Grup Musik: iKON

  • IMX 2025 8Volution Jadi Pusat Kultur Otomotif Asia Tenggara

    IMX 2025 8Volution Jadi Pusat Kultur Otomotif Asia Tenggara

    Jakarta

    Ajang modifikasi Indonesia Modification & Lifestyle Expo (IMX) 2025 kembali menjadi pusat perhatian pecinta modifikasi. Bahkan, lebaran modifikasi di Indonesia ini diklaim menjadi pusat kultur otomotif di Asia Tenggara.

    Indonesia Modification & Lifestyle Expo (IMX) 2025 kembali menegaskan posisinya sebagai pusat kultur otomotif, khususnya di Asia Tenggara, sekaligus barometer tren otomotif dunia. Tahun ini, IMX dipercaya menjadi panggung kehadiran legenda modifikasi global, figur-figur inspiratif international, hingga peluncuran eksklusif produk otomotif berskala dunia.

    “Saya percaya IMX adalah salah satu area yang sangat penting dalam perkembangan dunia otomotif, khususnya dunia modifikasi tanah air. IMI hadir untuk memastikan bahwa perkembangan modifikasi di Indonesia berjalan ke arah yang positif. Dukungan IMI terhadap IMX merupakan wujud nyata dari kami komitmen kami dalam membina, mengarahkan, sekaligus membuka ruang sebesar-besarnya bagi talenta modifikator Indonesia untuk terus berkembang,” ucap selaku Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), Moreno Soeprapto.

    “Pameran modifikasi yang di-combine dengan lifestyle ini adalah terobosan yang luar biasa. Sejak yang pertama 8 tahun lalu hingga sekarang, selalu ada peningkatan baik dari pengunjung sampai omset. Semoga IMX tahun ini bakal lebih sukses dibandingkan tahun sebelumnya,” tambah Bambang Soesatyo selaku Ketua Dewan Pembina IMI.

    Dijelaskan IMX 2025 Tahun ini akan disadari para modifikasi dunia, seperti Wataru Kato (Liberty Walk), Smoky Nagata (Top Secret), dan Ichiraku (Director Internasional RWB). Ketiganya adalah ikon legendaris dunia modifikasi yang pengaruhnya melampaui generasi. Tidak hanya itu, Hana Vocado, figur pop otomotif asal Korea dengan jutaan pengikut internasional, juga akan tampil untuk meramaikan puncak acara.

    Puluhan nama besar lainnya turut hadir, di antaranya: Big Mike, Ryan Rywire, Musa Tjahjono (USA), Takahiro Ueno (Vertex Japan), hingga Kuhl Racing Japan. Kehadiran tokoh-tokoh ini menegaskan IMX sebagai magnet utama pecinta otomotif dan lifestyle global.

    Indonesia Modification & Lifestyle Expo (IMX) 2025 kembali menegaskan posisinya sebagai pusat kultur otomotif, khususnya di Asia Tenggara, sekaligus barometer tren otomotif dunia. Foto: dok. IMX

    “Saya mengapresiasi, konsistensi NMAA dan IMX yang sudah mulai sejak 2018 sudah menjadi pusat inovasi, kreatifitas, dan jejaring internasional yang luar biasa. IMX bukan sekedar pameran, tapi kultur otomotif di Asia Tenggara, bahkan dunia. Dan di sini anak-anak muda bisa menumpahkan kreativitas mereka, dengan keunikan mereka masing-masing,” ungkap Raffi Ahmad selaku Utusan Khusus Presiden Bidang Pembinaan Generasi Muda dan Pekerja Seni.
    Magnet Lifestyle dan Koleksi Eksklusif

    Pada tahun ini tahun ini, IMX juga akan menjadi sorotan dunia lifestyle dengan tiga magnet utama:

    – IMX 2025 x LBWK Aventador Event Car

    Hadir sebagai diecast 1:64 yang menjadi kembaran versi 1:1 milik Raffi Ahmad, die cast ini merupakan hasil kolaborasi Liberty Walk dengan IMX. Aventador Chrome ini menjadi simbol kolaborasi internasional yang memadukan sentuhan khas LBWK Jepang dengan kreativitas modifikator Indonesia.

    – IMX 2025 x R32 Red Chrome Limited Event Car

    Smoky Nagata tidak hanya membawa Top Secret R32 World Premiere versi full size, tetapi juga menghadirkan die cast skala 1:64 berbalut warna merah chrome. Kehadirannya menjadi momen langka sekaligus collectible item yang sangat ditunggu para kolektor.

    – Hot Wheels Convention Car 2025

    Hot Wheels Convention Cars untuk pertama kalinya hadir di Indonesia, meluncurkan Porsche Convention seri Asia Pasifik, yang dihadirkan di 5 Negara dengan design connecting pada bagian blister. Tentu ini menjadi momen yang tak boleh dilewatkan pecinta diecast internasional.

