Hewan: Bebek

  • Bagaimana MOVE – ID Membantu Pekerja Migran dari Keberangkatan hingga Pulang

    Bagaimana MOVE – ID Membantu Pekerja Migran dari Keberangkatan hingga Pulang

    PIKIRAN RAKYAT – Upaya meningkatkan tata kelola migrasi tenaga kerja Indonesia memasuki babak baru. Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ) GmbH atas nama Kementerian Federal Jerman untuk Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan (BMZ) bersama Kementerian Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (KP2MI) resmi meluncurkan Pusat Informasi Terpadu untuk Migrasi, Vokasi, dan Pembangunan Indonesia (MOVE-ID) pada 19 Juni 2025.

    Peluncuran dilakukan serentak di dua kota strategis—Bandung dan Mataram—yang menjadi pintu gerbang migrasi pekerja migran ke berbagai negara tujuan, termasuk Jerman dan kawasan Eropa lainnya.

    Menghubungkan Tenaga Kerja Terampil ke Dunia

    Sebagai negara dengan populasi usia produktif yang tinggi, Indonesia memiliki potensi besar untuk mengisi kebutuhan pasar kerja global. MOVE ID hadir sebagai jawaban untuk mempertemukan tenaga kerja Indonesia yang terampil dengan pasar internasional secara aman, legal, dan berkelanjutan.

    Direktur Jenderal Penempatan KP2MI, Ahnas menegaskan peran krusial MOVE ID sebagai pelindung pekerja migran sejak sebelum berangkat hingga kembali ke Tanah Air.

    “MOVE-ID berfungsi sebagai wujud kehadiran negara dalam tata kelola migrasi kerja yang aman, sekaligus menjadi pilot project yang nantinya dapat dikembangkan di berbagai daerah. Pelindungan pekerja migran harus menjadi prioritas, termasuk memastikan kesesuaian dan kelengkapan dokumen, serta kepatuhan mereka terhadap mekanisme resmi sebelum mereka diberangkatkan,” tuturnya.

    Menjawab Kebutuhan Pasar Global

    Menurut data Bertelsmann Foundation tahun 2024, Jerman saja membutuhkan 288.000 pekerja asing terampil setiap tahun hingga 2040. Sektor yang paling banyak menyerap antara lain kesehatan, teknik, konstruksi, kerajinan, hingga manufaktur.

    Manajer Implementasi Program Pusat Migrasi dan Pembangunan GIZ, Makhdonal Anwar menegaskan pentingnya MOVE ID sebagai penghubung pekerja Indonesia dengan peluang global.

    “MOVE-ID dibangun untuk menjadi jembatan yang mempertemukan tenaga kerja Indonesia yang terampil ini dengan pasar tenaga kerja global, sekaligus membantu para pekerja migran Indonesia menjalani proses migrasi sesuai dengan jalur yang aman, adil, dan dikelola dengan baik,” katanya.

    MOVE-ID juga akan mendampingi pekerja migran yang kembali ke Indonesia agar mampu berdaya dan mandiri secara ekonomi.

    Mengurangi Migrasi Non-Reguler

    Fenomena pekerja migran non-reguler masih menjadi tantangan. Berdasarkan Sakernas 2023, hanya 65,6 persen Pekerja Migran Indonesia (PMI) berangkat secara legal. Sisanya, sekitar 31 persen masih menempuh jalur tidak resmi, sering kali tanpa perlindungan memadai.

    Melalui layanan konsultasi, informasi, dan pendampingan profesional, MOVE-ID diharapkan mampu menekan angka penempatan non-reguler.

    Cerita Migran: Dari Perawat Hingga Pengusaha

    Rukke Endari adalah salah satu calon pekerja migran yang sedang menyiapkan diri untuk menjadi perawat di Jerman melalui skema G to G Triple Win.

    “Dengan bekerja sebagai perawat di Jerman, saya berharap bisa memperbaiki ekonomi keluarga,” ucap Rukke.

    Dia kini tengah merampungkan berbagai persyaratan, mulai dari sertifikat Bahasa Jerman minimal level B1 hingga Fachkurs—kursus keahlian keperawatan berbahasa Jerman.

    Di sisi lain, Asmuni, purna pekerja migran asal Lombok, membuktikan bahwa pengalaman kerja di luar negeri bisa jadi pijakan membangun usaha di kampung halaman. Usaha kuliner Bebek Merseng miliknya kini memiliki enam cabang dan mempekerjakan mantan pekerja migran.

    “Pelatihan tersebut sangat membantu saya dalam menyesuaikan diri ketika kembali ke Tanah Air. Saya mendapat pelajaran tentang pengelolaan keuangan dan manajemen. Ini berdampak positif terhadap cara pandang dan sikap mental saya, khususnya dalam melihat peluang dan membangun usaha,” tutur Asmuni.

    Ia berharap MOVE ID dapat menjadi wadah berkelanjutan bagi pekerja migran yang kembali ke Indonesia.

