Grup Musik: BTS

  • China Berambisi Bangun 4,5 Juta BTS 5G Pada 2025

    China Berambisi Bangun 4,5 Juta BTS 5G Pada 2025

    Bisnis.com, JAKARTA — China berencana membangun 4,5 juta stasiun basis 5G (base transceiver station/BTS) serta mengembangkan lebih banyak industri masa depan pada 2025.

    Rencana ambisius ini disampaikan oleh pihak Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi China dalam konferensi kerjanya pada Jumat (27/12/2024). 

    Regulator negara yang telah membangun sebanyak 4,19 juta stasiun basis 5G itu menyatakan bahwa Negeri Panda mendorong revolusi 5G dan inovasi 6G akan menjadi salah satu prioritas sepanjang tahun ke depan.

    Selain 5G, kementerian ini memulai uji coba jaringan optik 10-gigabit dan mengoptimalkan pusat daya komputasi untuk memastikan integrasi mulus antara jaringan dan kemampuan komputasi.

    Kementerian memperkirakan bahwa output industri China diproyeksikan tumbuh 5,7% secara tahunan dan akan mempertahankan kontribusinya yang stabil terhadap pertumbuhan PDB.

    Sementara itu, pendapatan dari sektor telekomunikasi, serta perangkat lunak dan layanan TI, diperkirakan meningkat sekitar 11% secara tahunan. 

    Ke depan, MIIT juga mengungkapkan rencana untuk mengembangkan industri baru dan masa depan, termasuk kendaraan terhubung cerdas, serta memperluas penerapan Sistem Satelit Navigasi BeiDou.

    Kebijakan yang lebih inovatif juga akan dibuat untuk biomanufaktur, teknologi kuantum, kecerdasan yang terwujud, dan manufaktur pada tingkat atom, menurut kementerian tersebut.

  • Telkomsel Libatkan Lebih Banyak Sentuhan AI untuk Kelola Jaringan pada 2025

    Telkomsel Libatkan Lebih Banyak Sentuhan AI untuk Kelola Jaringan pada 2025

    Bisnis.com, JAKARTA – PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) akan melibatkan lebih banyak teknologi kecerdasan buatan (AI) dalam tata kelola jaringan pada 2025. Teknologi AI menghadirkan efisiensi dan mendorong penggelaran jaringan yang lebih terukur. 

    VP Network Digitalization and Security Telkomsel Ari Sondang Widyanto Sibarani mengatakan perusahaan akan meningkatkan peran AI dalam tata kelola jaringan tahun depan.

    Saat ini pada beberapa skenario, AI telah berkontribusi hingga di atas 50% dalam pengelolaan jaringan. Namun, skenario lainnya, AI hanya berkontribusi sekitar 50% atau di bawah itu. 

    “Telkomsel akan melakukan peningkatan secara terukur. Skenario base yang masih banyak dilakukan secara manual akan dieliminasi. Sementara itu skenario base yang sudah tinggi di atas 50%, akan ditingkatkan lagi sehingga terjadi balance secara keseluruhan,” kata Ari kepada Bisnis, dikutip Jumat (27/12/2024).

    Ari menambahkan untuk beberapa pengaturan jaringan yang sifatnya logical data stream dapat dimaksimalkan ke angka 90%. Namun untuk aktivitas di luar logical data stream, seperti pengaturan ketinggian menara dan lain sebagainya, belum akan berubah karena AI belum dapat masuk ke bagian itu. 

     “Tetapi perubahan sudut antena itu bisa dilakukan electrical. Kami sebut itu sebagai remote electrical tile – analisis terhadap problem bisa pakai AI, tetapi eksekusi penggantiannya tidak mungkin dilakukan oleh mesin,” kata Ari.

    Adapun tujuan dari pengutan pemanfaatan AI di jaringan karena Telkomsel ingin mendapatkan produktivitas dari engineer sehingga lebih baik lagi, terutama untuk mengerjakan bisnis Telkomsel di sisi broadband dan enterprise. 

    Di sisi lain, Telkomsel juga berharap implementasi AI dapat meningkatan arus pendapatan atau menekan ongkos pengeluaran. AI membantu Telkomsel dalam menjalankan sistem dengan otomatis, dari yang sebelumnya harus mengandalkan tenaga manusia. 

    “Produktivitas kalau kemarin banyak pekerja yang fokus pada hal-hal yang bersifat manual sekarang mereka satu engineer bisa fokus pada 5 BTS. Lebih banyak. Sangat berdampak optimalisasi ongkos kita,” kata Ari. 

    Sebelumnya, Direktur Network Telkomsel Indra Mardiatna mengatakan penggelaran yang lebih efektif tersebut terjadi karena Telkomsel dapat mengetahui lokasi dengan potensi pengembalian investasi (IRR) terbaik. 

    AI membantu memberikan komponen penilaian yang lebih banyak dan lengkap dibandingkan sebelumnya. Sebagai contoh, pembangunan di titik A dapat menghasilkan pendapatan 2x lebih besar dari titik B karena sejumlah faktor yang datanya diperoleh dari AI. 

    Sayangnya, Indra tidak memberitahu peningkatan nilai IRR dampak dari penerapan AI di sisi perencanaan penggelaran jaringan. 

    “Implementasi Hyper AI, baik dari sisi operasional jaringan maupun dari sisi interaksi dengan pelanggan, telah memungkinkan kami menghadirkan layanan yang lebih efisien, jaringan yang lebih andal, dan kenyamanan pelanggan yang lebih baik,” kata Indra. 

    Untuk diketahui, Telkomsel membukukan pendapatan sebesar Rp85,2 triliun pada kuartal III/2024. Telkomsel menjadi tulang punggung bisnis Telkom Group dengan kontribusi pendapatan sebesar 76% dari total pendapatan Rp112,2 triliun yang dicetak PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. 

