Grup Musik: APRIL

  • Harga iPhone 13 Jadi Rp 6 Jutaan Jelang iPhone 16 Rilis di Indonesia

    Harga iPhone 13 Jadi Rp 6 Jutaan Jelang iPhone 16 Rilis di Indonesia

    Jakarta

    Menjelang peluncuran iPhone 16 di Indonesia pada 11 April mendatang, harga iPhone 13 kembali menjadi sorotan. HP yang pertama kali dirilis pada September 2021 ini mengalami penurunan harga signifikan, terutama dalam gelaran promo spesial bertajuk iBoxing Weeks. Harga yang awalnya dibanderol Rp 14.999.000 saat peluncuran kini turun drastis hingga menyentuh angka Rp 6 jutaan.

    Dalam perhelatan iBoxing Weeks, iPhone 13 ditawarkan dengan harga spesial Rp 8.249.000. Namun, selama masa promo berlangsung, harga tersebut dipangkas lagi menjadi Rp 6.499.000. Penawaran ini tentu menjadi kabar gembira bagi para penggemar Apple yang ingin memiliki iPhone dengan spesifikasi mumpuni tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

    iPhone 13 sendiri hadir dengan chipset A15 Bionic yang masih sangat kompetitif, layar Super Retina XDR 6,1 inci, serta sistem kamera ganda yang mendukung fitur fotografi canggih seperti Cinematic Mode.

    Bicara iBoxing Weeks, promo ini biasanya digelar oleh iBox, distributor resmi produk Apple di Indonesia, sebagai bagian dari program diskon berkala. Kali ini dihadirkan untuk menyemarakkan Ramadhan dan Lebaran 2025.

    Promo iBoxing Weeks bakal digelar hingga 29 Maret mendatang, baik online maupun offline. Tak hanya iPhone 13 yang dipangkas, beberapa model ditawarkan dengan harga menggoda plus bonus adaptor 20W yang harganya Rp 499.000. Berikut daftarnya:

    iPhone 12 64GB Rp 6.499.000iPhone 12 128GB Rp 7.499.000iPhone 13 128GB Rp 8.249.000iPhone 13 256GB Rp 9.999.000iPhone 14 128GB Rp 9.749.000iPhone 14 256GB Rp 11.999.000iPhone 15 128GB Rp 11.499.000iPhone 15 256GB Rp 13.999.000iPhone 15 512GB Rp 17.999.000iPhone 15 Plus 128GB Rp 13.499.000iPhone 15 Plus 256GB Rp 15.999.000iPhone 15 Plus 512GB Rp 19.999.000

    (afr/fay)

  • Pertamina Perluas Layanan, Serambi MyPertamina dan BBM Delivery Hadir di Maros dan Barru – Page 3

    Pertamina Perluas Layanan, Serambi MyPertamina dan BBM Delivery Hadir di Maros dan Barru – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi turut menyediakan layanan tempat istirahat, Serambi MyPertamina di berbagai titik jalur mudik Sulawesi Selatan seperti di Kabupaten Maros, Kabupaten Barru, serta Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, mulai 22 Maret hingga 9 April 2025.

    Di Serambi MyPertamina, pemudik bisa memanfaatkan layanan tempat istirahat secara gratis yang dilengkapi fasilitas mushola, nursery room, mini klinik, barbershop, area santai, kursi pijat, wifi spot, arena bermain anak, game console, dan snack. Dengan sederet layanan tersebut, pelanggan bisa beristirahat dengan maksimal sebelum melanjutkan perjalanan ke tujuan.

    “Alhamdulillah pelayanan di Serambi MyPertamina ini sangat ramah dan lengkap. Ada pemeriksaan kesehatan gratis, ada permainan anak, dapat snack dan dapat doorprize,” ujar salah satu pemudik di Maros, Sulawesi Selatan.

    Perbesar

    Serambi MyPertamina di berbagai titik jalur mudik Sulawesi Selatan seperti di Kabupaten Maros, Kabupaten Barru, serta Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, mulai 22 Maret hingga 9 April 2025…. Selengkapnya

    Selain layanan tempat istirahat, Pertamina Patra Niaga juga menyediakan layanan delivery BBM untuk mengantisipasi kondisi darurat para pemudik di tengah jalan. 

    Area Manager Communication, Relation, & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi Fahrougi Andriani Sumampouw menyampaikan Pertamina berkomitmen memastikan pasokan BBM dengan menyiagakan 152 SPBU yang beroperasi 24 jam di jalur mudik. 

    “Kita pastikan pendistribusi energi, baik itu BBM, LPG dan Avtur berjalan dengan aman lancar serta kondusif untuk dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat, khususnya bagi para pemudik,” kata Fahrougi Andriani.

    Perbesar

    Pertamina siapkan layanan motoris Bahan Bakar Minyak (BBM)…. Selengkapnya

    Lebih lanjut, Fahrougi mengimbau pemudik dapat memanfaatkan layanan Serambi MyPertamina agar dapat mudik lebih aman dan nyaman.