    “Semoga MOVE-ID dapat dengan maksimal memfasilitasi teman-teman yang akan berangkat ke luar negeri melalui jalur resmi. Saya juga berharap MOVE-ID bisa menjadi wadah bagi teman-teman yang telah kembali ke Indonesia, karena umumnya banyak purna pekerja migran yang kesulitan beradaptasi,” ujarnya.

    Membangun Kemitraan yang Adil

    Melalui MOVE-ID, GIZ dan KP2MI berupaya memastikan kemitraan migrasi yang setara dan saling menguntungkan bagi semua pihak: Indonesia sebagai negara asal, negara tujuan seperti Jerman, dan pekerja migran itu sendiri.

    “GIZ mendukung migrasi tenaga kerja yang aman, tertib, dan berbasis keterampilan guna memastikan kemitraan yang setara dan saling menguntungkan. Kami berharap, MOVE-ID dapat membantu pekerja migran mulai dari saat hendak berangkat ke luar negeri hingga kembali ke Tanah Air,” kata Makhdonal.

    Dengan dukungan nyata MOVE-ID, para pekerja migran Indonesia kini memiliki ruang aman untuk merencanakan masa depan yang lebih baik di panggung kerja global, sekaligus tetap berdaya ketika kembali ke kampung halaman.***

  • Pedagang Bajigur di Setu Babakan Raup Rp 600.000 Saat Akhir Pekan
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        28 Juni 2025

    Pedagang Bajigur di Setu Babakan Raup Rp 600.000 Saat Akhir Pekan Megapolitan 28 Juni 2025

    Pedagang Bajigur di Setu Babakan Raup Rp 600.000 Saat Akhir Pekan
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com –
    Pedagang di kawasan
    Setu Babakan
    , Jagakarsa, Jakarta Selatan selalu menanti
    akhir pekan
    karena ramai pengunjung. 
    Jumlah pengunjung setiap Sabtu dan Minggu yang naik turut mendongkrak pendapatan mereka yang menggantungkan hidup dari berjualan makanan dan minuman khas
    Betawi
    .
    Didin (62), pedagang bajigur keliling, mengaku sudah hampir dua dekade berjualan di sekitar danau tersebut.
    Ia mendorong gerobaknya dari pagi hingga sore sambil menjajakan bajigur, ubi rebus, jagung, pisang, hingga kacang.
    Ia menyebut penghasilannya cukup lumayan meski hanya berjualan dua hari dalam seminggu di Setu Babakan.
    “Kalau hari libur kayak gini, omzet bisa Rp 400.000. Kadang bisa Rp 600.000 kalau lagi ramai,” ujar Didin kepada Kompas.com, Sabtu (28/6/2025).
    Ia membandingkan dengan hari biasa, di mana pendapatannya cenderung lebih kecil.
    “Kalau biasa paling Rp 300.000-an, kadang Rp 350.000,” tambahnya.
    Menurut Didin, pembelinya datang dari berbagai daerah. Banyak juga wisatawan dari luar kota yang sengaja singgah mencicipi bajigur panas buatannya.
    “Orang Bekasi juga banyak yang beli. Ada yang bilang, ‘Wah, kebetulan ada bajigur nih’, langsung beli,” kata dia.
    Hal serupa dialami Rina (45), penjual kerak telor yang berjualan di tepi danau. Saat akhir pekan, ia bisa menjual hingga 30 porsi kerak telor.
    “Kalau Sabtu-Minggu bisa sampai 30 porsi terjual. Kalau hari biasa paling cuma 10 porsi,” ujar Rina saat ditemui di lokasi.
    Ia membanderol seporsi kerak telor seharga Rp 30.000 untuk telur ayam dan Rp 35.000 untuk telur bebek.
    Menurut Rina, banyaknya pengunjung sangat menentukan jumlah pendapatan hariannya.
    “Kalau ramai, bisa bawa pulang sejuta. Tapi kalau sepi ya paling Rp 200.000-an,” ujarnya.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Motor Boleh Wara-wiri di Jalan Tol Malaysia, Gratis

    Motor Boleh Wara-wiri di Jalan Tol Malaysia, Gratis

    Jakarta

    Jalan tol di Malaysia tidak hanya dilintasi mobil ataupun kendaraan besar seperti truk maupun bus. Motor pun bebas melintas di sisi kiri jalan tanpa dikenakan biaya sepeserpun.

    Melihat motor melintasi jalan tol di Malaysia tampaknya bukan pemandangan langka lagi. Ya, di negeri jiran, sepeda motor tanpa batasan kapasitas mesin memang diperbolehkan melintas di jalan tol. Dari amatan tim detikOto sepanjang perjalanan di jalan tol Sepang menuju Kuala Lumpur, motor yang melintas di jalan tol itu memang berbeda-beda. Ada yang menggunakan skutik bongsor bermesin 250 cc, tak jarang juga yang motor bebek terlihat di jalan tol Malaysia.

    Motor tersebut melaju kencang di sisi kiri jalan. Sebab, saat mobil dipacu 100 km/jam beberapa kali motor itu justru melaju lebih cepat dan memacu mobil. Tak seperti kendaraan besar lainnya, motor lewat jalan tol di Malaysia tak dikenakan biaya sama sekali.

