Grup Musik: BLACKPINK

  • Enggak Nyangka, Jualan Labubu Raup Rp 16,27 Triliun Setahun

    Enggak Nyangka, Jualan Labubu Raup Rp 16,27 Triliun Setahun

    Jakarta, CNBC Indonesia – Pop Mart, memproyeksikan pendapatan penjualan Labubu melampaui US$ 1 miliar atau naik 8 kali lipat. 

    Berdasarkan laporan Tech Crunch, Pop Mart melaporkan pendapatan US$ 670 juta pada paruh pertama 2025. Capaian tersebut membuat perusahaan optimistis bisa membukukan pendapatan lebih dari US$ 1 miliar sepanjang 2025.

    Pendapatan Pop Mart jauh lebih tinggi dibanding perusahaan mainan global yang berbasis di Amerika Serikat, Mattel. Mattel adalah perusahaan pemilik Barbie dan Hot Wheels.

    Pop Mart sendiri telah berdiri selama 15 tahun dan sahamnya diperdagangkan di bursa. Namun, strategi Pop Mart lewat peluncuran Labubu membuat perusahaan asal China tersebut dilirik oleh modal ventura (VC) yang biasanya fokus berinvestasi di startup teknologi.

    Labubu dijual dalam format “blind box” sehingga pembeli tidak tahu desain atau kategori mainan yang mereka dapatkan. Harga setiap boks berkisar antara US$ 10 hingga US$ 20 (Rp 163 ribu – Rp 325 ribu).

    Popularitas Labubu meledak setelah Lisa, anggota Blackpink, mengaku terobsesi dengan boneka berbentuk “monster imut” tersebut. Kemudian, Labubu terlihat digunakan oleh selebritas lain untuk menghiasi tas tangan mereka.

    Manajemen Pop Mart menyatakan perusahaan berencana memperluas bisnis mereka ke wilayah Timur Tengah, Eropa Tengah, dan Amerika Selatan. Tahun ini, penjualan Pop Mart di luar China ditargetkan setara dengan penjualan di China.

    “Saya rasa pasar luar negeri masih sangat positif, dan kami percaya masih banyak ruang untuk tumbuh,” kata CEO Pop Mart, Wang Ning.

    Di AS, Pop Mart memiliki 40 toko. Pop Mart berencana membangun 10 toko lagi sampai akhir 2025. Pop Mart berencana meluncurkan Labubu versi kecil yang bisa dijadikan aksesori HP. 

    Perusahaan yang bermarkas di Beijing tersebut juga punya rencana untuk memanfaatkan HAKI milik mereka untuk memproduksi film animasi hingga taman hiburan.

    (dem/dem)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Heboh! Lafaz Allah hingga gambar masjid jadi backround tarian seksi di Waterbomb Seoul

    Heboh! Lafaz Allah hingga gambar masjid jadi backround tarian seksi di Waterbomb Seoul

    GELORA.CO –  Tampil berani dengan bikini di panggung festival musik musim panas paling populer di Korea, Waterbomb Seoul 2025, komedian Lee Suji tuai kritik panas penggemar internasional.

    Dalam penampilan mengejutkannya bersama duo disc jockey (DJ) Neo dan Aster, sang komedian tampil seksi saat menarikan lagu Like Jennie dari Jennie Blackpink dengan gaya sensual dan energik.

    Namun, penampilannya memicu kontroversi usai warganet menyadari adanya lafaz Allah, gambar masjid, dan simbol keagamaan lain yang digunakan sebagai latar visual pada panggung tersebut.

    Tindakan Lee Suji tersebut tentunya berhasil menyulut amarah para umat muslim di dunia yang merasa sang komedian telah melakukan penistaan agama.

    Dilansir melalui akun X @yeriniff, warganet lantas menyayangkan penggunaan simbol-simbol keagamaan yang dijadikan sebagai backround penampilan panas Lee Suji.

    “Guys, ini Waterbomb temanya simbol agama apa gimana? Kok ada lafaz Allah, gambar masjid, dll di backround,” tulisnya melalui cuitan.

    “Sedih banget, serasa dibuat mainan,” imbuh akun tersebut, seperti yang telah dikutip oleh tim Hops.ID pada Senin, 7 Juli 2025.