  • Prabowo Perintahkan Menteri-Wamen Turun Langsung ke Lapangan Cek Kelancaran Natal dan Tahun Baru – Halaman all

    Prabowo Perintahkan Menteri-Wamen Turun Langsung ke Lapangan Cek Kelancaran Natal dan Tahun Baru – Halaman all

     

    Laporan wartawan Tribunnews.com, Endrapta Pramudhiaz

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Presiden Prabowo Subianto ternyata memerintahkan langsung anak buahnya, para menteri dan wakil menteri (wamen) di Kabinet Merah Putih, untuk memeriksa langsung di lapangan terkait dengan kelancaran Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025.

    Hal itu diungkap Wakil Menteri BUMN Aminuddin Ma’ruf usai meninjau layanan operasi Jasa Marga pada periode Nataru ini di Jasa Marga Tollroad Command Center (JMTC), Jatiasih, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (26/12/2024).

    Dalam tinjauannya bersama Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur, ia berkomunikasi langsung dengan petugas di pintu tol Cikarang Utama.

    Selain itu, ia bersama Subakti juga memeriksa kelancaran lalu lintas tol di JMTC melalui berbagai data yang dimiliki oleh Jasa Marga.

    Pantauan Tribunnews di JMTC, Aminuddin juga menghampiri para petugas call center Jasa Marga yang tengah bertugas. Ia sempat berdialog dengan salah satu dari mereka.

    Usai tinjauan, ia mengatakan bahwa peninjauan saat Nataru ini dilakukan sesuai arahan langsung dari Prabowo kepada para menteri dan wakil menteri.

    “Kami di Kabinet Merah Putih memang mendapatkan perintah khusus dari Bapak Presiden Pak Prabowo untuk semua menteri dan wakil menteri yang terkait dengan fasilitas publik untuk mengecek langsung ke lapangan,” kata Aminuddin.

    Ia mengatakan tinjauan ini dilakukan agar pelayanan kepada masyarakat yang merayakan natal dan melakukan perjalanan liburan tahun baru terlayani dengan baik dan optimal. 

    “Keselamatan dan kenyamanan menjadi dua indikator penting yang harus kita pastikan berjalan dengan baik,” ujar Aminuddin.

    Untuk tinjauannya pada hari ini, ia mengatakan kondisi lalu lintas jalan tol sejak 18 Desember hingga 26 Desember pukul 06.00 WIB sangat layak dan lancar.

    Ia menyebut jumlah kendaraan yang keluar dari Jakarta sebanyak 1,3 juta pada periode 18-26 Desember pukul 06.00 WIB lebih rendah dibanding periode yang sama pada tahun lalu.

    “Secara kumulatif jumlah ini turun dibanding tahun yang lalu. Karena jumlahnya turun, maka kecepatan rata-rata dan waktu tempuh perjalanan juga jadi lebih baik,” ucap Aminuddin.

    “Artinya apa? Artinya dari mulai tanggal 18 sampai tanggal 26 per jam 6 pagi tadi kondisi lalu lintas dinyatakan sangat layak dan sangat lancar. Alhamdulillah,” pungkasnya.

    Sebagaimana diketahui, sejumlah menteri dan wakil menteri Kabinet Merah Putih yang dipimpin Prabowo, turun ke lapangan untuk memastikan kebutuhan masyarakat tercukupi saat periode libur Natal dan Tahun Baru 2025.

    Kebutuhan tersebut seperti ketersediaan bahan pokok pangan yang harganya stabil, bahan bakar minyak (BBM), transportasi umum, hingga kelayakan jalan tol di berbagai daerah.

    Contohnya seperti Menteri Perdagangan (Mendag) Budi Santoso yang menjamin ketersediaan bahan pokok dan stabilitas harga selama periode Nataru setelah melakukan peninjauan ke lapangan,

    Menurutnya, Kementerian Perdagangan secara rutin memantau harga dan pasokan bahan pokok baik ke pasar maupun ke distributor di berbagai wilayah.

    “Kami di Kemendag berkomitmen untuk menjaga stabilitas harga dan ketersediaan pasokan bapok menjelang Nataru agar masyarakat Indonesia dapat merayakannya dengan nyaman,” kata Budi, dikutip Rabu (25/12/2024).

    Menjelang Nataru, Ia mengaku telah memantau harga ke pasar di sejumlah wilayah di Indonesia antara lain, Manado, Medan, Surabaya, Malang, Yogyakarta, dan Bandung. 

    Pada saat yang sama, Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kemendag turut memantau distributor Minyakita dan mengawasi Harga Eceran Tertinggi (HET)-nya ke berbagai wilayah.

    Hal ini dilakukan sebagai bentuk komitmen Kemendag untuk memastikan dan menjamin ketersediaan pasokan dan kestabilan harga bapok bagi masyarakat.

    “Sebagai sistem peringatan dini, kami secara rutin juga memantau SP2KP, termasuk poda momen Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN), seperti Natal ini. Kemendag dapat mengambil langkah intervensi yang diperlukan apabila ditemukan fluktuasi di lapangan sehingga masyarakat Indonesia dapat merayakannya dengan nyaman,” tutur dia.

    Selain itu, Kemendag bekerja sama dengan Badan Pangan Nasional (Bapanas) dan pemerintah daerah untuk rutin menyelenggarakan Gerakan Pangan Murah (GPM). 

    Program tersebut menyediakan bapok dengan harga terjangkau, khususnya di wilayah yang mayoritas penduduknya merayakan Nataru.

    Upaya lain yang dilakukan Mendag Busan dalam menjaga stabilitas harga dan stok bapok adalah memantau rutin harga bapok secara real-time melalui Sistem Pemantauan Pasar dan Kebutuhan Pokok (SP2KP) yang dikelola Kemendag.

    Pastikan Ketersediaan BBM

    Aminuddin Ma’ruf turut mengunjungi Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan Serambi MyPertamina Rest Area KM 43A yang ada di ruas tol Jakarta – Merak.

