Arus lalu lintas di Jalan Tol Balikpapan-Samarinda. (ANTARA/HO – Jasa Marga)
Hari H Natal, lalin tiga ruas Tol Regional Nusantara alami peningkatan
Dalam Negeri
Editor: Novelia Tri Ananda
Kamis, 26 Desember 2024 – 12:31 WIB
Elshinta.com – Jasamarga Nusantara Tollroad Regional Division (JNT/Regional Nusantara) mencatat tiga ruas Tol Regional Nusantara mengalami peningkatan lalu lintas (lalin) pada Hari H Natal atau Rabu (25/12).
“Jasamarga Nusantara Tollroad Regional Division (JNT/Regional Nusantara) mendata peningkatan volume lalu lintas (lalin) tiga ruas tol yang berada di bawah koordinasi Regional Nusantara pada hari H libur Natal 2024 atau Rabu (25/12),” ujar Senior General Manager Jasamarga Nusantara Tollroad Regional Division Tyas Pramoda Wardhani di Jakarta, Kamis.
Adapun tiga ruas tol di Regional Nusantara yang mengalami kenaikan volume lalin yakni ruas Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi tercatat 13.493 kendaraan atau meningkat 3 persen dari volume lalin normal, 13.105 kendaraan. Dari lalin tersebut, sejumlah 4. 572 kendaraan melalui Gerbang Tol Kualanamu menuju Kota Medan.
Ruas Tol Balikpapan-Samarinda tercatat 14.425 kendaraan atau meningkat 27,7 persen dari volume lalin normal, 11.292 kendaraan. Kemudian Ruas Tol Manado-Bitung tercatat 6.360 kendaraan melintas atau meningkat 12,2 persen dari lalin normal, 5.669 kendaraan.
JNT mengimbau pengguna jalan yang akan melakukan perjalanan di jalan tol untuk dapat memastikan kondisi pengemudi dan kendaraan dalam keadaan prima dan laik jalan, mempersiapkan perbekalan selama perjalanan (makanan, minuman, serta peralatan ibadah, obat-obatan pribadi), mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) secara penuh sebelum melakukan perjalanan, mengecek tarif tol dan mengisi saldo uang elektronik dengan cukup.
Selain itu, pengguna jalan tol juga direkomendasikan untuk melakukan pemilihan waktu dan rute perjalanan dengan baik salah satunya dengan menghindari perjalanan waktu puncak arus mudik dan balik.
JNT mendorong seluruh pengguna jalan tol untuk mengikuti aturan selama perjalanan dengan mematuhi rambu dan arahan petugas di lapangan, disiplin dalam ketentuan berkendaraan serta dianjurkan untuk melakukan pengisian ulang (top up) uang elektronik di rest area serta menghindari top up di gerbang tol.
Bagi pengguna jalan tol yang akan memanfaatkan fasilitas rest area, dianjurkan tidak berlama-lama di rest area, maksimal 30 menit, menjaga kebersihan rest area serta memanfaatkan posko pelayanan kesehatan di rest area apabila memerlukan pengecekan kesehatan.
Informasi seputar jalan tol di Regional Nusantara dapat diakses melalui media sosial @jalantolnusantara. Informasi lalu lintas terkini dan permintaan pelayanan lalu lintas jalan tol dapat diakses melalui One Call Center 24 Jam Jasa Marga di nomor 14080, X @PTJASAMARGA serta aplikasi Travoy untuk pengguna iOS dan Android.
Sumber : Antara