    Dalam unggahan tersebut, tampak sang komedian menari di atas panggung menggunakan bikini berwarna hijau dan celana jeans.

    Sang komedian yang dikenal memiliki tubuh berisi tampak percaya diri menari dengan sensual dan penuh semangat ketika tembang populer milik Jennie Blackpink, Like Jennie, diputar.

    Sementara itu tampak jelas lafaz Allah hingga gambar masjid ditampilkan sebagai latar visual berwarna merah neon dan hitam.

    Penggunaan lafaz Allah, gambar masjid, dan simbol agama lainnya itu membuat warganet menuding sang komedian telah melakukan penistaan agama.

    Karena hal tersebut, umat muslim yang mengetahui hal itu lantas meminta klarifikasi dan pernyataan langsung dari sang artis.

    “Suji, my religion is not for you to mock,” komentar salah satu netizen.

    “Using Allah and a mosque during a performance at Waterbomb is incredibly disrespectful to muslims, my religion is not your aesthetic,” imbuh lainnya.

    “Masa gak tau itu simbol agama atau sengaja biar viral? Najis,” ujar warganet yang lain.

    Tak hanya itu, akun media sosial Lee Suji saat ini terpantau mulai dipenuhi dengan komentar desakan permintaan maaf dari sang komedian yang dituding telah melakukan penistaan agama.

    Sayangnya, diketahui hingga saat ini, baik Lee Suji maupun perwakilan agensi belum memberikan klarifikasi terkait penggunaan lafaz Allah dan masjid sebagai backround.

    Sementara itu, usai mendapat kritikan pedas, video penampilan Lee Suji tersebut telah dihapus dari unggahan media sosial resmi @izitmag_.***

  • BLACKPINK Tampilkan Single Baru “Jump” saat Membuka Tur Dunia Deadline di Korea Selatan

    BLACKPINK Tampilkan Single Baru “Jump” saat Membuka Tur Dunia Deadline di Korea Selatan

    JAKARTA – BLACKPINK untuk pertama kalinya menampilkan single baru mereka, “Jump”, secara penuh, saat membuka tur dunia Deadline di stadion utama Kompleks Olahraga Goyang, Korea Selatan pada Sabtu, 5 Juli.

    “Jump” jadi lagu pertama BLACKPINK dalam dua tahun terakhir, setelah Lisa, Rose, Jennie, dan Jisoo yang juga sukses menjalani proyek solo mereka masing-masing.

    Dalam video penggemar di media sosial, kuartet terbaik K-Pop itu menampilkan lagu barunya bersama para penari latar, dengan iringan musik berirama cepat.

    Agensi BLACKPINK, YG Entertainment, sudah mengunggah teaser lagu tersebut di media sosial, namun tanggal resmi perilisannya belum diumumkan.

    Keputusan membawakan lagu baru di Goyang disampaikan oleh YG sekitar dua pekan lalu.

    “Ada banyak diskusi tentang cara merilis lagu baru ini, dan kami memutuskan untuk pertama kali mengungkapkannya di konser Goyang, yang merupakan titik awal dari tur Deadline di mana kami akan bersatu kembali dengan penggemar,” bunyi keterangan YG Entertainment, dikutip Naver.

    Adapun, konser di Goyang merupakan pertunjukan pembuka rangkaian tur dunia Deadline, di mana grup yang debut pada tahun 2016 itu akan menjalani 31 pertunjukan di 16 kota.

    BLACKPINK juga akan menyapa penggemar di Indonesia lewat dua pertunjukan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat pada 1 dan 2 November mendatang.

    iMe Entertainment selaku promotor juga telah melakukan penjualan tiket secara resmi melalui tiket.com. Terdapat delapan kategori tersedia, dengan harga mulai dari Rp1.450.000 sampai dengan Rp3.800.000.

  • Sony Gaet Lisa BLACKPINK Promosikan PS5 – Page 3

    Sony Gaet Lisa BLACKPINK Promosikan PS5 – Page 3

    Di sisi lain, bertepatan dengan ulang tahun PlayStation ke-30, Sony memanjakan gamer setianya dengan merilis update PS5 secara global.

    Lewat pembaruan konsol ini, perusahaan berbasis di Jepang tersebut menghadirkan kembali boot screen PS1 dan suara ikonik konsol tersebut.

