Grup Musik: iKON

  • Ponorogo Segera Punya Tugu 0,2 Kilometer, Landmark Baru Bernuansa Seni Lokal

    Ponorogo Segera Punya Tugu 0,2 Kilometer, Landmark Baru Bernuansa Seni Lokal

    Ponorogo (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo kembali menyiapkan ikon baru untuk mempercantik wajah kota. Setelah sebelumnya memiliki tugu 0 kilometer, kini segera hadir tugu 0,2 kilometer yang dibangun di kawasan Taman Sukowati, Kelurahan Keniten, Kecamatan/Kabupaten Ponorogo. Pembangunan dimulai awal Oktober dan ditargetkan rampung sebelum akhir tahun 2025.

    Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Ponorogo, Jamus Kunto Purnomo, menjelaskan bahwa pembangunan tugu tersebut tidak sekadar proyek fisik, tetapi juga bagian dari upaya mempertegas identitas Ponorogo sebagai kota Reog dengan sentuhan estetika dan simbolik.

    Menurut Jamus, titik 0 kilometer Ponorogo sejatinya berada di persimpangan Jalan Soekarno-Hatta (Soehat) dan Jalan Krakatau, sekitar 198 kilometer dari Surabaya. Namun, lokasi tersebut dinilai kurang representatif sebagai landmark kabupaten karena berada di pinggir jalan.

    “Di sana sudah ada tandanya terompet, tapi lokasinya kurang estetik sehingga tidak bisa menjadi say hello-nya Ponorogo. Karena itu atas masukan Pak Bupati, geser di Sukowati dan dihitung 0,2 km,” jelas Jamus, Kamis (16/10/2025).

    Pemindahan titik ini juga menyesuaikan perubahan status jalan. Sebelumnya, Jalan Soekarno-Hatta berstatus jalan nasional, namun kini menjadi jalan kabupaten. Pemkab pun memilih kawasan Taman Sukowati karena dinilai lebih representatif dan mudah dijangkau masyarakat.

    Pembangunan tugu 0,2 kilometer ini menelan anggaran sekitar Rp184 juta. Tak hanya menggunakan material beton dan semen, proyek ini juga melibatkan seniman lokal agar hasilnya memiliki nilai artistik dan karakter khas Ponorogo.

    “Nanti dilihat saja jadinya seperti apa, yang jelas bagus karena ada unsur seni dan prosesnya dilakukan hati-hati,” ujar Jamus.

    Tugu setinggi sekitar empat meter itu akan berdiri di belakang patung kuda Taman Sukowati, ruang publik yang selama ini menjadi salah satu titik favorit warga. Pemkab berharap tugu tersebut tidak hanya menjadi penanda jarak, tetapi juga simbol bahwa Ponorogo terus bergerak meneguhkan jati diri sebagai kota budaya yang berbenah dengan cita rasa estetika. [end/beq]

  • Senator Irman Gusman optimistis Mentawai bisa jadi ikon wisata dunia

    Senator Irman Gusman optimistis Mentawai bisa jadi ikon wisata dunia

    Ikon Sumatera Barat itu sesungguhnya ada di sini

    Kabupaten Kepulauan Mentawai (ANTARA) – Senator atau Anggota DPD RI Irman Gusman menyatakan optimistis Kabupaten Kepulauan Mentawai, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) bisa menjadi ikon pariwisata dunia jika dikelola dengan maksimal.

    “Saya optimistis bahwa Kabupaten Kepulauan Mentawai memiliki potensi besar untuk menjadi ikon wisata dunia,” kata anggota DPD RI Irman Gusman saat melakukan reses di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Rabu.

    Kunjungan kerja ke Kabupaten Kepulauan Mentawai tersebut dalam rangka menyerap aspirasi daerah, sekaligus melihat potensi serta tantangan pembangunan di wilayah terluar Indonesia tersebut.

    Menurut dia, Bumi Sikerei (julukan Mentawai) memiliki potensi pariwisata dan kebudayaan yang tergolong besar. Keberadaannya harus didukung penuh lewat kebijakan pemerintah pusat maupun provinsi agar bisa menjadi motor penggerak ekonomi lokal maupun nasional.

    Dalam kunjungan kerja tersebut, Irman Gusman berjanji akan memperjuangkan keadilan pembangunan bagi Kabupaten Kepulauan Mentawai, sebab dengan jaminan pemerataan pembangunan tadi maka potensi pariwisata dan ekonomi otomatis akan bertumbuh.

    “Saya punya harapan agar Mentawai bisa menjadi lebih baik. Potensi alam dan pariwisatanya luar biasa. Saya ingin membantu agar potensi ini bisa direalisasikan dan memberi manfaat nyata bagi masyarakat,” kata dia.

    Ia menyebutkan setiap tahun ribuan wisatawan mancanegara dari berbagai negara datang ke Kabupaten Kepulauan Mentawai. Dari jumlah itu, sekitar 50 persen berasal dari Australia dan Eropa. Angka ini menunjukkan Mentawai sudah dikenal di dunia internasional

    “Ikon Sumatera Barat itu sesungguhnya ada di sini,” ujarnya.

