Grup Musik: BTS

  • Telkomsel Perkuat Jaringan 4G dan 5G di 657 Titik Keramaian Jelang Pilkada 2024

    Telkomsel Perkuat Jaringan 4G dan 5G di 657 Titik Keramaian Jelang Pilkada 2024

    Bisnis.com, JAKARTA – PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) memperkuat jaringan 4G dan 5G di 657 titik keramaian atau poin of interest (POI) di seluruh Indonesia menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 serentak digelar. Beberapa titik keramaian yang menjadi fokus Telkomsel antara lain kantor KPU, Bawaslu, dan kantor polisi-militer. 

    Vice President Global Network Operations Telkomsel Juanita Erawati mengatakan selama 25-29 November 2024, Telkomsel mengoperasikan posko siaga Pilkada berupa 15 posko monitoring online yang terdiri dari 13 posko Telkomsel di kantor pusat dan regional, 1 posko bersama Telkom Group, dan 1 posko mitra dengan pemantauan real-time melalui dashboard untuk memastikan layanan tetap optimal selama pilkada. 

    Telkomsel, kata Erawati, juga mengimplementasikan Hyper AI Telkomsel dengan mengaktifkan Autonomous Network yang dijalankan di masing-masing platform dengan mekanisme yang berlaku di tiap domain jaringan Telkomsel.

    “Pilkada Serentak 2024 ini adalah momen penting bagi demokrasi Indonesia. Dengan hadirnya konektivitas andal milik Telkomsel, kami berharap Pilkada 2024 berjalan sukses dan lancar,” kata Erawati dikutip, Selasa (26/11/2024). 

    Selain itu, untuk memberikan kelancaran pada tiap tahap Pilkada, Telkomsel menghadirkan jaringan 4G/LTE lewat 220.000 BTS yang menjangkau 97% populasi Indonesia, serta terus mengakselerasi perluasan jangkauan 5G hingga lebih dari 1.000 titik yang tersebar di 56 kota dan kabupaten, termasuk kawasan industri, destinasi wisata prioritas, hingga Ibu Kota Nusantara.

    Erawati menuturkan melalui ragam upaya tersebut, Telkomsel terus melakukan peningkatan kapasitas jaringan, pembaruan perangkat, dan pengujian di lebih dari 95% wilayah yang berpotensi mengalami lonjakan trafik saat Pilkada. 

    “Telkomsel berharap untuk selalu menghadirkan konektivitas, solusi, dan layanan yang inovatif dan unggul, agar Pilkada dapat berlangsung dengan aman, lancar, dan terkoneksi,” kata Erawati. 

    Sebelumnya, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Komdigi, Prabunindya Revta Revolusi mengatakan konektivitas menjadi salah satu hal penting bagi petugas KPU yang menginput data secara real time.

    Komdigi telah mengantongi data tempat yang masih blank spot dan meningkatkan konektivitas internet di daerah tersebut guna mendukung Pilkada 2024. 

    Komdigi bakal bekerja sama dengan operator seluler dan segenap pemangku kepentingan untuk menghadirkan internet di titik-titik krusial.

    “Kita akan bekerja di beberapa hari terakhir ini memastikan di setiap titik-titik yang mungkin dikatakan blank spot itu bisa dipenuhi konektivitasnya,” kata Prabu saat ditemui di Taman Mini, Senin (25/11/2024).

  • XL Axiata Pastikan Konektivitas Lancar untuk Sukseskan Pilkada 2024 di Seluruh Indonesia

    XL Axiata Pastikan Konektivitas Lancar untuk Sukseskan Pilkada 2024 di Seluruh Indonesia

     TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA- PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) telah menyiapkan jaringan untuk mengantisipasi terjadi lonjakan trafik data selama masa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 yang digelar secara serentak di 37 Provinsi di Indonesia.

    Kesiapan ini dilakukan untuk mengantisipasi meningkatknya aktivitas digital yang dilakukan selama digelarnya Pilkada 2024. 

    XL Axiata berupaya memastikan para pelanggan bisa mengakses layanan telekomunikasi dan data selama proses pencoblosan dan aktivitas terkait lainnya sekitar tanggal 27 November 2024.

    Jaringan berkualitas yang disiapkan XL Axiata merupakan bagian dari upaya peningkatan jaringan dan pengalaman pelanggan yang terus-menerus dilaksanakan oleh XL Axiata di sepanjang tahun.

