Jenis Media: Ekonomi

  • JTT ubah titik Oneway Tol Semarang sesuai diskresi Kepolisian

    JTT ubah titik Oneway Tol Semarang sesuai diskresi Kepolisian

    Terpantau volume lalu lintas kendaraan arah Solo pada Ruas Jalan Tol Semarang Seksi A, B, C meningkat

    Jakarta (ANTARA) – PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) melalui Representative Office 2 melakukan perubahan titik Oneway Lokal KM 428 Jangli Jalan Tol Semarang Seksi A, B, C hingga KM 459 Salatiga Jalan Tol Semarang-Solo pukul 14.17 WIB sesuai diskresi kepolisian.

    “Setelah sebelumnya diberlakukan oneway lokal KM 422 Jalan Tol Semarang Seksi A, B, C hingga KM 442 Bawen Jalan Tol Semarang – Solo pukul 11.15 WIB, PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) melalui Representative Office 2 melakukan perubahan titik Oneway Lokal KM 428 Jangli Jalan Tol Semarang Seksi A, B, C hingga KM 459 Salatiga Jalan Tol Semarang-Solo pukul 14.17 WIB sesuai diskresi kepolisian,” ujar VP Corporate Secretary & Legal PT JTT Ria Marlinda Paallo di Jakarta, Jumat.

    Ria mengatakan bahwa volume lalu lintas kendaraan arah Solo pada Ruas Jalan Tol Semarang Seksi A, B, C meningkat.

    “Terpantau volume lalu lintas kendaraan arah Solo pada Ruas Jalan Tol Semarang Seksi A, B, C meningkat,” katanya.

    Ia mengimbau kepada seluruh pengguna Tol Trans Jawa untuk mengantisipasi perjalanan.

    “Kami mengimbau pengguna jalan tol Trans Jawa agar mengantisipasi perjalanan, memastikan kendaraan dalam keadaan prima, saldo uang elektronik cukup, mengisi daya dan bahan bakar sebelum memulai perjalanan serta membawa bekal untuk menghindari kepadatan di rest area. Selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan,” ujar Ria.

    Atas diskresi Kepolisian, PT Jasa Marga (Persero) Tbk. mendukung pemberlakuan rekayasa lalu lintas One Way Nasional hari ini, Jumat (28/03), sejak pukul 09.45 WIB dari KM 70 Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek s.d KM 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang.

    Pemberlakuan ini diputuskan dengan terlebih dahulu memastikan lajur sebaliknya (arah barat) telah steril dari pengguna jalan dengan perjalanan menuju arah barat dari Semarang menuju Cikampek.

    Pewarta: Aji Cakti
    Editor: Ahmad Buchori
    Copyright © ANTARA 2025

  • 32 penerbangan Juanda-NgurahRai dihentikan sementara saat Nyepi

    32 penerbangan Juanda-NgurahRai dihentikan sementara saat Nyepi

    Enam penerbangan Lion Air, empat dari Super Air Jet, empat dari Citilink, serta masing-masing satu dari Garuda Indonesia dan Batik Air

    Surabaya (ANTARA) – Sebanyak 32 penerbangan dari Bandara Internasional Juanda Surabaya, Jawa Timur menuju Bandara Ngurah Rai Bali dihentikan sementara saat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1947/2025.

    General Manager Bandara Internasional Juanda Muhammad Tohir, dalam keterangannya di Surabaya, Jumat, menjelaskan, sebanyak 16 penerbangan berasal dari Juanda, dan 16 lainnya dari Ngurah Rai.

    “Enam penerbangan Lion Air, empat dari Super Air Jet, empat dari Citilink, serta masing-masing satu dari Garuda Indonesia dan Batik Air,” kata Tohir.

    Tohir menjelaskan, penghentian sementara operasional Bandara I Gusti Ngurah Rai dilakukan pada Sabtu (29/3) pukul 06.00 WITA hingga Minggu (30/3) pukul 06.00 WITA, sebagaimana tertuang dalam Notice to Airmen (NOTMN) Nomor A0131/25.