    Dalam sesi diskusi bertajuk “Transformasi Pariwisata Mentawai, dari Surga Tersembunyi Menuju Ikon Wisata Dunia”, Irman menekankan pentingnya perencanaan dan sinergi lintas sektor agar pembangunan di daerah itu bisa lebih cepat dan terarah.

    “Persepsi dan niat baik adalah langkah awal. Dengan perencanaan yang matang dan dukungan pemerintah pusat, potensi yang ada bisa dioptimalkan,” ucap dia.

    Sementara itu, Bupati Kepulauan Mentawai Rinto Wardana Samaloisa menyambut baik dukungan Irman Gusman terhadap kemajuan sektor pariwisata di kabupaten tersebut. Kolaborasi antara pemerintah pusat dengan daerah dinilai menjadi kunci penting dalam memajukan daerah.

    Pada kesempatan itu, ia menyampaikan saat ini daerah itu masih menghadapi sejumlah tantangan di antaranya infrastruktur dasar seperti jalan, listrik dan air bersih. Pemerintah daerah saat ini memiliki enam program prioritas yakni pembangunan jalan, komunikasi dan jaringan internet, penyediaan listrik, sumber air bersih, layanan kesehatan dan peningkatan ekonomi masyarakat.

    “Mentawai sempat disebut kabupaten termiskin di Sumbar. Saya protes, karena ukuran kemiskinan itu tidak sesuai. Di sini tidak ada beras, tapi ada sagu, ikan segar, dan bahan pangan lokal yang melimpah,” ujarnya.

    Pewarta: Muhammad Zulfikar
    Editor: Edy M Yakub
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Cara Hapus Iklan Mengganggu di HP Android yang Muncul Tiba-tiba

    Cara Hapus Iklan Mengganggu di HP Android yang Muncul Tiba-tiba

    Jakarta, CNBC Indonesia – Banyak pengguna Android yang mengeluhkan iklan yang terus muncul di ponselnya. Iklan itu terlihat hampir di semua tempat dari Home Screen, Wallpaper, hingga browser.

    Kemunculan iklan itu dirasa mengganggu kenyamanan. Belum lagi adanya potensi iklan tersebut membawa malware yang merusak perangkat.

    Ada sejumlah cara untuk menghilangkan iklan agar tak muncul lagi di ponsel Android. Termasuk yang muncul di berbagai merek HP.

    Berikut tahapan cara menghapus iklan di HP Android:

    Blokir Iklan dari Chrome

    1. Buka Google Chrome di aplikasi Android

    2. Klik menu tiga titik di sisi kanan atas untuk membuka “Settings”

    3. Gulir ke bawah sampai menemukan “Site Settings”

    4. Pilih “Pop-ups and redirects” dan gulir toggle untuk mengaktifkan pemblokiran iklan-iklan pop-up

    5. Kembali ke “Site Settings” dan pilih “Ads”

    6. Gulir ke kanan untuk mengaktifkan toggle “Ads” yang membuat iklan-iklan berbahaya tak muncul ke permukaan

    Blokir iklan dari Home Screen

    Iklan dari Home Screen bisa dihilangkan dengan menghapus aplikasi pihak ketiga yang memang suka memunculkan iklan di sana. Sementara untuk cara lainnya, adalah sebagai berikut:

    1. Tekan dan tahan ikon aplikasi dan buka menu info yang terbuka

    2. Gulir hingga menemukan opsi “Display over other apps”

    3. Gulir untuk mematikan toggle “Allow display over other apps”

    Blokir Iklan dari Wallpaper

    Sementara itu, aplikasi penyedia layanan iklan juga bisa memunculkan iklan di dalam wallpaper seperti Glance. Aplikasi tersebut memang memiliki layanan yang menawarkan kemitraan dalam bentuk iklan.

    Ini cara menghapus aplikasi tersebut:

    1. Geser ke atas (swipe up) dari home screen untuk membuka menu app drawer

    2. Pilih “Settings”

    3. Gulir ke “Lock Screen”

    4. Buka “Wallpaper Services”

    5. Tekan tombol radio di samping “None”

    Blokir Iklan di HP Samsung:

    1. Buka menu Settings

    2. Pilih Samsung Account

    3. Masuk ke menu Privacy, pilih Customization service

    4. Matikan pilihan Customization this phone untuk menghentikan konten personalisasi yang biasanya mengandung iklan

    Blokir Iklan di HP Xiaomi:

    Dari Settings

    1. Buka Settings di HP

    2. Pilih Sandi & Keamanan

    3. Masuk ke opsi Privasi, lanjutkan dengan menekan Layanan Iklan

    4. Matikan opsi Rekomendasi Iklan yang Dipersonalisasi

    Dari MiUl Systems Ads

    1. Masuk ke menu Settings

    2. Pilih Sandi & Keamanan

    3. Pilih Otorisasi dan pencabutan

    4. Matikan opsi MiUl System Ads

    Dari Aplikasi Tema

    1. Buka aplikasi Tema

    2. Pilih menu Profil dan klik Settings atau Pengaturan

    3. Matikan Pilihan Tampilkan Iklan

    Blokir Iklan di HP Oppo

    1. Dari Google Play Protect

    • Buka aplikasi Google Play Store di HP Oppo.