    Pada kunjungan tersebut, Aminuddin memastikan tidak ada kendala dalam ketersediaan BBM di SPBU-SPBU saat periode Nataru, terutama kepadatan kendaraan jelang libur akhir tahun ini tetap harus diantisipasi oleh Pertamina.

    “Tadi kita sudah meninjau ketersediaan pasokan BBM insha Allah aman, baik Pertamax, Pertalite, dan semuanya insha Allah dalam keadaan aman dan cukup, serta kami pastikan pelayanan Pertamina selama Nataru ini sudah disiapkan dengan semaksimal-maksimalnya,” Kata Aminuddin.

    Aminuddin juga meninjau layanan tambahan Pertamina Patra Niaga yang disediakan di berbagai ruas tol, bandara dan pelabuhan yaitu Serambi MyPertamina.

    “Saya juga tadi cek tensi darah dan gula darah yang difasilitas oleh Pertamina secara free charge alias gratis. Terus layani masyarakat kita dengan sebaik-baiknya dan seoptimal mungkin,” ungkap Aminuddin.

    Selama masa satgas Nataru, Pertamina Patra Niaga menyiapkan 22 titik layanan serambi mypertamina di berbagai titik keramaian untuk menambah kenyamanan perjalanan masyarakat aman dan juga menyiapkan layanan tambahan pengisian BBM di jalur potensial meliputi jalur tol, jalur wisata, dan jalur lintas utama, berupa 1.820 SPBU Siaga, 4.442 Agen Siaga & 342.304 Outlet Pangkalan LPG Siaga, 56 Unit Kiosk Pertamina Siaga, 245 Unit Motorist, dan 207 Unit Mobil Tangki standby (Mobile Storage).

    Pantau Jalan Tol

    Menteri Perhubungan (Menhub) Dudy Purwagandhi meninjau empat gerbang tol utama keluar Jakarta yakni Tol Cikupa, Tol Ciawi, Tol Cikampek Utara dan Tol Kalihurip Utama pada Selasa (24/12/2024) malam.

    Menhub Dudy didampingi Korlantas Polri Aan Suhanan untuk mengecek kondisi arus kendaraan yang diprediksi mencapai puncak arus pergi pertama pada hari ini. 

    Kendati masih berada pada kondisi ramai lancar, Menhub berpesan kepada pengguna jalan untuk mengatur waktu perjalanan, mengantisipasi kepadatan, serta menjaga kondisi badan. 

    “Istirahat jika lelah, gunakan waktu secukupnya untuk berhenti di rest area yang telah disediakan,” ujar Menhub Dudy.

    Jamin Kelancaran Telekomunikasi

    Memperlancar layanan telekomunikasi sepanjang libur Nataru, Kementerian Komunikasi dan Digital mengoperasikan mobil Stasiun Monitoring Frekuensi Radio (SMFR).

    SMFR merupakan perangkat penerima sinyal frekuensi radio dan digunakan untuk monitoring, pengukuran parameter teknis, pendeteksian sumber pancaran frekuensi radio dan mengidentifikasi pengguna frekuensi radio.

    Menteri Komunikasi dan Digital (Menkomdigi) Meutya Hafid, mengatakan Kemkomdigi menyiapkan 10 SMFR selama masa liburan akhir tahun ini.

    “Ada 10 saat ini, kita operasikan di 10 kota besar,” tutur Menkomdigi saat meninjau operasional SMFR di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (24/12/2024).

    Meski saat ini ditetapkan beroperasi di wilayah kota besar, Menkomdigi memastikan operasional SMFR akan fleksibel untuk membantu memperlancar komunikasi.

    “Karena sifatnya mobile, kalau ada lonjakan misalnya di pelabuhan tertentu ini bisa kita geser,” jelas Meutya Hafid.

    Untuk memperlancar arus komunikasi selama liburan ini, Kemkomdigi juga akan dibantu oleh operator telekomunikasi di Tanah Air.

    “Operator seluler juga telah berkomitmen kepada Kementerian Komunikasi dan Digital mereka menaikkan sampai 2 kali lipat dari kapasitasnya, serta menaruh BTS-BTS mobile di wilayah-wilayah pariwisata Yang dianggap cukup ramai,” ungkapnya.

     

  • Kemenaker Ungkap 50.417 Pekerja Mogok Kerja pada 2024, Mayoritas di Jawa Barat

    Kemenaker Ungkap 50.417 Pekerja Mogok Kerja pada 2024, Mayoritas di Jawa Barat

    Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) melalui Satu Data Ketenagakerjaan mencatat sebanyak 50.417 pekerja/buruh melakukan aksi mogok kerja sepanjang Januari—November 2024. Mayoritas pekerja berada di Jawa Barat. 

    Merujuk laman resmi Satu Data Ketenagakerjaan, Jawa Barat menjadi provinsi yang mendominasi aksi mogok kerja dengan persentase tenaga kerja yang terlibat mencapai 36,5% dari total mogok kerja nasional.

    Sepanjang Januari—November 2024, Kemnaker mencatat terdapat 18.400 pekerja Jawa Barat yang melakukan mogok kerja. Atau, ada 147.200 jam kerja yang hilang dengan 53 kasus mogok kerja pada provinsi ini.

    “Pada periode Januari-November tahun 2024, terdapat 240 kasus mogok kerja di Indonesia dengan 50.417 orang tenaga kerja yang terlibat dan 403.336 jam kerja yang hilang akibat mogok kerja tersebut,” demikian yang dikutip dari informasi di laman resmi Satu Data Kemnaker, Kamis (26/12/2024).

    Satu Data Kemnaker juga menunjukkan, Jawa Tengah menempati posisi kedua dengan 7.200 pekerja yang terlibat melakukan aksi mogok kerja. Pada wilayah ini, terdapat 20 kasus sehingga 57.600 jam kerja hilang akibat aksi mogok kerja.

