Grup Musik: APRIL

  • Pemeliharaan sistem Bank DKI upaya jaga keamanan nasabah

    Pemeliharaan sistem Bank DKI upaya jaga keamanan nasabah

    Sumber foto: Istimewa/elshinta.com.

    Stafsus Gubernur: Pemeliharaan sistem Bank DKI upaya jaga keamanan nasabah
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Minggu, 06 April 2025 – 13:25 WIB

    Elshinta.com – Pemeliharaan sistem yang dilakukan Bank DKI saat ini turut mendapatkan atensi dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Staf Khusus Gubernur Bidang Komunikasi Publik, Cyril Raoul Hakim atau yang dikenal dengan nama Chico Hakim. Ia menyatakan bahwa, langkah pemeliharaan sistem merupakan bagian dari upaya menjaga keamanan nasabah.

    “Memang sekarang ini yang tidak bisa layanan transfer antar bank dari Bank DKI, ATM nggak ada masalah, semua jalan kecuali transfer antar bank dan QRIS. Justru ini bentuk kehati-hatian untuk menjaga keamanan dana nasabah,” ungkapnya di Jakarta, Sabtu (5/3/2025).

    Dalam keterangannya, Chico menegaskan bahwa, pihaknya terus memantau situasi dan berkoordinasi secara intensif dengan pihak Bank DKI. Ia juga menyampaikan bahwa Gubernur DKI Jakarta Pramono Anung dan Wakil Gubernur DKI Rano Karno telah memberi perhatian khusus pada persoalan ini.

    Dirinya berharap, masalah operasional JakOne Mobile bisa segera rampung.

    “Intinya Gubernur dan Wakil Gubernur DKI terus memantau dan menjalin komunikasi dengan pihak Bank DKI, dan diharapkan segera bisa normal kembali dalam waktu dekat,” ucap Chico.

    Lebih lanjut, menanggapi isu yang beredar terkait dugaan serangan siber, Chico menegaskan bahwa hingga saat ini belum ada informasi resmi yang mengarah ke dugaan tersebut. Ia tidak mau menduga-duga perihal indikasi serangan siber terhadap Bank DKI.

    “Kami dari pihak Gubernur dan Wakil Gubernur terus berkomunikasi dengan pihak Bank DKI. Kami belum menerima informasi perihal dugaan serangan siber,” katanya.

    Sebelumnya, Bank DKI melakukan pemeliharaan sistem e-channel sebagai bagian dari upaya preventif dalam memperkuat sistem keamanan transaksi dan meningkatkan keandalan infrastruktur layanan digital, termasuk jaringan ATM dan kanal elektronik lainnya. Manajemen Bank DKI memastikan bahwa selama periode pemeliharaan berlangsung, dana dan data nasabah tetap aman, sekaligus berkomitmen untuk memastikan setiap permasalahan yang dihadapi nasabah sebagai akibat dari aktivitas pemeliharaan sistem ini akan diselesaikan sebaik-baiknya.

    Manajemen Bank DKI memahami adanya ketidaknyamanan yang terjadi, dan oleh karena itu Bank DKI membuka ruang seluas-luasnya bagi nasabah yang sebelumnya mengalami kendala transaksi untuk dapat menghubungi Call Center Bank DKI di 1500-351, mengunjungi kantor cabang Bank DKI terdekat, atau menyampaikan pengaduan melalui kolom pesan langsung (Direct Message/DM) pada kanal media sosial resmi Bank DKI.

    Bank DKI turut mengimbau seluruh nasabah Bank DKI untuk tetap waspada terhadap berbagai modus penipuan digital dan mengutamakan penggunaan kanal resmi dalam memperoleh informasi. Untuk kebutuhan informasi dan bantuan layanan, nasabah dapat menghubungi Call Center Bank DKI di 1500351 atau mengunjungi kantor cabang Bank DKI terdekat.

