Institusi: ITB

  • Akademisi Pertanyakan Mekanisme Perbaikan Panel Interaktif Prabowo di 3T

    Akademisi Pertanyakan Mekanisme Perbaikan Panel Interaktif Prabowo di 3T

    Bisnis.com, JAKARTA— Sejumlah tantangan dinilai akan dihadapi pemerintah dalam pendistribusian satu juta interactive flat panel (IFP) ke sekolah-sekolah di seluruh Indonesia pada 2026, terutama di wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T). Salah satunya mekanisme perawatan dan perbaikan setelah jutaan perangkat terdistribusi.

    Pengamat Telekomunikasi dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Ian Joseph Matheus Edward mengatakan tantangan pertama yang harus diperhatikan di wilayah 3T adalah ketersediaan listrik yang stabil. 

    Tantangan berikutnya berkaitan dengan kesiapan materi ajar yang dibuat interaktif melalui komputer. 

    Selain itu, kata Ian, perangkat elektronik seperti panel digital memiliki usia pakai tertentu sehingga aspek pemeliharaan juga menjadi krusial.

    “Sehingga perlu diperhatikan after sales atau tempat perbaikan terdekat, waktu perbaikan dan biaya yang dikeluarkan,” kata Ian kepada Bisnis, Selasa (18/11/2025).

    Ian menambahkan, dari sisi kebijakan, program ini sangat baik untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Namun, dia menilai sekolah perlu tetap memiliki alternatif pembelajaran konvensional apabila perangkat mengalami gangguan agar proses belajar tidak menurun kualitasnya.

    “Perangkat tersebut tentu akan memberikan pengetahuan pendidikan yang lebih tinggi,” katanya.

    Sementara itu, Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) menilai keberhasilan program tersebut membutuhkan jaminan konektivitas internet bagi sekolah-sekolah penerima. Dia mengatakan wilayah yang belum terjangkau layanan internet dapat dimasukkan sebagai daerah kewajiban pelayanan universal atau Universal Service Obligation (USO). 

    Ketua Umum Mastel Sarwoto Atmosutarno mengatakan menjelaskan untuk melaksanakan tugas pelayanan USO, pemerintah telah menunjuk Badan Layanan Umum Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Kementerian Komunikasi dan Digital (BLU Bakti Komdigi). 

    “Bakti bisa saja bekerja sama dengan penyelenggara jaringan internet yang ada. Bakti dapat mengoptimalkan kapasitas satelit Satria 1, Palapa Ring Fiber Optic (serat optik), Base Transceiver Station (BTS) 4G. 

    Sarwoto menilai penugasan pemasangan flat panel ini menjadi sinyal kebutuhan digitalisasi pemerintahan akan terus meningkat di berbagai sektor. 

    Dia menunjukkan dorongan tersebut terlihat dari berbagai inisiatif, seperti Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), Government Technology (GovTech), Satu Data Indonesia, Pusat Data Nasional, program Universal Service Obligation (USO) untuk daerah 3T, hingga pembangunan Jaringan Intra Pemerintah. 

    Karena itu, menurutnya, Mastel memandang perlu dibentuk kembali lembaga sejenis Perumtel sebagai pelaksana utama pemerintahan digital, sementara Peruri tetap berfokus pada aplikasi. Dia menilai bentuk Perusahaan Umum (Perum) akan lebih fleksibel dalam menjalankan fungsi internal maupun eksternal terkait kebutuhan digital pemerintah.

    “Sedangkan TelkomGroup fokus kepada penciptaan nilai berbasis korporasi pasar terbuka [B2B atau B2C),” katanya.

    Diberitakan sebelumnya, Presiden Prabowo Subianto menargetkan percepatan besar dalam digitalisasi pembelajaran pada 2026. Pemerintah berencana memasang tiga panel tambahan untuk setiap sekolah di seluruh Indonesia, yang totalnya mencapai sekitar satu juta unit IFP.

    “Tahun depan kita punya sasaran yang lebih besar lagi, tahun depan sasaran kita adalah menambah tiga panel, berarti tiga kelas lagi untuk semua sekolah di Indonesia berarti tahun depan kita akan pasang insyaallah satu juta panel kira-kira,” kata Prabowo saat peluncuran IFP di SMPN 4 Kota Bekasi, Senin (17/11/2025).

    Prabowo juga menegaskan daerah 3T menjadi prioritas utama distribusi panel tersebut. Dia mengakui adanya tantangan logistik di sejumlah wilayah, terutama 140 sekolah yang berada di kawasan pegunungan.

    “InsyaAllah kita pun akan sampai ke situ dan kita akan dibantu oleh TNI dan Polri supaya semua sekolah akan mendapat kesempatan yang sama,” tegasnya.

    Selain distribusi perangkat, Prabowo mengumumkan rencana pembangunan studio pusat di Jakarta untuk memproduksi materi pembelajaran digital yang dapat diakses secara serentak oleh seluruh sekolah. Materi digital tersebut nantinya juga dapat diakses siswa maupun orang tua dari rumah.

    “Kalau anak-anak atau orang tua di rumah punya gadget ingin menatar, ingin memberi les anaknya, dia bisa buka dan memberi pelajaran di rumah,” tandasnya.

  • Prabowo Tebar 1 Juta Panel Interaktif di 3T, Kesiapan Internet jadi Sorotan

    Prabowo Tebar 1 Juta Panel Interaktif di 3T, Kesiapan Internet jadi Sorotan

    Bisnis.com, JAKARTA— Kesiapan infrastruktur internet hingga listrik menjadi tantangan terberat bagi Presiden Prabowo Subianto dalam menjalankan program layar interaktif di daerah terluar, terdepan, dan tertinggal (3T). 

    Pengamat Telekomunikasi dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Agung Harsoyo, menilai rencana Prabowo menambah satu juta Interactive Flat Panel (IFP) pada 2026 harus dibarengi dengan kesiapan infrastruktur dasar.