    “Kepada seluruh masyarakat jangan sungkan-sungkan untuk berkunjung ke SPBU di Maros dan di Barru. Berhenti sejenak, cek kesehatannya, relaksasikan badan dan tubuh sehingga masa mudik pun bisa dilalui dengan aman dan nyaman,” ujarnya.

     

    (*)

  • Badan industri otomotif Inggris kecewa atas tarif tambahan AS

    Badan industri otomotif Inggris kecewa atas tarif tambahan AS

    London (ANTARA) – Sebuah asosiasi perdagangan terkemuka untuk industri otomotif Inggris pada Rabu (26/3) malam waktu setempat menyebut bahwa rencana Amerika Serikat (AS) untuk memberlakukan tarif baru pada mobil impor mengecewakan.

    Mike Hawes, selaku kepala eksekutif Society of Motor Manufacturers and Traders (SMMT), melalui pernyataannya menuturkan bahwa “pengumuman tersebut tidak mengejutkan, namun bagaimanapun mengecewakan, jika seperti yang terlihat, tarif tambahan akan diterapkan pada mobil buatan Inggris.”

    Pernyataan Hawes ini muncul ketika Presiden AS Donald Trump menandatangani sebuah perintah eksekutif pada Rabu untuk memungut tarif 25 persen untuk impor mobil, yang akan mulai berlaku pada 2 April.

    Menyinggung soal hubungan industri otomotif AS dan Inggris yang sudah terjalin lama dan produktif, Hawes meminta kedua belah pihak agar “segera bersatu dan mencapai kesepakatan yang menguntungkan bagi semua pihak.”

    “Alih-alih memberlakukan tarif tambahan, kita harus mengeksplorasi cara-cara di mana peluang bagi produsen Inggris dan Amerika dapat diciptakan sebagai bagian dari hubungan yang saling bermanfaat, menguntungkan bagi konsumen dan menciptakan lapangan kerja serta pertumbuhan di seluruh Atlantik,” kata pemimpin industri tersebut.

    AS merupakan pasar terbesar kedua bagi produsen mobil asal Inggris, menurut SMMT.

    Pewarta: Xinhua
    Editor: Martha Herlinawati Simanjuntak
    Copyright © ANTARA 2025

  • Saat mudik gratis ikut merangkul disabilitas hingga antipungli

    Saat mudik gratis ikut merangkul disabilitas hingga antipungli

    Jakarta (ANTARA) – Seiring Jakarta melangkah sebagai kota global yang inklusif termasuk bagi penyandang disabilitas, berbagai program dijalankan mempertimbangkan para difabel. Pun dengan mudik gratis tahun ini.

    Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas/Bazis) DKI Jakarta menyediakan empat bus dengan total kursi 215 bagi penyandang disabilitas daksa, netra, dan rungu.

    Jumlah bus tahun ini, menurut Ketua Baznas/Bazis) DKI Jakarta Provinsi DKI Jakarta Akhmad Abu Bakar bertambah dua dibandingkan tahun sebelumnya. Animo calon peserta yang tinggi menjadi alasan untuk menambah jumlah bus.

    Bus-bus itu diberangkatkan untuk tujuan Yogyakarta, Solo, Wonogiri, dan Sragen karena para peserta yang ikut paling banyak dari empat wilayah tersebut.

    Kebanyakan peserta penyandang disabilitas yang ikut mudik merupakan disabilitas netra, daksa, dan rungu. Khusus per 16 penyandang disabilitas netra disediakan satu pendamping yang menemani mereka hingga dijemput keluarga di tempat tujuan.

    Satu bus bisa menampung 40 penumpang. Tak ada penyesuaian khusus dari sisi kursi. Dari sisi luar, bodi bus tampak mencolok karena warnanya yang merah menyala.

    Gubernur Jakarta Pramono Anung menyatakan apresiasi usai meninjau salah satu bus, bersama Wakil Gubernur Jakarta Rano Karno. Menurut dia, bus terlihat nyaman bagi penumpang dan diharapkan dapat mengantar para penumpang selamat sampai tujuan.

    Hadirnya bus khusus ini menjadi upaya DKI memberikan kesempatan bagi penyandang disabilitas berkumpul bersama sanak saudara di kampung halaman masing-masing. Hal tersebut diamini Akhmad Abu Bakar.

    “Tapi yang lebih utama lagi mereka ini menjadi perhatian khususnya di DKI Jakarta,” kata Abu Bakar.

    Empat bus khusus penyandang disabilitas menjadi bagian dari 31 bus yang disediakan bagi pemudik, hasil kerja sama Pemprov DKI dengan Badan Usaha Milik Daerah dan Lembaga Swadaya Masyarakat.

    Dengan demikian, DKI menyediakan total 552 unit bus dengan total peserta 26.392 orang atau meningkat 11 persen dari target awal 23.779 peserta.

    Dari jumlah tersebut, 323 unit bus dengan kapasitas 15.049 orang berangkat pada Kamis (27/3), meningkat delapan persen dibandingkan target sebesar 13.932 peserta. Sementara 229 unit lainnya dengan kapasitas 11.343 orang akan diberangkatkan dari kota tujuan mudik ke Jakarta saat arus balik pada 5-6 April.

