Hewan: Ayam

  • Uji Coba Makan Bergizi Gratis di Yogyakarta, Menko Zulhas Beri Masukan

    Uji Coba Makan Bergizi Gratis di Yogyakarta, Menko Zulhas Beri Masukan

    Bisnis.com, YOGYAKARTA – Grab Indonesia dan Ovo melakukan peninjauan uji coba program Makan Bergizi Gratis (MBG) di SD Muhammadiyah 1 Wonopeti, Kulon Progo, Yogyakarta, Senin (16/12/2024).

    Dalam kesempatan ini, tampak hadir Menteri Koordinator Pangan Zulkifli Hasan untuk meninjau program yang dilakukan oleh Grab Indonesia.

    Pria yang akrab disapa Zulhas ini mengatakan bahwa dirinya senang Grab Indonesia dan Ovo memilih SD Muhammadiyah 1 Wonopeti sebagai tempat uji coba program makan bergizi gratis (MBG).

    Sebab, Zulhas menilai sekolah yang dikelola oleh Muhammadiyah ada di berbagai pelosok negeri dan Muhammadiyah dapat mengatur setiap program dengan baik.

    “Saya senang sekali karena Grab merangkul dan mengajak Muhammadiyah, itu nomor satu. Karena sekolah Muhammadiyah itu ada di mana-mana. Karena kalau melibatkan Muhammadiyah mudah-mudahan separuh pekerjaan selesai,” kata Zulhas, Senin (16/12/2024).

    Tidak hanya itu, Zulhas juga mengucapkan terima kasih kepada pihak Grab Indonesia yang mau membantu dan berkontribusi lebih banyak dalam program MBG ini.

    Apalagi, Ketua Umum Partai Amanat Nasional ini menyebut kontribusi dari berbagai pihak untuk memberikan makan bergizi sangat penting. Diharapkan akan membuat anak-anak di Indonesia menjadi hebat, kuat, pintar, dan sehat, serta menjadikan Indonesia menjadi negara maju.

    “Mudah-mudahan kerja sama ini dapat respons yang baik dari Badan Gizi Nasional, sehingga Grab bisa memberikan kontribusi terhadap makanan bergizi ini dan lebih luas lagi di seluruh Indonesia,” ujar Zulhas.

    Di sisi lain, Country Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi mengatakan bahwa uji coba program MBG ini merupakan upaya perusahaan dalam mendukung program yang dicanangkan oleh Presiden Prabowo Subianto.

    Neneng menuturkan uji coba program MBG tersebut sudah terlaksana sejak September 2024.

    “Kami Grab dan Ovo memastikan bahwa kami berkomitmen untuk membantu pemerintah mensukseskan program makan bergizi gratis ini,” kata Neneng.

    Adapun, terdapat beberapa lauk dan susu yang disediakan, antara lain nasi, ayam kecap, dan tumis buncis wortel. Selain itu para murid juga mendapatkan satu buah pisang dan susu sebagai penyempurna gizi.

  • Harga Cabai Rawit Makin Pedas Hari Ini

    Harga Cabai Rawit Makin Pedas Hari Ini

    Jakarta: Badan Pangan Nasional (Bapanas) mencatat harga sejumlah komoditas pangan secara umum naik per Senin (16/12), cabai rawit merah naik Rp10.840 menjadi Rp51.090 per kilogram (kg).
     
    Berdasarkan data dari Panel Harga Bapanas pukul 07.30 WIB, seperti dikutip dari Antara, Senin, 16 Desember 2024, secara umum harga pangan di tingkat pedagang eceran secara nasional, beras premium naik 8,65 persen atau Rp1.330 menjadi Rp16.700 per kg.
     
    Begitu pun beras medium naik 5,50 persen atau 740 menjadi Rp14.200 per kg; begitu pun beras stabilitas pasokan dan harga pangan (SPHP) Bulog naik 0,88 persen atau Rp110 menjadi Rp12.610 per kg.
    Berikutnya komoditas bawang merah naik 0,15 persen atau Rp60 menjadi Rp40.010 per kg; begitu pun bawang putih bonggol naik 5,53 persen atau Rp2.330 menjadi Rp44.480 per kg.
     
    Selanjutnya, harga komoditas cabai merah keriting naik hingga 31,06 persen atau Rp10.470 menjadi Rp44.180 per kg; lalu cabai rawit merah juga naik hingga 26,93 persen atau Rp10.840 menjadi Rp51.090 per kg.
     
    Sementara itu, harga daging sapi murni turun 1,55 persen atau Rp2.090 menjadi Rp132.790 per kg; sedangkan daging ayam ras naik 22,52 persen atau Rp8.250 menjadi Rp44.890 per kg; begitu pula telur ayam ras naik 11,49 persen atau Rp3.410 menjadi Rp33.100 per kg.
     

     

    Minyak goreng naik 10%

    Lalu, harga kedelai biji kering (impor) terpantau naik 1,44 atau Rp150 menjadi Rp10.590 per kg; lalu gula konsumsi juga naik 7,74 persen atau Rp1.390 menjadi Rp19.350 per kg.
     