    Dia menegaskan pemasangan IFP tidak dapat berdiri sendiri tanpa dukungan listrik dan internet yang memadai.

    “Karenanya Pemerintah Pusat, Provinsi, maupun Kabupaten/Kota harus kolaborasi dalam program ini,” kata Agung kepada Bisnis pada Senin (17/11/2025). 

    Agung juga menekankan perlunya kerja sama lintas institusi untuk percepatan penggelaran infrastruktur. 

    Agung menambahkan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) serta para penyelenggara jaringan dan layanan internet perlu didorong bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) maupun Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) agar proses elektrifikasi dan perluasan layanan internet dapat terwujud lebih cepat.

    Menurutnya, keberadaan perangkat pembelajaran visual akan meningkatkan kualitas proses belajar-mengajar, terutama di sekolah-sekolah 3T yang selama ini menghadapi keterbatasan akses tenaga pendidik berkualitas.

    “Guru-guru terbaik di bidangnya [IPA, IPS, Bahasa, Matematika dll] dapat meng-coach guru-guru di 3T agar anak2 memperoleh bahan pelajaran berkualitas tinggi,” ungkapnya. 

    Sentuhan AI

    Sementara itu, Director & Chief Business Officer Indosat Ooredoo Hutchison (IOH), M. Danny Buldansyah mengatakan penerapan layar interaktif pemerintah dalam terus dikembangkan, termasuk dengan pemanfaatan kecerdasan buatan (AI). 

    AI yang terintegrasi dengan sistem kelistrikan akan membuat tenaga yang dipakai per kelas menjadi lebih efisien sehingga pemerintah dapat berhemat. 

    Danny mencontohkan di Surabaya terdapat smart campus yang telah menggunakan AI dengan layar pintar. Seluruh materi pembelajaran telah masuk di dalamnya dan terhubung dengan kelistrikan. Alhasil, ketika dosen masuk ke kelas layar pintar, lampu, dan lain sebagainya akan menyala secara bersamaan. 

    Ketika jam keluar kelas, seluruh listrik akan mati secara otomatis sehingga lebih menghemat listrik.  

    Dia juga menyarankan pemerintah untuk mendalami aspek keberlanjutan dari perangkat yang disebar nanti. Setelah layar pintar hadir di sekolah perlu ada SDM yang dapat merawat layar pintar tersebut sehingga dapat digunakan dalam waktu yang lama. 

    “Ekosistemnya harus disiapkan,” kata Danny. 

    Diberitakan sebelumnya, Presiden Prabowo Subianto menargetkan percepatan besar dalam program digitalisasi pembelajaran pada tahun 2026. Pemerintah berencana memasang tiga panel tambahan untuk setiap sekolah di seluruh Indonesia, atau sekitar satu juta unit IFP secara nasional.

    “Tahun depan kita punya sasaran yang lebih besar lagi, tahun depan sasaran kita adalah menambah tiga panel, berarti tiga kelas lagi untuk semua sekolah di Indonesia berarti tahun depan kita akan pasang insyaallah satu juta panel kira-kira,” kata Prabowo saat peluncuran IFP di SMPN 4 Kota Bekasi, Senin (17/11/2025).

    Prabowo menegaskan daerah 3T menjadi prioritas utama dalam distribusi perangkat tersebut. Dia mengakui masih ada kendala distribusi di 140 sekolah wilayah pegunungan, namun memastikan pendistribusian akan tuntas dengan dukungan aparat keamanan.

    “InsyaAllah kita pun akan sampai ke situ dan kita akan dibantu oleh TNI dan Polri supaya semua sekolah akan mendapat kesempatan yang sama,” tegasnya.

    Presiden Ke-8 RI itu juga mengumumkan rencana pembangunan studio pusat di Jakarta untuk memproduksi materi pembelajaran digital yang dapat diakses seluruh sekolah secara serentak. Dia menambahkan akses gratis modul digital tersebut juga bisa dimanfaatkan siswa dan orang tua di rumah.

    “Kalau anak-anak atau orang tua di rumah punya gadget ingin menatar, ingin memberi les anaknya, dia bisa buka dan memberi pelajaran di rumah,” tandasnya.

  • Ini Dampak Positif Saat Banyak Mobil Listrik yang Ngaspal

    Ini Dampak Positif Saat Banyak Mobil Listrik yang Ngaspal

    Jakarta

    Pilihan kendaraan saat ini sangat beragam, nggak cuma mobil bensin pilihan mobil ramah lingkungan seperti listrik juga semakin menarik untuk dilirik dan dimiliki. Tapi apa sih dampak yang paling terasa saat banyak mobil listrik yang ngaspal di jalanan?

    Akademi ITB Yannes Martines Pasaribu dalam seminar detikcom Leader’s Forum, inisiasi detikOto dan detikFinance, mengatakan bahwa semakin banyak mobil listrik di jalanan akan semakin bagus untuk ketahanan negara dalam ketahanan energi.

    “Jadi kalau kita bicara ketahanan negara, karena sekarang ini jadi hal yang krusial untuk dunia yang terpolarisasi ini, ketahanan negara utama salah satunya adalah ketahanan energi, dan semakin cepat penyerapan kendaraan listrik, ketahanan energi kita akan makin mandiri, makin solid,” ucap Yannes.

    “Dan kita juga mengurangi impor energi dari luar negeri. Jadi salah satu kunci ketahanan energi nasional adalah segera bermigrasi ke EV,” Yannes menambahkan.

    Dalam kesempatan yang sama, Chief Executive Officer (CEO) Vinfast Indonesia, Kariyanto Hardjosoemarto meyakini bahwa di masa depan kendaraan listrik menjadi pilihan yang tepat untuk bermobilitas.

    Pabrik VinFast di Vietnam Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    “Kalau dari kami, VINFAST, kami percaya bahwa Electric Vehicle is the future. Ini adalah masa depan dan untuk berkembang membutuhkan ekosistem yang kuat, membutuhkan kolaborasi dari semua stakeholder,” yakin Kariyanto.

