Grup Musik: BTS

  • Indosat Tambah 1.600 BTS 4G di Region Jawa Timur pada 2024

    Indosat Tambah 1.600 BTS 4G di Region Jawa Timur pada 2024

    Bisnis.com, MALANG — Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) menambah hampir 1.600 BTS 4G di wilayah Jawa Timur sehingga mencapai 23.904 hingga akhir 2024.

    Head of Circle Java Indosat Ooredoo Hutchison Fahd Yudhanegoro mengatakan penambahan BTS itu sebagai komitmen Indosat untuk terus melakukan perluasan dan peningkatan kualitas jaringan, serta menghadirkan pengalaman yang mengesankan (marvelous experience) bagi semua pelanggannya.

    “Region ini mencatatkan peningkatan trafik data sekitar 2% Year-on-Year/YoY,” ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (10/2/2025).

    Menurutnya, penambahan BTS tersebut sejalan dengan kinerja perusahaan yang positif secara nasional. Adapun Indosat Regional Jawa Timur turut mencatatkan kinerja yang menjanjikan pada penutupan tahun.

    Hingga akhir 2024, jumlah pelanggan Indosat di region Jawa Timur mencapai 15 juta atau berkontribusi nyaris 16% dari total pelanggan Indosat di seluruh Indonesia.

    President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha menambahkan Indosat menutup tahun 2024 dengan mempertahankan pertumbuhan yang kokoh pada kinerja keuangan dan keunggulan operasional. Total pendapatan meningkat 9,1% Year-on-Year (YoY) menjadi Rp55,9 triliun. Perolehan ini didorong oleh peningkatan kualitas layanan pelanggan dan kontribusi positif dari semua lini bisnis. 

    Pendapatan dari layanan seluler tumbuh 7,5% YoY, seiring dengan peningkatan pendapatan dari Data dan Interkoneksi. Sementara itu, pendapatan dari segmen Multimedia, Data Communication, and Internet (MIDI) melonjak 23,4% yoy yang datang peningkatan pendapatan dari layanan IT.

    EBITDA Indosat tumbuh lebih cepat daripada pendapatan meningkat 10,2% YoY menjadi Rp26,4 triliun dengan EBITDA margin mencapai 47,2%. Peningkatan ini mencerminkan tingkat efisiensi Indosat dalam mengubah pendapatan menjadi profitabilitas yang berkelanjutan. 

    Di sisi lain, laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk yang dinormalisasi tumbuh 38,1% menjadi Rp4,916 triliun. Laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk yang dilaporkan tumbuh sebesar 9% menjadi Rp4,910 triliun. Perolehan tersebut menunjukkan keuangan yang kuat, sehat, dan komitmen perusahaan dalam memberikan nilai yang berkelanjutan bagi para pemangku kepentingan.

    “Tahun 2024 merupakan tahun yang penuh tantangan, namun kami berhasil mempertahankan kinerja yang kuat sebagai bukti komitmen kami untuk terus memberikan nilai maksimal kepada pemangku kepentingan. Kinerja keuangan dan operasional yang solid ini juga menegaskan komitmen Indosat untuk terus mendorong kemajuan ekosistem industri telekomunikasi di Indonesia,” tuturnya. 

    Sepanjang tahun 2024, trafik data mengalami lonjakan signifikan sebesar 12,2% YoY yang mencerminkan tingginya permintaan akan layanan Indosat. 

    Guna mengakomodasi pertumbuhan ini, perusahaan secara agresif memperluas infrastruktur jaringan dengan menambah jumlah BTS 4G hingga mencapai 196.000, memastikan pengalaman pelanggan yang mulus dan unggul. 

    Peningkatan jaringan yang signifikan ini telah berdampak langsung pada kualitas layanan, terutama bagi pelanggan Indosat yang menggunakan merek IM3 dan Tri, yang berkontribusi pada kenaikan 6,6% sehingga menghasilkan peningkatan Mobile Average Revenue Per User (ARPU) menjadi mendekati Rp40 ribu. 