    Informasi, PlayStation 1 atau PSX pertama kali meluncur di pasaran pada 3 Desember 1994 atau 30 tahun lalu.

    Selain memunculkan kembali boot screen dan suara ikonik konsol PS1, Sony juga memberikan empat tema konsol khas lainnya, seperti PS1, PS2, PS3, dan PS4.

    Dengan pembaruan software PS5 ini, pemilik konsol baru Sony juga dapat mengganti tema dashboard, termasuk tampilan animasi, suara, dan menu ikonik agar sesuai generasi PlayStation sebelumnya.

    Sayangnya, belum diketahui secara pasti apakah tema ikonik perayaan ulang tahun ke-30 bisa dimiliki gamer secara permanen.

  • Kepala Bapenda Belum Jadi Tersangka, Kuasa Hukum Mbak Ita Sebut Ada yang "Istimewa"
                
                    
                        
                            Regional
                        
                        30 Juni 2025

    Kepala Bapenda Belum Jadi Tersangka, Kuasa Hukum Mbak Ita Sebut Ada yang "Istimewa" Regional 30 Juni 2025

    Kepala Bapenda Belum Jadi Tersangka, Kuasa Hukum Mbak Ita Sebut Ada yang “Istimewa”
    Tim Redaksi
    SEMARANG, KOMPAS.com
    — Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Semarang, Indriyani (Iin), hadir sebagai saksi dalam sidang kasus dugaan korupsi yang menjerat eks Wali Kota Semarang, Heverita Gunaryati Rahayu (Mbak Ita), dan suaminya, Alwin Basri.
    Namun, kehadiran Iin sebagai saksi menuai pertanyaan dari tim kuasa hukum terdakwa.
    Dalam sidang yang digelar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Semarang, Senin (30/6/2025), pendamping hukum Mbak Ita dan Alwin, Agus Nurudin, mempertanyakan status hukum Iin.
    “Kami ingin tahu apakah saksi Indriyani sudah ditetapkan tersangka?” tanya Agus kepada majelis hakim.
    Agus juga menyoroti posisi Iin yang disebut turut terlibat dalam aliran dana iuran kebersamaan, namun tidak berstatus tersangka.
    “Beliau bersama-sama dengan Pak Alwin sebagai terdakwa. Makanya saya mempertanyakan, kenapa belum jadi tersangka? Apakah ada hak istimewa?” lanjut Agus.
    Dalam kesempatan tersebut, Agus bahkan menyinggung isu pribadi yang tidak berkaitan langsung dengan perkara, yakni kabar bahwa Iin pernah menonton konser Blackpink di Singapura.
    “Saya pakai uang sendiri,” jawab Iin singkat menanggapi pertanyaan tersebut.
    Dalam kesaksiannya, Iin mengakui telah menyetorkan uang sebesar Rp 2,2 miliar kepada Mbak Ita dan Alwin Basri. Dana tersebut berasal dari iuran kebersamaan para pegawai Bapenda Kota Semarang.
    “Iya betul,” ucap Iin, membenarkan nominal yang diberikan kepada kedua terdakwa.
    Menurut Iin, iuran kebersamaan adalah sumbangan sukarela dari para ASN, yang besarannya disesuaikan dengan penghasilan masing-masing pegawai. Dana tersebut dikumpulkan setiap triwulan, dan digunakan untuk kegiatan sosial dan rekreasi internal.
    “Jumlah pegawai kami sekitar 160 orang. Ada yang menyumbang Rp 10 juta, ada Rp 6 juta, ada yang tidak sama sekali. Tapi tetap bisa ikut kegiatan seperti makan bersama atau piknik,” paparnya.
    Rata-rata, dana iuran yang terkumpul setiap tiga bulan mencapai Rp 800 juta.
    Dalam dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), disebutkan bahwa selama periode 2022 hingga 2024, Mbak Ita menerima dana dari iuran kebersamaan ASN Bapenda mencapai Rp 3,8 miliar.
    Sedangkan suaminya, Alwin Basri—yang saat itu menjabat sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Kota Semarang—menerima dana serupa hingga Rp 1,2 miliar.
    Sidang lanjutan dijadwalkan untuk memeriksa saksi-saksi berikutnya, serta mendalami peran masing-masing pihak dalam aliran dana tersebut.
    Sementara itu, perdebatan soal status hukum Iin menjadi catatan penting dalam dinamika persidangan yang tengah berlangsung.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Jennifer Lopez Pakai Lagu Jennie ‘Blackpink’ di World Pride Festival

    Jennifer Lopez Pakai Lagu Jennie ‘Blackpink’ di World Pride Festival

    Seoul, Beritasatu.com – Penyanyi pop dunia Jennifer Lopez atau biasa disapa J.Lo menarik perhatian publik setelah menggunakan lagu Like JENNIE milik Jennie Blackpink dalam remix mashup saat tampil di World Pride Music Festival baru-baru ini.

