Hewan: buaya

  • Atasi Macet Horor TB Simatupang, Pramono Targetkan Proyek Galian Rampung Oktober – Page 3

    Atasi Macet Horor TB Simatupang, Pramono Targetkan Proyek Galian Rampung Oktober – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Pramono Anung menargetkan seluruh pekerjaan galian di kawasan TB Simatupang, Jakarta Selatan selesai paling lambat akhir Oktober 2025. Instruksi ini disampaikan untuk mempercepat penanganan macet horor yang selama ini kerap terjadi di jalur tersebut.

    “Semua saya minta paling lama akhir Oktober sudah selesai. Kalau sudah tuntas, maka persoalan kemacetan yang betul-betul terjadi di Simatupang bisa diselesaikan,” kata Pramono usai meresmikan Gereja Katolik Paroki Kalvari, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Minggu (14/9/2025).

    Pramono juga menyebut, penyelesaian galian di kawasan TB Simatupang sangat krusial, mengingat wilayah itu merupakan salah satu jalur vital yang menghubungkan berbagai kawasan bisnis di Jakarta Selatan.

    Dirinya juga menegaskan, pihaknya sudah menggelar rapat koordinasi dengan sejumlah instansi terkait, mulai dari Perusahaan Air Minum (PAM) Jaya hingga Dinas Sumber Daya Air (SDA).

    “Saya sudah merapatkan dengan PAM Jaya, Paljaya, Dinas Sumber Daya Air, dan Bina Marga,” ungkapnya.

    Dia memastikan koordinasi antarinstansi juga berjalan efektif sehingga target penyelesaian sesuai jadwal. Dengan begitu, Pramono optimistis beban kemacetan di TB Simatupang dapat dikurangi secara signifikan pada akhir tahun ini.

    Selain itu, Pramono menyampaikan, pihaknya juga telah memperoleh izin dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk melakukan pengalihan arus lalu lintas, termasuk pengaturan di dalam ruas jalan tol di kawasan TB Simatupang.

    “Prinsipnya, izin sudah keluar untuk pengaturan lalu lintas di dalam dan di luar jalan tol,” ujarnya.

  • HUT ke-17 KAI Commuter: Beli Tiket Kereta Bandara Mulai Rp18.000 Mulai Besok (15/9)

    HUT ke-17 KAI Commuter: Beli Tiket Kereta Bandara Mulai Rp18.000 Mulai Besok (15/9)

    Bisnis.com, JAKARTA — Menyambut HUT ke-17, KAI Commuter kembali menghadirkan promo diskon tiket kereta bandara atau Commuter Line Basoetta. Melalui diskon ini, masyarakat dapat membeli tiket kereta bandara dengan harga mulai dari Rp18.000/perjalanan. 

    VP Corporate Secretary KAI Commuter Joni Martinus menyampaikan bahwa promo ini berupa potongan sebesar Rp17.000 dari harga normal dan berlaku mulai Senin, 15–30 September 2025.

    Diskon ini dihadirkan sebagai bentuk apresiasi kepada para pengguna dalam rangka perayaan HUT KAI Commuter tahun ini yang jatuh pada tanggal 15 September. Promo diskon ini diberikan kepada seluruh pengguna Commuter Line Basoetta pada pemberangkatan periode tersebut.

    “Promo diskon yang diberikan mengikuti angka HUT KAI Commuter tahun ini,” terang Joni dalam keterangan resmi, dikutip Minggu (14/9/2025). 

    Pengguna yang ingin mendapatkan tiket promo Commuter Line Basoetta dapat membelinya melalui aplikasi pemesanan tiket mulai H-7 sebelum jadwal keberangkatan, atau langsung melalui vending machine yang tersedia.

    “Tiket promo ini tidak dapat dibatalkan, diubah jadwalnya, maupun digabung dengan diskon lainnya,” tambah Joni.

    Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, KAI Commuter mengimbau pengguna yang hendak bepergian ke Bandara Soekarno-Hatta agar sudah tiba di stasiun tujuan minimal 2 jam sebelum jadwal penerbangan, atau minimal 3 jam untuk penerbangan internasional.

    Selain efisien dengan waktu tempuh sekitar 39 menit dari pusat kota ke bandara, Commuter Line Basoetta juga dapat membantu mengurangi kemacetan di jalan raya. 

