Grup Musik: BTS

  • Telkomsel – Indosat (ISAT) – XL (EXCL) Tuai Berkah Lebaran 2025, Siapa Tertinggi?

    Telkomsel – Indosat (ISAT) – XL (EXCL) Tuai Berkah Lebaran 2025, Siapa Tertinggi?

    Bisnis.com, JAKARTA — PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), PT Indosat Tbk. (ISAT) dan PT XL Axiata Tbk. (EXCL) meraup pendapatan yang lebih besar pada momen Ramadan-Lebaran 2025 dibandingkan dengan hari biasa dan momen yang sama tahun lalu. Lonjakan trafik terjadi di sejumlah kawasan. 

    Telkomsel mencatatkan peningkatan trafik internet 12% pada lebaran 2025 dibandingkan hari biasa 2025 atau 15,7% lebih tinggi dari periode Ramadan dan Idulfitri 2025.

    Selama momen ini, Telkomsel juga mencatatkan lonjakan trafik broadband didorong oleh peningkatan akses di berbagai layanan dibanding hari biasa 2025, seperti media sosial naik 18,3%, layanan komunikasi seperti instant messaging naik 34,2%, video streaming naik 40,2%, dan mobile gaming 60,7%. 

    Telkomsel juga mencatat peningkatan akses pada sejumlah platform digital favorit, seperti TikTok, Facebook, WhatsApp, YouTube, dan Instagram, dengan peningkatan terbesar pada YouTube sebesar 154,9%. Tak hanya itu, trafik layanan SMS juga naik 25,4%.

    Vice President Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, Saki Hamsat Bramono, mengatakan peningkatkan signifikan trafik broadband Telkomsel merupakan bukti kepercayaan pelanggan pada layanan Telkomsel selama Ramadan dan Idulfitri 2025. 

    “Kami berterima kasih atas kepercayaan seluruh pelanggan yang telah menggunakan produk dan layanan Telkomsel,“ kata Saki dalam keterangannya, Kamis (10/4/2025).

    Adapun, selama periode Lebaran 2025 Telkomsel memanfaatkan teknologi AI untuk mengidentifikasi 476 titik keramaian serta mengatasi kendala jaringan secara cepat. 

    Telkomsel juga memperluas cakupan jaringan 5G dengan menggelar lebih dari 1.400 BTS 5G di Jabotabek dan lebih dari 90 BTS 5G Surabaya. Telkomsel menyediakan Posko Siaga RAFI untuk seluruh pemudik di berbagai wilayah Indonesia.

    Karyawan berjalan di kantor Telkomsel

    Terdapat pula 5 wilayah dengan pertumbuhan trafik broadband tertinggi jika dibandingkan dengan hari biasa 2025, yaitu Jawa Tengah naik 38,6%, diikuti Jawa Barat 28,7%, Sumatera Bagian Tengah 22,1%, Jawa Timur 22,0%, dan Sumatera Bagian Selatan 19,2%.

    Data Telkomsel juga mencatat 5 tempat dengan pertumbuhan trafik broadband paling tinggi selama RAFI 2025, yaitu Wisata Kota Batu, Cipanas Kota Bunga, Waduk Gajah Mungkur, Wisata Puncak, dan Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta.

    Indosat

    Sementara itu, Indosat diketahui mencatatkan kenaikan trafik data sebesar 21% sepanjang periode Idulfitri 1446 H atau Lebaran 2025 dibandingkan dengan hari biasa. Peningkatan ini dipicu oleh tingginya penggunaan aplikasi digital oleh pelanggan selama periode Ramadan dan Idulfitri. 

    Indosat mencatat lima aplikasi yang mengalami lonjakan aktivitas digital tertinggi berturut-turut adalah WhatsApp, Tiktok, Facebook, Youtube, dan Instagram.

    Angka ini diketahui naik dibandingkan dengan periode Lebaran tahun lalu atau 2024. Pada Lebaran 2024 Indosat mencatat peningkatan lalu lintas layanan data pelanggan mencapai 17% dibandingkan rata-rata hari biasa.