    Dalam acara festival musik tahunan tersebut, J.Lo tampil sebagai bintang utama. Salah satu momen paling mencolok dalam penampilannya adalah ketika J.Lo  memadukan lagu Like JENNIE dengan lagu hit miliknya di awal 2000-an, Jenny from the Block. Transisi yang mulus antara dua lagu tersebut menghasilkan remix modern yang enerjik menyatukan dua generasi bintang pop ternama, dikutip dari Allkpop, Kamis (12/6/2025).

    Perpaduan dua lagu dari dua penyanyi terkenal dan ikonik ini mendapat sambutan positif dari netizen dan penggemar. Ramai di media sosial, publik mengungkapkan kekaguman atas ide remix lagu tersebut dan berharap di masa mendatang J.Lo dan Jennie  Blackpink bisa tampil bersama di atas panggung.

    Menariknya, ini bukan kali pertama seorang Jennifer Lopez menunjukkan ketertarikannya pada lagu Jennie Blackpink. Pada April 2025, J.Lo  sempat menggunakan lagu Like JENNIE dalam unggahannya di Instagram sebagai bagian dari promosi menjelang penampilannya di World Pride Music Festival.

  • Jadwal dan Lokasi Konser BLACKPINK Jakarta 2025
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        12 Juni 2025

    Jadwal dan Lokasi Konser BLACKPINK Jakarta 2025 Megapolitan 12 Juni 2025

    Jadwal dan Lokasi Konser BLACKPINK Jakarta 2025
    Penulis

    JAKARTA, KOMPAS.com –

    BLACKPINK
    akan kembali menyapa para penggemarnya di Indonesia dalam rangkaian tur dunia terbaru mereka bertajuk BLACKPINK WORLD TOUR.
    Grup beranggotakan Jisoo, Jennie, Rosé, dan Lisa ini akan menyambangi 16 kota di berbagai benua, termasuk Jakarta.
    Tur ini dimulai dari Korea Selatan pada Juli 2025 dan berlanjut ke Amerika Utara, Eropa, hingga Asia Tenggara.
    Kehadiran BLACKPINK ke Jakarta disambut antusiasme tinggi dari para BLINK, sebutan untuk para penggemar mereka. Penjualan tiket pun menjadi ajang rebutan, dengan sistem penjualan bertahap yang disiapkan oleh promotor iMe Indonesia.
    Jadwal dan Lokasi Konser BLACKPINK Jakarta 2025
    Konser BLACKPINK di Indonesia tahun ini akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.
    Konser BLACKPINK Jakarta 2025 akan digelar selama dua hari pada tanggal 1 dan 2 November 2025.
    Ini menjadi satu-satunya konser mereka di Indonesia tahun ini dalam rangkaian tur global tersebut.
    Tahapan Penjualan Tiket
    Untuk mengakomodasi besarnya animo penggemar, promotor membagi penjualan tiket ke dalam tiga fase, yakni:
    Seluruh tiket dijual melalui
    platform
    resmi tiket.com. Harga yang tercantum belum termasuk pajak 10 persen dan biaya admin.
    Daftar Harga Tiket Konser
    Berikut kisaran harga tiket konser BLACKPINK WORLD TOUR 2025 di Jakarta:
    Khusus untuk kategori VIP Package, pembeli akan mendapatkan satu set hadiah eksklusif berupa VIP
    laminate
    ,
    lanyard
    , dan akses ke
    merchandise

    booth
    khusus.
    Setelah membuka tur di Goyang, Korea Selatan, pada awal Juli, BLACKPINK akan tampil di sejumlah kota besar dunia, antara lain Los Angeles, Chicago, Toronto, Paris, London, hingga Singapura.
    Konser di Jakarta akan menjadi salah satu pemberhentian utama mereka di Asia sebelum melanjutkan ke Filipina dan menutup rangkaian konser di Jepang dan Hongkong pada Januari 2026.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Rose ‘Blackpink’ Pecahkan Rekor Youtube Lewat Musik Video APT

    Rose ‘Blackpink’ Pecahkan Rekor Youtube Lewat Musik Video APT

    Seoul, Beritasatu.com – Musik video lagu APT dari Rose Blackpink dan Bruno Mars resmi memecahkann rekor sebagai musik video artis perempuan tercepat yang mencapai 1,7 miliar penayangan di YouTube.