    Minyak goreng kemasan sederhana naik 10,83 persen atau Rp2.020 menjadi Rp20.670 per kg; sedangkan minyak goreng curah turun 3,21 persen atau Rp560 menjadi Rp16.880 per kg.
     
    Kemudian komoditas tepung terigu curah naik 2,77 persen atau Rp280 menjadi Rp10.380 per kg; sedangkan terigu non curah naik 4,52 persen atau Rp590 menjadi Rp13.650 per kg.
     
    Adapun harga jagung di tingkat peternak naik 31,66 persen atau Rp1.890 menjadi Rp7.860 per kg; lalu harga garam halus beryodium juga naik 10,54 persen atau Rp1.220 menjadi Rp12.790 per kg.
     
    Kemudian, harga ikan kembung terpantau naik 18,92 persen atau Rp7.090 menjadi Rp44.560 per kg; begitu pun ikan tongkol naik 23,47 persen atau Rp7.340 menjadi Rp38.620 per kg; lalu ikan bandeng juga naik 31,70 persen atau Rp10.620 menjadi Rp44.120 per kg.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (HUS)

  • ShopeeFood Checkout Murah Jadi Favorit Pengguna di Akhir 2024

    ShopeeFood Checkout Murah Jadi Favorit Pengguna di Akhir 2024

    Jakarta, CNN Indonesia

    Menutup tahun 2024, ShopeeFood kembali mencuri perhatian dengan kampanye inovatifnya, Checkout Murah. Kampanye ini tidak hanya menawarkan pengalaman pesan makanan online yang hemat, tetapi juga sukses menjadi pilihan favorit masyarakat Indonesia.

    Selama 2024, ShopeeFood secara konsisten menghadirkan inovasi dan program dengan dampak positif bagi pertumbuhan mitra yang berada di dalam ekosistem secara jangka panjang. Melalui kampanye Checkout Murah, ShopeeFood memberikan pengalaman belanja pesan makanan online yang mudah dan hemat sekaligus meningkatkan penjualan serta eksposur merchant, terutama pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

    Dengan menu variatif mulai Rp20.000, lengkap dengan ongkos kirim, program ini membuktikan komitmen ShopeeFood dalam menghadirkan layanan berkualitas sekaligus mendorong pertumbuhan pelaku UMKM.

    Kampanye ini tak lepas dari tren perkembangan dunia digital, dimana dalam beberapa tahun terakhir sebagian besar masyarakat telah beralih ke ranah online, termasuk industri pesanan makanan online.

    Hal ini sejalan dengan riset Statista dalam laporannya ‘Online Food Delivery: Market Data & Analysis’, hasilnya bahwa layanan pesan antar makanan di Indonesia mengalami pertumbuhan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Riset ini juga memproyeksikan pesanan makanan secara online akan terus bertumbuh 14,48% per tahun hingga 2029.

    Head of Business Development ShopeeFood Indonesia, Rizkyandi Ramadhan menyampaikan, kampanye Checkout Murah ini merupakan respons atas kebutuhan masyarakat yang semakin beragam dalam memenuhi berbagai kebutuhan kulinernya.

    “Karenanya kami menghadirkan kurasi menu kuliner yang variatif dengan harga terjangkau, mulai dari Rp20 ribu sudah termasuk ongkir. Kami juga berkolaborasi dengan Mursid untuk semakin memeriahkan kampanye ini,” ujarnya.

    Rizkyandi berharap, kolaborasi ShopeeFood dengan Mursid dapat memperkenalkan ShopeeFood Checkout Murah dengan cara yang lebih menarik bagi masyarakat yang bisa memanfaatkan segala promosi dari kampanye ini.

    Pilihan Favorit Pengguna

    Diluncurkan pada September 2024, kampanye ShopeeFood Checkout Mura langsung mencatat pencapaian mengesankan dan telah menjadi pilihan favorit pengguna hingga penghujung 2024. Jumlah pembelian ShopeeFood Checkout Murah juga meningkat 2 kali lipat pada Desember dibandingkan saat pertama kali diluncurkan.

    Inisiatif ini juga memberikan keuntungan maksimal bagi para pengguna. Dengan menggunakan ShopeeFood Checkout Murah, pengguna telah menghemat pengeluaran dengan total miliaran rupiah.

    Rizkyandi menjelaskan, sejak hadir pada September, ShopeeFood Checkout Murah mencatat hasil positif, mulai dari peningkatan penjualan, pengguna, hingga partisipasi merchant.

    “Tentunya hal tersebut semakin memotivasi ShopeeFood untuk terus berinovasi dalam upaya memberikan yang terbaik bagi seluruh pengguna yang berada dalam ekosistem kami, yaitu para pengguna, merchant, dan mitra pengemudi,” ucapnya.

    Selain itu, terdapat fakta menarik lainnya dalam inisiatif ShopeeFood Checkout Murah ini, yakni 4 juta menu dapat dipesan pada program ShopeeFood Checkout Murah.

    Kemudian menu favorit pengguna yang paling banyak dipesan, di antaranya Nasi Ayam, Mie, Nasi Goreng, Bubur Ayam, Nasi Padang, dan Kebab.

    Terakhir, waktu makan siang (11.00-12.00) dan makan malam (18.00-19.00) menjadi waktu favorit untuk memesan di ShopeeFood Checkout Murah.