    “Dan secara bisnis, VINFAST akan terus tumbuh dan berkembang bersama dengan bangsa Indonesia. Karena kami percaya di VINFAST, moto kami atau visi kami adalah move people ahead, bring the nation forward,” tutup Kariyanto.

    (lth/rgr)

  • Tudingan LGBT di Kampus Ternama di Bandung Hebohkan Medsos, Netizen: Udah Gak Ketolong!

    Tudingan LGBT di Kampus Ternama di Bandung Hebohkan Medsos, Netizen: Udah Gak Ketolong!

    GELORA.CO – Sebuah posting atas tudingan LGBT di kampus ternama di Bandung hebohkan medsos, bahkan salah satu netizen menguliskan jika hal ini udah gak ketolong.

    Adapun postingan terkait maraknya LGBT atau lesbian, gay, biseksual, dan transgender yang menggantikan frasa komunitas gay ini di posting oleh Ayman Rafsanjani N dengan akun X@aymaannnzzzz.

    Dalam akun tersebut, Ayman menulikan di kolom profil jika dirinya merupakan salah satu mahasiswa Electrical Engineering ITB.

    Bahkan dalam salah satu postingannya Ayman juga sempat memposting kartu peserta pratikum beberapa mata kuliah yang dijalaninya di ITB.

    Pernyataan yang disampaikan oleh Ayman di akun X-nya saat menanggapi postingan dari ITBFess x Kawalu.id – kirim menfess di itbfess.wtf dengan akun @itbfess_x.

    Sedangkan akun @itbfess_x sendiri mengakui jika ITBFess adalah platform menfess yang dibuat khusus untuk mahasiswa ITB.

    Platform ini memungkinkan kamu mengirim pesan secara anonim ke Twitter melalui akun @itbfess_x.

    Adapun postingan dalam akun @itbfess_x yang menjadi heboh dan ditangapi oleh Ayman adalah postingan pada 11 November 2025.

    “itb! guys tau adab aja kalopun kalian penyimpangan, cowo sm cowo kalo mau pacaran jgn di lingkungan kampus dah ga enak bgt diliatnya, begitupun cewe sama cewe duh,” tulis akun tersebut.

    “Udah gak ketolong coo ITB ITB ini, lu pada liat rep menfess ini dan simpulkan sendiri,” tulis @aymaannnzzzz.

    Tak hanya akun @aymaannnzzzz, ratusan akun lainnya juga ikut menanggapi postingan tersbut dan menyayangkan perilaku LGBT di ITB yang merupakan salah satu kampus terbaik di Tanah Air.

    “Monmaap tapi ada benernya, aku udh 5 bulan kerja di salah satu rs bandung dan udh nemu 3 pasien dengan diagnosa B20 dan mereka semua anak ITB,” tulis akun @awholenyuwer.

     Selain akun @aymaannnzzzz, akun @jusmanggawiscar juga ikut mengomentari postingan @itbfess_x.

    “Eh tolong ya yg pacaran cewe sama cowo jg jangan nyaman banget keliatan pacaran di tempat publik. Gw terganggu litany,” tulis akun @jusmanggawiscar.

    “Sisi gelap itb, pinter2 tapi…. jadi keinget pernah main kesana dan bener kata sender ini, awalnya mau denial tp ternyata yasudahlah, masih agak shock gue soalnya liat hompimpa didepan umum,” akun @msxaulie ikut mengomentari.

    Sedangkan akun @nova723342 yang ikut mengomentari mengungkapkan jika hal tersebut tidak hanya terjadi di kampus ITB.

    “Cuma ITB doang? Semua kampus Indo juga rata2 begitu cok,” tulisnya.

    “Apalagi kalo di Bandung banyak orang2 luar yg masukin ajaran2 aneh bin sesat, ga usah ngeframing 1 kampus doang cem buzzer pemerintah aja,” tambahnya.

  • Jangan Tawarin Mobil Listrik ke Generasi Tua!

    Jangan Tawarin Mobil Listrik ke Generasi Tua!

    Jakarta

    Pengamat otomotif senior dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Yannes Pasaribu mengingatkan produsen-produsen otomotif di Indonesia tak menjual mobil listrik ke generasi tua. Sebab, menurutnya, mereka bukan target pasar kendaraan tersebut.

    Yannes menegaskan, captive market mobil listrik merupakan generasi-generasi muda seperti milenial atau Gen Z. Selain karena melek teknologi, mereka juga punya daya beli yang lebih baik.

    “Generasi Baby Boomer ke Gen X jangan pernah ditarget oleh APM untuk menjadi captive market mobil listrik. Captive-nya adalah the next generation dimulai dari Milenial karena dia platform untuk ekosistem masa depan,” ujar Yannes Pasaribu di detikcom Leaders Forum, Kamis (13/11).

    “Makanya marketing-nya harus diubah. Jangan tawarin mobil listrik ke orang sepuh, kasih ke yang lebih muda. Yang muda daya beli dan semangat juga masih bagus,” tambahnya.

    Yannes Pasaribu di detikcom Leaders Forum. Foto: Rifkianto Nugroho

    Berbeda dengan generasi tua, generasi muda lebih mementingkan teknologi dan kenyamanan saat berkendara. Bagi mereka, selagi kendaraan benar-benar dibutuhkan, harga jual kembali bukan menjadi soal.

    “Generasi muda ini nggak bicara lagi soal harga jual kembali (mobil), mereka bicara soal experience dan EV lah yang bisa menjawabnya,” tuturnya.

    Kini, pembeli mobil di Indonesia rata-rata didominasi konsumen dari kalangan milenial dan generasi Z. Menurut Yannes, konsumen dengan karakteristik tersebut menjadikan mobil sebagai ‘moving gadget’. Itulah mengapa, banyak yang akhirnya beralih ke mobil listrik.