    Pada Selasa (11/6/2025) sekitar pukul 05.00 KST waktu Korea Selatan, musik video lagu kolaborasi Rose dan Bruno Mars tersebut resmi telah melampaui angka 1,7 miliar penonton. Musik video lagu APT pertama kali dirilis pada 18 Oktober 2024 pukul 13.00 KST waktu Korea Selatan, artinya hanya membutuhkan waktu sekitar 235 hari untuk mencapai rekor tersebut, dikutip dari Soompi, Kamis (12/6/2025).

    Musik video APT secara keseluruhan tercepat ketiga yang meraih rekor ini, hanya dikalahkan oleh musik video lagu Despacito milik Luis Fonsi dan musik video lagu  Shape of You dari Ed Sheeran.

    Sebelumnya, pada Selasa (10/6/2025) lagu APT juga mencetak prestasi di tangga lagu Billboard. Billboard mengumumkan APT telah berada selama 33 pekan di tangga lagu Hot 100, peringkat mingguan Billboard untuk lagu-lagu paling populer di Amerika Serikat dengan menduduki peringkat nomor 24.

    Dengan demikian, lagu APT sejajar dengan lagu Who dari Jimin Bts sebagai lagu artis K-Pop yang  bertahan paling lama di tangga lagu dalam sejarah Hot 100 Billboard.

  • Cuma Sultan yang Bisa Beli Boneka Labubu Ini, Nih Alasannya!

    Cuma Sultan yang Bisa Beli Boneka Labubu Ini, Nih Alasannya!

    Jakarta

    ‘Demam’ boneka Labubu melanda para penggemar mainan dan kolektor dari berbagai negara. Akibatnya harga boneka dengan ciri khas telinga dan mata besar ini menjadi sangat mahal.

    Melansir Reuters, Rabu (11/5/2025), bahkan figur boneka yang satu ini ada yang terjual seharga 1,08 juta yuan atau sekitar Rp 2,45 miliar (asumsi kurs Rp 2.275/yuan) dalam sebuah lelang di Beijing, China pada Selasa (10/6) kemarin.

    Untuk diketahui lelang tersebut diselenggarakan oleh Yongle International Auction, sebuah lembaga yang biasanya berfokus pada seni modern dan perhiasan. Lelang ini menawarkan 48 item dan dihadiri langsung oleh sekitar 200 orang, serta lebih dari seribu penawar juga ikut serta secara online melalui aplikasi seluler Yongle.

    Dalam pelaksanaannya seluruh boneka Labubu ditawarkan dari harga pembukaan nol. Namun dalam setiap kesempatan figur boneka ditawar dengan harga yang sangat tinggi, membuat total dana yang terkumpul dalam lelang tersebut mencapai 3,73 juta yuan atau Rp 8,48 miliar.

    Barang dengan penawaran tertinggi adalah figur Labubu berwarna hijau mint setinggi 131 cm, yang menerima beberapa tawaran hingga terjual seharga 1,08 juta yuan atau Rp 2,45 miliar. Pihak lelang mengatakan figur tersebut merupakan satu-satunya yang tersedia di dunia.

    Kemudian ada juga satu set berisi tiga boneka Labubu berukuran sekitar 40 cm dan terbuat dari bahan PVC terjual seharga 510.000 yuan atau Rp 1,16 miliar. Disebutkan set ini berasal dari seri bertajuk “Three Wise Labubu” yang diproduksi terbatas hanya 120 set pada 2017 lalu.

    Salah seorang penawar di lelang Yongle bermarga Du mengatakan bahwa ia semula hanya berniat menghabiskan maksimal 20.000 yuan atau Rp 45,5 juta untuk membeli boneka tersebut. Namun akhirnya pulang dengan tangan hampa karena harga yang ditawarkan terlalu tinggi.