    Dampak Positif Bagi Merchant

    Selain menjadi andalan pengguna, ShopeeFood juga konsisten menjadi wadah bagi merchant untuk terus mengembangkan usahanya dengan menghadirkan berbagai inovasi dan variasi program. Kampanye ShopeeFood Checkout Murah menjadi buktinya, dimana dapat memberikan dampak signifikan pada penjualan merchant dengan peningkatan transaksi selama periode berlangsung.

    Dampak ini dirasakan oleh pemilik Unique Chicken, Boby Ardiansyah. Dia mengaku senang bisa menjadi bagian dari kampanye ShopeeFood Checkout Murah dan program ShopeeFood lain. Melalui kampanye ini, menurutnya, penjualan Unique Chicken meningkat hingga 6 kali lipat dibanding sebelum kampanye ini berlangsung.

    “Bersama ShopeeFood, mengelola bisnis juga lebih praktis dan mudah dengan inovasi yang ditawarkan di aplikasi Shopee Partner,” katanya.

    Apresiasi terhadap ShopeeFood Checkout Murah juga datang dari CEO of Ngedagging, Robert Peter Rajimin. Pihaknya selalu menyambut antusias kampanye dan program yang ditawarkan oleh ShopeeFood. Termasuk kampanye ShopeeFood Checkout Murah yang membuat penjualan Ngedagging mengalami peningkatan signifikan.

    “Kenaikan penjualan kami sangat di luar ekspektasi, dan menjadi pencapaian yang sangat baik bagi usaha kami. Kami senantiasa menantikan inovasi dari ShopeeFood ke depannya untuk terus dapat mengembangkan usaha merchant,” ungkap Robert.

    (ory/ory)

  • Harga Telur Tembus Rp 32.000 Per Kg, Pemkot Semarang Bantah ada Kenaikan
                
                    
                        
                            Regional
                        
                        16 Desember 2024

    Harga Telur Tembus Rp 32.000 Per Kg, Pemkot Semarang Bantah ada Kenaikan Regional 16 Desember 2024

    Harga Telur Tembus Rp 32.000 Per Kg, Pemkot Semarang Bantah ada Kenaikan
    Tim Redaksi
    SEMARANG, KOMPAS.com
    – Pemerintah Kota Semarang, Jawa Tengah membantah adanya kenaikan
    harga telur
    jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024-2025.
    Kabid Stabilitas Harga Dinas Perdagangan Kota Semarang, Siti Arkunah mengatakan, mayoritas pasar tradisional masih menjual telur Rp 29.500 perkilogram.
    “Harga acuan pemerintah Rp 30.000 per kilogram,” kata Siti saat dikonfirmasi melalui pesan singkat, Senin (16/12/2024).
    Menurut dia, Badan Pangan Nasional sudah membuat acuan harga telur. Berdasarkan harga acuan tersebut, harga telur di Kota
    Semarang
    masih di bawah Rp 30.000 perkilogram.
    “Kalau harga masih di bawah harga acuan bearti tidak naik,” ucap dia.
    Sampai saat ini, Kota Semarang mempunyai 52 pasar tradisional. Untuk itu, harga di sejumlah pasar bisa saja berbeda-beda.
    “Cukup (stok untuk Nataru),” ujar Siti.
    Sebelumnya, pedagang di Pasar Mijen mengeluh karena harga telur yang merangkak naik. Yang awalnya Rp 26.000 perkilogram naik menjadi Rp 32.000 perkilogram.

    Penjual telur di Pasar Mijen Semarang, Nariyah mengatakan, sebelumnya harga telur ayam berkisar Rp 26.000 perkilogram.
    “Naik Rp 6.000 sekarang,” kata Nariyah saat ditemui di lokasi.
    Selain harganya naik, stok harga telur juga menepis jelang Perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) tahun ini.
    “Stok menipis (telur). Ini jelang tahun baru,” ucap dia.
    Naiknya harga telur tersebut membuat sejumlah pelanggan mengeluh. Menurut dia, harga kebutuhan pokok sering naik saat menjelang hari besar seperti Nataru.
    “Kemungkinan komoditas lain juga akan naik,” ujar Nariyah.
    Hal yang sama juga dikatakan Suprio, pedagang telur ayam lain di Pasar Mijen Semarang.
    Harga telur
    saat ini tembus Rp 31.000 hingga Rp 32.000 perkilogram.
    “Efeknya omset pasti berkurang, pembeli jadi jarang,” ujar dia.
    Dia berharap agar harga telur dapat kembali seperti semula. Menurut dia, naiknya harga telur berdampak ke penjualnya.
    “Semoga bisa turun lagi harganya,” kata Suprio.
    Copyright 2008 – 2024 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Masyarakat Segera Dibebani Pajak 12 Persen Mulai 1 Januari 2025

    Masyarakat Segera Dibebani Pajak 12 Persen Mulai 1 Januari 2025

    ERA.id – Pemerintah resmi menetapkan kenaikan tarif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) menjadi 12 persen mulai 1 Januari 2025.

    Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, penetapan PPN 12 persen sesuai dengan Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (HPP).