    Saat ini, KAI Commuter mengoperasikan Commuter Line Basoetta sebanyak 70 perjalanan setiap harinya. Sementara itu, volume pengguna Commuter Line Basoetta pada Agustus 2025 tercatat sebanyak 221.475 orang, dengan total kumulatif dari Januari hingga Agustus mencapai 1.479.761 orang. 

    Sementara mengutip data Badan Pusat Statistik (BPS), moda kereta bandara menjadi salah satu pilihan masyarakat untuk beraktivitias. Di mana sepanjang Januari hingga Juli 2025, jumlah penumpang kereta bandara meningkat sebesar 18,02% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. 

    Secara bulanan, jumlah penumpang meningkat dari 773.300 orang pada Juni 2025 menjadi 821.700 pada Juli 2025 atau tumbuh 6,26%. 

    Berikut daftar harga tiket promo diskon Commuter Line Basoetta pada periode 15-30 September 2025:

    1. Relasi Stasiun Basoetta – Stasiun BNI City/Manggarai atau sebaliknya, dari harga Rp70.000 menjadi harga Rp53.000.

    2. Relasi Stasiun Basoetta – Stasiun Duri atau sebaliknya, dari harga Rp60.000 menjadi harga Rp43.000.

    3. Relasi Stasiun Basoetta – Stasiun Batu Ceper/Rawa Buaya atau sebaliknya, dari harga Rp35.000 menjadi harga Rp18.000.

  • Pramono Resmikan Gereja Katolik Kalvari: Saya akan Jadi Gubernur untuk Semua Umat Beragama – Page 3

    Pramono Resmikan Gereja Katolik Kalvari: Saya akan Jadi Gubernur untuk Semua Umat Beragama – Page 3

    Lebih lanjut, dia juga meminta Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) bersama pemerintah setempat menjaga toleransi di Lubang Buaya.

    Pasalnya, kawasan tersebut dianggap bisa menjadi contoh kerukunan karena juga berdiri berbagai rumah ibadah, mulai dari gereja Katolik, gereja Kristen, masjid, musala, pondok pesantren, hingga sekolah Katolik.

    “Tolong ini dijaga betul karena daerah Lubang Buaya ini adalah daerah yang sekarang ini bisa menjadi prototype, contoh, bagaimana toleransi itu dibangun,” ucap dia.

    Pramono berujar, keberagaman rumah ibadah di satu wilayah mencerminkan kebhinekaan Jakarta yang harus terus dipelihara. Dia berharap umat lintas agama dapat berperan aktif dalam menjaga keharmonisan sosial di tengah masyarakat.

  • Siapa Sangka! Ada Buaya Jadi Vegetarian

    Siapa Sangka! Ada Buaya Jadi Vegetarian

    Jakarta

    Buaya bisa dibilang merupakan karnivora terbaik, dipersenjatai dengan rahang penuh gigi besar yang sangat cocok untuk mencabik daging, belum lagi perutnya yang sangat asam yang dapat menghancurkan tulang hewan. Namun, beberapa di antara mereka ada yang berevolusi menjadi vegetarian.

    Dalam beberapa tahun terakhir, para ilmuwan telah menemukan sisa-sisa beberapa crocodyliform purba, kelompok spesies yang mencakup semua kerabat buaya dan aligator yang masih hidup dan punah, yang tampaknya hidup dengan pola makan herbivora.

    Teori ini sebagian besar didasarkan pada fosil gigi. Pada 2019, para peneliti di Utah University dan Utah Natural History Museum mempelajari 146 gigi dari 16 spesies crocodyliform yang telah punah dalam upaya merekonstruksi pola makan mereka.

    “Karnivora memiliki gigi yang sederhana, sedangkan herbivora memiliki gigi yang jauh lebih kompleks. Omnivora, organisme yang memakan tumbuhan dan hewan, berada di antara keduanya,” ujar Keegan Melstrom, seorang paleontolog dan penulis utama studi tersebut, dikutip dari IFL Science, Minggu (13/9/2025).

    “Sebagian dari penelitian saya sebelumnya menunjukkan bahwa pola ini berlaku pada reptil hidup yang bergigi, seperti buaya dan kadal. Jadi, hasil ini memberi tahu kami bahwa pola dasar antara pola makan dan gigi ditemukan pada mamalia dan reptil, meskipun bentuk giginya sangat berbeda, dan berlaku untuk reptil yang telah punah,” tambahnya.