    “Milenial dan Gen Z ini menjadi digital native dan electric vehicle mewakili needs dan wants mereka sebagai ‘moving gadget’. Kemudian kalau dihitung ada sekitar 90 juta generasi muda yang dalam 15 tahun ke depan yang akan memegang ekonomi Indonesia,” kata dia.

    (sfn/dry)

  • Anak Muda di Indonesia Tak Peduli Harga Jual Kembali Kendaraan, Ini Sebabnya

    Anak Muda di Indonesia Tak Peduli Harga Jual Kembali Kendaraan, Ini Sebabnya

    Jakarta

    Pakar otomotif senior dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Yannes Pasaribu mengklaim, anak muda di Indonesia sudah tak peduli harga jual kembali kendaraan. Sebab, kata dia, mereka lebih mengutamakan experience atau pengalaman berkendara.

    Berbeda dengan generasi tua, generasi muda lebih mementingkan teknologi dan kenyamanan saat berkendara. Bagi mereka, selagi benar-benar dibutuhkan, harga jual kembali bukan menjadi soal.

    “Generasi muda ini nggak bicara lagi soal harga jual kembali (mobil), mereka bicara soal experience dan EV lah yang bisa menjawabnya,” ujar Yannes Pasaribu di detikcom Leaders Forum yang digelar di Ampera, Jakarta Selatan, Kamis (13/11).

    detikcom Leaders Forum Foto: Rifkianto / detikcom

    Kini, pembeli mobil di Indonesia rata-rata didominasi konsumen dari kalangan milenial dan generasi Z. Menurut Yannes, konsumen dengan karakteristik tersebut menjadikan mobil sebagai ‘moving gadget’. Itulah mengapa, banyak yang akhirnya beralih ke mobil listrik.

    “Milenial dan Gen Z ini menjadi digital native dan electric vehicle mewakili needs dan wants mereka sebagai ‘moving gadget’. Kemudian kalau dihitung ada sekitar 90 juta generasi muda yang dalam 15 tahun ke depan yang akan memegang ekonomi Indonesia,” ungkapnya.

    Bicara soal mobil listrik, di tempat yang sama, VinFast menegaskan, pasar kendaraan nonemisi di Indonesia benar-benar menjanjikan. Sebab, penjualannya terus meningkat dari tahun ke tahun. Bahkan, mereka memprediksi, mobil listrik punya market share 14-15 persen tahun ini.

    “Kalau bicara di Indonesia pertumbuhan mobil listrik di Indonesia menjanjikan. Karena mobil listrik baru hadir di Indonesia pada 2020. Pada saat itu hanya 125 unit setahun, tapi berkembang terus tahun lalu itu market share-nya 4,9 persen,” kata Kariyanto Hardjosoemarto selaku Chief Executive Officer (CEO) Vinfast Indonesia.

    “Itu menunjukkan potensi mobil listrik sangat pesat. Kami prediksi tutup tahun bisa 14-15 persen. Kami yakin tahun depan penjualannya lebih tinggi lagi,” tambahnya.

    Kariyanto menegaskan, mobil listrik merupakan salah satu harapan di tengah penurunan pasar. Sebab, ketika penjualan Januari-Oktober 2025 secara umum turun 11 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu, permintaan mobil listrik justru meningkat 100 persen lebih.

    “Di Vietnam itu (mobil listrik) market share-nya 32,5 persen year to date September. Indonesia punya potensi besar karena acceptance sangat tinggi kedua secara total volume besar karena populasi besar dan dukungan pemerintah juga sangat baik ntah itu fiscal dan nonfiskal,” kata dia.

    (sfn/dry)

  • OPEXCON 2025 Anugerahi 46 Proyek Unggulan, Dorong Transformasi Operasi Berkelanjutan

    OPEXCON 2025 Anugerahi 46 Proyek Unggulan, Dorong Transformasi Operasi Berkelanjutan

    Jakarta: SHIFT Indonesia kembali menyelenggarakan Operational Excellence Conference and Award (OPEXCON) yang tahun ini mengangkat tema “Navigating the Future: Transforming Operations for Sustainable Excellence”.

    Bertempat di Pullman Hotel Central Park, Jakarta, acara bergengsi ini dihadiri oleh lebih dari 600 peserta dari berbagai sektor industri, menandai antusiasme tinggi terhadap transformasi operasional yang berkelanjutan.

    Sebagai konferensi dan ajang penghargaan terbesar di bidang operational excellence di Indonesia, OPEXCON 2025 mempertemukan para pelaku industri dari tiga sektor utama  yakni manufaktur, mining & energy, serta service. Tahun ini, tepat 140 proyek improvement dari 62 perusahaan dikompetisikan dan dievaluasi secara ketat oleh dewan juri independen berdasarkan dampaknya terhadap efisiensi, efektivitas, dan keberlanjutan bisnis.

    Sebanyak 46 proyek terbaik dianugerahi penghargaan, terdiri dari kategori Manufaktur: 7 Gold Achievement dan 16 Silver Achievement, kategori Mining & Energy: 4 Gold Achievement dan 10 Silver Achievement, dan kategori Service: 3 Gold Achievement dan 6 Silver Achievement

    Untuk memastikan penilaian yang objektif dan komprehensif, OPEXCON 2025 melibatkan Dewan Juri independen yang terdiri dari para pakar industri, akademisi, dan praktisi operational excellence senior. 
     

    Dewan Juri OPEXCON 2025 adalah Catur Basuki Rakhmawan, ST, M.SE, perwakilan dari Kementerian Perindustrian; Prof. Ir. Isti Surjandari, M.T., M.A., Ph.D, CQE, IPU, dari Universitas Indonesia, dan Sigit Iman Santoso, S.Si, CSSMBB – SSCX International;Dr. Ir. Siti Afiani Musyarofah, S.T.P, M.T, Kementerian Perindustrian; Dr. Ir. Sukoyo, M.T. dari Institut Teknologi Bandung; Budi Darmawan, S.Si, CSSMBB dari SSCX International; Moko Nugroho, ST, M.SE perwakilan dari Kementerian Perindustrian;  Prof. Dr. Ir. Dradjad Irianto, M.Eng. dari Institut Teknologi Bandung; dan Meilan Agustin, ST, MT dari SSCX International.

