arus mudik, diskon tarif tol sebesar 20 persen akan kembali diberlakukan pada arus balik, yaitu pada 3-4 April dan 8-9 April 2025.  

    Jasa Marga memperkirakan puncak arus mudik akan terjadi pada 28 Maret 2025 (H-3) dengan jumlah kendaraan mencapai 232.000 unit, turun 9 persen dibandingkan Lebaran 2024.

    Sementara itu, puncak arus balik diprediksi jatuh pada 6 April 2025 (H+4) dengan volume kendaraan mencapai 264.000 unit atau turun 1 persen dibandingkan tahun lalu.  

    Pengguna jalan tol diimbau untuk memanfaatkan diskon tarif ini guna mengurangi kepadatan pada hari puncak arus mudik dan balik Lebaran.

    Daftar Tarif Diskon Jalan Tol

    Besaran tarif tol yang akan dibayarkan selama periode diskon adalah sebagai berikut:  

    Periode 24-26 Maret 2025

    – Kendaraan Golongan I: Rp440.000 menjadi Rp352.000 (diskon Rp88.000)  

    – Kendaraan Golongan II dan III: Rp679.500 menjadi Rp543.600 (diskon Rp135.900)  

    – Kendaraan Golongan IV dan V: Rp894.500 menjadi Rp715.600 (diskon Rp178.900)  

    Periode 26-28 Maret 2025

    – Kendaraan Golongan I: Rp440.000 menjadi Rp408.500 (diskon Rp31.500)  

    – Kendaraan Golongan II dan III: Rp679.500 menjadi Rp632.300 (diskon Rp47.200)  

    – Kendaraan Golongan IV dan V: Rp894.500 menjadi Rp830.500 (diskon Rp64.000)  

  • Bansos Sembako dan PKH Disebar ke 53.275 Keluarga di Mataram – Page 3

    Bansos Sembako dan PKH Disebar ke 53.275 Keluarga di Mataram – Page 3

    Menyalurkan bansos, terutama di wilayah 3T, penuh tantangan. Beberapa hal yang dihadapi petugas juru bayar yaitu kondisi geografis yang tidak bisa diakses kendaraan, kendala cuaca buruk berupa hujan dan ombak tinggi.

    “Jika kita lihat secara geografis untuk wilayah Mataram memang lebih banyak pegunungan-pegunungan. Jadi kalau kita mengantarkan bansos secara door to door apalagi sekarang di bulan suci Ramadan ini memang agak berat ya, karena petugas-petugas kami juga berpuasa. Pembayaran secara door to door itu rumah-rumah KPM ada di atas gunung. Khususnya di daerah Lombok Barat, Lombok Utara. Kalau tantangan sendiri lebih ke akses karena memang ada beberapa lokasi di Lombok Utara, Lombok Barat yang aksesnya belum bisa menggunakan kendaraan bermotor. Jadi, kita harus berjalan kaki sekian kilometer (km). Kemarin terinfo itu sekitar 10 km kita berjalan kaki, karena akses jalan sangat terjal sehingga tidak bisa dilalui kendaraan bermotor,” tuturnya.

    Meski kerap menghadapi tantangan dalam proses penyaluran bansos, Pos Indonesia selalu siap menjalankan amanah penyaluran bansos dari stakeholder, dan tentunya berupaya memberikan layanan terbaik kepada masyarakat khususnya penerima bantuan, melalui penyaluran bansos yang cepat, tepat, efisien, akuntabel, dan tanpa potongan sepeser pun.

    Tantangan Penyaluran Door to Door

    Petugas Juru Bayar dari Kantorpos Mataram, Julkardiman, menuturkan dirinya memulai proses penyaluran dengan mengumpulkan daftar nama KPM.

    “Kemudian, kami persiapkan danom dan dihitung berapa jumlah KPM yang akan dikunjungi. Jumlah uang yang kami bawa dipastikan sesuai dengan jumlah yang ada di KPM tersebut. Satu hari penyaluran itu bergantung banyaknya KPM yang belum disalurkan. Kami juga koordinasi dengan pihak PSM atau Pendamping PKH,” kata Julkardiman.

    Dalam melakukan pengantaran bansos ke rumah KPM, petugas juru bayar kerap berhadapan dengan beragam tantangan. Salah satunya cuaca ekstrem.

    “Kalau tantangan sih, hujan. Terus kedua, pas kita sampai di tempat yang dikunjungi atau rumah KPM yang didatangi, orangnya kadang ada yang di rumah, juga ada yang enggak ada di rumah. Kadang kita datangi ke rumahnya, dia pergi berjualan. Dan ada juga yang pergi ke ladang, ada yang bekerja. Jadi kita tanya ke warga tersebut atau pihak yang bersangkutan. Ternyata ada yang bisanya sore, ada yang bisanya pagi, ada juga yang bisanya siang. Beda-beda deh,” katanya.