    Sedangkan pada arus balik peserta diberangkatkan sejumlah 11.343 orang, meningkat 15 persen dari target 9.847 peserta.

    Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo memastikan seluruh bus laik jalan.

    Total bus mudik gratis tahun ini tentu saja bertambah dibandingkan tahun sebelumnya yakni 259 unit bus untuk arus mudik dan 210 unit bus untuk arus balik.

    Penambahan armada tentu saja karena membludaknya calon peserta yang mendaftarkan diri.

    Tahun ini, pendaftaran mudik gratis dibuka hingga dua gelombang. Hari pertama pendaftaran kuota langsung penuh sehingga langsung ditutup. Sementara pendaftaran gelombang kedua ditutup satu hari berselang setelah masa pembukaannya.

    Tujuan mudik pun bertambah menjadi 20 kota/ kabupaten di enam provinsi dari semula 19 kota/kabupaten.

    Wilayah tujuan mudik yakni Bandar Lampung, Palembang, Tasikmalaya, Kuningan, Tegal, Pekalongan, Semarang, Kebumen, Cilacap, Purwokerto, Solo, Wonogiri, Wonosobo, Sragen, Yogyakarta, Madiun, Kediri, Jombang, Malang, dan Sidoarjo.

    Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyediakan DKI total 552 unit bus dalam program mudik gratis 2025. ANTARA/Lia Wanadriani Santosa/aa.

    Secuil drama

    Para peserta mudik gratis termasuk penyandang disabilitas berangkat secara berangsur-angsur dari Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat mulai sekitar pukul 08.25 WIB.

    Sebagian besar mereka sebenarnya sudah dikabari agar dapat maksimal tiba di Monas pukul 07.00 WIB.

    Salah satunya, Siti Fatimah. Wanita berjilbab yang akan menuju Lampung itu sudah siap sejak pagi bersama suami, dan kedua dua buah hatinya. Tujuan dia datang sesuai jadwal bukan semata manut jadwal tapi ingin melihat langsung Gubernur Jakarta secara langsung.

    Siti Fatimah sudah siap memotret Pramono dari dekat menggunakan kamera ponselnya. Sayang, hari itu bukan nasib baiknya bertemu mata dengan Pramono.

    Pramono yang tiba di Monas sekitar pukul 07.50 WIB langsung disambut kerubungan orang termasuk jajarannya dan rekan media. Sesampai di Monas, dia bersama Rano meninjau dua bus yang digunakan untuk mudik dan menuju panggung untuk memberikan sambutan.

    Di sisi lain, ada Ahwal dan Azis asal Pulogadung, Jakarta Timur, bersama 15 orang lainnya berdiri di antara deretan bus yang siap berangkat. Di dekat mereka, koper-koper dan tas berukuran besar dibiarkan saja tanpa pengawasan.

    Rupanya ke-17 peserta mudik tujuan Semarang, Jawa Tengah itu tertinggal bus. Mereka terlambat datang dan tak menemukan kursi yang masih kosong.

    Ahwal sudah mengantongi tiket, begitu juga dengan peserta mudik gratis lainnya. Mereka lalu melapor pada petugas di lokasi.

    Beruntung, masih ada 15 bus yang disiapkan Pemprov DKI. Ini mengingat setiap tahunnya ada saja drama ketinggalan bus. Para peserta mudik yang datang terlambat dan tertinggal bus kemudian dikumpulkan dan dikelompokkan sesuai tujuan masing-masing.

    Peserta program mudik gratis menunggu keberangkatan bus di Monas, Jakarta Pusat, Kamis (27/3/2025). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyediakan DKI total 552 unit bus dalam program mudik gratis 2025. ANTARA/Lia Wanadriani Santosa/aa.

    Antipungli

    Peserta mudik gratis berseliweran memegang sebuah kipas tangan bertuliskan tentang sosialisasi antipungutan liar (pungli).

    Ini menjadi upaya Pemprov DKI Jakarta bersama Polda Metro Jaya, Kejaksaan, dan Masyarakat Anti Pungutan Liar Indonesia (MAPI) mewujudkan Idul Fitri tanpa pungli yang juga sebagai implementasi Keputusan Gubernur DKI Nomor 579 Tahun 2024 tentang pemberantasan pungutan liar.

    Sosialisasi ini berlangsung di delapan lokasi strategis, seperti terminal, stasiun, dan pelabuhan, guna mencegah praktik pungli di Jakarta.

    Pramono Anung mengatakan Pemprov DKI mengaku bersungguh-sungguh terhadap hal ini. Dia meminta masyarakat melaporkan dugaan tindak pungli di aplikasi sistem informasi pengaduan pungutan liar atau melalui unit pemberantasan pungutan di setiap pos yang disiapkan oleh Pemerintah.

    Sosialisasi terus dilakukan, kata dia, karena mengingat pentingnya persoalan pungli agar segera ditangani secara serius.

    Masa mudik mungkin hanya berlangsung kurang dari dua pekan. Bulan depan, giliran pemudik kembali ke Jakarta dan di antara mereka, tak menutup kemungkinan ada para pendatang baru.