    Sebagai bentuk layanan Bank DKI terhadap kebutuhan masyarakat dalam melakukan transaksi perbankan, Bank DKI menerapkan operasional layanan terbatas pada momen cuti bersama dan libur nasional, pada tanggal 31 Maret 2025, 1-5 April  2025, dan 7 April 2025 pada lokasi Kantor Cabang yang telah ditentukan berikut dengan jam operasionalnya. Adapun layanan terbatas yang dapat dilakukan, diantaranya mencakup pembukaan rekening, tarik/setor tunai, pemindahbukuan antar rekening Bank DKI, dan penanganan pengaduan nasabah.

    Termasuk, total 750 unit ATM yang dapat digunakan nasabah untuk melakukan transaksi perbankan, yang beroperasi dan tersebar di berbagai titik di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, termasuk di kantor Kelurahan dan Kecamatan, pusat perbelanjaan, stasiun, terminal, dan lokasi-lokasi publik lainnya. Selain itu, seiring perluasan jaringan layanan kantor pada beberapa wilayah kota besar lainnya, Bank DKI juga memiliki jaringan ATM yang berada di beberapa kota besar di luar Jakarta, diantaranya Bandung, Semarang Solo, Gresik, Sidoarjo, hingga Lampung. 

    Sumber : Radio Elshinta

  • Sinopsis Drama Korea Way Back Love, Kisah Cinta Kim Min Ha dan Malaikat Maut Gong Myung

    Sinopsis Drama Korea Way Back Love, Kisah Cinta Kim Min Ha dan Malaikat Maut Gong Myung

    Sinopsis Drama Korea Way Back Love, Kisah Cinta Kim Min Ha dan Malaikat Maut Gong Myung

    TRIBUNJATENG.COM – Inilah sinopsis dan daftar lengkap pemain Drakor Way Back Love.

    Drama Korea Way Back Love tayang mulai 3 April 2025.

    Drama fantasi-romantis ini mengusung tema cinta pertama, penyesalan, dan kesempatan kedua yang menyentuh hati.

    Way Back Love tayang setiap hari Kamis, dengan total 6 episode.

    Kim Min Ha akan berperan sebagai Jung Hee-Wan, seorang wanita muda berusia 24 tahun yang telah kehilangan semangat hidup.

    Ia emilih menjalani hari-harinya secara tertutup dari dunia luar.

    Namun, kehidupannya yang kelam berubah drastis ketika cinta pertamanya sekaligus sahabat masa kecilnya, Kim Ram-Woo (diperankan oleh Gong Myung), tiba-tiba muncul di hadapannya, enam tahun setelah kematiannya.

    Sinopsis Way Back Love

    Jung Hee-Wan (Kim Min Ha) adalah seorang wanita berusia 24 tahun yang tidak memiliki keinginan untuk hidup.

    Dia menjalani hidupnya sebagai seorang pertapa. Suatu hari, teman masa kecilnya dan cinta pertamanya Kim Ram-Woo (Gong Myung) muncul di depannya.

    Dia meninggal 6 tahun yang lalu dan sekarang menjadi malaikat maut.

    Ketika Kim Ram-Woo masih hidup, mereka adalah sahabat dan juga memiliki perasaan satu sama lain.

    Karena alasan masing-masing, mereka tidak mengatakan perasaan mereka kepada orang lain. Sebuah kecelakaan kemudian menyebabkan kematian Kim Ram-Woo.

    Sekarang, Kim Ram-Woo memberi tahu Jung Hee-Wan bahwa dia hanya memiliki waktu 1 minggu sebelum dia meninggal.

    Dia terus mengatakan kepadanya bahwa jika dia ingin mati dengan tenang, dia harus memanggil namanya 3 kali.

    Jung Hee-Wan, yang hidup kesepian, tidak ingin berpisah dengannya lagi dan tidak memanggil namanya.

    Kim Ram-Woo menyuruhnya membuat daftar hal-hal yang harus dilakukan sebelum dia meninggal dan mereka melaksanakan daftarnya bersama-sama.