    “Tak bayar ya, jalannya di pinggir,” kata seorang pengemudi Malaysia bernama Andy Chan di Kuala Lumpur, Kamis (26/6/2025) kemarin.

    Direktur Malaysian Institute of Road Safety Research (MIROS) Zulhaidi Mohd Jawi pernah menjelaskan kepada detikOto alasan pemerintah Malaysia tidak melarang pengendara motor masuk tol. Kata Zulhaidi, kebijakan yang sudah terlanjur diterapkan itu sulit untuk dibatalkan lantaran sudah membudaya di Malaysia.

    “Kalau di Malaysia (motor boleh masuk tol) itu sudah terlanjur diterapkan lebih awal, sejak jalan tol diperkenalkan. Jadi secara politik sudah agak susah seandainya kebijakan itu ditarik lagi (atau dibatalkan),” ujar Zulhaidi beberapa saat lalu.

    Meski begitu, Zulhaidi tetap menegaskan bahwa motor masuk tol adalah hal yang salah. Sebab jauh dari kata aman bagi pengendara motor jika mengalami kecelakaan. Motor tak seaman mobil.

    “Tapi untuk safety, sebenarnya tidak sesuai. Karena motor itu harus jaga keseimbangan, dan di jalan tol dia bisa cepat hilang keseimbangan (karena kecepatan tinggi). Jika sesuatu terjadi, pengendara roda dua jatuh, risikonya lebih tinggi. Meski pakai helm (dan peralatan safety), jika terjatuh tetap berbahaya,” tutur Zulhaidi lagi.

    Berbeda dengan di Indonesia, sepeda motor memang dilarang masuk di mayoritas ruas tol. Alasan utamanya jelas faktor keselamatan. Mayoritas jalan tol di Indonesia hanya boleh untuk kendaraan roda empat atau lebih. Hal itu sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah No. 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol yang disempurnakan oleh Peraturan Pemerintah No. 44 Tahun 2009 yang merevisi Pasal 38 PP 15/2005.

    Dalam peraturan itu khususnya Peraturan Pemerintah No. 44 Tahun 2009, diatur bahwa motor sebenarnya boleh melintasi jalan tol. Tapi ada syaratnya.

    Peraturan Pemerintah No. 44 Tahun 2009 merevisi PP 15/2005 dengan ditambahkan satu ayat pada Pasal 38 soal ketentuan motor lewat jalan tol. Adapun tambahan satu ayat tersebut menjelaskan peraturan soal bolehnya motor melintas jalan tol. Sebelumnya pada PP 15/2005 hanya ditulis ayat 1 yang menyebutkan jalan tol diperuntukkan bagi pengguna yang menggunakan kendaraan bermotor roda empat atau lebih.

    “Pada jalan tol dapat dilengkapi dengan jalur jalan tol khusus bagi kendaraan bermotor roda dua yang secara fisik terpisah dari jalur jalan tol yang diperuntukkan bagi kendaraan bermotor roda empat atau lebih,” bunyi PP 44/2009 Pasal 38 ayat 1a yang menjelaskan jalan tol khusus sepeda motor.

    (dry/lth)

  • Motor Kredit Dibawa Kabur Karyawan, Pemilik Koperasi di Lumajang Divonis 6 Bulan Penjara
                
                    
                        
                            Surabaya
                        
                        24 Juni 2025

    Motor Kredit Dibawa Kabur Karyawan, Pemilik Koperasi di Lumajang Divonis 6 Bulan Penjara Surabaya 24 Juni 2025