    Pencapaian ini,kata dia,  menegaskan keberhasilan strategi Go-to-Market Indosat dan memantapkan komitmennya dalam menghadirkan pengalaman digital yang mengesankan. (K24)

  • Indosat Ooredoo Hutchison Tutup 2024 dengan Pertumbuhan Positif

    Indosat Ooredoo Hutchison Tutup 2024 dengan Pertumbuhan Positif

    Jakarta

    Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) menutup tahun 2024 dengan pertumbuhan pendapatan yang hampir mencapai dua digit berkat bisnis jaringan yang menguat dan integrasi AI ke berbagai lini perusahaan.

    President Director dan Chief Executive Officer IOH Vikram Sinha mengatakan total pendapatan perusahaan meningkat 9,1% year-on-year menjadi Rp 55,9 triliun. Pendapatan dari layanan seluler tumbuh 7,5%, sedangkan pendapatan dari segmen Multimedia, Data Communication, dan Internet (MIDI) melonjak 23,4%.

    EBITDA perusahaan tumbuh lebih cepat dari pendapatan, dengan peningkatan 10,2% year-on-year menjadi Rp 26,4 triliun. Laba bersih yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk tumbuh yang dinormalisasikan tumbuh hingga 38,1% menjadi Rp 4,916 triliun.

    “Building block pertama kami adalah bisnis utama kami yang didukung oleh pengalaman jaringan kelas dunia teratas. Dan kami sangat berkomitmen untuk tetap berinvestasi, khususnya di area pedesaan di Indonesia agar tidak ada yang tertinggal,” kata Vikram dalam media update kinerja keuangan IOH yang digelar online, Senin (10/2/2025).

    Sepanjang tahun 2024, IOH mencatatkan traffic data sebesar 16,170 PB, naik 12,2% dari tahun sebelumnya. Jumlah pelanggan turun sedikit 4,1% menjadi 94,7 juta, namun rata-rata pendapatan per pengguna (ARPU) naik 6,6% menjadi Rp 38.000.

    Guna memenuhi pertumbuhan traffic yang pesat, IOH membangun lebih dari 17.000 BTS 4G dan lebih dari 3.500 BTS 2G sepanjang tahun 2024. Saat ini totalnya sudah ada lebih dari 196.000 BTS 4G dan lebih dari 53.000 BTS 2G IOH yang tersebar di seluruh Indonesia.

    Belanja modal (CAPEX) IOH pada tahun 2024 sebesar Rp 9,938 triliun, turun 22,3% year-on-year. Sebagian besar belanja modal (82,7%) dialokasikan untuk peningkatan jaringan seluler, sedangkan sisanya untuk meningkatkan MIDI dan IT.

    Memasuki tahun 2025, IOH mengeluarkan guidance untuk performa keuangan tahun ini. Pertumbuhan EBITDA IOH pada tahun 2025 diperkirakan di atas 10% dan lebih cepat dari pendapatan, sedangkan belanja modal tahun ini mencapai Rp 13 triliun.

    “Untuk CAPEX, kami memastikan akan berinvestasi untuk mendorong pertumbuhan, yaitu GPU di pabrik AI kami, investasi jaringan, kami mengeluarkan guidance sebesar Rp 13 triliun pada tahun 2025,” pungkas Vikram.

    (vmp/fay)

  • Trafik Naik, Pengguna Indosat Makin Royal Belanja Pulsa

    Trafik Naik, Pengguna Indosat Makin Royal Belanja Pulsa

    Jakarta, CNBC Indonesia – PT Indosat Tbk. (ISAT) atau Indosat Ooredoo Hutchison mencatatkan kenaikan trafik sebesar 12,2% selama 2024, dari 14,417 PB tahun 2023 menjadi 16,170 PB tahun lalu.

    ARPU perusahaan juga naik. Tahun 2024 tercatat ARPU Indosat mencapai Rp 38 ribu.