    Dalam pergelaran tahun ini juga, program unggulan NMAA Ultimate Builder akan kembali menjadi sorotan. Dengan kurasi langsung dari Ryan Basserie dan Big Mike-juri kelas dunia yang juga dipercaya di ajang SEMA Battle of Builders Las Vegas-lebih dari 900 mobil modifikasi yang mendaftar telah dipilih menjadi sekitar 150 mobil terbaik Indonesia.

    Koleksi mobil ini akan menjadi representasi karya modifikasi Tanah Air yang disaksikan oleh pengunjung dari seluruh dunia di IMX 2025.

    Selain konten otomotif berkelas dunia, IMX 2025 memanjakan pengunjung dengan berbagai pengalaman:

    – 2 Unit Super give away Mobil Eksklusif Untuk Pengunjung

    IMX 2025 menghadirkan dua mobil super give away yang bisa dimenangkan oleh pengunjung. Dua mobil tersebut adalah Super give away On The Spot Chery J6 By Cellos ZXZ dan Super give away Daihatsu Ayla GH Style garapan Gofar Hilman.

    – Promo Khusus BCA

    Pengguna BCA berkesempatan untuk mendapatkan potongan harga 50 persen untuk pembelian tiket On The Spot IMX 2025. Promo ini hanya berlaku di ticket box Hall 10 dan pembayaran melalui myBCA, BCA Mobile, Sakuku, debit BCA atau Kartu Kredit BCA. Selain itu, pengunjung bisa tersedia promo cashback hingga Rp 500 ribu untuk transaksi Paylater BCA atau Kartu Kredit BCA. Berlaku juga Cicilan BCA 0% hingga 24 bulan pakai Kartu Kredit BCA.

    Indonesia Modification & Lifestyle Expo (IMX) 2025 kembali menegaskan posisinya sebagai pusat kultur otomotif, khususnya di Asia Tenggara, sekaligus barometer tren otomotif dunia. Foto: dok. IMX

    – Lifestyle, Toys, & Diecast Area

    IMX mengkurasi para seller die-cast dan toys terbaik dari Indonesia untuk hadir membuka booth-nya di IMX Big Bang. Para pengunjung bisa mendapatkan berbagai produk die-cast, toys, serta beragam merchandise lifestyle dengan harga terbaik di IMX.

    – IMX X D1 Grand Prix South East Asia Series

    IMX 2025 jadi tempat singgah ajang kompetisi drift profesional D1 Grand Prix South East Asia untuk Round 3 dan 4 pada 11-12 Oktober 2025. Sinergi ini menjadikan Indonesia tuan rumah dua ajang otomotif besar dalam satu panggung spektakuler.

    – Exclusive Release & Special Deals

    Program ini menghadirkan berbagai produk otomotif dan lifestyle yang diluncurkan perdana, mulai dari parts aftermarket, velg, bodykit, cat khusus, hingga die cast edisi terbatas. Pengunjung bisa menikmati penawaran spesial dari berbagai brand lokal maupun internasional, seperti diskon hingga 80%, paket bundling, hingga kesempatan mendapatkan merchandise eksklusif.

    – KOL/Celebrity Modified Car Display

    KOL/Celebrity Modified Car Display merupakan area khusus yang menampilkan mobil modifikasi milik para public figure, selebritas, hingga key opinion leader (KOL) otomotif. Dari YouTuber otomotif, influencer modifikasi, hingga artis papan atas akan memamerkan karya personal mereka yang dimodifikasi sesuai karakter masing-masing.

    “Kemenkeraf sangat mendukung penuh IMX 2025 sebagai platform strategis tidak hanya menjadi pamer kreativitas dan inovasi, tetapi juga sebagai motor penggerak pengembangan sektor otomotif dalam ekonomi kreatif Indonesia,” pungkas Direktur Arsitektur dan Desain Kementerian Ekonomi Kreatif, Sabar Norma Megawati Panjaitan.

    (lth/dry)

  • WhatsApp Kini Dukung Live Photos di iOS, Ini 5 Fitur Baru Lainnya – Page 3

    WhatsApp Kini Dukung Live Photos di iOS, Ini 5 Fitur Baru Lainnya – Page 3

    Adanya pembaruan ini, pengguna iPhone bisa mengirim maupun menerima Live Photos di WhatsApp yang akan muncul sebagai gambar bergerak singkat, sama persis seperti saat dilihat lewat galeri foto iOS. Foto tersebut juga punya tanda khusus berupa ikon Live Photo di bagian kiri atas.

    Saat ikon tersebut ditekan, foto akan kembali memutar animasinya lengkap dengan suara asli yang terekam saat pengambilan gambar.