    Lalu, Kalimantan Barat mencatat ada 2 kasus mogok kerja yang diikuti 2.635 pekerja sepanjang 11 bulan pertama di tahun ini. Disusul, Banten dengan 2.100 pekerja yang melakukan aksi mogok kerja atau ada 10 kasus.

    Serta, sebanyak 2.080 pekerja DKI Jakarta melakukan aksi mogok kerja. Wilayah ini mencatat ada 42 kasus mogok kerja dengan 16.640 jam kerja yang hilang imbas aksi ini.

    Dalam catatan Bisnis, Serikat Pekerja XL Axiata melakukan aksi mogok kerja dengan cuti massal. Cuti massal digelar selama satu hari pada Jumat (6/12/2024).

    Ketua Umum Serikat Pekerja XL Mustakim menyampaikan, aksi ini berisiko sedikit mengganggu layanan yang diberikan XL Axiata kepada lebih dari 58 juta pelanggan perusahaan. Namun, untuk layanan kritis diharapkan tidak mengalami gangguan.

    “Total karyawan yang melakukan cuti massal di kantor pusat dan regional mencapai hampir 1.000 orang dari total sekitar 1.600 pegawai XL Axiata,” ujar Mustakim kepada Bisnis, Jumat (6/12/2024).

    Pekerja memperbaiki BTS Perbesar

    Dia menuturkan, aksi cuti massal ini merupakan bentuk kekecewaan kepada Axiata Malaysia yang tidak melibatkan karyawan dan kurang transparan dalam menjalankan proses merger dengan Smartfren.

    Pada kasus lain, Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menyebut sebanyak 5 juta buruh akan lanjut melakukan aksi mogok nasional selama dua hari usai melakukan demonstrasi besar-besaran pada 24–31 Oktober 2024.

    Presiden KSPI Said Iqbal menyatakan aksi mogok kerja tersebut bakal dilakukan selama dua hari kerja yang merupakan rangkaian dari aksi demo menuntut kenaikan upah minimum pada 2025 kepada pemerintahan baru.

    “Kedua, akan diselenggarakan mogok kerja nasional yang dilakukan hampir lebih dari enam konfederasi serikat buruh terbesar dan 60 federasi serikat pekerja tingkat nasional,” kata Said dalam konferensi pers, Jumat (18/10/2024).

  • Ramai-ramai Anak Buah Prabowo Turun ke Lapangan Pastikan Kebutuhan Masyarakat Saat Nataru Tercukupi – Halaman all

    Ramai-ramai Anak Buah Prabowo Turun ke Lapangan Pastikan Kebutuhan Masyarakat Saat Nataru Tercukupi – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Sejumlah menteri dan wakil menteri Kabinet Merah Putih yang dipimpin Presiden Prabowo Subianto, turun ke lapangan untuk memastikan kebutuhan masyarakat tercukupi saat periode libur Natal dan Tahun Baru 2025.

    Kebutuhan tersebut seperti ketersediaan bahan pokok pangan yang harganya stabil, bahan bakar minyak (BBM), transportasi umum, hingga kelayakan jalan tol di berbagai daerah.

    Setelah melakukan peninjauan ke lapangan, Menteri Perdagangan (Mendag) Budi Santoso menjamin ketersediaan bahan pokok dan stabilitas harga selama periode Nataru.

    Menurutnya, Kementerian Perdagangan secara rutin memantau harga dan pasokan bahan pokok baik ke pasar maupun ke distributor di berbagai wilayah.

    “Kami di Kemendag berkomitmen untuk menjaga stabilitas harga dan ketersediaan pasokan bapok menjelang Nataru agar masyarakat Indonesia dapat merayakannya dengan nyaman,” kata Budi, dikutip Rabu (25/12/2024).

    Menjelang Nataru, Ia mengaku telah memantau harga ke pasar di sejumlah wilayah di Indonesia antara lain, Manado, Medan, Surabaya, Malang, Yogyakarta, dan Bandung. 

    Pada saat yang sama, Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kemendag turut memantau distributor Minyakita dan mengawasi Harga Eceran Tertinggi (HET)-nya ke berbagai wilayah. 

    Hal ini dilakukan sebagai bentuk komitmen Kemendag untuk memastikan dan menjamin ketersediaan pasokan dan kestabilan harga bapok bagi masyarakat.

    “Sebagai sistem peringatan dini, kami secara rutin juga memantau SP2KP, termasuk poda momen Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN), seperti Natal ini. Kemendag dapat mengambil langkah intervensi yang diperlukan apabila ditemukan fluktuasi di lapangan sehingga masyarakat Indonesia dapat merayakannya dengan nyaman,” tutur dia.

    Selain itu, Kemendag bekerja sama dengan Badan Pangan Nasional (Bapanas) dan pemerintah daerah untuk rutin menyelenggarakan Gerakan Pangan Murah (GPM). 

    Program tersebut menyediakan bapok dengan harga terjangkau, khususnya di wilayah yang mayoritas penduduknya merayakan Nataru.

    Upaya lain yang dilakukan Mendag Busan dalam menjaga stabilitas harga dan stok bapok adalah memantau rutin harga bapok secara real-time melalui Sistem Pemantauan Pasar dan Kebutuhan Pokok (SP2KP) yang dikelola Kemendag. 

    Pastikan Ketersediaan BBM

    Wakil Menteri (Wamen) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Aminuddin Ma’ruf turut mengunjungi Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan Serambi MyPertamina Rest Area KM 43A yang ada di ruas tol Jakarta – Merak.

    Pada kunjungan tersebut, Aminuddin memastikan tidak ada kendala dalam ketersediaan BBM di SPBU-SPBU saat periode Nataru, terutama kepadatan kendaraan jelang libur akhir tahun ini tetap harus diantisipasi oleh Pertamina.