    SVP Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison Steve Saerang menyampaikan bahwa peningkatan trafik data Indosat salah satunya didominasi dari mobile gaming, seperti FreeFire hingga PUBG. 

    “Lonjakan trafik selama libur Lebaran didominasi peningkatan aktivitas digital pelanggan, seperti penggunaan media sosial, aplikasi pesan singkat, hingga mobile gaming seperti Mobile Legends, FreeFire, Roblox, PUBG, dan Genshin Impact,” kata Steve, dikutip Jumat (11/4/2025).

    XL Naik 21% Dibandingkan hari biasa … 

  • Telkomsel Catat Kenaikan Trafik 12% saat Periode Lebaran 2025

    Telkomsel Catat Kenaikan Trafik 12% saat Periode Lebaran 2025

    Bisnis.com, JAKARTA — PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) mencatatkan peningkatan trafik internet 12% pada lebaran 2025 dibandingkan hari biasa 2025 atau 15,7% lebih tinggi dari periode Ramadan dan Idulfitri 2025.

    Selama momen ini, Telkomsel juga mencatatkan lonjakan trafik broadband didorong oleh peningkatan akses di berbagai layanan dibanding hari biasa 2025, seperti media sosial naik 18,3%, layanan komunikasi seperti instant messaging naik 34,2%, video streaming naik 40,2%, dan mobile gaming 60,7%. 

    Telkomsel juga mencatat peningkatan akses pada sejumlah platform digital favorit, seperti TikTok, Facebook, WhatsApp, YouTube, dan Instagram, dengan peningkatan terbesar pada YouTube sebesar 154,9%. Tak hanya itu, trafik layanan SMS juga naik 25,4%.

    Vice President Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, Saki Hamsat Bramono, mengatakan peningkatkan signifikan trafik broadband Telkomsel merupakan bukti kepercayaan pelanggan pada layanan Telkomsel selama Ramadan dan Idulfitri 2025. 

    “Kami berterima kasih atas kepercayaan seluruh pelanggan yang telah menggunakan produk dan layanan Telkomsel,“ kata Saki dalam keterangannya, Kamis (10/4/2025).

    Adapun, selama periode Lebaran 2025 Telkomsel memanfaatkan teknologi AI untuk mengidentifikasi 476 titik keramaian serta mengatasi kendala jaringan secara cepat. 

    Telkomsel juga memperluas cakupan jaringan 5G dengan menggelar lebih dari 1.400 BTS 5G di Jabotabek dan lebih dari 90 BTS 5G Surabaya. Telkomsel menyediakan Posko Siaga RAFI untuk seluruh pemudik di berbagai wilayah Indonesia.

    Tak hanya itu, Telkomsel juga memberangkatkan 1.100 pemudik dari berbagai profesi secara gratis melalui program Mudik Hepi 2025. 

    Sementara dari sisi produk dan layanan promo, Telkomsel juga telah menyediakan beragam paket internet menarik selama Ramadan.

    Selain itu, hasil dari pemanfaatan AI selama periode RAFI 2025 telah berhasil membantu Telkomsel dalam menyelesaikan lebih dari 9.500 pekerjaan terkait dengan optimasi jaringan secara autonomous untuk meningkatkan customer experience di momen ini. 

    Terdapat pula 5 wilayah dengan pertumbuhan trafik broadband tertinggi jika dibandingkan dengan hari biasa 2025, yaitu Jawa Tengah naik 38,6%, diikuti Jawa Barat 28,7%, Sumatera Bagian Tengah 22,1%, Jawa Timur 22,0%, dan Sumatera Bagian Selatan 19,2%.

    Data Telkomsel juga mencatat 5 tempat dengan pertumbuhan trafik broadband paling tinggi selama RAFI 2025, yaitu Wisata Kota Batu, Cipanas Kota Bunga, Waduk Gajah Mungkur, Wisata Puncak, dan Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta.