    Meskipun begitu, kata dia, operasional penerbangan lainnya di Bandara Internasional Juanda tetap berjalan normal sesuai jadwal atau slot penerbangan yang telah ditentukan.

    Oleh karena itu, ia mengimbau calon penumpang yang terdampak untuk menyesuaikan jadwal perjalanan dengan menghubungi pihak maskapai terkait.

    Menurut dia, momen perayaan Nyepi tahun ini juga bertepatan dengan libur Lebaran, sehingga jumlah penumpang di Bandara Juanda diperkirakan tetap tinggi.

    “Tentunya, kondisi Bandara Juanda tetap akan ramai, mengingat tanggal tersebut diprediksi jumlah penumpang akan cukup banyak,” tuturnya.

    Manajemen Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, telah mengumumkan akan menghentikan operasional dan tidak akan melayani penerbangan selama 24 jam.

    Manajemen Bandara I Gusti Ngurah Rai Denpasar, Bali, mengumumkan penutupan sementara operasional penerbangan selama 24 jam dalam rangka Hari Suci Nyepi.

    Kebijakan ini juga tertuang dalam Surat Edaran Gubernur Bali Nomor: B.16.100.3.4/865/LLJ/DISHUB Tahun 2025 tentang Pelaksanaan Hari Raya Suci Nyepi Tahun Saka 1947.

    Pewarta: Indra Setiawan/Naufal Ammar Imaduddin
    Editor: Ahmad Buchori
    Copyright © ANTARA 2025

  • Bandara Hang Nadim sediakan “rest area” untuk pekerja migran transit

    Bandara Hang Nadim sediakan “rest area” untuk pekerja migran transit

    di sini ada tempat istirahat yang layak untuk mereka menunggu pesawat selanjutnya

    Batam, Kepri (ANTARA) – PT Bandara Internasional Batam (BIB), pengelola Bandara Internasional Hang Nadim Batam Kepulauan Riau menyediakan “rest area” untuk pekerja migran yang transit di bandara itu.

    “Kami menyediakan transit point di mana para pekerja migran yang transit, di sini ada tempat istirahat yang layak untuk mereka menunggu pesawat selanjutnya. Kemarin ada satu hari satu malam yang sudah transit di sini,” ujar Direktur Utama PT Bandara Internasional Batam Pikri Ilham Kurniansyah di Batam, Jumat.

    Selain itu, PT BIB juga menyediakan kios check in mandiri, baik di dalam gedung terminal dan di luar terminal untuk mencegah antrean panjang terhadap penumpang.

    “Di check in konter jumlah 31 konter semuanya lancar, dan kios cek in mandiri juga ada. Ada penambahan x-ray dari 2 unit menjadi 4 unit, dan semua boarding gate sudah siap, dan full sistem. Sehingga maskapai bisa menggunakan sistem dengan baik,” kata dia.

    Dengan begitu, PT BIB bersama pemangku kebijakan setempat dapat memastikan pelayanan terhadap pemudik yang melalui Bandara Hang Nadim berlangsung dengan lancar.

    Hingga saat ini, pihaknya melayani sebanyak 95 penerbangan ke berbagai wilayah.

    “Hari ini ada 95 penerbangan dan jumlah penumpang capai 16 ribu. Meningkat 30 persen dari hari biasanya. Ada 11 penerbangan ekstra. Yang kita terbangkan ada ke Cengkareng Jakarta, Padang, Palembang, Surabaya dari beberapa maskapai,” kata dia.

    Pada H-3 Lebaran 2025 belum ada antrean padat di Bandara Hang Nadim Internasional Batam.

    Pihaknya memprediksi pada Sabtu (29/3) masih tergolong puncak mudik dengan prediksi lebih dari 18 ribu penumpang.

    “Sejauh ini sejak 21 Maret jumlah penerbangan naik 7,4 persen dengan jumlah penumpang naik 14 persen dan kargo naik 43 persen,” kata dia.

    Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
    Editor: Agus Salim
    Copyright © ANTARA 2025

  • Bank Muamalat Cetak Laba Sebelum Pajak Rp 20,4 Miliar di 2024 – Page 3

    Bank Muamalat Cetak Laba Sebelum Pajak Rp 20,4 Miliar di 2024 – Page 3

    Pada 2024, Bank Muamalat juga resmi menjadi bank kustodian yang melayani transaksi investor pasar modal yang berkaitan dengan efek syariah seperti saham syariah, sukuk, dan reksa dana syariah. Bank Muamalat juga menjalankan pencatatan, penyelesaian, dan penyimpanan efek syariah, administrasi fund, pelaporan serta layanan lainnya sesuai kebutuhan investor.

    Semakin fokus menggarap segmen ritel, Bank Muamalat menghadirkan inovasi produk pembiayaan Solusi Emas Hijrah (Soleh) pada semester kedua 2024. Dengan tren harga yang terus naik, emas masih jadi pilihan masyarakat Indonesia mengamankan nilai aset. “Alhamdulillah, respons nasabah bagus, apalagi kami juga menawarkan margin yang kompetitif,” ujar Imam.

    Selain itu, Bank Muamalat juga terus mengoptimalkan layanan digital kepada nasabah antara lain melalui aplikasi mobile banking Muamalat DIN. Sepanjang 2024, jumlah transaksi Muamalat DIN mencapai 26,4 juta transaksi atau tumbuh 32% dibandingkan tahun sebelumnya. Volume transaksi Muamalat DIN mencapai Rp31,3 triliun per Desember 2024 atau tumbuh 22% dibandingkan Desember 2023. Adapun Fee-based Income yang dihasilkan dari transaksi via Muamalat DIN mencapai Rp30,6 miliar atau meningkat 21% dibandingkan pada akhir 2023.

     

  • Bandara Samarinda sediakan satu penerbangan tambahan hadapi arus mudik

    Bandara Samarinda sediakan satu penerbangan tambahan hadapi arus mudik

    Kami mencatat pergerakan penumpang yang cukup signifikan dalam tiga hari terakhir. Untuk mengantisipasi potensi peningkatan menjelang puncak arus mudik, kami telah berkoordinasi dengan maskapai penerbangan

    Samarinda (ANTARA) – Bandar Udara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto Samarinda menyediakan satu penerbangan tambahan (extra flight) untuk mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang selama periode arus mudik Lebaran 2025.

    “Kami mencatat pergerakan penumpang yang cukup signifikan dalam tiga hari terakhir. Untuk mengantisipasi potensi peningkatan menjelang puncak arus mudik, kami telah berkoordinasi dengan maskapai penerbangan,” ujar Kepala Seksi Pelayanan dan Kerja sama Unit Penyelenggara Bandar Udara APT Pranoto Samarinda Denny Armanto di Samarinda, Jumat.

    Penerbangan tambahan itu disediakan untuk rute Samarinda–Surabaya yang akan dioperasikan pada 29 Maret 2025 oleh maskapai Super Air Jet.

    Ia mengungkapkan bahwa dalam tiga hari terakhir, yakni 25 hingga 27 Maret 2025, pihak bandara mencatat total pergerakan penumpang mencapai 7.528 orang, meliputi penumpang yang datang maupun berangkat.

    Denny menjelaskan bahwa jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya, terjadi penurunan jumlah penumpang sebesar 32 persen.

    Meski demikian, pihak bandara tetap mengambil langkah antisipatif untuk memastikan kelancaran arus mudik.

    “Meskipun ada penurunan dibandingkan tahun lalu, kami tetap berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa bandara, terutama dalam momen penting seperti arus mudik Lebaran,” katanya.

    Untuk meningkatkan pelayanan selama musim mudik Lebaran tahun ini, Bandara APT Pranoto menyediakan beberapa layanan tambahan yang berbeda dari tahun sebelumnya. Salah satunya adalah fasilitas pemeriksaan kesehatan gratis yang disediakan oleh Kementerian Kesehatan.

    Penumpang dapat memanfaatkan layanan ini dengan mendaftar terlebih dahulu melalui aplikasi Satu Sehat. Lokasi pemeriksaan kesehatan terletak di selasar keberangkatan.