    Pemain Way Back Love

    Gong Myung sebagai Kim Ram-woo

    Kim Min-ha sebagai Jeong Hee-wan

    Jung Gun-joo sebagai Lee Hong-seok

    Oh Woo-ri sebagai Yoon Tae-kyung

    Ko Chang-seok as Jeong Il-beom

    Seo Young-hee sebagai Kim Jung-sook

    Jeon Chae-eun sebagai Jeong Hee-joo

    Jeon Jun-ho sebagai Seung-ho.

    (*)

  • Puncak Arus Balik Lebaran, Lebih dari 515 Ribu Penumpang Kereta Tiba di Jakarta – Page 3

    Puncak Arus Balik Lebaran, Lebih dari 515 Ribu Penumpang Kereta Tiba di Jakarta – Page 3

     

    Liputan6.com, Jakarta – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta melaporkan perkembangan terkini volume penumpang pada masa arus balik Lebaran 1446 H/2025, yang diperkirakan mencapai puncaknya sejak Jumat (4/4/2025) hingga Minggu (6/4/2025).

    Manajer Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko, menyampaikan sejak dimulainya arus balik pada 2 April 2025, jumlah penumpang yang datang ke wilayah Daop 1 Jakarta secara konsisten berada di atas 40 ribu orang per hari.

    Selama tiga hari terakhir, yakni Jumat (4/4) hingga Minggu (6/4), tercatat lebih dari 52 ribu penumpang tiba setiap harinya. Puncaknya terjadi pada Sabtu (5/4) dengan 52.651 penumpang, disusul Jumat (4/4) sebanyak 52.564 penumpang, dan Minggu (6/4) data sementara sebanyak 52.062 penumpang.

    Ixfan menjelaskan bahwa hingga hari ini, Minggu (6/4/2025) total penumpang yang sudah tiba di wilayah Daop 1 Jakarta mencapai 515.194 orang, dengan rincian tiba Stasiun Gambir sebanyak 143.910 penumpang dan Stasiun Pasar Senen 192.104 penumpang.

    “Stasiun lainnya (Jatinegara, Bekasi, Cikarang, Karawang, Cikampek) 179.180 penumpang,” kata Ixfan dalam keterangannya, Minggu (6/4/2025).

    Pada hari ini, terdapat 88 perjalanan KA yang melayani keberangkatan dari wilayah Daop 1 Jakarta, dengan total kapasitas 49.184 seat, dan 34.949 seat di antaranya telah terjual, mencatatkan tingkat okupansi sebesar 71 persen.

    Stasiun Gambir melayani 46 perjalanan KA, dengan kapasitas 21.868 seat dan jumlah seat terjual sebanyak 13.527 (okupansi 62 persen)

    Stasiun Pasar Senen melayani 42 perjalanan KA, dengan kapasitas 27.316 seat dan jumlah seat terjual sebanyak 21.422 (okupansi 78 persen)

    “Tiket keberangkatan dari Stasiun Gambir maupun Pasar Senen masih tersedia. Kami mengimbau pelanggan yang belum memiliki tiket agar segera melakukan pemesanan melalui kanal resmi,” jelas Ixfan.

     

  • Hujan Guyur Jakarta, Jalan Ciledug Raya Tergenang Air Setinggi 40 Cm
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        6 April 2025

    Hujan Guyur Jakarta, Jalan Ciledug Raya Tergenang Air Setinggi 40 Cm Megapolitan 6 April 2025

    Hujan Guyur Jakarta, Jalan Ciledug Raya Tergenang Air Setinggi 40 Cm
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com 