    “Tadi kita sudah meninjau ketersediaan pasokan BBM insha Allah aman, baik Pertamax, Pertalite, dan semuanya insha Allah dalam keadaan aman dan cukup, serta kami pastikan pelayanan Pertamina selama Nataru ini sudah disiapkan dengan semaksimal-maksimalnya,” Kata Aminuddin.

    Aminuddin juga meninjau layanan tambahan Pertamina Patra Niaga yang disediakan di berbagai ruas tol, bandara dan pelabuhan yaitu Serambi MyPertamina.

    “Saya juga tadi cek tensi darah dan gula darah yang difasilitas oleh Pertamina secara free charge alias gratis. Terus layani masyarakat kita dengan sebaik-baiknya dan seoptimal mungkin,” ungkap Aminuddin.

    Selama masa satgas Nataru, Pertamina Patra Niaga menyiapkan 22 titik layanan serambi mypertamina di berbagai titik keramaian untuk menambah kenyamanan perjalanan masyarakat aman dan juga menyiapkan layanan tambahan pengisian BBM di jalur potensial meliputi jalur tol, jalur wisata, dan jalur lintas utama, berupa 1.820 SPBU Siaga, 4.442 Agen Siaga & 342.304 Outlet Pangkalan LPG Siaga, 56 Unit Kiosk Pertamina Siaga, 245 Unit Motorist, dan 207 Unit Mobil Tangki standby (Mobile Storage).

    Pantau Jalan Tol

    Menteri Perhubungan (Menhub) Dudy Purwagandhi meninjau empat gerbang tol utama keluar Jakarta yakni Tol Cikupa, Tol Ciawi, Tol Cikampek Utara dan Tol Kalihurip Utama pada Selasa (24/12/2024) malam.

    Menhub Dudy didampingi Korlantas Polri Aan Suhanan untuk mengecek kondisi arus kendaraan yang diprediksi mencapai puncak arus pergi pertama pada hari ini. 

    Kendati masih berada pada kondisi ramai lancar, Menhub berpesan kepada pengguna jalan untuk mengatur waktu perjalanan, mengantisipasi kepadatan, serta menjaga kondisi badan. 

    “Istirahat jika lelah, gunakan waktu secukupnya untuk berhenti di rest area yang telah disediakan,” ujar Menhub Dudy.

    Jasa Marga mencatat, pada periode 24 Desember 2024 pukul 06.00-14.00 WIB, realisasi kendaraan keluar Jakarta melalui empat gerbang tol utama mencapai 64.139 kendaraan, naik 21,8 persen dari hari normal dan turun 25,9 persen dari periode yang sama pada 2023.

    Adapun rincian realisasi kendaraan keluar Jakarta, melalui Gerbang Tol Cikupa berjumlah 21.280 kendaraan, naik 3,6 persen dari hari normal dan naik 20,7 persen dari periode yang sama pada 2023. 

    Kendaraan keluar Jakarta melalui Gerbang Tol Ciawi berjumlah 14.579 kendaraan, naik 5,4 persen dari hari normal dan turun 34,8 persen dari periode yang sama pada 2023.

    Kemudian, kendaraan keluar Jakarta melalui Gerbang Tol Cikampek Utama berjumlah 14.143 kendaraan, naik 77,8 persen dari hari normal dan turun 36,6 persen dari periode yang sama pada 2023. 

    Kendaraan keluar Jakarta melalui Gerbang Tol Kalihurip Utama berjumlah 14.137 kendaraan, naik 37,1 persen dari hari normal dan turun 36,6 persen dari periode yang sama pada 2023.

    “Saya sarankan kembali sebelum tanggal prediksi puncak arus kendaraan untuk mencegah kepadatan,” kata Menhub Dudy.

    Sementara itu, hasil survei potensi pergerakan masyarakat pada masa Nataru menyatakan prediksi puncak arus pergi kedua akan terjadi pada Selasa, 31 Desember 2024. Sedangkan puncak arus balik akan terjadi pada Rabu dan Kamis, 1-2 Januari 2025.

    Jamin Kelancaran Telekomunikasi

    Memperlancar layanan telekomunikasi sepanjang libur Nataru, Kementerian Komunikasi dan Digital mengoperasikan mobil Stasiun Monitoring Frekuensi Radio (SMFR).

    SMFR merupakan perangkat penerima sinyal frekuensi radio dan digunakan untuk monitoring, pengukuran parameter teknis, pendeteksian sumber pancaran frekuensi radio dan mengidentifikasi pengguna frekuensi radio.

    Menteri Komunikasi dan Digital (Menkomdigi) Meutya Hafid, mengatakan Kemkomdigi menyiapkan 10 SMFR selama masa liburan akhir tahun ini.

    “Ada 10 saat ini, kita operasikan di 10 kota besar,” tutur Menkomdigi saat meninjau operasional SMFR di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (24/12/2024).

    Meski saat ini ditetapkan beroperasi di wilayah kota besar, Menkomdigi memastikan operasional SMFR akan fleksibel untuk membantu memperlancar komunikasi.

    “Karena sifatnya mobile, kalau ada lonjakan misalnya di pelabuhan tertentu ini bisa kita geser,” jelas Meutya Hafid.

    Untuk memperlancar arus komunikasi selama liburan ini, Kemkomdigi juga akan dibantu oleh operator telekomunikasi di Tanah Air.

    “Operator seluler juga telah berkomitmen kepada Kementerian Komunikasi dan Digital mereka menaikkan sampai 2 kali lipat dari kapasitasnya, serta menaruh BTS-BTS mobile di wilayah-wilayah pariwisata Yang dianggap cukup ramai,” ungkapnya.