    Temuan ini menunjukkan bahwa beberapa spesies buaya yang telah punah memiliki gigi yang kompleks, yang menunjukkan bahwa mereka kemungkinan besar adalah herbivora.

    Buaya pemakan tumbuhan ini muncul di awal sejarah evolusi kelompok tersebut, tepat setelah kepunahan massal akhir Periode Trias, sekitar 201 juta tahun yang lalu. Mereka bertahan hingga 66 juta tahun yang lalu selama kepunahan massal akhir Zaman Kapur, dampak asteroid yang terkenal membunuh semua dinosaurus non-unggas.

    Sepanjang periode ini, pola makan tumbuhan mungkin telah berkembang secara independen minimal tiga kali, tetapi mungkin hingga enam kali.

    “Penelitian kami menunjukkan bahwa crocodyliform yang telah punah memiliki pola makan yang sangat bervariasi,” kata Melstrom.

    “Beberapa mirip dengan crocodylian yang masih hidup dan utamanya karnivora, yang lain omnivora, dan yang lainnya kemungkinan besar berspesialisasi dalam tumbuhan. Herbivora hidup di berbagai benua pada waktu yang berbeda, beberapa berdampingan dengan mamalia dan kerabat mamalia, dan yang lainnya tidak,” jelasnya.

    Kelompok hewan yang secara radikal ‘mengubah’ pola makan mereka seiring waktu evolusi bukanlah hal yang sangat aneh. Hingga 99% makanan panda raksasa saat ini terdiri dari bambu, tetapi ini merupakan perkembangan yang relatif baru dalam sejarah evolusi mereka.

    Studi menunjukkan bahwa nenek moyang panda purba memakan daging setidaknya 2 juta tahun yang lalu. Faktanya, ini sangat baru sehingga panda modern masih memiliki sistem pencernaan karnivora dan terkadang dapat memakan daging.

    (rns/fay)

  • Naik Kereta Bandara Diskon Rp 17.000!

    Naik Kereta Bandara Diskon Rp 17.000!

    Jakarta

    KAI Commuter kembali meluncurkan promo diskon tiket kereta bandara Commuter Line Bandara Soekarno-Hatta. Penumpang bisa mendapatkan potongan harga senilai Rp 17 ribu untuk layanan kereta Bandara Soetta dari 15-30 September 2025 mendatang.

    VP Corporate Secretary KAI Commuter, Joni Martinus, menyampaikan promo diskon ini dihadirkan sebagai bentuk apresiasi kepada para pengguna dalam rangka perayaan HUT KAI Commuter ke-17 tahun ini.

    “Promo diskon yang diberikan mengikuti angka HUT KAI Commuter tahun ini,” terang Joni dalam keterangan tertulis, Sabtu (13/9/2025).

    Berikut daftar harga tiket diskon Commuter Line Basoetta pada periode 15-30 September:

    1. Relasi Stasiun Basoetta – Stasiun BNI City/Manggarai atau sebaliknya, dari Rp 70 ribu menjadi Rp 53 ribu.

    2. Relasi Stasiun Basoetta – Stasiun Duri atau sebaliknya, dari Rp 60 ribu menjadi Rp 43 ribu.

    3. Relasi Stasiun Basoetta – Stasiun Batu Ceper/Rawa Buaya atau sebaliknya, dari Rp 35 ribu menjadi Rp 18 ribu.

    Saat ini, KAI Commuter mengoperasikan Commuter Line Basoetta sebanyak 70 perjalanan setiap harinya. Sementara itu, volume pengguna Commuter Line Basoetta pada Agustus 2025 tercatat sebanyak 221.475 orang, dengan total kumulatif dari Januari hingga Agustus mencapai 1.479.761 orang.

    Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, KAI Commuter mengimbau pengguna yang hendak bepergian ke Bandara Soekarno-Hatta agar sudah tiba di stasiun tujuan minimal 2 jam sebelum jadwal penerbangan, atau minimal 3 jam untuk penerbangan internasional.