    Mengutip pernyataan Pramono, secara prinsip Jakarta terbuka bagi siapapun dan karenanya tak akan ada lagi operasi yustisi seperti dulu.

    Tetapi bagi siapapun yang ingin mengadu nasib di Jakarta, maka dia harus punya kemampuan untuk mengadu nasib dan siap bersaing. Siapapun yang akan bekerja di Jakarta harus memiliki identitas kependudukannya yang jelas.

    Para pendatang sebaiknya bersiap, karena Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) DKI Jakarta akan melakukan pendataan secara berkala melalui program penataan dokumen kependudukan sesuai domisili.

    Maka siapapun yang nanti akan ke Jakarta dan ingin bekerja di Jakarta, Dukcapil secara administrasi akan mendata yang bersangkutan, demikian pesan Pramono.

    Editor: Sapto Heru Purnomojoyo
    Copyright © ANTARA 2025

  • One Way Tol Cipali Berlaku, Arus Padat Hingga KM 174 Imbas Pengaturan Jalur Mudik Lebaran 2025 – Halaman all

    One Way Tol Cipali Berlaku, Arus Padat Hingga KM 174 Imbas Pengaturan Jalur Mudik Lebaran 2025 – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, CIPALI – Jalur satu arah atau one way mulai diterapkan di Tol Cipali pada Kamis, 27 Maret 2025, untuk mengatur arus mudik Lebaran 2025.

    Meskipun skema ini dimaksudkan untuk memperlancar perjalanan, kepadatan kendaraan terpantau terjadi hingga KM 174, akibat pembukaan jalur one way yang mengarah ke Palikanci.

    Para pengendara diminta untuk tetap berhati-hati dan mengutamakan keselamatan saat melintasi jalur tersebut.

    Berdasarkan informasi yang dihimpun dari akun media sosial X @ASTRATolCipali terjadi kepadatan arus kendaraan bermotor.

    “Halo, Sahabat Infra! Terjadi kepadatan hingga KM 174 jalur one way imbas pengaturan pembukaan jalur one way menerus dari KM 188 Cipali menuju ke Palikanci”.

    Informasi itu disampaikan pada Kamis (27/3/2025) sekitar puckel 15.10 WIB.

    Saat ini telah dibuka akses lanjutan one way dari KM 188 Tol Cipali ke arah Tol Palikanci.

    Tetap utamakan keselamatan dan hati-hati dalam berkendara. 

    Inilah jadwal One Way Lebaran 2025 yang diterapkan di sejumlah ruas tol untuk mengatur arus mudik.

    Korlantas Polri menerapkan sejumlah rekayasa lalu lintas saat mudik Lebaran 2025 jelang Hari Raya Idul Fitri 1446 H.

    Rekayasa lalu lintas mudik Lebaran 2025 berupa skema satu arah (one way), Ganjil Genap dan lajur lawan arah (contraflow) di sepanjang tol Trans Jawa.

    Melansir dari laman resmi Korlantas Polri, Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Drs. Agus Suryonugroho, S.H., M.Hum, mengatakan penerapan skema One Way Lebaran 2025 dirancang untuk memastikan perjalanan pemudik yang lebih lancar dan aman bagi masyarakat.

    Lantas, kapan jadwal One Way Lebaran 2025 mulai diterapkan?
    Jadwal One Way Lebaran 2025

    Pemberlakuan sistem satu arah mudik atau One Way Lebaran 2025 sudah disiapkan jadwalnya.

    Skema One Way Lebaran 2025 pertama berlaku untuk arus mudik dari Tol Jakarta-Cikampek.

    Selanjutnya untuk arus balik Lebaran 2025, jadwal one way bakal berlangsung dari Tol Semarang-Batang.

    Berikut jadwal One Way Lebaran untuk arus mudik dan arus balik berdasarkan keterangan yang diterima Tribunnews.com:

    1. Jadwal One Way Mudik Lebaran 2025

    Arus mudik mulai dari KM 70 ruas jalan tol Jakarta-Cikampek sampai dengan KM 414 ruas jalan tol Semarang — Batang:

    Jadwal One Way berlaku mulai hari Kamis, 27 Maret 2025 pukul 14.00 WIB setempat sampai dengan hari Sabtu, 29 Maret 2025 pukul 24.00 WIB.

    Pada saat pemberlakuan sistem satu arah (one way), dilakukan penutupan pada semua pintu masuk gerbang tol menuju arah Jakarta.

    Dan pada ruas jalan tol Cikopo — Palimanan (Cipali) kendaraan bermotor dari ruas jalan tol Cileunyi — Sumedang — Dawuan (Cisumdawu) yang menuju arah Jakarta keluar di gerbang tol Cimalaka dan gerbang tol Cisumdawu Jaya.

    2. Jadwal One Way Arus Balik Lebaran 2025

    Arus balik mulai dari KM 414 ruas Jalan ToI Semarang – Batang sampai dengan KM 70 ruas Jalan TOI Jakarta – Cikampek.

    One Way arus balik Lebaran 2025 berlaku pada hari Kamis, 3 April 2025 pukul 14.00 WIB sampai dengan hari Senin, 7 April 2025 pukul 24.00 WIB.