    “Dan tidak lupa pula bahwa ternyata data traffic kita meningkat juga 12,2% yaitu jadi kebutuhan masyarakat akan data itu juga meningkat cukup signifikan di tahun 2024 ini,” kata Director & Chief Regulatory Officer Indosat Ooredoo Hutchison (IOH), M. Danny Buldansyah, Senin (10/2/2025).

    “Nah, ini juga bisa kita lihat bahwa ARPU kita meningkat 6,6% dibandingkan tahun 2023 menjadi Rp38 ribu,” jelasnya

    Penurunan ARPU ini disertai oleh penurunan jumlah pengguna sebanyak 4,1%. Tahun lalu, pengguna Indosat Ooredoo Hutchison tercatat 94,7 juta dari sebelumnya 98,8 juta.

    “Sedikit ada penurunan di mobile customer sekitar 4,1 juta turun tapi bukan karena bukan karena suatu hal yang perlu dikhawatirkan ini adalah karena customer-customer kita yang mempunyai value yang terbaik adalah yang yang kita ada di jaringan maupun service-nya Indosat,” kata Danny.

    Danny juga mengungkapkan BTS milik Indosat bertambah 20 ribu BTS. Ini terbagi atas 17 ribu BTS untuk 4G dan 3.500 BTS pada 2G.

    Indosat juga terus memperluas jaringan baik jaringan 4G dan 5G. Danny mengatakan ini menjadi program untuk ekspansi ke sejumlah daerah di tanah air.

    Dalam kesempatan itu, aplikasi Indosat juga mengalami lonjakan pengguna. Dalam setahun periode 2023-2024 kenaikan terjadi sebanyak 21,2%.

    “Kemudian juga bisa dilihat bahwa ada aplikasi monthly avtive user kita, active user kita yang juga meningkat sangat signifikan dari tahun 2023 ke 2024 meningkat 21,2%,” jelasnya.

    Artificial Intelligence juga masih menjadi salah satu inisiatif Indosat. Yakni dengan melakukan mendefinisikan ulang para konsumen.

    (dem/dem)

  • Hemat Anggaran, Menhub Dudy Pastikan PSO & Angkutan Perintis Tetap Jalan

    Hemat Anggaran, Menhub Dudy Pastikan PSO & Angkutan Perintis Tetap Jalan

    Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan subsidi transportasi dan angkutan perintis akan tetap beroperasi dan menjadi perhatian utama di tengah penghematan anggaran pemerintah. 

    Menteri Perhubungan Dudy Purwagandhi mengklaim subsidi angkutan perintis dan transportasi akan tetap dilakukan. Efisiensi anggaran sesuai dengan Instruksi Presiden RI Nomor 1 Tahun 2025 akan dilakukan dengan cermat, hati-hati, dan selektif. 

    “Sektor transportasi publik dan subsidi angkutan perintis yang berperan penting dalam mobilitas masyarakat, terutama bagi kelompok masyarakat rentan, tetap mendapatkan perhatian dan dukungan penuh,” kata Dudy dalam keterangan resmi, dikutip Minggu (9/2/2025).

    Menhub Dudy menyatakan bahwa subsidi untuk transportasi publik dan angkutan perintis tetap menjadi prioritas utama guna memastikan aksesibilitas yang lancar, meningkatkan kesejahteraan sosial, serta mendukung mobilitas publik yang terjangkau dan inklusif bagi seluruh masyarakat. Pemerintah berkomitmen untuk menyediakan layanan transportasi yang terjangkau dan mencakup seluruh wilayah Indonesia.  

    Dia juga memastikan program Buy The Service (BTS) pada sektor transportasi darat tetap berjalan di enam kota, yaitu Surakarta, Surabaya, Makassar, Palembang, Balikpapan, dan Kabupaten Banyumas, serta akan diperluas ke Manado dan Pontianak. Selain itu, subsidi angkutan perintis dan kewajiban pelayanan publik (Public Service Obligation/PSO) untuk angkutan kelas ekonomi juga akan terus dilaksanakan.  