    Jaringan XL Axiata telah menjangkau total sekitar 5.262 kecamatan dan sekitar 514 kota/kabupaten di seluruh Indonesia.
     
    Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan,“Sebagai bagian dari komitmen kami mendukung proses demokrasi di Indonesia, XL Axiata telah sepenuhnya mempersiapkan jaringan yang andal untuk menjamin kelancaran komunikasi selama Pilkada 2024. Dengan infrastruktur yang kuat dan tim berpengalaman, kami optimistis dapat memenuhi kebutuhan komunikasi masyarakat di seluruh Indonesia.”
     
    Gede menambahkan, perkiraan selama Pilkada 2024 serentak tersebut akan terjadi peningkatan trafik sekitar 8 persen-15 % dibandingkan kondisi normal hari biasa. Petugas dan tim jaringan XL Axiata akan siap siaga (standby) di lapangan maupun dari pusat pemantauan Customer Experience & Service Operation Center (CE&SOC) milik XL Axiata di Jakarta.

    Antisipasi jika terjadi kondisi darurat juga sudah disiapkan untuk memastikan jaringan yang berkualitas. XL Axiata berharap dengan persiapan yang matang, masyarakat dapat menjalankan hak suaranya dengan lancar dan aman.
     
    Berbagai persiapan yang telah dilakukan mencakup terutama penguatan jaringan, di mana XL Axiata telah melakukan peningkatan kapasitas jaringan di wilayah-wilayah yang menjadi lokasi pemungutan suara. Penambahan BTS (Base Transceiver Station) dan peningkatan bandwidth dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi selama hari pemungutan suara.

    Selanjutnya, juga dilakukan monitoring secara intensif oleh tim teknis atas kinerja jaringan selama pelaksanaan Pilkada 2024. Jika terjadi potensi gangguan akan akan segera ditangani.
     
    Kemudian XL Axiata juga menyiapkan layanan pelanggan yang responsif, dengan menambah jumlah petugas yang siap membantu masyarakat dan pemilih yang membutuhkan informasi terkait jaringan dan layanan telekomunikasi.

    Dengan langkah-langkah tersebut, XL Axiata berharap dapat memberikan kontribusi positif bagi kesuksesan Pilkada 2024 serentak di Indonesia.
     
    Secara nasional, XL Axiata memiliki pelanggan sebanyak lebih dari 58,6 juta pelanggan, dan diperkuat dengan lebih dari 165 ribu BTS, dengan mayoritas BTS 4G, serta jaringan tulang punggung fiber optik yang membentang sepanjang lebih dari 190 ribu km, menopang jaringan data yang tersebar di sebagian besar kepulauan Indonesia yang sangat luas.

    XL Axiata juga terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan data seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data. 
     
     
    Tentang XL Axiata
    PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) adalah salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia. XL Axiata fokus menyediakan layanan konvergensi guna memberikan kemudahan bagi aktivitas kehidupan masyarakat serta mendorong perkembangan ekonomi digital Indonesia. Mulai beroperasi secara komersial sejak 8 Oktober 1996, XL Axiata saat ini menyediakan beragam layanan bagi pelanggan ritel dan korporat yang didukung jaringan luas dan berkualitas di seluruh Indonesia.

    Sejak 2015, XL Axiata telah mengimplementasikan jaringan 4G LTE berkualitas dengan skala nasional, kemudian dilanjutkan dengan pengembangan jaringan 5G di kuartal ketiga 2021. XL Axiata merupakan bagian dari Axiata Group bersama dengan CelcomDigi (Malaysia), Dialog (Sri Lanka), Robi (Bangladesh), Smart (Cambodia), Boost, ADA, edotco, dan Link Net (Indonesia).

  • Jelang Nataru, Komdigi Gandeng Operator Siapkan Jaringan Internet

    Jelang Nataru, Komdigi Gandeng Operator Siapkan Jaringan Internet

    Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) bersama penyelenggara layanan telekomunikasi (operator telekomunikasi) akan menyiapkan kapasitas internet dalam rangka menyambut perayaan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025. 

    Wakil Menteri Komunikasi dan Digital (Wamenkomdigi) Nezar Patria mengatakan pembahasan ini akan dikoordinasikan dengan seluruh operator telekomunikasi.

    Nezar menuturkan, pembahasan ini dilakukan guna mengantisipasi adanya kenaikan trafik jaringan hingga 4,6 – 16% selama Nataru seperti tahun lalu. 