  • Menkomdigi Pastikan Layanan Telekomunikasi Terjamin di Libur Akhir Tahun

    Menkomdigi Pastikan Layanan Telekomunikasi Terjamin di Libur Akhir Tahun

    Menkomdigi Pastikan Layanan Telekomunikasi Terjamin di Libur Akhir Tahun
    Tim Redaksi
    TANGERANG, KOMPAS.com
    – Menteri Komunikasi Digital dan Informasi (Menkomdigi)
    Meutya Hafid
    memastikan kesiapan infrastruktur telekomunikasi selama libur Natal dan Tahun Baru 2024.
    Hal ini dilakukan untuk menjaga kelancaran komunikasi, terutama di wilayah yang mengalami lonjakan aktivitas.
    “Kami memastikan bahwa layanan komunikasi seluler berjalan dengan baik, terutama di titik-titik yang padat seperti
    Bandara Soekarno-Hatta
    ,” ujar Meutya di Terminal 3 Keberangkatan Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, pada Selasa (24/12/2024).
    Meutya juga meminta petugas untuk menjaga frekuensi agar tetap aman.
    Peningkatan intensitas penerbangan di Bandara Soetta diperkirakan akan terjadi selama libur Nataru.
    Berdasarkan data PT Angkasa Pura Indonesia, jumlah penumpang diperkirakan meningkat hingga 12 persen dibandingkan tahun lalu.
    “Ini merupakan geliat positif Nataru. Karena itu, Presiden meminta seluruh kementerian melakukan pengecekan terkait kesiapan, bekerja sama dengan otoritas seperti Angkasa Pura Indonesia dan pihak bandara lainnya,” kata Meutya.
    Kementerian Komdigi telah menugaskan tim untuk memantau layanan seluler dan frekuensi hingga akhir periode Nataru.
    Terdapat 10 mobil monitoring yang ditempatkan di kota-kota besar, termasuk Jakarta, Surabaya, Makassar, Medan, Manado, dan Denpasar.
    “Mobil monitoring ini bersifat
    mobile
    . Jika ada lonjakan di pelabuhan atau wilayah tertentu, maka akan kami geser sesuai kebutuhan,” jelasnya.
    Operator seluler juga diminta untuk meningkatkan kapasitas jaringan hingga dua kali lipat untuk mengantisipasi lonjakan trafik.
    BTS
    mobile
    telah ditempatkan di sejumlah destinasi wisata yang ramai pengunjung.
    “Kami telah memerintahkan para Dirjen untuk mengecek langsung di lapangan, memastikan bahwa layanan ini benar-benar tersedia sesuai komitmen operator seluler,” ucap Meutya.
    Copyright 2008 – 2024 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Menkomdigi Pantau Kesiapan Jaringan Komunikasi Saat Libur Nataru

    Menkomdigi Pantau Kesiapan Jaringan Komunikasi Saat Libur Nataru

    Jakarta, CNN Indonesia

    Menteri Komunikasi dan Digital (Menkomdigi) Meutya Hafid melakukan peninjauan untuk memastikan kesiapan infrastruktur dan jaringan telekomunikasi dalam menghadapi lonjakan traffic telekomunikasi selama periode Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru).

    Peninjauan ini dilakukan lewat pemantauan jaringan di ruang Pusat Monitoring dan Telekomunikasi, Pos dan Penyiaran (PMT) di Kantor Komdigi serta pantauan langsung ke lapangan, salah satunya di Bandara Soekarno Hatta.

    “Dalam menyambut Natal dan Tahun Baru, Presiden menugaskan menterinya untuk memastikan semuanya berjalan dengan lancar dan nyaman bagi mereka yang bepergian, terutama di liburan Natal dan Tahun Baru. Salah satu yang perlu diperiksa adalah infrastruktur digital untuk memastikan bahwa komunikasi tidak terganggu berjalan dengan baik,” ujar Meutya di PMT Komdigi, Selasa (24/12).

    Pusat Monitoring dan Telekomunikasi, Pos dan Penyiaran sendiri menyajikan pantauan langsung layanan komunikasi semua operator. Komdigi juga menyediakan layanan aduan untuk masyarakat yang ingin melaporkan masalah jaringan.

    Laporan tersebut nantinya akan diteruskan ke operator telekomunikasi untuk segera ditindaklanjuti.

    “Para operator sudah memberikan komitmennya untuk menaikkan kapasitas mereka sehingga tidak akan ada gangguan-gangguan komunikasi.
    Jadi silahkan (melapor jika ada gangguan),” ujar Meutya.

    “Ini bisa jadi masukan kami untuk memberi warning kepada para operator untuk meningkatkan dan memperbaiki layanan mereka di beberapa titik,” tambahnya.

    Setelah meninjau fasilitas PMT, Menkomdigi melanjutkan peninjauannya ke Bandara Soekarno Hatta untuk melakukan monitoring frekuensi. Pasalnya, penerbangan memerlukan frekuensi khusus untuk berkomunikasi yang perlu mendapat perhatian juga di periode Nataru ini.

    “Jadi selain komunikasi seluler, juga dengan kelancaran frekuensi untuk penerbangan,” tutur Meutya.

    Lebih lanjut, Komdigi juga melakukan pemantauan lapangan di sejumlah titik penting.

    Meutya telah menugaskan tim untuk melakukan monitoring, mulai dari posko-posko yang dibuat operator hingga beberapa tempat yang diprediksi mengalami peningkatan trafik.

    “Dari operator memberi komitmen kepada kantor kami ada penambahan BTS, misalnya BTS Mobile kemudian ada posko. Nah itu yang juga nanti kita secara sampling akan kita lakukan pemeriksaan di lapangan,” tandasnya.

    (lom/dmi)

    [Gambas:Video CNN]

  • Komdigi Prediksi Lonjakan Traffic Nataru Tembus 20%

    Komdigi Prediksi Lonjakan Traffic Nataru Tembus 20%

    Jakarta

    Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) memastikan jaringan telekomunikasi siap menyambut momen libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2025. Upaya monitoring hingga langkah antisipasi sudah dipersiapkan jika terjadi gangguan.