    Hujan
    dengan intensitas sedang menyebabkan genangan air setinggi 40 centimeter (cm) di Jalan Ciledug Raya, tepatnya di depan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal)
    Jakarta
    Selatan pada Minggu (6/4/2025) sore.
    Kepala Pusat Data dan Informasi (Kapusdatin) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (
    BPBD
    ) Jakarta, Mohamad Yohan, mengatakan bahwa genangan mulai terpantau sekitar pukul 16.00 WIB.
    “Ketinggian muka air (TMA) mencapai 40 cm,” ujar Yohan saat dikonfirmasi, Minggu.
    BPBD Jakarta
    melalui petugas Penanggulangan Bencana (P2B) langsung melakukan penanganan dengan berkoordinasi bersama pihak kelurahan setempat.
    Petugas juga dibantu unsur gabungan dari PPSU, FKDM, dan Satpol PP untuk mengatur arus lalu lintas agar tetap terkendali di lokasi genangan.
    “Sudah dilakukan penanganan petugas membantu mengatur lalu lintas,” kata Yohan.
    Menurut dia, hingga saat ini
    hujan
    masih berlangsung dengan intensitas sedang.
    Oleh karenanya, BPBD mengimbau warga agar tetap waspada terhadap potensi genangan susulan dan memperhatikan informasi resmi terkait kondisi cuaca maupun lalu lintas.
    “Hujan deras masih berlangsung. Warga diminta untuk selalu waspada,” ujar Yohan.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Pinjam Uang Berujung Maut, Pria di Sumbar Jadi Korban Mutilasi Karena Rp 400 Ribu

    Pinjam Uang Berujung Maut, Pria di Sumbar Jadi Korban Mutilasi Karena Rp 400 Ribu

    TRIBUNJATENG.COM – Pinjam uang berujung maut, seorang pria berinisial P (34), warga Surantiah, Pesisir Selatan, Sumatera Barat, tewas setelah meminjam Rp 400 ribu.

    Ia jadi kroban mutilasi di Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat oleh rekannya B (34).

    Diduga aksi pembunuhan itu sudah terjadi 2 atau3 tahun lalu namun baru terbongkar di Bulan April 2025. 

    Jasad P yang telah menjadi tengkorak itu ditemukan terpotong-potong dalam sebuah bak kamar mandi bekas sarang burung walet.

    Awalnya ditemukan bagian tengkorak kepala, Sabtu (5/4/2025), di balik bak yang sudah dicor semen itu.

    Penemuan tengkorak itu setelah pemilik bangunan melakukan renovasi dan membongkar bak mandi tersebut.

    “Kita dapat laporan penemuan tengkorak manusia di dalam bak, lalu kita turun lakukan penyelidikan,” kata Kasat Reskrim Polres Pesisir Selatan AKP M Yogie Biantoro dikutip dari Kompas.com, Minggu (6/4/2025).

    Yogie mengatakan pihaknya kemudian melakukan penggalian lebih lanjut dan didapatkan bagian tubuh yang sudah terpotong seperti kaki, leher, dan perut.

    “Tadi kita turun ke lokasi melakukan penggalian dan penyelidikan dan ditemukan bagian tubuh lainnya,” jelas Yogie.

    Pria yang dimutilasi itu merupakan korban pembunuhan yang diperkirakan terjadi dua atau tiga tahun lalu.

    Setelah melakukan penyelidikan, polisi kemudian menangkap seorang pelaku berinisial B (34).

    B merupakan karyawan kafe di samping bangunan sarang walet tersebut.

    Pembunuhan berawal dari P meminjam uang Rp 400.000 ke B.

    Pelaku tidak mau meminjamkan uang sehingga terjadi cekcok yang berakhir dengan pemukulan kepala korban dengan balok oleh pelaku.

    Setelah pelaku tewas, tubuh korban dimutilasi dengan tujuan agar muat dimasukkan ke dalam bak mandi yang kemudian dicor semen. (*)

  • Mudahkan Masyarakat Jalani Arus Balik, BRI Siapkan Posko BUMN di Bandara dan Rest Area Jalan Tol

    Mudahkan Masyarakat Jalani Arus Balik, BRI Siapkan Posko BUMN di Bandara dan Rest Area Jalan Tol

    FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Periode mudik lebaran 2025 memasuki masa arus balik setelah pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri pada Senin, 31 Maret 2025 lalu. Masyarakat yang melaksanakan mudik, sudah kembali menjalankan arus balik.