    “Sehingga, kami akan melakukan pembahasan peningkatan kapasitas internet yang dikoordinasikan dengan seluruh operator seluler,” kata Nezar dalam keteranganya dikutip, Minggu (24/11/2024).

    Nezar menyebut, Komdigi akan memastikan optimalisasi kualitas dan kapasitas jaringan serta penambahan mobile BTS (Base Transceiver Station) di titik keramaian serta melakukan rehearsal test dan drive test.

    Selain itu, Komdigi juga menyiapkan petugas dan posko command center dan call center yang akan aktif selama 24 jam untuk masalah yang berhubungan dengan telekomunikasi.

    Guna memastikan layanan telekomunikasi berjalan lancar, Komdigi kata Nezar juga melakukan pengukuran kualitas layanan atau Quality of Service (QoS) di beberapa kota yang menjadi pusat perayaan natal dan tahun baru.

    Quality of Service (QoS) merupakan metode pengukuran tentang seberapa baik jaringan dan merupakan suatu usaha untuk mendefinisikan karakteristik dan sifat dari satu servis

    “Komdigi juga melakukan beberapa persiapan agar layanan telekomunikasi tetap berjalan lancar yakni inspeksi spektrum frekuensi radio [SFR], monitoring SFR, penertiban SFR dan alat perangkat telekomunikasi serta penanganan gangguan SFR,” tuturnya.

    RTM pembahasan Nataru dipimpin langsung Menko PMK Pratikno dan dihadiri Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Perhubungan Dudy Purwagandhi, Kapolri Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto serta perwakilan kementerian dan lembaga.

  • Rincian Proyek Infrastruktur Telan Duit Negara Rp 282,9 Triliun

    Rincian Proyek Infrastruktur Telan Duit Negara Rp 282,9 Triliun

    Jakarta

    Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, melaporkan realisasi anggaran infrastruktur pemerintah sejak awal tahun sampai 31 Oktober 2024 telah mencapai 66,8% dari pagu anggaran atau setara dengan Rp 282,9 triliun.

    “APBN #UangKita mendukung penuh peningkatan daya saing melalui anggaran infrastruktur yang telah direalisasikan sebesar Rp 282,9 T hingga akhir Oktober 2024,” tulis Sri Mulyani dalam unggahan Instagram-nya (@smindrawati), Sabtu (23/11/2024).

    Dari jumlah itu, Sri Mulyani menjelaskan sebesar Rp 160,6 triliun direalisasikan melalui belanja Kementerian dan Lembaga (K/L). Dana tersebut digunakan untuk berbagai pembangunan mulai dari jalan, rel kereta, hingga rumah susun dan akses internet.

    “Berbagai pembangunan dan preservasi jalan, jembatan, serta pembangunan sarana air minum, rel kereta api, rumah susun, hingga akses internet bisa dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat.

    Kemudian alokasi sebesar Rp 72,8 triliun direalisasikan melalui transfer pemerintah pusat ke daerah, yang mana sebagian untuk melakukan rekonstruksi jalan sepanjang 16.526 km, membangun jalan sepanjang 30.583 km, dan merehabilitasi 1.962 km jalan lainnya.

    “Kemudian sebanyak 54.789 sambungan rumah juga telah terhubung dengan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM). Selain itu 3.024,79 Ha jaringan irigasi ditargetkan bisa dibangun melalui alokasi dana tersebut,” terang Sri Mulyani.

    “Tak hanya itu, masyarakat berpenghasilan rendah juga bisa mendapatkan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) untuk pembiayaan perumahan yang telah direalisasikan sebanyak 165.880 unit rumah,” paparnya.

    Secara rinci, berikut daftar realisasi anggaran infrastruktur hingga 31 Oktober 2024:1. Realisasi melalui Belanja K/L (Rp 160,6 Triliun)

    – Pembangunan dan preservasi jalan Rp 37,1 triliun (progress 74,82%)
    – Pembangunan dan preservasi Jembatan Rp 5,4 triliun (progress 80,57%),
    – Penyelenggaraan SPAM Rp 3,7 triliun(progress 73,78%)
    – Pembangunan Rumah Susun Rp 5,2 triliun (progress 70,25%);
    – Rel KA Rp 1,4 triliun (progress 41,90%)
    – Bandara Rp 2,3 triliun (progress 73,75%)
    – Pelabuhan Laut Rp 3,9 triliun (progress 73,97%)
    – Konstruksi PDN di Cikarang Rp 1,8 triliun (progress 92%),
    – Operasional dan pemeliharaan BTS 4G Rp 1,7 triliun pada 2.806 lokasi
    – Akses internet Rp 0,5 triliun untuk 11.604 lokasi
    – Kapasitas satelit Rp 1,2 triliun sebesar 22 Gbps
    – Palapa Ring Rp 2,0 triliun sebanyak 43 unit