  • Telkomsel Siapkan 80.000 BTS untuk Antisipasi Lonjakan Trafik di Ajang Digiland Run 2025 – Page 3

    Telkomsel Siapkan 80.000 BTS untuk Antisipasi Lonjakan Trafik di Ajang Digiland Run 2025 – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Telkom Indonesia bersama Telkomsel, bermitra dengan Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) akan menggelar Digiland Run 2025 di Jakarta pada 18 Mei 2025.

    Berbeda dari tahun sebelumnya, ajang lari tersebut saat ini mengantongi label atletik internasional dari International Amateur Athletic Federation (IAAF) atau dikenal sebagai World Athletics.

    “Digiland Run 2025 hadir dengan sajian berbeda, di mana kini ada label atletik internasional untuk kategori half marathon 21 kilometer,” ujar Vice President Corporate Communication Telkom, Andri Herawan Sasoko, di acara media gathering, Kamis (10/4/2025) di Jakarta.

    Andri mengungkapkan, Digiland Run 2025 menargetkan 12.500 pelari, termasuk akan mengundang pelari elit di level internasional, dengan total hadiah Rp 527 juta. Jumlah peserta meningkat dibanding Digiland Run 2024 yang diikuti 10.000 orang.

    Ajang lari yang akan digelar di Istora Senayan Jakarta diperkirakan akan membuat trafik data internet melonjak tajam, mengingat tak sedikit dari peserta lari bakal mengandalkan jaringan internet untuk sekadar mengunggah konten media sosial, mengakses aplikasi navigasi atau pelacak GPS.

    Dalam kesempatan yang sama, VP Brand & Marketing Communication Telkomsel, Abdullah Fahmi, menjelaskan bahwa Telkomsel telah mengantisipasi hal tersebut dengan menyiapkan sekitar 80.000 Base Transceiver Station (BTS).

    “Kami sudah menyiapkan kapasitas 70.000 hingga 80.000 BTS, bahkan kami menambah jaringan 5G sehingga dari jarak lari 0 kilometer (km) sampai 21 km, kualitas network akan kami jaga, baik 4G maupun 5G, sehingga bagi pelanggan yang ingin upload konten socmed akan berjalan dengan lancar,” Fahmi memaparkan.

    Di sisi lain, ia menambahkan, kemungkinan akan ada satu spot atau area yang tidak ter-cover dengan maksimal, yang memang semua operator seluler akan mengalaminya.

    “Misalnya di Semanggi karena plan-nya memang area tersebut tidak untuk di-cover. Kalau pun mau di-cover, akan ada jarak yang harus dikorbankan. Namun, kami akan tetap mengantisipasinya dan mungkin akan ada sedikit lag, dari yang misalnya 0,1 detik menjadi 0,5 detik,” Fahmi memungkaskan.

     

  • Diskominfo fokus bangun jaringan telekomunikasi di Pegunungan Arfak

    Diskominfo fokus bangun jaringan telekomunikasi di Pegunungan Arfak

    Porsi pembangunan lebih fokus ke Pegunungan Arfak karena masih kesulitan akses jaringan telekomunikasi digital

    Manokwari (ANTARA) – Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfo) Provinsi Papua Barat fokus membangun infrastruktur jaringan telekomunikasi di Kabupaten Pegunungan Arfak karena masuk daftar kawasan blank spot.

    Kepala Diskominfo Papua Barat Frans Istia di Manokwari, Kamis, mengatakan sebagian besar wilayah Pegunungan Arfak belum terkoneksi dengan jaringan telekomunikasi, sehingga membutuhkan penanganan serius selama lima tahun.

    “Porsi pembangunan lebih fokus ke Pegunungan Arfak karena masih kesulitan akses jaringan telekomunikasi digital,” kata Istia.

    Saat ini, kata dia, pemerintah provinsi telah menjalin kerja sama dengan operator telekomunikasi untuk membangun lima base transceiver station (BTS) sebagai solusi atas permasalahan keterbatasan akses telekomunikasi.

    Hal tersebut sudah dikoordinasikan dengan Bupati Pegunungan Arfak terkait penyediaan lahan pembangunan BTS yang tersebar di Distrik Hing, Distrik Taige, Distrik Minyambouw, dan Ullong sebagai pusat pemerintahan.