    Selain itu, Bandara APT Pranoto Samarinda juga menyediakan pelayanan pendampingan khusus dari Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Provinsi Kalimantan Timur bagi penumpang ibu hamil. Layanan ini dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi ibu hamil yang melakukan perjalanan udara.

    Dalam menjaga keamanan dan kelancaran arus mudik Lebaran, Bandara APT Pranoto telah mengaktifkan posko mudik yang melibatkan berbagai unsur terkait. Posko ini melibatkan personel dari TNI, Polri, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), IBI, Badan Karantina, Airnav Indonesia, dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

    “Setiap harinya, personel dari berbagai instansi tersebut memberikan pelayanan sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing. Hingga saat ini, kami bersyukur bahwa arus mudik Lebaran di Bandara APT Pranoto berjalan lancar, aman, dan nyaman,” kata Denny.

    Pewarta: Ahmad Rifandi
    Editor: Ahmad Buchori
    Copyright © ANTARA 2025

  • Puncak arus mudik di Bandara Soetta tercatat 173.854 orang

    Puncak arus mudik di Bandara Soetta tercatat 173.854 orang

    Di puncak arus mudik hari ini, pergerakan penumpang terus meningkat. Dimana, tercatat 173.854 orang melintas di Bandara Soetta

    Tangerang (ANTARA) – PT Angkasa Pura Indonesia Kantor Cabang Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, menyebutkan pergerakan penumpang penerbangan di bandara itu tercatat sebanyak 173.854 orang pada puncak mudik Lebaran atau H-3 Idul Fitri 1446 Hijriah/2025.

    Berdasarkan data harian, dari jumlah 173.854 orang penumpang tersebut terbagi dalam dua penerbangan diantaranya keberangkatan sebanyak 98.216 penumpang dan kedatangan 75.638 penumpang.

    “Di puncak arus mudik hari ini, pergerakan penumpang terus meningkat. Dimana, tercatat 173.854 orang melintas di Bandara Soetta,” kata Ass. Deputy Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta M. Holik Muardi di Tangerang, Jumat.

    Dari total 173.854 pergerakan penumpang tersebut, tercatat jumlah perlintasan di Terminal 1 sebanyak 52.056 orang. Sedangkan pergerakan pesawat sebanyak 308 penerbangan atau 26,65 persen.

    Sementara di Terminal 2 tercatat 56.880 orang dengan 390 penerbangan. Kemudian, jumlah pergerakan penumpang di Terminal 3 sebanyak 64.918 orang dengan 417 penerbangan.

    Menurut dia, pergerakan penumpang saat ini terus meningkat dan memenuhi area-area Terminal Bandara Soekarno-Hatta dengan tercatat sebanyak 1.156 pergerakan pesawat.

    Sementara itu, untuk total jumlah penerbangan tercatat 1.156 pergerakan pesawat, dengan terbagi keberangkatan 581 pergerakan pesawat dan kedatangan 575 pesawat.

    Dalam hal ini, PT Angkasa Pura Indonesia Kantor Cabang Bandara Soetta menyebut bahwa periode puncak mudik Lebaran tahun ini diprediksi jumlah pergerakan penumpang akan menyentuh 184.000 orang.

    Selain itu, Bandara Soetta juga memproyeksikan jumlah pergerakan penumpang mencapai 3,6 juta atau naik 7 persen bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

    Angka 3,6 juta penumpang tersebut diperkirakan menyumbang sekitar 30 persen dari jumlah 10,8 juta pergerakan penumpang di seluruh bandara yang tersebar di Indonesia.

    Dari proyeksi total pergerakan penumpang mencapai 3.690.982 juta tersebut mengalami kenaikan 7,33 persen pada penumpang domestik dan internasional naik 9,50 persen.

    Untuk pergerakan pesawat mencapai 24.136 penerbangan atau meningkat 4.88 persen bila dibandingkan tahun lalu di periode yang sama.