    2. Realisasi Transfer ke Daerah (Rp 72,8 Triliun)

    – Jalan Rp 5,16 triliun: untuk rekonstruksi 16.526 km, pembangunan 30.583 km, dan rehabilitasi 1.962 km
    – SPAM sebanyak 54.798 sambungan rumah (SR), Jaringan Irigasi ditargetkan 3.024,79 Ha (Rp 17,5 triliun)

    3. Realisasi melalui Pembiayaan (Rp 49,1 Triliun)

    – FLPP Rp 13,7 triliun untuk pembiayaan perumahan sebanyak 165.880 unit rumah
    – PMN kepada PT Hutama Karya (Persero) Rp 18,6 triliun, untuk penyelesaian JTTS (Jalan Tol Trans Sumatera) tahap I, dan JTTS tahap II ruas Kayu Agung-Palembang-Betung
    – Pendanaan LMAN Rp 7,5 triliun untuk 126 Proyek Strategis Nasional (PSN).

    “Ini semua adalah peran APBN #UangKita untuk terus mendorong peningkatan daya saing melalui pembangunan infrastruktur. Bersama membangun, menuju Indonesia Maju..!” pungkas Sri Mulyani.

    Lihat juga Video: Antisipasi Anggaran Berlebih Untuk Kabinet Baru

    (hns/hns)

  • Internet Dorong Bisnis Sotong Kades di Pesisir Tembus Pasar Luar Daerah

    Internet Dorong Bisnis Sotong Kades di Pesisir Tembus Pasar Luar Daerah

    Jakarta

    Membahas kekayaan hasil laut Indonesia memang tidak ada habisnya. Salah satunya terletak di Kepulauan Riau, tepatnya di Kabupaten Kepulauan Anambas.

    Diketahui, luas perairan di Anambas mencapai 46.033 Km2 atau sekitar 98%. Kepulauan Anambas memiliki 255 pulau dan 26 di antaranya merupakan pulau berpenghuni. Mayoritas mata pencaharian masyarakat yaitu di sektor perikanan, tepatnya sebagai nelayan.

    Salah satu daerah penghasil tangkapan laut di Kabupaten Anambas yaitu Desa Genting Pulur, Kecamatan Jemaja Timur. Kondisi ini turut dimanfaatkan oleh pengusaha sotong sekaligus sang kepala desa Abdurrahman.

    “Kalau mayoritas masyarakat kami, yang pertama 70%-nya di bidang nelayan, ada di petani, ada yang kayak PNS, honorer daerah, dan yang lain-lainnya. Terutama 70%-nya atau nelayannya, mata pencahariannya di bidang perikanan,” ujar Abdurrahman, kepada detikcom beberapa waktu lalu.

    Usaha sotong ini digarap Abdurrahman sejak 2019 lalu. Awalnya, ia mempelajari cara membuka usaha sotong melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

    “Ketika saya belum mengetahui, mempelajari cara-cara membeli ikan ataupun membeli sotong, di situlah (BUMDes) saya mendapat pengalaman mulai tahun 2019 tadi, sampai sekarang (usaha sotong),” cerita Abdurrahman.

    Dengan modal Rp 5 juta, Abdurrahman pun nekat membuka usaha jual-beli sotong. Kini, ia memiliki 5-7 orang pekerja untuk membantu bisnisnya.

    “Kalau masalah omzet sesuai dengan kondisi cuaca, untuk satu bulan itu Rp 10 juta. Dan saya sampaikan, kalau untuk paling rendahnya Rp 2-3 juta gitu karena kan cuaca buruk, kita tidak bisa mancing,” imbuh Abdurrahman.

    Internet Dorong Bisnis Sotong Kades di Pesisir Tembus Pasar Luar Daerah Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom

    Kehadiran internet dari Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Digital atau Komdigi (dulu Kominfo) sangat membantu Abdurrahman sebagai ‘bos’ nelayan. Dengan internet, ia mampu memasarkan hasil tangkapannya ke luar daerah seperti Tanjung Pinang, Bintan dan Kijang Kota.