    “Kami menyaksikan bagaimana 62 perusahaan konsisten menjalankan transformasi operasional yang inovatif dan terarah sehingga mampu menjadi fondasi penting bagi keberlanjutan bisnis serta kemajuan industri di Indonesia. Melalui OPEXCON, kami ingin menjadi wadah agar lebih banyak organisasi dapat menavigasi masa depan dengan strategi operasional yang adaptif dan berkelanjutan,” ujar Direktur SHIFT Indonesia, Nicolaas Andrew Sujatno dalam keterangan tertulis, Sabtu, 15 November 2025.
    Deretan pemenang dari industri manufaktur hingga energi
    GOLD ACHIEVEMENT – MANUFAKTUR
    – PT Century Batteries Indonesia – Rizky Toyibah
    – PT Chandra Asri Pacific Tbk – Rifki Alfiansyah
    – PT Adhi Persada Beton – Putut Sugianto
    – PT Sanghiang Perkasa – Haris Baihaqi
    – PT Sanggar Sarana Baja – Hanifah Az Zahra
    – PT Aptiv Components Indonesia – Kecuk Rachmanto
    – Coca-Cola Europacific Partners Indonesia – Sujono Silalahi

    SILVER ACHIEVEMENT – MANUFAKTUR
    – PT Century Batteries Indonesia – Gofar Julio Saputra
    – PT Century Batteries Indonesia – Indri Afriyanti
    – Kimberly – Clark Softex – Adi Irawan
    – PT Isuzu Astra Motor Indonesia – Citra Ashilla Zahrantiara
    – PT Bukit Muria Jaya – Audi Pramudya
    – PT Indolakto – Bayu Rangga Gutama
    – PT Sarihusada Generasi Mahardhika – Bagus Panuntun Tejo
    – PT Sarihusada Generasi Mahardhika – Hafid Bunyan
    – Coca-Cola Europacific Partners Indonesia – Nabiillah Tiara Asril
    – PT Herlina Indah – Muhammad Allif Fiqih Nurman
    – PT Mowilex Indonesia – Kunto Aribawa
    – PT SMART Tbk – Dono Indarto
    – PT Dua Kelinci – Pratama Wisnu Rusdiansah
    – PT Ferron Par Pharmaceuticals – Herman Susilo
    – PT Bina Pertiwi – Hadi Putra Masrul
    – PT Godrej Consumer Products Indonesia – Wiaji Utomo

    GOLD ACHIEVEMENT – SERVICE
    – PT Bank Central Asia Tbk – Jane Stephanie
    – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk – Muhammad Adnan Al Husainy
    – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk – Irma Safitri

    SILVER ACHIEVEMENT – SERVICE
    – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk – Dhika Arya Ramenusa Bawotong
    – Kimberly – Clark Softex – Ori Rabowo
    – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk – Dandy Ananditya
    – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk – Abel Kristanto Widodo
    – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk – Tomi Gufron Novianto
    – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk – Naufal Abhi Novisro

    GOLD ACHIEVEMENT – MINING & ENERGY
    – PT Vale Indonesia Tbk – Ikra Setya Utama
    – PT Langgeng Muara Makmur – Adli Afif Nasution
    – PT PLN Indonesia Power UBP BANTEN 1 SURALAYA – Harditya Hansyah Putra
    – PT Bukit Asam Tbk – Romi Anton

    SILVER ACHIEVEMENT – MINING & ENERGY
    – PT PLN Indonesia Power UBP PRIOK – M Hasbi Asshidiqi
    – PT Bukit Asam Tbk – Abdi Tarami
    – PT Maruwai Coal – Mohammad Imam Wirdun
    – PT Maruwai Coal – Najmi Arsyi
    – PT Anugerah Sumber Makmur – Fazlur Rahman Lubis
    – PT Maruwai Coal – Bara Andre Fernanda
    – PT Bukit Asam Tbk – Mochammad Gilang Bachtera
    – PT Bukit Asam Tbk – Tri Arga Kurniawan
    – PT Kapal Api Global – Bentar Eka Pramuditya
    – PT Indo Ridlatama Power – Permadi Suryoatmojo

    Terselenggaranya OPEXCON 2025 didukung oleh SSCX International sebagai main partner, serta sejumlah perusahaan yang berperan sebagai gold sponsor. Tahun ini, dukungan diberikan oleh Coca-Cola Europacific Partners Indonesia, PT Mid Solusi Nusantara (Mekari), PT Inti Hidup Indonesia, KAP Yonathan dan Rekan, dan IdeaTax (PT Ide Solid Indonesia).

    Selain penghargaan, OPEXCON 2025 menghadirkan sesi Project Sharing dari empat tim pemenang terpilih yang mempresentasikan pengalaman nyata dan dampak implementasi proyek mereka di perusahaan, menjadi benchmark bagi para peserta.

    SHIFT Indonesia berharap OPEXCON terus menjadi ruang kolaboratif bagi pelaku industri untuk memperkuat budaya inovasi dan menghadirkan nilai tambah berkelanjutan bagi dunia usaha Indonesia.

    “Apresiasi yang setinggi-tingginya diberikan kepada penerima penghargaan OPEXCON dan IdSAs Tahun 2025. Semoga dapat menjadi pemicu bagi perusahaan untuk meningkatkan daya saingnya,” ujar Kepala BSKJI Kementerian Perindustrian, Emmy Suryandari.

    Dalam rangkaian acara tahun ini, SHIFT Indonesia bersama PT SSCX International menjalin kolaborasi strategis dengan Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI),  Kementerian Perindustrian.