    Di sektor transportasi laut, pemerintah akan melanjutkan subsidi kapal perintis, penyelenggaraan kapal barang tol laut, kapal ternak, kapal rede, serta PSO kapal kelas ekonomi. Hal yang sama berlaku untuk subsidi angkutan udara perintis, baik untuk penumpang maupun kargo, serta subsidi bahan bakar minyak (BBM) untuk kargo.  

    Pada sektor perkeretaapian, subsidi akan diberikan untuk layanan kereta api perintis serta PSO kereta kelas ekonomi, mencakup perjalanan KA jarak jauh, jarak sedang, KA Lebaran, jarak dekat, KRD, KRL Jabodetabek, dan KRL Yogyakarta.  

    “Kami akan memastikan layanan transportasi yang vital bagi masyarakat, terutama di daerah terpencil, tetap beroperasi dengan baik,” ujar Menteri Perhubungan.

  • Top 3 Tekno : Indibiz Siap Luncurkan Ekosistem Solusi Digital untuk UKM hingga Debut Leica LUX Grip – Page 3

    Top 3 Tekno : Indibiz Siap Luncurkan Ekosistem Solusi Digital untuk UKM hingga Debut Leica LUX Grip – Page 3

    Telkomsat memastikan telah menyelesaikan Proyek Penyediaan Kapasitas Satelit & Backbone BTS USO BAKTI. Ini merupakan proyek yang digelar untuk memperluas jangkauan konektivitas digital di wilayah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar) Indonesia.

    Menurut Ketua Satgas Implementasi BAKTI sekaligus EVP Government Service Telkomsat Hari Usmayadi, proyek ini melibatkan penyediaan kapasitas satelit dan backbone untuk mendukung operasional lebih dari 1.200 lokasi BTS USO di seluruh Indonesia.

    “Implementasi proyek ini telah mencapai lebih dari 90 persen penyelesaian dalam waktu kurang dari satu bulan, dengan upaya berkelanjutan untuk menyelesaikan sisa lokasi yang mengalami kendala teknis,” tutur Hari dalam keterangan resmi yang diterima, Sabtu (8/2/2025)..

    Baca selengkapnya di sini

     

  • Alasan Komdigi Lelang Frekuensi 1,4 GHz Ketimbang 700 MHz dan 26 GHz

    Alasan Komdigi Lelang Frekuensi 1,4 GHz Ketimbang 700 MHz dan 26 GHz

    Jakarta

    Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) mengungkapkan alasan mengutamakan lelang di pita frekuensi 1,4 GHz, ketimbang frekuensi 700 MHz maupun 26 GHz yang sudah matang untuk genjot kecepatan internet Indonesia.

    Sebelumnya, Komdigi telah mempersiapkan lelang frekuensi 700 MHz dan 26 GHz. Bahkan, Rancangan Peraturan Menteri tentang penggunaan kedua spektrum frekuensi tersebut sudah dilakukan sejak Oktober 2023.

    Namun dalam perjalannya, Komdigi memilih akan melakukan lelang frekuensi 1,4 GHz yang rencanannya digelar pada akhir Februari 2025. Lebar pita 80 MHz sudah dialokasikan Komdigi yang diperuntukkan khusus untuk melayani internet rumah, pendidikan, dan kesehatan.

    “Sebenarnya kalau teman-teman lihat itu salah satu strategi kebijakan untuk mempercepat penetrasi broadband, FTTH (fiber to the home) karena syaratnya adalah fiberisasi, power yang fiberized,” ujar Direktur Strategi dan Kebijakan Infrastruktur Digital Kementerian Komdigi, Denny Setiawan di Jakarta.

    “Jadi, BTS (base transceiver station) itu tidak hanya BTS tapi harus di-feed dengan fiber. Kita belajar dari masa lalu. Jadi, syaratnya fiberized dan open access,” ungkapnya menambahkan.

    Lelang frekuensi 1,4 GHz nantinya diharapkan Komdigi dapat menggenjot kecepatan internet fixed broadband di daerah yang sampai saat ini masih menjadi pekerjaan rumah.