    • Tekan ‘Profile’ di sisi kanan atas.

    • Pilih ‘Play Protect’ yang berikon perisai.

    • Pilih ‘Settings’ berikon gerigi di kanan atas.

    • Tekan toggle ‘Scan apps with Play Protect dan Improve harmful app detection’ ke posisi aktif.

    2. Dari Hapus adware

    • Buka ‘Settings’ di HP Oppo.

    • Klik ‘Apps’, lalu ‘App Management’.

    • Cari dan pilih aplikasi dengan nama dan ikon yang aneh dan tidak dikenal.

    • Tekan ‘Uninstall’ pada App

    (fab/fab)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Pasti Untung, Cara Daftar Affiliate TikTok Sambil Rebahan

    Pasti Untung, Cara Daftar Affiliate TikTok Sambil Rebahan

    Bisnis.com, JAKARTA — Anda bisa mendaftarkan diri menjadi TikTok Affiliate dari HP aja dan mendapat komisi dari produk yang dipromosikan di akun TikTok pengguna.

    TikTok Affiliate adalah program dari TikTok yang menghubungkan konten milik kreator dengan penjual atau seller melalui sistem komisi. Kreator TikTok bisa mempromosikan produk dari penjual melalui video yang disiarkan lewat akun TikTok pengguna yang dilengkapi dengan ikon keranjang kuning.

    Kemudian, jika ada pengguna TikTok lain yang membeli produk melalui keranjang kuning tersebut, pihak kreator konten bisa langsung mendapatkan komisi selama produk yang dipromosikan itu merupakan bagian dari program afiliasi TikTok.

    Syarat menjadi affiliate TikTok: 

    1. Punya akun TikTok shop sehingga kreator bisa menambahkan produk affiliate ke konten yang ingin mempromosikan suatu produk.

    2. Memiliki 200 pengikut di TikTok dan mengunggah minimal 1 video dalam 28 hari terakhir serta sering berinteraksi dengan audiens ketika live streaming untuk memudahkan proses menjadi affiliate produk.

    3. Memiliki rekening bank aktif untuk menampung pundi-pundi cuan hasil affiliate produk. Pencairan komisi ini akan terhubung dengan nomor rekening yang sudah didaftarkan sebagai affiliate. 

    4. Kreator harus memastikan nama pemilik rekening sesuai dengan data yang telah didaftarkan ke TikTok Shop supaya tidak terjadi kendala saat proses pencairan dana.

    5. Kreator memiliki bukti bahwa akun yang dimiliki layak untuk mengikuti program TikTok Affiliate. Meski tidak wajib, hal ini bisa ditunjukkan melalui jumlah akun pengikut, jumlah posting, atau engagement dengan penonton atau pengikut konten.

    Semakin aktif membuat konten, semakin besar juga peluang untuk mendapatkan perhatian dari seller dan follower baru. Selain itu, unggah konten secara rutin, gunakan hashtag yang relevan, dan ikuti tren untuk meningkatkan eksposur. 

    Jika Anda sering mengikuti tren maka algoritma TikTok akan lebih sering merekomendasikan kontenmu ke pengguna lain, yang tentunya bisa meningkatkan potensi penjualan lewat link affiliate kamu. Ketika semua syarat itu sudah terpenuhi oleh pihak kreator, barulah bisa mendaftarkan akunnya sebagai affliliate TikTok.

    Cara daftar jadi kreator afiliasi Tiktok:

    1. Masuk ke halaman seller-id.tiktok.com/account/welcomemelalui browser.

    2. Login menggunakan akun TikTok kamu.

    3. Klik Daftar sebagai Kreator Afiliasi.

    4. Lengkapi informasi seperti email, alamat, nomor HP, dan lainnya.

    5. Lakukan verifikasi identitas (KTP dan selfie).

    6. Setelah verifikasi berhasil, masuk ke TikTok Shop melalui aplikasi TikTok kamu.

    7. Klik Tambahkan Produk Afiliasi, lalu pilih produk dari seller yang tersedia.

    8. Mulai buat konten dan tambahkan link afiliasi ke videomu!

    Kemudian, jika Anda ingin menjadi seller atau penjual pada affiliate TikTok, begini caranya:

    TikTok Affiliate untuk seller:

    1. Masuk k seller-id.tiktok.com dan dan login ke akun toko kamu.

    2. Masuk ke bagian TikTok Shop Affiliate.

    3. Pilih menu Program > Program Toko.

    4. Tentukan produk mana yang ingin kamu tawarkan untuk program affiliate.

    5. Atur komisi yang ingin kamu berikan untuk tiap produk.

    6. Klik Kirim untuk mengaktifkan program affiliate.

    7. Kreator bisa langsung melihat dan memilih produk kamu untuk dipromosikan.

  • Pemprov DKI Jakarta Hadirkan Sentra Fauna dan Kuliner Lenteng Agung, Ruang Publik Baru Ikon Jaksel
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        14 Oktober 2025

    Pemprov DKI Jakarta Hadirkan Sentra Fauna dan Kuliner Lenteng Agung, Ruang Publik Baru Ikon Jaksel Megapolitan 14 Oktober 2025