    “Setelah dikomunikasikan pihak Telkomsel sanggupi empat BTS dan bupati minta satu lagi, sehingga semuanya jadi lima BTS,” kata Istia.

    Menurut dia, Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Digital telah membangun satu BTS di Minyambouw beberapa tahun lalu, namun kapasitasnya sangat kecil sehingga kurang maksimal.

    Permasalahan itu menjadi dasar Bupati Pegunungan Arfak mengajukan penambahan pembangunan satu BTS, namun pemerintah daerah bertanggung jawab untuk menyediakan satu tower dan satu power.

    “Soal penyediaan satu tower dan power ini kami masih dikomunikasikan, apakah provinsi yang tanggung jawab atau kabupaten,” ujarnya.

    Selain pembangunan lima BTS, ada satu tower sudah dibangun di Kampung Kobrey tetapi belum dilengkapi perangkat BTS sehingga pemerintah kabupaten harus menyiapkan power sebelum pemasangan perangkat.

    “Kalau sudah ada power, Telkomsel pasang perangkat BTS dengan kapasitas lebih besar dari lima BTS itu. Jangkauan luas ke beberapa kampung,” kata Istia.

    Pewarta: Fransiskus Salu Weking
    Editor: Ahmad Buchori
    Copyright © ANTARA 2025

  • OJK Ingatkan Modus Penipuan BTS Palsu, Ini Ciri-cirinya

    OJK Ingatkan Modus Penipuan BTS Palsu, Ini Ciri-cirinya

    Jakarta

    Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengingatkan agar masyarakat berhati-hati terhadap penipuan SMS yang terlihat seperti dari operator resmi, padahal dikirim dari Base Transceiver Station (BTS) penipu. SMS itu berisi tautan jebakan yang mengarah ke situs penipuan (phising).

    “Tautan phising akan meminta informasi rahasia seperti nomor kartu kredit dan kode OTP untuk membobol akunmu,” tulis unggahan di Instagram resmi @kontak157, dikutip Rabu (2/4/2025).

    Berikut contoh modus BTS palsu:

    “Pelanggan yang terhormat: Bank BCL mengingatkan Anda bahwa rekening poin Anda saat ini (15,250 poin) akan habis masa berlakunya dalam tiga hari kerja. Harap segera tukarkan poin Anda https://BCL-co.xyz/idn”.

    OJK mengingatkan agar masyarakat tidak gampang klik sesuatu. Selalu waspada karena keamanan data ada di tangan sendiri.

    “Terlihat asli tapi palsu. Ayo terus jaga dan lindungi data pribadimu. Jangan sampai terjebak di kamu,” pesan OJK.

    (kil/kil)

  • PT Surveyor Indonesia Jaga Solusi Keselamatan dan Konektivitas Musim Mudik 2025

    PT Surveyor Indonesia Jaga Solusi Keselamatan dan Konektivitas Musim Mudik 2025

    JAKARTA – Pada musim mudik Idulfitri 1446 H, PT Surveyor Indonesia (PTSI) yang bergerak dalam industri TIC (Testing, Inspection, and Certification) memainkan peran penting dalam mendukung kelancaran arus mudik.

    Hal ini dilakukan perusahaan melalui berbagai layanan yang mencakup inspeksi keselamatan pada produksi moda transportasi umum (Factory Acceptance Test), survey dan inspeksi terhadap infrastruktur transportasi, pemastian kepatuhan dalam berkendara, pengujian emisi kendaraan, penjagaan pasokan bahan bakar yang ramah lingkungan (biofuel), serta dukungan lain terhadap konektivitas dan mobilisasi di berbagai daerah tujuan pemudik.

    Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang Testing, Inspection, and Certification (TIC), PTSI memiliki tanggung jawab dalam memastikan keamanan dan kelayakan moda transportasi publik, baik darat, laut, maupun udara.

    Salah satu peran utama PTSI adalah sebagai verifikator jembatan timbang untuk memastikan batas muatan kendaraan yang melintas sesuai standar, sehingga mengurangi risiko kecelakaan akibat kelebihan beban.