    Dalam mendukung kelancaran arus balik lebaran 2025, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mendirikan Posko Mudik BUMN di beberapa titik perjalanan arus balik periode lebaran 2025. Lokasi-lokasi tersebut terletak di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Yogyakarta International Airport dan Rest Area Tol Gempol Pasuruan KM 792 arah Jakarta, Jawa Timur serta Rest Area Tol Solo – Ngawi.

    Posko Mudik BUMN dalam rangka melayani arus balik yang dibangun BRI beroperasi pada 5-8 April 2025. Sementara itu, fasilitas yang disiapkan di Posko Mudik BUMN adalah cek kesehatan gratis dan obat-obatan gratis, penyediaan makanan/minuman, area bermain anak (playground) serta ruang istirahat.

    Terkait dengan hal tersebut, Corporate Secretary BRI Agustya Hendy Bernadi mengungkapkan bahwa pendirian Posko Mudik BUMN dalam rangka melayani arus balik merupakan upaya nyata BRI sebagai perusahaan BUMN dalam mendukung kelancaran arus balik lebaran 2025.

    “Setelah Arus Mudik kemarin berjalan lancar, BRI juga terus berupaya mendukung kelancaran arus balik bagi pemudik. Masyarakat yang melaksanakan kegiatan arus balik silahkan memanfaatkan Posko Mudik Bersama yang telah kami sediakan dan kami harap masyarakat bisa melaksanakan arus balik dengan aman dan nyaman”, ungkap Hendy.

    BRI sebagai salah satu BUMN terbesar di Indonesia terus berperan aktif dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. BRI juga terus berkolaborasi dan bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mendukung upaya pemerintah dalam menyukseskan pelaksanan arus mudik dan arus balik lebaran 2025.

  • KCIC Prediksi Puncak Arus Balik Lebaran Hari Ini Capai 23.000 Penumpang

    KCIC Prediksi Puncak Arus Balik Lebaran Hari Ini Capai 23.000 Penumpang

    Bisnis.com, JAKARTA – PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) memprediksi puncak arus balik penumpang Kereta Cepat Woosh terjadi hari ini dengan prediksi penumpang mencapai 23.000 orang.

    “KCIC memprediksi hari ini, Minggu 6 April 2025 akan menjadi puncak arus balik Lebaran penumpang Kereta Cepat Whoosh pada masa libur Lebaran,” kata General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa di Jakarta, Minggu (6/4/2025).

    Hingga pagi ini, tiket yang telah terjual mencapai 20.000 lembar dan jumlah ini masih terus bertambah seiring dengan penjualan yang berlangsung secara online maupun offline hingga keberangkatan terakhir pukul 21.25 WIB.

    Pada Jumat (4/4/2025) dan Sabtu (5/4/2025) kemarin, tercatat jumlah penumpang sebanyak 22.000 lebih per harinya. KCIC juga sudah memberangkatkan total 280.000 penumpang selama masa Angkutan Lebaran 2025.

    “Jumlah tiket yang telah terjual sejak pagi menunjukkan tren peningkatan signifikan, bahkan melebihi hari-hari sebelumnya,” ujar Eva.

    Eva mengimbau masyarakat untuk merencanakan perjalanannya menuju stasiun dengan baik dan jauh dari jam keberangkatan sehingga tidak tertinggal Kereta Whoosh.

    Sebelumnya, Eva menyebutkan pada periode tersebut, Kereta Cepat Whoosh mengalami peningkatan penumpang sebesar 20% jika dibandingkan masa normal.

    Selama masa libur Lebaran, KCIC telah melayani 250.000 penumpang Whoosh, dengan rata-rata volume harian mencapai 20.000-21.000 penumpang.