    “Sesuai dengan amanah Undang-Undang tentang Harmoni Peraturan Perpajakan, ini sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, tarif PPN tahun depan akan naik sebesar 12 persen per 1 Januari (2025),” kata Airlangga dalam konferensi pers Paket Kebijakan Ekonomi di Jakarta, Senin (16/12/2024).

    Meskipun demikian, untuk barang dan jasa yang bersifat strategis, pemerintah tetap melanjutkan pemberian fasilitas pembebasan dari pengenaan PPN.

    Airlangga merinci pemerintah bakal memberikan fasilitas dengan membebaskan PPN untuk sebagian barang kebutuhan pokok dan barang penting (bapokting).

    Adapun beberapa barang kebutuhan pokok yang tidak dikenakan PPN yakni; beras, daging ayam ras, daging sapi, ikan bandeng/ikan bolu, ikan cakalang/ikan sisik, ikan kembung/ikan gembung/ikan banyar/ikan gembolo/ikan aso-aso, ikan tongkol/ikan ambu-ambu, ikan tuna, telur ayam ras, cabai hijau, cabai merah, cabai rawit, bawang merah, dan gula pasir.

    Selain itu, tepung terigu, Minyakita, dan gula industri menjadi bahan pokok yang diberikan fasilitas berupa PPN Ditanggung Pemerintah (DTP) 1 persen, yang artinya tarif PPN dikenakan tetap di 11 persen.

    “Stimulus ini untuk menjaga daya beli masyarakat, terutama untuk kebutuhan pokok, dan secara khusus, gula industri yang menopang industri pengolahan makanan minuman yang perannya terhadap industri pengolahan cukup tinggi, yaitu 36,3 persen, juga (PPN) tetap 11 persen. Kemudian juga akan ada bantuan pangan dan beras bagi desil 1 dan 2 ini sebesar 10 kg per bulan,” jelas Airlangga.

    Lebih lanjut, beberapa jasa yang bersifat strategis juga mendapatkan fasilitas pembebasan PPN dengan mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2024.

    Jasa tersebut di antaranya jasa pendidikan, jasa pelayanan kesehatan medis, jasa pelayanan sosial, jasa angkutan umum, jasa keuangan, dan jasa persewaan rumah susun umum dan rumah umum.

    Sejumlah fasilitas perpajakan itu diusulkan pemerintah bersama dengan paket kebijakan insentif fiskal lainnya untuk tahun 2025 mendatang.

    Pada kesempatan yang sama, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan bahwa penetapan kebijakan perpajakan dilakukan dengan tetap memerhatikan azas keadilan, keberpihakan kepada masyarakat, serta gotong royong.

    “Setiap tindakan untuk memungut (pajak) harus dilakukan berdasarkan undang-undang. Dan bagi kelompok masyarakat yang tidak mampu akan dilindungi atau bahkan diberikan bantuan. Di sinilah prinsip negara hadir. Ini azas keadilan yang akan kita coba terus. Tidak mungkin sempurna tapi kita coba mendekati untuk terus menyempurnakan dan memperbaiki,” ucap Sri Mulyani.

  • ShopeeFood Checkout Murah, Favorit Pengguna di Akhir Tahun 2024

    ShopeeFood Checkout Murah, Favorit Pengguna di Akhir Tahun 2024

    Jakarta, Beritasatu.com – Sepanjang tahun 2024, ShopeeFood terus menghadirkan berbagai inovasi dan program yang memberikan dampak positif bagi perkembangan mitra dalam ekosistemnya secara berkelanjutan. Untuk menjawab tingginya antusiasme pengguna, ShopeeFood meluncurkan kampanye Checkout Murah. Inisiatif ini dirancang untuk memberikan pengalaman memesan makanan secara online yang praktis dan terjangkau bagi pengguna, sekaligus membantu meningkatkan penjualan dan visibilitas para merchant, terutama pelaku UMKM.

    Dalam beberapa tahun terakhir, sebagian besar masyarakat telah mengikuti perkembangan dunia digital dan beralih ke ranah online, salah satunya dalam industri pesanan makanan online. Sejalan dengan hasil riset yang dilakukan oleh Statista dalam laporannya yang berjudul Online Food Delivery: Market Data & Analysis yang mengatakan bahwa layanan pesan antar makanan di Indonesia mengalami pertumbuhan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir dan diproyeksikan akan terus bertumbuh 14,48% per tahun hingga 2029.

    Head of Business Development ShopeeFood Indonesia, Rizkyandi Ramadhan, menyampaikan kampanye Checkout Murah ini merupakan respons atas kebutuhan masyarakat yang semakin beragam dalam memenuhi berbagai kebutuhan kulinernya.

    “Oleh karenanya kami menghadirkan kurasi menu kuliner yang variatif dengan harga terjangkau, mulai dari 20 ribu rupiah sudah termasuk ongkir. Kami juga berkolaborasi dengan Mursid untuk semakin memeriahkan kampanye ini,” kata Rizkyandi.

    Kolaborasi ShopeeFood dengan Mursid diharapkan dapat memperkenalkan ShopeeFood Checkout Murah dengan cara yang lebih menarik dan menyenangkan bagi masyarakat yang bisa memanfaatkan segala promosi dari kampanye ini.