    Terkait ekosistem di frekuensi 1,4 GHz yang belum matang dibandingkan frekuensi 700 MHz dan 26 GHz, Denny mengatakan bahwa itu akan dilakukan bersama-sama antara pemerintah dan penyelenggara telekomunikasi yang memenangkan spektrum tersebut.

    Disampaikan Denny, selain lelang frekuensi 1,4 GHz, Komdigi juga menargetkan lelang frekuensi 700 MHz, 2,6 GHz dan 26 GHz yang sempat tertunda sebelumnya.

    “Tapi, tadi kombinasi dengan fiber karena nggak mungkin 5G rasa 2G. Nah, ini kita sedang coba rumuskan dan sebagainya, sehingga kalau mereka bangun fiber seharusnya nggak mahal dong. Tapi, saatnya sharing, sharing, sharing,” pungkasnya.

    (agt/agt)

  • Telkomsat Rampungkan Proyek BTS USO BAKTI, Perluas Konektivitas Digital di Wilayah 3T – Halaman all

    Telkomsat Rampungkan Proyek BTS USO BAKTI, Perluas Konektivitas Digital di Wilayah 3T – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Telkomsat menyelesaikan Proyek Penyediaan Kapasitas Satelit & Backbone BTS USO (Base Transceiver Station Universal Service Obligation) BAKTI.

    Proyek tersebut bertujuan memperluas jangkauan konektivitas digital dengan menyediakan akses komunikasi khususnya di wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) di Indonesia.

    Ketua Satgas Implementasi BAKTI sekaligus EVP Government Service Telkomsat, Hari Usmayadi, menyampaikan bahwa proyek ini mencakup penyediaan kapasitas satelit dan backbone guna mendukung operasional lebih dari 1.200 lokasi BTS USO di seluruh Indonesia.

    Melalui proyek ini, Telkomsat memastikan layanan seluler BTS USO dapat beroperasi secara optimal melalui pengelolaan kapasitas satelit, migrasi sistem, serta integrasi jaringan yang terstruktur ke masing-masing operator seluler.

    “Implementasi proyek ini telah mencapai lebih dari 90 persen penyelesaian dalam kurun waktu kurang dari 1 (satu) bulan, dengan upaya berkelanjutan untuk menyelesaikan sisa lokasi yang mengalami kendala teknis antara lain faktor kahar dan community issue,” kata Hari dalam keterangannya, Sabtu (8/2/2025).

    Dengan selesainya proyek BTS USO BAKTI 2025 ini, diharapkan dapat berkontribusi dalam mewujudkan pemerataan akses komunikasi di wilayah 3T serta mendukung konektivitas digital di Indonesia.

    Sementara itu, Direktur Utama Telkomsat, Lukman Hakim Abd Rauf menegaskan komitmen Telkomsat dalam mendukung program BAKTI melalui keandalan teknologi satelit yang dikelola oleh Telkomsat. 

    Sebagai penyedia layanan satelit, Telkomsat siap mendukung BAKTI dalam menghadirkan konektivitas digital bagi masyarakat di wilayah 3T.

    “Dengan 5 satelit yang kami kelola, kami memastikan layanan yang andal, efisien, dan dapat menjangkau daerah-daerah yang sulit terlayani oleh jaringan terestrial. Selain itu, Telkomsat juga memiliki beragam portofolio layanan, termasuk Upstream Services, Downstream Services, NGSO-Based Services, Advanced Technology Services, dan SolutionBased Services, yang dirancang untuk memenuhi berbagai kebutuhan komunikasi dan digitalisasi di Indonesia,” ungkap Lukman.

    Dukungan terhadap proyek ini juga disampaikan oleh perwakilan dari tiga operator seluler yang turut hadir dalam acara tersebut. 

    Ardhiono Trilaksono selaku GM Special Area Management Telkomsel, menekankan bahwa kolaborasi dengan Telkomsat merupakan langkah strategis dalam memperluas jangkauan konektivitas digital.