    Pemprov DKI Jakarta Hadirkan Sentra Fauna dan Kuliner Lenteng Agung, Ruang Publik Baru Ikon Jaksel
    Penulis
    KOMPAS.com
    – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menghadirkan Sentra Fauna dan Kuliner Lenteng Agung di Jakarta Selatan (Jaksel). Kawasan baru ini dirancang menjadi ikon kota sekaligus ruang usaha representatif, destinasi kuliner, serta pusat edukasi fauna bagi masyarakat.
    Staf Khusus Gubernur DKI Jakarta Chico Hakim mengatakan, sentra tersebut tak sekadar menjadi tempat berdagang, melainkan juga ruang interaksi warga.
    “Sentra Fauna dan Kuliner Lenteng Agung disiapkan sebagai ruang publik yang mempertemukan ekonomi rakyat, kreativitas, dan rekreasi keluarga. Di sini juga akan menjadi pusat edukasi fauna serta wadah kegiatan seni, budaya, dan komunitas,” ujarnya dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Selasa (14/10/2025).
    Menurut Chico, pembangunan Sentra Fauna dan Kuliner Lenteng Agung mencerminkan semangat Jakarta Global — kota yang modern, tertib, manusiawi, dan berpihak pada pelaku usaha lokal.
    Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Provinsi DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo, menjelaskan bahwa pembangunan sentra tersebut merupakan wujud komitmen Pemprov DKI dalam menyediakan fasilitas usaha yang lebih tertata dan berdaya saing bagi para pelaku UMKM.
    “Sentra Fauna dan Kuliner Lenteng Agung kami hadirkan sebagai ruang usaha baru yang lebih keren, modern, dan nyaman. Para pedagang, termasuk yang sebelumnya berjualan di kawasan Barito dan terdaftar sebagai anggota PPUKM, akan mendapat tempat yang lebih layak serta peluang berkembang yang lebih besar,” ujar Ratu.
    Kawasan tersebut dibangun sejalan dengan rencana pengembangan Taman Bendera Pusaka, yang menggabungkan Taman Ayodya, Taman Langsat, dan Taman Leuser sebagai ruang hijau bersejarah di Jakarta Selatan.
    Para pedagang Barito akan menjadi bagian dari ekosistem ekonomi baru di Sentra Fauna dan Kuliner Lenteng Agung, sehingga aktivitas ekonomi tetap berlanjut dalam lingkungan yang lebih tertata dan representatif.
    Sentra Fauna dan Kuliner Lenteng Agung memiliki total 125 kios yang terbagi ke dalam beberapa zona dengan fungsi berbeda. Zona A diperuntukkan bagi pelaku usaha kuliner dengan 22 kios, sementara Zona B menghadirkan amfiteater berkapasitas 70 kursi sebagai ruang pertunjukan dan interaksi publik.
    Adapun Zona C dan D difokuskan untuk usaha burung serta pakan hewan dengan total 74 kios, sedangkan Zona E menyediakan 29 kios yang digunakan bagi usaha parcel dan kuliner tambahan.
    Kawasan itu juga dilengkapi area pertunjukan seni dan budaya, lahan parkir luas, toilet, musala, serta desain ramah lingkungan dan ramah keluarga.
    Sistem sirkulasi udara dan sanitasi dirancang modern, sementara akses transportasi publik dapat ditempuh melalui Stasiun Commuter Line Lenteng Agung, Transjakarta (4B Manggarai–UI, D21 Lebak Bulus–UI), dan Jak Lingko 44 (Andara–Lenteng Agung).
    “Kami ingin para pedagang tidak hanya memiliki tempat baru, tetapi juga bisa naik kelas. Melalui fasilitas, pelatihan, dan promosi yang terintegrasi dengan program Jakpreneur, kami berharap mereka tumbuh lebih besar dan menjadi bagian dari wajah baru Jakarta,” tutur Ratu.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • 5 Karoseri Nasional yang Jadi Kebanggaan Otomotif RI

    5 Karoseri Nasional yang Jadi Kebanggaan Otomotif RI

    Jakarta

    Industri karoseri Indonesia terus berkembang pesat, melahirkan berbagai kendaraan tangguh dan elegan untuk kebutuhan transportasi publik maupun komersial. Di balik bus antarkota yang nyaman hingga truk box pendingin yang mengirim bahan segar ke seluruh pelosok negeri, berdiri nama-nama besar karoseri nasional yang mengandalkan inovasi, ketelitian, dan kualitas kelas dunia.

    Berikut lima karoseri terbaik di Indonesia yang dikenal lewat karya unggulan dan reputasi kuatnya di industri otomotif:

    1. Karoseri Laksana

    Spesialis: Bus penumpang dan kendaraan transportasi umum premium

    Nama Laksana sudah dikenal luas di industri otomotif Indonesia, terutama di kalangan penggemar bus antarkota dan pariwisata. Berdiri di Semarang pada 1977 sebagai bengkel kecil pembuat perlengkapan kendaraan, Laksana kini menjelma menjadi salah satu karoseri bus terbesar dan paling berpengaruh di Tanah Air.

    Produk populernya seperti Legacy SR dan Tourista banyak digunakan oleh perusahaan otobus ternama. Laksana dikenal berkat desain bus yang elegan, aerodinamis, serta selalu selaras dengan tren global.