     

  • Sentra Kerupuk Mang Din di Palembang, Cuaca Buruk Kerap Jadi Kendala Produksi – Halaman all

    Sentra Kerupuk Mang Din di Palembang, Cuaca Buruk Kerap Jadi Kendala Produksi – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, PALEMBANG – KGS Syarifudin atau kerap dikenal Mang Din (68), tengah duduk sambil sesekali membantu pembeli di sentra kerupuk miliknya.

    Sentra kerupuk Mang Din, di Palembang, Sumatra Selatan, memang tampak ramai, pada Minggu (23/3/2025) pagi.

    Pria lanjut usia itu dibantu beberapa pegawai tokonya untuk melayani para pembeli.

    Mang Din mengatakan, sejak tahun 1985 dia sudah merintis usaha produksi kerupuk yang kini sangat populer, terutama di Palembang.

    Katanya, berawal dari banyaknya pedagang ikan gabus di depan kediamannya di Jalan Haji Faqih Usman, Ulu, Kecamatan Seberang Ulu 1, Kota Palembang, banyak masyarakat setempat yang membeli dan memanfaatkan ikan-ikan tersebut untuk dijadikan kerupuk.

    Seiring berjalannya waktu, sentra kerupuk Mang Din menjadi satu di antara produsen kerupuk yang bertahan hingga saat ini.

    “Awal mula itu tidak sengaja. Dulu di Palembang banyak pedagang ikan kumpul di depan situ, di jalan. Akhirnya dimanfaatkan warga sini dibikin pempek,” kata Mang Din, saat ditemui Tribunnews.com, Minggu.

    “Akhirnya berkembang dibuat kerupuk kemplang,” tambahnya.

    Usaha Mang Din terus berkembang, hingga puncaknya pada krisis moneter tahun 1998 silam, banyak masyarakat yang membeli kerupuk menjelang Hari Raya Idul Fitri.

    Saat itu, pesanan kerupuk dari dalam dan luar Kota Palembang dapat mencapai total puluhan ton.

    “Tahun ini (Lebaran 2025) agak kurang, karena pemain mulai banyak,” jelasnya.

    Meski demikian, hal tersebut tetap disyukuri Mang Din.

    Ia menjelaskan, ada beragam jenis kerupuk dijual di tokonya. Mulai dari kemplang, kerupuk berbentuk anggur, kerupuk tunjung, masih terus diproduksi.

    “Tapi yang masih dipertahankan, kerupuk anggur ini. Kemudian kemllang. Ada juga untuk pernikahan khas Palembang pakai kerupuk tunjung,” ucap Mang Din.

    Adapun kerupuk kemplang menjadi favorit banyak pembeli. Mang Din menjual dengan harga Rp60 ribu per kilogram.

    Lebih lanjut, dia mengungkapkan, cuaca sangat berpengaruh terhadap produksi kerupuk.

    Hal itu karena dalam proses produksinya, ada tahapan dimana adonan kerupuk yang masih lembek harus dijemur di bawah terik matahari selama kurang lebih 19 jam agar mengeras.

    Setelah adonan mengeras, baru kemudian dapat dipotong-potong menjadi kepingan-kepingan kerupuk yang masih mentah.

    “Cuaca pengaruh ke produksi. Kalau musim hujan, hujan seharian penuh, kita produksi menurun karena itu kendalanya untuk menjemur kerupuk,” katanya.

    Kalaupun harus tetap produksi untuk menjaga stok kerupuk di toko, Mang Din mengakui, kualitas hasil kerupuknya pun akan menjadi kurang baik.

  • Grup Pertamina Siapkan 453 Kapal Energi Selama Lebaran 2025

    Grup Pertamina Siapkan 453 Kapal Energi Selama Lebaran 2025

    Bisnis.com, JAKARTA — Grup Pertamina, PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) menyediakan layanan marine services serta pengoperasian sebanyak 453 armada kapal guna memastikan distribusi pasokan energi tetap terjaga dan memenuhi kebutuhan masyarakat selama periode Ramadan dan Idulfitri (RAFI) 2025. 

    Vice President Legal & Relations PTK, Sonny Mirath mengatakan PTK memastikan kesiapan armada kapal pendukung seperti Kapal Harbour Tug, Small Craft, Anchor Handling Tug and Supply (AHTS), dan jenis kapal lainnya dalam melayani kegiatan lepas sandar di 104 pelabuhan atau jetty yang dikelola. 

    “Selain itu, PTK melakukan pengecekan kelengkapan kapal agar tetap memenuhi standar operasional selama berada di pelabuhan,” kata Sonny dalam keterangan resmi, Minggu (23/3/2025). 

    Sonny menjelaskan layanan marine services juga mencakup kegiatan lepas sandar, proses loading dan unloading, kesiapan Oil Spill Response (OSR), serta peralatan Lindungan Lingkungan Perairan (LLP). Di samping itu, PTK juga melaksanakan kegiatan keagenan untuk mengurus dokumen dan administrasi kapal, termasuk perizinan dan koordinasi dengan otoritas pelabuhan setempat.  