    Menariknya, fitur ini bisa dipakai di berbagai jenis percakapan, baik chat pribadi, grup, maupun di saluran (Channels).

    Namun, untuk saat ini fitur tersebut belum langsung tersedia untuk semua pengguna. Sejumlah pengguna melaporkan mereka sudah bisa menerima Live Photos, tapi belum bisa mengirimnya, karena memang peluncurannya dilakukan bertahap.

  • Tutorial Praktis Kirim Live Photo WhatsApp di iOS dan Android

    Tutorial Praktis Kirim Live Photo WhatsApp di iOS dan Android

    Bisnis.com, JAKARTA— WhatsApp menghadirkan fitur pengiriman Live Photo melalui aplikasi WhatsApp di perangkat iOS. Fitur ini memberikan alternatif bagi pengguna iPhone untuk mengirimkan foto bergerak langsung melalui WhatsApp, tanpa harus menggunakan AirDrop.

    Tak hanya pengguna iOS, pembaruan serupa juga dapat dinikmati oleh pengguna WhatsApp di Android.

    “Kini Anda bisa membagikan Live Photo (iOS) dan Foto Bergerak (Android) yang menangkap kehidupan apa adanya, lengkap dengan suara dan gerakan, artinya Anda bisa membagikan momen yang lebih beragam kepada teman-teman di platform apa pun,” tulis WhatsApp dalam keterangan resminya, Selasa (30/9/2025).

    Adapun Cara Mengirim Live Photo di WhatsApp (iOS):

        1.    Buka aplikasi WhatsApp yang sudah diperbarui ke versi terbaru.

        2.    Pilih chat atau kontak yang ingin Anda kirimkan Live Photo.

        3.    Ketuk ikon “+” di sebelah kiri kolom pesan.

        4.    Pilih menu Foto & Video, lalu pilih Live Photo yang ingin dikirim.

        5.    Aktifkan fitur Live dengan mengetuk ikon di pojok kanan atas.

        6.    Tekan tombol Kirim.

    Dalam beberapa bulan terakhir, WhatsApp terus menggulirkan beragam pembaruan untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Selain kemampuan mengirim Live Photo di iOS dan Foto Bergerak di Android, aplikasi ini juga memperkenalkan sejumlah fitur baru. 

    Pengguna kini bisa memanfaatkan Meta AI untuk membuat tema obrolan khusus sesuai kreativitas masing-masing, bahkan menghadirkan latar belakang unik saat melakukan panggilan video maupun ketika mengambil foto dan video langsung di dalam chat.

    Selain itu, WhatsApp menambahkan paket stiker baru yang membuat percakapan lebih ekspresif, mulai dari koleksi Burung Pemberani, Hari Sekolah, hingga Liburan. 

    Fungsi pencarian grup juga semakin mudah, cukup dengan mencari nama salah satu anggota untuk menampilkan grup yang sama. 

    Khusus pengguna Android, kini tersedia fitur pemindaian dokumen yang memungkinkan pemotongan, penyimpanan, hingga pengiriman dokumen langsung dari aplikasi, sebuah kemampuan yang sebelumnya hanya ada di iPhone.

  • HSBC BWF Community Clinic Series Dukung Talenta Badminton Indonesia

    HSBC BWF Community Clinic Series Dukung Talenta Badminton Indonesia

    Jakarta: Dengan lebih dari 60% masyarakat Indonesia menggemari bulu tangkis, olahraga ini sejajar dengan sepak bola dalam hal popularitas. Minat yang tinggi ini juga tercermin dari partisipasi aktif masyarakat, di mana setengah penduduk Indonesia pernah bermain bulu tangkis dalam 12 bulan terakhir.

    Fakta-fakta ini terungkap dalam HSBC dan BWF Global Badminton Study 2024, yang menegaskan Indonesia sebagai salah satu pasar terkuat bagi perkembangan olahraga tepok bulu ini.

    Melihat potensi besar yang dimiliki Indonesia, HSBC bersama Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) meluncurkan HSBC Coaching Clinic 2025. Inisiatif ini merupakan wujud nyata dari komitmen kedua belah pihak untuk terus mendorong pertumbuhan dan pengembangan bulu tangkis di seluruh dunia.

    Lebih dari itu, program ini juga bertujuan untuk mendukung komunitas badminton Indonesia serta melahirkan lebih banyak talenta atlet nasional yang akan mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.

    Tidak hanya fokus pada pengembangan talenta, HSBC Indonesia juga memanfaatkan kesempatan berharga ini dengan memberikan akses khusus bagi anak-anak dari nasabah Premier yang memiliki minat dan bakat di bulu tangkis.