    Selain efisien dengan waktu tempuh sekitar 39 menit dari pusat kota ke bandara, Commuter Line Basoetta juga dapat membantu mengurangi kemacetan di jalan raya. “Bagi masyarakat yang ingin bepergian dengan Commuter Line Basoetta, bisa segera beli tiketnya agar tidak kehabisan promonya,” tutup Joni.

    (hal/hns)

  • Jarang Dikunjungi, Surga Tersembunyi yang Dijuluki Hidden Gem Terbaik di Dunia

    Jarang Dikunjungi, Surga Tersembunyi yang Dijuluki Hidden Gem Terbaik di Dunia

    JAKARTA – Fenomena overtourism menjadi isu serius di banyak destinasi wisata populer dunia. Kota-kota besar dan pantai terkenal kini sering kali terlalu padat, membuat harga sewa melonjak, lingkungan tertekan, hingga pengalaman liburan terasa kurang menyenangkan.

    “Ketika sebuah tempat dipenuhi orang, bukan hanya kualitas hidup warga lokal yang terganggu. Pengalaman perjalanan Anda juga ikut menurun,” tulis Grace Beard, Travel Editor Time Out.

    Namun, ada kabar baik. Kini semakin banyak pelancong yang mencari alternatif, dari destinasi yang lebih sepi hingga tren destination dupes, yakni mengganti destinasi populer dengan tempat lain yang tak kalah indah, lebih murah, dan jarang dikunjungi.

    Inilah yang kemudian melahirkan istilah hidden gem, destinasi tersembunyi yang menawarkan pengalaman istimewa tanpa hiruk-pikuk keramaian.

    Lokasi wisata paling hidden gem di dunia adalah Semenanjung Osa di Kosta Rika, Amerika Tengah. Mereka yang rela menempuh perjalanan panjang dengan pesawat kecil, mobil, dan perahu melalui rawa hutan akan menemukan surga tersembunyi ini.

    “Lebih dari dua persen keanekaragaman hayati planet ini ada di sudut liar dan terpencil di Kosta Rika ini,” kata Beard.

    Dikutip dari laman Time Out, pengunjung bisa menyaksikan paus bungkuk melompat di Golfo Dulce, kukang bergelantungan di pepohonan Corcovado National Park, buaya yang bersembunyi di lumpur hutan bakau, hingga burung ara merah dan toucan berleher kuning yang beterbangan bebas.

    Tidak heran jika tempat ini disebut sebagai salah satu petualangan ekowisata terbaik di dunia.

    Tips Berkunjung

    Bagi yang ingin menjelajahi Osa, perlu dicatat bahwa kunjungan ke Corcovado National Park harus diatur terlebih dahulu. Cara terbaik adalah memesan tur dengan pemandu berlisensi.

    “Saya menginap di sebuah jungle bungalow di Corcovado Wilderness Lodge yang luar biasa indah. Dari sana, pemandu membawa kami menelusuri jalur darat dan pesisir, bahkan berhasil menunjukkan tapir, berbagai burung langka, hingga kukang yang sulit ditemukan.” kata seorang wisatawan yang berbagi pengalamannya.

    Mengapa Disebut Hidden Gem?

    Tidak hanya keindahan alamnya yang murni, tetapi juga karena akses yang menantang membuat tempat ini terjaga dari keramaian. Justru inilah yang menjadikan Semenanjung Osa sebagai lokasi wisata paling hidden gem di dunia, sebuah destinasi yang masih alami, kaya satwa liar, dan memberi pengalaman tak terlupakan bagi siapa pun yang datang.

  • Kuda Nil Ganas Seruduk Kapal, 11 Penumpang Hilang

    Kuda Nil Ganas Seruduk Kapal, 11 Penumpang Hilang

    Pantai Gading

    Seekor kuda nil liar menenggelamkan sebuah perahu yang penuh penumpang di Pantai Gading. Insiden ini menyebabkan 11 orang-termasuk anak-anak dan seorang bayi-hilang.

    Menurut pernyataan Myss Belmonde Dogo, Menteri Kohesi dan Solidaritas negara Afrika Barat tersebut, perahu yang membawa 14 penumpang itu sedang berlayar di sepanjang Sungai Sassandra di kota Buyo di barat daya pada Jumat (5/9) pagi ketika ditenggelamkan oleh kuda nil tersebut.