    Kolaborasi ini mencakup penyelenggaraan Indonesia Industrial Services Awards (IdSAs) 2025, serta beragam kegiatan pengembangan mulai dari workshop, demo proyek, pameran, hingga konsultasi terbuka terkait praktik operational excellence.

    BSKJI menegaskan bahwa inisiatif bersama ini bertujuan membangun ekosistem jasa industri yang tangguh dan meningkatkan kontribusinya terhadap PDB nasional.

    Jakarta: SHIFT Indonesia kembali menyelenggarakan Operational Excellence Conference and Award (OPEXCON) yang tahun ini mengangkat tema “Navigating the Future: Transforming Operations for Sustainable Excellence”.
     
    Bertempat di Pullman Hotel Central Park, Jakarta, acara bergengsi ini dihadiri oleh lebih dari 600 peserta dari berbagai sektor industri, menandai antusiasme tinggi terhadap transformasi operasional yang berkelanjutan.
     
    Sebagai konferensi dan ajang penghargaan terbesar di bidang operational excellence di Indonesia, OPEXCON 2025 mempertemukan para pelaku industri dari tiga sektor utama  yakni manufaktur, mining & energy, serta service. Tahun ini, tepat 140 proyek improvement dari 62 perusahaan dikompetisikan dan dievaluasi secara ketat oleh dewan juri independen berdasarkan dampaknya terhadap efisiensi, efektivitas, dan keberlanjutan bisnis.

    Sebanyak 46 proyek terbaik dianugerahi penghargaan, terdiri dari kategori Manufaktur: 7 Gold Achievement dan 16 Silver Achievement, kategori Mining & Energy: 4 Gold Achievement dan 10 Silver Achievement, dan kategori Service: 3 Gold Achievement dan 6 Silver Achievement
     
    Untuk memastikan penilaian yang objektif dan komprehensif, OPEXCON 2025 melibatkan Dewan Juri independen yang terdiri dari para pakar industri, akademisi, dan praktisi operational excellence senior. 
     

    Dewan Juri OPEXCON 2025 adalah Catur Basuki Rakhmawan, ST, M.SE, perwakilan dari Kementerian Perindustrian; Prof. Ir. Isti Surjandari, M.T., M.A., Ph.D, CQE, IPU, dari Universitas Indonesia, dan Sigit Iman Santoso, S.Si, CSSMBB – SSCX International;Dr. Ir. Siti Afiani Musyarofah, S.T.P, M.T, Kementerian Perindustrian; Dr. Ir. Sukoyo, M.T. dari Institut Teknologi Bandung; Budi Darmawan, S.Si, CSSMBB dari SSCX International; Moko Nugroho, ST, M.SE perwakilan dari Kementerian Perindustrian;  Prof. Dr. Ir. Dradjad Irianto, M.Eng. dari Institut Teknologi Bandung; dan Meilan Agustin, ST, MT dari SSCX International.
     
    “Kami menyaksikan bagaimana 62 perusahaan konsisten menjalankan transformasi operasional yang inovatif dan terarah sehingga mampu menjadi fondasi penting bagi keberlanjutan bisnis serta kemajuan industri di Indonesia. Melalui OPEXCON, kami ingin menjadi wadah agar lebih banyak organisasi dapat menavigasi masa depan dengan strategi operasional yang adaptif dan berkelanjutan,” ujar Direktur SHIFT Indonesia, Nicolaas Andrew Sujatno dalam keterangan tertulis, Sabtu, 15 November 2025.
    Deretan pemenang dari industri manufaktur hingga energi
    GOLD ACHIEVEMENT – MANUFAKTUR
    – PT Century Batteries Indonesia – Rizky Toyibah
    – PT Chandra Asri Pacific Tbk – Rifki Alfiansyah
    – PT Adhi Persada Beton – Putut Sugianto
    – PT Sanghiang Perkasa – Haris Baihaqi
    – PT Sanggar Sarana Baja – Hanifah Az Zahra
    – PT Aptiv Components Indonesia – Kecuk Rachmanto
    – Coca-Cola Europacific Partners Indonesia – Sujono Silalahi
     
    SILVER ACHIEVEMENT – MANUFAKTUR
    – PT Century Batteries Indonesia – Gofar Julio Saputra
    – PT Century Batteries Indonesia – Indri Afriyanti
    – Kimberly – Clark Softex – Adi Irawan
    – PT Isuzu Astra Motor Indonesia – Citra Ashilla Zahrantiara
    – PT Bukit Muria Jaya – Audi Pramudya
    – PT Indolakto – Bayu Rangga Gutama
    – PT Sarihusada Generasi Mahardhika – Bagus Panuntun Tejo
    – PT Sarihusada Generasi Mahardhika – Hafid Bunyan
    – Coca-Cola Europacific Partners Indonesia – Nabiillah Tiara Asril
    – PT Herlina Indah – Muhammad Allif Fiqih Nurman
    – PT Mowilex Indonesia – Kunto Aribawa
    – PT SMART Tbk – Dono Indarto
    – PT Dua Kelinci – Pratama Wisnu Rusdiansah
    – PT Ferron Par Pharmaceuticals – Herman Susilo
    – PT Bina Pertiwi – Hadi Putra Masrul
    – PT Godrej Consumer Products Indonesia – Wiaji Utomo
     
    GOLD ACHIEVEMENT – SERVICE
    – PT Bank Central Asia Tbk – Jane Stephanie
    – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk – Muhammad Adnan Al Husainy
    – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk – Irma Safitri
     
    SILVER ACHIEVEMENT – SERVICE
    – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk – Dhika Arya Ramenusa Bawotong
    – Kimberly – Clark Softex – Ori Rabowo
    – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk – Dandy Ananditya
    – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk – Abel Kristanto Widodo
    – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk – Tomi Gufron Novianto
    – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk – Naufal Abhi Novisro
     