    “Kolaborasi dengan Telkomsat dalam proyek ini adalah langkah strategis untuk memastikan lebih dari 800 BTS Telkomsel dapat aktif melayani masyarakat di area 3T. Apresiasi yang tinggi untuk seluruh rekan Telkomsat yang luar biasa, tidak kenal lelah, dan terus berkoordinasi dengan kami untuk kesuksesan proyek ini,” ungkapnya.

    Maman Sarman selaku Technology Strategy & Key Programs XL Axiata juga turut mengapresiasi kerja keras tim satgas Telkomsat dalam menyukseskan proyek ini.

    “Semangat kerja dari teman-teman satgas di Telkomsat patut diapresiasi. 200 lebih BTS kami paling awal dieksekusi. Telkomsat terbukti sanggup menjalankan tugas ini dengan sangat baik,” jelasnya 

    Dukungan serupa juga disampaikan oleh Andi Siswanto, AVP USO & Blankspot Indosat 
    Ooredoo Hutchison, yang menekankan pentingnya sinergi dalam pengembangan infrastruktur telekomunikasi berbasis satelit. 

    “Keberhasilan proyek ini membuktikan bahwa sinergi antara operator seluler, penyedia layanan satelit, dan pemerintah dapat menciptakan solusi yang berkelanjutan. Kami berharap kerja sama ini dapat terus berkembang untuk memberikan dampak yang lebih besar bagi Indonesia,” ujarnya.

  • Telkomsat Rampungkan Proyek BTS USO BAKTI, Perluas Konektivitas Digital di Wilayah 3T – Page 3

    Telkomsat Rampungkan Proyek BTS USO BAKTI, Perluas Konektivitas Digital di Wilayah 3T – Page 3

    Sebelumnya, pada 2023, Telkomsat, anak perusahaan Telkom Indonesia mengumumkan telah menyediakan layanan internet satelit gratis di area blankspot yang berlokai di SMK Negeri 1 STM Hulu, Kecamatan Gunung Merah, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

    Diberi nama program Telkomsat Berbagi, aksi ini merupakan bentuk komitmen Telkomsat memajukan dunia pendidikan di Indonesia. Bantuan ini sekaligus bentuk program CSR (Corporate Social Responsibility).

    Adapun layanan akses internet berbasis internet ini dikenal dengan nama Mangoesky. Layanan ini merupakan solusi broadband berbasis satelit yang memungkinkan masyarakat di wilayah belum terjangkau jaringan kabel ASDL, fiber optik, atau seluler, bisa menikmati layanan internet.

    Dalam keterangan resmi yang diterima, Rabu (8/11/2023), Direktur Utama Telkomsat Lukman Hakim Abd. Rauf menuturkan, pihaknya berkomitmen untuk membantu memajukan pendidikan di daerah yang memerlukan. Karenanya, program yang diadakan ini merupakan salah satu wujud komitmen tersebut.

    “Kami percaya akses internet adalah kunci untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan memberikan peluang yang lebih baik bagi generasi muda Indonesia,” tuturnya menjelaskan.

    Selain itu, lewat program ini, perusahaan juga berharap bisa ikut berkontribusi dalam program mencerdaskan kehidupan bangsa dengan penetrasi layanan internet di daerah rural, khususnya 3T.

    “Telkomsat terus berkomitmen memberikan layanan terbaik bagi seluruh masyarakat Indonesia dan mendukung program pemerintah dalam hal pemerataan digital di Indonesia, khususnya di daerah 3T,” tuturnya.

    Program ini pun disebut tidak hanya memberikan manfaat langsung bagi siswa dan guru, tapi juga bukti nyata dari kontribusi Telkomsat dan Telkom Group dalam pembangunan Indonesia, terutama di bidang pendidikan.

  • Jabatan Mentereng Isa Rachmatarwata, Pernah Dipuji Sri Mulyani Orang Terkaya RI

    Jabatan Mentereng Isa Rachmatarwata, Pernah Dipuji Sri Mulyani Orang Terkaya RI

    Bisnis.com, JAKARTA — Kejaksaan Agung (Kejagung) resmi menetapkan Direktur Jenderal (Dirjen) Anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Isa Rachmatarwata sebagai tersangka kasus korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero).