    Motor Kredit Dibawa Kabur Karyawan, Pemilik Koperasi di Lumajang Divonis 6 Bulan Penjara
    Tim Redaksi
    LUMAJANG, KOMPAS.com
    – Reno Hermansyah, pemilik koperasi di Kabupaten
    Lumajang
    , Jawa Timur, divonis 6 bulan penjara gara-gara motor yang dibelinya secara kredit dibawa kabur karyawannya sendiri.
    Juru Bicara Pengadilan Negeri Lumajang, I Gede Adhi Gandha Wijaya menjelaskan, terdakwa Reno secara menyakinkan mengalihkan jaminan yang menjadi objek fidusia.
    Terdakwa divonis beradasarkan Pasal 36 jo Pasal 23 Undang-undang Nomor 42 Tahun 1999 tentang jaminan fidusia.
    Pada kasus ini, Reno dinyatakan terbukti menggelapkan sepeda motor kreditan sebanyak 5 unit yang menjadi obyek fidusia.
    Tindakan tersebut membuat pihak kreditur, yakni FIF Cabang Lumajang merugi hingga Rp 151 juta.
    “Pidana penjara 6 bulan dan denda Rp 5 juta subsider 3 bulan kurungan penjara,” kata Gandha di Pengadilan Negeri Lumajang, Selasa (24/6/2025).
    Gandha menjelaskan, perkara berawal saat Reno yang merupakan seorang pengurus sebuah koperasi di Lumajang mengambil kredit 5 unit sepeda motor untuk digunakan sebagai kendaraan operasional karyawan.
    Namun di tengah jalan, koperasi yang dijalankan Reno mengalami kebangkrutan. Sengkarut manajemen koperasi yang didalilkan Reno membuat 5 unit sepeda motor dibawa kabur oleh para staf koperasinya.
    “Pada saat persidangan terdawak menerangkan dalil yang disampaikan bahwa terdakwa ini sebagai pengurus koperasi mengalami kebangkrutan. Lalu motor tersebut dibawa lari stafnya. Sejauh ini kami menerima informasi ada dua orang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO),” ujar Gandha.
    Sementara itu, putusan yang dijatuhkan majelis hakim lebih rendah dari tuntutan jaksa penuntut umum yang meminta terdakwa dihukum 10 bulan penjara.
    Menurut Gandha, ada sejumlah pertimbangan yang membuat majelis hakim menjatuhi vonis 6 bulan penjara.
    Di antaranya, majelis hakim tidak menemukan niat murni dari terdakwa untuk menghilangkan motor tersebut.
    “Tidak ditemukan niat murni dari terdakwa untuk membawa kabur motor. Motor dibawa oleh pelaku lain yang merupakan pegawai koperasi dan ini masih buron,” jelas Gandha.
    Sementara, Remedial Head FIF Cabang Lumajang, Satria Andhika Dharma menilai vonis yang dijatuhkan Pengadilan Negeri Lumajang terlampau ringan.
    “Karena perusahaan ini sudah merugi ratusan juta rupiah. Dengan vonis tersebut dirasa tidak sepadan,” Katanya.
    Satria menambahkan, duduk perkara ini bermula ketika Reno mengajukan kredit pembelian 5 unit sepeda motor ke FIF kisaran tahun 2023. Tenor yang dipilih untuk mengangsur ansuran yakni 3 tahun.
    Kata Satria, pembelian kredit motor ditujukan untuk operasional karyawan.
    “Kenapa milih motor jenis tersebut karena katanya pegawainya badannya besar-besar. Biasanya kalau koperasi itu mengajukan kredit ya motor bebek,” Jelasnya.
    Menurut Satria, terdakwa awalnya rutin membayar angsuran hingga berjalan pembayaran 10 kali angsuran. Namun di tengah jalan tidak ada pembayaran angsuran dan kelima motor yang dikredit dikabarkan digelapkan. Alhasil, pihak FIF melayangkan laporan polisi pada 23 Desember 2024.
    “Terkait vonis ini pihak perusahaan masih berkoordinasi lebih lanjut terkait langkah selanjutnya,” tandasnya.
     
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Ini Opsi Iran Buat Balas Serang AS

    Ini Opsi Iran Buat Balas Serang AS

    Jakarta, CNBC Indonesia — Iran telah berupaya untuk mencegah Presiden AS Donald Trump bergabung dengan Israel. Negara tersebut sempat mengancam AS dengan pembalasan yang mengerikan, tetapi pilihannya sekarang terbatas dan penuh dengan risiko.

    Melansir The Guardian, Minggu (22/6/2025), para pejabat Iran telah mengatakan secara khusus bahwa kapal-kapal dan pangkalan militer AS akan menjadi sasaran, tetapi sebagian besar kapasitas yang diandalkannya sebagai penangkal telah dilucuti selama beberapa hari terakhir oleh serangan Israel.

    Serangan-serangan Israel berfokus pada peluncur rudal balistik jarak jauh. Meski begitu, Iran masih memiliki persenjataan rudal jarak pendek dan pesawat tak berawak yang tangguh.

    Perlu diingat, AS telah mengambil tindakan pencegahan selama beberapa minggu terakhir, menyebarkan kehadiran angkatan lautnya di wilayah tersebut dan meningkatkan pertahanan udara, untuk mencoba memastikan bahwa mereka merupakan target yang sulit.

    Lebih jauh, Trump memperingatkan keterlibatan AS yang lebih luas dalam perang Israel jika Iran mencoba untuk menyerang balik, dan dalam beberapa hari terakhir menyarankan bahwa salah satu target pesawat pengebom AS adalah pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei.

    Senjata utama Iran lainnya, yang dibangun selama beberapa dekade, adalah jaringan aliansinya dengan milisi regional, “poros perlawanannya”, tetapi itu juga telah terkuras.

    Persenjataan rudal Hizbullah yang luas dihancurkan oleh angkatan udara Israel tahun lalu. Pesawat-pesawat Israel telah kembali untuk mengendalikan pasukan Syiah Lebanon, dengan mengebom dugaan persediaan rudal di Beirut selatan pada bulan April.

    Milisi Syiah yang didukung Teheran di Irak, Kata’ib Hizbullah, telah mengancam akan menargetkan “kepentingan AS” di Timur Tengah sebagai tanggapan atas partisipasi Washington dalam dukungan Israel.

    Salah satu komandannya, Abu Ali al-Askari, dikutip dari CNN mengatakan bahwa pangkalan-pangkalan AS di wilayah tersebut “akan menjadi seperti tempat berburu bebek”. Amerika Serikat memiliki fasilitas militer di sedikitnya 19 lokasi di Timur Tengah, delapan di antaranya permanen.