    Pada saat pemberlakuan One Way arus balik Lebaran 2025, dilakukan penutupan pada semua pintu masuk gerbang tol menuju arah Semarang.

    Serta pada ruas jalan tol Cikopo — Palimanan (Cipali) kendaraan bermotor dari ruas jalan tol Cileunyi — Sumedang — Dawuan (Cisumdawu) yang menuju arah Semarang keluar di gerbang tol Cimalaka dan gerbang tol Cisumdawu Jaya.

    Jadwal Contraflow Lebaran 2025

    Sementara untuk arus mudik Lebaran 2025, contraflow akan diberlakukan di Tol Jakarta-Cikampek Km 40 sampai dengan Km 70.

    Contraflow di jalur ini untuk periode pertama akan diberlakukan mulai Kamis 27 Maret pukul 14.00 WIB sampai dengan Sabtu 29 Maret 2025 pukul 24.00 WIB.

    Sedangkan periode kedua, diberlakukan mulai Senin 31 Maret 2025 pukul 13.00-18.00 WIB dan Selasa 1 April 2025 pukul 11.00-18.00 WIB.

  • Paling Mematikan, Kebakaran Hutan di Korsel Tewaskan 27 Orang

    Paling Mematikan, Kebakaran Hutan di Korsel Tewaskan 27 Orang

    Jakarta

    Kebakaran hutan di Korea Selatan (Korsel) kini menjadi yang terbesar dan paling mematikan yang pernah tercatat di negeri itu. Kebakaran yang menyebar dengan cepat ini telah menewaskan 27 orang.

    Lebih dari selusin titik kebakaran hutan terjadi selama akhir pekan lalu, menghanguskan sebagian besar wilayah tenggara dan memaksa sekitar 37.000 orang mengungsi. Kebakaran tersebut memutus jalan dan memutus jalur komunikasi saat penduduk melarikan diri dengan panik.

    Kementerian Dalam Negeri dan Keamanan Korea Selatan mengatakan bahwa 27 orang tewas dan puluhan orang lainnya terluka, dengan jumlah korban kemungkinan akan bertambah.

    Lebih dari 35.000 hektar areal hutan telah terbakar, kata Lee Han-kyung, kepala divisi bencana dan keselamatan, seraya menambahkan bahwa api masih menyebar “dengan cepat”.

    Luasnya kerusakan menjadikan ini sebagai kebakaran hutan terbesar di Korea Selatan, setelah kebakaran hebat pada bulan April 2000, yang menghanguskan 23.913 hektar hutan di sepanjang wilayah pantai timur.

    “27 orang tewas dan 32 orang terluka,” kata Kementerian Dalam Negeri dan Keamanan Korsel dalam sebuah pernyataan, dilansir kantor berita AFP, Kamis (27/3/2025). Ini merupakan jumlah kematian tertinggi sejak Dinas Kehutanan Korea mulai mencatat kebakaran hutan pada tahun 1987.

    Pemerintah telah menaikkan peringatan krisis ke tingkat tertinggi akibat kebakaran hutan ini.

    “Kebakaran hutan yang terjadi selama lima hari berturut-turut… menyebabkan kerusakan yang belum pernah terjadi sebelumnya,” kata presiden sementara Korea Selatan, Han Duck-soo.

    Dia mengatakan dalam rapat keselamatan darurat dan bencana, bahwa kebakaran “meningkat dengan cara yang melampaui model prediksi yang ada dan ekspektasi sebelumnya.”

    “Sepanjang malam, kekacauan terus berlanjut karena kabel listrik dan komunikasi terputus di beberapa daerah dan jalan-jalan ditutup,” tambahnya.

    Di kota Andong, beberapa pengungsi yang berlindung di gedung olahraga sekolah dasar mengatakan kepada AFP, bahwa mereka harus melarikan diri begitu cepat sehingga tidak dapat membawa apa pun.

    Lihat Video ‘Korea Selatan Darurat Kebakaran Hutan: 4 Tewas-Ribuan Mengungsi’:

    Hoegeng Awards 2025

    Baca kisah inspiratif kandidat polisi teladan di sini

  • 181 ribu orang tinggalkan Bali lewat bandara

    181 ribu orang tinggalkan Bali lewat bandara

    Denpasar (ANTARA) – Tercatat 181.949 orang sudah meninggalkan Bali melalui jalur udara Bandara I Gusti Ngurah Rai dalam kurun enam hari sejak mulai beroperasi Posko Angkutan Lebaran 2025 pada 21 Maret tahun ini.

    General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai Ahmad Syaugi Shahab di Denpasar, Kamis mengatakan bahwa jumlah keberangkatan dari 21-26 Maret 2025 ini lebih besar dari jumlah orang masuk Bali dalam periode yang sama.

    Posko Pusat Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2025/1446H beroperasi selama 22 hari, mulai 21 Maret hingga 11 April 2025 dengan layanan 24 jam penuh.

    “Hingga tanggal 26 Maret 2025, jumlah penumpang keberangkatan secara keseluruhan lebih tinggi 12 persen jika dibandingkan jumlah penumpang kedatangan,” kata dia.