    “Dengan duka yang mendalam, kami mengetahui bahwa 11 orang, termasuk perempuan, anak perempuan, dan seorang bayi, hilang setelah sebuah perahu terbalik akibat ditabrak kuda nil,” tulis Dogo.

    Operasi pencarian dan penyelamatan masih berlangsung untuk mencari korban hilang. “Berduka atas tragedi yang meresahkan kita semua ini, Pemerintah Pantai Gading turut berduka cita sedalam-dalamnya atas duka yang dirasakan orang tua dan kerabat korban serta menyampaikan solidaritas kepada para penyintas,” lanjut Dogo.

    Sekitar 500 kuda nil hidup di Pantai Gading, sebagian besar menghuni sungai-sungai di selatan. Mamalia besar ini merupakan penyebab terumum serangan hewan yang mengakibatkan kematian atau cedera di negara tersebut, menurut studi tahun 2022 oleh peneliti Pantai Gading.

    Ada perkiraan berbeda untuk jumlah orang yang terbunuh tiap tahun oleh hewan ini, dilaporkan sekitar 500. Kuda nil adalah mamalia darat terbesar kedua setelah gajah dan beratnya dapat mencapai 3.200 kg. Panjangnya bisa mencapai 3,6 meter dan tingginya sekitar 1,5 meter. Pada Mei 2023, seorang anak meninggal dan lebih dari 20 penduduk desa hilang setelah seekor kuda nil menenggelamkan sebuah perahu di Malawi.

    Mulutnya sangat besar dan dapat membuka rahang mereka yang kuat hingga 150 derajat. Gigi mereka mungkin merupakan hal yang paling menakutkan. Gerahamnya digunakan untuk memakan tumbuhan, tapi gigi taring mereka yang tajam, yang mungkin mencapai 51 sentimeter, digunakan untuk pertahanan dan pertarungan.

    Dikutip detikINET dari CNN, gigitan mereka hampir tiga kali lebih kuat daripada singa. Yang mengerikan, satu gigitan kuda nil mungkin dapat membelah tubuh manusia menjadi dua.

    Mereka ditemukan secara alami di berbagai bagian Afrika sub Sahara, terutama di Afrika Timur dan Selatan, hidup di dalam atau di dekat sungai dan sumber air lain. Kuda nil sangat teritorial dan mungkin secara agresif menyerang hewan apa pun yang melanggar batas wilayah mereka, termasuk hyena, singa, dan buaya. Mereka juga membunuh manusia.

    (fyk/fyk)

  • Ilmuwan Ungkap Buaya ‘Berselancar’ untuk Bermigrasi Ribuan Kilometer

    Ilmuwan Ungkap Buaya ‘Berselancar’ untuk Bermigrasi Ribuan Kilometer

    Jakarta

    Buaya mengembangkan metode brilian untuk mengatasi kemampuan berenang mereka yang buruk. Mereka belajar cara berselancar untuk bisa bermigrasi hingga ribuan kilometer.

    Buaya air asin adalah reptil hidup terbesar di dunia. Beberapa di antaranya memiliki berat hingga 1.000 kg dan panjang hampir 6 meter. Crocodylus porosus sebagian besar ditemukan di pesisir Australia utara, Indonesia, dan kepulauan Nugini.

    Mereka menyebar ke Filipina, Palau, Vanuatu, Kepulauan Solomon, dan bahkan sebagian China Selatan. Jarak menuju wilayah-wilayah tersebut sangat jauh untuk ditempuh melalui laut bagi hewan yang bukan perenang andal.

    Setelah lebih dari setahun mempelajari 27 buaya dewasa menggunakan teknologi underwater receiver dan mengumpulkan 1,2 juta titik data, beberapa penemuan menarik terungkap tentang perilaku jelajah mereka.

    Sebuah studi yang pertama kali dilakukan pada 2010, yang diterbitkan dalam Journal of Animal Ecology,dan tersimpan dalam basis data British Ecological Society,menemukan bahwa rahasia perjalanan laut mereka berpusat pada arus pasang surut.

    Buaya Menunggangi Arus Pasang Surut

    Untuk memahami bagaimana hewan yang relatif tidak banyak bergerak ini dapat menempuh jarak yang begitu jauh, underwater receiver mulai mengungkapkan beberapa perilaku yang memberikan pencerahan. Buaya tahu cara mengikuti dan menunggangi arus pasang surut.