    “”Mungkin nanti penyalurannya itu sampai ke Singapura,” jelas Abdurrahman.

    Tak hanya digunakan bagi pengusaha, akses internet yang hadir sejak 2021 juga digunakan oleh para nelayan. Misalnya, mereka membeli alat-alat pancing sotong melalui e-commerce.

    “Banyak promosi-promosi kayak video-video yang mereka bisa memperkenalkan diri di dunia internet ini. Mereka juga cari cara tangkap sotong yang kadang tidak ada di desa kita,” imbuh Abdurrahman.

    “Mereka bisa praktekkan ilmu yang ada di internet ini, dengan membuka website-website yang ada. Mereka bisa mempraktikkan ke lapangan,” sambungnya.

    Meski baru menjabat sekitar sembilan bulan sebagai kepala desa, Abdurrahman berharap dengan adanya internet di Desa Genting Pulur bisa meningkatkan kesejahteraan warganya. Baik di bidang ekonomi, pendidikan, hingga perikanan.

    Internet Dorong Bisnis Sotong Kades di Pesisir Tembus Pasar Luar Daerah Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom

    “Harapan saya, dengan adanya internet BAKTI ini, mudah-mudahan desa saya, perekonomian bertambah maju. Tidak ada lagi yang miskin lah, dengan menggunakan internet ini,” ucap Abdurrahman.

    Terpisah, salah seorang warga Sulastry mengaku sangat terbantu dengan adanya internet di desanya. Selain berprofesi sebagai Kaur Tata Usaha dan Umum Desa Genting Pulur, Sulastry juga memanfaatkan internet untuk usaha sampingan.

    Adapun usaha sampingannya yaitu kue dan roti dengan jenama KhanajCake. Ibu dua anak ini pun memanfaatkan fitur stories di WhatsApp untuk mempromosikan kue buatannya kepada pelanggan.

    Harga kue dan roti yang dijual pun beragam, mulai Rp 15 ribu hingga Rp 350 ribu. Dalam sebulan, Sulastry bisa mengantongi Rp 7 hingga 8 jutaan dari hasil berjualan kue.

    “Untuk saya pribadi ya, internet itu sangat bermanfaat sekali. Karena, usaha saya ini tidak bisa berjalan tanpa internet” kata Sulastry.

    Desa Genting Pulur sendiri dihuni oleh 432 jiwa dengan 136 kepala keluarga. Sekadar diketahui sejak 2012 hingga saat ini, Kabupaten Kepulauan Anambas telah menerima pembangunan 29 site tower BTS yang berasal dari dana USO (Universal Service Obligation).

    detikcom bersama BAKTI Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) mengadakan program Tapal Batas untuk mengulas perkembangan ekonomi, wisata, infrastruktur, dan pemerataan akses internet di wilayah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar). Ikuti terus berita informatif, inspiratif, unik dan menarik dari program Tapal Batas di tapalbatas.detik.com!

    (akn/ega)

  • Kemenbud Promosikan Wayang Dipadukan Video Mapping, Fadli Zon Ingin Bawa Budaya RI Jadi Peradaban Dunia – Page 3

    Kemenbud Promosikan Wayang Dipadukan Video Mapping, Fadli Zon Ingin Bawa Budaya RI Jadi Peradaban Dunia – Page 3

    Fadli Zon berharap ekspresi budaya seni yang memadukan unsur teknologi itu dapat menginspirasi masyarakat. Hal ini mengingat kreativitas seni budaya yang terus berkembang dan bersifat adaptif. Ia mengatakan, pemanfaatan teknologi pun menjadi sebuah keniscayaan di era globalisasi sekaligus agar wayang juga bisa lebih mudah diterima oleh generasi muda.

    “Zaman sudah berubah, jadi perlu adaptasi terhadap dunia digital, seperti sentuhan-sentuhan teknologi sehingga membuat cerita wayang lebih relevan. Generasi muda juga bisa menikmati dan beradaptasi dengan itu,“ ungkap Fadli.

    “Dengan perpaduan wayang golek, wayang kulit, dan kemudian wayang orang dengan dukungan new media, tentunya pertunjukam akan lebih menarik. Durasi dan bahasanya juga disesuaikan sehingga mudah dimengerti semua kalangan masyarakat,” sambungnya.