    “Anak saya menyukainya, jadi setiap kali Labubu mengeluarkan produk baru, kami pasti membeli satu atau dua. Sulit dijelaskan mengapa mainan ini begitu digemari, tapi sepertinya memang menyentuh generasi sekarang,” ujar Du.

    Sebagai tambahan informasi, karakter boneka Labubu diciptakan sekitar satu dekade lalu oleh seniman dan ilustrator asal Hong Kong, Kasing Lung. Pada 2019, Lung menyetujui kerja sama dengan Pop Mart untuk memasarkan Labubu dalam bentuk mainan koleksi yang umumnya dijual dengan konsep “blind box”.

    Dalam konsep “blind box”, pembeli tidak mengetahui desain mainan yang akan mereka dapatkan sampai kemasan dibuka. Di toko-toko Pop Mart, harga awal mainan Labubu versi blind box ini dibanderol sekitar 50 yuan atau Rp 113.750.

    Namun popularitas karakter ini tiba-tiba melejit setelah anggota grup musik K-pop Blackpink, Lisa, terlihat membawa boneka Labubu dan memujinya dalam wawancara serta unggahan media sosial.

    Banyak selebriti kemudian ikut-ikutan untuk memiliki boneka tersebut. Di mana bahkan pada Mei lalu, legenda sepak bola Inggris David Beckham mengunggah foto Labubu miliknya yang menempel di tas.

    Tonton juga Video: Rela Habiskan Jutaan Rupiah Demi Labubu

    (igo/fdl)

  • Album Solo Jennie Masuk Daftar Album Terbaik 2025 versi Rolling Stone

    Album Solo Jennie Masuk Daftar Album Terbaik 2025 versi Rolling Stone

    Seoul, Beritasatu.com- Album solo perdana Jennie ‘BLACKPINK’ yang berjudul Ruby berhasil mendapat pengakuan internasional setelah masuk dalam daftar album terbaik tahun 2025 oleh dua media musik ternama Amerika Serikat, Rolling Stone dan Complex.

    Pada 5 Juni 2025 waktu setempat, Rolling Stone merilis daftar ‘Album Terbaik Tahun 2025’, dengan Ruby masuk sebagai salah satu pilihan unggulan. Dalam ulasannya, majalah tersebut memuji Jennie atas kemampuannya menginterpretasikan ulang genre musik pop yang dipengaruhi oleh R&B.

    “Jennie menata ulang ide-ide musik pop yang digerakkan musik R&B dari era 2000-an dan 2010-an dengan cara yang menarik. Ia tidak hanya memiliki kehadiran kuat dalam ruang pop-R&B yang manis, tetapi juga menghadirkan momen-momen yang mengingatkan pada album Anti milik Rihanna pada 2016,” tulis Rolling Stone, dikutip dari Allkpop, Minggu (8/6/2025).

    Selain Rolling Stone, media musik Complex juga memasukkan Ruby dalam daftar album terbaik tahun ini dan menyebut album tersebut sebagai tonggak penting dalam perjalanan karier Jennie sebagai penyanyi solo.

    “Ruby membuka babak baru dalam karier musik Jennie, memberinya ruang untuk menunjukkan jangkauan vokalnya yang luas,” tulis Complex.

    Media tersebut juga menyoroti lagu hit Like JENNIE yang dinilai menggambarkan sentuhan pop dan kekuatan penampilan panggung dari seorang Jennie, serta lagu Twin, lagu balad yang menampilkan sisi lembut dan halus dari kemampuan vokal rapper utama di ‘BLACKPINK’ tersebut.

    Selain aspek musik, Complex juga memuji produksi visual album Ruby. Jennie diketahui merilis tujuh video musik dengan kualitas sinematik tinggi sebagai bagian dari promosi albumnya.

    Prestasi Jennie ini semakin membanggakan, karena Jennie merupakan satu-satunya artis K-pop yang sejauh ini berhasil masuk dalam daftar album terbaik versi Rolling Stone dan Complex, menandai nama besarnya di industri musik global.

    Sebagai informasi, album Ruby memuat 15 lagu yang seluruhnya diproduseri oleh Jennie, termasuk lagu utama Like JENNIE.