    ShopeeFood Checkout Murah Menjadi Pilihan Favorit Pengguna

    Menjadi bagian dalam keseharian masyarakat, ShopeeFood terus berupaya untuk menjadi andalan bagi pengguna, khususnya dalam layanan pesan-antar makanan dengan menghadirkan inovasi berkelanjutan. Melalui kampanye ShopeeFood Checkout Murah, pengguna dapat menikmati makan puas dengan ragam pilihan menu, dengan harga mulai dari Rp 20.000 dan sudah termasuk ongkos kirim.

    Inovasi Shopee Food Checkout Murah ini sukses menarik hati para pengguna dan terbukti telah menjadi pilihan favorit pengguna di penghujung tahun 2024. Jumlah pembelian ShopeeFood Checkout Murah juga meningkat 2 kali lipat di bulan Desember dibandingkan saat pertama kali diluncurkan pada awal September. Inovasi ini juga memberikan keuntungan maksimal bagi para pengguna, dimana dengan menggunakan ShopeeFood Checkout Murah, pengguna telah menghemat pengeluaran dengan total miliaran rupiah.

    Sejak hadir di September lalu dan menemani pengguna dalam berbagai momen, berikut sejumlah fakta dan temuan menarik dari ShopeeFood Checkout Murah yang meliputi:

    – 4 juta menu dapat dipesan pada program ShopeeFood Checkout Murah.

    – Menu favorit pengguna yang paling banyak dipesan: Nasi Ayam, Mie, Nasi Goreng, Bubur Ayam, Nasi Padang, dan Kebab.

    – Waktu makan siang (11.00-12.00) dan makan malam (18.00-19.00) menjadi waktu favorit untuk memesan di ShopeeFood Checkout Murah.

    Dampak Positif Shopee Food Checkout Murah Bagi Merchant

    Selain menjadi andalan pengguna, ShopeeFood juga konsisten menjadi wadah bagi merchant untuk terus bisa mengembangkan usahanya dengan menghadirkan inovasi teknologi dan variasi program. Kehadiran kampanye ShopeeFood Checkout Murah memberikan dampak signifikan pada penjualan merchant dengan peningkatan transaksi selama periode berlangsung.

    Dampak ini dirasakan oleh pemilik Unique Chicken, Boby Ardiansyah, ia merasa senang bisa menjadi bagian dari kampanye Checkout Murah dan juga program-program ShopeeFood lainnya.

    “Dalam hal ini secara konsisten kami ikuti hingga peningkatan penjualan kami mencapai hingga 6 kali lipat dibandingkan sebelum kampanye ini berlangsung. Bersama Shopee Food, mengelola bisnis juga lebih praktis dan mudah dengan inovasi yang ditawarkan di aplikasi Shopee Partner,” ujarnya.

    Apresiasi terhadap Shopee Food Checkout Murah juga datang dari CEO of Ngedagging, Robert Peter Rajimin, yang menyatakan bahwa penjualannya mengalami peningkatan yang signifikan lewat program kampanye yang dihadirkan ShopeeFood tersebut.

    “Ngedagging selalu menyambut dengan antusias terhadap kampanye dan program yang ditawarkan oleh ShopeeFood. Terbaru dengan ShopeeFood Checkout Murah ini kenaikan penjualan kami sangat diluar ekspektasi, ini menjadi pencapaian yang sangat baik bagi usaha kami. Kami senantiasa menantikan inovasi dari ShopeeFood kedepannya untuk terus dapat mengembangkan usaha merchant,” ungkap Robert.

    Rizkyandi menambahkan, sejak hadir beberapa bulan, tercatat angka-angka positif yang berupa peningkatan pada peningkatan penjualan, pengguna, juga partisipasi merchant untuk mengikuti kampanye Shopee Food Checkout Murah.

    “Tentunya hal tersebut semakin memotivasi ShopeeFood untuk terus berinovasi dalam upaya memberikan yang terbaik bagi seluruh pengguna yang berada dalam ekosistem kami, yaitu para pengguna, merchant, dan mitra pengemudi,” pungkasnya.

  • Harga cabai rawit naik Rp10.840 jadi Rp51.090 per kg pada Senin

    Harga cabai rawit naik Rp10.840 jadi Rp51.090 per kg pada Senin

    Ilustrasi – Seorang pedagang memilih cabai rawit di pasar Sentral, Kota Gorontalo, Gorontalo. ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin

    Harga cabai rawit naik Rp10.840 jadi Rp51.090 per kg pada Senin
    Dalam Negeri   
    Editor: Calista Aziza   
    Senin, 16 Desember 2024 – 09:15 WIB

    Elshinta.com – Badan Pangan Nasional (Bapanas) mencatat harga sejumlah komoditas pangan secara umum naik per Senin (16/12), cabai rawit merah naik Rp10.840 menjadi Rp51.090 per kilogram (kg).

    Berdasarkan data dari Panel Harga Bapanas pukul 07.30 WIB, secara umum harga pangan di tingkat pedagang eceran secara nasional, beras premium naik 8,65 persen atau Rp1.330 menjadi Rp16.700 per kg.