    Meski memadukan unsur digital, kolaborasi wayang di ICH Festival 2024 tetap menghadirkan pertunjukan yang sesuai pakem dan nilai-nilai tradisi seni budaya. Hadirnya video mapping tidak mengurangi teknis dan penyajian pertunjukan wayang yang kaya akan ajaran moral dan etika.

    “Memang budaya itu harus dilihat sebagai kekuatan (power of culture), jadi harus kita maksimalkan. Apalagi budaya Indonesia adalah yang tertua di dunia berdasarkan penelitian, diperkirakan ekspresi budaya di Indonesia ditemukan kurang lebih sekitar 60 ribu tahun lalu,” papar Fadli.

    Lebih lanjut, Fadli mengatakan Presiden Prabowo Subianto menjadikan kebudayaan sebagai salah satu paradigma haluan pembangunan Indonesia mengingat hal itu diatur dalam konstitusi, tepatnya pada Pasal 32 UUD 1945 yang mengamanatkan bahwa ‘Negara memajukan kebudayaan nasional Indonesia di tengah peradaban dunia dengan menjamin kebebasan masyarakat dalam memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budayanya’.

    “Pak Prabowo memiliki komitmen dan konsen terhadap hal ini sehingga menghadirkan kebudayaan sebagai satu Kementerian tersendiri untuk pertama kalinya. Perintah konstitusi negara mengamanatkan itu, jadi kita harus berkontribusi juga kepada peradaban dunia,” urai mantan Wakil Ketua DPR RI tersebut.

    Oleh karenanya, Fadli mengajak seluruh masyarakat untuk terus mengembangkan ekspresi kebudayaan Indonesia. Terutama bagi para stakeholder terkait, khususnya para pegiat seni budaya.

    “Dalam ekspresi seni budaya, cara yang paling mudah bisa melalui sarana seperti film, musik, dan media-media baru termasuk video game,” tuturnya.

    Fadli kemudian mencontohkan keberhasilan Korean Wave melalui K-Drama, K-Pop, sampai pada K-Food berkat paradigma pembangunan negaranya yang memprioritaskan pelestarian dan pengembangan ekspresi budaya-budaya mereka.

    Menurut Fadli, Korean Wave tercipta karena Pemerintah Korea hadir memberikan ekosistem pengembangan budaya. Selebihnya adalah karena diciptakannya kebebasan stimulus dan kedisiplinan dari para pelaku budayanya itu sendiri.

    “Untuk grup K-Pop, mereka minimal latihan sehari 8 jam, malah ada yang sampai 12 jam. Itu dilakukan juga oleh anggota grup besar seperti BTS dan Seventeen yang mendapatkan tempat di luar korea, termasuk Indonesia bahkan di Amerika dan Eropa,” ucap Fadli.

    “Ini artinya dibutuhkan kedisplinan, komitmen dan tentu saja bakat. Bukan hanya dari look saja, tapi dari bakat seperti menyanyi, menari dan lain-lain,” tambahnya.

     

  • Sri Mulyani: Anggaran infrastruktur terealisasi Rp282,9 triliun

    Sri Mulyani: Anggaran infrastruktur terealisasi Rp282,9 triliun

    Jakarta (ANTARA) – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melaporkan anggaran infrastruktur dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) terealisasi sebesar Rp282,9 triliun hingga 31 Oktober 2024.

    “Daya saing tinggi merupakan salah satu kunci dalam menempatkan Indonesia sebagai negara maju. Untuk itu, APBN #UangKita mendukung penuh peningkatan daya saing melalui anggaran infrastruktur yang telah direalisasikan sebesar Rp282,9 triliun hingga akhir Oktober 2024,” kata Sri Mulyani dalam akun Instagram resmi @smindrawati, seperti dikutip di Jakarta, Jumat.

    Realisasi itu setara dengan 66,8 persen dari pagu anggaran senilai Rp422,7 triliun. Ditinjau dari pertumbuhan, realisasi anggaran infrastruktur per Oktober tumbuh 17,8 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) bila dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

    Anggaran sebesar Rp160,6 triliun disalurkan melalui belanja kementerian/lembaga (K/L). Contoh hasil anggaran infrastruktur di antaranya pembangunan dan preservasi jalan senilai Rp37,1 triliun, untuk jembatan Rp5,4 triliun, sistem penyediaan air minum (SPAM) Rp3,7 triliun, dan rumah susun Rp5,2 triliun.