    Dari data yang dihimpun Bandara I Gusti Ngurah Rai diketahui jumlah penumpang meninggalkan Bali yang 181.949 orang terdiri dari 62.789 domestik dan 119.160 internasional.

    Sedangkan yang masuk Bali 161.617 orang terdiri dari 64.647 domestik dan 96.970 internasional.

    Dalam enam hari posko angkutan tercatat rute tujuan Jakarta (Cengkareng) menjadi yang tersibuk dengan 374 pergerakan pesawat, disusul Singapura 219 pergerakan, Kuala Lumpur 156 pergerakan, Surabaya 129 pergerakan, dan Perth 120 pergerakan.

    Secara umum menurut Ahmad Syaugi pergerakan penumpang pada momentum arus mudik Lebaran 2025 mulai terasa peningkatannya sejak Rabu (26/3) kemarin jika dibanding lima hari sebelumnya.

    “Jumlah penumpang di 26 Maret 2025 mulai mengalami peningkatan dengan total pelayanan penumpang 65.513 penumpang dan menjadi jumlah penumpang tertinggi selama enam hari masa pelayanan posko,” ujarnya.

    Pada hari itu jumlah keberangkatan keluar Bali juga sudah tinggi, yaitu dalam sehari melayani 28.593 penumpang domestik terdiri dari 14.869 kedatangan dan 13.274 keberangkatan serta 36.920 penumpang internasional terdiri dari 16.823 kedatangan dan 20.097 keberangkatan.

    Ahmad Syaugi memprediksi hari ini kenaikan jumlah penumpang baik datang maupun meninggalkan Bali akan lebih tinggi lagi.

    “Pelayanan penumpang pada tanggal 27 Maret atau H-4 Lebaran 2025 diprediksi mulai terdapat peningkatan dengan rencana pelayanan kepada 72.382 penumpang secara keseluruhan,” kata dia.

    Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari
    Editor: Iskandar Zulkarnaen
    Copyright © ANTARA 2025

  • Mengukur dengan tepat melepaskan kita dari simpulan sesat

    Mengukur dengan tepat melepaskan kita dari simpulan sesat

    Jakarta (ANTARA) – Dalam dunia yang semakin kompleks dan banjir informasi, kemampuan untuk mengukur dan menilai dengan tepat menjadi sangat penting, tetapi juga semakin sulit.

    Butuh kemauan untuk menggali dan mendalami informasi untuk bisa menemukan tolok ukur yang tepat yang membawa kita kepada kesimpulan yang akurat.

    Seperti pepatah lama yang mengatakan, “Jika Anda mengukur sesuatu dengan cara yang salah, hasilnya juga pasti akan salah.”

    Coba bayangkan jika kita diminta untuk mengukur jumlah air di waduk Jatiluhur menggunakan sendok kecil. Atau, kita diminta untuk mengukur sekarung beras menggunakan timbangan bayi. Tentu saja, usaha kita akan sia-sia karena alat dan metode yang digunakan sangat tidak sesuai dengan tujuan tersebut. Jadi, jika waktu, metode, dan pembanding yang digunakan tidak tepat, maka kesimpulan yang kita ambil pun niscaya tidak akan tepat.

    Fenomena inilah yang seringkali terjadi ketika kita mencoba untuk menilai kebijakan pemerintah atau isu-isu sosial lainnya tanpa alat ukur yang tepat, kita akhirnya bisa terjebak dalam penilaian yang sesat.

    Oleh karena itu, kita harus lebih teliti dalam memilih metode pengukuran dan pembanding yang digunakan.

    Salah satu contoh nyata dari pengukuran yang tidak tepat bisa kita temukan dalam perdebatan seputar RUU TNI yang sudah disahkan DPR pada 20 Maret 2025. Beberapa pihak menilai dengan adanya penambahan 40 persen jumlah kementerian yang bisa dijabat oleh TNI aktif, menunjukkan bahwa pemerintah dan DPR mau mengembalikan praktik dwifungsi TNI, seperti yang terjadi pada masa Orde Baru.

    Namun, mari kita lihat dulu alat ukur yang digunakan. Jika kita bandingkan dengan UU Nomor 2 Tahun 1988 tentang Prajurit ABRI tidak ada batasan bagi anggotanya untuk berperan di mana saja bahkan di ruang politik. Mereka juga bisa menjabat sebagai anggota DPR maupun kepala daerah sesuai dengan pasal 6 tentang Dwifungsi ABRI. Sementara dalam UU TNI terbaru, anggota TNI aktif sangat dibatasi hanya bisa ditugaskan ke dalam 14 kementerian dan lembaga saja yang terkait dengan bidang yang relevan dengan tugas dan kapasitas TNI, seperti Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

    Dengan alat ukur tadi, jelas bisa disimpulkan, Pemerintah dan DPR justru sedang berusaha menjaga konsistensi terhadap perjuangan reformasi dengan menjaga supremasi sipil melalui penebalan batas bagi anggota TNI di ranah sipil.