    Program ini akan menjadi wadah istimewa bagi mereka untuk menyalurkan bakat dan mengasah keterampilan di bawah bimbingan para ahli. Selain itu, HSBC Coaching Clinic 2025 juga menghadirkan dimensi kemanusiaan yang mendalam melalui kolaborasi dengan Special Olympics Indonesia.

    Melalui kerja sama ini, anak-anak berkebutuhan khusus akan mendapatkan kesempatan langka untuk merasakan pengalaman berlatih bersama atlet profesional, sebuah pengalaman yang diharapkan dapat memberikan inspirasi dan kegembiraan bagi mereka.

    Lanny Hendra, International Wealth and Premier Banking Director, HSBC Indonesia, menyampaikan antusiasmenya terhadap inisiatif ini. “Kerja sama HSBC dengan BWF menjadi bukti nyata dukungan kami terhadap olahraga sekaligus upaya mendorong gaya hidup sehat. Melalui kolaborasi ini, HSBC turut memperluas jangkauan bulu tangkis dan menginspirasi lebih banyak orang untuk bermain serta merasakan manfaat positif dari olahraga ini,” ujarnya.

    Senada dengan Lanny Hendra, Thomas Lund, BWF Secretary General, juga menambahkan, HSBC telah menjadi mitra penting dalam mendukung visi BWF untuk memperluas jangkauan bulu tangkis di seluruh dunia.

    “Melalui inisiatif seperti coaching clinic ini, kami dapat memastikan semakin banyak generasi muda yang terinspirasi untuk mencintai, memainkan, dan meraih prestasi di olahraga bulu tangkis.”

    Greysia Polii, peraih medali emas Olimpiade dan ikon bulu tangkis Indonesia yang berkolaborasi dalam HSBC Coaching Clinic 2025, turut berbagi semangatnya. “Bulu tangkis telah memberikan saya kesempatan untuk bermimpi besar dan meraihnya. Melalui pelatihan ini, saya ingin berbagi pengalaman, nilai sportivitas, dan semangat pantang menyerah. Saya berharap para peserta menyadari bahwa olahraga ini bisa membuka banyak peluang dan memberikan dampak positif dalam hidup mereka,” kata Greysia.

    Dengan dukungan penuh dari tim pelatih berpengalaman, HSBC Coaching Clinic 2025 diharapkan menjadi wadah inspiratif yang mampu mengembangkan minat, keahlian, dan aspirasi generasi muda.

    Program ini juga diharapkan dapat memperkuat hubungan erat antara HSBC dengan masyarakat, serta terus mendorong semangat olahraga di seluruh pelosok negeri.

    Jakarta: Dengan lebih dari 60% masyarakat Indonesia menggemari bulu tangkis, olahraga ini sejajar dengan sepak bola dalam hal popularitas. Minat yang tinggi ini juga tercermin dari partisipasi aktif masyarakat, di mana setengah penduduk Indonesia pernah bermain bulu tangkis dalam 12 bulan terakhir.
     
    Fakta-fakta ini terungkap dalam HSBC dan BWF Global Badminton Study 2024, yang menegaskan Indonesia sebagai salah satu pasar terkuat bagi perkembangan olahraga tepok bulu ini.
     
    Melihat potensi besar yang dimiliki Indonesia, HSBC bersama Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) meluncurkan HSBC Coaching Clinic 2025. Inisiatif ini merupakan wujud nyata dari komitmen kedua belah pihak untuk terus mendorong pertumbuhan dan pengembangan bulu tangkis di seluruh dunia.

    Lebih dari itu, program ini juga bertujuan untuk mendukung komunitas badminton Indonesia serta melahirkan lebih banyak talenta atlet nasional yang akan mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.
     
    Tidak hanya fokus pada pengembangan talenta, HSBC Indonesia juga memanfaatkan kesempatan berharga ini dengan memberikan akses khusus bagi anak-anak dari nasabah Premier yang memiliki minat dan bakat di bulu tangkis.
     
    Program ini akan menjadi wadah istimewa bagi mereka untuk menyalurkan bakat dan mengasah keterampilan di bawah bimbingan para ahli. Selain itu, HSBC Coaching Clinic 2025 juga menghadirkan dimensi kemanusiaan yang mendalam melalui kolaborasi dengan Special Olympics Indonesia.
     
    Melalui kerja sama ini, anak-anak berkebutuhan khusus akan mendapatkan kesempatan langka untuk merasakan pengalaman berlatih bersama atlet profesional, sebuah pengalaman yang diharapkan dapat memberikan inspirasi dan kegembiraan bagi mereka.
     
    Lanny Hendra, International Wealth and Premier Banking Director, HSBC Indonesia, menyampaikan antusiasmenya terhadap inisiatif ini. “Kerja sama HSBC dengan BWF menjadi bukti nyata dukungan kami terhadap olahraga sekaligus upaya mendorong gaya hidup sehat. Melalui kolaborasi ini, HSBC turut memperluas jangkauan bulu tangkis dan menginspirasi lebih banyak orang untuk bermain serta merasakan manfaat positif dari olahraga ini,” ujarnya.
     