    “Angkutan mudik Lebaran akan terjadi mulai Kamis 21 Maret sampai 11 April 2025 dengan puncak arus mudik terjadi pada Jumat, 28 Maret 2025 dan puncak arus balik terjadi pada tanggal 6 sampai dengan 7 April 2025,” kata dia.

    Berdasarkan pantauan ANTARA di Terminal 1A Bandara Soetta sekitar pukul 14.00 WIB, nampak terlihat antrean panjang dari calon penumpang di beberapa loket tiket penerbangan tersebut.

    Bahkan, dari sejumlah loket penjualan tiket yang ada di terminal itu sudah dipadati penumpang yang menuju ke berbagai daerah dengan tujuan mudik Lebaran.

    Beberapa penumpang lain, juga terlihat tengah berdiri menunggu pemeriksaan dokumen di sekitar pintu masuk loket check in.

    Pewarta: Azmi Syamsul Ma’arif
    Editor: Ahmad Buchori
    Copyright © ANTARA 2025

  • AHY tinjau pos pantau mudik JMTC Jatiasih Bekasi

    AHY tinjau pos pantau mudik JMTC Jatiasih Bekasi

    Tadi kita lihat juga melalui CCTV, ada 3.000 lebih kamera yang tergelar dan kami juga berkomunikasi dengan petugas di lapangan untuk mengonfirmasi apa yang kami lihat melalui kamera tadi

    Bekasi (ANTARA) – Menteri Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan Agus Harimukti Yudhoyono (AHY) meninjau posko pemantauan mudik di Kantor Jasamarga Tollroad Command Center (JMTC) Jatiasih, Kota Bekasi, didampingi Menteri Perhubungan, Wakil Menteri BUMN serta instansi terkait.

    AHY melihat dari dekat ruang operator yang menjadi pusat komando untuk mengawasi, menganalisa serta mengambil keputusan taktis menyangkut dinamika terkini lalu lintas di ruas-ruas jalan tol yang saat ini digunakan secara optimal untuk arus mudik masyarakat.

    “Tadi kita lihat juga melalui CCTV, ada 3.000 lebih kamera yang tergelar dan kami juga berkomunikasi dengan petugas di lapangan untuk mengonfirmasi apa yang kami lihat melalui kamera tadi,” katanya di Bekasi, Jumat.

    Menteri Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan RI Agus Harimukti Yudhoyono berdialog dengan tim monitoring pusat komando posko pemantauan mudik di Kantor Jasamarga Tollroad Command Center (JMTC) Jatiasih, Kota Bekasi, Jumat. (ANTARA/Pradita Kurniawan Syah).

    Ia menilai arus mudik sejauh ini berjalan dengan aman, lancar dan dalam kendali yang baik, termasuk di area rehat meski sudah memasuki puncak arus mudik dan diperkirakan masih terus terjadi hingga esok.

    “Tadi juga sempat diperlihatkan situasi di rest area. Kita berharap perjalanan masyarakat bisa berjalan dengan aman, lancar dan juga menyenangkan,” katanya.

    Menurut dia, kelancaran arus mudik tidak terlepas dari kinerja segenap bagian terkait untuk mengurai kepadatan lalu lintas melalui beragam skema maupun rekayasa lalu lintas sehingga diharapkan kondisi serupa akan terjadi pada arus balik nanti.

    “Dapat disimpulkan bahwa semua bagian bekerja dengan baik, kami dari Kemenko Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan bersama jajaran, khususnya Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum, juga Kementerian BUMN, karena banyak sekali elemen BUMN yang berkontribusi pada suksesnya arus mudik Lebaran tahun ini,” katanya.

    Ia mengimbau segenap pemudik untuk mengutamakan keselamatan dengan meningkatkan kewaspadaan selama dalam perjalanan. Apabila mengalami gangguan dalam perjalanan, pemudik diminta segera melaporkan ke posko-posko mudik terdekat.

    “Kalau mengantuk, kalau lelah, berhenti dulu di rest area, tapi juga jangan terlalu lama karena kapasitas rest area ada batasnya. Kalau menumpuk, bisa saja mengganggu lajur utama yang bisa menghambat perjalanan,” ucapnya.