    Begitu pun beras medium naik 5,50 persen atau 740 menjadi Rp14.200 per kg; begitu pun beras stabilitas pasokan dan harga pangan (SPHP) Bulog naik 0,88 persen atau Rp110 menjadi Rp12.610 per kg.

    Berikutnya komoditas bawang merah naik 0,15 persen atau Rp60 menjadi Rp40.010 per kg; begitu pun bawang putih bonggol naik 5,53 persen atau Rp2.330 menjadi Rp44.480 per kg.

    Berikutnya, harga komoditas cabai merah keriting naik hingga 31,06 persen atau Rp10.470 menjadi Rp44.180 per kg; lalu cabai rawit merah juga naik hingga 26,93 persen atau Rp10.840 menjadi Rp51.090 per kg.

    Sementara itu, harga daging sapi murni turun 1,55 persen atau Rp2.090 menjadi Rp132.790 per kg; sedangkan daging ayam ras naik 22,52 persen atau Rp8.250 menjadi Rp44.890 per kg; begitu pula telur ayam ras naik 11,49 persen atau Rp3.410 menjadi Rp33.100 per kg.

    Berikutnya, harga kedelai biji kering (impor) terpantau naik 1,44 atau Rp150 menjadi Rp10.590 per kg; lalu gula konsumsi juga naik 7,74 persen atau Rp1.390 menjadi Rp19.350 per kg.

    Minyak goreng kemasan sederhana naik 10,83 persen atau Rp2.020 menjadi Rp20.670 per kg; sedangkan minyak goreng curah turun 3,21 persen atau Rp560 menjadi Rp16.880 per kg.

    Kemudian komoditas tepung terigu curah naik 2,77 persen atau Rp280 menjadi Rp10.380 per kg; sedangkan terigu non curah naik 4,52 persen atau Rp590 menjadi Rp13.650 per kg.

    Kemudian harga jagung di tingkat peternak naik 31,66 persen atau Rp1.890 menjadi Rp7.860 per kg; lalu harga garam halus beryodium juga naik 10,54 persen atau Rp1.220 menjadi Rp12.790 per kg.

    Berikutnya, harga ikan kembung terpantau naik 18,92 persen atau Rp7.090 menjadi Rp44.560 per kg; begitu pun ikan tongkol naik 23,47 persen atau Rp7.340 menjadi Rp38.620 per kg; lalu ikan bandeng juga naik 31,70 persen atau Rp10.620 menjadi Rp44.120 per kg.

    Sumber : Antara

  • Mengungkap Rahasia Kuliner Sate Bebek Tambak Khas Banyumas

    Mengungkap Rahasia Kuliner Sate Bebek Tambak Khas Banyumas

    Liputan6.com, Jakarta – Sate Bebek Tambak adalah salah satu kuliner khas yang berasal dari daerah Tambak Banyumas, Jawa Tengah. Makanan ini memiliki ciri khas tersendiri yang membedakannya dari jenis sate lainnya, baik dari segi bahan utama, bumbu, hingga proses penyajiannya.

    Sate ini menggunakan daging bebek sebagai bahan utama, yang dikenal memiliki tekstur lebih padat dan rasa yang lebih gurih dibandingkan dengan daging ayam atau kambing.

    Keunikan lainnya terletak pada proses pengolahannya, yang membutuhkan keterampilan dan waktu lebih lama untuk memastikan daging sate bebek Tambak yang cenderung keras menjadi empuk dan mudah dikunyah.

    Rahasia kelezatan sate bebek Tambak terletak pada bumbu yang digunakan. Daging bebek terlebih dahulu dimarinasi dengan rempah-rempah khas seperti ketumbar, bawang putih, kunyit, jahe, dan garam, kemudian dibakar di atas arang hingga matang sempurna.

    Proses pembakaran ini memberikan aroma smokey yang khas, sekaligus menjadikan tekstur luar sate sedikit renyah namun tetap juicy di bagian dalam.

    Setelah matang, sate biasanya disajikan dengan bumbu kacang khas yang memiliki rasa manis, gurih, dan sedikit pedas, atau bisa juga dengan sambal kecap yang pedas segar.

    Beberapa warung juga menambahkan pelengkap seperti lontong atau nasi hangat untuk membuat sajian ini lebih mengenyangkan. Sate Bebek Tambak tidak hanya sekadar makanan, tetapi juga mencerminkan tradisi dan budaya kuliner masyarakat setempat.

    Di daerah asalnya, sate ini sering dihidangkan dalam acara-acara khusus seperti perayaan, syukuran, atau hajatan keluarga. Banyak pedagang yang masih menggunakan cara tradisional dalam mengolah sate ini, mulai dari pemilihan bebek segar lokal hingga penggunaan arang kayu untuk membakar sate.

     

    Balada Sabu dalam Bungkus Permen di Kebumen

  • Kisah Sukses Wanita Pangkas BB 82 Kg, Resepnya Cuma Makan Ini

    Kisah Sukses Wanita Pangkas BB 82 Kg, Resepnya Cuma Makan Ini

    Jakarta

    Seorang Ibu berusia 34 tahun di Isle of Thanet, Kent, Inggris, Sally Martin, membagikan kisah perjalanannya dalam proses menurunkan berat badan hingga 82 kg. Motivasi ini muncul setelah dirinya menghadapi putus cinta.