    Kemudian, untuk pembangunan rel kereta api Rp1,4 triliun, bandara Rp2,3 triliun, pelabuhan laut Rp3,9 triliun, konstruksi Pusat Data Nasional (PDN) di Cikarang Rp1,8 triliun, operasional dan pemeliharaan BTS 4G di 2.806 lokasi Rp1,7 triliun, akses internet di 11.604 lokasi Rp500 miliar, kapasitas satelit 22 Gbps Rp1,2 triliun, dan 43 unit Palapa Ring Rp2 triliun.

    Anggaran juga disalurkan melalui transfer ke daerah (TKD) sebesar Rp72,8 triliun, di antaranya digunakan untuk rekonstruksi, pembangunan, dan rehabilitasi jalan sebesar Rp5,16 triliun serta pembangunan SPAM senilai Rp17,5 triliun.

    Anggaran juga digunakan untuk sejumlah pembiayaan, seperti Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) untuk 165.880 unit rumah senilai Rp13,7 triliun.

    Juga ada penyertaan modal negara (PMN) kepada PT Hutama Karya senilai Rp18,6 triliun serta pendanaan Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) senilai Rp7,5 triliun untuk 126 Proyek Strategis Nasional (PSN).

    Pewarta: Imamatul Silfia
    Editor: Biqwanto Situmorang
    Copyright © ANTARA 2024

  • APT APT! 56 Juta Kuping dengar Lagu Rose di Spotify

    APT APT! 56 Juta Kuping dengar Lagu Rose di Spotify

    Jakarta

    Jumlah pendengar bulanan Rosé Blackpink di Spotify memecahkan rekor, sampai 56 juta untuk November 2024 ini. Ini menjadikannya artis Kpop dengan jumlah pendengar bulanan paling tinggi, mengalahkan BTS.

    Saat ini, pemilik nama asli Roseanne Chae-young Park tersebut telah menduduki peringkat ke-36 di dunia untuk monthly listeners. Sementara rekannya di Blackpink, Lisa, memiliki jumlah pendengar bulanan 22,9 juta untuk November ini. Dia berada di peringkat ke-268.

    Jennie mengejar, dia ada di peringkat ke-92 dunia untuk monthly listeners dengan 38,1 juta pendengar. Sementara Jisoo, memiliki 3,4 juta pendengar bulanan. Kim Jisoo di posisi bontot karena dia sendiri sedang focus berkarier di bidang akting.

    Rosé memulai perjalanan memecahkan rekor dengan album debutnya ‘R’ yang dirilis pada 2021. Ada dua single yakni ‘On the Ground’ dan ‘GONE’. Setelah itu, Rosé menyanyikan lagu solonya ‘Hard to Love’ pada album terakhir Blackpink ‘Born Pink’.

    Nah, yang jadi gongnya adalah track terbaru Rosé feat. Bruno Mars yang berjudul ‘APT’. APT menduduki puncak Spotify’s Top Songs – Global Chart. Di Spotify, APT telah lebih dari 358,7 juta kali per 18 Oktober 2024. Sedangkan di YouTube, APT sudah sampai 395 juta kali sejak rilis satu bulan lalu.

    Terbaru, Rosé meluncurkan lagu berjudul ‘Number One Girl’. Di YouTube, penontonnya sudah sampai 1,6 juta meski baru keluar dua jam silam.

    Kepopuleran Rosé terngiang sampai media sosial, khususnya X. Di sana ‘#ROSÉ’ menduduki trending topic dengan lebih dari 239.000 tweet.

    Congrats ya, Rosie!

    (ask/ask)

  • Selain Hal Teknis, Teknisi BTS Harus Punya Skill Khusus Ini

    Selain Hal Teknis, Teknisi BTS Harus Punya Skill Khusus Ini

    Kepulauan Anambas

    Menjadi seorang teknisi tower BTS (base transceiver station) tak hanya mengandalkan ilmu mengenai jaringan dan teknis. Di luar itu, ada skill tertentu yang harus dikuasai oleh seorang teknisi BTS.

    “Untuk menjadi site engineering, selain skill kita juga harus berani juga sih memanjat tiang-tiang ini,” ujar Jubir Firdaus (24) salah seorang site keeper di Kepulauan Anambas kepada detikcom beberapa waktu lalu.

    Kemampuan memanjat dan tak takut ketinggian merupakan modal awal bagi seorang teknisi BTS. Bayangkan saja, hampir setiap hari mereka mengecek komponen jaringan dan menaiki tower BTS yang tingginya mencapai puluhan meter.