    Kelebihan Karoseri Laksana:

    Desain modern dan berstandar internasional.

    Menggunakan material ringan tapi kuat untuk efisiensi bahan bakar.

    Layanan purna jual dan after-sales yang sangat baik.

    Punya reputasi ekspor ke negara-negara tetangga seperti Fiji dan Bangladesh.

    Tak heran jika banyak perusahaan otobus besar seperti Sinar Jaya dan Lorena mempercayakan bodi bus mereka ke Laksana.

    2. Karoseri Adi Putro

    Spesialis: Bus besar, medium bus, dan luxury coach

    Jika berbicara tentang bus dengan tampilan mewah dan interior super nyaman, Adi Putro selalu masuk dalam jajaran teratas. Berbasis di Malang, Jawa Timur, karoseri yang berdiri sejak 1973 ini telah menjadi ikon industri karoseri Indonesia.

    Model legendarisnya seperti Jetbus yang berevolusi dari generasi pertama hingga Jetbus 5 menjadi bukti inovasi berkelanjutan. Adi Putro dikenal sebagai pelopor desain futuristik dan kenyamanan kabin, dengan pelanggan setia dari berbagai perusahaan otobus besar seperti Harapan Jaya, Rosalia Indah, dan Pandawa 87.

    Kelebihan Karoseri Adi Putro:

    Desain bus mewah dengan teknologi aerodinamis terbaik.

    Finishing interior dan eksterior yang sangat rapi dan detail.

    Punya reputasi kuat di dunia bus pariwisata dan antarkota.

    Terbuka terhadap kustomisasi sesuai permintaan klien.

    Adi Putro bukan cuma membangun bus, tapi juga menciptakan ‘pengalaman perjalanan’. Setiap unitnya terasa eksklusif dan berkelas.

    3. Karoseri New Armada

    Spesialis: Bus kota, bus pariwisata, dan kendaraan komersial ringan

    New Armada berasal dari Magelang, Jawa Tengah, dan berdiri sejak tahun 1974. New Armada dikenal sebagai salah satu pionir yang berkontribusi besar terhadap kemajuan transportasi publik di Indonesia. Karoseri ini memproduksi beragam kendaraan, mulai dari bus Transjakarta, bus pariwisata, hingga angkutan sekolah.

    Tak hanya fokus pada transportasi umum, New Armada juga menggarap kendaraan komersial seperti ambulans, mobil toko, dan box logistik.

    Kelebihan Karoseri New Armada:

    Pengalaman panjang dan portofolio yang sangat luas.

    Memiliki fasilitas produksi besar dengan teknologi modern.

    Fokus pada aspek keamanan dan kenyamanan pengguna.

    Mendukung program pemerintah dalam modernisasi transportasi publik.

    New Armada dikenal sebagai karoseri yang ‘tahan banting’ dengan kualitas konstruksi kokoh, cocok untuk medan Indonesia yang beragam.

    4. Karoseri Gunung Mas

    Spesialis: Kendaraan komersial, truk, dan kendaraan logistik

    Tak banyak yang tahu, Karoseri Gunung Mas merupakan salah satu pemain tangguh di sektor kendaraan niaga dan logistik. Berdiri di Bogor sejak 1980-an, perusahaan ini berfokus pada pembuatan bodi bus, truk bak, box besi, box aluminium, hingga dump truck.

    Gunung Mas dikenal karena ketelitian konstruksi dan ketahanan materialnya, serta dipercaya oleh berbagai perusahaan logistik, distributor bahan bangunan, hingga instansi pemerintah yang membutuhkan armada kerja andal.

    Kelebihan Karoseri Gunung Mas:

    Kualitas konstruksi bodi truk yang kuat dan tahan lama.

    Harga kompetitif dengan hasil pengerjaan presisi.

    Fleksibel dalam menyesuaikan kebutuhan spesifikasi pelanggan.

    Reputasi baik di kalangan perusahaan transportasi barang

    Gunung Mas jadi pilihan favorit bagi pebisnis yang butuh armada kerja fungsional tapi tetap rapi dan profesional secara tampilan.

    5. Ultima Karoseri

    Spesialis: Box pendingin, wingbox, food truck, dan kendaraan niaga custom

    Meski tergolong pemain baru, Ultima Karoseri berhasil mencuri perhatian di industri karoseri Indonesia. Berbasis di Bekasi, Jawa Barat, perusahaan ini berfokus pada kendaraan custom seperti box pendingin, wingbox, food truck, ambulans, hingga box modifikasi untuk truk dan mobil.

    Ultima dikenal berkat perpaduan inovasi desain, hasil pengerjaan presisi, dan layanan fleksibel yang jarang ditemukan di karoseri lain. Tak sekadar membuat bodi kendaraan, mereka juga mendampingi klien dalam merancang konsep bisnis, misalnya mengoptimalkan desain food truck agar lebih fungsional dan menarik secara visual.

    Kelebihan Ultima Karoseri:

    Spesialis box pendingin dengan sistem insulasi efisien, tahan lama dan tampilan profesional

    Ahli dalam proyek custom seperti food truck dan mobil toko.