    Perjalanan karier Isa diketahui banyak berada di Kemenkeu, maupun menjadi komisaris di sejumlah BUMN.

    Sekadar informasi, Direktur Penyidikan Jampidsus Kejagung RI Abdul Qohar menyampaikan pihaknya telah menemukan bukti yang cukup untuk menetapkan Isa sebagai tersangka.

    “Yang bersangkutan saat ini menjabat Dirjen Anggaran pada Kemenkeu RI,” ujarnya di Kejagung, Jumat (7/2/2025).

    Qohar menyampaikan, Isa ditetapkan sebagai tersangka atas kaitannya sebagai Kepala Biro Asuransi pada Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) 2006-2012.

    Profile Jabatan Isa Rachmatarwata

    Dilansir dari situs resmi Kemenkeu, pria kelahiran Jombang, 30 Desember 1966 itu pernah mengenyam pendidikan di Institut Teknologi Bandung (ITB) serta University of Waterloo, Kanada. 

    Karier Isa di Kemenkeu dimulai di Direktorat Jenderal Lembaga Keuangan di bagian direktorat Dana Pensiun pada 1991. 

    Pada 2006, Isa diangkat sebagai Kepala Biro Perasuransian di Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (BAPEPAM LK/ menjadi Otoritas Jasa Keuangan). Pada masa inilah penyidik Jampidsus Kejagung menduga Isa terlibat korupsi Jiwasraya. 

    Kemudian, pada 2013 Isa sempat diperbantukan di Badan Kebijakan Fiskal. Pada tahun yang sama, dia dilantik menjadi Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Kebijakan dan Regulasi Jasa Keuangan dan Pasar Modal. 

    Selang empat tahun kemudian atau 2017, Isa resmi menjadi eselon I setingkat Dirjen. Pada saat itu, dia diangkat menjadi Direktur Jenderal Kekayaan Negara. Jabatan itu dipegangnya sampai 2021. 

    Berdasarkan pemberitaan Bisnis sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pernah berkelakar bahwa Isa merupakan orang terkaya di Indonesia. 

    Sebab, Isa mengelola dan mengawasi aset negara yang nilainya mencapai lebih dari Rp10.000 triliun. Namun, kekayaan tentu aset tersebut bukanlah aset pribadi Isa. Kelakar itu disampaikan ketika memberi arahan calon ASN baru di lingkungan Kementerian Keuangan, Rabu (17/2/2021). 

    “Pak Isa, Direktur Jenderal Kekayaan Negara [DJKN]. Nah, ini orang paling kaya di seluruh Indonesia,” ujar Sri Mulyani, Rabu (17/2/2021).

    Kini, Isa dipercaya menjadi Direktur Jenderal Anggaran dan dilantik pada 12 Maret 2021. 

    Isa diketahui tidak hanya memiliki jabatan di kementerian tersebut. Dia kini diketahui menjabat salah satu Komisaris di PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. 

    Sebelumnya, Isa juga diketahui pernah menjabat Komisaris di PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. 

    Riwayat Kasus 

    Kini, Isa resmi menjadi tersangka Kejagung. Namun, Bisnis mencatat bahwa Isa pernah beberapa kali dipanggil untuk diperiksa di sejumlah kasus dugaan korupsi. 

    Di Kejagung, Isa pernah juga diperiksa di kasus korupsi proyek menara pemancar atau base transreceiver station (BTS) 4G pada Juni 2023. Kasus itu diketahui menjerat mantan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate. 

    Kemudian, pada 2024, penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pernah memeriksa Isa sebagai saksi dalam kasus dugaan gratifikasi produksi batu bara per metric tonne dan pencucian uang yang menjerat mantan Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari atau RW. 

    Juru Bicara KPK Tessa Mahardika Sugiarto menyebut, penyidik KPK mendalami keterangan Isa soal penerimaan negara bukan pajak (PNBP) produksi batu bara di Kutai Kartanegara. 