    Apalagi bagi seorang teknisi yang bertugas di wilayah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar) seperti Daus, harus siap menerabas medan yang lebih menantang. Untuk menjangkau lokasi tower BTS, Jubir harus mengarungi lautan dan mendaki perbukitan, seperti tower BTS yang berlokasi di Pulau Keramut.

    “Kita harus banting tulang juga. Karena bisa kita lihat akses kita bagaimana, terus menuju ke site itu bagaimana, contoh salah satunya di (pinggir) laut. Ini kan harus kuat fisik jug kita. Salah satunya kalau suka mabuk di laut, ya harus kuat-kuat juga. Ataupun yang suka mendaki atau segala macam ya, harus kuat napas juga,” ungkap Daus.

    Foto: dok. Rifkianto Nugroho/detikcom

    Site BTS di Pulau Keramut berdiri kokoh di atas bukit yang memancarkan sinyal 4G. BTS yang dihuni operator XL Axiata tersebut dibangun menggunakan dana USO (universal service obligation) yang dikelola oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI) Komdigi). Total ada 29 BTS di Kepulauan Anambas yang dibangun menggunakan dana USO.

    Bahkan Daus pernah menerjang badai ketika akan mengecek site BTS di Pulau Siantan yang lokasinya di depan Pulau Jemaja. Padahal saat itu ia menaiki kapal kecil atau pompong untuk menuju ke sana.

    “Kemarin saya kena badai, cukup lumayan parah juga, barang-barang saya ada yang tenggelam, seperti GPS atau pun tas safety. Peralatan safety saya hilang juga, termasuk baju,” kata Daus.

    “Kenapa saya mau menjaga tower di sini, salah satunya saya lebih menikmati keindahan-keindahan alam di Indonesia ini. Kedua saya lebih suka berbaur dengan masyarakat berbagai macam budaya yang ada di Indonesia,” tutur Daus.

    Foto: dok. Rifkianto Nugroho/detikcom

    Di Kepulauan Anambas Daus turut memelihara sebanyak 12 site tower BTS yang berada di beberapa pulau seperti Pulau Jemaja, Pulau Tunggak, Pulau Keramut, dan Pulau Siantan.

    detikcom bersama BAKTI Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) mengadakan program Tapal Batas untuk mengulas perkembangan ekonomi, wisata, infrastruktur, dan pemerataan akses internet di wilayah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar). Ikuti terus berita informatif, inspiratif, unik dan menarik dari program Tapal Batas di tapalbatas.detik.com!

    (prf/ega)

  • V ‘Bts’ akan Rilis Single Digital Terbaru Winter Ahead Kolaborasi dengan Park Hyo-shin

    V ‘Bts’ akan Rilis Single Digital Terbaru Winter Ahead Kolaborasi dengan Park Hyo-shin

    Jakarta, Beritasatu.com – Personel grup idola K-Pop, V dari Bts, akan merilis single digital terbaru berjudul Winter Ahead pada 29 November 2024. Tidak sendirian, V akan berkolaborasi dengan penyanyi Park Hyo-shin dalam lagu ini.

    Dilansir dari Soompi pada Jumat (22/11/2024), kabar tersebut diumumkan oleh BigHit Music melalui akun resminya. Lagu Winter Ahead mengusung genre jaz-pop dengan nuansa mendalam, menonjolkan warna suara yang menenangkan dari V dan Park Hyo-shin.

    “Lagu ini menyampaikan pesan kebahagiaan dapat ditemukan bersama seseorang yang selalu mendukungmu,” tulis BigHit Music.

    Single ini dijadwalkan rilis pada 29 November 2024 pukul 14.00 waktu Korea Selatan. Bersamaan dengan pengumuman tersebut, BigHit Music juga merilis sebuah foto bernuansa hitam-putih yang menampilkan V dan Park Hyo-shin duduk berhadapan di meja makan.

    “Dengan mendengarkan lagu ini, kami berharap Anda dapat menutup akhir tahun dengan hangat bersama orang-orang tercinta. Terima kasih banyak atas dukungan dan cinta yang selalu diberikan kepada BTS,” tambah mereka.

    Sebagai informasi, Winter Ahead akan menjadi single digital terbaru dari V setelah lagu Fri(end)s yang dirilis pada Maret 2024 lalu. Tentunya, Army (fanbase Bts) sudah tak sabar untuk menyambut karya terbaru dari V, bukan?