    Senada dengan Lanny Hendra, Thomas Lund, BWF Secretary General, juga menambahkan, HSBC telah menjadi mitra penting dalam mendukung visi BWF untuk memperluas jangkauan bulu tangkis di seluruh dunia.
     
    “Melalui inisiatif seperti coaching clinic ini, kami dapat memastikan semakin banyak generasi muda yang terinspirasi untuk mencintai, memainkan, dan meraih prestasi di olahraga bulu tangkis.”
     
    Greysia Polii, peraih medali emas Olimpiade dan ikon bulu tangkis Indonesia yang berkolaborasi dalam HSBC Coaching Clinic 2025, turut berbagi semangatnya. “Bulu tangkis telah memberikan saya kesempatan untuk bermimpi besar dan meraihnya. Melalui pelatihan ini, saya ingin berbagi pengalaman, nilai sportivitas, dan semangat pantang menyerah. Saya berharap para peserta menyadari bahwa olahraga ini bisa membuka banyak peluang dan memberikan dampak positif dalam hidup mereka,” kata Greysia.
     
    Dengan dukungan penuh dari tim pelatih berpengalaman, HSBC Coaching Clinic 2025 diharapkan menjadi wadah inspiratif yang mampu mengembangkan minat, keahlian, dan aspirasi generasi muda.
     
    Program ini juga diharapkan dapat memperkuat hubungan erat antara HSBC dengan masyarakat, serta terus mendorong semangat olahraga di seluruh pelosok negeri.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di

    Google News


    Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id

    (MMI)

  • Alami Kendala Saat Transaksi? Ini Cara Sampaikan Keluhan Lewat Chat LinkAJa

    Alami Kendala Saat Transaksi? Ini Cara Sampaikan Keluhan Lewat Chat LinkAJa

    Jakarta

    Di era seperti saat ini, melakukan transaksi melalui e-wallet tentu mempermudah keseharian. Namun, ada kalanya pengguna mengalami kendala ketika transaksi, salah satunya ketika akun e-wallet tidak bisa transfer maupun menerima transfer dari orang lain.

    Situasi seperti ini kerap kali menimbulkan kekhawatiran, terutama saat uang yang ditransfer tidak masuk seperti yang diharapkan. Oleh karena itu, penting bagi pengguna untuk tetap tenang mencari tahu beberapa faktor penyebab dan solusi yang bisa dilakukan.

    Untuk itu, PT Fintek Karya Nusantara (LinkAja) menghadirkan fitur Chat LinkAja. Melalui fitur ini, kamu bisa kirim keluhan dengan cara yang lebih praktis dan aman, tanpa perlu khawatir keluhan hilang atau nyangkut. Berikut adalah cara kirim keluhan lewat fitur Chat LinkAja agar keluhanmu dapat diproses.

    1.Buka Link Aja

    2.Pilih Pusat Bantuan dengan Klik Ikon Customer Support di kanan Atas

    3. Pilih Keluhan Mengenai Transaksi

    4. Pilih Transaksi & Pembayaran

    5. Pilih Transaksi yang Terkendala

    6. Cek Informasi detail Transaksi

    7. Akhiri & simpan percakapan

    8. Pastikan kamu mencatat Nomor Referensi untuk Pengecekan berkala

    Lewat fitur Chat LinkAja, sekarang kamu bisa kirim keluhan dengan cara yang lebih praktis dan aman. Dengan fitur ini juga kamu ga perlu khawatir keluhan hilang atau nyangkut.

    Cek semua tiket keluhanmu lewat Pusat Bantuan di aplikasi LinkAja. Setelah mengikuti prosesnya di Livechat, status tiket akan langsung muncul di Pusat bantuan dan bisa kamu pantau kapan saja.

    (akd/akd)

  • New Honda ADV 160 Jadi Primadona di IMOS 2025, Segini Penjualannya

    New Honda ADV 160 Jadi Primadona di IMOS 2025, Segini Penjualannya

    Jakarta

    Honda ADV 160 terbaru membetot perhatian pengunjung Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2025. Skutik dengan label Sport Utility Vehicles (SUV) itu menyumbang 18,86 persen dari total penjualan.

    Kesuksesan awal New Honda ADV160 berkat tampilan yang gagah dan tangguh, penambahan teknologi konektivitas Honda RoadSync, serta panel meter modern berlayar TFT 5 inci.

    “Kita repositioning (ADV 160) SUV pride, dengan warna lebih sporty dan pasang roadsync juga,” kata Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM) Octavianus Dwi saat ditemui di ICE BSD City, beberapa waktu yang lalu.