    Tim R&D aktif mengembangkan material ringan/ biaya hemat tapi tahan kondisi ekstrim.

    Pendekatan personal terhadap klien, termasuk konsultasi desain dan fungsionalitas.

    Banyak UMKM hingga perusahaan besar mempercayakan proyek mereka ke Ultima Karoseri karena kemampuannya menyesuaikan kebutuhan bisnis. Dari tampilan luar hingga sistem pendingin di dalam box, semua dikerjakan dengan presisi tinggi dan perhatian pada detail.

    Dari Semarang hingga Malang, dari Magelang hingga Bekasi, deretan karoseri ini membuktikan bahwa industri bodi kendaraan Indonesia mampu bersaing dengan luar negeri.

    Masing-masing memiliki keunggulan: Laksana di bus premium, Adi Putro di desain mewah, New Armada di transportasi publik, Gunung Mas di truk logistik, dan Ultima Karoseri di kualitas karoseri truk serta mobil.

    Kelima nama tersebut bukan hanya menggerakkan roda perekonomian nasional, tetapi juga menjadi bukti nyata bahwa karya anak bangsa mampu menembus pasar internasional. Bagi kamu yang ingin memulai bisnis logistik, transportasi, atau kuliner keliling, karoseri-karoseri ini layak menjadi pilihan utama.

    (akn/ega)

  • Cara Ubah Voice Note Jadi Chat di WhatsApp, Banyak yang Belum Tahu

    Cara Ubah Voice Note Jadi Chat di WhatsApp, Banyak yang Belum Tahu

    Jakarta, CNBC Indonesia – WhatsApp merupakan salah satu aplikasi yang paling rajin menggelontorkan fitur baru, sesuai dengan kebutuhan pengguna. Aplikasi perpesanan singkat populer itu sekarang sudah bisa dipakai untuk mengubah pesan suara (voice note) menjadi pesan teks (text) dengan mudah. 

    Pengguna tak perlu mengunduh aplikasi tambahan. Sebab, fitur yang dinamai ‘Voice Message Transcripts’ itu bisa diakses dengan mudah di dalam aplikasi WhatsApp. 

    Jika Anda belum tahu, bisa simak artikel untuk untuk mengetahui langkah-langkah mengaktifkan fitur tersebut. Meski sederhana, tetapi fitur ini membantu pengguna yang berada dalam situasi ‘repot’ untuk mendengarkan voice note yang masuk. 

    Misalnya ketika pengguna berada di ruang publik yang berisik, atau sedang berada di ruang publik yang tak boleh bersuara seperti perpustakaan. Pengguna tinggal mengaktifkan fitur untuk melihat voice note dalam bentuk transkrip.

    “Untuk momen tersebut, kami sangat antusias untuk memperkenalkan transkrip pesan suara. Pesan suara dapat ditranskripsikan ke dalam teks, sehingga Anda dapat terus mengikuti percakapan, apa pun yang sedang Anda lakukan,” tulis WhatsApp dalam laman resminya.

    Aplikasi pesan instan milik Meta memastikan fitur barunya ini aman. Sebab transkrip dibuat langsung di perangkat pengguna, jadi hanya bisa diakses oleh pengguna bukan orang lain bahkan pihak WhatsApp.

    Saat awal diluncurkan pada November 2024, fitur ini tersedia secara bertahap bagi pengguna. Berikut cara mengaktifkan transkrip pesan suara:

    Buka aplikasi WhatsApp
    Klik menu pengaturan
    Tekan Chat
    Nyalakan Transkrip pesan suara
    Aktifkan fitur

    Fitur balon suara di WhatsApp

    Ikon balon suara di Grup WhatsApp adalah tombol dari fitur Voice Note atau obrolan suara. Fitur Voice Chat sendiri sudah hadir di ruang obrolan grup WhatsApp sejak akhir tahun 2023.

    Namun awalnya ikon balon suara yang jadi tombol fitur Voice Chat hanya tersedia di grup WhatsApp dengan anggota lebih dari 33 orang.

    Tapi sejak Mei lalu, dukungan fitur Voice Chat diperluas di semua grup WhatsApp, termasuk grup beranggota kecil kurang dari 33 anggota.

    Maka dari itu sekarang di semua grup WhatsApp bisa menjumpai ikon balon suara sebagai tombol fitur Voice Chat.

    WhatsApp mengatakan bahwa fitur ini berbeda dengan panggilan suara di grup.

    Voice Chat dimulai dengan munculnya gelembung dalam chat (in-chat bubble) yang bisa diketuk oleh pengguna untuk dapat segera bergabung.

    Kendali panggilan juga tetap berada di bagian atas chat, sehingga memungkinkan pengguna untuk dengan cepat membisukan, menutup, atau mengirim pesan ke grup tanpa harus meninggalkan percakapan yang sudah ada.

    “Seperti halnya panggilan dan pesan pribadi, WhatsApp juga melindungi obrolan suara dengan enkripsi end-to-end secara default,” kata Whatsapp dalam keterangan pers.