    Selain itu, PTSI juga terlibat dalam berbagai aspek transportasi publik, termasuk Buy The Services (BTS) untuk layanan transportasi dalam kota, serta keterlibatan dalam moda transportasi massal seperti Whoosh sebagai konsultan teknis.

    Dalam sektor perkeretaapian, PTSI berperan dalam verifikasi dan konsultansi terkait Right of Way jalur kereta guna memastikan jalur tetap aman dan beroperasi sesuai standar, hingga pemastian produksi kereta api sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan dan diperlukan.

    Tidak hanya di sektor transportasi, PTSI juga mendukung kelancaran komunikasi selama musim mudik melalui perannya dalam proyek Satelit Satria-1 dan jaringan optik Palapa Ring. Dengan adanya infrastruktur ini, para pemudik dapat tetap terhubung dengan jaringan internet secara nyaman dan andal di kampung halaman masing-masing.

    Direktur Utama PT Surveyor Indonesia, Sandry Pasambuna, memahami bahwa musim mudik adalah momen penting bagi masyarakat.

    “Oleh karena itu, sebagai The Guardian of Assurance, kami berkomitmen untuk memastikan perjalanan yang lebih aman dan lancar melalui layanan inspeksi dan verifikasi yang kami lakukan di berbagai sektor, mulai dari perjalanan jarak jauh, transportasi dalam kota, hingga konektivitas jaringan internet,” ujarnya, dalam keterangan tertulis, Sabtu, 29 Maret.

    Melalui berbagai layanan ini, PT Surveyor Indonesia berharap dapat terus berkontribusi dalam meningkatkan keselamatan dan kenyamanan pemudik, sejalan dengan upaya pemerintah dalam mewujudkan mudik yang selamat, tertib, dan lancar bagi seluruh masyarakat Indonesia.

  • PTSI Jaga Keselamatan Pemudik dan Konektivitas Selama Arus Mudik 2025 – Halaman all

    PTSI Jaga Keselamatan Pemudik dan Konektivitas Selama Arus Mudik 2025 – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PT Surveyor Indonesia (PTSI) optimalkan keselamatan para pemudik melalui berbagai kegiatan pada moda transportasi umum.

    Direktur Utama PT Surveyor Indonesia, Sandry Pasambuna, menyampaikan, perseroan berkomitmen untuk memastikan perjalanan yang lebih aman dan lancar.

    “Hal ini melalui layanan inspeksi dan verifikasi yang kami lakukan di berbagai sektor, mulai dari perjalanan jarak jauh, transportasi dalam kota, hingga konektivitas jaringan internet,” ujar Sandry dikutip Rabu (26/3/2025).

    Melalui berbagai layanan ini, kata Sandry, Surveyor Indonesia berharap dapat terus berkontribusi dalam meningkatkan keselamatan dan kenyamanan pemudik, sejalan dengan upaya pemerintah dalam mewujudkan mudik yang selamat, tertib, dan lancar bagi seluruh masyarakat Indonesia.

    Salah satu peran utama PTSI adalah sebagai verifikator jembatan timbang untuk memastikan batas muatan kendaraan yang melintas sesuai standar, sehingga mengurangi risiko kecelakaan akibat kelebihan beban.

    Selain itu, PTSI juga terlibat dalam berbagai aspek transportasi publik, termasuk Buy The Services (BTS) untuk layanan transportasi dalam kota, serta keterlibatan dalam moda transportasi massal seperti Whoosh sebagai konsultan teknis. 

    Dalam sektor perkeretaapian, PTSI berperan dalam verifikasi dan konsultansi terkait Right of Way jalur kereta guna memastikan jalur tetap aman dan beroperasi sesuai standar, hingga pemastian produksi kereta api sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan dan diperlukan.

    PTSI juga mendukung kelancaran komunikasi selama musim mudik melalui perannya dalam proyek Satelit Satria-1 dan jaringan optik Palapa Ring. Dengan adanya infrastruktur ini, para pemudik dapat tetap terhubung dengan jaringan internet secara nyaman dan andal di kampung halaman masing-masing. 