    PT AHM mengumumkan meraih penjualan 562 unit selama pameran IMOS 2025. Honda tidak merinci penjualan per model, cuma ADV 160 yang diungkap dengan capaian 106 unit.

    AHM menyebut Honda Stylo 160 yang sejak awal tahun lalu hadir sebagai skutik fashionable khas anak muda mendapat sambutan positif sebagai ikon gaya hidup urban yang stylish sekaligus fungsional. Lanjut pada segmen skutik premium, Honda Vario 160 dan Vario 125 konsisten menjadi pilihan utama berkat kombinasi desain modern, performa bertenaga, dan kenyamanan harian. Sementara itu, BeAT series terus memperkuat dominasi Honda di kelas motor praktis dan terjangkau.

    “Kami berterima kasih atas sambutan positif masyarakat di IMOS 2025. Antusiasme terhadap New Honda ADV160 dan jajaran sepeda motor Honda lainnya semakin memperkuat kepercayaan konsumen. Hal ini semakin motivasi bagi kami untuk terus menghadirkan inovasi sesuai kebutuhan dan gaya hidup masyarakat, sekaligus mendukung masa depan mobilitas berkelanjutan di Indonesia,” ujar General Manager Sales Division PT Astra Honda Motor (AHM) Paulus Dani, dalam keterangannya dikutip Senin (29/9/2025).

    Honda membawa jajaran yang lengkap pada booth seluas 616 m2 di IMOS 2025. Lebih dari 30 unit sepeda motor Honda dari berbagai segmen, yakni Zona Fashion, Urban, Big Scooter, Racing, Explorer, Lifestyle, hingga EV yang memberikan pengalaman berbeda bagi pengunjung.

    (riar/din)

  • Lewat IP Lokal, Game dan Esport Bisa Jadi Kekuatan Ekonomi Kreatif RI

    Lewat IP Lokal, Game dan Esport Bisa Jadi Kekuatan Ekonomi Kreatif RI

    Jakarta

    Industri gim (game) kini bukan lagi sekadar hiburan, melainkan telah menjadi salah satu subsektor ekonomi kreatif (ekraf) yang memiliki potensi untuk bertumbuh pesat. Indonesia memiliki posisi penting dalam industri gim, khususnya di kawasan Asia Tenggara.

    Tak hanya dari sisi permainan, di balik layar gim tersimpan aset paling berharga yang nilainya tak kalah besar yakni kekayaan intelektual atau intelektual properti (IP) berupa karakter, cerita, musik, desain visual, hingga turnamen esports. IP inilah yang menjadikan gim bukan sekadar produk digital, melainkan sumber nilai ekonomi dan identitas budaya.

    Wakil Menteri Ekonomi Kreatif (Wamenekraf), Irene Umar menyoroti pentingnya akselerasi karakter IP lokal dan besarnya potensi di sektor ekraf. Ia menyebut, saat ini dunia ekraf telah mengalami pergeseran signifikan, di mana dunia seni atau kreatif, salah satunya IP Character tidak hanya menjadi ikon budaya, tetapi juga sumber nilai ekonomi yang luar biasa besar.

    Ia mengatakan melalui berbagai platform seperti game, hingga kolaborasi lintas industri, karakter-karakter ini mampu mengubah industri hiburan dan kreatif menjadi sektor yang menguntungkan.

    “Kita melihat potensi sebuah IP dari gambar, supaya kita bisa juga mengembangkan atau mengorbitkan merek-merek dan IP-IP lokal, dan maka dari itu saya mendorong teman-teman, pejuang ekraf, hargai produk-produk kamu, baik digital ataupun non-digital,” ujar Irene Umar pada konferensi pers di Jakarta beberapa waktu lalu.

    Karakter Jota dalam gim Free Fire yang terinspirasi dari aktor laga Joe Taslim, dirilis di server Free Fire secara global pada 16 Maret 2020. Foto: dok. Istimewa

    Sejalan dengan hal itu, Free Fire menjadi salah satu game yang konsisten membuka ruang kolaborasi dengan IP lokal. Tak hanya menggandeng IP global yang sudah mapan, Free Fire memilih menghadirkan karakter, cerita, dan elemen khas Indonesia ke dalam ekosistem permainannya.

    Karakter Jota dalam game Free Fire contohnya, yang terinspirasi dari aktor laga Joe Taslim, dirilis di server Free Fire secara global pada 16 Maret 2020. Jota merupakan karakter in-game pertama Free Fire yang berasal dari Indonesia.

    Dalam waktu seminggu setelah rilis perdana di server global, karakter ini menjadi salah satu karakter yang paling populer di Free Fire. Bahkan, dua pekan setelah dirilis, Jota sudah digunakan oleh lebih dari 50 persen pemain Free Fire di seluruh Indonesia.