    Awalnya wanita tersebut memiliki berat badan 171 kg. Dirinya merasa ketakutan tidak akan pernah menemukan cinta kembali setelah kepercayaan dirinya hancur setelah mengakhiri hubungan dengan pasangan.

    Sally selalu berjuang melawan berat badannya tetapi kerap gagal dan fase depresi membuatnya mencari makanan manis untuk menenangkan diri, diam-diam kembali mengonsumsi cokelat dan permen.

    Namun, saat pakaiannya mulai terasa ketat, Sally tahu bahwa dirinya harus membuat beberapa perubahan demi kesehatan dan kebahagiaannya.

    “Saya menggunakan makanan sebagai pelipur lara, itu adalah satu-satunya hal yang bisa membuat saya bahagia saat saya kelelahan karena bekerja dan mengurus anak-anak. Namun, saat saya tidak bisa mengenakan ukuran 36, saya menyadari ada sesuatu yang perlu dilakukan,” kata Sally, dikutip dari Mirror, pada Selasa (3/12/2024).

    “Sampai pada titik saya tidak bisa berlarian dan bermain dengan anak saya, dan saya merasa pusing setelah menaiki tangga. Saya pernah diberi tahu ‘tidak akan ada yang mencintaimu seperti ini’, dan itu terus menghantui saya,” sambungnya.

    Setelah dirinya lajang, Sally menyadari bahwa ia tidak dapat menemukan pakaian yang pas dan pergi untuk menemui dokter. Dirinya kemudian diarahkan untuk menjalani operasi bypass lambung pada Februari 2020, dan pada akhir 2021 berat badannya hilang sebanyak 63 kg karena pola makan lebih kecil dan mulai aktif berjalan kaki setiap hari.

    Sally bertekad untuk terus konsisten dan tak terasa saat ini berat badannya 88 kg. Ia kini bisa mengenakan baju ukuran kecil dengan mudah. Sally merasa seperti memiliki tubuh baru dan kini ia juga sudah menemukan cinta baru dengan pasangan yang mendukungnya.

    “Saya kehilangan berat badan, tetapi memperoleh kebebasan, kepercayaan diri, dan kebahagiaan, dan pasangan baru saya, Dan, adalah pendukung terbesar saya,” tutupnya.

    Menu dietnya seperti apa sih?

    Sarapan: 40 gram sereal, 60 mililiter susu skim, 1 pisang, dan latte tanpa lemakMakan siang: telur dadar/kentang goreng/pastaMakan malam: makanan rumahan seperti spaghetti bolognese/ayam, nasi dan salad/kari tradisional/saladMinuman: skinny latte, teh dengan 50 ml susu skim, jeruk squash tanpa gula, dan sesekali minuman bersoda bebas gula dan kalori

    (naf/kna)

  • 6
                    
                        Menu Sehat Warung Kaki Lima Bu Roby Surabaya, Pelanggannya "Orang Berotot"
                        Surabaya