  • XL dan Smartfren Gabung Jadi XLSmart, Menkomdigi Titip Pesan Ini

    XL dan Smartfren Gabung Jadi XLSmart, Menkomdigi Titip Pesan Ini

    Jakarta, CNBC Indonesia – Menteri Komunikasi dan Digital (Menkomdigi) Meutya Hafid titip pesan untuk XLSmart yang baru saja resmi merger. Paling penting, ia mengatakan harus memberikan kualitas layanan terbaik bagi pelanggan.

    “Pada prinsipnya adalah ya tentu kita harapkan yang paling utama adalah dari merger ini, kualitas layanan harus lebih baik,” kata Meutya ditemui di Stasiun Gambir, Jakarta, Rabu (26/3/2025).

    Selain itu, ia juga mengingatkan soal pelayanan pelanggan (customer service) yang harus ditingkatkan menjadi lebih baik. 

    Pihak XLSmart juga memiliki komitmen membangun daerah yang belum memiliki sinyal seluler. Meutya mengharapkan komitmen memperluas pembangunan BTS di daerah terus dilakukan oleh perusahaan.

    Terakhir, ia juga menyoroti nasib karyawan. Meutya mengatakan XLSmart harus memperhatikan pegawai dua perusahaan sesuai aturan yang ada.

    “Tidak kalah penting adalah para pegawainya setelah merger ini harus diperhatikan mengikuti standar-standar yang sudah ditetapkan dari aturan-aturan Kemnaker gitu ya. jadi itu yang kita titipkan kepada SMART dan XL,” kata Meutya.

    XLSmart resmi merger dan akan mulai beroperasi 16 April 2025. Perusahaan seluler itu telah mengantongi persetujuan dari regulator, yakni Bursa Efek Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan persetujuan secara prinsip dari Kementerian Komunikasi dan Digital.

    Merger bernilai US$6,5 miliar akan mempertahankan XL sebagai entitas korporasi. Axiata Group Berhard dan Sinar Mas menjadi pemegang saham pengendali bersama sebesar masing-masing 34,8%.

    Tiga merek XL, Smartfren, dan Axis bakal terus dipertahankan setelah XLSmart terbentuk.

    (fab/fab)

  • Usai Merger Jadi XLSmart, Komdigi Ingatkan Komitmen Bangun 8.000 BTS

    Usai Merger Jadi XLSmart, Komdigi Ingatkan Komitmen Bangun 8.000 BTS

    Jakarta

    Menteri Komunikasi dan Digital (Menkomdigi) Meutya Hafid merespon terkait selesainya merger XL Axiata dan Smartfren yang nantinya akan menjadi XLSmart. Meutya menyampaikan pesan kepada operator seluler XLSmart.

    “Pada prinsipnya adalah ya tentu kita harapkan yang paling utama adalah dari merger ini kualitas layanan harus lebih baik,” ujar Meutya Hafid di Stasiun Gambir, Jakarta, Rabu (26/3/2025).

    Menkomdigi meminta agar XLSmart memperhatikan pelayanan customer service yang juga mesti lebih baik dari sebelumnya. Sehingga pelanggan yang tadinya terpisah dan kini tergabung, tidak mengalami kebingungan.

    Kemudian dari sisi komitmen infrastruktur, Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) mengungkapkan bahwa usai sepakat merger, XLSmart berencana untuk membangun sebanyak 8.000 base transceiver station (BTS) ke depannya.

    “Investasi, termasuk di daerah-daerah yang saat ini belum bersinyal dan itu ada di point komitmennya untuk memperluas pembangunan BTS-BTS di daerah yang memang belum ada sinyal. Itu juga masuk dalam komitmen yang mudah-mudahan ini dijalankan,” kata Meutya.

    “Dan, yang juga tidak kalah penting adalah para pegawainya setelah merger ini harus diperhatikan mengikuti standar-standar yang sudah ditetapkan dari aturan-aturan Kemankertrans, gitu ya. Jadi, itu yang kita titipkan kepada Smart dan XL,” pungkasnya.