    Contoh lain yang dapat kita cermati adalah program Makan Bergizi Gratis (MBG) yang digulirkan oleh pemerintahan Prabowo-Gibran. Beberapa pihak menyimpulkan program ini gagal hanya karena sampai pertengahan Maret realisasi belanja MBG baru mencapai kurang dari 1 persen dari anggaran yang dialokasikan. Manfaat dari program ini juga baru diterima sekitar tiga juta anak. Pengukuran yang digunakan sangat tidak tepat.

    Coba kita ganti alat ukurnya bukan melihat dari jangka pendek, tetapi jangka panjang.

    Pemerintah memang merencanakan agar program MBG dijalankan secara bertahap karena menyasar skala yang sangat besar. Pada akhir Februari, targetnya adalah 2,2 juta penerima, dan pada akhir April ditargetkan enam juta penerima. Sementara itu, pada akhir Oktober, jumlah penerima akan meningkat menjadi 45 juta penerima. Nantinya, pada akhir Desember 2025, pemerintah menargetkan ada 82 juta anak dapat merasakan manfaatnya.

    Dengan kata lain, realisasi tiga juta penerima pada pertengahan Maret sudah sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, klaim bahwa pemerintah gagal dalam menjalankan program ini jelas tidak tepat.

    Satu lagi contoh pengukuran yang tidak tepat sehingga berakhir dengan simpulan sesat.

    Pembentukan Danantara, Sovereign Wealth Fund (SWF) milik Indonesia. Sejak 1 Januari sampai 18 Maret 2025, terjadi penurunan harga saham di beberapa sektor, termasuk saham bank-bank BUMN, dan juga net sell asing dari pasar saham Indonesia mencapai 1,6 miliar dolar AS atau sekitar Rp26 triliun. Beberapa pihak langsung menarik kesimpulan bahwa Danantara gagal karena tidak ada kepercayaan dari investor global. Namun, pengukuran ini pun tidak tepat.

    Mari kita gunakan alat ukur yang tepat, yakni membandingkan dengan negara-negara lain secara global pada waktu yang sama. Kita akan menemukan fakta bahwa sejak 1 Januari sampai 18 Maret 2025 terjadi net sell asing dari bursa saham India (15,9 miliar dolar AS), Jepang (14,1 miliar dolar AS), dan Korea Selatan (5 miliar dolar AS).

    Sementara, Indonesia di waktu yang sama, net sell asing dari bursa Indonesia sebesar 1,6 miliar dolar AS. Ini menunjukkan bahwa adanya realokasi aset global, di mana net sell asing terjadi di berbagai bursa, berpindah ke bursa Tiongkok dan komoditas emas. Bisa disimpulkan fenomena ini bukan karena pendirian Danantara, tetapi realokasi aset oleh fund manager besar sedang terjadi secara global.

    Sudah saatnya kita membongkar cara ukur yang tidak tepat. Memberikan kritik yang konstruktif tentang kebijakan pemerintah adalah suatu kebajikan. Namun, jika caranya salah maka justru bisa merugikan banyak pihak.

    *) Noudhy Valdryno adalah Deputi Bidang Diseminasi dan Media Informasi Kantor Komunikasi Kepresidenan (PCO)

    Copyright © ANTARA 2025

  • One Way Berlaku, Sudah Penuhi Syarat Ini

    One Way Berlaku, Sudah Penuhi Syarat Ini

    Jakarta

    Skema One Way disiapkan situasional. Bila kendaraan mencapai 6.200 di KM 71, one way baru akan diterapkan.

    Ada tiga skema rekayasa arus lalu lintas yang bakal diterapkan selama arus mudik dan arus balik Lebaran 2025. Ketiga rekayasa arus lalu lintas itu adalah one way, contraflow, dan ganjil genap.

    Rekayasa lalu lintas tersebut bakal diterapkan secara situasional, memperhitungkan jumlah kendaraan yang melintas. Contohnya untuk skema contraflow, akan diterapkan bila di KM 50 sudah mencapai 5.500 kendaraan.

    “Indikator-indikator daripada contraflow dan one way itu sudah jelas. Kalau contraflow radar yang di KM 50 itu sudah 5.500 kendaraan baru nanti dengan Pak Dirut (Jasa Marga) akan memberlakukan contraflow satu lajur. Bila sudah 6.400 satu jam berturut-turut radar di KM 50 kami akan berlakukan contraflow lajur 2, sampai ketiga 7.400 berturut-turut 1 jam,” jelas Kakorlantas Polri Irjen Agus Suryonugroho.

    Sementara untuk penerapan one way, kata Agus, bakal diterapkan bila jumlah kendaraan di KM 71 sudah menyentuh 6.200. Agus juga menyebut kepadatan akan terjadi pada H-3. Namun tak menutup kemungkinan dari H-5 lalu lintas dipadati para pemudik, khususnya di Tol Trans Jawa.

    “Jadi prediksi kapan akan dilakukan one way tentunya nanti kami dari Jasa marga akan melihat traffic counting yang update,” terang Agus.