    6 Menu Sehat Warung Kaki Lima Bu Roby Surabaya, Pelanggannya "Orang Berotot" Surabaya

    Menu Sehat Warung Kaki Lima Bu Roby Surabaya, Pelanggannya “Orang Berotot”
    Tim Redaksi
    SURABAYA, Kompas.com
    – Warung tenda biru yang terletak di Jalan Dharmahusada Indah Barat III,
    Surabaya
    , mungkin terlihat seperti lapak makanan kaki lima pada umumnya. Namun, begitu memasuki warung berukuran 1×2 meter ini, anda akan menemukan sesuatu yang berbeda.
    Warung milik Bu Roby itu menjual
    menu sehat
    atau ayam diem. Pelanggannya pun dari kalangan “manusia berotot” alias binaragawan.
    “Sebenarnya nggak cuma untuk diet saja, tetapi juga menggemukkan. Jadinya menu sehat,” katanya kepada Kompas.com, Jumat (13/12/2024).
    Jika melihat lokasi warung Bu Roby memang tak heran makanan yang jual adalah menu sehat. Pasalnya, lokasi warung milik perempuan berusia 55 tahun itu berada di depan klub badminton Suryanaga.
    . Tempat para altlet badminton latihan dan menggelar pertandingan. Tepatnya di Jalan Dharmahusada Indah Barat III, Kelurahan Mojo, Kecamatan Gubeng, Kota Surabaya.
    Sementara di sebelahnya terdapat Atlas Sport atau pusat alahraga yang menyediakan kolam renang dan jacuzzi, perlengkapan gym, lapangan squash serta jalur lari.
    “Pelanggannya yang makan menu sehat sejak dulu orang berotot semua. Atlet-atlet, terus mahasiswa kedokteran itu banyak yang ke sini,” ucapnya.
    Sejak tahun 1993, Bu Roby merantau dari Solo ke Surabaya bersama suaminya untuk menyambung hidup. Dia awalanya membantu sang ayah yang berjualan mi ayam dan bakso.
    “Dulu ke sini karena bantu ayah jualan bakso dan mi ayam di dekat kampus ITATS (Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya),” terangnya.
    Lima tahun berselang, pada tahun 1998 Indonesia mengalami krisis moneter dan demo besar-besaran di mana-mana.
    Mahasiswa ITATS saat itu memilih mogok makan yang membuat warung keluarga Bu Roby semakin sepi. Namun, dia bertahan hingga tahun 2004.
    Di tahun yang sama, seorang pelanggan memberikan informasi jika salah satu pemilik warung kaki lima yang berada di depan PB Suryanaga ingin menjual tempat usahanya.
    “Nah tempat ini saya menggantikan orang dahulu. Ibunya butuh uang untuk menebus anaknya yang dipenjara, akhirnya saya beli,” imbuhnya.
    Pada awalnya, Bu Roby menjual menu nasi campur. Akan tetapi, menu tersebut tak mendapat sambutan baik dari pelanggan sekitar yang merupakan kalangan binaragawan.
    “Dulu mereka bilang ‘itu makanan kotor, bukan makanan saya, makanan saya polos’. Saya sempat emosi karena makanan kotor itu bukan berarti dicuci dan nggak dicuci,” ujarnya
    Dia mengaku sama sekali tak memahami maksud dari ‘makanan polos’ yang disebutkan oleh para binaragawan.
    “Akhirnya saya dikasih tahu mereka kalau makanannya itu nggak ada rasa sama sekali. Garam pun nggak boleh jadi yang dimasak dada dan telur,” terangnya.
    “‘Kalau ibu mau jualan, saya dan pelatih-pelatih tiap hari makan di sini’,” sambung Bu Roby sambil menirukan gaya bicara binaragawan saat itu.
    Bu Roby bukanlah lulusan sarjana Ahli Gizi. Namun, dia belajar banyak soal pengolahan makanan sehat dari obrolan bersama para pelanggannya.
    “Mereka nggak ngebolehin saya ngerebus, soalnya kalau direbus itu lemaknya mengendap. Jadi semua bahannya itu harus dikukus. Mereka itu bisa membedakan mana yang direbus dan dikukus, jadi saya nggak bisa bohong,” katanya dengan sedikit heran.
    Sepiring menu sehat yang dijual Bu Roby berisi 250 gram ayam kukus, putih telur 200 gram, tahu dan tempe sebagai protein. Lalu sayur brokoli dan wortel sebagai sumber serat. Tak lupa, nasi merah yang kaya akan nutrisi menjadi kondimen andalan.
    “Mereka itu kebanyakan butuhnya protein dan serat. Ada bumbu bukan dari kacang tapi kemiri dan tidak digoreng,” tuturnya.
    Satu porsi menu sehat dibanderol oleh Bu Roby sebesar Rp 35.000. Dia mengaku tak pernah ada protes dari pelanggan untuk harga yang dia patok.
    “Nggak ada (protes) karena biasanya kan memang menu sehat itu mahal dan saya juga ambil untung sedikit karena harga ayam dan nasi merah itu mahal,” jelasnya.
    Berjualan di warung kaki lima selama 20 tahun, tak terhitung berapa pelanggan tetap Bu Roby yang setiap hari singgah ke tempatnya dari tahun ke tahun.
    Ada pelanggan lama, ada juga yang baru. Namun yang pasti, untuk sehari-hari jika tidak ada
    event
    olahraga, Bu Roby bisa menghabiskan enam ekor ayam.
    Bu Roby juga nampak akrab dengan beberapa pelanggannya. Tanpa disebutkan, dia sudah paham menu yang biasa mereka pesan.
    “Saya punya pelanggan sudah sembilan tahun beli di warung saya. Dia dulu keceng (kurus) seperti orang gizi buruk sekarang berotot dan jadi Angkatan Laut,” ungkap Bu Roby dengan sangat antusias.
    Dia juga menceritakan, salah satu pelanggannya kini menjadi artis dan brand ambasador L-Men, Michael Wandana.
    Bukan hanya orang-orang binaragawan atau atlet, tidak jarang Bu Roby menerima pelanggan yang memiliki masalah kesehatan seperti kolesterol.
    “Ada juga orang kolesterol, makan menu sehat saya jadi hilang kolesterolnya. Terus ada orang obesitas, sekarang badannya bagus,” bebernya.
    Bu Roby menyadari jika menu sehat yang dia jual bukan menjadi satu-satunya faktor kesembuhan dan kebugaran. Namun, untuk memiliki jiwa dan badan yang sehat, penting dibarengi dengan olahraga dan pola hidup disiplin.
    “Tapi mereka juga lari, fitness. Karena orang sakit itu obatnya dari mulut kita sendiri,” ucapnya.
    Sejak viral dan mendapat review dari influencer kuliner, warung Bu Roby semakin dikenal banyak orang. Banyak orang yang menginginkan Bu Roby buka cabang.
    Sayangnya, modal menjadi kendala utama bagi Bu Roby dan keluarganya. Meski suaminya juga berjualan mie ayam di samping Warung Bu Roby, belum mampu menutupi biaya operasional.
    “Saya juga pengin buka cabang tapi modalnya nggak ada. Terus pengin punya warung sendiri juga biar nggak bongkar pasang,” pungkas ibu tiga anak tersebut.
    Copyright 2008 – 2024 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.