    Tak hanya menghadirkan karakter dari Indonesia, Free Fire juga pernah berkolaborasi dengan Isyana Sarasvati yang mengisi soundtrack Free Fire Indonesia Master (FFIM) 2022 bertajuk ‘IL SOGNO’. Lagu tersebut mencerminkan makna tentang misteri dan perjuangan, terlihat sejarah perjalanan FFIM dari masa ke masa.

    Free Fire juga baru-baru ini berkolaborasi dengan PT Garuda Sepak Bola Indonesia (GSI) untuk menghadirkan Jersey Official Timnas Indonesia sebagai bundle eksklusif dalam game. Selain jersey, pemain juga bisa mendapatkan hadiah menarik lainnya, salah satunya adalah avatar spesial Rizky Ridho yang tersedia mulai 20 Maret 2025.

    Free Fire berkolaborasi dengan PT Garuda Sepak Bola Indonesia (GSI) untuk menghadirkan Jersey Official Timnas Indonesia. Foto: dok. Istimewa

    Serangkaian kolaborasi tersebut menunjukkan bagaimana sebuah game tidak hanya berfungsi sebagai medium, tetapi juga sebagai ruang strategis untuk memperkuat identitas budaya dan karya kreatif Indonesia. Dengan masuknya karakter, musik, hingga karakter lokal ke dalam platform global, Indonesia berkesempatan memperluas jangkauan IP lokal agar dikenal dan diapresiasi lebih luas.

    Dengan cara ini, generasi muda dinilai tidak hanya bermain, tetapi juga belajar mencintai Tanah Air melalui pengalaman interaktif yang relevan.

    Country Head Garena Indonesia, Hans Saleh mengatakan pihaknya berkomitmen menjadikan platform game sebagai ruang kolaborasi bagi pengembang, musisi, hingga desainer lokal untuk memperlihatkan karya terbaik mereka sekaligus menginspirasi pemain di seluruh dunia.

    “Bagi Garena, game bukan hanya hiburan, tetapi juga medium untuk memperkenalkan identitas budaya dan karya kreatif Indonesia ke dunia. Melalui kolaborasi dengan talenta lokal, kami ingin menghadirkan IP-IP yang lahir dari Indonesia agar bisa diapresiasi di panggung global,” jelasnya di Jakarta, Selasa (30/9/2025).

    Momentum tersebut akan semakin nyata dengan hadirnya Free Fire World Series (FFWS) Global Finals 2025 yang akan digelar di Jakarta pada Oktober-November 2025. Tak hanya menghadirkan duel esports Free Fire terbaik di dunia, turnamen ini juga akan menghadirkan kolaborasi kreatif antara esports dengan seni, musik, dan budaya Indonesia yang akan menciptakan pengalaman imersif dan penuh warna.

    Garena Indonesia bekerja sama dengan Kementerian Ekonomi Kreatif (Kemenekraf) menghadirkan kolaborasi lintas sektor dengan sederet talenta kreatif Indonesia. Ajang ini diharapkan membuka peluang kolaborasi lintas sektor mulai dari pengembang game, kreator konten, musisi, hingga desainer fesyen lokal untuk memperlihatkan karya-karya terbaik mereka dan memperkuat branding Indonesia di kancah internasional.

    Langkah ini sejalan dengan upaya pemerintah dan pelaku industri kreatif untuk mendorong transformasi ekosistem game menjadi katalis pertumbuhan ekonomi kreatif.
    “Sebagai bagian dari ekosistem ekonomi kreatif, Garena berkomitmen menghadirkan inisiatif yang tidak hanya mendukung esports, tetapi juga melibatkan talenta lokal di berbagai bidang. Kami yakin langkah ini dapat memperkuat posisi Indonesia sebagai pusat inovasi digital dan kreatif di Asia Tenggara,” tambah Hans.

    (prf/ega)

  • Wali Kota Yogyakarta Minta Pengamen di Malioboro Punya Kualitas di Atas Rata-rata
                
                    
                        
                            Yogyakarta
                        
                        30 September 2025

    Wali Kota Yogyakarta Minta Pengamen di Malioboro Punya Kualitas di Atas Rata-rata Yogyakarta 30 September 2025