    (fab/fab)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Detos Mulai Hidup Lagi, Pedagang Harap Pengunjung Terus Bertambah
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        13 Oktober 2025

    Detos Mulai Hidup Lagi, Pedagang Harap Pengunjung Terus Bertambah Megapolitan 13 Oktober 2025

    Detos Mulai Hidup Lagi, Pedagang Harap Pengunjung Terus Bertambah
    Tim Redaksi
    DEPOK, KOMPAS.com —
    Setelah sempat sepi akibat pandemi, suasana Mal Depok Town Square (Detos) kini perlahan kembali bergeliat.
    Sejumlah pedagang mengaku mulai merasakan peningkatan jumlah pengunjung, meski belum seramai masa sebelum pandemi.
    Salah satu pedagang, Rifa (46), mengatakan bahwa kondisi Detos mulai stabil. Namun, jumlah pengunjung belum sebanyak yang diharapkan.
    “Sudah mulai agak stabil ya, cuman enggak terlalu ramai banget,” ujar Rifa kepada
    Kompas.com,
    Senin (13/10/2025).
    Di antara deretan ruko yang masih tutup, beberapa pedagang memilih tetap bertahan di lokasi yang sama sejak sebelum pandemi. Mereka berharap suasana mal kembali ramai agar usaha mereka bisa pulih.
    Untuk menarik minat pengunjung, pihak pengelola Detos menghadirkan akuarium berisi berbagai jenis ikan di area
    food court.
    Menurut Rifa, langkah tersebut cukup menarik perhatian, meski dampaknya belum signifikan terhadap jumlah pengunjung.
    “Iya, sudah diadain (akuarium). Itu juga sebenarnya sih sudah banget menarik ya, cuman ya emang harus bertahap,” ujarnya.
    Ia berharap manajemen Detos terus berupaya mendatangkan lebih banyak pengunjung agar omzet pedagang ikut meningkat.
    “Kalau bisa sih peningkatan lagi pengunjungnya gitu,” ucapnya.
    Meski belum seramai dulu, kehadiran para pedagang yang masih bertahan menjadi tanda bahwa roda ekonomi di Detos belum sepenuhnya berhenti.
    Mereka menaruh harapan pada langkah-langkah kecil yang dapat memulihkan kembali aktivitas perdagangan di sana.
    Berdasarkan pantauan
    Kompas.com
    di lokasi pada Senin (13/10/2025) sekitar pukul 11.00 WIB, suasana Detos tampak lengang. Hanya segelintir pengunjung terlihat di dalam mal berlantai lima tersebut.
    Beberapa eskalator di dalam mal tampak tidak berfungsi, menambah kesan muram pada pusat perbelanjaan yang pernah menjadi salah satu ikon Kota Depok itu.
    Di lantai paling bawah,
    lower ground
    (LG), terlihat banyak penyedia jasa pijat.
    Food court
    di lantai ini sebagian besar tutup, meski area tersebut sedikit lebih hidup berkat keberadaan sebuah supermarket yang cukup populer.
    Lantai dasar (G) masih diisi oleh beberapa restoran, toko perhiasan, dan satu department store besar. Namun, banyak pula ruko yang tertempel kertas bertuliskan “disewakan.”
    Naik ke lantai UG, sebagian besar area didominasi oleh toko pakaian, tetapi banyak kios yang kini kosong. Kondisi makin sepi di lantai 1, terutama di sisi selatan yang tampak benar-benar kosong.
    Sementara di lantai 2, masih ada beberapa toko yang menjual atau memperbaiki alat elektronik.
    Area
    food court
    di lantai ini tampak sepi, meski terdapat beberapa akuarium berisi ikan berbagai jenis yang kemungkinan dipasang untuk menarik perhatian pengunjung.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Cara Gunakan Fitur Instagram Map, Bisa Lihat Lokasi Teman Real Time

    Cara Gunakan Fitur Instagram Map, Bisa Lihat Lokasi Teman Real Time

    Bisnis.com, JAKARTA— Pengguna Instagram kini dapat melihat lokasi teman mereka secara langsung di kolom pesan langsung (DM). Fitur tersebut merupakan bagian dari Instagram Map, yang diluncurkan secara global 2 bulan lalu dan kini mulai tersedia bagi pengguna di Indonesia.

    Melalui fitur peta ini, Instagram memperluas cara pengguna berinteraksi dengan memungkinkan mereka membagikan lokasi secara real time kepada akun yang saling mengikuti. Pengguna juga dapat melihat lokasi teman lain di peta yang terletak di bagian atas kotak masuk (inbox) sehingga semakin mudah untuk tetap terhubung dan mengetahui aktivitas terbaru teman di platform tersebut.

    Secara default, lokasi pengguna akan dinonaktifkan saat pertama kali membuka fitur peta. Untuk membagikan lokasi, pengguna harus mengaktifkannya terlebih dahulu dengan langkah berikut:

    Cara Mengaktifkan Instagram Map

    Ketuk ikon Pesan (DM) di kanan atas halaman utama Instagram.
    Pilih ikon Peta di bagian atas kotak masuk.
    Ketuk Pengaturan di kanan atas untuk memilih siapa yang bisa melihat lokasi Anda.
    Pilih opsi berbagi lokasi dengan teman tertentu, atau pilih untuk tidak membagikan dengan siapa pun.
    Tekan Perbarui di bagian bawah untuk menyimpan perubahan.