    GOLD ACHIEVEMENT – MINING & ENERGY
    – PT Vale Indonesia Tbk – Ikra Setya Utama
    – PT Langgeng Muara Makmur – Adli Afif Nasution
    – PT PLN Indonesia Power UBP BANTEN 1 SURALAYA – Harditya Hansyah Putra
    – PT Bukit Asam Tbk – Romi Anton
     
    SILVER ACHIEVEMENT – MINING & ENERGY
    – PT PLN Indonesia Power UBP PRIOK – M Hasbi Asshidiqi
    – PT Bukit Asam Tbk – Abdi Tarami
    – PT Maruwai Coal – Mohammad Imam Wirdun
    – PT Maruwai Coal – Najmi Arsyi
    – PT Anugerah Sumber Makmur – Fazlur Rahman Lubis
    – PT Maruwai Coal – Bara Andre Fernanda
    – PT Bukit Asam Tbk – Mochammad Gilang Bachtera
    – PT Bukit Asam Tbk – Tri Arga Kurniawan
    – PT Kapal Api Global – Bentar Eka Pramuditya
    – PT Indo Ridlatama Power – Permadi Suryoatmojo
     
    Terselenggaranya OPEXCON 2025 didukung oleh SSCX International sebagai main partner, serta sejumlah perusahaan yang berperan sebagai gold sponsor. Tahun ini, dukungan diberikan oleh Coca-Cola Europacific Partners Indonesia, PT Mid Solusi Nusantara (Mekari), PT Inti Hidup Indonesia, KAP Yonathan dan Rekan, dan IdeaTax (PT Ide Solid Indonesia).
     
    Selain penghargaan, OPEXCON 2025 menghadirkan sesi Project Sharing dari empat tim pemenang terpilih yang mempresentasikan pengalaman nyata dan dampak implementasi proyek mereka di perusahaan, menjadi benchmark bagi para peserta.
     
    SHIFT Indonesia berharap OPEXCON terus menjadi ruang kolaboratif bagi pelaku industri untuk memperkuat budaya inovasi dan menghadirkan nilai tambah berkelanjutan bagi dunia usaha Indonesia.
     
    “Apresiasi yang setinggi-tingginya diberikan kepada penerima penghargaan OPEXCON dan IdSAs Tahun 2025. Semoga dapat menjadi pemicu bagi perusahaan untuk meningkatkan daya saingnya,” ujar Kepala BSKJI Kementerian Perindustrian, Emmy Suryandari.
     
    Dalam rangkaian acara tahun ini, SHIFT Indonesia bersama PT SSCX International menjalin kolaborasi strategis dengan Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI),  Kementerian Perindustrian.
     
    Kolaborasi ini mencakup penyelenggaraan Indonesia Industrial Services Awards (IdSAs) 2025, serta beragam kegiatan pengembangan mulai dari workshop, demo proyek, pameran, hingga konsultasi terbuka terkait praktik operational excellence.
     
    BSKJI menegaskan bahwa inisiatif bersama ini bertujuan membangun ekosistem jasa industri yang tangguh dan meningkatkan kontribusinya terhadap PDB nasional.

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di

    Google News


    Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id

    (ANN)

  • Tantangan Berat Mobil China Main di Pasar Otomotif Indonesia

    Tantangan Berat Mobil China Main di Pasar Otomotif Indonesia

    Jakarta

    Mobil China punya tantangan berat di pasar otomotif Indonesia. Apa tantangan beratnya?

    Makin banyak mobil China yang dijual di Indonesia. Modelnya beragam, ada city car, SUV, hingga MPV di segmen yang juga berbeda. Kebanyakan menawarkan mobil listrik dengan keunggulan teknologi masing-masing. Masyarakat Indonesia pun terlihat menerima dengan tangan terbuka. Buktinya, catatan penjualan mobil China mulai bersaing dengan merek-merek Jepang.

    Kendati demikian, mobil China ini bukan tak punya tantangan berarti. Pengamat otomotif sekaligus akademi ITB Yannes Martines Pasaribu menyebut, pabrikan China di Indonesia justru masih punya tantangan berat yang masih harus dihadapi.

    “Sejauh ini, China masih menghadapi tantangan seperti persepsi kualitas dan keterbatasan jaringan purna jual masih menjadi hambatan utama mereka,” ungkap Yannes saat dihubungi detikOto baru-baru ini.

    Ya, kualitas mobil China memang sempat diragukan. Material yang digunakan juga jadi sorotan lantaran harga murahnya. Pun saat mau melakukan perawatan ataupun penggantian suku cadang, layanan purna jual yang masih minim bikin masyarakat pemilik mobil China jadi kesulitan. Hal ini yang bikin sebagian masyarakat masih ragu terhadap mobil China sekalipun kini teknologinya makin maju sekelas mobil Eropa.

    “Bagi konsumen Indonesia saat ini, layanan purna jual masih menjadi faktor kunci dalam keputusan membeli mobil, bahkan sering lebih menentukan daripada harga awal. Ini karena konsumen mempertimbangkan biaya perawatan jangka panjang, ketersediaan suku cadang, dan kemudahan akses ke bengkel resminya,” terang Yannes.

    Hal itulah yang masih menjadi kekuatan para produsen Jepang. Tak bisa dipungkiri, sudah puluhan tahun eksis para produsen Jepang punya layanan purna jual yang sangat luas. Konsumen yang memiliki mobil Jepang pun tak bingung untuk melakukan perawatan mobilnya. Sekalipun mengganti suku cadang, waktu tunggunya tak lama.

    “Mereka (produsen Jepang) dengan jaringan purna jual yang luas dan terpercaya yang telah dibangun selama puluhan tahun dan mencakup hampir seluruh wilayah Indonesia. Keunggulan ini memberi rasa aman bagi konsumen dan sulit ditandingi dalam waktu singkat oleh banyak merek baru, termasuk berbagai produk dari China,” ujar Yannes.

    Menurutnya, agar makin mudah diterima masyarakat dalam negeri, produsen China harus mempercepat ekspansi jaringan purna jual. Ini menjadi cara untuk meningkatkan kepercayaan konsumen di Tanah Air.