    “Selama perjalanan jarak jauh, buaya akan menghentikan perjalanan mereka setelah air pasang berbalik dan arah arus berlawanan dengan arah pergerakan buaya,” ungkap Dr. Campbell, salah satu penulis studi tersebut, dikutip dari EurkAlert!.

    Seekor hewan yang ditandai memulai perjalanan lautnya dengan waktu yang ditentukan secara khusus berdasarkan arus musiman. Pemancar mengungkapkan bahwa ketika arus melambat selama beberapa hari, buaya bergerak ke pantai dan menunggu. Mereka memulai kembali perjalanannya hanya setelah kecepatan arus meningkat ke arah perjalanan buaya.

    Reptil peselancar laut ini akan menempuh jarak yang sangat jauh dari muara sungai hingga ke laut lepas. Perjalanan bisa mencapai sejauh 49 kilometer.

    “Karena buaya-buaya ini tidak pandai berenang, kecil kemungkinan mereka berenang melintasi hamparan lautan yang luas. Namun, mereka dapat bertahan hidup dalam waktu lama di air asin tanpa makan atau minum, sehingga dengan hanya bepergian ketika arus permukaan mendukung, mereka akan mampu bergerak jarak jauh melalui laut,” kata Dr. Campbell.

    “Hal ini tidak hanya membantu menjelaskan bagaimana buaya muara bergerak di antara pulau-pulau samudra, tetapi juga berkontribusi pada teori bahwa buaya telah melintasi penghalang laut utama selama masa evolusi mereka,” jelasnya.

    Fakta Menarik Buaya

    Buaya pada dasarnya telah ada tanpa perubahan selama jutaan tahun dengan garis keturunan yang berasal dari dinosaurus. Mereka bisa disebut fosil hidup. Reputasinya yang hobi memburu kerbau air besar, melompat ke atas untuk menangkap burung yang sedang terbang, dan bahkan memburu hiu, membuat mereka dikenal sebagai pemburu yang ganas.

    Hidup lebih dari 70 tahun dan berenang ratusan kilometer, mereka secara unik mampu bertahan hidup dalam petualangan mereka di laut. Kelenjar khusus yang terletak di dekat lidah mereka inilah yang memungkinkan buaya mengeluarkan kelebihan garam dan bertahan hidup di lautan, sementara reptil lain tidak bisa.

    Menurut Crocodile Specialist Group (CSG), organisasi konservasi buaya, menyebutkan spesies ini sangat berbahaya dan menyerang manusia 20-30 kali setahun. Sayangnya, manusia termasuk dalam kategori ‘mangsa berukuran besar’. Dengan tubuh mereka yang besar, buaya cukup nyaman melahap berbagai macam mangsa.

    CSG memberikan beberapa tips keselamatan, antara lain jangan pernah berenang, menyelam, atau memasuki air dengan alasan apa pun di area yang diketahui terdapat buaya.

    Status Konservasi

    MarineBio Conservation Society, yang didirikan pada 1998, berharap dapat mengedukasi dunia tentang kehidupan laut, biologi laut, dan konservasi laut.

    Meskipun belum dianggap sebagai spesies yang terancam punah, populasi Crocodylus porosus telah menurun secara signifikan di banyak negara karena tingginya permintaan akan kulit mereka. Sedihnya, ada peternakan yang secara khusus didirikan untuk membesarkan buaya hanya untuk diambil kulitnya.

    (rns/rns)

  • Kapal Pemancing Tenggelam di Sungai Sempayau Kaltim, 3 Orang Ditemukan Tewas 2 Masih Hilang

    Kapal Pemancing Tenggelam di Sungai Sempayau Kaltim, 3 Orang Ditemukan Tewas 2 Masih Hilang

     

    Liputan6.com, Kutai Timur – Kapal pemancing berisi tujuh orang penumpang tenggelam di Sungai Sempayau, Desa Sempayau, Kecamatan Sangkulirang, Kabupaten Kutai Timur, Kaltim. Dari jumlah tersebut, tiga orang ditemukan tewas, dua masih hilang, dan dua orang lainnya selamat. 

    Hingga Kamis (4/9/2025) sore, proses pencarian tim SAR gabungan baru menemukan tiga korban kapal tenggelam dalam kondisi tidak bernyawa.