    Pemegang saham XL Axiata dan Smartfren menyetujui terjadinya penggabungan kedua operator seluler menjadi XLSmart. Berdasarkan hasil Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), XLSmart akan resmi beroperasi pada 16 April 2025 mendatang.

    Merger perusahaan telekomunikasi ini sebelumnya telah mendapatkan persetujuan dari regulator, yaitu Bursa Efek Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Aksi korporasi ini juga telah mendapatkan persetujuan secara prinsip dari Komdigi.

    Diberitakan sebelumnya, pada Desember 2024, XL Axiata, Smartfren, dan Smart Telecom mengumumkan kesepakatan definitif untuk melakukan merger yang nantinya menjadi XLSmart. Kesepakatan tersebut penggabungan perusahaan senilai Rp 104 triliun atau USD 6,5 miliar.

    Disebutkan bahwa XL Axiata akan menjadi entitas yang bertahan, sedangkan Smartfren dan SmartTel akan menggabungkan diri menjadi bagian dari XLSmart. Axiata Group Berhad dan Sinar Mas akan menjadi pemegang saham pengendali bersama, masing-masing memiliki 34,8% saham di XLSmart, dengan pengaruh yang sama terhadap arah dan keputusan strategisnya.

    Komdigi telah menetapkan XLSmart, entitas operator seluler baru hasil merger antara XL Axiata dan Smartfren, harus mengembalikan lebar pita 2 x 7,5 MHz ke negara.

    (agt/fay)

  • 2 WNA China Diringkus, Pakai BTS Palsu untuk Tebar SMS Massal Penipuan

    2 WNA China Diringkus, Pakai BTS Palsu untuk Tebar SMS Massal Penipuan

    Bisnis.com, JAKARTA – Dua warga negara asing (WNA) asal China ditangkap dalam operasi gabungan pada 18 dan 20 Maret 2025 karena menggunakan perangkat Base Transceiver Station (BTS) palsu untuk menyebarkan SMS penipuan.

    Direktur Jenderal Infrastruktur Digital Kemkomdigi, Wayan Toni Supriyanto, menyampaikan operasi ini merupakan bagian dari kerja Satuan Tugas Penanganan Fake BTS, yang dibentuk bersama dengan Bareskrim, Bank Indonesia, BSSN, Diskominfo DKI Jakarta, dan para operator seluler.

    “Penindakan ini adalah upaya mencegah kerugian material yang jauh lebih besar kepada masyarakat dari penipuan melalui pancaran Fake BTS. Mengingat perputaran uang dan transaksi pada momen hari raya meningkat signifikan,” kata Wayan dalam siaran pers, Selasa (25/3/2025).

    Perangkat BTS ilegal yang digunakan para pelaku mampu memancarkan sinyal di frekuensi 900 MHz, 1800 MHz, dan 2100 MHz.

    Teknologi ini disalahgunakan untuk mengelabui sistem jaringan seluler dan mengirimkan pesan massal (SMS blast) berisi penipuan yang berpotensi menyebabkan kerugian finansial signifikan. Terutama, di tengah meningkatnya transaksi keuangan masyarakat menjelang idulfitri.

    Wayan menjelaskan Kementerian Komunikasi dan Digital (Kemkomdigi) bersama dengan aparat penegak hukum akan terus melanjutkan proses hukum terhadap para pelaku sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

    Dari sisi teknis, Kemkomdigi dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) memperkuat koordinasi dengan operator seluler guna memastikan keamanan sistem BTS secara menyeluruh.

    Langkah preventif tidak hanya melalui pengawasan lapangan, tetapi juga penguatan sistem internal seperti enkripsi.

    Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, Himawan Bayu Aji, menyampaikan pihaknya terus mendalami jaringan pelaku serta teknologi yang digunakan, agar kasus serupa dapat dicegah sejak dini.

    Masyarakat juga diimbau untuk lebih berhati-hati saat menerima pesan-pesan promosi atau tautan dari nomor yang tidak dikenal, khususnya selama periode libur Idulfitri. Ia menekankan pentingnya kesadaran publik agar tidak mudah tertipu oleh pesan mencurigakan.