    “Alhamdulillah bangun, kemarin kami telah melakukan pengukuran untuk kualitas QoS (quality of servies) di tanggal 16 sampai 20 Desember untuk empat operator seluler dan hasilnya itu baik,” ungkap Dany Suwardany A, Direktur Pengendalian Pos dan Informatika Kementerian Komdigi saat kegiatan peninjauan Pusat Monitoring dan Telekomunikasi, Pos dan Penyiaran oleh Menkomdigi, Selasa (24/12/2024).

    Dalam laporannya, Dhani mengungkap Komdigi memperdiksi kenaikan trafik telekomunikasi selama Nataru kali ini naik 7-20% dibanding tahun lalu. Mengatisipasi hal tersebut, pihaknya berkoordinasi dengan operator.

    “Kita sudah mengirimkan surat untuk mengantisipasi adanya lonjakan traffic, dengan meminta mereka untuk memperkuat kapasitas jaringannya,” kata Dany.

    Surat tersebut telah direspon para operator telekomunikasi di Tanah Air. Disebutkan PT Telkom sudah menyiapkan kapasitas internet kurang lebih hampir sebesar 56,7 terabyte per second.

    Telkomsel meningkatkan atau menaikkan kapasitas gateway-nya sebesar 15,73 terabyte per second dan kapasitas internetnya sebesar 13,4 terabyte per second. Untuk Indosat Ooredoo Hutchison (IoH) juga meningkatkan kapasitas jaringan sebesar 30% dari kapasitas regular atau normalnya.

    Sementara XL disebutkan telah menyiapkan kapasitas jaringannya 2 kali lipat lebih besar dari kapasitas normal. Smartfren sendiri sudah menyiapkan untuk kapasitas jaringannya dengan meningkatkan kapasitasnya kurang lebih hampir sebesar 1,1%.

    Di samping memperkuat kapasitas jaringan, Komdigi juga melakukan pengukuran kualitas sinyal (QoS) di titik-titik point of interest (POI) seperti di pusat perbelanjaan, terminal, bandara, tempat wisata, tempat ibadah dan jalan mudik tol baik itu Jakarta-Surabaya maupun Jakarta-Palembang.

    Para operator juga melakukan antisipasi lainnya berupa mobile BTS untuk di daerah-daerah pusat keramaian. Tak sampai di situ, mereka pun rutin melakukan drive test untuk memastikan kualitas jaringan tetap terjaga sepanjang Nataru.

    “Di samping itu para operator menyiapkan Posko di bandara hingga stasiun, command center dan call center yang melayani pelanggan atau customer selama 24 jam,” ungkap Dany.

    Di samping dari sisi operator seluler maupun dari penyelenggara broadband Telkom, Komdigi sendiri melakukan pengukuran dari sisi kualitas quality of services (QoS), khususnya di ruas jalur mudik tol Jakarta-Surabaya dan Jakarta-Palembang.

    Pengukuran kualitas layanan akses internet berdasarkan parameter throughput, download throughput dan upload throughput. Di samping juga ada parameter lainnya seperti untuk signal strength.

    “Jadi untuk yang hasil pengukuran yang kita lakukan tanggal 16-22 Desember di ruas jalan tol Jakarta-Surabaya, kalau dilihat dari hasil pengukuran untuk service throughput download secara overall ini baik,” papar Dany.

    “Kita sudah sampaikan hasilnya ke operator seluler. Ada beberapa titik mungkin yang perlu ditingkatkan dari sisi kualitas tapi tidak terlalu yang di bawah setengah tidak terlalu banyak, hanya beberapa titik. Yang lebih di KM rest area 166,” pungkasnya.

    (rns/rns)

  • Menkomdigi Tinjau Kesiapan Jaringan Jelang Natal dan Tahun Baru

    Menkomdigi Tinjau Kesiapan Jaringan Jelang Natal dan Tahun Baru

    Jakarta

    Menteri Komunikasi dan Digital (Komdigi) Meutya Hafid melakukan tinjauan untuk memastikan kesiapan infrastruktur dan jaringan telekomunikasi di seluruh Indonesia dalam menghadapi lonjakan penggunaan layanan telekomunikasi selama periode Natal dan Tahun Baru 2025 (Nataru). Peninjauan ini meliputi pemantauan di ruang Pusat Monitoring dan Telekomunikasi, Pos dan Penyiaran serta Bandar Soekarno Hatta pada Selasa siang (24/12/2024).

    “Dalam menyambut Natal dan Tahun Baru, Presiden menugaskan menterinya untuk memastikan semuanya berjalan dengan lancar dan nyaman bagi mereka yang bepergian, terutama di liburan Natal dan Tahun Baru. Salah satu yang perlu diperiksa adalah infrastruktur digital untuk memastikan bahwa komunikasi tidak terganggu, berjalan dengan baik,” ungkap Meutya.

    Dijelaskan Menkomdigi, lewat ruangan Pusat Monitoring dan Telekomunikasi, Pos dan Penyiaran dapat memantau layanan komunikasi semua operator. Pihaknya juga membuka layanan aduan dari masyarakat jika mendapati gangguan layanan.

    “Para operator sudah memberikan komitmennya untuk menaikkan kapasitas mereka sehingga tidak akan ada gangguan-gangguan komunikasi.
    Jadi silahkan (melaporkan jika ada gangguan) ini bisa jadi masukan kami untuk memberi warning kepada para operator untuk meningkatkan dan memperbaiki layanan mereka di beberapa titik,” ujar Meutya.