    “Saksi dimintakan keterangannya terkait dengan PNBP dari Produksi Batubara di Kab. Kutai Kartanegara,” ujarnya kepada Bisnis, Kamis (24/10/2024). 

  • Cap Go Meh 2025, XL Axiata (EXCL) Prediksi Trafik Data Melonjak 40%

    Cap Go Meh 2025, XL Axiata (EXCL) Prediksi Trafik Data Melonjak 40%

    Bisnis.com, JAKARTA — PT XL Axiata Tbk. (EXCL) memprediksi lonjakan trafik data hingga lebih dari 40% pada saat perayaan Cap Go Meh 2025 dibandingkan hari normal.

    Tahun ini, perayaan Cap Go Meh jatuh pada tanggal 12 Februari 2025.

    Group Head Service Operation Management XL Axiata Waqas Malik mengatakan bahwa lonjakan trafik data ini diprediksi terutama terjadi di kota-kota yang menjadi pusat perayaan Cap Go Meh seperti Singkawang, Pontianak, Medan, Jakarta, Semarang, dan Surabaya.

    “Kenaikan trafik ini didorong oleh penggunaan layanan streaming, sosial media, video call, serta aplikasi pesan instan yang digunakan untuk berbagi momen perayaan,” kata Waqas dalam keterangan tertulis, Jumat (7/2/2025).

    Menurutnya, perayaan Cap Go Meh selalu menjadi momen penting bagi masyarakat Tionghoa di sejumlah kota di Indonesia. Terlebih, perayaan ini juga telah menjadi obyek wisata, seperti di Singkawang.

    Emiten telekomunikasi bersandi saham EXCL itu pun memastikan kesiapan jaringan telekomunikasi dalam mendukung kelancaran komunikasi pelanggan selama perayaan Cap Go Meh.

    Waqas menyampaikan bahwa XL Axiata telah meningkatkan kapasitas jaringan guna mengantisipasi lonjakan trafik data dan layanan komunikasi lainnya.

    “Kami telah melakukan berbagai langkah optimasi jaringan agar pelanggan tetap bisa menikmati layanan yang optimal,” ungkapnya.

    Adapun, sejumlah upaya perusahaan mengantisipasi lonjakan trafik data salah satunya adalah optimasi dan peningkatan kapasitas jaringan di titik-titik strategis seperti tempat ibadah, pusat perayaan, hingga area wisata yang menjadi destinasi utama.

    Selain itu, Waqas juga mengungkap XL Axiata juga melakukan peningkatan jumlah BTS 4G LTE, termasuk penyediaan Mobile BTS (MBTS) di lokasi dengan potensi kepadatan pengguna yang tinggi.

    “Monitoring jaringan secara real-time selama perayaan untuk memastikan kualitas layanan tetap optimal, dan tim teknis yang siap siaga 24/7 untuk menangani potensi gangguan dan melakukan penyesuaian kapasitas sesuai kebutuhan di lapangan,” terangnya.

    Hingga saat ini, XL Axiata telah melayani lebih dari 475 kota/kabupaten di Indonesia dengan total lebih dari 165.000 BTS, termasuk lebih dari 110.000 BTS 4G LTE.

    Waqas menyebut bahwa infrastruktur ini juga diperkuat oleh jaringan fiber optik yang memastikan konektivitas antarwilayah tetap stabil.

    Selain itu, tingkat keterhubungan dengan jaringan fiber optik mencapai 63%. Fiberisasi BTS tersebut dilakukan untuk meningkatkan kualitas jaringan data dan sebagai persiapan implementasi 5G di masa mendatang.

    Di samping itu, lanjut dia, XL Axiata juga menyediakan layanan pelanggan yang siap membantu selama perayaan Cap Go Meh.

    “Dengan berbagai upaya ini, XL Axiata berkomitmen untuk terus memberikan layanan terbaik kepada pelanggan, memastikan pengalaman komunikasi yang lancar dan berkualitas selama perayaan Cap Go Meh 2025,” pungkasnya.