    Mitra Iran lainnya, pasukan Houthi di Yaman, menyetujui gencatan senjata dengan AS pada bulan Mei, tetapi mereka telah memperingatkan bahwa mereka akan menganggap kebenaran telah terungkap jika Trump memutuskan untuk mengambil bagian dalam serangan terhadap Iran, dan akan menargetkan kapal-kapal AS di Laut Merah, sesuatu yang telah dilakukan Houthi dengan hasil yang beragam di masa lalu.

    Masuknya salah satu milisi ini ke dalam perang akan memicu respons yang menghancurkan dari AS, yang telah mempersiapkan diri untuk kemungkinan seperti itu selama berbulan-bulan ketika Israel mempersiapkan serangannya.

    Iran juga memiliki opsi untuk menyerang pengiriman, dengan opsi terakhir menggunakan ranjau, menenggelamkan kapal atau mengeluarkan ancaman yang kredibel untuk menutup selat Hormuz, pintu gerbang sempit ke Teluk Persia yang hanya selebar 55 km di beberapa tempat, yang dilalui lebih dari seperlima pasokan minyak dunia, 20 juta barel, dan sebagian besar gas cairnya setiap hari.

    Politisi garis keras Iran telah menyerukan agar selat itu ditutup selama beberapa hari terakhir. Hal ini memiliki keuntungan karena dapat menjadi alat untuk memukul Trump, karena akan memicu lonjakan harga minyak dengan efek inflasi yang hampir seketika di AS menjelang pemilihan kongres tahun depan.

    Sayangnya, hal ini juga akan menjadi tindakan yang sangat merugikan ekonomi. Minyak Iran menggunakan gerbang yang sama, dan menutup Hormuz berisiko membawa negara-negara Teluk Arab, yang sangat kritis terhadap serangan Israel, ke dalam perang untuk melindungi kepentingan mereka sendiri.

    Untuk menghindari melibatkan lebih banyak musuh dalam konflik atau mengundang kampanye pemboman AS habis-habisan, Teheran dapat memutuskan untuk membalas dendamnya pada kemudian hari. Di masa lalu, ia telah menunda tanggapannya terhadap serangan dari luar.

    Menteri luar negeri, Seyed Abbas Araghchi mengisyaratkan pembalasan terbuka seperti itu ketika ia mengatakan pada hari Minggu bahwa keputusan Trump “akan memiliki konsekuensi yang abadi”.

    (mkh/mkh)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Ini Opsi Iran Buat Balas Serang AS

    Ini Opsi Iran Buat Balas Serang AS

    Jakarta, CNBC Indonesia — Iran telah berupaya untuk mencegah Presiden AS Donald Trump bergabung dengan Israel. Negara tersebut sempat mengancam AS dengan pembalasan yang mengerikan, tetapi pilihannya sekarang terbatas dan penuh dengan risiko.

    Melansir The Guardian, Minggu (22/6/2025), para pejabat Iran telah mengatakan secara khusus bahwa kapal-kapal dan pangkalan militer AS akan menjadi sasaran, tetapi sebagian besar kapasitas yang diandalkannya sebagai penangkal telah dilucuti selama beberapa hari terakhir oleh serangan Israel.

    Serangan-serangan Israel berfokus pada peluncur rudal balistik jarak jauh. Meski begitu, Iran masih memiliki persenjataan rudal jarak pendek dan pesawat tak berawak yang tangguh.

    Perlu diingat, AS telah mengambil tindakan pencegahan selama beberapa minggu terakhir, menyebarkan kehadiran angkatan lautnya di wilayah tersebut dan meningkatkan pertahanan udara, untuk mencoba memastikan bahwa mereka merupakan target yang sulit.

    Lebih jauh, Trump memperingatkan keterlibatan AS yang lebih luas dalam perang Israel jika Iran mencoba untuk menyerang balik, dan dalam beberapa hari terakhir menyarankan bahwa salah satu target pesawat pengebom AS adalah pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei.

    Senjata utama Iran lainnya, yang dibangun selama beberapa dekade, adalah jaringan aliansinya dengan milisi regional, “poros perlawanannya”, tetapi itu juga telah terkuras.

    Persenjataan rudal Hizbullah yang luas dihancurkan oleh angkatan udara Israel tahun lalu. Pesawat-pesawat Israel telah kembali untuk mengendalikan pasukan Syiah Lebanon, dengan mengebom dugaan persediaan rudal di Beirut selatan pada bulan April.

    Milisi Syiah yang didukung Teheran di Irak, Kata’ib Hizbullah, telah mengancam akan menargetkan “kepentingan AS” di Timur Tengah sebagai tanggapan atas partisipasi Washington dalam dukungan Israel.

    Salah satu komandannya, Abu Ali al-Askari, dikutip dari CNN mengatakan bahwa pangkalan-pangkalan AS di wilayah tersebut “akan menjadi seperti tempat berburu bebek”. Amerika Serikat memiliki fasilitas militer di sedikitnya 19 lokasi di Timur Tengah, delapan di antaranya permanen.