    Menteri Komunikasi dan Digital Meutya Hafid melakukan tinjauan untuk memastikan kesiapan infrastruktur dan jaringan telekomunikasi di seluruh Indonesia dalam menghadapi lonjakan penggunaan layanan telekomunikasi selama periode Natal dan Tahun Baru 2025 (Nataru). Foto: Adi Fida Rahman/detikcom

    Setelah meninjau Pusat Monitoring dan Telekomunikasi, Pos dan Penyiaran, Menkomdigi lanjut ke Bandara Soekarno Hatta guna memonitor frekuensi. Sebab penerbangan memerlukan frekuensi khusus untuk berkomunikasi. Dengan kenaikan traffic penerbangan perlu juga untuk pantau.

    “Jadi selain komunikasi seluler, juga dengan kelancaran frekuensi untuk penerbangan,” tegas Meutya.

    Tidak ketinggalan Komdigi juga akan melakukan pemantauan langsung di sejumlah titik penting. Menkomdigi sudah menugaskan tim untuk datang ke monitoring, mulai dari operator dan beberapa tempat yang diperediksi mengalami peningkatan trafik.

    “Dari operator memberi komitmen kepada kantor kami ada penambahan BTS, misalnya BTS Mobile kemudian ada posko. Nah itu yang juga nanti kita secara sampling akan kita lakukan pemeriksaan di lapangan,” pungkas Meutya.

    (rns/rns)

  • KIJA rilis layanan transportasi tingkatkan mobilitas di Kota Jababeka

    KIJA rilis layanan transportasi tingkatkan mobilitas di Kota Jababeka

    PT Jababeka Tbk (KIJA) bersama PT Commuter Anak Bangsa dan Dinas Perhubungan Pemerintah Kabupaten Bekasi meluncurkan layanan transportasi Shuttle K-99 Feeder BTS di Kota Jababeka, Kabupaten Cikarang. ANTARA/HO-KIJA

    KIJA rilis layanan transportasi tingkatkan mobilitas di Kota Jababeka
    Dalam Negeri   
    Editor: Novelia Tri Ananda   
    Jumat, 20 Desember 2024 – 18:12 WIB

    Elshinta.com – PT Jababeka Tbk (KIJA) bersama PT Commuter Anak Bangsa dan Dinas Perhubungan Pemerintah Kabupaten Bekasi meluncurkan layanan transportasi Shuttle K-99 Feeder BTS sebagai upaya meningkatkan kualitas mobilitas di Kota Jababeka, Cikarang, Jawa Barat.

    President Director PT Graha Buana Cikarang Ivonne Anggraini, selaku pengelola Kota Jababeka, menjelaskan Shuttle K-99 Feeder BTS ditujukan untuk menciptakan moda transportasi yang lebih aman, nyaman, terintegrasi, serta ramah lingkungan.

    “Kehadiran Shuttle K-99 Feeder ini menjadi salah satu solusi strategis yang dirancang untuk mendukung program BTS (Buy The Service), sebuah inisiatif pemerintah untuk memperbaiki kualitas layanan angkutan umum di Kabupaten Bekasi,” ujar Ivonne sebagaimana keterangan resmi di Jakarta, Jumat.

    Ivonne menjelaskan dukungan terhadap transportasi berkelanjutan menjadi fokus utama perseroan, dengan penggunaan kendaraan ramah lingkungan, seperti angkot berbahan bakar gas dan listrik yang akan mengurangi emisi karbon.

    “Program ini tidak hanya mendukung kebijakan pemerintah untuk mengurangi ketergantungan pada kendaraan pribadi, tapi juga meningkatkan kualitas udara dan memperkuat sistem jaringan transportasi yang terintegrasi di kawasan industri dan kota mandiri seperti Kota Jababeka,” ujar Ivonne.

    Acara soft launching dan flag off diawali dengan penandatanganan kesepakatan bersama antara PT Commuter Anak Bangsa dan Jababeka, disaksikan oleh pejabat Pemerintah Kabupaten Bekasi.

    “Diharapkan, hadirnya Shuttle K-99 Feeder BTS dapat mendorong masyarakat untuk beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi umum yang lebih terorganisir,” ujar Ivonne.

    Shuttle ini akan beroperasi mulai Januari 2025, setiap hari dengan jam operasional dari pukul 05.00 WIB hingga 21.00 WIB, yang mencakup beberapa rute utama yang menghubungkan berbagai titik penting di Jababeka dan sekitarnya, di antaranya Stasiun Cikarang/Transit Point Biskita BTS, Kawasan Industri Jababeka, Jababeka Residence, dan President University.

    “Dengan hadirnya shuttle ini, diharapkan dapat mengurangi ketergantungan pada kendaraan pribadi, mengurangi kemacetan, serta menurunkan emisi karbon, sebagai bagian dari upaya untuk menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat,” ujar Ivonne.

    Saat ini terdapat tiga layanan utama yang sudah beroperasi, diantaranya JAConnexion oleh Damri, yang menghubungkan Kota Jababeka dengan Bandara Internasional Soekarno-Hatta, JRConnexion oleh AO Transport yang melayani rute dari Kota Jababeka ke Blok M, Jakarta, serta Primajasa yang menghubungkan Kota Jababeka dengan Bandung.

    Dalam kesempatan sama, Pj Bupati Dedy Supriyadi mengatakan pembangunan sistem transportasi berkelanjutan dan terintegrasi merupakan prioritas dalam menyelaraskan visi misi Pemerintah Kabupaten Bekasi dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkeadilan.

    “Dalam pembangunan wilayah yang berkelanjutan, pengenalan armada layanan Shuttle K-99 ini adalah langkah nyata untuk menghadirkan solusi mobilitas yang aman, nyaman, dan terjangkau bagi masyarakat,” ujar Dedy.

    Acara ini dihadiri Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bekasi Aria Dwi Nugraha, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi Yana Suyatna, Kepala Bappeda Kabupaten Bekasi Agus Budiono, Wakil Direktur Utama PT Commuter Anak Bangsa Dwiwanto Hadi Prandojo, Direktur PT Commuter Anak Bangsa Hasyim, serta Organda Bekasi.

    Sumber : Antara