    Instagram menegaskan pengguna hanya dapat berbagi lokasi dengan akun yang saling mengikuti. Lokasi akan diperbarui setiap kali pengguna membuka aplikasi dan akan otomatis hilang setelah 24 jam jika tidak ada aktivitas baru.

    Simbol di kanan atas peta menunjukkan status berbagi lokasi:

        •    Panah biru: lokasi dibagikan kepada pemirsa yang dipilih.

        •    Titik merah: lokasi tidak dibagikan.

        •    Segitiga oranye: izin lokasi di perangkat belum diaktifkan.

    Melihat dan Meminta Lokasi Teman

    Teman yang telah diberi izin bisa melihat lokasi pengguna dengan mengetuk ikon Peta di kotak masuk mereka. Mereka juga bisa mengetuk lokasi tersebut untuk mengirim pesan atau menyukai lokasi itu, yang secara otomatis akan membuka ruang obrolan baru.

    Jika pengguna ingin melihat lokasi seseorang yang belum membagikannya, tersedia opsi “Minta Lokasi” di peta. Pengguna dapat membatalkan permintaan kapan saja. Bila permintaan ditolak, orang yang meminta tidak akan menerima notifikasi penolakan.

    Menyembunyikan Lokasi di Tempat Tertentu

    Instagram juga menyediakan opsi menyembunyikan lokasi otomatis saat pengguna berada di lokasi tertentu, misalnya rumah, kantor, atau tempat publik yang ingin dijaga privasinya.

    Pengguna dapat menambahkan hingga tiga “tempat tersembunyi” dengan langkah berikut:

        1.    Buka Peta dari kotak masuk.

        2.    Ketuk Pengaturan → Opsi → Sembunyikan Tempat.

        3.    Pilih Tambahkan Tempat, lalu seret pin di peta untuk menentukan lokasi dan radius area.

        4.    Beri nama tempat, kemudian tekan Selesai untuk menyimpan.

    Selain itu, pengguna juga dapat menyembunyikan lokasi dari akun tertentu tanpa perlu menonaktifkan fitur peta sepenuhnya dengan cara: 

        1.    Ketuk ikon Pesan (DM) di kanan atas halaman utama Instagram.

        2.    Pilih ikon Peta di bagian atas kotak masuk.

        3.    Ketuk Pengaturan di kanan atas.

        4.    Pilih Opsi, lalu ketuk Sembunyikan dari…

        5.    Pilih akun yang tidak ingin Anda bagikan lokasinya.

        6.    Tekan Selesai di bagian bawah untuk menyimpan perubahan.

  • Uniknya Motor Listrik Konsep Suzuki e-VanVan

    Uniknya Motor Listrik Konsep Suzuki e-VanVan

    Jakarta

    Suzuki siap mencuri perhatian di Japan Mobility Show 2025 lewat motor listrik konsep terbarunya, e-VanVan. Motor ini bakal tampil perdana di Tokyo Big Sight mulai tanggal 30 Oktober 2025. Meski masih berstatus prototipe, Suzuki e-VanVan menjanjikan sesuatu yang berbeda dari motor listrik kebanyakan.

    Mengutip situs Autoby, Nama ‘VanVan’ bukan hal baru untuk para penggemar motor Suzuki. Model klasik ini dikenal dengan desain retro dan karakter santainya. Kini, semangat itu dihidupkan kembali dalam versi listrik melalui e-VanVan, yang menggabungkan gaya klasik dengan sentuhan teknologi modern.

    Motor listrik konsep Suzuki e-VanVan Foto: Dok. Suzuki

    Secara performa, e-VanVan dikembangkan agar setara dengan motor bermesin 125 cc atau yang di Jepang dikenal sebagai Kategori 2. Artinya, motor ini cocok digunakan buat aktivitas harian di dalam kota, tapi tetap siap diajak berpetualang santai di luar kota.

    Desainnya juga menarik perhatian. Suzuki memberikan ruang khusus pada bodi e-VanVan supaya pemilik bisa menempelkan stiker atau dekorasi lain sesuai selera. Konsep ini mencerminkan gaya hidup anak muda masa kini-personal, ekspresif, dan fun.

    Suzuki sendiri menyebut e-VanVan sebagai upaya untuk mengajak orang ‘menikmati kendaraan listrik sebagaimana mereka dulu menikmati motor bensin’. Dengan kata lain, e-VanVan bukan sekadar alat transportasi hemat energi, tapi juga simbol gaya hidup yang menyenangkan.

    Motor listrik konsep Suzuki e-VanVan Foto: Dok. Suzuki

    Langkah Suzuki ini cukup menarik, di tengah tren produsen motor listrik lain yang lebih fokus di aspek efisiensi dan kepraktisan, e-VanVan justru muncul sebagai ‘motor listrik yang menyenangkan untuk dikendarai’.

    Jika nantinya Suzuki e-VanVan nanti diproduksi massal, motor listrik ini bisa jadi ikon baru di segmen motor retro-listrik, sekaligus menghidupkan kembali nostalgia masa lalu, namun dengan energi masa depan.

    (lua/din)