    AHY turut mengapresiasi kinerja Jasamarga melalui ‘rest area monitoring system’ yang mampu mendeteksi kapasitas dan mengendalikan area rehat sebelum terjadi kelebihan kapasitas.

    “Kalau dari kamera terlihat sudah mendekati kapasitas maksimal, sebelum terjadi overcapacity, diatur, ada pos-pos yang mengendalikan dan diminta untuk yang sudah cukup lama beristirahat bisa melanjutkan perjalanan agar tidak mengganggu penumpang ataupun pengendara berikutnya,” ucap dia.

    Sementara Menteri Perhubungan Dudy Purwagandhi memastikan puncak arus mudik Lebaran 1446 Hijriah sudah mulai berlangsung hari ini dengan proyeksi masih terjadi pada esok hari berdasarkan sejumlah parameter yang ada.

    “Dapat kita tampilkan berdasarkan parameter yang ada. Kemudian pemberlakuan one way secara nasional, maka arus puncak mudik sudah terjadi sejak hari ini dan kami perkirakan juga mungkin masih akan terjadi pada esok hari. Tercatat sudah lebih dari 1,7 juta kendaraan yang meninggalkan Jakarta melalui Tol Trans Jawa,” katanya.

    Dudy menyebut parameter puncak arus mudik sudah mulai terlihat sejak tadi malam dengan peningkatan volume kendaraan yang ditindaklanjuti dengan rekayasa lalu lintas one way secara lokal.

    “One way lokal itu disesuaikan dengan kondisi di mana terjadi kepadatan, kemudian secara bertahap atau secara regular dievaluasi. Nah itu yang dilakukan tadi malam, one way situasional. Sekarang kami konsentrasi bagaimana mengoptimalkan pelayanan mudik,” kata dia.

    Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
    Editor: Ahmad Buchori
    Copyright © ANTARA 2025

  • Bandara Halim catat 11 ribu pemudik pada H-3 Lebaran 2025

    Bandara Halim catat 11 ribu pemudik pada H-3 Lebaran 2025

    Untuk H-3 kita prediksi berangkat 7.000-an dan datang 4.000-an, total sekitar 11.000 lebih

    Jakarta (ANTARA) – Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta menyatakan pada Jumat, 28 Maret atau H-3 Lebaran Idul Fitri 1446 Hijriah, masyarakat yang melakukan mudik melalui bandar udara tersebut mencapai sebanyak 11.000 orang.

    Assistant Manager of Airside Operation & Landside Service Bandara Halim Perdanakusuma Alyudha Heru Librawan di Jakarta, Jumat, menyatakan pada H-3 Lebaran atau awal cuti bersama libur Idul Fitri, sebanyak 7.000 orang melakukan penerbangan, sementara 4.000 orang tiba di Bandara Halim Perdanakusuma.

    “Untuk H-3 kita prediksi berangkat 7.000-an dan datang 4.000-an, total sekitar 11.000 lebih,” ujar dia.

    Disampaikannya tujuan paling banyak untuk penerbangan hari ini yakni Bandar Udara Internasional Kualanamu Sumatera Utara, Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, serta Bandar Udara Internasional Minangkabau Padang.

    Selanjutnya, Bandara Internasional Ngurah Rai Denpasar Bali, Bandara Internasional Achmad Yani Semarang dan Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru Riau.

    Adapun Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta menyiapkan berbagai fasilitas, seperti penambahan angkutan transportasi, internet gratis, perluasan area boarding lounge, serta penambahan area komersial untuk meningkatkan kenyamanan masyarakat saat mudik Lebaran.

    Selain menyiapkan berbagai fasilitas tambahan, pihak bandara juga menyiapkan 41 orang petugas keamanan rutin dan 6 orang petugas tambahan pada periode libur Lebaran.

    Selain itu Bandara Halim juga melakukan koordinasi dengan Kepolisian Republik Indonesia (Polri), TNI Angkatan Udara (AU), serta Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk menjamin keamanan masyarakat.