    Mitra Iran lainnya, pasukan Houthi di Yaman, menyetujui gencatan senjata dengan AS pada bulan Mei, tetapi mereka telah memperingatkan bahwa mereka akan menganggap kebenaran telah terungkap jika Trump memutuskan untuk mengambil bagian dalam serangan terhadap Iran, dan akan menargetkan kapal-kapal AS di Laut Merah, sesuatu yang telah dilakukan Houthi dengan hasil yang beragam di masa lalu.

    Masuknya salah satu milisi ini ke dalam perang akan memicu respons yang menghancurkan dari AS, yang telah mempersiapkan diri untuk kemungkinan seperti itu selama berbulan-bulan ketika Israel mempersiapkan serangannya.

    Iran juga memiliki opsi untuk menyerang pengiriman, dengan opsi terakhir menggunakan ranjau, menenggelamkan kapal atau mengeluarkan ancaman yang kredibel untuk menutup selat Hormuz, pintu gerbang sempit ke Teluk Persia yang hanya selebar 55 km di beberapa tempat, yang dilalui lebih dari seperlima pasokan minyak dunia, 20 juta barel, dan sebagian besar gas cairnya setiap hari.

    Politisi garis keras Iran telah menyerukan agar selat itu ditutup selama beberapa hari terakhir. Hal ini memiliki keuntungan karena dapat menjadi alat untuk memukul Trump, karena akan memicu lonjakan harga minyak dengan efek inflasi yang hampir seketika di AS menjelang pemilihan kongres tahun depan.

    Sayangnya, hal ini juga akan menjadi tindakan yang sangat merugikan ekonomi. Minyak Iran menggunakan gerbang yang sama, dan menutup Hormuz berisiko membawa negara-negara Teluk Arab, yang sangat kritis terhadap serangan Israel, ke dalam perang untuk melindungi kepentingan mereka sendiri.

    Untuk menghindari melibatkan lebih banyak musuh dalam konflik atau mengundang kampanye pemboman AS habis-habisan, Teheran dapat memutuskan untuk membalas dendamnya pada kemudian hari. Di masa lalu, ia telah menunda tanggapannya terhadap serangan dari luar.

    Menteri luar negeri, Seyed Abbas Araghchi mengisyaratkan pembalasan terbuka seperti itu ketika ia mengatakan pada hari Minggu bahwa keputusan Trump “akan memiliki konsekuensi yang abadi”.

    (mkh/mkh)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Di Luar Nalar, Yamaha Fazzio Ini Dimodifikasi Gaya Racing Mirip F1ZR Limited Edition

    Di Luar Nalar, Yamaha Fazzio Ini Dimodifikasi Gaya Racing Mirip F1ZR Limited Edition

    Jakarta

    Ternyata Yamaha Fazzio tak hanya bisa dimodifikasi bergaya retro. Motor ini juga bisa dimodifikasi ala motor racing zaman dulu. Contohnya seperti Fazzio Hybrid milik Putut Wijanarko asal Yogyakarta ini, yang konsepnya terinspirasi motor legendaris Yamaha, yaitu F1ZR Limited Edition Millenium tahun 1999.

    Bukan tanpa alasan Yamaha F1ZR dipilih menjadi referensi, sebab motor bebek ini sempat menjadi motor idaman di masanya, hingga diluncurkan edisi terbatas pada tahun 2000 dalam beberapa pilihan warna dan saat ini kembali menjadi motor bebek incaran para kolektor khususnya para pecinta motor dengan gaya racing.

    Di samping itu, pemuda yang biasa disapa Saonone ini menjadikan motor Yamaha F1ZR sebagai salah satu motor dambaannya sejak dulu dan dengan kemudahannya untuk dimodifikasi, Fazzio Hybrid menjadi skutik yang tepat untuk memadukan konsep modifikasinya, yaitu ‘Modern Racing Style’.

    Modifikasi Yamaha Fazzio bergaya racing Foto: Dok. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM)

    “Skutik yang punya julukan White Canvas ini memberikan kesempatan kepada saya buat bisa menuangkan gaya dan selera yang saya inginkan, walaupun modifikasi dengan konsep kalcer saat ini sedang tren, tetapi saya memilih gaya modern racing karena lebih sesuai dengan passion dan pastinya skutik ini akan digunakan buat mobilitas sehari-hari. Jadi bisa bikin tambah percaya diri waktu diajak jalan-jalan sekaligus bikin orang sedikit nostalgia dengan motor bebek legendaris Yamaha, F1-ZR Limited Edition tahun 1999 karena terdapat beberapa modifikasi seperti perpaduan warna kuning dan silvernya serta modifikasi lainnya yang menjadi ciri khas dari motor tersebut,” ungkap Putut Wijanarko, Juara 1 Fazzio Modifest Yogyakarta Kategori Gaya Gue.