    “Bukan hanya mengandalkan harga murah sebagai daya tarik utamanya,” pungkas Yannes.

    (dry/din)

  • Mobil China di RI Boleh Lebih Murah, tapi Mobil Jepang Masih Kuat soal Ini

    Mobil China di RI Boleh Lebih Murah, tapi Mobil Jepang Masih Kuat soal Ini

    Jakarta

    Harga yang lebih terjangkau menjadi salah satu keunggulan mobil China di Indonesia. Kendati demikian, mobil China belum bisa menyaingi mobil Jepang dalam hal ini.

    Kalau menyebut mobil China, mungkin hal pertama yang terbersit di pikiran adalah harganya yang murah. Ya, kalau dibandingkan dengan mobil dari Jepang hingga Eropa, harga mobil China memang lebih terjangkau. Namun pabrikan China kebanyakan bermain di segmen mobil listrik sedangkan produsen Jepang, Korea Selatan, hingga Eropa, masih didominasi mobil bermesin konvensional.

    Harga terjangkau itu nyatanya bikin popularitas mobil China di Indonesia makin menanjak. Pengamat otomotif sekaligus akademisi ITB Yannes Martines Pasaribu bahkan mengungkap pangsa pasar mobil listrik China mencapai 12-15 persen pada tahun ini.

    “Sebuah capaian signifikan untuk pemain baru,” ujar Yannes saat dihubungi detikOto, Selasa (12/11/2025).

    Kendati demikian, kata Yannes, hal itu belum cukup untuk merebut pangsa pasar mobil Jepang secara keseluruhan. Soalnya, ada beberapa hal yang belum bisa dipenuhi oleh para produsen mobil China. Misalnya seperti layanan purnajual dan juga ketersediaan suku cadang yang lengkap.

    “Mereka (produsen Jepang) sudah memiliki keunggulan struktural yang belum dimiliki oleh para pendatang baru dari China tersebut ya, seperti loyalitas merek tinggi dari kelompok lama loyalis brand Jepang, jaringan purnajual serta ketersediaan parts yang sudah sangat luas di pasar Indonesia,” lanjut Yannes.

    Urusan layanan purnajual, para produsen Jepang memang jauh lebih unggul. Bengkel resminya sudah tersebar di banyak wilayah Indonesia. Hal ini tentu memudahkan bagi pemilik mobil untuk melakukan perawatan.

    Pun untuk ketersediaan suku cadang juga lebih mudah didapat lantaran produksi sudah dilakukan di dalam negeri. Sementara mobil China sebagai pendatang baru masih dalam tahap pengembangan layanan purnajual di sejumlah daerah. Selain membangun jaringan dealer yang luas, beberapa di antara produsen China itu juga mendirikan pabrik di dalam negeri.

    “China masih menghadapi tantangan seperti persepsi kualitas dan keterbatasan jaringan purnajual masih menjadi hambatan utama mereka,” tutur Yannes.

    (dry/rgr)

  • Perang Harga Mobil China di Indonesia: Merek Lain Dibikin Ketar-ketir

    Perang Harga Mobil China di Indonesia: Merek Lain Dibikin Ketar-ketir

    Jakarta

    Strategi perang harga yang diterapkan produsen mobil China di Indonesia cukup berhasil bikin rival jadi kelimpungan. Mau tak mau rival jadi ikutan menyesuaikan harga produknya.

    Produsen mobil China kian ramai menjejali pasar otomotif Indonesia dengan mobil-mobilnya. Kebanyakan menjual mobil listrik. Lebih menariknya lagi harga jualnya bersaing dengan mobil bensin diiringi dengan fitur lebih canggih. Contohnya bisa dilihat saat BYD meluncurkan Atto 1 yang banderolnya setara dengan mobil-mobil di segmen Low Cost Green Car (LCGC) sekelas Brio Satya, Ayla, dkk.

    Belum habis sampai di situ, terbaru ada Jaecoo yang mengumumkan harga SUV listrik J5 di bawah Rp 300 juta meski hanya untuk konsumen tertentu. Harga Jaecoo J5 itu cukup membuat publik terkejut. Strategi perang harga yang diterapkan produsen China itu pun tampaknya cukup efektif. Selain bisa menjegal para pemain lama, perang harga ini juga disebut membuka segmentasi pasar baru.

    “China yang menyamakan harga EV dengan ICE LCGC terbukti berhasil menarik perhatian segmen middle income class pengguna ICE dan terlihat mulai memaksa semua kompetitor yang ada untuk menyesuaikan strategi harga mereka dengan benchmark baru yang dibuat,” terang pengamat otomotif sekaligus akademisi dari ITB Yannes Martinus Pasaribu kepada detikOto, Rabu (12/11/2025).

    Menurut Yannes, hal itu terlihat dari pangsa pasar mobil listrik China yang meningkat cukup signifikan mencapai 12-15 persen pada tahun ini. Meski begitu kata Yannes, hal tersebut belum cukup untuk menjegal laju para produsen mobil Jepang di Tanah Air.

    “Mereka (produsen Jepang) sudah memiliki keunggulan struktural yang belum dimiliki oleh para pendatang baru dari China tersebut ya, seperti loyalitas merek tinggi dari kelompok lama loyalis brand Jepang, jaringan purna jual serta ketersediaan parts yang sudah sangat luas di pasar Indonesia,” ungkap Yannes lagi.

    Urusan jualan, merek Jepang memang masih belum bisa tergusur. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, Toyota, Daihatsu, Honda, Mitsubishi, hingga Suzuki masih unggul dalam penjualan pada periode Januari-Oktober 2025.

    Meski begitu, para produsen Jepang itu sudah sepatutnya waspada lantaran produsen China seperti BYD dan juga Chery mulai merangkak ke posisi atas daftar mobil terlaris. Wuling juga tak bisa dikesampingkan lantaran kerap menghuni daftar terlaris tersebut.

    (dry/din)