    “Angka ini menunjukkan peningkatan signifikan dibandingkan hari biasa yang berkisar antara 16.000-18.000 penumpang per hari,” kata Eva di Bandung, Jumat (4/4).

    Eva mengatakan, puncak perjalanan di libur Lebaran sementara terjadi pada Kamis (3/4) dengan jumlah penumpang tertinggi, yaitu 22.340 penumpang dalam sehari.

    Rute Halim-Padalarang menjadi favorit dengan total 86 ribu penumpang, disusul oleh rute Padalarang-Halim sebanyak 77.000 penumpang dan rute Halim-Tegalluar Summarecon dengan 35.000 penumpang.

  • Keterlibatan Aktif Penyandang Disabilitas dalam Proses Pembangunan Harus Ditingkatkan

    Keterlibatan Aktif Penyandang Disabilitas dalam Proses Pembangunan Harus Ditingkatkan

    Jakarta: Dukungan para pemangku kepentingan untuk melibatkan para penyandang disabilitas dalam aktivitas keseharian masyarakat harus terus ditingkatkan, demi mewujudkan kesetaraan, kemandirian dan kesejahteraan bagi setiap warga negara yang lebih merata. 

    “Upaya untuk melibatkan secara aktif para penyandang disabilitas dalam aktivitas keseharian masyarakat harus kita dukung bersama dan harus terus ditingkatkan untuk mewujudkan kontribusi aktif setiap warga negara dalam proses pembangunan,” kata Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Minggu, 6 April 2025. 

    Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jakarta berencana mengaktifkan taman-taman di Jakarta dengan melibatkan penyandang disabilitas sebagai bagian upaya inklusivitas. 

    Sejumlah program persiapan telah dilakukan, antara lain program pelatihan barista bagi penyandang disabilitas. 

    Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) 2020 mencatat hanya 9% dari 8 juta angkatan kerja penyandang disabilitas di Indonesia yang terserap sebagai tenaga kerja. 

    Baca juga: Momentum Hari Raya Idulfitri Diharapkan Memperkokoh Nilai-Nilai Persatuan Bangsa

    Menurut Lestari, berdasarkan catatan tersebut masih banyak angkatan kerja penyandang disabilitas yang belum terserap oleh dunia kerja. 

    Rerie, sapaan akrab Lestari, mendorong agar pihak-pihak terkait menindaklanjuti catatan tersebut dengan segera mengidentifikasi kondisi tersebut dan menghadirkan solusi untuk meningkatkan daya serap tenaga kerja penyandang disabilitas. 

    Ketersediaan data terpilah disabilitas, menurut Rerie yang juga anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah itu, sangat penting untuk memahami kebutuhan dan tantangan yang dihadapi penyandang disabilitas.

    Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu menilai, dengan data terpilah itu memungkinkan penyusunan kebijakan dan program yang lebih tepat sasaran. 

    Rerie sangat berharap, kepedulian para pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah untuk melibatkan para penyandang disabilitas pada aktivitas keseharian masyarakat dapat terus ditingkatkan. 

    Dengan partisipasi setiap warga negara yang terus meningkat dalam proses pembangunan, Rerie berharap, upaya menghadirkan keadilan dan kemakmuran yang lebih merata bagi seluruh masyarakat Indonesia dapat direalisasikan.

    Jakarta: Dukungan para pemangku kepentingan untuk melibatkan para penyandang disabilitas dalam aktivitas keseharian masyarakat harus terus ditingkatkan, demi mewujudkan kesetaraan, kemandirian dan kesejahteraan bagi setiap warga negara yang lebih merata. 
     
    “Upaya untuk melibatkan secara aktif para penyandang disabilitas dalam aktivitas keseharian masyarakat harus kita dukung bersama dan harus terus ditingkatkan untuk mewujudkan kontribusi aktif setiap warga negara dalam proses pembangunan,” kata Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Minggu, 6 April 2025. 
     
    Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jakarta berencana mengaktifkan taman-taman di Jakarta dengan melibatkan penyandang disabilitas sebagai bagian upaya inklusivitas. 

    Sejumlah program persiapan telah dilakukan, antara lain program pelatihan barista bagi penyandang disabilitas. 
     
    Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) 2020 mencatat hanya 9% dari 8 juta angkatan kerja penyandang disabilitas di Indonesia yang terserap sebagai tenaga kerja. 
     
    Baca juga: Momentum Hari Raya Idulfitri Diharapkan Memperkokoh Nilai-Nilai Persatuan Bangsa
     
    Menurut Lestari, berdasarkan catatan tersebut masih banyak angkatan kerja penyandang disabilitas yang belum terserap oleh dunia kerja. 
     
    Rerie, sapaan akrab Lestari, mendorong agar pihak-pihak terkait menindaklanjuti catatan tersebut dengan segera mengidentifikasi kondisi tersebut dan menghadirkan solusi untuk meningkatkan daya serap tenaga kerja penyandang disabilitas. 
     
    Ketersediaan data terpilah disabilitas, menurut Rerie yang juga anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah itu, sangat penting untuk memahami kebutuhan dan tantangan yang dihadapi penyandang disabilitas.
     
    Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu menilai, dengan data terpilah itu memungkinkan penyusunan kebijakan dan program yang lebih tepat sasaran. 
     
    Rerie sangat berharap, kepedulian para pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah untuk melibatkan para penyandang disabilitas pada aktivitas keseharian masyarakat dapat terus ditingkatkan. 
     
    Dengan partisipasi setiap warga negara yang terus meningkat dalam proses pembangunan, Rerie berharap, upaya menghadirkan keadilan dan kemakmuran yang lebih merata bagi seluruh masyarakat Indonesia dapat direalisasikan.

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (TIN)

  • H+6 Lebaran, Pengunjung Kebun Raya Bogor Diprediksi Tembus 10.000 Orang
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        6 April 2025

    H+6 Lebaran, Pengunjung Kebun Raya Bogor Diprediksi Tembus 10.000 Orang Megapolitan 6 April 2025

    H+6 Lebaran, Pengunjung Kebun Raya Bogor Diprediksi Tembus 10.000 Orang
    Tim Redaksi
    BOGOR, KOMPAS.com 
    – Jumlah pengunjung
    Kebun Raya Bogor
    terus mengalami lonjakan pada masa libur
    Lebaran
    2025.
    Memasuki H+6 Lebaran, Minggu (6/4/2025), pihak pengelola memprediksi angka kunjungan bisa menembus 10.000 orang dalam sehari.
    “Jumlah pengunjung tiap harinya bervariasi, kenaikan pengunjung terlihat sejak hari kedua Lebaran. Rata-rata pengujung mencapai 7.000, diprediksi hari ini bisa mencapai 10.000 (orang),” ujar General Manager Corporate Communication PT Mitra Natura Raya, Zaenal Arifin kepada Kompas.com, Minggu (6/4/2025).
    Pantauan
    Kompas.com
    di lokasi, pengunjung tampak memenuhi pintu masuk Kebun Raya
    Bogor
    .
    Banyak pengunjung datang bersama keluarga dan kerabat, membawa perlengkapan seperti tikar, stroller,
    goodie bag
    berisi makanan dan minuman.
    Memasuki area Kebun Raya, beberapa pengunjung ada yang memilih berjalan kaki menikmati rindangnya pepohonan, berkeliling dengan sepeda listrik maupun sepeda biasa yang disediakan pengelola.
    Di sejumlah titik, tampak keluarga yang menggelar tikar dan menikmati bekal di bawah rindangnya pohon.
    Petugas yang berjaga pun aktif mengingatkan wisatawan untuk tetap waspada.
    “Selalu berhati-hati dan jangan berteduh di bawah pohon jika hujan turun,” teriak salah satu petugas.
    Guna mengantisipasi lonjakan pengunjung, pihak pengelola menambah jumlah loket dan akses masuk.
    “Kami menyediakan loket tambahan. Kini total loket ada 10 dari dua loket sebelumnya. Pembeli tiket pun hanya perwakilan kita atur sedemikian rupa agar tidak terjadi penumpukan,” kata pihak pengelola, Zaenal.
    Selain itu, akses masuk melalui Pintu 4 yang sebelumnya tidak dibuka, kini difungsikan untuk mengurai antrean di pintu utama.
    “Penambahan akses masuk di pintu 4 dekat IPB (Instut Pertanian Bogor) sangat efektif menguraikan penumpukan di pintu utama, ini adalah bagian dari peningkatan pelayanan publik yang kami lakukan,” ungkap Zaenal.
    Terkait parkir, pengelola bekerja sama dengan beberapa lokasi sekitar Kebun Raya, salah satunya Lippo Mall Kebun Raya untuk parkir mobil.
    Sementara untuk kendaraan roda dua, area parkir tersedia di dalam kawasan Kebun Raya.
    “Kami bekerja sama dengan beberapa tempat disekitar kebun raya, salah satu lippo mall keboen raya, untuk parkir mobil. Sementara untuk parkir motor, ada di dalam kebun,” ujar Zaenal.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • KAI Daop 4 Selamatkan Barang Tertinggal Penumpang Senilai Rp 19 Juta Selama Masa Lebaran 2025