    Kepala Tim Rescue Pos SAR Sangatta, Iwan Agus, mengungkapkan kapal yang ditumpangi tujuh orang itu karam pada Rabu (3/9/2025) sekitar pukul 18.30 Wita. Diduga kuat kapal tenggelam akibat kebocoran yang terjadi di badan kapal.

    “Pada hari pertama pencarian, tim menemukan tiga korban, yaitu Dernier Dwi Putra (40), Setiawan Palimar (35), dan Ivan Fernanda (24). Sayangnya, ketiganya ditemukan dalam keadaan meninggal dunia,” ujar Iwan Agus.

    Jenazah para korban kemudian dievakuasi ke RS Pratama Sangkulirang untuk penanganan lebih lanjut.

    Sementara itu, dua orang lainnya yang masih hilang, yakni Asad Nawawi (24) dan Benekdiktus Rino Renwaren (28), hingga kini masih dalam pencarian.

    Menurut Iwan, proses pencarian korban kapal pemancing tenggelam itu tidak berjalan mudah karena arus sungai yang deras selain juga ditemukan buaya di sekitar lokasi, membuat tim harus ekstra waspada dalam proses pencarian.

    “Situasi di lapangan cukup berisiko, sehingga penyisiran dilakukan dengan hati-hati,” tambahnya.

    Operasi SAR dihentikan sementara pada Kamis pukul 18.00 Wita dan dijadwalkan dilanjutkan pada Jumat (5/9/2025) pagi pukul 07.00 Wita. Hingga saat ini, tim masih berfokus untuk menemukan dua korban yang belum berhasil dievakuasi.

  • Kecam Rencana Akui Negara Palestina, Netanyahu Sebut PM Belgia ‘Lemah’

    Kecam Rencana Akui Negara Palestina, Netanyahu Sebut PM Belgia ‘Lemah’

    Tel Aviv

    Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu mengecam keputusan Belgia untuk mengakui negara Palestina bersama negara-negara Barat lainnya di hadapan Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Netanyahu menyebut PM Belgia Bart de Wever sebagai “pemimpin lemah”.

    “Perdana Menteri Belgia de Wever adalah seorang pemimpin lemah yang berusaha memenuhi tuntutan terorisme Islam dengan mengorbankan Israel. Dia ingin memberi makan buaya teroris sebelum mereka melahap Belgia,” kata Netanyahu dalam pernyataan yang dirilis kantornya, seperti dilansir AFP, Kamis (4/9/2025).

    Kecaman Netanyahu itu disampaikan setelah otoritas Belgia mengumumkan rencananya untuk memberikan pengakuan resmi kepada negara Palestina di hadapan Majelis Umum PBB yang akan bersidang bulan ini.

    Pengumuman Belgia tersebut menyusul pengumuman serupa oleh Prancis, Inggris, Kanada, dan Australia.

    Menteri Luar Negeri (Menlu) Belgia Maxime Prevot, dalam pengumuman pada Selasa (2/9), mengatakan keputusan tersebut diambil “mengingat tragedi kemanusiaan” yang terjadi di Jalur Gaza. Dia juga menambahkan bahwa “sanksi tegas sedang dijatuhkan terhadap pemerintah Israel”.

    “Palestina akan diakui oleh Belgia di sidang PBB! Dan sanksi tegas sedang dijatuhkan terhadap pemerintah Israel,” tulis Prevot dalam pernyataan via media sosial X.

    “Menghadapi kekerasan yang dilakukan Israel yang melanggar hukum internasional, mengingat kewajiban internasionalnya, termasuk kewajiban untuk mencegah risiko genosida, Belgia harus mengambil keputusan tegas untuk meningkatkan tekanan terhadap pemerintah Israel dan Hamas,” jelasnya.

    “Ini bukan tentang menghukum rakyat Israel, melainkan tentang memastikan bahwa pemerintahnya menghormati hukum internasional dan kemanusiaan serta mengambil tindakan untuk mencoba mengubah situasi di lapangan,” tegas Prevot dalam pernyataannya.

    Menanggapi semakin banyaknya negara Barat yang akan mengakui negara Palestina, Menteri Keuangan Israel Bezalel Smotrich, pada Rabu (3/9), menyerukan aneksasi sebagian besar wilayah Tepi Barat.

    Halaman 2 dari 2

    (nvc/idh)