    Untuk menjaga keselamatan operasional, PTK mengerahkan personel Marine Terminal Safety Inspector (MTSI) tersertifikasi yang bertugas dalam kegiatan Port Operation dan Bunker Control. Hal ini dilakukan guna memperkuat aspek Health, Safety, Security, and Environment (HSSE) dalam seluruh aktivitas operasional.  

    Selain menyiagakan armada kapal, kata Sonny, PTK juga melakukan Management Walkthrough (MWT) ke sejumlah lokasi selama Ramadan 2025. 

    Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan kesiapan Satgas RAFI 2025 secara langsung, sekaligus melakukan koordinasi lintas subholding guna menjaga kelancaran operasional. MWT juga digunakan sebagai kesempatan untuk berkomunikasi dengan para pekerja yang bertugas dalam Satgas RAFI dan memastikan kondisi kesehatan mereka tetap terjaga.  

  • Akses bank inklusif bantu anak muda kelola keuangan

    Akses bank inklusif bantu anak muda kelola keuangan

    Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Alexandra Askandar. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/Spt.

    Wadirut Mandiri: Akses bank inklusif bantu anak muda kelola keuangan
    Dalam Negeri   
    Editor: Novelia Tri Ananda   
    Minggu, 23 Maret 2025 – 14:17 WIB

    Elshinta.com – Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Alexandra Askandar mengatakan akses ke layanan perbankan yang inklusif dan edukasi finansial yang tepat dapat membantu generasi muda mengelola keuangan mereka dengan lebih baik. Menurut Alexandra, teknologi juga berperan penting dalam memperluas akses layanan keuangan dan kemudahan transaksi finansial.

    “Sebagai upaya meningkatkan kemudahan transaksi finansial, Bank Mandiri menghadirkan Livin’ by Mandiri, aplikasi perbankan digital yang telah digunakan oleh lebih dari 29,3 juta pengguna,” kata Alexandra dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu.

    Sepanjang 2024, total transaksi di aplikasi itu menembus Rp4.027 triliun atau tumbuh 23 persen year on year (yoy) dibanding periode yang sama tahun sebelumnya, yakni Rp3.271 triliun. Jumlah pengguna aplikasi itu yang mencapai 29,3 juta mencatatkan pertumbuhan 29 persen year on year.

    Frekuensi transaksi Livin’ by Mandiri mencapai 3,9 miliar transaksi, tumbuh 38 persen (yoy) dibandingkan tahun lalu yang mencapai 2,8 miliar transaksi, dengan pendapatan nonbunga sebesar Rp2,62 triliun pada 2024, atau tumbuh 21 persen yoy dari sebelumnya Rp2,17 triliun pada 2023.

    Melalui aplikasi Livin’ by Mandiri, kata dia, generasi muda dapat mengelola keuangan mereka dengan lebih praktis, mulai dari tabungan digital, investasi, pembayaran tagihan, hingga transaksi non-tunai lainnya. Menurut dia, anak muda saat ini lebih banyak mencari informasi melalui platform digital, sehingga pendekatan edukasi finansial yang interaktif dan kreatif menjadi kunci dalam meningkatkan kesadaran mereka terhadap pentingnya perencanaan keuangan.

    Bank Mandiri, kata dia, juga aktif menyebarkan literasi keuangan melalui media sosial seperti Instagram, TikTok, dan YouTube. Dengan menggandeng influencer keuangan dan pakar industri, edukasi finansial menjadi lebih mudah diakses dan dikemas dengan cara yang lebih menarik bagi generasi muda.

    Selain itu, Bank Mandiri secara rutin mengadakan seminar dan webinar untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pengelolaan keuangan yang bijak.

    Lebih lanjut, kata dia, untuk mendorong kebiasaan menabung dan investasi sejak dini pada anak muda, Bank Mandiri juga menawarkan berbagai produk keuangan yang dirancang khusus untuk anak muda seperti Tabungan Rencana Mandiri, Livin’ Investasi, ataupun Mandri Kartu Kredit dan Debit.

    Menurut Alexandra, memiliki kebiasaan menabung dan berinvestasi sejak dini dapat membantu generasi muda membangun fondasi keuangan yang lebih kuat. Dengan pilihan produk yang fleksibel, anak muda memiliki kesempatan untuk mengelola keuangan mereka secara lebih terstruktur dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

    Ia juga menjelaskan Bank Mandiri memiliki program pembiayaan dan kredit usaha yang mendukung wirausaha muda dalam mengembangkan bisnis mereka.

    “Akses permodalan yang lebih luas akan membantu lebih banyak anak muda untuk berani memulai usaha dan menciptakan peluang ekonomi baru,” kata dia.

    Sumber : Antara