    KAI Daop 4 Selamatkan Barang Tertinggal Penumpang Senilai Rp 19 Juta Selama Masa Lebaran 2025

    TRIBUNJATENG.COM, BLORA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 4 Semarang sukses mengamankan barang-barang tertinggal milik pelanggan kereta api senilai total Rp19.500.000.

    Itu selama masa Angkutan Lebaran 2025, yang berlangsung sejak Jumat, 21 Maret 2025 hingga Minggu, 6 April 2025.

    Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo, mengungkapkan bahwa sepanjang 17 hari masa angkutan Lebaran, pihaknya telah berhasil mengamankan 27 barang temuan yang langsung dimasukkan ke dalam sistem database Lost and Found KAI. 

    Nilai estimasi dari keseluruhan barang tersebut mencapai lebih dari Rp19 juta.

    “Barang-barang yang tertinggal terdiri dari berbagai jenis item berharga seperti tas beserta isinya, barang elektronik, dompet, jaket, dokumen penting, hingga helm. Sebagian besar sudah berhasil kami kembalikan kepada pemiliknya,” ujar Franoto, Minggu (6/4/2025).

    Sistem Lost and Found milik KAI menjadi wujud nyata kepedulian perusahaan terhadap keamanan dan kenyamanan pelanggan. 

    Penumpang yang merasa kehilangan barang dapat langsung melaporkannya kepada petugas di stasiun maupun melalui Contact Center KAI 121, agar dapat segera ditindaklanjuti.

    Untuk mencegah terjadinya kehilangan barang, petugas announcer secara rutin memberikan imbauan kepada penumpang agar selalu memperhatikan barang bawaannya, baik saat berada di stasiun maupun di atas kereta.

    “Meski barang bawaan adalah tanggung jawab pribadi masing-masing pelanggan, namun sebagai bentuk pelayanan prima, KAI tetap berkomitmen untuk membantu mengamankan dan mengembalikan barang-barang yang tertinggal,” tambahnya.

    Komitmen KAI terhadap layanan Lost and Found merupakan bagian dari visi perusahaan dalam membangun ekosistem transportasi yang aman, nyaman, dan berkelanjutan. 

    Pelayanan pelanggan terus ditingkatkan, seiring dengan inovasi layanan yang responsif dan humanis.

    “Kami ingin masyarakat semakin yakin memilih kereta api sebagai moda transportasi massal yang tidak hanya efisien dan ramah lingkungan, tapi juga mengedepankan keamanan dan kenyamanan dalam setiap perjalanannya,” papar Franoto.(Iqs)