    Wali Kota Yogyakarta Minta Pengamen di Malioboro Punya Kualitas di Atas Rata-rata
    Tim Redaksi
    YOGYAKARTA, KOMPAS.com
    – Wali Kota Yogyakarta, Hasto Wardoyo, menegaskan pentingnya menjadikan Malioboro sebagai pusat seni jalanan yang berkualitas, bukan hanya sebagai lokasi wisata belanja.
    Dalam upaya ini, Hasto mengungkapkan harapannya agar kompetisi dan perhatian pemerintah dapat memberikan wadah bagi musisi jalanan di Jogja, khususnya yang tampil di Malioboro, untuk berkembang dan meningkatkan kualitas diri.
    “Kami ingin Malioboro tidak hanya dikenal karena suasana belanjanya, tetapi juga karena kualitas seni jalanannya yang unik dan berbeda,” kata Hasto pada Senin (29/9/2025).
    Hasto menekankan bahwa pengamen di Malioboro harus memiliki standar yang lebih tinggi dibandingkan dengan pengamen di kawasan lain.
    Sebagai ikon utama Kota Yogyakarta, Malioboro diharapkan dapat menyajikan pengalaman yang lebih berkelas, termasuk dalam hal seni jalanan yang ditampilkan kepada masyarakat dan wisatawan.
    “Kalau sudah mengamen di Malioboro, kualitasnya harus di atas rata-rata. Pengamen Malioboro harus berbeda dari pengamen di tempat lain,” tegasnya.
    Mantan Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) itu menjelaskan bahwa pengamen di Malioboro perlu memiliki kemampuan bermusik yang unggul serta penampilan yang menarik.
    “Mereka harus terseleksi dan terkurasi, sehingga bisa memberi hiburan sekaligus kesan positif bagi siapa saja yang berkunjung ke Malioboro,” ujar Hasto.
    Menurut Hasto, keberadaan musisi jalanan tidak hanya berfungsi sebagai hiburan, tetapi juga dapat menjadi sumber inspirasi dan daya tarik wisata.
    “Mereka bisa menjadi sumber inspirasi dan hiburan. Kalau diarahkan dengan baik, musisi jalanan justru bisa mengangkat citra sebuah kota, dan untuk Malioboro, kita ingin kualitasnya benar-benar istimewa,” tambahnya.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Video: Koperasi & UMKM Jadi Ikon Trade Expo Indonesia 2025

    Video: Koperasi & UMKM Jadi Ikon Trade Expo Indonesia 2025

    Jakarta, CNBC Indonesia – Berbeda dengan tahun sebelumnya, Trade Expo Indonesia 2025 menghadirkan paviliun khusus UMKM bertajuk bisa ekspor dan juga koperasi. Paviliun tersebut menjadi ruang promosi bagi UMKM binaan Kementerian Perdagangan yang produknya sudah terkurasi.

    Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Fajarini Puntodewi mengatakan Trade Expo Indonesia tahun ini akan lebih banyak mengangkat UMKM dan juga koperasi sebagai salah satu ikon dari TEI 2025. Simak informasi selengkapnya dalam program Manufacture Check CNBC Indonesia, Senin (29/09/2025).

  • Cara Buat Video Reels Rasio ‘Geprek’ 5210 x 1080, Bisa Buat TikTok Juga

    Cara Buat Video Reels Rasio ‘Geprek’ 5210 x 1080, Bisa Buat TikTok Juga

    Jakarta

    Sedang viral video rasio ‘geprek’ Instagram. Video Reels-nya memiliki rasio 5210 x 1080 sehingga pipih dan bentuknya jadi kelihatan lebih sinematik.

    Biasanya, konten Reels memiliki rasio 1920 x 1080 piksel atau 16:9, sehingga tampilannya satu layar penuh di HP. Oleh karena itu, banyak yang penasaran bagaimana cara membuat video Reels rasio ‘geprek’ 5210 x 1080.

    Untuk membuat video rasio geprek, pengguna harus menggunakan aplikasi pembantu untuk edit video. Yang paling populer adalah Canva dan CapCut. Begini tutorial membuatnya dengan dua aplikasi populer tersebut.

    Cara membuat video frame 5210 x 1080 di CapCut

    Install aplikasi CapCut di HP kamu, kemudian bukaKlik ‘New Video’ dan upload video yang ingin kamu jadikan rasio ‘geprek’Tentukan rasionya menjadi 5210 x 1080 dan jangan lupa hapus watermarkAtur tampilan video, kamu dapat memperbesarnya atau memutarnyaDownload video 5210 x 1080 dengan menyentuh tombol ‘Export’.

    Cara membuat video frame 5210 x 1080 di Canva

    Install aplikasi Canva di HP kamu, kemudian bukaKlik ikon plus guna membuat desain baruLanjut ke ‘Custom size’ untuk memilih opsiTentukan bingkai dengan rasio 5210 x 1080 piksel, tambahkan elemen misalnya teksDownload frame dengan rasio 5210 x 1080, video siap dibagikan di Reels Instagram.

    Jadi, begitu lah cara membuat video rasio 5210 x 1080 piksel atau video ‘geprek’ di Instagram Reels maupun TikTok. Sekarang kamu sudah tidak penasaran lagi kan, detikers?

    (ask/ask)