    One Way rencananya akan diterapkan mulai dari KM 70 Tol Jakarta-Cikampek hingga KM 414 Tol Semarang-Batang. Dikutip laman Instagram TMC Polda Metro Jaya, saat penerapan One Way, seluruh pintu masuk gerbang tol arah Jakarta ditutup. Namun dijelaskan bagi kendaraan pada ruas Tol Cipali yang menuju Jakarta keluar di Cimalaka dan Cisumdawu Jaya.

    “Kendaraan dari Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) yang menuju arah Jakarta keluar di Gerbang Tol Cimalaka dan Gerbang Tol Cisumdawu Jaya,” demikian penjelasannya.

    Begitupun saat arus balik, akan diterapkan One Way dari Semarang menuju Jakarta. Tepatnya dari KM 414 hingga KM 70. Seluruh gerbang tol menuju arah Semarang ditutup.

    “Pada ruas Tol Cikopo-Palimanan (Cipali): Kendaraan dari Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) yang menuju arah Semarang keluar di Gerbang Tol Cimalaka dan Gerbang Tol Cisumdawu Jaya,” lanjut keterangan tersebut.

    One Way pada arus balik ini berlaku mulai 3 April 2025 pada pukul 14.00 waktu setempat sampai dengan Senin, 7 April 2025 pukul 24.00.

    One Way Mulai Diterapkan

    One Way kini sudah mulai diterapkan secara lokal dari KM 70 hingga KM 188 untuk mengurai kepadatan lalu lintas. Rekayasa arus lalu lintas tersebut diberlakukan karena sudah memenuhi persyaratan untuk diterapkan one way. Kakorlantas Polri Irjen Agus Suryonugroho mengatakan pihaknya sudah memberlakukan contraflow secara bertahap sejak pagi tadi. Meski demikian, arus lalu lintas padat hingga arus dilakukan rekayasa lalu lintas berupa one way lokal. Sementara itu, kendaraan dari arah Jawa menuju Jakarta dialihkan ke jalan arteri Cirebon.

    “(dialihkan menuju) Cirebon, kan 188, jadi kita alihkan ke arteri. Jadi sudah disosialisasikan dan kita sudah koordinasi dengan pihak Jasa Marga. Bahkan manakala nanti masih perlu tarikan cepat supaya nanti tidak terjadi kepadatan, nantinya kita tambah lagi, nantinya kita sampaikan lagi,” tutur Agus dikutip detikNews.

    (dry/rgr)

  • Jaktim tindaklanjuti aduan pemberian THR tak sesuai aturan

    Jaktim tindaklanjuti aduan pemberian THR tak sesuai aturan

    Ilustrasi – Tunjangan Hari Raya (THR). (ANTARA/Ardika/aa.)

    Jaktim tindaklanjuti aduan pemberian THR tak sesuai aturan
    Dalam Negeri   
    Editor: Novelia Tri Ananda   
    Kamis, 27 Maret 2025 – 12:45 WIB

    Elshinta.com – Pemerintah Kota Jakarta Timur menindaklanjuti aduan seorang karyawan perusahaan swasta terkait pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) yang tidak sesuai aturan.

    “Kami menindaklanjuti aduan seorang karyawan perusahaan swasta terkait pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) yang tidak sesuai ketentuan,” kata Kepala Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi (Nakertransgi) Jakarta Timur Galuh Prasiwi saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis.

    Galuh menyebutkan, upaya menindaklanjuti laporan tersebut dilakukan dengan mendatangi langsung perusahaan tempat pelapor bekerja di Jalan Rawa Sumur II, Kawasan Industri Pulogadung, Jatinegara, Cakung.

    “Kemarin sore, kedatangan kami ke perusahaan itu dipimpin langsung Kepala Dinas Nakertransgi DKI Jakarta, Hari Nugroho didampingi Kepala Bidang Pengawasan Ketenagakerjaan Dinas Nakertransgi, Titin Saptini,” ujar Galuh.

    Kepala Dinas Nakertransgi DKI, Hari Nugroho menegaskan, kedatangannya bertujuan melakukan konfirmasi atau untuk menelaah lebih lanjut terhadap aduan yang disampaikan. Hasilnya, diketahui bahwa perusahaan itu sudah memberikan THR pada karyawannya sejak 12 Maret 2025 sebanyak satu kali upah atau gaji. “Ini lebih dari dua minggu sebelum Hari Raya Idul Fitri, jadi sudah sesuai ketentuan,” kata Hari.

    Menurut dia, kewajiban memberikan THR sudah diatur Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 6 Tahun 2016 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan. Lalu ada juga Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan Nomor M/2/HK.04.00/llI/2025 tentang Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya Keagamaan Tahun 2025 Bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan.

    Adapun Posko Pengaduan THR di Jakarta Timur dibuka mulai 17 Maret-17 April 2025. Posko berada di Kantor Suku Dinas Nakertransgi Jakarta Timur dengan jam operasional mulai pukul 08.00 WIB-15.00 WIB pada Senin sampai Kamis. Sedangkan Jumat mulai pukul 08.00 WIB-15.00 WIB.

    Aduan terkait THR juga bisa disampaikan melalui Posko THR di nomor 082121663665 untuk Konsultasi dan 085117325388.

    Sumber : Antara