    Modifikasi gaya Modern Racing milik Putut bisa menjadi salah satu inspirasi modifikasi Fazzio Hybrid, yang membuat skutik ini menjadi lebih berkarakter dan pastinya sesuai dengan gaya para pengendaranya. Terdapat beberapa modifikasi pada Fazzionone yang sangat kental dengan nuansa balap:

    Velg Bintang

    Velg depan dan belakang skutik ini sudah diganti menggunakan model bintang berkelir silver yang mencolok karena detail finishing-nya di-polished menggunakan CNC yang memberikan sentuhan elegan sekaligus sporty sehingga memperkuat identitas Yamaha F1ZR yang sama sama menggunakan velg berwarna silver juga.

    Knalpot Racing

    Meskipun masih menggunakan mesin standar, performa dan tampilan Fazzionone berhasil curi perhatian berkat penggunaan knalpot racing yang sudah full system sehingga knalpot ini menghasilkan suara yang khas dengan tampilan agresif sekaligus membuktikan julukan White Canvas skutik ini yang juga bisa mendukung gaya racing.

    Modifikasi Yamaha Fazzio bergaya racing Foto: Dok. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM)

    Advance Shock Breaker

    Skutik yang juga menjadi motor harian bagi Putut ini, tentu saja juga perlu mengutamakan aspek kenyamanannya sehingga sudah menggunakan shockbreaker aftermarket dengan spesifikasi ala motor racing yang memberikan kestabilan ekstra saat berkendara sehari-hari dan warna golden pada shockbreaker-nya juga selaras dengan gradasi warna bodi motor tersebut.

    Sticker Decal

    Modifikasi lainnya yang diaplikasikan pada skutik ini adalah perpaduan warna kuning dan silver pada bagian body dan spakbor depan serta grafis khas motor bebek Yamaha F1-ZR, yaitu motif lancip berwarna biru dilengkapi dengan tulisan tipe motornya, tetapi uniknya pada motor ini tulisan tersebut diganti menjadi Fazzio R.

    “Sejak diluncurkan Fazzio Hybrid hadir untuk para generasi muda yang ingin berkarya ataupun menuangkan kreatifitasnya, sekaligus mendukung gayanya sehari-hari lewat kemudahan modifikasi yang dapat dilakukan oleh para penggunanya dan kini terdapat beragam konsep modifikasi Fazzio Hybrid yang terus mengikuti perkembangan atau trend saat ini, mulai dari modifikasi retro kalcer, sporty, hingga racing style juga cocok sekaligus mampu mendukung lifestyle pengendaranya, khususnya para Gen-Z yang berani tampil stand out dan eye catchy,” ungkap Rifki Maulana selaku Manager Public Relations, YRA & Community, PT Yamaha Indonesia Motor Mfg.

    Modifikasi Yamaha Fazzio bergaya racing Foto: Dok. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM)

    (lua/dry)

  • Hendak tawuran di Kwitang, tiga pemuda ditangkap polisi

    Hendak tawuran di Kwitang, tiga pemuda ditangkap polisi

    Jakarta (ANTARA) – Tiga pemuda ditangkap polisi akibat hendak tawuran di kawasan Jalan Kwitang, Senen, Jakarta Pusat, pada Jumat dinihari.

    Sejumlah senjata tajam juga diamankan. “Kami ingin menyelamatkan anak-anak muda dari lingkaran kekerasan jalanan,” kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Polisi Susatyo Purnomo Condro di Jakarta.

    Menurut dia, tiga pemuda yang ditangkap berinisial BN (15), YU (24) dan AP (22). Dalam penindakan tersebut senjata tajam yang disita, yaitu 3 bilah celurit, 2 bilah cocor bebek (corbek), 2 busur beserta 5 anak panah, 1 tombak, 2 stik golf serta 3 unit ponsel.

    Susatyo menegaskan bahwa pihaknya berkomitmen menciptakan lingkungan yang aman dan mendorong generasi muda ke arah yang lebih baik.

    Ia juga mengimbau peran aktif para orang tua agar tidak lepas tangan dalam mendidik dan mengawasi putra-putrinya.

    Kapolres mengajak seluruh orang tua untuk lebih peduli terhadap aktivitas anak-anaknya, terutama di malam hari.

    Kepala Satuan (Kasat) Samapta Polres Metro Jakarta Pusat Kompol William Alexander menjelaskan bahwa pihaknya mendapati segerombolan pemuda mencurigakan saat patroli.

    Setelah dihentikan dan diperiksa, ditemukan sejumlah senjata tajam. Para pelaku sempat membuang sebagian barang bukti untuk menghindari tangkapan petugas.

    “Para pelaku segera kami amankan dan dibawa ke Polsek Senen untuk diproses lebih lanjut,” katanya.

    Saat ini, ketiga pelaku telah diserahkan ke penyidik dan dijerat dengan Pasal 2 Ayat (1) Undang-Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951 tentang kepemilikan senjata tajam tanpa izin. Mereka terancam hukuman pidana penjara maksimal 10 tahun.