    Lebaran atau Idul Fitri 1446 Hijriah diprediksi akan jatuh pada 31 Maret 2025. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, momen hari raya ini dinantikan oleh mayoritas masyarakat Indonesia untuk pulang kampung menemui keluarga.

    Dikutip dari Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 2 Tahun 2025, libur Hari Raya Idul Fitri 1446 Hijriah beriringan dengan libur Hari Suci Nyepi. Oleh karena itu, libur mudik kali ini terhitung sejak 28 Maret hingga 7 April 2025.

    Pewarta: Ahmad Muzdaffar Fauzan
    Editor: Agus Salim
    Copyright © ANTARA 2025

  • KAI: Jumlah pemudik di Stasiun Gambir capai 21.580 H-3 Lebaran

    KAI: Jumlah pemudik di Stasiun Gambir capai 21.580 H-3 Lebaran

    Jakarta (ANTARA) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mencatat pemudik yang berangkat dari Stasiun Gambir meningkat pada H-3 Lebaran atau 28 Maret 2025 menjadi 21.580 orang dari sebelumnya sebanyak 21.550 pada H-4 Lebaran atau 27 Maret 2025.

    Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko mengatakan H-3 Lebaran yang bertepatan dengan cuti bersama Hari Suci Nyepi, Stasiun Gambir dipadati oleh pemudik yang bersiap pulang ke kampung halaman.

    “Pada hari ini (28/3), terdapat 45 perjalanan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) yang berangkat dari stasiun ini. Tingginya animo masyarakat untuk mudik terlihat dari jumlah tiket yang terjual, yakni 21.580 seat, melebihi kapasitas kursi yang tersedia sebanyak 21.238 seat,” kata Ixfan di Jakarta, Jumat.

    Dengan tingkat okupansi mencapai 102 persen, suasana stasiun dipenuhi semangat pemudik yang ingin merayakan Lebaran bersama keluarga. Sementara momen Nyepi memberikan suasana refleksi bagi umat Hindu yang menjalankan hari raya dengan penuh khidmat.

    Berdasarkan pantauan ANTARA di Stasiun Gambir melaporkan suasana mudik yang khas, dengan kursi-kursi di ruang tunggu keberangkatan penuh oleh para pemudik yang membawa keluarga serta berbagai barang bawaan, mulai dari koper, tas besar, hingga kardus yang diikat tali.

    Meski ruang tunggu dipadati pemudik, volume penumpang tetap terjaga dengan baik tanpa adanya penumpukan di satu titik. Bahkan, area pemberhentian penumpang di sisi pintu selatan Stasiun Gambir terlihat lancar tanpa kemacetan.

    Untuk memastikan kelancaran perjalanan, petugas KAI bersiaga di berbagai titik area keberangkatan guna membantu penumpang yang membutuhkan informasi. Proses penukaran tiket pun berjalan lancar tanpa antrean panjang, didukung oleh kehadiran dua petugas KAI yang siap melayani.

    Selain itu, KAI juga menyediakan layanan pendaftaran face recognition untuk mempermudah akses penumpang ke peron. Empat petugas khusus disiagakan guna membantu para calon penumpang dalam proses registrasi sebelum memasuki area kereta.

    Sebagai bagian dari upaya meningkatkan kenyamanan dan keamanan perjalanan, Vice President Public Relations KAI Anne Purba kembali mengingatkan seluruh pelanggan untuk mematuhi ketentuan barang bawaan selama menggunakan layanan kereta api.

    Aturan ini diterapkan guna memastikan perjalanan yang tertib serta menghindari potensi gangguan akibat kelebihan barang bawaan.

    Anne menjelaskan setiap pelanggan diperbolehkan membawa barang dengan berat maksimum 20 kg atau volume total tidak lebih dari 100 dm³ (dimensi 70x48x30 cm) tanpa dikenakan biaya tambahan. Apabila barang bawaan melebihi batas yang ditentukan, pelanggan dapat memanfaatkan layanan ekspedisi yang tersedia di sejumlah stasiun.