    Pewarta: Khaerul Izan
    Editor: Sri Muryono
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Mamalia Era Dinosaurus Ditemukan Masih Hidup di Pedalaman Papua

    Mamalia Era Dinosaurus Ditemukan Masih Hidup di Pedalaman Papua

    Jakarta, CNBC Indonesia – Mamalia misterius yang telah lama dianggap punah, Attenborough’s echidna paruh panjang (Zaglossus attenboroughi), berhasil direkam kamera di hutan Pegunungan Cyclops, Papua.

    Mamalia bertelur ini merupakan bagian dari kelompok kuno monotremata yang sudah ada sejak zaman dinosaurus, dan tak pernah terlihat sejak ditemukan pada 1961.

    Spesies langka ini sebelumnya masuk dalam daftar hewan punah selama lebih dari 50 tahun. Namun berkat kolaborasi antara ilmuwan dan masyarakat adat Papua, jejak keberadaan hewan ini akhirnya ditemukan.

    Ekspedisi untuk penelitian ini dilakukan oleh Zoological Society of London (ZSL) pada 2023 lalu. Mereka melakukannya dengan pendekatan tak biasa.

    Para ilmuwan memadukan teknologi ilmiah seperti kamera jebak dan survei ekologi, dengan pengetahuan tradisional masyarakat setempat.

    “Kelompok ini termasuk platipus berparuh bebek, yang membantu menunjukkan betapa berbedanya (hewan-hewan) ini dibandingkan dengan mamalia lainnya,” kata Jonathan Baillie dari Zoological Society of London (ZSL), yang ikut dalam ekspedisi tersebut.

    Untuk mencari echidna langka tersebut, tim menjelajahi wilayah terpencil dari pegunungan yang tertutup hutan lebat, yang belum pernah dijelajahi selama lebih dari 45 tahun.

    Di sana, para ilmuwan berbicara dengan anggota suku lokal, dan tujuh dari mereka mengaku telah melihat echidna ini setidaknya sejak tahun 2005.

    Penduduk setempat bahkan memiliki nama tersendiri untuk hewan ini, yakni “Payangko”. Selain itu, salah satu warga desa mengaku pernah memakan echidna ini dan menggambarkannya sebagai makanan yang lezat.

    Beberapa warga memberikan informasi lokasi yang kemudian digunakan untuk memasang kamera otomatis. Hasilnya, jejak khas pencarian makan echidna dan rekaman visual pertama setelah lebih dari setengah abad.

    Hasil tersebut juga mengonfirmasi, spesies ini kemungkinan besar masih hidup di alam liar.

    Selama ekspedisi ini, tim ilmuwan juga menemukan banyak spesies hewan lainnya.

    “Selain echidna Attenborough, kami menemukan keanekaragaman hayati yang luar biasa luas, beberapa di antaranya sangat mungkin belum dikenal oleh dunia sains,” jelas Baillie.

    (dem/dem)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Seberapa Laris Motor TVS di Indonesia?

    Seberapa Laris Motor TVS di Indonesia?

    Jakarta

    Penasaran berapa banyak penjualan motor TVS di Indonesia? Faktanya produksi TVS Indonesia justru lebih banyak diminati luar negeri.

    TVS merupakan salah satu perusahaan manufaktur roda dua terbesar di dunia. Indonesia ditunjuk di kawasan Asia Tenggara untuk membangun fasilitas manufaktur terintegrasi yang berlokasi di kawasan industry Surya Cipta di Karawang Jawa Barat dengan kapasitas produksi 300.000 sepeda motor.

    “Di Indonesia, kita bertumbuh secara year on year, tahun lalu pabrik sudah memproduksi lebih dari 143 ribu unit,” kata Vishal Mehta, Regional Division Business Head ASEAN TVS Motor Company saat ditemui di Jakarta Selatan, belum lama ini.

    Dalam presentasi yang disampaikan Vishal, TVS mengalami peningkatan penjualan dari tahun ke tahun:

    Fiscal Year (FY) 2024-2025: 143 ribuFiscal Year (FY) 2023-2024: 120 ribu
    Fiscal Year (FY) 2022-2023: 80 ribu

    TVS mengakui angka jualannya tidak sebesar pabrikan Honda dan Yamaha di Indonesia.

    “Kita kurang lebih rata-rata sebulan itu bisa di domestik itu 700-an (unit),” kata DGM Business Development & Electric Vehicles TVS Motor Company Indonesia Rizal Tandju.

    “Callisto (penjualan paling laris di Indonesia),” jelas dia.

    TVS punya pabrik perakitan dengan status completely knock down (CKD) di Karawang, Jawa Barat. Menariknya, motor-motor yang dirakit di sana, mayoritas malah diminati negara lain.

    “Kalau di kita adalah produktivitas tahun, domestik sekitar 5 persen dari ekspor kita, 95 persen adalah ekspor,” kata Tandju.

    Line up motor TVS di Indonesia terbilang lengkap. Selain skuter matik, mereka juga memasarkan motor bebek, motor naked, motor retro, motor hobi, hingga motor listrik. Hampir seluruhnya dirakit secara completely knock down (CKD) di pabrik Karawang, Jawa Barat.

    (riar/dry)