    “Kami mengimbau seluruh pelanggan untuk memastikan barang bawaan tetap dalam batas ketentuan agar perjalanan lebih nyaman dan lancar. Jika membawa barang melebihi kapasitas yang ditentukan, pelanggan dapat menggunakan layanan ekspedisi seperti KAI Logistik sebagai solusi yang praktis,” ujar Anne.

    KAI juga menerapkan tarif kelebihan bagasi yang berbeda berdasarkan kelas layanan. Penumpang kelas eksekutif dikenakan biaya Rp10.000 per kg, kelas bisnis Rp6.000 per kg, dan kelas ekonomi Rp2.000 per kg. Oleh karena itu, pelanggan diimbau untuk mengecek kembali barang bawaannya sebelum keberangkatan guna menghindari biaya tambahan.

    Selain batasan berat dan dimensi, KAI juga melarang beberapa jenis barang untuk dibawa ke dalam kereta, termasuk narkotika, bahan yang mudah terbakar, senjata tajam atau api tanpa izin, hewan peliharaan, serta barang dengan bau menyengat yang dapat mengganggu kenyamanan penumpang lain. Kini, pelanggan yang ingin mengirimkan hewan peliharaan dapat memanfaatkan layanan pengiriman melalui KAI Logistik.

    “Petugas di stasiun akan melakukan pemeriksaan guna memastikan kepatuhan pelanggan terhadap aturan barang bawaan. Kami mengajak seluruh penumpang untuk mengikuti ketentuan ini demi menciptakan perjalanan yang lebih aman, nyaman, dan tertib bagi semua,” tambahnya.

    Dengan sosialisasi aturan barang bawaan ini, KAI berharap pelanggan dapat lebih memahami regulasi yang berlaku dan berkontribusi dalam menciptakan pengalaman perjalanan yang lebih baik. KAI juga terus meningkatkan layanan dengan memberikan informasi yang jelas agar pelanggan dapat mempersiapkan perjalanan dengan lebih baik.

    Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
    Editor: Edy M Yakub
    Copyright © ANTARA 2025

  • Kekayaan Surya Utomo, Dirjen Pajak yang Diangkat Jadi Komisaris Utama BTN – Page 3

    Kekayaan Surya Utomo, Dirjen Pajak yang Diangkat Jadi Komisaris Utama BTN – Page 3

    Dalam RUPST BTN, pemegang saham menyetujui perubahan susunan pengurus. Adapun susunan pengurus perseroan sesuai dengan hasil RUPST adalah sebagai berikut:

    Dewan Komisaris

    •⁠ ⁠Komisaris Utama : Suryo Utomo*

    •⁠ ⁠Wakil Komisaris Utama: Dwi Ary Purnomo*

    •⁠ ⁠Komisaris Independen: Pietra Machreza Paloh*

    •⁠ ⁠Komisaris Independen: Ida Nuryanti*

    •⁠ ⁠Komisaris Independen: Panangian Simanungkalit*

    •⁠ ⁠Komisaris: Fahri Hamzah*

    Dewan Direksi

    •⁠ ⁠Direktur Utama: Nixon LP Napitupulu

    •⁠ ⁠Wakil Direktur Utama: Oni Febriarto Rahardjo

    •⁠ ⁠Direktur Human Capital, Compliance & Legal: Eko Waluyo

    •⁠ ⁠Direktur Finance & Strategy: Nofry Rony Poetra

    •⁠ ⁠Direktur Consumer Banking : Hirwandi Gafar

    •⁠ ⁠Direktur Risk Management: Setiyo Wibowo

    •⁠ ⁠Direktur IT: Tan Jacky Chen*

    •⁠ ⁠Direktur Network and Retail Funding: Rully Setiawan*

    •⁠ ⁠Direktur Operations: I Nyoman Sugiri Yasa*

    •⁠ ⁠Direktur CoRp orate Banking: Helmy Afrisa Nugroho*

    •⁠ ⁠Direktur Commercial Banking: Hermita Akmal*

    •⁠ ⁠Direktur Treasury & International Banking: Venda Yuniarti*

    *efektif setelah mendapat persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan atas Penilaian Uji Kemampuan dan Kepatutan serta memenuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku.